Breaking News
Loading...

Sajian Utama:

Meninggalnya Romo Loogman Handoyo MSC, tanggal 9 Maret 2010 lalu tak menyurutkan para pasien untuk mencari kesembuhan secara radiesthesi. Tentu karena sebelum meninggal Romo Loogman sudah mewariskan ilmunya kepada sejumlah imam dan awam untuk meneruskan karya penyembuhannya. Selain Romo Loogman di Purworejo, ada juga imam penyembuh lainnya di Jakarta seperti Pastor Lambertus Somar MSC, Pastor Th.Aq. M.Rochadi Widagdo Pr. Pastor Martin Harun OFM memberi tanggapannya atas mukjizat penyembuhan ini secara teologis. Ternyata penyembuhan alternatif ini pun dimanfaatkan oleh umat dan warga masyarakat lain yang percaya.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Warisan Radiesthesi Romo Loogman

Yohanes Sudarno dan keluarganya terbenam dalam antrean panjang pengobatan radiesthesi medik di Aula Misionaris Hati Kudus Yesus (MSC), Jl Kemakmuran, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Maret 2010.

Doa dan Bakat Romo Somar

Kemampuan Pastor Lambertus Somar MSC (78) menyembuhkan, menerawang, dan menembus batas-batas ruang dan waktu merupakan bakat sejak lahir.

Empati dari Romo Rochadi

Pengalaman lumpuh selama setahun akibat kejatuhan kelapa semasa kecil, menjadi rahmat tersendiri bagi Pastor Th. Aq. Rochadi Widagdo Pr.

Dua Pengalaman Kesembuhan

Yosefina Maria tersentak begitu dokter hendak menguret kandungannya yang berusia sebelas pekan, akibat perdarahan berulang. ”Apalagi, denyut jantung janin tidak terdengar,” dalih dokter.

Mukjizat Penyembuhan dari Allah

Mukjizat penyembuhan yang dilakukan Yesus adalah salah satu tanda Kerajaan Allah yang hadir dan hidup di tengah manusia.

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Roh Juga Diuji

Sekali pun seorang Katolik sudah dibaptis dan resmi menjadi anggota Gereja, masih mungkin bahwa dia berpaling dari komitmen cintanya pada Yesus. Ajaran Gereja yang tradisional mengatakan bahwa dia berdosa, dan oleh karena itu, dia juga sakit dan membutuhkan penyembuhan. Yesus pun memberikan kuasa Roh Kudus pada para muridnya kekuatan untuk mengampuni dosa dan daya kesembuhan dari Allah (Yoh 20:21-23).

(KABAR JAKARTA)

PK Harus Punya KRS

Sebagai sebuah organisasi massa (ormas), Pemuda Katolik (PK) harus memiliki KRS, yakni kompetensi, relevansi, dan signifikansi.

Lingkar Sahabat Berkumpul

Mereka berkumpul menyatakan kesediaan untuk saling peduli dan berbagi.

Mengenal Panggilan Lebih Mendalam

Rekoleksi dan pameran tarekat untuk para pelajar SMP dan SMA, menggali arti pang-gilan yang lebih mendalam.

RENUNGI SENGSARA

Kisah sengsara Yesus dipentaskan di setiap paroki pada hari Jumat Agung, 2/4. Salah satunya berlangsung di Paroki Bunda Hati Kudus Kemakmuran yang dilakukan Teater Mudika Kemakmuran. Pementasan dimulai pukul 14.30, berlangsung di gereja setempat. Umat yang memenuhi gereja merenungi kisah sengsara Yesus ini dengan khitmat dan haru.

MENGGALI IMAMAT YP II

Panggilan imamat merupakan sebuah misteri sekaligus karunia.

MENGENAL JALAN SALIB

Pembina Sekolah Bina Iman (SBI) Anak Paroki Maria Kusuma Karmel (MKK) Meruya, mengenalkan anak-anak SBI pada Doa Jalan Salib.

(NUSANTARA)

Misa Pemulihan Luka Batin

Luka batin umat Katolik di Sumba terus saja terusik oleh berbagai peristiwa menyakitkan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Untuk itu diadakan Misa Pemulihan Luka Batin yang diikuti ribuan umat.

Katedral Rp 8 Milyar Diberkati

Pemberkatan Gereja Katedral Hati Tersuci Maria Manado, senilai Rp 8 milyar dilakukan Sabtu, 10/4.

Hindari Pengkultusan

Sekitar seribu umat lintas agama dari Magelang dan Yogyakarta mengikuti doa bersama dan sarasehan, di aula dan lorong-lorong Seminari Menengah Mertoyudan Magelang, Minggu, 18/4.

Berubah Status

Suster-Suster SSpS Regio Kalimantan mensyukuri atas perubahan status dari Regio Maria Ratu Rasul menjadi Propinsi, pada Hari Raya Kabar Sukacita, Kamis, 25 Maret 2010.

Pastor Juga Manusia

Apa yang kita lihat dari sosok seorang Pastor? Seorang manusia yang terpanggil meniti hidup dengan setia bersama Kristus melalui Sakramen Imamat. Namun kita sering lupa bahwa seorang pastor itu juga manusia biasa.

MEMANTAPKAN PANGGILAN

Sebanyak 66 seminaris Medan Pratama Seminari Menengah Mertoyudan memantapkan panggilan sebagai calon imam di Rumah Retret Putri Bunda Hati Kudus (PBHK), Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

TAHBISAN BARU

Kongregasi Putra-Putra Hati tak Bernoda Maria (Tarekat Claretian) bergembira. Empat diakon frater ditahbiskan Uskup Bandung, Mgr J. Pujasumarta, Sabtu 10/4 di Kapel Semianri Tinggi St Paulus Kentungan. Bersama mereka ditahbiskan pula 20 frater dari

tarekat lain.

BUKAN TUKANG RAPAT

Dewan Pastoral Paroki (DPP) St Konrad Martubung, Keuskupan Agung Medan, mengkritisi posisi DPP. Dikatakan, Dewan Pastoral, baik paroki maupun stasi, adalah ujung tombak pelaksana tugas pastoral gereja. Pastor tak mungkin tahu secara mendetail keadaan umat karena akan pindah dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan DPP tetap berdomisili sebagai warga setempat.

(SAJIAN KHUSUS)

Uskup Baru Ruteng Ditahbiskan

Pagi itu, Rabu, 14/4, Kantor Bupati Manggarai, Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT), dikejutkan teriakan para penari Ruteng. Suara nyaring mereka ditingkahi tetabuhan tifa. Di belakang mereka, ada barisan panjang para uskup dan imam.

(APA DAN SIAPA)

Elizabeth Goenawan Ananto: Harus Kerja Keras

F.X. Oerip Soedjoed: Mulanya dari MEOK

Harta Wijaya: Selalu Memuji Tuhan

Obituari: Sr M. Ludovika FCh

(MIMBAR)

Guru Penulis (oleh : J.J. Sonto Purwito FIC)

Seorang guru di sekolah Katolik pernah mensharingkan pengalamannya. ”Sewaktu kuliah, aku sama sekali nggak suka nulis. Sukanya keluyuran dan berkegiatan. Entah mengapa, setahun jadi guru, aku mulai merasakan kejenuhan. Aku mulai menuangkan segala hal yang aku pikir dan rasakan, terlebih kaitannya dengan pendidikan. Dari perjumpaanku dengan anak-anak, banyak hal yang bisa aku tuliskan dan publikasikan untuk khalayak. Aku nggak sadar, perlahan-lahan...

Kemiskinan dan Kekuasaan Politik (oleh : Gregorius M. Salu)

Selama ini, pendekatan konvensional yang umumnya digunakan para ekonom dalam mengukur kemiskinan adalah dengan menggunakan indikator pendapatan atau konsumsi untuk mendefinisikan dan menentukan garis kemiskinan. Dalam perkembangannya, pendekatan konvensional itu telah banyak ditentang dengan pola pendekatan yang mencoba memasukkan kriteria-kriteria yang lebih luas.

(EKSPONEN)

Franciscus Welirang: Perlu Totalitas dalam Usaha

Gayanya santai sedikit ngoboy. Jaket selalu melekat di tubuhnya. Sedikit senyum, tangan kiri selalu menggenggam Dunhill merah.

(MANCANEGARA)

Paus Menangis di Malta

Selama dua hari, Sabtu-Minggu, 17-18/4, Paus Benediktus XVI berkunjung ke Malta. Paus juga bertemu dengan korban pelecehan seksual.

Pameran Kafan Turin

Kain kafan Turin untuk pertama kali dalam sepuluh tahun bisa dilihat kembali. Kain ini dipercaya pernah dipakai untuk membungkus jenazah Yesus.

(KESAKSIAN)

Keyakinan yang Menyembuhkan

Ketika tengah menyiapkan doa pagi, tiba-tiba pinggang kiri Antonia Desiderata Kadati seperti ditusuk-tusuk. Selang sesaat, tangan kirinya tak bisa diangkat.

(RENUNGAN HARIAN)

Bapa (oleh : Romo Surip Stanislaus OFMCap)

Realita: Ketidakpuasan orang dalam mengerti Allah yang tak kelihatan mendorongnya untuk menghadirkan Allah itu dalam bentuk patung. Praktik penyembahan patung itulah yang melahirkan penyembahan berhala.

(JENDELA)

CUMI Blok Q : Inovasi Melawan Kemiskinan

CUMI ini bukan sejenis ikan laut, melainkan sebuah singkatan dari lembaga Credit Union Microfinance Innovation yang berkantor di Gedung PSE Lt 2, Paroki Santa Maria Perawan Ratu, Jl Suryo No 43, Blok Q, Jakarta Selatan.

(KONSULTASI IMAN)

Trihari Suci

Romo, yang disebut Trihari Suci itu mulai hari Kamis Putih atau mulai hari Jumat Suci? Jika mulai hari Kamis Putih, maka sampai dengan Minggu ada empat hari. Maka lebih cocok kalau Trihari Suci itu dimulai pada hari Jumat Suci sampai Minggu pagi. Bagaimana pendapat Romo? Terima kasih atas tanggapannya.

Hubertus Muda, Malang

(CERPEN)

Gadis Nazaret (oleh : Gusty. P)

Di sebuah pasar di Nazaret, para penjual tampak hiruk-pikuk menjajal barang dagangannya. Penjual kain berseliweran di mana-mana. Mereka kebanyakan berasal dari daerah Arabia. Para pemuja seni asal Yunani tak ketinggalan berteriak menawarkan patung-patung hasil pahatannya. Di sudut lain, seorang pengemis buta terus menanti recehan dari setiap orang yang lewat meninggalkan pasar.

(SANTO & SANTA)

Santa Adeleida (931-999) : Karya Besar Seorang Awam

Siapa bilang mereka yang hidup berkeluarga tidak bisa membangun kesucian hidup seperti imam, biarawan atau biarawati?

(BUKU – VCD – KASET)

Manusia Terbuka Tanpa Bekas

”Apakah itu?” (What it is?) merupakan sebuah pertanyaan sederhana yang sering dilontarkan anak-anak kepada orangtuanya. Maka, jawaban pengandaian adalah that it is. Inilah tema utama metafisika. Yang sangat istimewa dalam metafisika ialah bahwa pertanyaannya bukan what it is tetapi terfokus pada that it is.

Karya Besar Sepanjang Zaman

Sebenarnya tidak mudah menjelaskan apa yang dimaksud dengan karya-karya filsafat terbesar. Mengapa? Alasan yang paling mendasar adalah karena sampai saat ini belum ada kesepakatan mengenai apa arti filsafat itu. Permasalahannya adalah para filsuf tidak menemukan kesepakatan mengenai pengertian filsafat.

(KONSULTASI KELUARGA)

Berteman dengan Orang yang Sulit (oleh : Th. Dewi Setyorini)

Hidup ini memang warna-warni dan sangat meriah. Warna-warni dan kemeriahan ini tidak hanya karena begitu banyak problem manusia, dinamika hidup manusia, namun juga kebahagiaan dan kesedihan yang dialami. Di antara berbagai warna-warni hidup itu, tentunya yang juga ikut mewarnai adalah keberadaan teman, sahabat, orang-orang yang support atau tidak support kita. Ini semua tentu saja akan membuat hidup menjadi lebih kaya oleh berbagai warna yang memberikan torehan yang tentu saja akan sangat berarti untuk menumbuhkan diri dan jiwa kita.

(TEROPONG)

Upahmu Besar di Surga (oleh : Iswanti)

Saya pernah tinggal selama beberapa bulan di sebuah biara di Belanda. Di biara besar yang punya puluhan kamar, kapel, ruang dan perabotan plus kebun sangat luas dan cantik itu, hanya memiliki beberapa orang karyawan. Di dapur ada dua koki yang berganti tugas. Dua koki perempuan ini selalu datang naik mobil (yang satu pakai mobil BMW). Mereka mendapatkan standar gaji sama. Mereka bisa hidup layak dengan gaji sebagai koki di biara. Seperti umumnya orang Belanda, mereka bisa memiliki rumah, membayar pajak dan asuransi, menyekolahkan anak, hingga jalan-jalan ke luar negeri.

SUPLEMEN JEJAK – 40 Tahun PT RAPTIM INDONESIA

RAPTIM : Arungi Samudra Persaingan

PENGANTAR

PT Raptim Indonesia merupakan perintispenyelenggaraan ziarah rohani di negeri ini. Dimulai dengan ziarah ke Roma, Lourdes, dan Nevers, Raptim yang berdiri pada tahun 1970 memelopori perjalanan ke Medjugorje, Santiago Compostela, Montserrat di Spanyol, dan lain-lain.

Meraih Kembali Kejayaan Masa Lalu

Bermula dari sebuah ruangan seluas 80 meter persegi di Jl Cut Mutia No 8, Jakarta Pusat dengan tiga karyawan, PT Raptim Indonesia sanggup bertumbuh dan berkembang selama 40 tahun, mengarungi samudra persaingan di dunia pariwisata.

Bisa Bantu KWI Seperti Dulu

Uskup Maumere Mgr G. Kherubim Pareira SVD (68) selama lima tahun pernah menjadi Komisaris Utama dan sekarang (2010) menjadi Pemegang Saham PT Raptim Indonesia.

Tanggung Jawab Sosial Raptim

”Supaya berkembang, kami tidak cukup hanya melayani para misionaris. Kami harus mengepakkan sayap melayani publik, baik perusahaan maupun perorangan.”

Raptim di Mata Pelanggan

Raptim yang berhasil mengancik tahun ke-40 tidak lepas dari para pelanggan setianya. Mengapa mereka tetap setia?

Menjaring Sebanyak Mungkin Umat

Langkah industri pariwisata di Indonesia semakin berat. “Bukan hanya bersaing dengan perusahaan tour dan travel lain, tetapi juga dengan airlines,” ungkap Direktur Keuangan PT Raptim Indonesia, J.R.M. Winarendra H.M.

Aset KWI

“Saya adalah pengguna setia jasa Raptim,” ungkap Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr Martinus Dogma Situmorang OFMCap.

Titik Tolak Evaluasi

Awal November 2009, Pastor Paulinus Mardame Simbolon OFMCap diangkat menjadi Presiden Komisaris PT Raptim Indonesia.

0 komentar:

Poskan Komentar