Edisi No 19, Tanggal 9 Mei 2010: Devosi pada Maria

Setiap bulan Mei seluruh umat Katolik di dunia memasuki Bulan Devosi kepada Bunda Maria. Ada sejumlah kelompok devosi pada Bunda Maria di dunia, juga di Indonesia. Ada kelompok baru yang sedang digandrungi sebagian umat Katolik, yakni Kelompok Pelayanan Kasih dari Ibu yang Bahagia, yang berdiri 1995. Kelompok ini telah tersebar di sejumlah keuskupan Jawa dan luar Jawa. Para anggotanya juga percaya akan nubut-nubuat Bunda Maria yang disampaikan lewat Ibu Agnes Sawarno, seorang ibu rumah tangga dari Cimahi, Jawa Barat. Keberadaan kelompok ini masih menjadi buah bibir umat. Mereka ingin tahu.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Kelompok Pelayanan Kasih Dari Ibu yang Bahagia di Sendang Ratu Kenya

Panas di musim kemarau terasa sedikit berkurang karena banyaknya pohon dan angin semilir di tempat peziarahan itu. Rasa lelah karena berjalan naik turun jalan menuju gua terobati setelah duduk di kursi depan patung Maria.


Pelayanan Kasih dari Ibu yang Bahagia

Kelompok Pelayanan Kasih dari Ibu Yang Bahagia berdiri Mei 1995. Visinya, kembali kepada Allah Seutuhnya. Misinya, menyampaikan pesan-pesan surga agar anak-anak yang dikasihi Tuhan Yesus dan Ibu Maria dapat kembali kepada Allah seutuhnya, dan menyiapkan anak-anak Tuhan dan Ibu Maria beriman secara mandiri agar dengan berpasrah masuk dalam pemurnian untuk menyongsong puncak pemurnian dunia dan masa damai. Pembimbing rohani, Mgr Isak Doera.


Siapakah Agnes Sawarno?

Agnes Sawarno lahir di perkebunan Karet Kisaran, Sumatera Utara pada 23 Desember 1946, diberi nama Nuraini Supriyatini. Sejak bayi, ia terpisahkan dari kedua orangtuanya karena diangkat anak oleh keluarga dekat dan dibawa pindah ke Pematang Siantar, jauh dari lingkungan keluarga besar. Sejak kecil, kecintaannya besar pada Allah, terbukti dalam ketekunannya berdoa...


Kelompok Devosi Maria

Ada beberapa kelompok doa lain yang berdevosi kepada Maria. Kelompok-kelompok ini ada yang sudah berdiri sejak abad 15.


Romo Didik vs Kelompok Pelayanan Kasih dari Ibu yang Bahagia

Soal iman dan keyakinan yang diungkapkan Kelompok Pelayanan Kasih dari Ibu yang Bahagia dikritisi seorang imam. Pastor F.X. Didik Bagiyowinadi Pr mengkritisi Kelompok Pelayanan Kasih dari Ibu yang Bahagia, tahun 2009. Ahli hukum Gereja ini menuliskan poin-poin yang ia kritisi, meliputi: kapan terjadinya satu peristiwa, kenapa satu peristiwa penting tidak...


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Penampakan

Memahami ‘penampakan’ Bunda Maria adalah perkara yang menuntut kecermatan tersendiri. Maria yang menampakkan diri berarti ia memberikan dirinya sedemikian rupa sehingga ia bisa dilihat oleh manusia biasa. Tetapi, peristiwa ini tidak dapat atau sulit dimengerti jika menggunakan kaidah-kaidah yang biasa. Hanya dengan iman kita bisa memahami peristiwa ini.


(KABAR JAKARTA)

Relasi Muhammadiyah-Kristen Sangat Baik

Sejak kepemimpinan K.H. Ahmad Dahlan, hubungan Muhammadiyah dengan kelompok agama lain sangat baik. Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Prof Dr Abdul Munir Mulkhan mengatakan, sejak dulu relasi antara organisasi Islam Muhammadiyah dan kelompok agama lain termasuk Kristen Katolik dan Protestan sangat baik. Ia membuktikan sejak kepemimpinan...


OBI Membangun Karakter

Membangun sebuah bangsa dimulai dari fondasinya. Fondasi itu berupa karakter, seperti kepercayaan diri, saling menghargai dan mencintai. Demikian tema yang dipilih Outward Bond Indonesia (OBI), dalam merayakan ulang tahunnya ke-20. Berkaitan dengan itu, OBI yang bekerjasama dengan...


Resepsi Lima Tahun Terpilihnya Benediktus XVI

Perayaan di tengah gencarnya isu yang menerpa Gereja Katolik. Lagu Marche Pontificale, lagu kebangsaan kepausan, sekaligus lagu kebangsaan Negara Vatikan, mengumandang, mengawali resepsi perayaan lima tahun Paus Benediktus XVI bertakhta...


Ilmu untuk Mengabdi Kehidupan

Bila seseorang sungguh mencintai pekerjaannya, maka orang itu akan berusaha bekerja sebaik mungkin. Demikian salah satu pesan yang disampaikan lulusan LPK Saint Mary International Jakarta, dalam acara wisuda di Grand Sahid Jaya, Setiabudi, Sabtu, 17/4. Sebanyak 83 lulusan diwisuda.


Menemukan Bakat-bakat Terpendam

Dua ratus sembilan siswa TK, SD, SMP, dan SMA St Ursula BSD unjuk kebolehan dalam drama musikal Animal Farm. Bertempat di Auditorium St Ursula BSD, Rabu-Jumat, 21-23 April 2010, mereka tampil dengan kostum aneka hewan serta pakaian kasual remaja warna-warni, membuat suasana panggung menjadi amat semarak.


Konser Perdana

Paduan suara gabungan dua sekolah ini berhasil menyelenggarakan konser perdana. Alunan lagu ”Veni Creator Spiritus” mengalun memenuhi ruangan Goethe Institute, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 29/4. Lagu gregorian ini dinyanyikan sekitar 40 remaja. Mereka adalah anggota...


Agar Kaum Muda Terpanggil

Para perwakilan kongregasi memeriahkan Hari Minggu Panggilan dengan berpameran memperkenalkan kongregasi masing-masing. Suasana di sekitar halaman gereja Paroki St Monika, BSD terlihat sangat berbeda.


(NUSANTARA)

Sisi Lain Semana Santa

Perjalanan menuju Larantuka mengikuti Perayaan Semana Santa ternyata tak semudah yang dikira. Berbagai hambatan harus dihadapi. Mulai dari pembatalan jadwal penerbangan, tingginya biaya penginapan, dan jasa transportasi yang menaikkan harga semaunya.


Mengembalikan Parijs van Java

Untuk memperingati Hari Bumi, Sekolah St Aloysius mengadakan penanaman pohon, pembuatan lubang biopori, dan membersihkan sampah di sepanjang jalan sekolah, Minggu, 25/4. Selain para alumni dan pengurus yayasan, hadir Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf.


“Kartini-Kartini” Sibolga

Sekolah Santa Melania Sarudik merayakan Hari Kartini dengan meriah. Kepala sekolah, para guru, dan pegawai dari 131 unit sekolah ini merayakannya di Aula Melania Sarudik, sekitar enam kilometer dari pusat Kota Sibolga, Kamis, 22/4.


CINTA AIR

Gerakan cinta air digelar di Kali Boyong, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, diikuti masyarakat lintas agama, Minggu,18/4. Acara ini untuk merespons isu global tentang kekhawatiran krisis air bersih.


OMK PEDULI PANGGILAN

OMK Keuskupan Ketapang menggelar opera untuk mendukung Hari Panggilan Sedunia. Kesenian berisi drama, lagu dan tari tersebut melibatkan kongregasi imam dan biarawan di Ketapang, Kalimantan


MENGGUGAH KEPEDULIAN UMAT

Paguyuban Seni Keroncong Citra Kristy dan Komunitas Koor Gema Kasih mengadakan konser amal kasih di gereja Paroki Santo Petrus dan Paulus Klepu, Minggu, 4/4. Sekitar 400 orang umat menyambut meriah penampilan mereka.


BAPTISAN BARU

Perayaan kebangkitan Kristus di Paroki St Pius Blora ditandai dengan 13 orang calon baptis baru. Mereka terdiri dari anak-anak usia...


DIALOG KEBUDAYAAN

Padang menyelenggarakan Pentas Budaya Anak Bangsa, Jumat, 9/4. Kegiatan ini dipelopori Lembaga Interfaith “PUSAKA” Padang, Forum Komunikasi Masyarakat Tionghoa Indonesia (FKMTI), PMKRI, HMI, GMNI dan PMII. Acara dibuka Gubernur Sumatera Barat, Marlis Rahman.


PENYEGARAN KEMBALI

Para guru dan karyawan Yayasan Yohanes Gabriel Sub perwakilan Rembang mengadakan rekoleksi penyegaran di Bandungan, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Peserta, sekitar 120 orang.


(SAJIAN KHUSUS)

75 Tahun SND di Indonesia: Benih Subur di Kota Santri

Dalam sebuah kapal bernama Baluran, 75 tahun lalu, lima suster terombang-ambing di Samudra Hindia. Mereka adalah Sr M. Alfonsina, Sr M. Reginal, Sr M. Godefrieda, Sr M. Irma, dan Sr M. Adelberta. “Kita sudah sampai di mana, Suster?” “Oh, sebentar, saya mau ambil peta dulu ya!” “Menurut peta, kita sudah sampai di Samudra Hindia.


Di Ujung Rotan Ada Asrama

Hidup di asrama dapat menghindarkan anak-anak perempuan dari pergaulan bebas. Asrama juga menjauhkan anak-anak dari ujung rotan. Ujung rotan adalah simbol kekerasan yang dilakukan orangtua kepada anak-anak.


Melestarikan Kehidupan, Lanjutkan!

“Pergi, Lestarikan Hidup dalam Kasih!” Itulah tema perayaan 75 tahun suster-suster SND berkarya di Indonesia. Provinsial SND Indonesia, Sr Maria Virgo SND menguraikan tema itu kepada wartawan HIDUP, Y. Prayogo di Biara SND Kraton, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu, 18/4.


(APA DAN SIAPA)

Olga Lidya: “Corong” Pariwisata

Ignatius Danet Gustama: Kesepian

Harry Tjan Silalahi: PK Harus Reorientasi

Obituari: Br Gabriel Subiyanto FC: Wafat Saat Rehat


(Santo & Santa)

St Petrus Louis Chanel (1803-1841): Martir Pertama di Pasifik

Petrus Louis Chanel adalah orang yang merindukan untuk mewartakan Injil bagi mereka yang belum mengimani Kristus. Dia tidak hanya mendoakan, tetapi menawarkan diri menjadi martir di daerah misinya.


(KONTAK-KONTAK)

Malaikat Bersayap Satu

Artis Italia, Luciano de Crescenzo, mengatakan, kita masing-masing adalah ’malaikat dengan satu sayap’. ”Kita bisa ’terbang’ hanya bila kita saling berpasangan dengan yang lainnya,” katanya. Pernyataan ini tidaklah berlebihan karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial...


(EKSPONEN)

Prof Dr Benedicta Prihatin Dwi Riyanti

”Terakhir, ucapan ini saya tujukan kepada anak saya....” Pidatonya berhenti. Lidahnya terasa kelu. Dari matanya keluar air. Ia mengusap air di pelupuk matanya. Tak lama, ia melanjutkan, ”... Ignatius Jurian Ratria Galih. Inilah persembahan Mama untukmu, Nak. Semoga kamu kelak terpacu untuk berbuat yang lebih baik dari yang bisa Mama capai sekarang.


(MANCANEGARA)

Tersangkut Pedofilia, Uskup Belgia Undur Diri

Paus Benediktus XVI secara resmi menerima pengunduran diri Uskup Bruges, Belgia, Mgr Roger Joseph Vangheluwe yang tersangkut kasus pedofilia, Jumat, 23/4. Sebagian umat Katolik Eropa meninggalkan Gereja sebagai reaksi banyaknya kasus serupa.


Sekolah Katolik Nepal Dipaksa Tutup

Partai Maoist Nepal menutup paksa Sekolah Katolik St Alphonsa yang baru saja berdiri di Simara, Nepal, Jumat, 23/4. Sekolah ini terpaksa menghentikan rencananya memberikan layanan pendidikan bagi penduduk setempat.


Tahbisan Uskup

Pastor Jose Araneta Cabantan ditahbiskan sebagai Uskup Keuskupan Malaybalay Filipina pada 30 April 2010. Pastor Jose Araneta Cabantan dilahirkan di Lagonglong, Filipina, 19 Juni 1957, ditahbiskan sebagai imam di Keuskupan Cagayan de Oro, Filipina, 30 April 1990, pada 18 Februari 2010 ditunjuk sebagai Uskup Keuskupan Malaybalay.


(RENUNGAN HARIAN)

Jangan Menolak Aku (oleh : Stefan Leks)

1 Rasanya tak ada yang lebih pahit dari ditolak orang. Misalnya, ditolak karena sudah terlalu tua, cacat, kurang terpelajar, tidak berduit... Bagaimana perasaan seorang ibu yang berkorban habis-habisan supaya anaknya meraih pendidikan tinggi, tetapi akhirnya ditolak hanya karena ia sendiri buta huruf?


(BUKU – VCD – KASET)

Memahami Nubuat Maria

Ada sejumlah ramalan yang disampaikan oleh Bunda Maria di Fatima, antara lain tentang keruntuhan Uni Soviet, perang dunia pertama. Kedua ramalan itu sudah terjadi. Selain kedua ramalan tersebut, orang-orang masih percaya akan adanya ramalan ketiga dan keempat. Semua ramalan ini diperoleh dari ucapan-ucapan Bunda Maria kepada tiga anak gembala, yaitu Lucia, Jacinta, dan Fransisco di Fatima, Portugal.


Menyelami Suku Moni

Papua selalu menjadi pusat perhatian. Para pengamat internasional dan nasional menyoroti Papua dari sisi politik, hak asasi manusia, ekologis, kebudayaan, dan ekonomi. Dari sisi kebudayaan, bumi berbentuk burung ini kaya dengan suku dan bahasa. Berbagai penelitian sudah dilakukan. Ditemukan bahwa di Tanah Cendrawasih ini terdapat ratusan suku. Salah satunya adalah suku Moni di Distrik Sugapa.


(JENDELA)

Paroki St Anna Duren Sawit Jakarta Timur : Umat Perlu Transformasi

Gereja Santa Anna sudah berusia 25 tahun pada tahun 2009. Tepatnya, pada 2 September 1984 Gereja Santa Anna diresmikanoleh Almarhum Mgr Leo Soekoto SJ, Uskup Agung Jakarta saat itu. Dalam proses pembangunannya, teror berulangkali mampir, sejak cikal bakal paroki, yakni proyek Wisma Santa Maria Dipamarga (Samadi), Klender, tahun 1960. Keberadaan Kapel Samadi digunakan untuk Misa bagi umat yang sebelumnya pergi ke Paroki Matraman…


(KONSULTASI IMAN)

Tirakatan Paskah

Romo, pada saat Paskah, di beberapa gereja ada acara Tirakatan Paskah, yaitu pada Sabtu Malam Paskah. Beberapa pastor juga menyarankan, selain datang mengikuti Misa pada Malam Paskah, umat juga datang pada Misa Minggu Paskah pagi. Apa yang dimaksud dengan Tirakatan Paskah? Apa perbedaan antara Misa Malam Paskah dan Minggu Paskah pagi? Apakah umat harus menghadiri kedua perayaan ini?

C. Sunardi, Jakarta


(CERPEN)

Perawan Murni (Oleh : Dandy Bastian)

Di ruang Dolorosa 327 ada dua tempat tidur untuk pasien. Doni menemani ibu temannya Paskal yang sudah cukup tua dan sakit gula. Setelah penerimaan komuni oleh suster dan makan malam yang disuap oleh Doni, ibu temannya itu tidur dengan lelapnya. Doni pun mengaktifkan HP-nya dan membalas sejumlah SMS di gang.


(KESAKSIAN)

Prestasi Membanggakan di Balik Kecacatan

Sekujur tubuh Margaretha Fernandie Laurenzi dipenuhi bintik-bintik merah akibat terserang virus rubella. Padahal, saat itu ia tengah mengandung anak pertama. ”Saudara-saudara menyarankan kandungan saya digugurkan saja,” kenangnya. Ia sungguh terpukul mendengar saran itu. ”Harapan saya pupus,” ungkap warga Paroki St Bernadette Ciledug, Tangerang ini. Mahligai perkawinannya bagai terguncang.


(JENDELA)

Tahun Imam : Ordo Karmel (OCarm) Dari Gurun ke Kebun Tuhan

“Dengan mengikuti teladan pertapa suci Nabi Elia, para Karmelit hidup dalam kesunyian di dalam gua-gua seperti bilik-bilik kecil; lebah-lebah Tuhan ini menghasilkan madu rohani yang manis…” (Jacques de Vitry, Uskup Acre, 1216 – 1228) Ordo Saudara-Saudara Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel (OCarm) telah hidup lebih dari 800 tahun. Para Karmelit hidup bersama untuk mengikuti Kristus dengan semangat Nabi Elia dan teladan Bunda Maria.


(TEROPONG)

Bisnis Adil (Oleh : A.M. Lilik Agung)

Menyaksikan panggung kontemporer bisnis di Tanah Air memang mengasyikkan. Lakon di atas pentas nyaris berganti setiap waktu. Kadang bertutur tentang kesuksesan, namun lebih sering bercerita tentang kemalangan. Kesuksesan pelaku industri otomotif, properti, dan eceran lantaran pertumbuhannya fantastis tanpa mengenal krisis. Namun, kemalangan korban lumpur Lapindo, industri rumahan yang tergencet bahan baku nan mahal hingga upah buruh yang masih kelewat rendah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: