Edisi No 20, Tanggal 16 Mei 2010: Buku vs Dunia Maya

Kini dunia digital telah memasuki dan bahkan merajai dunia komunikasi umat manusia, termasuk di antaranya melalui blog, facebook, twitter. Di sana, siapa saja yang punya akses ini dapat memperoleh informasi apa saja. Paus Benediktus XVI pun dalam pesan Hari Komsos Sedunia 2010 menekankan pentingnya pewartaan Sabda melalui dunia maya ini. Nah bagaimana dengan dunia cetak, seperti penerbitan buku, majalah, koran, dan lainnya? Tentu ada yang kuatir terkena imbasnya, Namun banyak yang memanfaatkannya sebagai peluang untuk memasarkan produk-produknya secara cepat dan meluas. Uskup Bandung, Mgr Pujosumarto pun memanfaatkan media maya ini.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Imbas Dunia Digital ke Penerbitan

Buku “Membongkar Gurita Cikeas, di Balik Skandal Bank Century”, menjadi kontroversi seru di akhir 2009. Bahkan sebelum buku itu mulai dipajang di gerai-gerai toko buku pada 23 Desember 2009 (tanggal resmi diluncurkan), masyarakat sudah bisa mengunduhnya secara utuh di internet.

Ancaman dan Peluang Dunia Maya

Dunia punya jendela, namanya buku. Mereka yang asyik berselancar di dunia maya, apakah menyingkirkan buku dari kehidupannya? Bagaimana nasib para penerbit? Apakah terpuruk gara-gara semaraknya dunia digital? Berikut ini usaha sejumlah penerbit, khususnya penerbit buku-buku rohani, dalam mengantisipasi perkembangan dunia digital demi kemajuan usaha penerbitannya.

Mewartakan Sabda Melalui Internet

Dengan Blackberry di tangannya, Uskup Bandung Mgr Johannes Pujasumarta, sejak 2008 telah memanfaatkan teknologi komunikasi ini dalam karya penggembalaannya. Awalnya, Mgr Puja demikian sapaan akrab uskup yang ditahbiskan pada 2008 ini menggunakan internet untuk berkomunikasi antarkeluarga agar bisa saling kontak. Tetapi, akhirnya menyebar. Ia pun membuka blog, membuat akon di facebook, dan multiply.

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Revolusi Keempat

Kita hidup dalam masa Revolusi Informasi Keempat. Jejak-jejak sebelumnya ditelusuri sejak Revolusi Informasi Pertama, lima atau enam ribu tahun yang lalu di Mesopotamia ketika huruf dan tulisan pertama kali direka-reka. Revolusi Kedua berlangsung ketika epik yang ditulis Homeros diperbanyak di Yunani dalam bentuk ‘buku’. Dan Revolusi Ketiga dipicu ketika mesin cetak yang dirancang oleh Gutenberg bergulir pada pertengahan abad 15.

(KABAR JAKARTA)

Harus Ada Kemauan

Kehadiran Lech Walesa, tokoh perjuangan buruh galangan kapal Gdanks Polandia di Kolese Kanisius Lt IV, Menteng Jakarta Pusat menyedot perhatian ratusan tokoh umat Katolik dan sejumlah umat beragama lain, Minggu, 9/5. Sejak satu jam sebelumnya, para peserta sudah mengantre mencocokkan namanya pada daftar nama yang sudah ada di panitia. Tak heran ruangan yang berkapasitas sekitar 200 orang itu pun dalam sekejap penuh peserta.

Perhatian dan Cinta untuk Imam

Umat Dekanat Tangerang dari sembilan paroki menanggapi Tahun Imam (Juni 2009-Juni 2010), yang dicanangkan Paus Benediktus XVI dengan melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya, seminar dan talkshow bertema ”Tantangan dan Peran Imam dalam Menghadapi Gereja Masa Depan”, di aula Gereja Stasi Laurentius Alam Sutra, Paroki St Monika BSD, Tangerang Selatan, Minggu 2/5/2010.

Agar Wanita Katolik Berkualitas

Para ibu Katolik dilatih meningkatkan kualitas hidupnya dengan cara melakukan usaha-usaha konkret guna mendapatkan tambahan belanja harian. Sekitar 30-an wanita Katolik di Paroki Hati Maria Tak Bernoda mengikuti pelatihan keterampilan mengolah berbagai makanan, di aula Paroki Hati Maria Tak Bernoda (HMTB) Tangerang, Jumat, 29/4.

PERSINK Saling Berbagi

Persaudaraan, cinta, dan kasih dalam semangat Paskah, menjadi tema perayaan Paskah Siswa-Siswi Negeri Katolik Keuskupan Agung Jakarta (PERSINK KAJ). Perayaan Paskah Bersama dan Bhakti Sosial diselenggarakan pada Sabtu, 24/4. Sebanyak 47 peserta, plus empat guru pendamping, 10 frater Yesuit, dan 15 orang panitia hadir dalam acara yang berlangsung di aula SMA Kolese Kanisius Menteng, Jakarta Pusat.

(NUSANTARA)

Mengkaji Agama dengan Semangat Baru

Kuliah umum bersama pastor dan tokoh pluralisme dari Jerman Prof Dr Hans K√ľng dengan judul “Finding New Paths To Dialog”, di Gedung University Club UGM Yogyakarta, Kamis, 29/4. KULIAH umum tersebut menandai dimulainya serangkaian acara untuk memperingati 10 tahun CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies). Sejak pendiriannya sepuluh tahun lalu, CRCS mendefinisikan dirinya sebagai tempat untuk mengkaji agama-agama dengan semangat baru.

Perayaan Minggu Panggilan Sedunia

Perayaan Minggu Panggilan Sedunia ke-47 di Keuskupan Agung Merauke (KAMe) dipusatkan di Paroki Katedral, Minggu, 25/4. Dalam perayaan tersebut Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) dan pelajar se-kota Merauke mendominasi. Pastor Kaytanus Tarong MSC memimpin perayaan Ekaristi.

Dibarui Lahir Batin

Sebanyak 299 orang mendapat Sakramen Krisma dari Uskup Manado Mgr Josef Suwatan pada perayaan Ekaristi di Paroki Santu Joseph Pelindung Pekerja Manado, Minggu, 1/5. Perayaan Ekaristi dipersembahkan Uskup Manado bersama pastor paroki, Johanis Pinontoan Pr. Ribuan umat turut mengikuti dengan tertib. Sebelum krismawan/wati menerima pengurapan minyak krisma, wali krisma yang terdiri dari Denny Tindas dan istri, serta Charles Ngangi dan istri menghadap uskup memohon berkat dan restu.

Memanusiakan PRT

Agar para pembantu rumah tangga (PRT) dapat sejenak melupakan beban kerja setiap hari, kelompok-kelompok kategorial yang tergabung dalam Pemikat KAJ mengadakan “Temu Hati PRT” di Sawangan Depok, Minggu, 2/5. Acara ini diikuti lebih dari 150 PRT yang bekerja di institusi-institusi Katolik dan rumah tangga Katolik KAJ.

Berantas Malaria!

PERDHAKI (Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia) mengadakan pelatihan untuk menanggulangi malaria di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, April lalu. Mereka melatih staf Sub Sub Recipient (SSR), perpanjangan tangan Perdhaki Pusat di daerah.

MAHASISWA SAMBUT HARI BUMI

Hari Bumi, 22 April, dirayakan mahasiswa Katolik se-Keuskupan Agung Semarang dengan unik. Mereka mengadakan pameran foto bertema lingkungan hidup yang kemudian ditutup dengan perayaan Ekaristi di Wisma Mahasiswa Driyarkara, pada hari yang sama.

PASTOR/SUSTER LIVE-IN

Sebanyak 36 biarawan/wati dari tarekat SCJ, SDB, FCh, FSGM, CB, HK dan imam diosesan Keuskupan Agung Palembang melakukan live-in di Paroki St Yusuf Pekerja Tulang Bawang, akhir April. Tujuannya, menumbuhkan benih panggilan di antara umat.

PELETAKAN BATU PERTAMA

Setelah Misa kedua, Minggu, 11/4, dilakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan pastoran dan kantor pelayanan umat Paroki Klepu. Prosesi diawali arak-arakan dari gereja Santo Petrus dan Paulus Klepu menuju lokasi. Arak-arakan disambut kelompok musik (karawitan) Muda Mudi Katolik Lingkungan Dondongan, Diro dan Brajan, pimpinan Andreas Sularso.

DONOR DARAH BANTU SESAMA

Gereja Bunda Maria Cirebon memiliki kegiatan rutin donor darah setahun tiga kali, yaitu sebelum Paskah, sebelum 17Agustus dan sebelum Natal. Maret lalu, Gereja Bunda Maria bekerjasama dengan PMI Cabang Kota Cirebon mengadakan kegiatan donor darah.

TAMBAH SATU GEREJA LAGI

Uskup Purwokerto, Mgr Julianus Sunarka SJ memberkati Gereja St Maria Bunda Allah di Stasi Giyanti, Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu, 18/4. Mgr Sunarka didampingi Pastor Yatno Yuwono MSC, pastor kepala Paroki Wonosobo, dan Pastor J.S. Sukmono MSC. Sebelum penutupan Ekaristi, dibacakan sejarah perkembangan umat Katolik di Stasi Giyanti oleh Kaswono.

PMKRI TERUS LATIH KADER

PMKRI Cabang Makassar St Albertus Magnus, mengadakan latihan kepemimpinan kader, beberapa waktu lalu. Pesertanya, 34 orang yang berasal dari PMKRI Cabang Makassar St Albertus Magnus 23 orang, PMKRI Cabang Mataram St Thomas Aquinas tiga orang, PMKRI Cabang Palu St Leo Magnus lima orang, PMKRI Cabang Jakarta Pusat St Robertus Bellarminus dua orang, dan PMKRI Cabang Pontianak St Thomas More satu orang.

(SANTO & SANTA)

St Nonius Alvares Pereira (1360-1431): Patriot Kudus

Nonius Alvares Pereira menerima keutamaan dari sang ayah, yaitu semangat patriotisme dan kemurahan hati. Nonius Alvares Pereira, akrab dipanggil Nuno, lahir di Portugal pada 24 Juni 1360 dari pasangan Dorn Alvaro dan Dona Irene Goncalves. Ayahnya, seorang prajurit pemberani, penuh perhatian terhadap sesamanya, dermawan, serta murah hati.

(EKSPONEN)

Dr Wim van der Weiden MSF: Jatuh Cinta pada Kitab Suci

Semasa frater, ia sudah berulangkali membaca Kitab Suci (KS) dari awal sampai akhir. Saat ini, sesuai bidang kerjanya, ia membaca beberapa bagian teks KS hingga ratusan kali. Prinsipnya, kalau ia bisa menerangkan satu ayat saja dari KS, maka hidupnya tidak sia-sia. Awalnya, ia tidak senang pada KS. Sejak masuk novisiat hingga menjadi mahasiswa skolastikat MSF di Oudenbosch, ia mulai diperkenalkan dengan KS. Namun, Pastor Wim van der Weiden MSF belum tertarik. Padahal, KS adalah mata kuliah wajib.

(APA DAN SIAPA)

Remy Sylado: Kiat Terus Berkarya

Agustinus Adi Kurdi: “Naksir” Suster

J. Sumardianta: Jika Guru Berefleksi

Ki Suparman: Seni Itu Tak Punya Agama

(MIMBAR)

Markus (Oleh F. Sugeng Mujiono)

Di telinga kita orang kristiani, Markus bukanlah nama yang asing atau menarik perhatian, karena sudah kita kenal sejak kita menjadi orang kristiani. Namun belakangan, markus menjadi sebuah nama, atau tepatnya adalah sebuah istilah, yang populer bukan hanya bagi orang Kristen tetapi lebih ke ranah umum yang menyangkut masalah hukum, sosial, politik, dan ekonomi.

Ketika Buruh Diperjualbelikan (Oleh L. Gathot Widyana)

Yati (25), buruh perempuan asal Jawa Tengah, bekerja di perusahaan yang memproduksi sparepart motor. Yati masih lajang, dapat bekerja di pabrik lewat Yayasan Penyedia Tenaga Kerja di Tangerang. Kemudian ia dijual pada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Ia harus membayar Rp 1.300.000,- sebagai jaminan diterima di perusahaan itu. Menurut Yati, uang tanda jadi tersebut dicicil dua kali. Setelah dipotong cicilan pertama, Yati hanya menerima Rp 550.000 dari upah per bulan. Ia mengaku tidak pernah tahu upah per bulannya.

(KESAKSIAN)

Pembelajaran dari Bocah-bocah Pinggiran

F.X. Susilo Adinegoro melebur di antara anak-anak pinggiran di selasar Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. Mereka menikmati panganan sisa dari para penumpang kereta api eksekutif. Tak ada rasa jijik, kendati ia tahu makanan itu tidaklah resik dan mengusung risiko tertular penyakit. Inilah sebentuk solidaritasnya terhadap bocah-bocah pinggiran yang didampinginya. Ini pula cara agar tak terbangun sekat antara dirinya dengan mereka.

(JENDELA)

Seminari Tinggi St Petrus Ritapiret: Seminari di Bukit Angker

Jika Tuhan berkehendak, tempat yang paling angker pun dapat berubah menjadi tempat yang suci dan semarak dengan lagu-lagu pujian kepada-Nya. Inilah yang terjadi di Seminari Tinggi Santo Petrus Ritapiret, Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. Bulan lalu, saya sempat berkunjung ke tempat pendidikan para frater diosesan dari tiga keuskupan di Flores ini. Ketika saya bertanya pada penduduk setempat, di mana letak Seminari St Petrus mereka terlihat kebingungan. Namun, begitu saya menanyakan Seminari Ritapiret, mereka langsung tahu.

Sekilas Seminari Tinggi Santo Petrus Ritapiret

Ide mendirikan seminari tinggi di Flores diawali dari banyaknya cerita keberhasilan karya pelayanan Gereja Katolik di pulau yang masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur ini. Mendengar hal tersebut, Roma mengharapkan Gereja di Flores mempunyai seminari tinggi untuk pendidikan calon imam diosesan.

(MANCANEGARA)

Radio di Somalia Dilarang Putar Musik

Beberapa stasiun radio di Mogadishu, Somalia menghapus semua program musik, Sabtu, 17/4. Hal ini dilakukan karena kelompok-kelompok Muslim militan termasuk di antaranya Al-Shabaab dan Hizbul-Islam, melarang pemutaran musik di radio. Bahkan, musik jingle yang biasa diputar sebagai pendahulu acara berita, pendidikan, dan program lainnya juga dilarang.

Paus Dukung Keaslian Kain Kafan

Paus Benediktus XVI mengunjungi Kota Turin, Italia, melihat Kain Kafan Turin, Minggu, 2/5. Paus mendukung keaslian Kain Kafan Turin. Demonstrasi penolakan Paus terkait kasus pelecehan seksual dalam Gereja turut mewarnai kunjungan ini. Sekitar 50.000 orang turut berziarah ke Kota Turin menemani Bapa Suci. Sekitar 1.000 pendemo berkumpul di Turin menuntut Paus Benediktus XVI serius menangani kasus-kasus pelecehan seksual dalam Gereja.

(RENUNGAN HARIAN)

Roh Pemenang (oleh : Deshi Ramadhani SJ)

Jika Anda penggemar olahraga, tentu Anda tahu persis bagaimana ketegangan yang ada ketika tim atau pemain yang Anda jagokan berada di pihak yang kalah. Anda pun tahu persis bagaimana perlahan-lahan gejolak muncul tatkala ada tanda bahwa tim atau pemain yang Anda jagokan itu bangkit hingga akhirnya menjadi pemenang. Seorang pemain bulutangkis yang sudah tertinggal 0-14 yang akhirnya menang, atau sebuah tim sepakbola yang tertinggal 0-2 bisa menjadi pemenang dengan skor 3-2.

(BUKU – VCD – KASET)

Muda Bahagia, Tua Masuk Surga

Buku karya Pastor Robertus Saptaka Pr ini adalah sebuah refleksi kehidupan yang menyentuh aspek kematian setiap manusia. Buku mungil yang menggunakan bahasa sederhana ini memaparkan empat hal pokok berkaitan dengan kesadaran setiap manusia untuk mengolah kehidupan dengan berpedoman pada rencana penyelamatan Allah Tritunggal.

(DARI VATIKAN)

PESAN BAPA SUCI BENEDIKTUS XVI PADA HARI KOMUNIKASI SEDUNIA ke-44 16 MEI 2010: Imam dan Pelayanan Pastoral di Dunia Digital: Media Baru demi Pelayanan Sabda

Saudara dan Saudariku Terkasih,

1. Tema Hari Komunikasi Sedunia tahun ini – Imam dan Pelayanan Pastoral di Dunia Digital: Media Baru demi Pelayanan Sabda- disampaikan bertepatan dengan perayaan Gereja tentang Tahun Imam. Tema ini memusatkan perhatian pada komunikasi digital, suatu bidang pastoral yang peka dan penting, yang memberikan kemungkinan baru bagi para imam dalam menunaikan pelayanan kegembalaannya demi dan untuk Sabda. Berbagai komunitas Gereja sebenarnya telah menggunakan media modern untuk mengembangkan komunikasi, melibatkan diri dalam masyarakat serta mendorong dialog pada tingkat yang lebih luas.

(KONSULTASI IMAN)

Duduk di Sebelah Kanan Allah (oleh Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)

Jika Allah itu adalah Roh, mengapa dikatakan bahwa Yesus Kristus itu “duduk di sebelah kanan” Allah Bapa? Sesudah kebangkitan, para Rasul tidak lagi disertai oleh Yesus. Lalu, apakah ada perbedaan keadaan untuk para murid Yesus, sebelum kenaikan dan sesudah kenaikan Yesus ke surga?

Beni Susanto, Blitar

(CERPEN)

Seruni (Oleh : Thomas Akn Wangge)

Hujan mulai reda. Aktivitas jalanan di depan rumah kembali hidup setelah cukup lama terhenti. Satu dua sapaan orang yang melintas di depan rumah kubalas sekenanya, sambil meraih bungkusan rokok kretek dari meja. Sisa sebatang. Rokok sisa orang hukuman, analogi kesukaanku yang kuperoleh dari sebuah novel genre. Aku menyulut dan membiarkan asap kretek mengambang di udara. Hambar.

(JENDELA)

Tahun Imam : Kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria (SSCC)

Congregatio Sacrorum Cordium Jesu Et Mariae Necnon Adorationis Perpetuae Sanctissimi Sacramenti Altaris (SS.CC), atau yang lebih dikenal dengan Kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria berdiri pada 24 Desember 1800. Awal dari kongregasi ini ditandai dengan pengikraran Kaul Kekal Pierre Coudrin dan Henriette Aymer. Keduanya berasal dari Perancis. Pastor Coudrin kemudian memulai dengan komunitas para pater dan bruder SS.CC, sementara Suster Aymer memulai komunitas para Suster SS.CC. Pengikraran kaul-kaul kekal itu terjadi pada Malam Natal 24 Desember 1800 di sebuah kapela kecil di Hautes Treilles, kota Poitiers, Perancis.

(KONSULTASI KELUARGA)

Superwoman (oleh Th. Dewi Setyorini)

Hari Kartini baru saja kita rayakan. Meski gaung dan perayaannya saat ini tidak semeriah dulu sewaktu saya masih kecil, toh pengaruhnya masih bisa saya nikmati hingga saat ini. Sejarah mencatat, di Indonesia banyak tokoh wanita yang berhasil di bidangnya. Di bidang politik, kita mengenal Megawati Soekarno Putri, yang bahkan pernah menjadi presiden wanita pertama di Indonesia. Ada banyak politisi sukses yang berjenis kelamin wanita. Di dunia usaha pun tercatat tidak sedikit wanita yang bisa dikatakan cukup sukses.

(TEROPONG)

Bentara (Oleh : Puspitasari)

Belakangan ini kita disuguhi informasi mengenai hasil Ujian Akhir Nasional (UAN) yang mencengangkan. Dalam beberapa kasus, ditemukan keganjilan seperti mereka yang termasuk murid pandai di kelasnya, bahkan sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri, ternyata tidak lulus UAN. Melalui tayangan televisi, kita juga menyaksikan sejumlah protes dari kelompok tertentu di beberapa kota dalam pemilihan kepala daerah, dengan alasan calon kepala daerah adalah selebriti “porno”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: