Edisi No 22, Tanggal 30 Mei 2010: Panggilan Imam di Flores

Laporan perjalanan HIDUP di Flores beberapa waktu lalu, mengungkapkan bahwa Flores NTT sungguh merupakan lahan subur pertumbuhan benih panggilan imam, biarawan-biarawati, termasuk para katekis, dan guru agama. Ada aneka motivasi panggilan mereka, namun utamanya karena panggilan hidup membiara itu sungguh mendapat tempat istimewa di hati umat Flores. Selain itu penghayatan iman mereka masih murni, belum terjamah arus globalisasi. Maka tak mengherankan jika di Keuskupan Ruteng terdapat puluhan rumah tarekat, dan sejumlah seminari, baik seminari tinggi maupun menengah. Para orangtua, dari golongan ekonomi lemah ikut memperjuangkan anaknya dapat sekolah di seminari.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Berkunjung ke Tiga Seminari di Flores

Sungguh tak disangka, Paskah tahun ini saya mendapat kesempatan menarik berkunjung ke Flores meliput beberapa seminari. Menarik, unik, dan menegangkan. Kira-kira tiga kata itulah yang mewakili kesan saya tentang Flores. Sekitar dua setengah minggu, saya mengelilingi Flores dari Larantuka – wilayah Flores timur – hingga Labuan Bajo – wilayah Flores paling barat. Pagi ini, Jumat, 2/4, Bandar Udara Wai Oti, Maumere, Flores, NTT menjadi awal pijakan kaki saya menapak salah satu pulau di Propinsi Nusa Tenggara Timur ini.

Kebanggaan dan Beban Panggilan

Di Flores, mempunyai anak seminaris, frater, atau imam dan biarawan/biarawati merupakan kebanggaan tersendiri. Benih panggilan tumbuh sangat subur di pulau ini. Namun, banyak isu negatif yang mengiringinya. Anggapan banyak orang Flores termotivasi menjadi imam karena ingin mengejar status sosial, kehidupan yang lebih baik, dan bisa merantau keluar dari daerahnya telah beredar di masyarakat.

Mengapa Terpanggil Menjadi Imam?

Harus ditanamkan pemahaman bahwa para calon biarawan/biarawati yang termotivasi menjadi misionaris jangan hanya tertarik karena akan berkarya di luar negeri dan bisa keluar dari tempatnya sekarang. Demikian tegas Mgr Hubertus Leteng Pr saat diwawancarai via telepon, Rabu, 13/5.

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Katolik Flores

Flores identik dengan alam yang kering, masyarakat yang miskin, dan mayoritas beragama Katolik. Itulah pandangan orang luar terhadap pulau terbesar kedua di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Katolik Flores sering diibaratkan sebagai lilin, yang harus memancar dan menerangi. Beda dengan Katolik Jawa, yang harus menjadi garam. Tidak kelihatan tetapi terasa keberadaannya. Pandangan stereotip tidak selamanya benar. Manggarai dan Ngada adalah kawasan yang banyak air, subur, dan masyarakatnya makmur.

(KABAR JAKARTA)

Upaya Pemulihan Hak Masyarakat Adat

Gereja Katolik sangat peduli dan prihatin terhadap penderitaan masyarakat adat. Sumber penderitaan masyarakat adat tersebut adalah marginalisasi, diskriminasi, pelanggaran HAM, eksploitasi sewenang-wenang atas kekayaan alam oleh penguasa dan pengusaha, pengebirian hak-hak masyarakat adat, pencaplokan dan penghancuran hutan, pelarangan ekspresi budaya, dan bahkan penyangkalan identitas kultural.

Ingin Bertemu Paus Benediktus XVI

Ada kerinduan di kalangan orang muda Indonesia untuk bertemu Paus Benediktus XVI. Demikian ungkap Ketua Umum Pemuda Katolik, M.T. Natalis Situmorang, dalam pertemuan pemuda lintas agama dengan Pastor Krzysztof Wialiczko, perwakilan dari John Paul II Foundation, di Sekretariat Pemuda Katolik, Jakarta Pusat, Rabu, 19/5.

Peluncuran Buku In Providencia Dei

Eksistensi seorang wartawan terbaca dari karya-karya jurnalistiknya. Ibarat pohon dikenal dari buahnya, demikian wartawan dikenal dari tulisannya. Hal ini diungkapkan Pastor Enos Bulu Bali CSsR dalam renungannya pada peluncuran buku Emanuel Dapa Loka berjudul ”IN PROVIDENCIA DEI; Narasi Kehadiran Rahmat Allah” di Bekasi, pada 15/5.

Ucapan Ultah dari Rano Karno

Bertepatan dengan hari Buku Nasional, Unika Atma Jaya menyerahkan 5.000 buku untuk lima desa di Cisauk, Tangerang. Untuk itu, UNIKA Atma Jaya mendapat ucapan selamat ulang tahun ke-5O dari Wakil Bupati Tangerang, H. Rano Karno. Ucapan ini disampaikan mantan aktor film itu dalam acara bakti sosial mahasiswa Unika Atma Jaya Jakarta di Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu, 15/5.

Lima Tahun Wafatnya Paus Yohanes Paulus II

Sekitar 250 umat dari berbagai paroki mengikuti Perayaan Ekaristi memperingati lima tahun wafatnya Paus Yohanes Paulus II, di Gandaria City, Kebayoran Lama, Sabtu 22/5. Ekaristi mengusung tema “Dia Telah Bahagia di Rumah Bapa”, dipimpin Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli, didampingi Mgr Stefan Wylezek, Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC,…

(NUSANTARA)

Mencari Spiritualitas Kaderisasi

Kader Katolik yang pluralis, inklusif, berdemokrasi, berbudaya, kompetitif dalam menggereja, berbangsa, dan bernegara, harus dimulai dari dalam keluarga dan dari dalam diri sendiri. Dari situ, kader diharapkan bisa menjadi orang yang tepat, di tempat yang tepat, dan waktu yang tepat dalam berorganisasi.

Sejenak Melupakan Beban Hidup

Meski harus menyambung perjalanan ke Pertapaan Shanti Buana Cikanyere, Bogor dengan angkutan umum, para lansia yang ikut serta dalam Ziarek Lansia Simeon Hanna Tebet, tetap ceria. Dengan khusyuk, mereka mengikuti Ekaristi yang dipimpin Pastor Yosef Ekatom OFMCap, Jumat, 14/5.

OMK Perlu Pendampingan

Orang Muda Katolik perlu didampingi agar mereka bisa menjadi manusia dewasa yang tangguh. Untuk itulah, dilakukan pelatihan bagi OMK. Kali ini OMK dari paroki dan stasi di wilayah Dekanat Merauke, KAMe. Pelatihan berlangsung, April lalu.

Semakin Tua, Semakin Berkualitas

Di usia ke-39, Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Widya Sasana Malang semakin dituntut untuk semakin banyak mencetak pemimpin-pemimpin berkualitas. Inilah suasana yang tertangkap pada perayaan “Dies Natalis” STFT Widya Sasana, Rabu, 12/5. Perayaan puncak berlangsung di Aula Misiologi Seminari Tinggi SVD.

Ditunggu Lagi, IMB Gua Maria Kanada

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Gua Maria Kanada telah dicabut. Berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan kembali IMB itu, namun sampai sekarang nihil. Konsultan Hukum Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan (HAK) KWI, Vera Wenny Soemarwi SH, Minggu, 9/5, mengatakan, mantan Bupati Lebak, H. Endang Suwarna, bisa digugat umat Katolik karena mencabut izin yang telah diberikan sejak tahun 1989 untuk melakukan pendirian monumen serta gua Maria di lokasi tanah seluas sembilan hektar milik Keuskupan Bogor.

LAGI, TAHBISAN DIAKON

Sebanyak 24 diakon ditahbiskan di Kapel St Paulus, Seminari Tinggi St Paulus Kentungan, Yogyakarta, Sabtu, 10/4. Mereka berasal dari Keuskupan Agung Semarang (KAS) dan Purwokerto. Dari ordo Serikat Yesus, Kongregasi Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF), Kongregasi Cordis Mariae Filius/Para Misionaris Claretian (CMF), dan Kongregasi Sacrorum Cordium Iesu et Mariae (SSCC).

INTAN UNTUK CIJ

Congregatio Imitationis Jesu (CIJ) merayakan pesta intan (75 tahun). Perayaan berlangsung di Gereja St Maria Assumpta Kupang, Jumat, 30/4. Misa dipimpin Uskup Kupang, Mgr Petrus Turang. Hadir Wakil Gubernur NTT, Ir Esthon MSi, Ketua DPP St Maria Assumpta, Prof Dr Alo Liliweri MS, para imam dan biarawan/wati, para orangtua siswa dari sekolah-sekolah yang dikelola CIJ, siswa, dan umat.

MENEGASKAN KEMBALI PANGGILAN SVD

Superior Jendral SVD, Pastor Antonia Pernia SVD, mengunjungi Seminari Tinggi SVD Surya Wacana Malang, beberapa waktu lalu. Ia bertemu dengan seluruh anggota komunitas Seminari Tinggi, baik pastor, frater maupun bruder.

SEKAMI RAYAKAN MINGGU PANGGILAN

Anak-anak SEKAMI dari Dekanat Jayapura dan Kerom bersemangat merayakan Minggu Panggilan. Acara berlangsung di Aula STFT Fajar Timur Abepura, Minggu, 9/5.Pastor John Bunay Pr memberikan motivasi mengenai panggilan. Seusai Misa, acara dilanjutkan dengan promosi panggilan dari pastor Diosesan dan ordo, seperti OFM, OSA, OSC, SVD, dan MSC. Juga suster dari tarekat SMSJ, KSFL, FSGM, JMJ, SFS, OSU, OSC, SSpS, dan PRR.

(SAJIAN KHUSUS)

Pelayanan Kasih Hydrocephalus: Sepuluh Tahun Melayani

Sekitar 150 anak penyandang hydrocephalus disertai orangtuanya berkumpul di Merbabu Grand Ballroom New PRPP Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 1/5. Para anak cacat tersebut belum mampu mandiri. Hari itu, Wisma Kasih Bunda (Pelayanan Kasih Hydrocephalus) di Jalan Sanggung Barat 3B, Semarang tengah merayakan karya cinta “10 tahun Pe­layanan Kasih Hydrocephalus”.

(OBITUARI)

Hadi Soesastro: Seorang Cendekiawan Humanis

Kehidupan Hadi Soesastro adalah sebuah fenomenon yang langka. Pak Hadi, panggilan akrabnya, adalah seorang yang memiliki banyak bakat. Tetapi dia memilih untuk menekuni bidang ekonomi. Dia memperoleh gelar doktor di bidang kebijakan publik (public policy) dari Rand Graduate Institute di Santa Monica, Amerika Serikat.

St. Darmawijaya Pr : Begawan Kitab Suci yang Gemar Gendhing

”Maklumlah, dokter, saya sudah tua. ’Onderdil’ ini sudah lama dipakai. Sudah saatnya leren (istirahat)”. Itulah salah satu guyonan yang disampaikan Pastor St. Darmawijaya Pr kepada dokter dan Pastor Pius Riana Prapdi Pr, Administrator Keuskupan Agung Semarang, Selasa, 11/5 di R.S. Panti Rapih, Yogyakarta.

(Buku – VCD – KASET)

Pewartaan Menembus Dinding

Pewartaan lewat tulisan bisa menembus dinding dan menjangkau wilayah yang sangat luas, meski ditulis dalam ruangan yang sempit. Khotbah para pastor di gereja menjadi konsumsi umat yang hadir di gereja itu saja, sementara renungan seorang pastor yang dimuat di sebuah majalah rohani bisa menjangkau kalangan lebih luas.

Kisah Kehidupan Single Parent

Keluarga harmonis merupakan dambaan semua orang. Kenyataannya, tidak semua orang dapat mewujudkan keharmonisan itu. Hal itu juga dialami oleh Emmy Kuswandari. Kisah hidupnya penuh haru. Emmy bercerita tentang sukaduka menjadi single parent. Katika suara hati dan pikirannya masih dirundung kekalutan, Emmy harus siap melanjutkan kehidupan. Pada posisi itulah jiwa Emmy terus meronta.

(KONSULTASI IMAN)

Maria dan Tritunggal Mahakudus (oleh Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)

Setiap kali kita mendoakan rosario, kita selalu menyebut hubungan Bunda Maria dengan Allah Tritunggal Mahakudus, yaitu Salam Putri Allah Bapa, Salam Bunda Allah Putra, dan Salam Mempelai Allah Roh Kudus. Sepengetahuan saya, Maria selalu dikaitkan dengan Yesus, tetapi jarang dengan Allah Tritunggal, kecuali dalam doa rosario. Bagaimana kita bisa memaknai hubungan erat antara Bunda Maria dengan Allah Tritunggal Mahakudus untuk hidup rohani kita sekarang? Mohon pencerahan.

Lely Suryaningsih, Denpasar

(KESAKSIAN)

Kegetiran Hati Penakluk Everest

Ketika masih mahasiswa, Clara Sumarwati menyalurkan kegemarannya bertualang dengan mendaki gunung. Berbagai puncak gunung di dalam maupun luar negeri telah ia taklukkan. Di puncak gunung, ia mencecap kebahagiaan yang tak terlukiskan. “Di puncak gunung, saya mengakui bahwa sebagai manusia, saya ini makhluk yang kecil, lemah, dan tak berdaya sehingga hanya Tuhan saja yang menjadi andalan saya,” ungkap lulusan Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya Jakarta ini dengan suara datar.

(JENDELA)

Gereja Stasi Giyanti,Wonosobo

Tahun 1978, tujuh kepala keluarga ’curhat’ di sebuah rumah di Dusun Giyanti, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo. Mereka merasa senasib sepenanggungan dalam mencari jatidiri. Di KTP masing-masing menyebutkan salah satu agama sebagai agama mereka. Tapi, mereka merasa hidup mereka ’mengambang’. Tujuh orang itu pun bersama-sama menghadap Pastor P. Rozemeijer MSC di Wonosobo, Jawa Tengah. Yang menerima utusan itu seorang frater, karena pastor sedang bertugas keluar.

(MANCANEGARA)

Relikwi Theresia Temani Piala Dunia

Konferensi Para Uskup Afrika Selatan, Johanesburg, Afrika Selatan, Kamis, 6/5, mengumumkan, relikwi Santa Theresia dari Lisieux akan berada di Afrika Selatan selama Piala Dunia 2010. Dari Minggu, 27/6 hingga Senin, 12/7, relikwi Santa Theresia akan mengelilingi Ibu Kota Afrika Selatan, Johanesburg. Jurubicara Konferensi Para Uskup Afrika Selatan mengatakan, “Seluruh Gereja Afrika Selatan berharap, kedatangan relikwi ini akan membawa inspirasi di hati setiap orang, menguatkan iman mereka, dan menantang semua orang menghidupi iman kepercayaannya...

Usulan Radikal Presiden Bolivia

Presiden Bolivia Evo Morales berkunjung ke Vatikan, untuk beraudiensi dengan Paus Benediktus XVI, Senin, 17/5. Presiden Bolivia ini berkunjung ke Vatikan bersama tujuh pendamping. Selama 30 menit, Evo Morales bertemu Paus di perpustakaan kepausan. Para wartawan yang meliput pertemuan ini menggambarkan, Evo Morales bersikap sangat sopan terhadap Bapa Suci.

Uskup Baru Xiamen Ditahbiskan

Uskup baru Xiamen, Cina, Mgr Joseph Cai Bingrui, telah ditahbiskan. Di awal karya pelayanannya, ia menjelaskan pentingnya usaha rekonsiliasi dalam Gereja Katolik Cina di Fujian, Cina. Ia merujuk surat Paus Benediktus XVI pada komunitas Katolik seluruh dunia yang dikeluarkan pada tahun 2007. Mgr Joseph Cai Bingrui ditahbiskan di Gereja Katedral Our Lady of the Rosary di Xiamen, Sabtu, 8/5.

Tahbisan Uskup

Pastor Vilson Basso SCI ditahbiskan menjadi Uskup di Keuskupan Caxias do Maranhao, Maranhao, Brasil pada 30 Mei 2010. Pastor Vilson lahir di Cinquentenario Tuparendi pada 16 Februari 1960. Mengucapkan kaul kekal sebagai biarawan Kongregasi Imam Hati Kudus pada 25 Februari 1985. Pada 28 Desember 1985, ia ditahbiskan sebagai imam.

(RENUNGAN HARIAN)

Karya Roh (Oleh : Surip Stanislaus OFMCap)

Realita: Menurut adat Yahudi, saudari kandung atau sepupu harus membantu saudarinya yang mengandung sekurangnya tiga bulan sebelum kelahiran. Kunjungan Maria bukan hanya bertemu Elisabet, melainkan ketaatan hamba Tuhan pada rencana Allah. Mengandungnya Elisabet adalah bagian dari rencana Allah.

(APA DAN SIAPA)

Pius Riana Prapdi Pr : Selalu Membarui Diri

B.M. Jenniaty : Yesus Mengetuk Pintu

(MIMBAR)

Pendekatan Pastoral Terhadap Perkawinan Irregular (Oleh: Jacobus Tarigan Pr)

Tidak ada perkawinan sempurna, tetapi terdapat banyak perkawinan yang baik. Perkawinan yang baik dibangun dengan susah payah dari hari ke hari. Kadangkala krisispun menimpa keluarga. Yang pasti adalah bahwa kebahagiaan keluarga adalah kebahagiaan karena kebersamaan. Maka egoisme sangat merusak keluarga sebagai komunitas cinta.

(EKSPONEN)

F.X. Honing Soi Sanny : Berpolitik Butuh Kesabaran

Sejak kecil, ayahnya, Sebastianus Sebu, memperkenalkan Honing pada dunia politik, melalui cerita-cerita dan buku-buku. Honing makin tertarik pada dunia politik setelah ayahnya memperkenalkan sosok Bung Karno dalam segala perjuangannya di dunia Politik. Tak heran, bila semasa SMA ia sudah membaca buku “Di Bawah Bendera Revolusi” dan “Soekarno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia”.

(CERPEN)

Kusta (Oleh Nani Bl. de Rozari)

Sasi tersadar, ketika sinar matahari menyilaukan matanya. Ia mencoba melirik ke kanan dan kiri, memandang sekeliling. Lalu, ia mencoba menggerakkan tubuhnya. Uuuhh..., ternyata sakit sekali, pinggang dan punggung. Darah membeku pada luka-luka gores, di tangan dan kakinya, mungkin juga wajahnya.

(JENDELA)

TAHUN IMAM :

Kongregasi Sang Penebus Mahakudus (CSsR): Mewartakan Sabda Allah bagi Kaum Miskin

Pendirian CSsR oleh Santo Alfonsus Maria de Liguori bertolak dari kepedulian dan belaskasih Alfonsus terhadap para gembala dan petani di lereng pegunungan Skala yang terabaikan dari pelayanan pastoral gerejani. Alfonsus Maria de Liguori lahir di Napoli, Italia Selatan, tahun 1696. Mula-mula ia menjadi pengacara hukum, kemudian ia mengambil keputusan untuk studi teologi dan menjadi imam. Ia ditahbiskan pada 1726.

(KONSULTASI KELUARGA)

Jatuh Cinta pada Sahabat (Oleh : H.M.E. Widiyatmadi)

Pengasuh yth, Saya bersahabat dengan seorang wanita. Kami bekerja sekantor sebagai guru SMP swasta di kota S. Dia sudah berkeluarga, berputra satu, dan suaminya adalah kepala sekolah kami. Persahabatan kami sudah terjalin sejak empat tahun lalu. Hal itu berawal saat kami sama-sama mengikuti rekoleksi. Ketika sesi sharing, kami kebetulan satu kelompok. Saya merasa ada banyak kecocokan dengan dia dalam memandang berbagai hal. Sejak itulah, kami (sebenarnya sayalah yang memulai) sering melakukan kontak, baik melalui sms maupun telpon seluler.

(TEROPONG)

Gereja Memberantas Korupsi (Oleh : Djamester Simarmata)

Satu ungkapan vital dalam Kitab Suci ialah bahwa semua orang harus bekerja agar dapat makan. Dalam ensikilik tentang kerja, Laboren Exercens, hal itu ditekankan lagi dan menegaskan, bahwa Yesus Kristus adalah Injil Kerja. Ilmu ekonomi membicarakan tentang kegiatan ekonomi yang dikelola sehingga setiap penghasilan adalah imbal hasil dari pekerjaan. Baik Paus Yohanes Paulus II maupun Paus Paulus VI menyatakan, bekerja adalah mencipta dan penciptaan melalui kerja adalah penerusan karya penciptaan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: