Edisi No 25, Tanggal 20 Juni 2010: Belarasa Gereja bagi Petani

Sampai hari ini rakyat Indonesia umumnya masih mengkonsumsi hasil pertanian, seperti beras, sayur mayur. Namun nasib petani masih saja merana. Siapa peduli? Pemerintah pun tidak. Nyatanya harga produk pertanian murah, karena ulah pedagang yang suka impor beras, dan hasil pertanian lain. Lalu apa peran Gereja? Para misionaris juga tak menyentuh pertanian. Gereja belum lama memulai pertanian organik. Keuskupan Purwokerto juga baru saja memulai gerakan Tahun Keprihatinan Pertanian 2010-2011, sebagai wujud belarasa Gereja bagi petani. Simak paparan Pastor F. A. Teguh Santosa Pr. Akankah gerakan ini bergaung?

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Keprihatinan Pertanian Keuskupan Purwokerto

Lesung ditabuh. Suaranya bertalu-talu. Enam perempuan berjalan beriringan menuju depan altar. Mereka menari sembari menampi beras mengikuti irama lesung. Tarian usai. Tiba-tiba, dari barisan umat muncul sesosok pria bertopi caping, bercelana pendek, dan pinggangnya berlilit sarung.

Purwosari Paroki Pedesaan

Robertus Rasid (51) menunjukkan cairan suplemen untuk olah taninya. Ada mol berbahan keong, ada mol berbahan tulang-tulang, ada mol berbahan buah-buahan. ”Saya menaruh tampungan di tempat orang hajatan. Untuk menampung cucian ayam dan cucian beras,” kata warga Desa Wasiat Kecamatan Ngombol, Purworejo, Jawa Tengah ini.

Belarasa Pastor Teguh untuk Petani

Gereja Katolik amat berdekatan dengan pangan. Ekaristi adalah ”Pangan Abadi”. Yesus Kristus telah menyediakan diri-Nya menjadi sumber pangan abadi bagi manusia. Penegasan itu disampaikan Ketua Komisi Pengembangan Sosial dan Ekonomi (PSE) Keuskupan Purwokerto, Pastor Fransiskus Asisi Teguh Santosa Pr, saat ditemui wartawan HIDUP, Y. Prayogo di Rumah Pastoral Hening Griya Baturaden, Purwokerto, Senin, 24/5.

Mukjizat Pertanian

Selama tiga tahun, Yesus berkarya dengan mengajar sambil membuat mukjizat. Yesus mengajar secara verbal, langsung di depan para murid dan pengikut-Nya. Sedangkan mukjizat yang paling banyak dilakukan-Nya adalah penyembuhan. Selain itu masih ada mukjizat yang spektakuler, yakni melipatgandakan roti dan ikan hingga bisa untuk makan ribuan orang (Markus 8:1-10; Matius 15:32-39).

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Tahun Pertanian

Sulit untuk menduga-duga apakah umat Katolik masih tergetar dengan topik pertanian ini. Apa urusan Gereja dengan pertanian? Kebanyakan orang di luar Gereja saja sudah tidak peduli lagi pada pertanian ini. Lebih aneh lagi mencoba menganyam benang-benang keprihatinan ini dengan iman Katolik.

(KABAR JAKARTA)

Penerima MAARIF Award 2010

Dua pekerja kemanusiaan dari dua agama berbeda Pastor V. Kirjito Pr dan Habib Ali Al Habsy menerima MAARIF Award 2010. Acara penyerahan tropi penghargaan berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 10/6. Pastor Kirjito yang berpostur tinggi langsing menggunakan jubah putih dan mengalungkan syal di lehernya.

Puncak 50 Tahun Unika Atma Jaya

Uskup Agung Jakarta, Pengurus Yayasan, dan Civitas Akademika bersama-sama merayakan puncak Pesta Emas Unika Atma Jaya Jakarta, Sabtu, 5/6. Dalam kesempatan itu, Rektor Unika Atma Jaya Jakarta, Prof Dr F.G. Winarno, mengatakan Atma Jaya harus segera lepas landas menuju Global Local University.

Boleh Khawatir, Jangan Putus Asa

Dalam satu tahun ini, 20 gereja dirusak. Pengrusakan dan pembakaran gereja dimulai pada masa Orde Baru, tepatnya 1989. Hal itu terungkap dalam seminar bertema: ”Arah Perkembangan Politik dan Masyarakat terhadap Perkembangan Gereja” di Gereja Santo Agustinus, Karawaci, Tangerang, Minggu, 23/5.

Maju ke Tingkat DKI

SD Katolik Sang Timur, di Modernland Cakung mendapat kepercayaan mewakili Jakarta Timur maju dalam Lomba Sekolah Sehat se-DKI Jakarta. Camat Cakung, Lukman Hakim, mengabarkan berita ini kepada Kepala SD Katolik Sang Timur, Sr Natalia PIJ, menyusul pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat yang berlangsung di sekolah ini, Kamis, 3/6.

Konser Musik Polifoni Suci

Capella Victoria Jakarta, paduan suara Gereja yang berbasis di Paroki Santa Theresia, menggelar Konser Musik Gereja bertema The Flower Of all Virginity: Sacred Music in Honour of Our Lady. KONSER yang berlangsung di Gereja Santa Theresia, Sabtu, 29/5 ini ditonton umat dari seluruh paroki di Keuskupan Agung Jakarta. Tampak Pastor Albertus Hani Rudi Hartoko SJ dan Pastor Lambertus Sugiri Van den Heuvel SJ dari paroki ini dan sejumlah suster.

(NUSANTARA)

Merajut Harapan Kembali

Habis gelap, terbitlah terang. Itulah yang dirasakan para korban gempa Bantul empat tahun lalu. Kini, mereka merajut jala kehidupannya yang sempat terkoyak-koyak akibat bencara alam dahsyat yang memakan banyak materi dan jiwa. Hilarion Ngatono (36) kini bisa tertawa kembali. Dunia baginya terasa terang lagi. Hidupnya yang ia rasakan luluh lantak setelah dihajar gempa yang melanda daerahnya, Bantul, DIY, empat tahun lalu, mulai terasa nikmat lagi.

Marketing untuk Panti Asuhan

Lembaga sosial seperti panti asuhan perlu marketing. Itulah yang menjadi gagasan ara pengurus panti asuhan se-Indonesia dalam Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Panti Asuhan Indonesia (FKPA). Musyawarah tersebut berlangsung di Hotel Jayakarta, Bandung, Selasa-Kamis, 20-22/4.

Berlian untuk Paroki Kutoarjo

Gereja Katolik St Yohanes Rasul Kutoarjo, Jawa Tengah berulangtahun ke-75 tepat pada Hari Raya Tri Tunggal Mahakudus, Minggu, 30/5. Gereja ini memiliki visi menjadi Gereja yang mandiri, berdaya pikat, dan misioner. Perjalanan 75 tahun Gereja St Yohanes Rasul Kutoarjo telah ikut menyumbangkan putra-putri terbaiknya untuk menjadi pekerja di ladang Tuhan menjadi imam dan suster.

PBHK SELENGGARAKAN NOVENA

Menjelang pesta pelindung Tarekat Putri-Putri Bunda Hati Kudus (PBHK), Komunitas Cilacap menyelenggarakan novena bertema Maria, berakhir Sabtu, 29/5. Acara bertempat di Gereja St Stephanus Cilacap. Novena tersebut merupakan novena terakhir setelah dilaksanakan selama dua bulan berturut-turut, setiap Kamis. Kecuali novena terakhir.

MEMBERDAYAKAN TENAGA PASTORAL

Tim Pusat Pastoral (Puspas) Keuskupan Sibolga menindaklanjuti Sinode I Keuskupan Sibolga tahun lalu dengan merancang modul-modul pemberdayaan. Isinya, Liturgi Yang Menarik, Kepemimpinan Pastoral, dan Pembinaan Berkelanjutan mulai dari Remaja hingga Perkawinan dan Keluarga. Modul-modul pembinaan ini berupa buku yang menarik untuk didalami.

GEREJA ADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN

Gereja Katolik dan Pemerintah Kabupaten Lembata, NTT, mengadakan penyuluhan kesehatan ibu dan bayi di Kabupaten Pulau Lembata, Dekanat Lembata, wilayah Keuskupan Larantuka. Penyuluhan sudah dimulai sejak Minggu, 2/5.

AGAR BISA MANDIRI

Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPD Sulawesi Utara dan Gorontalo mengadakan pelatihan calon pelatih pembina pengusaha kecil Program Peningkatan Perempuan Usaha Kecil (PPUK) di aula Paroki Yesus Gembala Baik (YGB) Paniki Manado, Sabtu, 29/5.

MEMBUKA PIKIRAN UMAT

Pastor Paroki Hati Kudus Banda Aceh, Sebastianus Eka Bhakti Sutapa Pr, bekerjasama dengan Church World Services mengadakan seminar kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS, Sabtu-Minggu, 29-30/5 di aula paroki. Kegiatan diikuti 50 umat. Seminar ini merupakan strategi membuka cakrawala berpikir tentang HIV/AIDS.

GEREJA KLEPU RAYAKAN HUT KE-60

Gereja Katolik St Petrus dan Paulus Klepu, Yogyakarta, merayakan hari jadi ke-80 dengan meriah. Seluruh umat bergembira melalui berbagai kegiatan, seperti rekoleksi pasukris, lomba rias altar, donor darah, perlombaan olahraga, sepeda gembira, novena, lomba mengarang, dan open house.

PARA PELAYAN KESEHATAN BERTEMU

Para pengurus Biro Kesehatan Keuskupan Manokwari-Sorong (BK-KMS) bertemu dengan para pimpinan Balai Pengobatan, Kamis-Sabtu, 10-12/6. Hampir semua Pimpinan Balai Pengobatan adalah biarawati dari pelbagai Kongregasi, Tarekat dan Ordo yang tinggal dan berkarya di KMS, yaitu OSF (Ayawasi dan Sorong), CB (Sorong dan Fakfak), TMM dan SPM (Manokwari).

(SANTO & SANTA)

Michael Dinh-Hy Ho (1808-1857): Rela Mati Demi Iman

Meski nyawanya terancam, Santo Michael Dinh-Hy Ho tak pernah menyerah membantu perluasan ajaran iman di Vietnam. Ia menolong para misionaris agar dapat masuk negara ini secara diam-diam. Michael Dinh-Hy Ho adalah putra asli Vietnam. Ia lahir pada tahun 1808 dari keluarga Katolik yang taat. Kedua orangtuanya berprofesi sebagai pedagang kain sutra. Ia adalah anak kelima dari 12 bersaudara.

(EKSPONEN)

Petrus Wahyu Eramoko: Pantang Menyerah Meski Dihadang Tantangan

Meski tidak punya pendidikan formal di bidang musik dan olah­vokal, Petrus Wahyu Eramoko memutuskan terjun secara total di dunia paduan suara. Kurangnya apresiasi masyarakat di kotanya terhadap paduan suara tak membuatnya patah arang. Bahkan, di saat teman-temannya sesama pelatih tidak berani memilih profesi pelatih paduan suara sebagai pekerjaan utama, ia justru nekad menjalani profesi ini sebagai tempatnya menggantungkan hidup.

(APA DAN SIAPA)

Franky Sahilatua: Pancasila itu Rumah Kita

Sisi ‘Idol’: Belajar Mengajar

Alexander Randy Angianto: Dokter Termuda

Karolus Roberto Suwendi Pr : Akibat Kursi Patah

(KONSULTASI IMAN)

Dosa Asal (Oleh Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)

Ketika Romo menjelaskan tentang “Penciptaan Adam dan Hawa” (HIDUP No 31, 3 Agustus 2008), Romo menegaskan bahwa Gereja Katolik mengajarkan monogenisme, artinya bahwa umat manusia berasal dari satu pasangan saja. Penegasan ini dilakukan untuk menentang ajaran tentang poligenisme, yaitu bahwa umat manusia berasal dari beberapa pasangan. Padahal, dalam penjelasan tentang “Siapa istri Kain?” (HIDUP No 36, 9 September 2007) Romo menyiratkan bahwa ada juga manusia-manusia lain selain Adam, Hawa, dan Kain, sehingga istri Kain bukanlah Hawa tetapi wanita lain. Bagaimana mengerti hal-hal yang tampaknya bertentangan ini? Apa sebenarnya yang mau diajarkan Gereja berkaitan dengan kisah Adam dan Hawa ini? Mohon penjelasan.

Valens Jelatu, 085239012xxx

(KONTAK-KONTAK)

Menggali Kreativitas

Ketika pertama kali tampil di hadapan ba- nyak orang, mendiang penyanyi rock n roll ternama, Elvis Presley, sudah tampak memukau. Gaya dan suaranya seakan menyihir para pemirsanya. Banyak orang mengira penampilannya itu orisinal, tidak mengikuti gaya siapapun.

(KESAKSIAN)

Alunan Gending Membuat Kalap

Prisca Hardian Nila Sari sangat bangga tatkala para guru di sekolahnya memilihnya untuk menari di hadapan Menteri Pendidikan RI. Saat itu, tahun 1996, sang menteri sedang mengadakan kunjungan kerja. Prisca tampil penuh percaya diri. Ia membawakan beberapa tarian, di antaranya tarian ”Yek Oyek”. Penampilannya menuai sambutan meriah dari orang-orang yang menyaksikan.

(JENDELA)

Kursus Pijat Refleksi Paroki Blok B Jakarta Selatan: Memberikan Pelayanan Nyata

Ada keinginan yang kuat dari Seksi Sosial Paroki (SSP) St Yohanes Penginjil Blok B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk memberikan pelayanan nyata terutama bagi mereka yang miskin dan tidak memiliki pekerjaan. Menjawab kebutuhan tersebut, Seksi Sosial Paroki Blok B di bawah Pimpinan Gunawan (Almarhum) membuka kursus pijat refleksi pada tahun 1997. Sebelumnya, tahun 1995-1996, klinik refleksi sudah dibuka di garasi pastoran. Saat itu, tenaganya masih sedikit, hanya beberapa orang saja, di antaranya Gunawan, Bianto, dan Juminto.

(MANCANEGARA)

Kunjungan Paus ke Cyprus

Paus Benediktus XVI mengunjungi Cyprus, Jumat, 4/6. Berbagai polemik mengiringi kedatangannya. Mulai dari para demonstran dari Gereja Yunani Orthodoks yang menentang kehadirannya di negeri tersebut hingga kemungkinan dibunuh. Bandara Phapos, Cyprus menjadi saksi Paus menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di negeri yang terletak di salah satu kepulauan Mediterania ini.

Beatifikasi Pastor Jerzy Popieluszko

Pastor Jerzy Popieluszko, martir dan imam asal Polandia yang meninggal pada tahun 1984 dibeatifikasi di Pilsudski Square, Warsawa, Polandia, Minggu, 6/6. Upacara beatifikasinya dihadiri sekitar 100.000 umat Katolik, biarawan biarawati, 120 uskup, dan 1.600 imam asal Polandia. Upacara tersebut diselenggarakan dalam Perayaan Ekaristi di tempat terbuka. Di antara mereka, hadir Kardinal William Nevada, Prefek Kongregasi Ajaran Iman.

(RENUNGAN HARIAN)

Tidak Menghakimi (Oleh V. Indra Sanjaya Pr)

Bacaan yang kita dengarkan hari ini merupakan bagian Khotbah di Bukit. Yesus menyampaikan ajaran-ajaran praktis tanpa sistematisasi yang jelas. Yesus mengajar para murid tidak menghakimi sesamanya (ay. 1). Sebenarnya, ajaran ini umum dan tidak istimewa. Ketika kita bertemu dengan seseorang, bagaimanapun kita pasti membuat penilaian terhadap yang bersangkutan. Entah kita menilai penampilannya, rambutnya, dandanannya, atau apa lagi.

(BUKU – VCD – KASET)

Seluk Beluk Pelayan Liturgi Awam

Partisipasi kaum awam dalam pelayanan dan tugas liturgi Gereja sebenarnya merupakan hal yang biasa dan umum pada abad-abad pertama. Namun, mulai abad pertengahan, peran kaum awam semakin berkurang. Upacara liturgi menjadi urusan kaum klerus (uskup, imam, diakon) saja. Baru pada abad ke-20, berkat adanya Konsili Vatikan II, peranan kaum awam dalam pelayanan dan tugas liturgi Gereja kembali diakui dan digiatkan. Salah satu hasilnya, adanya tugas prodiakon di paroki-paroki.

Humor Alkitabiah

Buku “Humor Kristiani 3” yang merupakan karya Br Petrus Suparyanto FIC adalah buku seri ketiga yang menyajikan kisah-kisah humor kristiani. Pada buku seri pertama dan kedua menyajikan humor kristiani yang bersifat umum. Sedangkan buku ketiga ini khusus menyajikan kisah humor di masa Natal, Puasa, dan Paskah. Buku ini terdiri dari tiga bagian, yaitu ”bikin ketawa pada masa Natal”, ”bikin ketawa pada masa Puasa”, dan ”bikin ketawa pada masa Paskah.”

Kualitas Pribadi Yesus

Buku mungil ini bercerita tentang kualitas pribadi Yesus berdasarkan pemahaman Kitab Suci. Dengan kualitas-kualitas-Nya, Yesus telah memberikan keteladanan bagi para pengikut-Nya untuk dihayati dalam hidup keseharian. Dengan meneladani-Nya, “Kita diharapkan sanggup mengatasi pelbagai masalah hidup kita dengan lebih mudah”.

(MIMBAR)

Lawan! Politisasi Gereja Katolik

Pelaksanaan Pemilu akhir-akhir ini baik itu Pilpres, Pileg, Pilgub maupun Pilkada, Gereja Katolik di beberapa wilayah termasuk hirarkinya, mudah terjebak dalam semangat politik do ut des (saya memilih kamu/partai ini asal memperhatikan Gereja Katolik). Atau menjadi “boncengan gratis” beberapa partai politik atau oknum/pastor dalam Gereja yang mencoba mengarahkan umat Katolik untuk memilih partai atau calon tertentu dengan harapan akan mendapatkan sumbangan bagi Gereja dan sumbangan bagi “kantong” pribadi.

(CERPEN)

Bacem Kesukaan Romo Hanip

Romo Hanip riang bukan kepalang pagi ini. Bunga mawar putih di taman belakang pastoran, bermekaran. Kemarin sore, saat Romo Hanip menyiramnya, bunga-bunga nan indah mewangi ini masih berupa kuncup. Sesudah mempersembahkan Misa pagi, dan sebelum beranjak ke meja makan, ia tak henti-hentinya mengecup lembut kelopak mawar putih itu. Sesekali jemarinya membelai pelan kelopak-kelopak bunga yang segar bertitik embun pagi.

(JENDELA)

Tahun Imam: Societas Mariae Montfortana (SMM) : Mendirikan Kerajaan Yesus Melalui Maria

“Tuhan, bangkitlah! Mengapa Engkau tampak tidur? Bangkitlah dalam kemahakuasaan, belaskasihan dan keadilan-Mu, untuk membentuk bagi-Mu sebuah serikat pengawal pilihan, untuk menjaga rumah-Mu, untuk membela kemuliaan-Mu, dan menyelamatkan jiwa-jiwa milik-Mu, agar hanya ada satu kawanan dan hanya ada satu gembala dan semua dapat memuliakan-Mu dalam bait-Mu. Amin”. Penggalan doa di atas merupakan kata-kata terakhir dalam doa panjang, yang disampaikan St Louis-Marie de Montfort (1673-1716) kepada Allah dalam Doa yang Menggelora (No 30).

(KONSULTASI KELUARGA)

Menyikapi Facebook (Oleh : H.M.E. Widiyatmadi)

Hingga saat ini sikap pro dan kontra masih hingar-bingar menanggapi kehadiran facebook (fb) di dunia maya, yang penggunanya sudah mencapai sekitar 200 juta orang di dunia (di Indonesia tercatat hampir 18 juta pengguna). Saat fb mulai marak di Indonesia, secara pribadi saya termasuk penyikap yang sangat kontra. Ada beberapa alasan yang saling memperkuat: saya tidak paham apa itu fb, enggan menceburi tren massif yang kesannya “bergaya pop”, efek reaksi kurang respek terhadap sebagian (besar) pengguna fb waktu itu yang terkesan seperti robot impersonal yang tak peduli pada situasi sosial, perasaan tak pantas memamerkan diri di media maya, dan ekspos di banyak media tentang kasus-kasus penyalahgunaan fb.

(TEROPONG)

Wabah Fantasi ‘Ariel-Luna’ (Oleh: Robertus Robet)

Diam-diam masyarakat Indonesia memendam hasrat kuat mengenai seks. Ini terbukti dari kehebohan yang luar biasa setelah beredarnya rekaman mesum dari “orang yang mirip pesohor Ariel dengan si Anu serta Si Itu”. Kehebohan itu disusul dengan perburuan rekaman mesum itu di warung internet (warnet), kios, dan lapak-lapak DVD bajakan kaki lima. Besarnya minat orang membuat harga DVD-nya meningkat hingga ratusan ribu rupiah.

SUPLEMEN JEJAK

Option for The Poor

Sesuai yang digariskan oleh Konstitusi Apostolik Ex Corde Ecclesiae Unika Atma Jaya Jakarta (UAJ) sebagai Universitas Katolik kerap melaksanakan prinsip pemihakan terhadap orang miskin (option for the poor). Salah satu bentuknya, menurut J.P. Cho, salah seorang pendiri Atma Jaya, dengan menyediakan beasiswa kepada mahasiswa dan melakukan pengabdian masyarakat.

Berbakti Sosial di Flores

Pengabdian masyarakat adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bagi Unika Atma Jaya Jakarta (UAJ), kegiatan tersebut telah dilakukan secara berkesinambungan dengan berbagai objek. Seluruh fakultas yang ada di UAJ melakukan pengabdian masyarakat tersebut. Namun, dalam rangka perayaan Pesta Emas Atma Jaya tahun 2010 ini ada yang istimewa.

Peduli Penderita HIV/AIDS

Salah satu kelompok yang menjadi perhatian Pusat Kajian Pengembangan Masyarakat (PKPM) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, disingkat UAJ, adalah penderita HIV/AIDS. Penderita HIV/AIDS dari keluarga miskin, biasanya kurang mendapat perhatian. Mereka tidak bisa mengakses informasi yang tepat mengenai HIV/AIDS. Akibatnya, mereka tidak tahu bagaimana menanganinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: