Breaking News
Loading...

Pastor Paroki St Maria Lourdes Sumber, Keuskupan Agung Semarang, Vincentius Kirjito Pr menerima MAARIF Award 2010. Ia hanya mengaku belajar dari ”Sedulur Merapi”. Mereka juga mau belajar dari Romo Kir untuk bersama-sama menghargai dan melestarikan alam Lereng Merapi. Simak kiprahnya lewat essay foto. Romo Kir tidak sendirian menerima MAARIF Award ini. Ia bersama Habib Ali Al Habsy dari Kalimantan Selatan. Ia juga sangat peduli pada nasib wong cilik tanpa melihat latar belakang agamanya. Maarif Institut tidak menutup mata terhadap karya dua insan perekat bangsa ini. Walau mereka memulainya dari tingkat bawah.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Panorama Pastoral Budaya

Pengantar:

Paroki St Maria Lourdes Sumber, Keuskupan Agung Semarang, terletak di Lereng Barat Gunung Merapi yang mayoritas masyarakatnya Muslim. Pastoral yang diterapkan di paroki berhasil merangkul seluruh masyarakat untuk menggali kearifan lokal. Berikut ini panorama Lereng Merapi yang didokumentasikan para fotografer lewat buku ”Sedulur Merapi” 2009.

MAARIF Award untuk Sedulur Merapi

Tetap bersahaja dan rendah hati. Dua semangat itulah yang terpancar dari Pastor Vincentius Kirjito Pr saat menerima MAARIF Award 2010, Kamis, 10/6, di Taman Ismail Marzuki (TIM) Menteng, Jakarta Pusat. Bahkan, sosok yang akrab disapa Lik Kir atau Romo Kir ini mengaku tidak punya impian atau cita-cita untuk mendapat penghargaan, saat melakukan pekerjaan-pekerjaan kemanusiaan sejak September 2000 di Paroki Sumber, Magelang, Jawa Tengah.

MAARIF Award: Menghargai Kepemimpinan Lokal

MAARIF Award merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh MAARIF Institute for Culture and Humanity kepada orang-orang yang telah berusaha membangun kepemimpinan lokal dan kemanusiaan di tingkat masyarakat bawah (akar rumput). Direktur Eksekutif MAARIF Institute, Fajar Riza Ul Haq, mengatakan, tujuan MAARIF Award adalah untuk mencari model-model alternatif kepemimpinan lokal yang telah memprakarsai dan...

Pembela Orang Miskin dari Barabai

Pastor Vincentius Kirjito Pr tidak sendirian saat menerima MAARIF Award 2010. Ia bersama Habib Ali Al Habsy dari Martapura, Kalimantan Selatan. Siapakah dia? Nama lengkapnya, Habib S. Ali Al Habsy. Ia adalah ulama. Sebagai pemuka agama Islam, ia sadar betul bahwa ia harus menunaikan ritual-ritual keagamaan yang diwajibkan.

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Pelajaran dari Merapi

Merapi adalah nama favorit bagi gunung berapi di Indonesia. Ada tiga gunung penyandang nama Merapi: di Bukittinggi, Sumatra Barat, di perbatasan Jateng dan DIY, serta di Pegunungan Ijen, Jawa Timur. Dari tiga gunung ini, Merapi di perbatasan Jateng dan DIY paling besar, sekaligus yang paling terkenal. Inilah gunung berapi stratovolkano yang paling muda, sekaligus paling aktif di kawasan zona subduksi Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Eurasia, di bagian selatan Pulau Jawa.

(KABAR JAKARTA)

Inkulturasi Budaya Batak

“Horas, Horas…” Ucapan khas Batak itu kerapkali terdengar dalam Misa Inkulturasi Budaya Batak di Gereja Stasi St Albertus, Harapan Indah. Sekelompok penari menyambut perarakan yang terdiri dari misdinar, 16 prodiakon, dan para konselebran, yaitu Pastor Yoseph Jaga Dawan SVD, Alexander Nevi Mapu SVD, Yonas Hunu SVD, Alexander Silaen OFMCap, Damianus Banjarnahor CP, Paulus Ranto Lumbantobing SVD, dengan konselebran utama, Uskup Agung Medan (Emeritus), Mgr A.G. Pius Datubara OFMCap.

Sosok Ideal Imam 2020

Sebuah puisi tentang sosok imam ideal, dipersembahkan seniman serba bisa, Arswendo Atmowiloto, dalam acara Dialog Interaktif, bertema: Sosok Imam Tahun 2020. Berikut penggalan puisi karya Arswendo: …

Penutupan Tahun Imam

Tahun Imam Juni 2009-Juni 2010, ditutup dengan misa meriah di Katedral. Sedikitnya 3000-an umat dan 200-an imam mengikuti misa penutupan Tahun Imam tingkat Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Ekaristi Kudus bertema “Kesetiaan Kristus, Kesetiaan Imam”, bertempat di Gereja St Maria Diangkat ke Surga, Katedral, Senin, 14/6, dipimpin Uskup Agung Jakarta, Kardinal Julius Darmaatmaja SJ, didampingi Uskup Agung Koajutor Ignatius Suharyo, Pastor Yosep Jaga Dawan SVD dan Mikhael Suryo SJ.

Mendidik Umat Berwirausaha

Untuk meningkatkan ekonomi rakyat kecil, termasuk umat Katolik, Credit Union Barerod Gratia mengadakan Seminar ”Pendidikan Wirausaha untuk Pemula” di Gedung Yos Sudarso Gereja Santa Anna Duren Sawit, Sabtu, 5/6. Siang itu langit sudah digelayuti mendung hitam, dan hujan pun tiba. Para peserta yang baru datang pun kehujanan. Dengan tubuh kedinginan, peserta mulai memadati sekitar 50 kursi yang disediakan panitia.

Murah, Terjangkau dan Merata

Komisi Kesehatan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) saat ini sedang memperkenalkan Jejaring Pelayanan Kesehatan Masyarakat (JPKM). INI merupakan program pelayanan

kesehatan masyarakat dengan biaya murah, terjangkau, dan merata tanpa membedakan kelompok masyarakat kaya miskin.

Operet Kolosal Impian Luna

Perhimpunan Vincentius Jakarta (PVJ) mempersembahkan opera kolosal Impian Luna. Persembahan operet karya Pegis Paliama ini diperankan anak-anak Panti Asuhan Vincentius Putri.

20 Tahun KPKS St Paulus

Kursus Pendidikan Kitab Suci (KPKS) St Paulus genap 20 tahun. Alumninya mencapai 600-an orang yang menyebar di Jabotabek. Sebagian alumni bereuni sambil merayakan 20 tahun usia KPKS St Paulus di aula Katedral, Minggu, 6/6. Acara diawali dengan Misa konselebrasi yang dipersembahkan Pastor Deshi Ramadhani SJ, Pastor Martin Harun OFM, dan Pastor Hardijantan Pr.

(NUSANTARA)

Perubahan di STFT Fajar Timur

Suasana meriah mewarnai Kapela Kristus Bangkit “Christus Surexit” Abepura, Papua. Tari-tarian khas suku Mee, salah satu suku di Papua, dan lagu-lagu dari suster-suster dari Kongregasi Suster-Suster Dina Santo Yoseph (Sorores Minores Sancti Josephii – SMSJ) membawa kegembiraan pada segenap Sivitas Akademika STFT Fajar Timur, Abepura.

Adorasi Abadi di Pandu

Uskup Bandung, Mgr J. Pujasumarta, bergembira atas peresmian Gedung Pastoral dan Biara OSC di Paroki Pandu, Bandung, Minggu, 6/6. Salah satu alasannya, Gedung Pastoral juga menyediakan sebuah ruang yang disebut sebagai Pradipa Kumara. Ruang ini adalah kapel yang diperuntukkan penempatan Sakramen Mahakudus. Di sinilah Adorasi Abadi dilaksanakan.

Gereja Katolik Cegah Korupsi

Agama perlu menemukan cara efektif untuk mendidik karakter umat, agar mereka tidak melakukan korupsi. Mencegah korupsi membutuhkan komitmen kuat dan upaya bersama dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal. “Untuk menghilangkan budaya korupsi, diperlukan moral force yang kuat,” kata Direktur Sekolah Tinggi Agama Buddha Salatiga, Hasto Bramantyo, dalam diskusi bertema...

BELAJAR KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

Seminari Menengah Mertoyudan menjadi tuan rumah sarasehan dan doa bersama kerukunan umat beragama, belum lama ini. Acara dihadiri sekitar 500 pemuka agama di seluruh Magelang. Di antaranya, Bante Pannavaro Mahathera, Pastor Prof Dr Muji Sutrisno SJ, Pastor Yatno, KH M. Yusuf Chudori, dan KH Abdul Muhaimin.

MENDALAMI PERDAGANGAN MANUSIA

Sebanyak 31 peserta mengikuti pelatihan advokasi penghentian perdagangan manusia berbasis tanpa kekerasan di Kebun Raya Tomohon, Sulawesi Utara, Mei lalu. Peserta merupakan perwakilan tiga keuskupan: Makassar, Ambon, dan Manado. Pemrakarsanya adalah Komisi Keadilan, Perdamaian, dan Pastoral Migran-Perantau KWI.

GEREJA TOFA DIRESMIKAN

Tepat pada Hari Pentakosta, Minggu, 23/5, Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang, meresmikan Gereja St Matias Rasul Tofa, Kelurahan Maulafa, Kupang, NTT. Peresmian ditandai dengan pemberkatan gereja dengan air berkat.

PERTAHANKAN MUTU PENDIDIKAN

Sebanyak 20 utusan Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Atambua dan Komisi Pendidikan Katolik Keuskupan, bertemu Uskup Atambua, Mgr Do­minikus Saku, di Emaus, beberapa waktu lalu. Mereka bertemu dalam rapat kerja yayasan.

MERANGKAI BUNGA LITURGI

Merangkai bunga sesuai aturan liturgi diajarkan dalam pelatihan merangkai bunga Seksi Liturgi Sub Seksi Dekorasi Altar Paroki St Pius X Blora, Jateng, belum lama ini. Pelatihan diikuti 36 peserta dari lingkungan dan stasi. Daun jati, daun khas Blora, mereka ubah menjadi vas unik dan menarik.

MEMBANTU YANG KURANG MAMPU

Wanita Katolik RI DPC Bunda Maria Cirebon mengadakan bakti sosial penjualan sembako murah kepada warga tak mampu, Minggu, 6/6. Satu paket sembako berisi beras, gula, dan minyak goreng, dijual setengah harga. Dari 550 paket yang disiapkan, semua terjual habis.

(SAJIAN KHUSUS)

Rencontre 2010: Pertemuan yang Dirindukan

”Acaranya seru, asyik, dan keren banget!” ujar Vera bersemangat tentang Rencontrè 2010. Rencontrè yang diikuti 650 anak muda ini berlangsung pada 28 Mei 2010 di Paroki St Helena Curug, Tangerang, Banten. Rencontrè 2010 adalah pertemuan orang muda Katolik yang berasal dari Paroki St Helena, St Monica, St Agustinus, St Laurentius, St Odilia, dan St Maria. Semuanya berada dalam wilayah Dekanat Tangerang.

Rencontre: Lanjutkan!

Keberhasilan Rencontrè yang diikuti begitu banyak peserta, membangkitkan harapan, khususnya bagi para pendamping. Orang muda Katolik membutuhkan wadah yang cocok untuk bertemu dan beraktivitas. Rencontrè adalah salah satu alternatif yang pas. Sebagian besar peserta menyatakan dengan suara lantang, “Rencontrè..., lanjutkan!”

(APA DAN SIAPA)

M.Y. Riawinarta Pr : Dasi Kependekan

Sr Maria Rosaline SND : Melelang Rosario

Stephani Saptiti Enggardini : Menang Lomba

Obituari : Sr Theresa CB : Pelayan Pendidikan

(KONSULTASI IMAN)

Minta Petunjuk Paranormal (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)

Bolehkah saya meminta petunjuk kepada “orang pintar” atau paranormal, karena saya terhimpit oleh berbagai persoalan?

Liliana, Malang

(BUKU – VCD – KASET)

Orang Kristen Belajar Al-Qur’an

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Bisa jadi keasingan dari Al-Quran menjadi sekat pemisah antara orang Kristiani dengan orang Muslim. Walau dalam sejarah cukup sering timbul permusuhan antara umat Kristiani dan umat Muslim, namun Gereja mendorong umatnya untuk melupakan yang sudah lalu dan dengan tulus hati melatih diri untuk saling memahami (Nostra Aetate art 3).

(KESAKSIAN)

Bukan Terletak pada Harta

Selama bertahun-tahun Ferdinand Hendro Babu tak kunjung memperoleh pekerjaan. Lamarannya ke berbagai instansi pemerintah maupun swasta ditolak. Namun, sarjana ilmu pemerintahan dari sebuah universitas di Denpasar ini tak pernah putus asa. Terlebih, sang istri, Imelda Uskuluan, selalu mendukung usahanya. Karena itu, ia terus menempa kesabarannya. Padahal, sebagai kepala keluarga, Ferdinand harus bertanggung jawab memenuhi kebutuhan keluarganya.

(JENDELA)

Seminari Pius XII Kisol : Tetap Bertahan Hadapi Tantangan

Sebagai lembaga pendidikan calon imam, Seminari Pius XII Kisol, Manggarai Timur, Flores, NTT tidaklah asing. Dari tempat ini, tercetak ratusan imam, frater, bruder, dan ribuan awam yang berkiprah di berbagai profesi. Mereka tersebar di seluruh penjuru negeri. Mendidik dan mencetak imam memang menjadi tujuan utama, namun mendidik dan membentuk karakter manusia jauh lebih penting.

Sekilas Seminari Pius XII Kisol

Seminari Pius XII Kisol mengambil nama Paus Pius XII yang memberi izin pendirian seminari ini. Seminari Pius XII Kisol merupakan seminari terakhir yang didirikan pada masa pontifikal Paus Pius XII. Seminari Pius XII Kisol didirikan pada 8 September 1955 oleh Pastor Leonardus Perik SVD dari Belanda. Keinginan mendirikan seminari di wilayah Vikariat Apostolik Ruteng sudah ada sejak awal tahun 1950, setelah seminari-seminari lain di Flores didirikan.

(MANCANEGARA)

Pandangan Paus Soal Hidup Selibat

Sekitar 15.000 imam seluruh dunia berkumpul di St Peter Square, Vatikan, Roma, Kamis, 10/6, mengadakan doa bersama dengan Paus Benediktus XVI. Dalam acara ini, Paus menekankan makna hidup selibat bagi imam. Paus membicarakan tentang pentingnya para imam memperhatikan hidup doa, mempertahankan hidup selibat, dan menekankan kebutuhan untuk percaya pada Tuhan yang selalu memberkati Gereja ini dengan panggilan-panggilan yang baru.

(RENUNGAN HARIAN)

Pengikut Yesus (Oleh : Surip Stanislaus OFMCap)

Realita: Waldmeier meminta pemuda Turki itu studi lanjut ke Eropa, tetapi jawabnya: “Aku harus menguburkan ayahku lebih dahulu.” Spontan Waldmeier menyalaminya turut berdukacita. Pemuda itu pun melongo, karena ayahnya memang belum mati, tetapi ia masih harus memenuhi adat-istiadat dan kewajiban dalam keluarganya, termasuk menguburkan ayah nantinya. Ia tidak bisa pergi selama ayahnya masih hidup.

(EKSPONEN)

Bernardus Boli Ujan SVD: Jalan Panggilan Berliku

Panggilan Pastor Bernardus Boli Ujan berliku dan penuh tantangan. Ketika dewasa, ia termasuk imam yang getol menyosialisasikan Dokumen Quam Singularis, dokumen resmi kepausan yang mensahkan anak-anak usia tujuh tahun menerima komuni dan Sakramen Tobat…

(CERPEN)

Pastor Kampung

“PASTOR kampung!” Predikat itu yang paling tepat disandangnya. Bayangkan, usai ditahbiskan dua puluh lima tahun lalu, ia langsung ditempatkan provinsialnya di sebuah paroki di pedalaman Pulau Timor, Keuskupan Atambua. Selama dua periode ia menjabat pastor rekan, satu periode berikut ia naik status menjadi pastor kepala. Lalu, memasuki periode keempat, ia hanya beralih tugas dari paroki yang tadinya udik ke paroki lain agak di pinggiran kota. Padahal, dalam visitasi kanonik pastor provinsial sebelumnya, ia telah dengan jujur mengungkapkan bahwa ia sudah jenuh mengabdi di keuskupan ini. “O, Maromak!”1 batin sang pastor saat mendapat SK baru terkait penempatannya pada kapitel periode kelima. Berdasarkan keputusan kapitel periode kelima, ia harus pindah ke Keuskupan Ruteng, Flores. “Darat!”2 Kali ini batinnya menyebut setan.

(TAHUN IMAM)

Retret Penutup Tahun Imam: Bangga Menjadi Imam

Sebanyak 208 imam dari 23 keuskupan dan 18 tarekat mengadakan retret bersama di Via Renata Cimacan-Cipanas, Jawa Barat, 7-11 Juni 2010. Retret yang dipimpin Mgr Ignatius Suharyo ini dibuka resmi oleh Nuntius, Mgr Leopoldo Girelli. Ikut hadir dalam retret ini Mgr J. Pujasumarta dan Mgr Hilarius Moa Nurak SVD. “Kalau boleh memilih, saya lebih senang duduk bersama Anda sebagai peserta,” ujar Mgr Suharyo saat memulai retret. Retret ini pertama-tama bukanlah untuk menambah pengetahuan, melainkan untuk mendengarkan Roh yang mengantar pada kebenaran. “Dengan mendengarkan Roh, diharapkan kita memperoleh hidup baru, hidup yang antusias,” paparnya. Antusias berasal dari kata Yunani, entheos yang berarti dalam Tuhan.

(KONSULTASI KELUARGA)

Saatnya Pendidikan Seks Dimulai

Beberapa hari terakhir ini, kita dikejutkan oleh tayangan video porno yang mirip dengan tiga pesohor di Indonesia. Setiap orang tanpa kecuali, saya yakin pasti penasaran tentang hal tersebut dan beramai-ramai berusaha memenuhi rasa penasarannya dengan berbagai macam cara. Hal ini juga terjadi di tempat kami. Video tersebut menjadi bahan perbincangan yang menarik karena dipenuhi rasa ingin tahu tentang mengapa dan bagaimana, dan berbagai pertanyaan seputar hal tersebut.

(TEROPONG)

Kader Katolik karya A.M. Lilik Agung

Mengikuti, mendengarkan, dan menyaksikan para pemerhati maupun fasilitator kepemimpinan, baik dari otoritas Gereja maupun awam menyoal peran kader Katolik, dapat ditarik satu benang merah; muram. Para cerdik pandai itu dengan berbagai argumen menyebut, kader-kader Katolik kontemporer miskin pengaruh ketimbang kader masa lalu. Kemudian, disebutlah contoh nan klasik, Kasimo, Frans Seda, Harry Tjan Silalahi, Soedjati Djiwandono, Cosmas Batubara, dan nama-nama lain yang sangat populer.

0 komentar:

Poskan Komentar