Edisi 29

Sajian Utama:
Sehari setelah Hari Buruh se-Dunia 1 Mei 2010, di Sawangan Depok, Jawa Barat berlangsung acara ”Temu Hati PRT”. Kegiatan ini merupakan acara tahunan Keuskupan Agung Jakarta, yang diprakarsai Wanita Katolik RI, Mitra ImaDei, Gropesh, dan Paperta. Ada apa dengan Pembantu Rumah Tangga (PRT)? Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) lima tahun lalu telah mencanangkan bahwa salah satu pembangunan gerakan keadaban publik adalah dengan menaruh perhatian pada para buruh, termasuk pekerja rumah tangga. Simak juga tentang kupasan tentang pekerja rumah tangga Filipina, juga HOME yang didirikan oleh seorang perempuan Katolik di Singapura. Lembaga ini telah membantu setidaknya 2.500 kasus PRT dari Indonesia selama enam tahun terakhir.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Dilema Pembantu Rumah Tangga
Sejak pagi buta, Ani, Pembantu Rumah Tangga (PRT) di sebuah keluarga di Paroki Kedoya, Jakarta Barat, sudah bersiap-siap. Hari itu, sehari setelah perayaan Hari Buruh se-Dunia 1 Mei, ia bebas dari pekerjaan sehari-hari: menyapu, mengepel, mencuci baju, memasak, dan membersihkan rumah sebelum keluarga bangun. Ia diantar majikannya ke depan sebuah rumah sakit besar di wilayah Jakarta Barat.

Jalan Buntu RUU PPRT
Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga atau RUU PPRT dicoret dalam Program Legislasi Nasional tahun 2010. Sebenarnya RUU PPRT diusulkan Komisi IX DPR setelah memahami tiadanya perlindungan dan rentannya posisi PRT di rumah majikan. Isu ini sebenarnya sudah masuk dalam Sidang Paripurna DPR, 30 November 2009. Tetapi, pada rapat Komisi IX, 2 Juni, agenda mencoret isu ini.

”Home” bagi Para PRT
Sri, seorang pembantu rumah tangga Indonesia yang bekerja di Singapura selama beberapa tahun, terlibat kasus serius. Ia dituduh mencuri oleh majikannya. Dalam proses pengadilan, Sri mendapat pengacara gratis yang selalu mendampinginya sampai ke Mahkamah Agung. Pengacara ini membantu membebaskannya dari tuduhan palsu itu.

Standar Nasional PRT Filipina
Kebanyakan orang Filipina punya keyakinan: negeri-negeri seberang bagaikan ladang subur nan hijau. Tak heran, empat dari lima orang Filipina ingin bekerja atau hidup di luar negeri. Penyebaran para pekerja Filipina, khususnya para pekerja rumah tangga ke seluruh dunia, telah melahirkan istilah “Global Filipino”. Jika Jepang mengglobalkan Toyota dan Korea Samsung, maka Filipina mengglobalkan orang-orangnya (Filipino).

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Pekerja Rumah Tangga
PRT itu Pembantu Rumah Tangga ataukah Pekerja Rumah Tangga? Berbicara istilah saja topik ini sudah menimbulkan diskusi dan perdebatan. Bertitik-tolak klarifikasi ‘rumusan’ ini, beberapa persoalan mendasar bisa diungkapkan. Persoalan PRT merupakan persoalan sosial-politik yang serius. Beberapa bahkan menyamakan PRT dengan budak.

(KABAR JAKARTA)
Pesta Nama Paroki Bojong
Uskup Agung KAJ, Mgr Ignatius Suharyo, menyetujui umat lebih memilih merayakan pesta nama pelindung paroki daripada hari jadi, agar umat dapat meneladani keutamaan-keutamaan dan kesucian santo-santa pelindung. Hal ini diungkapkan Mgr Ignatius Suharyo Pr saat memimpin Misa Perayaan ke-29 Pesta Nama Paroki St Thomas Rasul, Bojong Indah, Jakarta Barat, Sabtu, 3/7.

Tri Prasetya Biarawati Ursulin
”Menjadi dan membawa sukacita bagi sesama” menjadi pesan utama Pastor J.A. Hendra Sutedja SJ dalam homili pada Misa konselebrasi ikrar tri prasetya kekal empat biarawati Ursulin di Gereja St Theresia, Jakarta, Jumat, 11/6. Para biarawati itu adalah Sr Teresa Soares Pereira OSU, Sr Esperanca Constancio OSU, Sr Katharina Sri Purwaningsih OSU, dan Sr D’Anita Dominika Ana Seran OSU.

Syukuran Imamat di Rumah Sakit
Misa syukur imamat Pastor Petrus Payong SVD terpaksa dilakukan di RS St Carolus. Dalam remang-remang kegelapan, Pastor Piet Payong –begitu sapaan akrabnya– seperti mendengar bisikan suara-Nya. “Jangan mengeluh! Cinta sebenarnya yang engkau berikan bukan karena kakimu dipotong atau karena gula, tetapi engkau harus menyerahkan dirimu untuk Aku.”

WKRI 86 Tahun
Wanita Katolik Republik Indonesia mencapai usia 86 tahun. Sebagai organisasi massa di dalam Gereja, tentu seluruh gerak aktivitasnya disertai iman. Rasa syukur diungkapkan dalam Misa di Aula Siti Maryam, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu, 3/7. Julius Kardinal Darmaatmaja SJ memimpin Misa konselebrasi bersama Kepala Paroki St Andreas Kedoya Pastor Heru Jati Wahyuno MSC, dan Pastor Andang Binawan SJ. Hadir pula para aktivis WK dari DPP dan DPD Jakarta, termasuk undangan para mantan pengurus. Jumlahnya sekitar 500 orang.

Sarana Pembangunan Diri
Pembangunan karakter dan komunikasi di antara kaum muda adalah wujud perhatian Gereja bagi masa depannya. Orang Muda Katolik (OMK) St Robetus Bellarminus, Cililitan, mengadakan Jambore Vodka Vaganza (Variasi Orang Muda Katolik dalam Kerjasama dan Berkomunikasi) di Camping Ground Batu Tapak, Cidahu, Sukabumi, 2-4/7/2010. Jambore bertema “Menumbuhkembangkan Komunikasi pribadi dan kelompok dalam kebersamaan Orang Muda Katolik”.

(NUSANTARA)
Membangun Tanpa Korupsi
Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng (STFSP) punya gedung baru. Gedung berlantai empat yang menelan biaya lebih dari Rp 5 miliar itu diyakini tidak dikorupsi dalam proses dan pembiayaan pembangunannya. Ketua STFSP Pastor Dr Albertus Sujoko Hadiwardoyo MSC memberikan laporan pada acara peresmian gedung tersebut, Selasa, 29/6.

Temu Pasutri Keuskupan Bogor
Mengisi Tahun Keluarga 2010 yang dicanangkan KWI, Komisi Kerasulan Keluarga Keuskupan Bogor mengadakan Temu Pasutri, diikuti 420 pasutri. Mereka berasal dari seluruh paroki di Keuskupan Bogor. Kegiatan berlangsung di Gedung Poetri, Tas Tajur, Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 26/6. Ketua Komisi Keluarga Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sekaligus Uskup Bogor, Mgr Michael Cosmas Angkur OFM hadir sebagai pembicara, dengan topik “Keluarga Menjadi Suatu Kebanggaan”.

Pelatihan Komunitas Basis Mahasiswa
Kevikepan Toraja, Keuskupan Agung Makassar, bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Agama Katolik, Kementerian Agama RI, mengadakan pelatihan calon penggerak-pendamping komunitas basis mahasiswa Katolik. Pelatihan berlangsung di Wisma Frateran CMM Ge’tengan, Toraja, akhir Mei. Peserta, 29 mahasiswa dari berbagai kampus seperti UKI Toraja, STIKPAR Rantepao, STIKES Toraja, ditambah tiga orang mahasiswa perwakilan dari Kendari.

Ulang Tahun Paroki Katedral
Paroki Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin merayakan HUT ke-79, Minggu, 27/6. Perayaan Ekaristi dipimpin Vikaris Jenderal Keuskupan Banjarmasin, Pastor Theodorus Yuliono Prasetya Adi MSC, Pastor Antonius Bambang Doso Susanto Pr, dan Pastor Frensius Suprijadi CM. Bangunan pertama katedral Banjarmasin dulu bekas losmen. Tanggal 30 Desember 1929 bangunan dari dinding kayu beratap sirap itu dibeli Congregatio Missionariorum a Sacra Familia (MSF, Misionaris Keluarga Kudus).

Meningkatkan Kualitas Guru
Komisi Kitab Suci, Keluarga, Pendidikan dan Liturgi menyelenggarakan pembinaan bagi para guru Katolik Paroki Tarakan, Tanjung Selor. Acara diadakan di Aula St Leopoldo, Minggu-Selasa, 20-22/6.

Dipuji, Proyek Umat Runut
Proyek-proyek institusi-institusi Gereja Katolik dipuji cara kerjanya oleh Caritas Jerman. Di Paroki Runut, kerjasama semua pihak, dipuji. Proyek penghijauan yang dibiayai Caritas Jerman, dianggap berhasil. Pastor pembantu Paroki Runut, Aleksius Ola Puka SVD mengatakan, umatnya telah menanam pohon jati putih, mahoni, kaliandra dan angsana seluruhnya dua hektar...

75 Tahun Gereja Gombong
Gereja Katolik St Mikael Gombong memiliki wilayah pelayanan dari Kabupaten Kebumen bagian barat sampai ke daerah Sumpiuh di Kabupaten Banyumas. Jumlah umat paroki ini sekitar 2000 jiwa. Di paroki ini, antara lain, hadir komunitas Suster Amal Kasih Darah Mulia (ADM)…

Kaul Kekal SSpS
Tiga suster Kongregasi Suster-Suster Misi Abdi Roh Kudus (SSpS) mengucapkan dan mengikrarkan kaul keabadian untuk setia bersama Kristus dan menerima salib misi menuju tanah perutusan. Mereka adalah Sr Imelda Taneo, Sr Dorothea Polli dan Sr Maria Feliciani Bete. Ikrar kaul ini berlangsung di gereja Paroki Roh Kudus Halilulik.

Imam Wajib Bisa Nyanyi
Seorang imam wajib bisa menyanyi lagu-lagu gerejani. Karena itulah, Seminari Menengah St Vincentius a Paulo Garum, Jawa Timur mengadakan Hari Pembinaan Komunitas, Rabu-Kamis, 9-10/6. Diharapkan, kreativitas dan kecintaan seminaris dalam bernyanyi, khususnya nyanyian gereja, bisa terdongkrak.


Dubes Vatikan Kunjungi Jayapura
Paroki Gembala Baik Abepura Jayapura mendapat kunjungan Dubes Vatikan, Minggu, 13/6. Pada kesempatan ini, Dubes memimpin Misa Kudus, didampingi pastor paroki A. Eko Widiatmono Pr, Pastor Yulianus Mote Pr, dan Pastor Goklian Lumban Gaol OFM.


Pelatihan Pendamping Bina Iman
Para pendamping pembinaan iman anak se-Dekenat I, Keuskupan Agung Palembang, mengikuti pelatihan di Rumah Retret Giri Nugraha, Jumat- Minggu, 18-20/6. Peserta, 45 orang. Nara sumber, Linda Wahyudi. Koordinator pendamping PIA Keuskupan Agung Palembang, Pastor Rakidi Pr berharap ada tindak lanjut acara tersebut.


Prosesi Agung di Ganjuran
Ribuan umat mengikuti ekaristi dan prosesi agung perayaan Hari Paroki Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran ke-86 di halaman candi setempat, Minggu, 27/6. Prosesi agung dipimpin Uskup Bandung Mgr J. Pujasumarta. Uskup Pujasumarta menerimakan sakramen krisma bagi l87 umat.


(SAJIAN KHUSUS)
80 Tahun Sekolah Santo Aloysius Bandung: Aku Lahir untuk Sesuatu yang Lebih
“Manifestasi nurani, dalam gemblengan pembelajaran ilmu dan seni Merajut aktualisasi diri, Ad Maiora Natus Sum (aku lahir untuk sesuatu yang lebih) Eksplorasi idealisasi energi, intelektualitas, dan karakter diri Di balik aura kemewahan darah biru Terungkap tekad kesederhanaan menggebu Menyatu engan yang pilu Hidup bagai kerikil jatuh ke air Tampak berubah ke segala arah Benih kebaikan tak ‘kan pernah mati Pasti berbuah dan membawa berkah.”


Pembentukan Jatidiri Makin Jelas
Lana Rita SpdSD Ketua Panitia 80 Tahun Sekolah Santo Aloysius: “Rangkaian kegiatan perayaan 80 Tahun Sekolah Santo Aloysius Bandung dirancang selama setahun. Bentuk kegiatan meliputi, pertama Pemberian Ijasah lulusan S1 PGSD kepada para guru yang mengikuti program kerjasama Yayasan Mardiwijana Bandung dengan Universitas Terbuka (UT). Kedua, English Competition se-Jabar untuk siswa SMP dan SMA yang berkerjasama dengan Uni–bridge Australia dan Monash University. Ketiga, Kompetisi Bola Basket Sekota Bandung dan Cimahi untuk siswa SD.


(APA DAN SIAPA)
Arswendo Atmowiloto : Pernah Memarahi Romo


(KONSULTASI IMAN)
Pengurapan Orang Sakit (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Romo, apakah sakramen Perminyakan itu mempunyai kuasa untuk menyembuhkan? Kalau memang mempunyai kuasa penyembuhan, mengapa sakramen Perminyakan jarang diberikan kepada orang sakit?

Nobertus Daryanto, Blitar


(KONTAK-KONTAK)
Menyenangkan Hati
Ketika dijebloskan ke dalam Kamp Konsentrasi Auschwitz, ahli logoterapi (terapi pemaknaan diri) Dr Victor Frankl justru belajar mengubah hidupnya yang kelam menjadi hidup yang bermakna. Ia mencatat pengalamannya itu menjadi sesuatu yang bermanfaat dan mengherankan bagi banyak orang.


(KESAKSIAN)
Tak Pernah Sendirian
Saat promo mammografi digelar di sebuah rumah sakit di Tangerang, Desember 2009, Lucia Megawati memeriksakan benjolan di payudaranya. ”Saya didiagnosis menderita kanker payudara stadium tiga,” ungkapnya getir. Awalnya, warga Paroki St Helena Karawaci, Tangerang ini mengabaikan benjolan tersebut. ”Saya pikir ini pengaruh pra-menopause. Lagi pula, keluarga saya tidak memiliki riwayat kanker,” dalihnya.


(EKSPONEN)
Ignatius Rosoinaya Penyami: Pilihan Hidup yang Nekad
Pilihan hidup seniman ini terbilang nekad dan berani. Ia memutuskan terjun total sebagai musisi rap. Berbagai tantangan ia hadapi di awal karirnya. Sebagai seniman, ia kurang dihargai orang, jasanya pernah tidak dibayar, sempat dibuat terkatung-katung di kota lain. Namun, ini semua tidak membuatnya menyerah. Ia percaya, segala sesuatu yang ditekuni dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil.


(RENUNGAN HARIAN)
Meminta Tanda (Oleh : Dr V Indra Sanjaya Pr)
Diskusi antara Yesus dengan para ahli Taurat dan orang Farisi terjadi saat mereka meminta tanda dari Yesus (ay 38). Dengan keras Yesus menjawab, kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda Nabi Yunus (ay 39). Arti tanda ini segera diterangkan pada ay 40.

(MANCANEGARA)
Paus Buat Ensiklik Baru
Setelah melakukan kunjungan ke berbagai belahan dunia, Bapa Suci memutuskan beristirahat di Castel Gandolfo, Italia, Rabu, 7/7. Selain rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari, Bapa Suci juga berencana menulis ensiklik terbarunya di tempat ini. Selama di Castel Gandolfo, Bapa Suci akan menghabiskan waktunya dengan berdoa, istirahat, mendengarkan musik, belajar, dan menulis. Menjelang kunjungan Paus ke tempat yang jaraknya hanya beberapa menit dari Roma jika ditempuh dengan helikopter ini, para staf Vatikan terlihat sangat sibuk mempersiapkan kunjungan Paus.


Sepakbola Menurut Pandangan Paus
Sekitar pertengahan Juni, Koran Vatikan L’Osservatore Romano memuat artikel berjudul “Ketika Ratzinger Membuat Tulisan tentang Sepakbola”. Artikel ini berisi refleksi Paus Benediktus XVI ketika masih menjadi Kardinal. Dalam refleksinya, Kardinal Ratzinger menulis, “Piala Dunia yang berlangsung selama empat tahun sekali merupakan peristiwa yang menyedot perhatian ratusan juta orang di seluruh dunia.”


Peringatan 120 Martir China
Jumat, 9/7, Gereja Katolik seluruh dunia merayakan pesta 120 martir China. Pengejaran terhadap kaum religius, khususnya umat Kristiani, menjadi salah satu catatan sejarah yang sangat panjang di negara ini. Ribuan orang meninggal dan menjadi saksi semangat dan kegigihan iman. Pada 1 Oktober 2000, Paus Yohanes Paulus II mengkanonisasi 120 pria, wanita, dan anak-anak yang menyerahkan hidup mereka demi iman akan Yesus Kristus di China antara tahun 1648 hingga 1930.


(CERPEN)
Jeol-Du San (Oleh: Sylvia Marsidi)
Mataku terpaku pada sebentuk relikwi yang terpampang di salah satu showcase di ruangan itu. Sebuah potongan tulang manusia. Kubayangkan, pemiliknya dengan gagah berani membuat tanda salib sebelum sebilah pedang tajam melepaskan kepalanya dari tubuhnya.


(KONSULTASI KELUARGA)
Trust (Oleh : Th. Dewi Setyorini)
Membahas tentang perkawinan memang tidak ada matinya. Begitu banyak problematika yang muncul, mewarnai haru biru kehidupan perkawinan. Bahagia dan sedih muncul bergantian, melumat tiap pasangan tanpa kecuali. Jika orang tidak cukup dewasa menyikapi, maka tinggal menghitung hari kapan semua itu akan berakhir.

(TEROPONG)
Dari Krisis ke Krisis (Oleh : Djamester Simarmata)
Banyak orang mengajukan kritik pada sistem ekonomi yang berlaku saat ini, terutama dipicu frekuensi krisis yang meningkat. Krisis itu lebih sering mengenai sistem finansial dan moneter, yang terkesan merupakan kegiatan masyarakat kaum berada. Tetapi, seperti diungkapkan Galbraith, uang sama penting buat orang yang memiliki dan tak memiliki uang. Walaupun instrumen finansial tak sama dengan uang, tetapi implikasinya hampir sama.


SUPLEMEN PGU
Launching PGU Lampung
Saat ini orang mudah tenggelam dalam hiruk pikuk kehidupan sehingga sangat sulit menyediakan waktu untuk hening dan berdoa. Akibatnya, kalau mengikuti Ekaristi yang melonjok sedikit saja, orang sudah mengeluh. HAL itu diungkapkan Vikaris Jenderal (Vikjen) Tanjungkarang Pastor Piet Yoenanto Sukowiluyo Pr dalam khotbah saat memimpin Misa, yang diadakan secara khusus untuk menyambut pembentukan PGU Lampung di gereja Katedral, Lampung, Jumat, 28/5. Kebanyakan yang menghadiri Misa ini adalah eks-seminaris dan keluarganya, yang bertempat tinggal di Bandar Lampung dan sekitarnya.

Harry Sulistyo Pr : Terus Mengoptimalkan Aneka Potensi
“Sejak kecil, saya tidak mempunyai cita-cita menjadi imam. Tetapi, orangtua menanamkan nilai-nilai kristiani begitu kuat kepada anak-anaknya,” kisah Ketua Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Jakarta (Komsos KAJ), Pastor Harry Sulistyo Pr. Sejak kecil, Harry selalu diajak orangtuanya pergi ke gereja bersama-sama dan dibiasakan duduk di bangku deretan paling depan. Beranjak remaja, kecintaan Harry pada Gereja mulai tumbuh. Ia aktif sebagai mudika di lingkungan, wilayah, dan parokinya St Paskalis Cempaka Putih, Jakarta. Ia pun terlibat di pelbagai kepengurusan kelompok yang ada di paroki. “Karena aktif di kegiatan gerejani, banyak orang yang bilang saya besok pasti akan menjadi pastor,” kenang Romo Harry (44).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: