Edisi No 27, Tanggal 4 Juli 2010: Dilema Gereja Tua

Di Keuskupan Agung Semarang terdapat sejumlah gereja tua. Belum lama ini HIDUP menelusurinya ke beberapa gereja tua yang ada di kota Semarang, Ambarawa, dan Yogyakarta. Ada dua gereja yang masuk cagar budaya yang ditetapkan pemerintah. Paroki yang memiliki gereja tua itu pun menghadapi tantangannya sendiri. Karena mereka tidak bisa memugar semaunya, apalagi diperluas. Sementara umat terus bertambah, gereja tak mampu menampungnya. Pola penggembalaan paroki pun berubah dengan lebih memberdayakan stasi atau lingkungan. Pemeliharaan gereja tua inipun butuh biaya mahal dan ditanggung paroki sendiri.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Dari Gerbong KA Hingga Menara Jago

Banyak paroki tua yang berada di Keuskupan Agung Semarang. Paroki-paroki ini menjadi saksi mekarnya bunga-bunga iman Katolik yang sangat segar di keuskupan ini. Sebagai paroki tua, tentu gedung gerejanya juga sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Ketuaan ini ternyata menimbulkan tantangan dan dilema tersendiri yang mesti disikapi dengan bijak.

Mekarkan Stasi

Undang-undang RI No 5 Tahun 1992 tentang benda cagar budaya menegaskan bahwa benda cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa yang penting artinya. Terutama bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan sehingga perlu dilindungi dan dilestarikan demi pemupukan kesadaran jatidiri bangsa dan kepentingan nasional.

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Gereja Kuno ‘Sekarang’

Gedung gereja dibangun dan didirikan bukan saja demi tujuan fungsional. Seakan kalau dia cukup besar dan bisa menampung umat untuk berdoa secara nyaman maka tujuan pendirian gedung gereja sudah terpenuhi. Gereja bukanlah batu dan bata yang disusun dan kemudian berdiri sendiri terisolasi dari lingkungan sekitarnya. Gereja adalah hidup itu sendiri.

(KABAR JAKARTA)

Sukacita yang Menyembuhkan

Kebangunan Rohani Katolik (KRK) yang marak memunculkan banyak kelompok doa. Muncul kesan bahwa acara penyembuhan atau KRK dianggap ‘sukses’ jika banyak yang jatuh. Hal ini diluruskan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 PDKK Betlehem, Paroki St Thomas Rasul Bojong Indah.

Merefleksikan Perkawinan Katolik

Ribut-ribut soal tayangan video porno dari beberapa artis belum lama ini, bisa membuat orang bertanya-tanya soal teologi tubuh. Konsep teologi tubuh ini diperkenalkan Almarhum Paus Yohanes Paulus II. Konsep ini dicoba dikupas dalam pelatihan mengenai “Teologi Tubuh dalam Perspektif Perempuan” yang diselenggarakan Mitra ImaDei, Jumat-Minggu, 18-20/6, di Wisma Canossa, Bintaro, Tangerang.

Antara Publik dan Privat

Dewasa ini masalah ruang privat dan ruang publik semakin sulit dipisahkan satu sama lain. Justru dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu memenuhi ruang publik itu, akhirnya apa yang publik dan privat sering tercampur.

Lega dan Plong Usai Retret

Retret guru dan karyawan SMA Marsudirini Kemang, Bekasi, memberikan penyegaran rohani kepada para peserta. Para guru yang mengikuti retret di Wisma Samadi Klender, Jakarta Timur, 15-17/6 ini, mengaku lega dan plong. Perasaan ini tertuang dalam setiap refleksi yang dibuat masing-masing peserta retret.

Sunat Gratis di Bidaracina

Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (SPSE) Paroki Santo Antonius Padua, Bidaracina, Jakarta Timur mewujudkan kepedulian kepada sesama lewat kegiatan sunat massal. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serba Guna paroki, Minggu, 20/6. Tampak aula atas gedung dipasangi tempat tidur dengan sekat gorden putih.

(NUSANTARA)

Ketika Dubes Vatikan Berkunjung

Beginilah jika wakil Paus mengunjungi umat di pelosok. Ketika Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli, melakukan kunjungan kerja ke wilayah Keuskupan Agung Merauke, umat berduyun-duyun menyambut. Saat Mgr Girelli menginjakkan kakinya di lapangan terbang Tanah Merah, wilayah Kevikepan Boven Digoel, ia disambut tari adat ja’i, sebuah tari penyambutan dari daerah Ngada Flores. Bersama Uskup Agung Merauke, Mgr Nicolaus Adi Seputra MSC, Dubes Vatikan memimpin Ekaristi, Kamis, 17/6.

Jadi Pegangan Umat

Uskup Manado, Mgr Josef Suwatan MSC, menahbiskan delapan frater diakon menjadi imam pada Misa tahbisan di Gereja Paroki Hati Tersuci Maria Katedral, Manado, Sabtu, 12/6. Misa dipersembahkan Uskup didampingi Rektor Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng Pastor Dammy Pongoh Pr dan Provinsial MSC Indonesia Pastor Johanis Mangkey MSC, serta puluhan imam.

Berakar dan Bertumbuh dalam Kristus

Bimas Katolik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat mengadakan kegiatan Orientasi Guru Agama Katolik baik PNS maupun non PNS, di aula Gereja Katolik St Maria Mamuju, Rabu-Jumat, 9-11/6. Kegiatan itu dihadiri 30 peserta. Temanya, “Melalui Pelayanan yang Profesional Guru Agama Katolik Menemukan Jatidirinya sebagai Pelayan dan Pendidik di Tengah Masyarakat”.

Bukan Sekadar Sertifikat

”Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) seyogianya bukan hanya sekadar untuk mendapatkan sertifikat sebagai syarat untuk melangsungkan pernikahan secara Katolik, tetapi hendaknya sungguh diupayakan sehingga dapat menjadi bekal bagi muda-mudi dalam hidup keluarga Katolik.” Y. Sumardiono BA, salah satu Anggota Komisi Keluarga Keuskupan Agung Palembang (KAPal) menegaskan hal itu dalam bincang-bincang dengan para pendamping Kursus Persiapan Perkawinan dan Seksi Pastoral Keluarga di aula Paroki St Stefanus Curup, akhir Mei.

Penduduk Muslim Minta Petugas Pastoral

Penduduk Desa Gunungsari di Pulau Pemana, 22 mil Laut Utara Kota Maumere wilayah Keuskupan Maumere, meminta petugas pastoral melakukan penyuluhan KDRT dan Trafiking di pulau itu. Permintaan itu disampaikan, Jumat, 18/6, di Desa Gunungsari dalam penyuluhan KDRT dan Trafiking yang diselenggarakan Komisi Migran dan Perantau, Komisi Keadilan dan Perdamaian dan Tim Relawan untuk Kemanusiaan Flores (TRUK-F).

TEA WALK WKRI

Menyambut Hari Ulang Tahun ke-86 Wanita Katolik Republik Indonesia, Dewan Pimpinan Daerah Wanita Katolik RI Jakarta mengadakan Tea Walk di Melrimba Garden Puncak, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 13/6. Acara bertema “Dalam Persaudaraan Kita Tingkatkan Kepedulian Alam Untuk Hidup Sehat” ini diikuti sekitar 450 orang yang mewakili 58 cabang di Keuskupan Agung Jakarta.

MENUKIK LEBIH DALAM

Restorasi Indonesia dimaknai Uskup Atambua, Mgr Dr Dominikus Saku, secara luas. Bukan hanya sebatas mengembalikan hal-hal, nilai-nilai atau keutamaan yang telah hilang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, atau menggagas satu gerakan pembaruan, perubahan atau perombakan. Tetapi, satu proses “menukik lebih dalam” ke hakikat gerakan restorasi Indonesia itu sendiri. “

PERERAT PERSAUDARAAN

Muda Mudi Katolik Ikatan Keluarga Katolik Sumatra Utara (IKKSU) Surabaya dan Semarang bertemu di Gua Maria Kerep Ambarawa, akhir Mei. Acara ini untuk mempererat tali persaudaraan di tanah rantau dan mengembangkan semangat rohani Katolik.

BUKA HATI UNTUK SAUDARA

Para saudara Kapusin Provinsi Sibolga mengadakan pertemuan di Rumah Pembinaan St Leopoldo Gunungsitoli, Nias, Sibolga, Mei lalu. Minister Provinsial Kapusin Sibolga, Pastor Bonifasius Simanullang OFMCap, mengajak agar setiap anggota membuka hati kepada saudaranya.

JADI PINTAR

Sekitar 100 ibu dari Paroki Salib Suci Beduwai, Sanggau, Kalimantan Barat, dicerahkan melalui seminar mengenai bagaimana menjadi perempuan pandai dan menjadi teladan. Theresia Eka Murti MM mengajak mereka agar jangan berhenti belajar sehingga mereka menjadi pandai dan patut diteladani.

BERSTANDAR INTERNASIONAL

“Seharusnya saat ini SDK Maria Fatima sudah menjadi sekolah berstandar internasional,” demikian pengakuan Bupati Jember, M.Z.A. Djalal, dalam perayaan puncak HUT ke-75 Sekolah Dasar Katolik (SDK) Maria Fatima, Kamis, 10/6. Sejak tahun 1950-an, SDK Maria Fatima Jember, Jawa Timur, sudah menyandang predikat sekolah unggulan, baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

TERLIBAT BERBAGI BERKAT

Tahun 2010 merupakan tahun syukur KAS. Temanya, “Terlibat Berbagi Berkat”. Berkat itu juga dibagikan di Gereja Kristus Raja Baciro Yogyakarta dengan 60 anak menerima komuni pertama, tepat pada Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, Kamis, 6/5.

MISA BERBAHASA BATAK

Di lingkungan masyarakat Kristen Tanjung Karang, pada saat kematian atau pernikahan, yang terdengar lantunan lagu dari Gereja Kristen Protestan. Adat Batak Gereja Katolik tidak digunakan. Hal inilah yang mendorong beberapa orang Batak membuat Kelompok Ikatan Keluarga Katolik Batak (IKKB).

(SAJIAN KHUSUS)

Kontroversi Pernikahan Alter-Jane

Bernard Gunawan Hadipuspito dan Maria Grace, orangtua Jane Deviyanti Hadipuspito (23), melaporkan Alterina Hofan (32) ke Polda Metro Jaya karena memalsukan identitas jenis kelamin. Dalam laporan bernomor LP2907/K/X/2009/SPK Unit I tertanggal 12 Oktober 2009, Alter dituduh memalsukan/mengubah akta kelahiran pada tahun 2006, dan KTP serta paspor, tahun 2007.

Gereja Harus Lebih Terbuka

Silang pendapat terkait perkawinan Alterina Hofan dan Jane Deviyanti Hadipuspito bisa menjadi titik pangkal refleksi kritis Gereja. “Gereja harus lebih terbuka pada hal-hal baru, termasuk kemungkinan operasi ganti kelamin,“ tandas Pastor Dr Al. Purwa Hadiwardoyo MSF, dosen moral Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Terganjal Sindrom Klinefelter

Seraya bersimpuh di lantai, Jane Deviyanti Hadipuspito (23) meratap di hadapan para pemirsa talk show di sebuah stasiun televisi swasta. “Mama, tolong jangan pisahkan cinta kami,” ucapnya mengiba. Seketika tangis Jane pecah. Lantas, ia membenamkan wajahnya ke dalam dekapan iparnya. Sebelumnya, dengan suara lantang penyandang tunarungu ini menandaskan bahwa ia sangat mencintai suaminya, Alterina Hofan (32) yang tengah mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

(SANTO-SANTA)

St Agustinus Zhao Rong (1746-1815): Martir China, Pelindung Tentara

Kekristenan mulai diperkenalkan di China sekitar tahun 600-an. Tetapi, hingga kini, Gereja masih terus berjuang agar bisa bebas beribadah. Dan, St Agustinus Zhao Rong tak lepas dari kisah perjuangan Gereja Katolik di China. Awalnya, kekaisaran di China amat bertoleransi pada penyebaran kekristenan di Negeri Tirai Bambu ini. Namun, pada masa Kaisar Kia-Kin (1796-1821) diterbitkan keputusan-keputusan yang menentang kekristenan di China.

(MIMBAR)

Ujian Nasional bagi Sekolah Katolik

Ujian Nasional (UN) tahun 2010 ini menjadi begitu istimewa. Di samping pelaksanaannya maju sebulan, banyak peserta tidak lulus. Tidak terkecuali peserta dari sekolah Katolik. Padahal, masyarakat sangat mengagungkan angka kelulusan. Bahkan, Presiden SBY memberi perhatian khusus dengan menghadiahi laptop kepada peserta ujian yang meraih nilai tertinggi (bogor.net, 11/5).

(KONTAK-KONTAK)

Pertanyaan Bernas

Fisikawan Isidor Isaac Rabi (1898-1988) berhasil menciptakan teknik yang memungkinkan para ilmuwan meneliti struktur atom dan molekul. Temuannya tentang resonansi magnetik nuklir telah mengantarnya memperoleh Nobel di bidang fisika pada tahun 1944. Isaac selalu menghubungkan keberhasilannya dengan kebiasaannya membuat pertanyaan-pertanyaan bernas untuk dicari jawabannya.

(KESAKSIAN)

Tuhan Sungguh Ada

Sabina Sunarno (66) tak menyana kegembiraannya menyambut tahun baru 2010 seketika berubah menjadi peristiwa sedih yang tidak akan pernah ia lupakan. Hanya dalam hitungan jam, dokter memvonisnya harus cuci darah! Hal lain yang membuatnya bertanya-tanya adalah kenapa justru sepulang dari Tanah Suci ia mengalami hal ini. Baru dua hari ia dan Christian Sunarno, sang suami, kembali dari Yerusalem untuk merayakan natal. Kegembiraan serta cerita seru dari sana baru saja ia sharingkan kepada anak cucu yang berkumpul pada malam pergantian tahun baru.

(EKSPONEN)

Yulius Panon Pratomo : Memimpin dengan Cita Rasa Sendiri

Lewat musik, Yulius Panon Pratomo (33) bisa berkumpul dengan para pemusik muda lainnya. Mereka tergabung dalam Komunitas (Pe)Musik Akustik B 01 Jalan Kaliurang, Sleman-DIY. Komunitas ini merupakan gabungan pemusik dari Paroki Babarsari, Pangkalan, Babadan, Banteng, Nandan, Mlati, Pugeran, Medari, dan GKI. Anggotanya berjumlah 26 orang, terdiri dari sepuluh pemain violin (biola), dua viola, dua cello, tiga gitar, satu flute, satu oboe, satu klarinet, dan lima rekorder (suling) sopran dan alto.

(APA DAN SIAPA)

Delon : Ada Hikmah

Frans Adbaw Pr : Imam Idol

Mgr Agustinus Agus : Menguji Kesabaran

Agustina Endang Sutardjo : Makin Peduli pada Alam

(RENUNGAN HARIAN)

Mereka Menertawakan Dia (Oleh : Stefan Leks)

1 Apakah Yesus diterima di Israel? Tidak! Ia malah dihukum mati sebagai pengacau agama. Saat Ia tergantung di salib, pimpinan Yahudi mengolok-olok-Nya, tertawa melihat-Nya tak berdaya. Mereka merasa kuat dan yakin, Yesus bukan apa-apa.

(BUKU – VCD – KASET)

Panggilan dan Tantangan Guru

Buku ini berbicara banyak tentang catatan perjalanan penulis sebagai seorang guru. Menjadi Guru adalah sebuah pilihan. Ia pun menyadari bahwa menjadi guru adalah sebuah panggilan, dan menjadi guru kreatif adalah sebuah tantangan. Seorang guru dengan profesi yang dipilih dan diembannya, entah secara terpaksa atau tidak, adalah seorang yang mesti siap mengajar dan belajar.

Langkah Menjadi Pembimbing Retret

Seringkali orang terbelenggu bahwa pembimbing retret itu harus berasal dari kalangan biara, baik pastor, bruder, frater maupun suster. Akibatnya, banyak umat kesulitan mendapatkan tim pembimbing retret. Padahal, pembimbing retret tidak harus dari kalangan biara.

(KONSULTASI KELUARGA)

Perilaku Bullying (Oleh : H.M.E.Widiyatmadi)

Bpk/Ibu Pengasuh yth, Beberapa waktu lalu, saya ditelepon oleh Kepala Sekolah tempat anak saya belajar. Intinya, saya selaku wali murid diminta menyempatkan waktu datang ke sekolah untuk membicarakan kasus anak saya. Menurut beliau, anak nomor 2 saya itu (sekarang kelas 3 SD) sering melakukan tindakan “bullying” di kelas. Saya tidak tahu apa artinya bullying, tetapi saya tidak menanyakannya kepada beliau. Saya sudah malu, karena beliau mengatakan bahwa anak saya suka mengganggu teman-temannya, sering berkata-kata kasar, suka memukul, dan menendang beberapa temannya.

(KONSULTASI IMAN)

Nonton Video Porno, Berdosa (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)

Di tengah maraknya video porno para artis, apakah berdosa kalau kita menonton video porno itu? Bagaimana kalau kita menontonnya dengan suami atau istri sendiri?

Hadi Suyanto, 0816550xxx

(CERPEN)

Pohon Asam di Depan Katedral (Oleh : F. Rahardi)

Pohon asam itu tegak di depan katedral. Umurnya ratusan tahun. Diameter batangnya lebih dari satu meter. Tajuk pohon asam itu rindang, hijau, dan transparan. Maka, ketika panas terik suasana di bawahnya tetap sejuk, tetapi terang.

(JENDELA)

Kongregasi Bruder FIC: Memuliakan Allah dalam Menyelamatkan Jiwa-jiwa

Sekitar tahun 1800, Kota Maastricht di Belanda dihiasi kemelaratan akibat Revolusi Industri. Anak-anak dan kaum muda terlantar. Orangtua mereka bekerja di pabrik sepanjang hari. Akibatnya, keselamatan jiwa mereka terancam. Realitas itu mengoyak nurani seorang imam muda Diosesan dari Maastricht. Namanya, Rutten. Mulanya ia mendampingi kaum muda yang malang itu di serambi Gereja St Servanstius.

(MANCANEGARA)

Vikaris Apostolik Anatolia Terbunuh

Misa Pemakaman Uskup Luigi Padovese, Vikaris Apostolik Anatolia dan Presiden Konferensi Para Uskup Turki, yang terbunuh Kamis, 3/6, diadakan di Katedral Milan, Italia, Selasa, 15/6. MGR Luigi Padovese meninggal karena dibunuh sopirnya saat hendak berkunjung ke Cyprus menyambut kedatangan Paus. Uskup Agung Edmod Farhat yang menahbiskan Mgr Padovese memimpin Misa Arwah.

Gereja India Perjuangkan Hak Buruh

Para imam Salesian di Gujarat, India, Senin, 14/6, terus berjuang agar ribuan buruh mendapat upah layak dan jaminan keselamatan kerja. Sebagai perwujudannya, Pastor Mayank Parmar SDB dan para pekerja dari kasta Dalit dan komunitas miskin lainnya menggelar aksi duduk seharian penuh di halaman depan kantor pemerintahan di Distrik Kheda, India, Senin, 14/6.

Aktif Perjuangkan Kebebasan Beragama

Yayasan The Becket Fund for Religious Liberty, Jumat, 18/6, mengumumkan akan memberikan Canterbury Medal Award kepada Profesor Hukum Universitas Princeton, Robert P. George, untuk menghormati karyanya di bidang kebebasan beragama. Lebih dari 350 warga sipil dan pemimpin religius yang mewakili berbagai macam agama dan kepercayaan akan berkumpul di Hotel Four Seasons, Washington DC, Amerika Serikat, Jumat, 18/6 untuk menghormati karya Robert P. George.

Tahbisan Uskup

Pastor Mijo Gorski akan ditahbiskan menjadi Uskup Auksilier di Keuskupan Zagreb, Croatia dan Uskup Tituler Keuskupan Epidaurum, Croatia, pada 3 Juli 2010. Pastor Mijo Gorski lahir di Mihovljan, Croatia pada 17 September 1952. Pada 26 Juni 1977 ditahbiskan sebagai imam Keuskupan Zagreb, Croatia. Pada 3 Mei 2010, ditunjuk sebagai Uskup Auksilier di Keuskupan Zagreb, Croatia dan Uskup Tituler Keuskupan Epidaurum, Croatia.

(TEROPONG)

Bintang-bintang (Oleh : Puspitasari)

Harian Kompas selama beberapa hari terakhir membahas mengenai peristiwa gempa di Serui, Papua (23/6). Juga mengenai stok pangan yang mulai menipis pasca gempa, sementara penanganan bantuan dari pemerintah dan masyarakat tidak terlalu dapat diandalkan. Harian yang sama selama beberapa hari juga mengangkat isu mengenai berbagai persoalan yang dihadapi para pengungsi eks warga Timor-Timur di NTT.

SUPLEMEN JEJAK

Prof Dr F.G. Winarno: Kita Harus Punya Mimpi

Ketika terpilih sebagai Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) Jakarta periode 2007-2011, Prof Dr F.G. Winarno (72) segera mencanangkan UAJ sebagai “a global local university”. Selama menyambut Pesta Emas (50 Tahun) Atma Jaya, tahun 2010 ini, UAJ semakin mengokohkan semangat tersebut.

Lembaga-lembaga Penunjang

Jika universitas itu ibarat rumah, lembaga-lembaga penunjang seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) adalah fondasinya. Lembaga ini sepertinya tidak kelihatan, mirip fondasi rumah yang tertanam di tanah. Namun, tanpa fondasi yang baik, rumah mudah rubuh. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) Jakarta menyadari betul perlunya kehadiran lembaga penelitian untuk keberlangsungan universitas. Maka, setelah mengalami proses persiapan, Yayasan Atma Jaya mendirikan Pusat Penelitian Atma Jaya pada 25 Januari 1972.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: