Edisi 33 : Keprihatinan Pegiat OMK

Sajian Utama:
Orang Muda Katolik (OMK) sebenarnya merupakan darah segar Gereja. Mereka tidak hanya berkiprah di seputar altar/lingkup gereja saja, tetapi juga di tengah masyarakat luas. Bahkan mereka mampu bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, seperti dialami OMK Rayon Kulon Progo, dengan Festival Budaya Tradisionalnya. Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang, Pastor F.X. Endra Wijayanta Pr mengakui, komisinya membuka diri pada kegiatan-kegiatan OMK dan mendukungnya dengan fasilitas yang diperlukannya. Namun ditegaskan pula, bahwa maju mundurnya OMK itu tergantung pada peran pastor paroki masing-masing.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Kepedulian Versi Lilik dan Tata
Bagaimana kepedulian Orang Muda Katolik terhadap situasi kehidupan kaum muda di Gerejanya? Bagaimana pula kepedulian mereka terhadap kondisi masyarakat di sekitarnya? Berikut ini pendapat dua orang muda yang kira-kira dapat menjawab pertanyaan ini. Yang pertama bernama Cyprianus Lilik Krismantoro Putro. Bujang berambut gondrong kelahiran Yogyakarta, 22 Desember 1979 ini menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan keorganisasian sejak SMA.


Lina dan Geliat OMK Boro
Lina juga hampir sama dengan Lilik dan Tata. Ketika banyak orang muda hijrah ke kota besar, membangun karir, dan mencari penghidupan lebih baik di sana, Lina justru betah berada di desanya. Ia berusaha menghidupkan kembali aktivitas orang muda di parokinya yang mulai terlihat sepi. ”Ketika orang-orang muda paroki saya lama tertidur, saya berkeinginan menghidupkannya kembali dengan berbagai kegiatan.


OMK di KAS
Hidup tidaknya Orang Muda Katolik tergantung pada kebijakan pastor parokinya. Perlu ada orang yang mampu menggerakkan dan membina kaum muda di paroki masing-masing. Demikian ungkap Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang (Komkep KAS), Pastor F.X. Endra Wijayanta Pr saat ditemui HIDUP di Wisma Salam, Muntilan, Rabu, 28/7.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Pahlawan
Bulan Agustus adalah kesempatan bagi kita untuk merenungkan makna dan kata ’pahlawan’. Tetapi, sebelum kita menentukan dan memilih siapa pahlawan sekarang ini, bisakah kita merumuskan dan mendefinisikan pahlawan? Hero di zaman ini. Sebuah rumusan untuk telinga sekarang terdengar asing, terkesan tidak relevan, dan tidak menggetarkan hati lagi. Pahlawan hanya lahir di zaman revolusi (fisik).


(KABAR JAKARTA)
Pamit kepada Para Imam Diosesan
Julius Kardinal Darmaatmadja SJ mengadakan acara perpisahan dengan para imam Diosesan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Kamis, 15/7. Acara yang berlangsung di aula Lt 4 Paroki St Yakobus Kelapa Gading ini dihadiri Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, para imam UNIO Indonesia yang berkarya di Jakarta, pastor Paroki Santo Yakobus, para staf dan frater Seminari Tinggi KAJ.


Syukuran Sekolah Hijau
Sekolah St Ursula BSD merayakan ulang tahun ke-20. Institusi ini telah berkembang menjadi karya pendidikan Ursulin terbesar di Indonesia. Sebagai ungkapan syukur, mereka menyelenggarakan Ekaristi bertajuk “Bertolaklah ke Tempat yang Lebih Dalam” di Auditorium St Ursula BSD, Sabtu, 31/7. Misa dipersembahkan Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, didampingi Kepala Paroki St Monika BSD Pastor Aloysius Supandoyo OSC dan pastor rekan Antonius Eko Susanto OSC.


Upaya Memberdayakan Umat
Untuk memberdayakan umatnya, Paroki Keluarga Kudus menghadirkan tokoh-tokoh yang berkompeten untuk berceramah. Ceramah dihadiri sekitar 150 orang. Mereka meramaikan Aula Bethlehem Gereja Katolik Keluarga Kudus Rawamangun, Selasa, 20/7. Peserta datang dari berbagai paroki di Jakarta, dari beragam kalangan yang antusias mendengar ceramah kewirausahaan oleh begawan manajemen Indonesia, Prof Dr Rhenald Kasali MSc.


Friends of RAPTIM Diluncurkan
Tidak lama setelah diluncurkannya program kerjasama dengan PT Asuransi Jiwasraya, PT RAPTIM Indonesia membentuk sebuah komunitas sahabat. Komunitas ini bernama Friends of RAPTIM Indonesia, diluncurkan di Kantor RAPTIM, gedung KWI Jl Cut Mutiah, Jakarta Pusat, Sabtu, 17/7. Hadir dalam acara ini para peziarah yang pernah memakai jasa PT RAPTIM Indonesia.


Mgr Suharyo Memberkati Rumah Doa Guadalupe
Perayaan syukur 50 Tahun Misionaris Claris berkarya di Indonesia, dan 25 tahun di Jakarta, ditandai dengan pemberkatan Rumah Retret Santa Maria Guadalupe. Acara berlangsung Kamis, 29/7, bertempat di Biara Misionaris Claris Duren Sawit Baru Blok A1//10. Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo memimpin Misa, didampingi sembilan pastor, serta dihadiri lebih dari 180 umat, berasal dari Paroki St Anna, undangan, dan warga sekitar.


Pelayanan Inklusif
Warga Cipinang Muara dan Cipinang Baru, Jakarta Timur kembali mendapat pelayanan pengobatan gratis dari Sie Pengembangan Sosial Ekonomi, Paroki St Antonius Padua Bidaracina. Pelayanan yang berlangsung sejak tiga tahun lalu itu, kali ini bertempat di SDN 17 Cipinang Besar Selatan, Minggu, 1/8, bekerjasama dengan Perwalian Umat Buddha Indonesia (Walubi). Walubi menyediakan obat-obatan, sedangkan 22 dokter hadir dari Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Kerawang.


Lebih Melayani
Sekitar 400 Putra/i Altar atau Misdinar, atau sekarang disebut Pro Akolit, meramaikan pelataran SMA Marsudirini, Bekasi, Minggu, 8/8. Sejak pukul 08.00 WIB, mereka yang berasal dari delapan paroki se-Dekanat Bekasi mengikuti berbagai kegiatan yang telah disiapkan panitia. Tuan rumah pertemuan ini adalah Paroki St Klara, Bekasi Utara.


(NUSANTARA)
Uskup Ruteng Kunjungi Bekas Lokasi Tambang
Kurang lebih tiga bulan sesudah ditahbiskan menjadi Uskup Ruteng, Mgr Hubertus Leteng Pr membuat gebrakan. Ia mengunjungi bekas lokasi tambang mangan PT Sumber Jaya Asia di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Rabu, 21/7. Kunjungan ke lokasi tambang ini diawali dengan Perayaan Ekaristi Ekologis di Kapel Gua Maria Torong Besi. Ekaristi dipimpin sendiri oleh Mgr Hubertus, didampingi Vikjen Keuskupan Ruteng Pastor Lorens Sopang Pr, Ketua JPIC SVD Ruteng Pastor Simon Suban Tukan SVD, Koordinator JPIC OFM Flores Pastor Mateus Batubara OFM, dan sejumlah imam lainnya.


Berkualitas dan Berkarakter
Pemaknaan kerja perlu dikembalikan sehingga memberi dampak untuk membangun manusia, memanusiakan diri, sesama, dan lingkungannya. Uskup Malang H.J.S. Pandoyoputro OCarm mengemukakan hal itu dalam sambutannya pada acara pengukuhan 112 wisudawan Universitas Katolik Widya Karya Malang, di ballroom Hotel Gajah Mada, Sabtu 31/7.


Rayakan Hari Anak Nasional di Kerep
“Allahku besar dan perkasa. Tiada yang mustahil bagi-Nya. Aha aha. Gunung milik-Nya. Sungai milik-Nya. Bintang-bintang bercahaya. Aha. Aha”. Itulah sepenggal lagu gembira yang dinyanyikan anak-anak yang hadir di Gua Maria Kerep Ambarawa, Minggu, 25/7. Untuk merayakan Hari Anak Nasional 2010, Komisi Karya Misioner Kevikepan Semarang mengadakan Misa Akbar Anak se-Kevikepan Semarang. Perayaan dihadiri sekitar 3.000-an anak dari berbagai paroki dan stasi di Kevikepan Semarang.


Bertambah, Paroki Pedalaman
Warga Paroki Santo Martinus Balai Berkuak bersukacita. Selain memperoleh gereja baru buah keringat mereka sepanjang lima tahun belakangan, imam perdana dari paroki mereka ditahbiskan hari itu juga, Minggu, 25/7. Paroki ini terletak di ibu kota Kecamatan Simpang Hulu, yakni Balai Berkuak, arah pedalaman Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Dari Ketapang, akses ke desa tersebut melalui jalan tanah kombinasi aspal yang merupakan ruas trans Kalimantan, sepanjang sekitar 350 kilometer. Jika dijangkau dari Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, justru lebih dekat, sekitar 200 kilometer dengan kondisi jalan yang sama.


Pendidikan Pluralisme bagi Imam
Bertolak dari lemahnya keterampilan para imam berdialog dengan umat beragama lain, Komisi Hubungan Antar Agama (HAK) dan Rektor-rektor Seminari Regio Jawa mengadakan pertemuan bersama. Kegiatan berlangsung di Hening Griya Baturaden, akhir Juli lalu. Seorang aktivis guru di Kabupaten Banyumas, Fransiskus Asisi Agus Wahyudi, mengusulkan perubahan mind-set dalam membangun relasi antara imam dengan masyarakat umum.


AGAR KOMITMEN TAK LUNTUR
“Panggilan apa pun perlu terus-menerus dibarui agar komitmen menanggapi panggilan tidak luntur. Tetapi sebaliknya, menjadi semakin kuat dan berdaya makna, tidak sekadar berdaya guna,” ujar Uskup Agung Jakarta, Mgr I. Suharyo saat menahbiskan enam diakon menjadi imam Serikat Yesus (SJ) di Gereja Katolik St Antonius Kotabaru, Rabu, 28/7.


DITUTUP, SMP KANISIUS BOROBUDUR
SMP Kanisius Borobudur, Magelang terpaksa ditutup. Kepala SMP Kanisius Borobudur, Antonius Harto, Selasa, 3/8, menyatakan alasan utama ditutupnya sekolah karena kekurangan murid yang mengacu pada aturan yayasan minimal 25 siswa untuk tiap kelas. Saat ini sekolah hanya memiliki 25 murid.


ON GOING FORMATION BRUDER SCJ
Para bruder Kongregasi SCJ berkumpul di Pondok Kristofel Jambi, Jumat- Senin, 9-12/7. Jumlahnya 16 orang, mulai dari yunior sampai senior. Kongregasi SCJ berkarya di Jambi, Bengkulu, Padang, Palembang, Lampung, Jakarta, dan Papua. Mereka melakukan on going formation.


(SANTO & SANTA)
Beato Abouna Yacoub Haddad dari Ghazir (1875-1954) : Mewartakan Salib Tanda Kehidupan
Hidupnya sungguh tergantung pada Allah. Dalam setiap perjalanannya, siang malam, dari satu tempat ke tempat yang lain, Yacoub selalu berdoa rosario. Ia berkhotbah dan mengajar di seluruh Lebanon dan Siria. Yacoub lahir di Ghazir, pinggiran Kota Beirut, Lebanon, 1 Februari 1875. Ia adalah putra ketiga dari 14 anak Boutros Haddad dan Shams Haddad yang mengimani Kristen mendalam dari ritus Maronite. Kehidupan ibu sangat berpengaruh dalam dirinya.


(MANCANEGARA)
Uskup Auksilier Baghdad Meninggal
Uskup Auksilier Baghdad, Mgr Andraos Abouna, meninggal di sebuah rumah sakit di ibu kota Kurdish bagian utara Irak, Selasa, 27/7. Mgr Andraos Abouna meninggal dalam usia 67 tahun karena menderita penyakit ginjal. Menurut Kantor Berita Uskup Italia SIR, Mgr Abouna sempat operasi ginjal dua bulan lalu. Setelah operasi tersebut, ia terlihat pulih perlahan-lahan seperti sediakala. Ternyata, ia kembali kolaps dan dirawat inap di rumah sakit, Senin, 26/7.


Sekretaris Baru Kongregasi Vatikan
Pastor Joseph William Tobin CSsR ditunjuk Paus Benediktus XVI sebagai sekretaris baru di Kongregasi Institut Hidup Konsekrasi dan Perkumpulan Hidup Apostolik di Vatikan, Senin, 2/8. Ia dipercaya menggantikan sekretaris terdahulu, Uskup Agung Gianfranco Agostino Gardin OFM. Sementara Kongregasi Religius Vatikan diketuai Kardinal Franc Rode. Menurut biografi singkat yang dikeluarkan Vatikan, imam kelahiran Wayne County, Detroit, Amerika Serikat, tahun 1952 ini ditahbiskan pada tahun 1978 setelah ia menyelesaikan studi filsafat di Holy Redeemer College, Wisconsin, Amerika Serikat dan meraih gelar Master Pendidikan Religius di New York’s Mount St Alphonsus Major Seminary.


Umat Katolik India Protes Amerika
Umat Kristiani di Negara Bagian Madhya Pradesh, India Tengah mengutuk rencana Gereja Florida membakar Kitab Al-Qur’an pada peringatan sembilan tahun peristiwa pemboman World Trade Center, New York, Amerika Serikat. Hal ini terjadi setelah koran harian berbahasa Hindi di Negara Bagian Madhya Pradesh melaporkan rencana Amerika Serikat ini di edisi terbitannya, Minggu, 1/8. Kelompok Muslim juga mengutuk rencana ini dan akan mengadakan aksi protes dengan berjalan bersama memutari Ibukota Madhya Pradesh, Jumat, 6/8.


Misionaris di India Terancam Diusir
Kebijakan Pemerintah India yang mengimbau seorang imam misionaris untuk segera pergi, menimbulkan protes dan reaksi di wilayah tempat imam itu berkarya.Pastor Jim Borst, misionaris Mill Hill yang berasal dari Belanda, adalah imam yang diimbau meninggalkan India. Pastor Borst telah bekerja dan melayani umat di wilayah bagian utara Jammu dan Kashmir sejak tahun 1963. Kantor Urusan Registrasi Warga Negara Asing setempat memerintahkannya untuk meninggalkan India selambat-lambatnya akhir Juli.


(APA DAN SIAPA)
Prof Dr Alex Lanur OFM : Dua Sahabat Lama
Dr Kastorius Sinaga : Pentingnya Berpolitik
Lucia Jumiyem Tri Rahayu : Baik Adanya
Pastor Kuriakose CMF : Syukur dan Syukur
Br Ande Siregar SCJ : Kekuatan Doa


(MIMBAR)
Interupsi atau Mati! (Oleh : Jost Kokoh Prihatanto Pr)
Johann Baptist Metz, salah satu pencetus konsep teologi politik, menjelaskan sebuah definisi tersingkat tentang agama. Menurutnya, agama adalah interupsi (unterbrechung). Ya, pada dasarnya agama berangkat dari interupsi Allah ke tengah dunia yang kerap disalah-urus manusia. Agama hadir sebagai suatu interupsi di tengah dunia yang terpusat hanya pada dirinya. Bukankah agama-agama mengkhianati panggilannya bila berhenti membuat interupsi?


(KONTAK-KONTAK)
Mengatasi Konflik
Anggota Kontak-Kontak yang budiman, Hampir semua manusia pernah mengalami konflik. Dalam buku “Conflict Resolution”, P. Wehr menyimpulkan bahwa konflik dan pertikaian merupakan hal yang tidak terhindarkan dalam setiap kelompok sosial. “Konflik merupakan konsekuensi dari komunikasi yang buruk, salah pengertian, salah perhitungan, dan proses-proses lainnya yang tidak kita sadari,” tulis Wehr.


(KESAKSIAN)
Berpihak pada yang Tersingkir
Tatkala menerima murid dari keluarga pekerja seks komersial, Suster Maria Patrice OSF menuai protes. “Jika suster tetap nekad, kami akan mengambil tindakan tegas!” ancam beberapa orang di sekitarnya. Namun, tekadnya tak surut oleh ancaman. Bahkan, hatinya kian terpaut pada murid yang dikucilkan oleh teman-temannya. Setiap pagi, Suster Patrice selalu menyempatkan diri menyapa dan menyalami para siswa di sekolah tempatnya berkarya.


(EKSPONEN)
Trihadi Saptoadi : Menaruh Perhatian pada Anak-anak
Di tengah 200 anak dari 40 kabupaten di sepuluh provinsi Indonesia yang berkumpul dalam ”Forum Pemimpin Muda Nasional 2010”, awal Juli, laki-laki itu ikut terlibat aktif bersama mereka. Anak-anak dengan rentang usia 12-17 tahun dari Provinsi Aceh, Nias, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Tengah, Maluku Utara hingga Papua itu dimotivasi untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan. Mereka didorong untuk terus mengelola potensi diri dan berani menyuarakan hak-haknya.


(RENUNGAN HARIAN)
Kisah Sederhana (Oleh : Dr V. Indra Sanjaya Pr)
Kisah yang kita dengarkan hari ini adalah kisah yang sudah terkenal. Kisahnya sangat sederhana, tetapi di balik kesederhanaan itu, rasanya banyak hal yang bisa direnungkan. Seseorang datang kepada Yesus dan bertanya, ”Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” (ay. 16). Yesus menjawab agar dia menuruti segala perintah Allah. Dan yang dimaksud dengan perintah Allah ternyata, sebagaimana kita tahu, adalah bagian dari sepuluh perintah Allah yang berkaitan dengan sikap terhadap sesama manusia (bdk. Kel 20,12-16; Ul 5,16-20).


(BUKU – VCD – KASET)
Imam Diosesan Berbagi Pengalaman
Kasih Kristus mengobarkan semangat kita! Demikianlah kurang lebih terjemahan judul buku ini. Hidup, karya, dan perutusan seorang imam harus selalu dilandaskan pada kasih Kristus. Kasih Kristus menjadi sumber kekuatan untuk melayani umat dalam beraneka situasi. Tanpa kasih Kristus, hidup imam menjadi kering dan ia tidak akan dapat membagikan rahmat kepada umat yang dilayaninya. Untuk memelihara hubungan mesra dalam kasih Kristus, seorang imam harus selalu setia pada hidup doa dan keheningan.


Terima Kasih, Anda Menjadi Imam
Buku ini berisi kumpulan kesaksian dan refleksi dari para imam alumni Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng Hati Kudus (STFSP Hati Kudus). Melalui buku ini, para imam mensharingkan suka dukanya. Panggilan dan imamat bukanlah sesuatu yang otomatis dan statis. Dinamika tersebut tampak dalam pengalaman-pengalaman jatuh bangun para imam sejak masih sebagai seorang calon imam sampai mereka berkarya sebagai imam saat ini.


Beriman dengan Menjadi Lektor
Berkat Baptis dan Krisma, kita dipanggil dan diutus untuk ambil bagian dalam tugas perutusan Yesus mewartakan Kerajaan Allah. Perutusan itu kita wujudkan antara lain dengan menjadi lektor. Dengan menjadi lektor, kita ikut menghadirkan peristiwa agung Allah menyelamatkan manusia. Rangkaian peristiwa agung itu dimuat dalam Kitab Suci. Dengan membacakan Kitab Suci, seorang lektor menampilkan Allah dalam bentuk simbol, yaitu manusia.


(SAJIAN KHUSUS)
Kunjungan Superior Jenderal SCJ ke Indonesia
Mimik wajahnya terkesan jenaka saat ia berbicara. Penuh antusiasme dan kegembiraan yang seakan tak pernah tanggal dari dirinya. Dialah Pastor Jose Ornellas Carvalho SCJ. Ia sangat bersemangat menyampaikan kesan dan kesimpulan dari kunjungannya di berbagai wilayah karya Kongregasi Misionaris Imam-Imam Hati Kudus Yesus (SCJ) di Indonesia.


Fenomena Menarik
Kehadiran SCJ di Indonesia dibanding dengan kehadirannya di negara lain sangat menarik. Gereja di Indonesia merupakan minoritas dan mengalami banyak kesulitan dan tantangan. Ini merupakan fenomena menarik. Menghadapi hal ini, membangun relasi antaragama sangatlah penting. Demikian kesan Jenderal Misionaris Imam-Imam Hati Kudus Yesus (SCJ), Pastor Jose Ornelas Carvalho SCJ, saat mengadakan kunjungan kanonik ke Provinsi SCJ di Indonesia, Kamis, 17/6 hingga Minggu, 25/7. ”Ini kunjungan saya yang kedua,” tuturnya.


(KONSULTASI IMAN)
Mempelai Wanita Sudah Hamil (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Jika pada saat pelaksanaan Sakramen Pernikahan, mempelai wanita ternyata sudah hamil, apakah kehamilannya ini diperhitungkan sebagai hubungan suami istri yang mengesahkan sebuah Sakramen Pernikahan?

Purborini Kartiningsih, Sidoarjo


(CERPEN)
Gila (Oleh : Hiro Nitsae)
“Orang mengatakan kau gila Rony. Ternyata, itu pun merasuk hingga kepalaku. Tak bergeming dalam gerakku. Aku pikir itu hanya sindiran tak bermakna yang sempat hinggap dalam pikiranku..., ternyata terbukti kebenarannya. Pikiranku dan pikiran mereka ada samanya. Tidak ada bedanya. Pikiran kami sama, karena telah melihat secara langsung siapa sebenarnya dirimu dalam keseharian. Walaupun tidak seberapa dibanding dengan pikiranmu sendiri,” kataku.


(JENDELA) – LEMBAGA RELIGIUS
Kongregasi Fransiskus Misionaris Maria (FMM) : Menjawab ’Ya’ dengan Gembira
Pada Hari Pesta Penampakan Tuhan (Epifani), 6 Januari 1877, Paus Pius IX menyatakan secara resmi berdirinya Kongregasi Misionaris Maria. India menjadi tempat resmi lahirnya kongregasi ini. Suster Marie de la Passion, pendiri kongregasi, menyatakan secara jelas, bah­wa tujuan kongregasi ini adalah untuk meneruskan misi Maria di dunia. Kendati menghadapi berbagai tantangan, namun tidak lama kemudian, jumlah postulan yang bergabung terus bertambah.


(KONSULTASI KELUARGA)
Komitmen (Oleh : Th. Dewi Setyorini)
Ini adalah tulisan ketiga saya tentang nilai-nilai untuk membangun fondasi dalam sebuah keluarga. Nilai trust dan respect sudah kita bahas sebelumnya. Commitment atau komitmen dalam bahasa Indonesia adalah arti sebuah kesediaan untuk mempertahankan satu ikatan yang ada dengan menerima dan meyakini nilai-nilai yang ada. Jadi, kata kuncinya adalah kesediaan untuk mempertahankan dan menerima.


(TEROPONG)
Berakhirnya Doktrin Stabilitas (Oleh : Robertus Robet)
Salah satu cara terburuk dan primitif sekaligus paling mudah dalam mengurus negara, membentuk kesatuannya, serta mengintegrasikan unsur-unsurnya yang berbeda adalah dengan koersi. Pandangan ini didasari argumen yang sangat sederhana, bahwa kemakmuran bisa diukur dengan pertumbuhan dan pertumbuhan hanya mungkin apabila ada stabilitas. Untuk mencapai stabilitas diperlukan tertib politik yang dijamin rezim yang kuat. Maka, aparatus utama yang perlu bekerja di muka adalah aparat-aparat kekerasan negara: tentara, intel, polisi, milisi, dan penjara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: