Edisi 35 : STF SP Pineleng

Sajian Utama:
Sejak awal, Seminari Pineleng, dan kini menjadi Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng Sulawesi Utara memiliki peran penting dalam mempersiapkan para calon imam baik MSC maupun diosesan. Bahkan sekarang seminari ini dapat mewarnai kehidupan Gereja Katolik di Indonesia.Sebab dari seminari ini telah melahirkan lima uskup, ratusan imam, dan para tokoh awam lainnya. Para lulusan awal seminari ini pun bersaksi akan pentingnya peran Seminari Pineleng. Bahkan Pastor Albertus Sujoko MSC, Ketua STF Seminari Pineleng menegaskan, ke depannya seminari ini dapat menjadi pusat pendidikan filsafat dan teologi di kawasan Indonesia Timur.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Berkunjung ke STF SP di Minahasa
Nyiur melambai menyambut kedatangan pesawat yang mendarat di Bandar Udara Internasional Samratulangi Manado. Perjalanan dari bandara menuju Kota Manado, Sulawesi Utara ditempuh dalam waktu beberapa menit saja. Sesudah itu, jalan menanjak dan berliku ke arah selatan menuju Minahasa dan Tomohon di sebelah selatan Manado.

Pastor Sujoko MSC : STF SP Pusat Filsafat dan Teologi
Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng (STF SP) adalah tempat persemaian bagi calon imam Diosesan Manado, Diosesan Amboina, dan Ordo MSC. Ketua STF SP, Pastor Dr Albertus Sujoko MSC, berharap, tempat ini menjadi pusat Filsafat dan Teologi Gereja Indonesia Timur. Berikut petikan wawancara Pastor Sujoko MSC dengan Paul D.F. dari HIDUP.

Kenangan Para Alumni STF SP
Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng telah menghasilkan banyak tokoh, terutama bagi Indonesia Timur. Tidak hanya gembala umat, imam, dan uskup, alumni STF SP juga banyak berpengaruh bagi masyarakat Sulawesi Utara dan Amboina pada umumnya. Berikut kesan-kesan beberapa alumni STF SP:


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Arah Pendidikan Imam
Baru-baru ini, ada pertemuan antara pengelola seminari, dengan Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI. Dari pertemuan itu, ketahuan bahwa kurikulum di seminari tidak atau belum mencantumkan materi tentang komunikasi sosial. Padahal, komunikasi adalah sarana sangat penting bagi karya pastoral. Gereja universal bisa bertahan 2.000 tahun, karena selama tiga tahun berkarya, Yesus dan kemudian para imam dan uskup telah dengan intens memanfaatkan keunggulan komunikasi sosial.


(KABAR JAKARTA)
Tahbisan Imam di Kampung Sawah
Gereja Paroki Servatius Kampung Sawah dipadati imam, biarawan-biarawati, seminaris, dan umat dari berbagai paroki seluruh Keuskupan Agung Jakarta. Sementara hujan gerimis mengiringi kedatangan mereka ke paroki ini. Hari ini, empat diakon menerima sakramen tahbisan imam. Mereka adalah dua diakon calon imam Diosesan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Thomas Ulun Ismoyo dan Yustinus Kesaryanto, seorang calon imam Ordo Fratrum Minorum (OFM) Diakon Bartolomeus Didit Tri Haryadi, dan seorang calon misionaris Serikat Xaverian (SX) Diakon Yakobus I Made Suardana.

Jalan Sehat Paguyuban Lansia
Sebanyak 185 anggota Paguyuban Lanjut Usia (Lansia) ”Simeon Hanna” Paroki Santo Fransiskus Asisi Tebet, Jakarta Selatan mengadakan jalan santai di Kompleks Permukiman Patra Residential, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 17/8. Mereka menyusuri jalan sekitar kompleks dengan jarak tiga hingga lima kilometer. Walau keringat telah bercucuran dan sebagian berjalan tergopoh-gopoh, mereka tetap antusias mengikuti acara ini. Sepanjang jalan, mereka bercanda riang gembira dan bernyanyi. Bahkan, ada yang berjalan lebih dari jarak per- jalanan yang ditetapkan panitia.

Pesta Imamat 15 Imam Diosesan KAJ
Para biarawan-biarawati, imam, dan umat dari berbagai paroki memenuhi halaman dan ruang dalam Gereja Paroki Kalvari Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin, 16/8.Mereka mengikuti perayaan pesta imamat 15 imam Diosesan Keuskupan Agung Jakarta. Misa konselebrasi dipimpin Pastor Lodewijk Bambang Wiryo Wardoyo Pr didampingi imam-imam yang merayakan HUT imamat antara lain, Pastor Aloysius Susilo Widjojo Pr, Pastor Aloysius Hadi Nugroho Pr, dan Pastor Yohanes Hadi Suryono Pr, Pastor Fransiskus Xaverius Suherman Pr, Pastor Samuel Pangestu Pr, Pastor Fransiskus Xaverius Pranata Seputra Pr, dan Pastor Victorius Rudi Hartono Pr.

Triwindu Paroki Kelapa Gading
Curahkanlah ke atas kami Roh Kehidupan, supaya dengan semangat membara kami bangkit dari kelesuan, bergiat memajukan paroki, meningkatkan kegiatan-kegiatan dan amal bakti kepada-Mu dan sesama. Demikian sepenggal doa syukur ulang tahun ke-24 Paroki Santo Yakobus Kelapa Gading, Jakarta Utara. Umat mendaraskannya sesudah penerimaan komuni dalam Ekaristi ulang tahun sekaligus pemberkatan menara lonceng yang baru, Minggu, 25/7.

HUT Paroki Santa Clara
Dua belas tumpeng hasil karya dua belas wilayah memenuhi pelataran Gereja Santa Clara di Kompleks Wisma Asri, Bekasi Utara, Minggu, 15/8. Tumpeng-tumpeng ini dibuat masing-masing wilayah untuk lomba tumpeng memperingati HUT ke-12 Paroki St Clara. Tim penilaian tumpeng yang mencakup rasa, variasi, dan penyajian dilakukan oleh ketiga pastor paroki: Pastor Dominikus Situmorang OFMCap, Pastor Monald Banjarnahor OFMCap, dan Pastor Alexander Silaen OFMCap.

HUT 50 Tahun Wisma Samadi
Rumah Retret Wisma Samadi, Klender, Jakarta Timur merayakan hari jadi ke-50. Sebagai tanda syukur dipersembahkan Ekaristi di Wisma Samadi, Minggu, 22/8. Misa yang diikuti sekitar 300 orang ini diadakan secara konselebrasi dengan konselebran Julius Kardinal Darmaatmadja SJ dan Pemimpin Wisma Samadi Klender Pastor Albertus Sadhyoko SJ.
Perayaan Kemerdekaan, di SD Strada
Untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada para siswa, SD Strada Bhakti Utama merayakan HUT Kemerdekaan RI di kompleks persekolahan tersebut, di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa, 17/8. Yang diwajibkan mengikuti upacara bendera adalah siswa kelas empat hingga enam SD.

Kardinal Pamitan
Julius Kardinal Darmaatmadja SJ berpamitan dan mengucapkan terima kasih kepada para karyawan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) di aula Paroki Katedral Jakarta, Kamis, 19/8. Acara dibuka dengan Perayaan Ekaristi. Kardinal memimpin Misa didampingi Pastor Adrianus Padmaseputra SJ dan Pastor Y. Purbo Tantomo Pr. Kelompok karyawan yang hadir adalah Karyawan Lembaga Daya Dharma (LDD) KAJ, Karyawan Majalah HIDUP, Karyawan Paroki Katedral, Karyawan Komisi-komisi KAJ, Karyawan Kantor Sekretariat dan Ekonomat KAJ.

Gregorian Center
Untuk menyambut Pesta Nama Pelindung, warga Wilayah Gregorius, Paroki St Mikael Kranji, Bekasi, menyelenggarakan sarasehan di empat lingkungan yang menjadi wilayahnya. Materi sarasehan membahas mengenai St Gregorius terkait dengan spiritualitas, sosialitas, musikalitas, dan sebagainya. Pada sarasehan kedua yang berlangsung di Lingkungan Gregorius 3, Poncol Baru, Kranji, Rabu malam, 18/8, tercetus ide mendirikan Gregorian Center sebagai wadah kaderisasi OMK.


(NUSANTARA)
Uskup Resmikan Pabrik Rumput Laut
Uskup Maumere, Mgr Kherubim Pareira SVD, meresmikan Workshop dan Pabrik Rumput Laut yang dikelola PT Langit Laut Biru di Maumere, Flores, NTT, Jumat, 6/8. Upacara peresmian ditandai dengan ibadat sabda yang dipimpin Uskup Maumere. Hadir dalam acara yang diikuti sekitar 100 orang ini, Ketua Yayasan ATMI Surakarta Pastor Tri Admoko SJ, Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Maumere Rafael Raga, dan utusan anggota Pemberdayaan Sosial Ekonomi dari 35 paroki di wilayah Keuskupan Maumere.

Pertemuan FKUB Cirebon
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Cirebon mengadakan pertemuan dengan para utusan dari keenam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu di Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 3/8. Pertemuan dihadiri para pejabat tingkat kelurahan, kecamatan, dan Kota Cirebon. Acara ini dipakai FKUB menyosialisasikan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tentang FKUB dan pendirian tempat ibadah.

Sarasehan ”Menguak Kemanusiaan Yesus”
“Yesus itu manusia, tapi kok juga Tuhan. Bagaimana ini?” tanya salah seorang peserta sarasehan “Menguak Dahsyatnya Kemanusiaan Yesus” di Kompleks Penerbit-Percetakan Kanisius Deresan, Minggu, 6/6. Sarasehan menghadirkan pembicara Dosen Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta Pendeta Yusak Tri Widarmanto MTh, Pastor Paroki St Mikael Pangkalan TNI-AU Yogyakarta Mayor (Sus) Yos Bintoro Pr, seniman dari Bantul Ki Juru Bangunjiwo, dan Moderator Hendrik Panggalo. Sarasehan diikuti sekitar 100 peserta.

Sarasehan Pluralisme Agama
“Berhadapan dengan pluralitas, kita tidak perlu khawatir tidak punya sikap. Hidup kita bukan untuk diri sendiri tetapi untuk semua.” Pastor Prof Dr Franz Magnis-Suseno SJ menegaskan hal itu dalam Seminar “Panggilan Umat Katolik di Negara Pancasila dengan Perhatian pada Hubungan Kita dengan Umat Non Katolik Supaya Jelas” di STMIK MDP Palembang, Sumatra Selatan, Minggu, 1/8.

Peletakan Batu Pertama Klinik Panti Rahayu
Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo, memimpin Misa Peletakan Batu Pertama di Klinik Rawat Inap Panti Rahayu Gunungkidul, Yogyakarta, Jumat, 6/8. Ekaristi diadakan secara konselebrasi didampingi Administrator Keuskupan Agung Semarang (KAS) Pastor Pius Riana Prabdi Pr, Vikaris Kevikepan Yogyakarta Pastor Saryanto Pr, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Kelor Dwi Aryanto Pr, dan Pastor Wiratno Pr.

Pembaruan Kaul Frater OMI
Setelah menjalani retret selama satu minggu di Rumah Retret Maria Imakulata Kaliori Banyumas, Jawa Tengah, tujuh frater Kongregasi Oblat Maria Immaculata (OMI) memperbarui kaul di Gereja St Stephanus Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu, 7/8. Tujuh frater tersebut adalah Frater Maryanto OMI, Frater Denny OMI, Frater Galih OMI, Frater Krist OMI, Frater Reynold OMI, Frater Robert OMI, dan Frater Wahyu OMI. Pembaruan kaul ditandai dengan Misa yang dipimpin Provinsial OMI Indonesia, Pastor Antonius Andri Atmaka.

HUT Paroki Tanjung Selamat
Paroki Santa Maria Tanjung Selamat, Medan, Sumatra Utara merayakan hari jadi ke-13 di Paroki Tanjung Selamat, Minggu, 8/8. Peringatan ditandai dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Uskup Emeritus Keuskupan Agung Medan, Mgr A.G. Pius Datubara OFMCap, didampingi para pastor konselebran, di antaranya Pastor Paroki Tanjung Selamat Yohanes Baru Alamsyah OSC.

TAHBISAN IMAM KEUSKUPAN AGUNG MEDAN
Di pagi yang cerah, Kamis, 12/8, ribuan orang memasuki wilayah Gereja Santo Yosef Batu Lima, Pematangsiantar, Sumatra Utara. Hari itu, hari yang berahmat bagi umat Keuskupan Agung Medan karena tujuh diakon akan ditahbiskan menjadi imam.

PESTA HUT MEMBIARA IMAM KAPUSIN
Empat imam Kapusin merayakan 25 tahun dan 40 tahun hidup membiara. Perayaan ditandai dengan Misa Syukur di Paroki Santo Padre Pio Medan, Sumatra Utara, Kamis, 5/8. Imam yang merayakan 25 tahun hidup membiara adalah Pastor Aloysius Uran OFMCap, Pastor John Saragih OFMCap, Pastor Norbet Ambarita OFMCap, dan Pastor Sirilus Manalu OFMCap.




RETRET PELAJAR ONAN RUNGGU
Bertempat di aula Paroki Santo Paulus Onan Runggu, Sumatra Utara, siswa-siswi SMAN 1 Pakpahan Onan Runggu dan SPPS Bulugok Onan Runggu, mengikuti semi retret tahunan yang diadakan Paroki Onan Runggu, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diadakan sebagai hasil kerjasama para guru agama Katolik di kedua sekolah tersebut.

KAUL KEKAL DUA FRATER OCD
Dua frater Order of Discalced Carmelites (OCD) mengikrarkan prasetya kekal di Kapel San Juan, Penfui, Kupang, Jumat, 6/8. Mereka adalah Frater Hann Riberu OCD dan Frater Antonius Dewa OCD. Ekaristi Prasetya Kekal ini dirayakan secara konselebrasi oleh 17 pastor dan dihadiri sekitar 700 umat dan biarawan-biarawati.

SYUKURAN IMAMAT DIOSESAN KAS
Tiga imam Diosesan Keuskupan Agung Semarang merayakan ulang tahun imamatnya. Mereka adalah Pastor Mikael Soegito Pr yang merayakan 45 tahun tahbisan imamat, Pastor Ambrosius Adi Wardoyo Pr yang merayakan 44 tahun tahbisan imamat, dan Pastor Gregorius Utomo Pr yang merayakan 47 tahun tahbisan imamat.


(EKSPONEN)
Valeria Martano : Sant’ Egidio dan Orang Miskin
Senyumnya mengembang hangat, memecah kebekuan suasana dingin di daerah Puncak Jawa Barat, tempat pertemuan anggota Komunitas Sant’ Egidio, Juli lalu. Padahal, ia baru datang dari Yogyakarta dan masih tampak sangat lelah. Valeria Martano adalah perempuan kelahiran Roma, Italia. Seperti orang-orang Italia pada umumnya, ia sangat terbuka. Hatinya begitu tersentuh ketika pertama kali ia bergabung dengan komunitasnya. Waktu itu, usianya masih 15 tahun. Ia sangat tergugah dengan kebaikan hati para anggota Komunitas Sant’ Egidio yang ia kenal melalui seorang pastor yang aktif dalam komunitas itu.


(APA DAN SIAPA)
F.X. Krisno Handoyo Pr : Bedah Rumah
Skolastika Citra Kirana Wulan : Dikira Jimat
Heribertus Pracaya : Kedepankan Perasaan
Sr M. Malgorzata OSF : Membuat Pangling
Nicolas Arya Riyandika : Peka Irama


(MIMBAR)
Dimensi Solidaritas Puasa (Oleh : P. Yohanes Kopong Tuan MSF)
Pembukaan puasa yang dilaksanakan oleh saudara-saudariku umat Islam diawali dengan shalat Tarawih. Makna dan tujuan shalat tarawih adalah untuk membersihkan diri dan hati kembali seperti bayi yang baru lahir (kelahiran kembali sebagai manusia baru), saat untuk memperoleh pengampunan dosa serta dibebaskan dari siksaan kubur. Dari makna dan tujuan shalat tarawih ini, dapat dipahami bahwa shalat tarawih merupakan tahap awal untuk menyongsong masa puasa sebagai jalan dan usaha untuk kembali ke fitrah yang dirayakan pada Hari Raya Idul Fitri.
(SANTO & SANTA)
Beata Mary MacKillop : Penolong Orang Miskin
Mary MacKillop dilahirkan di Melbourne, Australia, 15 Januari 1842. Ia sulung dari delapan bersaudara, anak pasangan migran Alexander MacKillop - Flora MacDonald. Keluarganya miskin, namun sejak kecil ia sudah terbiasa menghadapi kesukaran hidup. Sebagai panutan adik-adiknya, sejak masih berusia sangat muda ia sudah bekerja membantu keluarganya. Selain menjadi guru yang mengajar anak-anak di rumah, ia juga pernah menjadi klerk sebuah toko alat-alat sekolah.


(KESAKSIAN)
Anugerah Melayani Tanpa Henti
Bagi Gerardus Mayella, pengurus Sie Kematian Paroki Maria Para Malaikat Cipanas, Jawa Barat, waktu dalam peristiwa kematian merupakan saat berahmat karena pada saat itulah ia terpanggil untuk melayani umat Cipanas yang meninggal. ”Waktu dalam peristiwa kematian merupakan sebuah rahmat yang memanggil saya untuk segera pergi meninggalkan keluarga,” ujar pria yang sejak dahulu menikmati perantauannya dari Timur ke Barat, dari Toraja sampai Jakarta ini dengan mantap.


(JENDELA)
SD Kanisius Kalasan, Yogyakarta : Sekolah Berwawasan Lingkungan
Terik sinar mentari di sepanjang Jalan Raya Yogyakarta-Solo kian terasa panas di siang hari. Jalanan yang minim pepohonan dan lalu lalang kendaraan yang padat, membuat tubuh gerah dan berkeringat. Asap kendaraan pun leluasa beterbangan. Namun, tubuh terasa bugar dan segar kembali saat memasuki halaman SD Kanisius Kalasan yang berlokasi di Jalan Yogyakarta-Solo Km 13. Sejuk, asri, bersih, dan segar, itulah kesan pertama ketika masuk halaman sekolah dasar ini. Maka tak heran, jika sekolah ini pada Selasa, 8 Juni 2010 lalu, menerima Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2010 dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta.


(RENUNGAN HARIAN)
Genaplah Sabda Ini (Oleh : Stefan Leks)
1 Bagaimana seseorang biasanya memperkenalkan dirinya kepada kelompok yang mengadakan rekoleksi? Ia berdiri, menyebut namanya, tempat tinggalnya, pekerjaannya lalu duduk manis, sebab orang lain juga mau memperkenalkan dirinya.


(BUKU – VCD – KASET)
Memperkenalkan Kitab Suci pada Anak
Biasanya pesta emas atau usia emas dirayakan pada umur kelima puluh. Namun, dalam perkembangan pendidikan manusia, usia emas justru terjadi pada enam tahun pertama kehidupan seseorang. Pada masa-masa awal tersebut, seseorang memperoleh dasar-dasar pembentukan kepribadian bagi perkembanganselanjutnya. Kenyataan semacam itu menuntut setiap orangtua memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anaknya sedini mungkin. Pendidikan yang baik tersebut akan menjadi dasar bagi kehidupan anak-anak di masa depan.
(KONTAK-KONTAK)
Mengatasi Krisis
Dalam keadaan kecewa atau tidak berdaya menghadapi tekanan hidup, manusia cenderung mengalami krisis. Siapa saja bisa mengalaminya. Kerap di saat krisis, manusia menjadi ‘lumpuh’, tidak produktif bahkan putus asa.


(MANCANEGARA)
Ancaman Bomdi Lourdes
Ribuan orang diminta meninggalkan tempat ziarah Lourdes, karena ada acaman bom, Minggu, 15/8. Diperkirakan, jumlah peziarah di Lourdes pada hari itu mencapai 30.000 orang. Seperti dikutip catholicnewsagency.com dari Agence France Presse (AFP), pada siang hari seseorang tak dikenal menelepon polisi setempat, bahwa empat buah bom akan meledak pada pukul tiga sore.

Peringatan Para Martir
Pada 29 Agustus, umat Katolik India akan merayakan “Hari Para Martir India”. Acara ini untuk mengenang mereka yang mati demi iman dan Injil. Tentang acara ini, Ketua Komisi Ekumenis Konferensi Uskup India, Mgr Anil Couto, mengatakan kepada Radio Vatikan bahwa kemartiran merupakan ekspresi tertinggi dari cinta kasih, dan merayakan Hari Para Martir tidak berarti mengkanonisasi seorang santo, tetapi lebih-lebih untuk mengingatkan kembali pengorbanan sebagai saksi Kristus.

Paus Berdoa bagi Korban Kecelakaan
Paus Benediktus XVI berdoa bagi para korban kecelakaan kapal di Sungai Kasai, Kongo, agar mendapatkan kedamaian di sisi Tuhan. Kecelakaan kapal ferry tersebut, menurut Fides News, sedikitnya menewaskan 140 orang.

Masa Depan Gereja di China
Uskup Emeritus Hongkong, Kardinal Joseph Zen Ze-kiun SDB, mengatakan bahwa kesaksian iman di tengah situasi sulit di China menentukan masa depan Gereja di tempat ini. Menurut laporan L’Osservatore Romano, Kardinal Zen mengiringi sembilan suster Salesian berkebangsaan China, beraudiensi dengan Paus Benediktus XVI di Castel Gandolfo, Roma.

Relikwi Salib Katedral Boston Ditemukan
Relikwi Salib Yesus yang dicuri dari Katedral Salib Suci Boston telah ditemukan. “Doa-doa kami telah dikabulkan. Tuhan memberkati dan mengampuni kita dengan cinta-Nya,” demikian pernyataan resmi Keuskupan Agung Boston, Senin, 16/8.

Tahbisan Imam
Uskup Melaka-Johor, Mgr Paul Tan Chee Ing SJ, menahbiskan imam, yakni Diakon Bartholomew K.C.Wong, Diakon Lionel Thomas, dan Diakon Moses Rayappan di Katedral Hati Kudus pada 23 Juli. Sekitar 50 imam, seminaris, biarawan-biarawati yang berkarya di Malaysia dan Singapura menghadiri upacara ini.


(KONSULTASI IMAN)
Yesus Tak Pernah Menikah (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Akhir-akhir ini muncul beberapa buku yang mengatakan bahwa Yesus itu menikah dengan Maria Magdalena. Apakah benar? Jika tidak benar, mengapa Gereja tidak membantah isu-isu yang dimunculkan oleh berbagai buku tersebut? Apakah Yesus anti-pernikahan?

Ahei Santoso, Surabaya


(CERPEN)
Anakku Matahariku (Oleh : Yohanes Muryadi)
Sudah lama Rita mendambakan seorang anak laki-laki. Maka, ketika anaknya yang ketiga lahir laki-laki, Rita amat bahagia. Segala sesuatu menjadi menggairahkan. Tak henti-hentinya ia bersyukur kepada Tuhan. Ia menamai anak itu Nugroho artinya anugerah, pemberian Tuhan yang sangat berharga.


(JENDELA) – LEMBAGA RELIGIUS
Suster-Suster Cintakasih dari Maria Bunda Berbelaskasih (SCMM) : Melayani dengan Cinta
Kongregasi SCMM didirikan Mgr Joannes Zwijsen di Belanda pada 23 November 1832. Tujuan awalnya untuk memulai sekolah bagi anak-anak miskin agar dapat membaca, menulis, dan menjahit. Kongregasi SCMM diawali dengan langkah sederhana, yakni saat Pastor Zwijsen membawa tiga suster pertama ke sebuah rumah kecil di daerah ‘t Heieike, Tilburg, Belanda.


(KONSULTASI KELUARGA)
Selingkuh, Nikmat Membawa Sengsara (Oleh : Th. Dewi Setyorini)
Tulisan tentang selingkuh di majalah ini bukan pertama kali, tetapi ini merupakan tulisan yang kesekian kali. Entah mengapa saya masih juga tertarik untuk ikut nimbrung dan menambahkan keruwetan berbicara tentang selingkuh. Ini semua karena lebih dari rasa gelisah untuk ikut urun rembug dalam hiruk-pikuk perselingkuhan. Terlebih, media banyak menggambarkan berbagai berita seronok tentang polah tingkah orang-orang beken di negeri ini.


(TEROPONG)
Merdeka dalam Penjara (Oleh : Iswanti)
Bulan lalu, saya diajak seorang teman untuk berkunjung ke penjara. Baru sekali ini saya pergi ke penjara perempuan. Sebuah sel 4 x 6 meter, dengan sebuah WC di dalam, dihuni beberapa orang perempuan. Ada kasur tipis dan tikar dilipat, serta kardus-kardus tempat mereka menyimpan barang, seperti baju.


SISIPAN PGU
Lingkaran Sahabat Menyambut Uskup Agung Jakarta
Paguyuban Gembala Utama (PGU) dan Lingkaran Sahabat mangayubagya (menyambut dengan gembira) Mgr Suharyo sebagai Uskup Agung Jakarta yang baru, dengan mengadakan Perayaan Ekaristi. Misa berlangsung di kediaman keluarga Kaduhu S, di kawasan Sektor 7 Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Sabtu, 10/7. Acara ini sekaligus untuk merayakan ulang tahun Mgr Suharyo yang ke-60.

Immunity to Change
Beberapa pengurus Paguyuban Gembala Utama (PGU) mengikuti Seminar Immunity to Change (Kekebalan terhadap Perubahan), di Ball Room Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin, 5/7. Seminar ini diselenggarakan oleh Principia Learning Lab, konsultan bisnis yang didirikan oleh salah seorang Pengurus PGU, Henk T. Sengkey. Tema Immunity to Change diangkat dari buku Robert Kegan dan Lisa Laskow Lahey. Kegan adalah Profesor dalam pembelajaran untuk orang dewasa dan pengembangan profesionalisme pada Program Pasca Sarjana Pendidikan, Harvard University.

PGUJOG : PODO di Wisma Mahasiswa
Di Margasiswa - Wisma Mahasiswa Katolik Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di kawasan Klitren, tiap dua minggu sekali, ada suguhan menarik. Pastor Mahasiswa Kevikepan DIY Pramudyarkara SJ mengambil kebijakan, men-swakelolakan sebagian halaman depan Wisma Mahasiswa. Swa-kelola yang dimaksud adalah dengan menyewakan sebagian halaman Wisma kepada para mahasiswa untuk buka kantin, kafe dan berbagai bentuk wirausaha lainnnya. Strategi ini juga menjadi kiat Romo Pram dalam menghadapi keterbatasan dana operasional kantor Margasiswa.

Pastor Yohanes Purwanto MSC : Menapaki Jalan Berliku
Usai menjalani Tahun Orientasi Pastoral, di Pulau Aru, Yohanes Purwanto menjalani studi lanjut. Ada yang mengatakan, “Kamu sukses di kampung kecil, namun belum tentu bisa sukses di kota besar.” Kata-kata itu itu terngiang kembali, saat ia berkarya di Paroki St Kristoforus Grogol, Jakarta Barat, usai tahbisan imamatnya, tahun 1991. “Bayangan saya kota besar itu sangat menakutkan, apalagi Jakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: