Edisi 36 : Bulan Kitab Suci untuk Anak

Sajian Utama:
Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) September 2010 lebih fokus pada usaha mendekatkan anak pada Kitab Suci. Tujuannya jelas, agar anak-anak mencintai Kitab Suci. Usaha ini harus dimulai sejak dini. Maka peran keluarga sangat penting dalam membiasakan anak-anaknya membaca Kitab Suci. Dari pengalaman sejumlah keluarga di Yogyakarta, dan Cinere, Jakarta Selatan, mereka juga memetik berkah dari usaha ini. Sejumlah keuskupan juga semarak menyambut BKSN dengan semarak. R. Heri Santosa Pr, Ketua Komisi Kerasulan Kitab Suci KAJ juga menandaskan pentingnya anak-anak mengenal dan mencintai Kitab Suci.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Upaya Mengakrabkan Anak dengan Kitab Suci
Seraya mengelus perut istrinya yang membuncit, Yohanes Digdo Setiatmoko membacakan cerita Kitab Suci untuk sang jabang bayi. “Kebetulan saya punya buku cerita Alkitab Anak-anak,” ungkapnya. Ketika kandungannya memasuki usia sembilan bulan, sang istri, Gemma Rusmini Handayani, membaca buku bertajuk “Janin 9 Bulan”. Saat itu ia baru tahu bahwa sesungguhnya janin bisa mendengar suara dari luar rahim ibunya.

Orangtua Bertanggung Jawab
Orangtua bertanggung jawab atas pendidikan iman putra-putrinya. Di antaranya, dengan cara menumbuhkan kebiasaan membaca dan merenungkan Kitab Suci (KS) dalam keluarga. Pastor Romanus Heri Santosa Pr menjelaskan cara yang baik bagi orangtua untuk menumbuhkan kebiasaan itu. Imam kelahiran Belitang, Sumatra Selatan, 13 Oktober 1980 yang baru April lalu mengemban tugas sebagai Ketua Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Agung Jakarta ini ditemui di Pastoran Kelapa Gading, Kamis, 19/8.

Anak, Fokus BKSN 2010
Semarak Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) mulai terasa di semua paroki, keuskupan, dan lembaga-lembaga Gereja. Tema tahun ini adalah Memperkenalkan Kitab Suci kepada Anak-anak Sejak Dini. Tema ini sudah dirumuskan sejak 2008 lalu. Pertemuan Nasional (Pernas) Lembaga Biblika Indonesia (LBI) di Wisma Erema-Cisarua-Bogor, Jawa Barat, 28 Juli – 1 Agustus 2008, yang menggodoknya. Dalam Pernas itu, hadir ahli-ahli Kitab Suci, para Delegatus dan/atau Komisi Kitab Suci Keuskupan se-Indonesia, dan para utusan lembaga yang bergerak di bidang kerasulan Kitab Suci.



BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Kitab Suci dan Anak
Sulit untuk menjelaskan topik ini. Lihatlah gambaran Kitab Suci yang tebal, dengan huruf yang pada umumnya super kecil, dengan kertas tipis licin yang sukar diraba. Dengan realita ini, bagaimana anak-anak akan mencintai Kitab Suci? Untunglah, para pencinta Kitab Suci memikirkan cara dan rekayasa. Kitab Suci dibuat agar bisa terjangkau oleh perasaan anak-anak: huruf diperbesar, di sana-sini diberi gambar warna-warni.


(KABAR JAKARTA)
SanMaRe Paroki ke-61
Uskup Agung Jakarta Mgr Igantius Suharyo menetapkan Stasi Santa Maria Regina (SanMaRe), Paroki St Matius Bintaro, Tangerang sebagai paroki. Mgr Suharyo melantik Pengurus Gereja dan Dana Papa (PGDP) dalam Perayaan Ekaristi, Minggu sore, 22/8. Misa konselebrasi berlangsung dalam nuansa pesta. Para selebran mengenakan kasula kuning keemasan. Sebagai selebran utama, Mgr Suharyo didampingi Vikjen Pastor Y. Subagyo Pr, Pastor Paroki St Matius Penginjil Bintaro Silvano Laurensi SX, Pastor Paroki SanMaRe H. Warnoto Natawardaya Pr, dan Pastor Rekan SanMare Yus Noron Pr, serta lima imam lain.

Pesta Nama SanMaRe
Tanggal 22 Agustus adalah Hari Raya Santa Maria Perawan dan Ratu. Tanggal ini ditetapkan sebagai hari ulang tahun Stasi Santa Maria Regina (SanMaRe). Sejak ulang tahun ke-8, tahun 2009, umat SanMaRe membangun tradisi memeriahkan pesta ulang tahun dan pesta nama dengan makan bersama. Untuk itu, setiap lingkungan diwajibkan membawa nasi tumpeng dengan biaya yang sudah ditetapkan. Selain “dilombakan”, tumpeng-tumpeng yang tersedia kemudian dimakan bersama-sama.

Gereja Rawamangun 40 Tahun
”Dengan Iman Yang Mantap Kita Membangun Persaudaraan Sejati”. Tema ini diangkat Paroki Keluarga Kudus Rawamangun, Jakarta Timur dalam memaknai panca windu berdirinya paroki. Peringatan ini dirayakan dengan Perayaan Ekaristi di Paroki Rawamangun, Minggu, 25/7. Misa dipimpin Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo. Hadir dalam Misa tersebut, Provinsial MSF Jawa Pastor Purnama Sastrawijaya MSF dan Asisten II Dewan Pimpinan Umum MSF Roma Pastor Paulinus Yan Olla MSF, Rektor Skolastikat MSF Pastor Agustinus Suwartana Susilo MSF, Pastor Aloysius Suharihadi MSF, dan Pastor Paroki Rawamangun Mikael Walidi MSF, Pastor Ignasius Tari MSF, dan Pastor Stephanus Fadjarianto MSF.

Sekilas Paroki Rawamangun
Paroki Keluarga Kudus Rawamangun didirikan pada 27 Juli 1970. Gereja ini berdiri dengan batas wilayah sebelah utara Paroki Bonaventura Pulomas, sebelah selatan Paroki St Anna Duren Sawit, sebelah barat Paroki St Antonius Bidaracina, dan sebelah timur Paroki St Yoseph Matraman. Gereja dibangun oleh arsitek Ir Han Awal.

Siswa St Yoseph ke Melbourne
Enam siswa SMA Santo Yoseph Ujung Menteng, Jakarta Timur bertolak ke Melbourne, Australia untuk tinggal selama 10 hari (22 Agustus – 1 September 2010), bersama orangtua angkat masing-masing. Kunjungan mereka ke negara tetangga ini dalam rangka perwujudan kerjasama Sister School antara SMA Santo Yoseph Jakarta dengan Emmaus College Melbourne.


Perayaan Syukur TNI-POLRI
Kamis, 19/8, keluarga besar TNI dan POLRI Garnisun I Jakarta mengadakan Misa Syukur Proklamasi ke-65 Kemerdekaan Indonesia. Perayaan diadakan di Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga, Katedral Jakarta, pukul 10.00 WIB. Seluruh keluarga besar TNI-POLRI yang beragama Katolik dan Kristen mengikuti Ekaristi yang berlangsung sekitar satu jam.

Buka Bersama Stasi Harapan Indah
Atas Prakarsa Dewan Stasi Gereja Santo Albertus Harapan Indah Bekasi dan Panitia Pembangunan Gereja (PPG) guna menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar, diselenggarakan acara buka bersama di Stasi Gereja Harapan Indah, Senin, 23/8. Beberapa aparat pemerintah hadir dalam acara ini. Sebelum buka bersama, diadakan siraman rohani yang dipimpin Kapolsek Medan Satria, Kapten Yana Darmayana.

SMP St Andreas Juara Pertama
SMP Santo Andreas Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat meraih Juara I Lomba Paduan Suara tingkat Kodya Jakarta Barat di Gedung Kesenian Jakarta Barat, Bojong Indah Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu, 4/8. Prestasi ini adalah buah ketekunan berlatih bersama para pembina paduan suara, seperti Tri Widodo, Dominikus Timu, M. Sugiyanti, dan Edith Beriana. Menurut Edith Beriana, prestasi itu tidak luput dari kegigihan dan antusiasme 31 siswa berlatih untuk mengikuti lomba.


(NUSANTARA)
Komkep KAS Bangun Jejaring
Puluhan aktivis Orang Muda Katolik (OMK) Keuskupan Agung Semarang (KAS) merayakan HUT RI ke-65. Acara ini diperingati secara sederhana di kompleks kantor Komisi Kepemudaan KAS, Salam, Muntilan, Jawa Tengah, Minggu, 15/8. Peringatan ini diawali pengibaran bendera Sang Merah Putih di halaman Komisi Kepemudaan KAS.


Pertemuan Guru Agama Katolik
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama RI Jakarta mengadakan pertemuan pembinaan guru-guru agama Katolik tingkat menengah lokal Propinsi Jawa Timur di Tretes Prigen, Pasuruan, Senin, 12/7-Kamis, 15/7. Pertemuan ini diikuti 32 orang dari yayasan dan sekolah negeri di Jawa Timur dengan tema ”Dengan Pembinaan Guru Agama Katolik Tingkat Menengah Propinsi Jawa Timur, Kita Tingkatkan Mutu Guru Agama Katolik”.

Penutupan Tahun Imam
Imamat itu untuk selamanya! Bagaimana kita menjalankan imamat, di mana kita ditugaskan, apa yang kita kerjakan, semuanya itu pasti berubah, tetapi identitas imamat kita tidak akan pernah berubah. Imamat itu kekal dan imamat itu setia. Pesan itu disampaikan Pastor Wilfrid Yodi Pr ketika memberikan renungan dihadapan 14 imam dan seorang diakon sewilayah Riau-Daratan di Paroki Santo Yosef Duri, Riau, Selasa, 10/8.

Misa Pelajar Katolik
Kesederhanaan Gereja Santa Maria Assumpta, Klaten, Jawa Tengah, Jumat, 23/7 ternyata tidak mengurangi kemeriahan Perayaan Ekaristi Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2010-2011 para pelajar Katolik yang belajar di sekolah non-yayasan Katolik. Misa hari itu dipimpin Pastor Yustinus Agus Purwadi Pr. Perayaan tersebut merupakan hasil kerja sama Bimas Katolik Kabupaten Klaten dan Komisi Pendidikan Kevikepan Surakarta.

Konser Caelicola Choir
“Saat mendengarkan lagu Alleluia, saya melihat Tuhan duduk bersama seorang hebat bernama Georg Friedrich Handel di surga. Tuhan berkata padanya, hebat kamu Handel”. Pastor Alfons Bogaartz OSC mengungkapkan hal itu saat memberikan sambutan mewakili Ordo Sanctae Crucis (OSC) Propinsi Salib Suci dalam konser Caelicola Choir. Konser bertajuk “Handel Messiah Chorus Performance” ini berlangsung di Biara Pratista Kumara Warabrata Sultan Agung, Bandung, Sabtu, 14/8.

Rektor Baru Seminari Tinggi Papua
Setelah enam tahun lamanya Pastor John Bunay Pr menjadi Rektor Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru, Papua, kini jabatannya digantikan Donatus Wea Pr imam asal Keuskupan Agung Merauke. Acara serah terima jabatan rektor ini dilaksanakan di Kapel Yesus Bangkit Seminari Tinggi Yerusalem Baru, Papua, Selasa, 10/8. Ekaristi yang dipimpin Pastor John Bunay dan Pastor Donatus Wea juga diadakan di tempat ini.

Tahbisan Imam MSF
Diakon Albertus Feri Asmarajati MSF ditahbiskan menjadi imam oleh Mgr F.X. Prajasuta MSF, Uskup Emeritus Banjarmasin di Gereja Keluarga Kudus Banteng, Yogyakarta, Selasa, 20/7. Dalam Perayaan Ekaristi ini, Mgr Prajasuta MSF didampingi Pastor Agustinus Purnama MSF, Provinsial MSF Jawa dan Pastor Agustinus Suwartana Susilo MSF, Rektor Skolastikat MSF. Dalam khotbahnya, Mgr Prajasuta MSF berkata, ”Imam bukan bos atau manajer. Imam adalah gembala dan rasul Yesus Kristus. Imam seharusnya tidak main kuasa. Sebaliknya, imam seharusnya memiliki semangat tinggi dalam melayani, rendah hati, dan sederhana.”

LOMBA MISDINAR SE-KEVIKEPAN YOGYA
Sekitar 1.000 putra altar/misdinar mengikuti kegiatan Tarcisius Cup (TC) X 2010 Misdinar se-Kevikepan DIY di Stasi Santa Lidwina Bedog, Paroki Hati Santa Perawan (HSP) Maria Tak Bercela Kumetiran, Yogyakarta, Minggu, 8/8. Mereka datang dari 25 paroki dan empat stasi di Kevikepan DIY dan mengikuti berbagai perlombaan yang bersifat liturgis dan non liturgis.

TAHUN AKADEMIK STFT FAJAR TIMUR
Kegiatan pembukaan tahun akademik STFT Fajar Timur Merauke, Papua, tahun ajaran 2010/2011 dibuka langsung Uskup Agung Merauke Mgr Nikolaus Adisaputra MSC, di STFT Fajar Timur, Senin 9/8. Awal tahun ajaran baru dimulai dengan Perayaan Ekaristi. Misa dihadiri mahasiswa, dosen, pegawai perpustakaan dan pegawai tatausaha. Usai Ekaristi bersama dilanjutkan dengan tatap muka bersama dalam kegiatan kuliah.


PESTA PERAK EMPAT BRUDER MTB
Empat bruder Maria Tak Bernoda (MTB) merayakan 25 tahun hidup membiara. Perayaan ini dirayakan dengan Misa di Rumah Bruderan MTB, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu, 14/8. Perayaan Ekaristi ini dipimpin Pastor Petrus Rostandi OFMCap dan Pastor Aloysius Gonzaga Pr. Acara ini dihadiri sekitar 500 umat.

KAUL KEKAL LIMA FRATER REDEMPTORIS
Pastor Sebastian Ani Dato CSsR, Provinsial Kongregasi Redemptoris (CSsR) Provinsi Indonesia menerima lima orang frater redemptoris (sebutan untuk biarawan CSsR) untuk berkaul kekal. Peristiwa itu terjadi di Wisma Sang Penebus, Nandan, Yogyakarta, Rabu, 11/8.

50 TAHUN GEREJA ST PETRUS TAKENGON
Gereja Katolik Santo Petrus Takengon, Banda Aceh, Minggu, 25/7, merayakan HUT 50 tahun hidup meng-Gereja. Perayaan ini ditandai dengan Misa Syukur yang dipimpin Pastor Paroki Bunda Hati Kudus Banda Aceh Sebastian Eka. Misa diikuti umat paroki dan beberapa undangan dari berbagai stasi di wilayah Lhokseumawe, Banda Aceh, Medan, dan Riau.


(SAJIAN KHUSUS)
Pesta Ordo Sancti Francisci (OSF): “Pejah Gesang Ndherek Gusti…”
Sejak pukul dua pagi, keluarga besar Sr M. Rosali Prime Hatmani OSF sudah sibuk. Yang sholat subuh, segera menyelesaikan sholatnya. Para ibu yang sedang memandikan anak kecilnya, bersicepat memandikan. Yang sedang memasak makanan untuk bekal di jalan, bersegera menyelesaikannya. Semuanya seakan tidak sabar menunggu acara yang mereka nanti-nantikan itu. Orang tua, paman, kakak-kakak, para sepupu Sr Rosali sebagian besar tinggal di daerah yang jaraknya 5 km dari pusat Kota Klaten. Persisnya, mereka tinggal berdekatan di Desa Plawikan, pinggir jalan raya Yogya-Solo.


(APA DAN SIAPA)
Sr Hubertine Ni Wayan Rikah OSF : Pertama dari Bali
Veronica Verina Setyabudhi : Di Depan Presiden
Bavo Felndity Pr : Gereja Lapuk
Gisela Calista Amadea Krisna : Sungguh Anak-anak


(SANTO & SANTA)
Beato Ivan Ziatyk (1899-1952) : Martir Iman Kristen
Meskipun mengalami siksaan yang kejam, Pater Ivan tidak mengkhianati imannya dan tidak tunduk kepada rezim ateis. Karena budinya yang luhur, terutama daya tahan, keberanian, dan kesetiaannya kepada Gereja Kristus selama masa penganiayaan, Pater Ziatyk diakui sebagai martir pada 6 April 2001. Pada 23 April 2001, kemartirannya diverifikasi, dan pada 24 April 2001, Paus Yohanes Paulus II menandatangani keputusan Beatifikasi Pater Ivan Ziatyk, martir iman Kristen.


(MIMBAR)
Ormas Katolik dan Publik (Oleh : Max Regus Pr)
Mingguan HIDUP, No 32 Tahun ke-64, 8 Agustus 2010 menyampaikan ’sindiran’ konstruktif Ormas Katolik. Ormas Katolik, demikian yang dituturkan dalam Tajuk, memberi kesan ketinggalan fakta dan realitas. Ini sebuah koreksi jujur dan tulus dari sebuah media utama Katolik yang merekam dan mendukung kiprah Ormas Katolik selama ini. Namun, yang lebih penting, kesadaran atas harapan yang membentang di belakang kritik ini.


(KESAKSIAN)
Setegar Batu Karang
”Ma, saya mau kuliah di Jawa.” Demikianlah pernyataan seorang anak kepada ibunya, Franciska Lembak. Saat itu, perempuan kelahiran 26 April 1960 itu sedang beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaganya setelah seharian bekerja menyadap karet. Janda itu ditinggal mati suaminya sejak 2003. Ia harus menghidupi empat anaknya. Saat anak-anaknya memerlukan kasih sayang seorang ayah, sang kepala keluarga meninggalkan Franciska karena penyakit darah tinggi. Mau tidak mau, Franciska harus mengambil alih peran sebagai kepala keluarga.


(JENDELA)
Seminari Johaninum Banjarbaru : Berawal dari Gang Musafir
Pagi itu, Senin, 9/8/10, adalah hari pertama bagi para seminaris Seminari Johaninum Banjarbaru, Kalimantan Selatan.Mimik serius tampak pada kesepuluh wajah para seminaris. Mereka serius mendengarkan penjelasan Pastor Yohanes Amtono MSF tentang “metode belajar yang efektif.” Sebagian besar anak-anak seminaris yang berasal dari pedalaman terlihat penuh perhatian.

Punya kekhasan
“Kekhasan Seminari Johaninum sekarang adalah menerima calon-calon yang sudah lulus SMA, sudah pernah kuliah atau bekerja.” Itulah ungkapan Pastor Yohanes Berchmans Marharsono MSF, Direktur Seminari Johaninum Banjarbaru kepada kontributor HIDUP, Dionisius Agus Puguh Santosa.


(RENUNGAN HARIAN)
Patokan Kewajaran (Oleh : Deshi Ramadhani SJ)
Orang bisa mengemudi sebuah mobil tanpa merasakan sedikit pun bahwa salah satu ban mobilnya kempes. Tidak jarang pula terjadi, pengemudi mobil lainlah yang menyadarkan pengemudi yang tidak peka itu dengan berseru, “Mas, itu ban mobilnya kempes!” Betapa sakit rasanya bila ternyata teguran baik itu dijawab dengan ketus demi sebuah gengsi, “Sudah tahu! Memang disengaja seperti itu!”





(BUKU – VCD – KASET)
Menekuni Cinta, Menetaskan Iman
Kisah cinta dua pribadi banyak kita temukan. Apalagi, kisah cinta sepasang kekasih. Namun, kisah cinta yang akhirnya menetaskan iman, tak banyak dituturkan. Novel berjudul ”Karena Cinta Aku Hidup (Kembali)” ini salah satu tuturan hidup yang menekuni cinta hingga berbuah iman yang mendalam. Novel ini diangkat dari kisah nyata pasutri muda Vero dan Yan. Kisahnya dituturkan dalam bentuk sharing hidup, dengan Vero sebagai penuturnya.

Berani Memperbarui Diri
Ecclesia reformata semper reformanda! Ungkapan tersebut mewakili isi tulisan yang ada dalam buku ”XXI Interupsi” ini. Buku ini berisi biografi 21 tokoh besar dalam Gereja Katolik yang mencoba memberikan gagasan-gagasan pembaruan mereka bagi Gereja. Mereka pada umumnya adalah para pendiri tarekat-tarekat religius dan kardinal-kardinal yang dengan berani menyuarakan pembaruan bagi Gereja.


(MIMBAR)
Kekerasan Berselubung Agama (Oleh : Relly Jehato)
Sejumlah kasus tindak anarkis, kekerasan, dan main hakim sendiri, yang bertautan dan berlabel agama kembali mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara kita akhir-akhir ini. Mulai dari penyegelan tempat ibadah hingga pengusiran dan penghalangan kelompok keyakinan tertentu menjalankan ibadah mereka. Ini menambah deretan kasus yang senada sebelumnya. Beberapa bulan lalu, sejumlah rumah ibadat dibakar di wilayah Sumatra Utara.


(EKSPONEN)
Bruder Jan Sjerps OFM : Di Balik Kopi Papua
Dimulai dengan 1000 pohon, kebun kopi di belakang kompleks sekolah ini menjadi pusat pembibitan kopi bagi seluruh Papua. Sejak itu, Moanemani terkenal dengan kopinya yang memiliki cita rasa khas. Ia tak pernah merasa tua. Meski kerap kali jatuh, bahkan beberapa bulan lalu mengalami patah tulang sekitar leher yang cukup serius, ia masih gesit beraktivitas bagaikan seorang pemuda. Padahal usianya sudah 75 tahun. Bruder Jan Sjerps OFM berkarya sejak 31 tahun lalu sebagai misionaris di Papua.


(MANCANEGARA)
Paus Berdoa bagi Korban Banjir Pakistan
Paus Benediktus XVI mengenang rakyat Pakistan dalam doanya Rabu, 18/8. Ia juga menghimbau masyarakat internasional untuk tidak menarik bantuan bagi warga Pakistan yang sangat menderita akibat banjir berminggu-minggu.Banjir, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Reuters, 18 Agustus, sejak akhir Juli di Pakistan telah mengakibatkan sekitar 1.600 orang tewas dan lebih dari dua juta orang kehilangan tempat tinggal.



Perjalanan Relikui Don Bosco
Relikui Santo Yohanes Don Bosco akan tiba di San Fransisco, Amerika Serikat, Sabtu, 11/9. Relikui ini sengaja dibawa keliling dunia untuk memperingati 200 tahun peringatan hari kelahiran santo yang menjadi patron kaum muda dan para murid sekolah. Relikui berupa tulang lengan kanan Santo Yohanes Don Bosco ini akan disemayamkan di Gereja Santo Petrus dan Paulus San Fransisco.

Katedral Bunda Teresa
Dalam rangka peringatan 100 tahun kelahiran Bunda Teresa, Catholic Radion and Television Network (CRNT) membuat dokumentasi tentang konstruksi sebuah katedral yang dibangun di Kosovo. Katedral Bunda Teresa ini dibangun di Prishtina, atas bantuan Aid to the Church in Need (ACN).

Kunjungan Uskup ke Utara
Uskup Auxilier Hung Hoa, Mgr John Mary Vu Tat memimpin Ekaristi dan memberikan sakramen di tiga provinsi utara yang sebelumnya ditutup bagi kunjungan pastoral. Dalam kunjungan yang berakhir 24 Agustus, seperti dilansir ucanews. com, Uskup memberikan Krisma kepada 78 orang, memberkati 17 perkawinan, membaptis, dan memberikan komuni pertama di provinsi Dien Bien.

Para Uskup
Mgr William Patrick Callahan OFMConv mulai memimpin Keuskupan La Crosse, Wincosin, USA, 11 Agustus 2010. Ia ditunjuk sebagai uskup La Crosse pada 11 Juni 2010. Sebelumnya, kelahiran 17 Juni 1950, ini adalah Uskup Auxilier di Keuskupan Agung Milwaukee, Winconsin. Mgr William ditahbiskan imam biarawan Fransiskan Konventual, pada 30 April 1977, dan ditahbiskan uskup, 21 Desember 2007. Sebaliknya, uskup La Crosse sebelumnya, Mgr Jerome Edward Listecki, ditunjuk sebagai Uskup Agung Milwaukee, Winconsis, 14 November 2009.


(KONSULTASI IMAN)
Pindah-pindah Gereja (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Seorang sahabat saya aslinya memeluk agama Katolik, bahkan dia dibaptis sejak bayi. Tetapi kemudian dia berpindah ke Gereja Kristen Mawar Sharon. Sekarang ini, setelah dia menemukan pacar Katolik, dia ingin pindah kembali menjadi Katolik. Apakah dibenarkan? Bagaimana caranya? Apakah akan dibaptis ulang? Sebagai sahabat, apa yang harus saya lakukan? Mohon penjelasan.

Cicilia Andhyka, Tulungagung


(CERPEN)
Via Crucis (Oleh : P. Citra Triwamwoto)
“Eloi, Eloi, Lama sabattani.” “Allahku, ya Allahku. Mengapa Engkau meninggalkan aku?” Suara lirih namun menyayat hati itu keluar dari mulut Biondi, pemeran Yesus dalam tablo Kisah Sengsara Yesus di Kapel Putri Rosari. Seluruh umat yang hadir berlutut, tertunduk, bahkan ada yang tengkurap di lantai, menghormati wafat Tuhan Yesus di kayu salib. Suasana sangat hening. Senyap.

(JENDELA) – LEMBAGA RELIGIUS
Suster-Suster HK : Mengalirkan Cinta dari Hati Yesus
Kongregasi Suster-Suster Belaskasih dari Hati Yesus yang Mahakudus atau biasa disebut Suster Hati Kudus (HK) didirikan oleh Mere Marie pada 2 Juli 1886. Mere Marie lahir di Moerdijk, Belanda pada 12 Juli 1834 sebagai anak keenam dari pasangan Yohanes Merkelbach dan Anna Maria de Rooi. Saat berusia satu tahun, ibunya meninggal dunia. Ayahnya sempat menikah tiga kali. Pendidikan Mere Marie hanya berasal dari saudara-saudarinya.


(KONSULTASI KELUARGA)
Cemburu pada Calon Adik di Kandungan (Oleh : H.M.E. Widiyatmadi)
Bpk/Ibu Pengasuh Yth, Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Tuhan mengabulkan permohonan kami. Saat ini kami tengah menunggu kelahiran anak kedua, yang kini genap memasuki bulan ketujuh dalam kandungan. Rasa syukur dan bahagia mewarnai kehidupan kami, apalagi dari pemeriksaan USG terdeteksi bahwa calon anak kami ini kemungkinan besar berjenis kelamin perempuan. Genaplah impian kami dalam membangun keluarga, bila nanti saat dilahirkan dia memang benar-benar perempuan. Namun bila seandainya nanti dia nyatanya bayi laki-laki, kami pun tetap mensyukurinya.


(TEROPONG)
Membangun Kerukunan (Oleh : Puspitasari)
Dalam Kompas.com (13/8) dikutip dialog dengan lima saksi dalam Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyebutkan bahwa besaran uang yang mereka terima dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), sebesar Rp 20.000 hingga Rp 250.000. Ketika ditanya Hakim Konstitusi Akil Mochtar, mengapa bersedia menerima dana itu, saksi menjawab, “Ya, kami ambillah. Namanya juga duit, Pak.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: