edisi 38 : Kiprah Perdhaki

Sajian Utama:
Terinspirasi karya Yesus yang peduli pada orang sakit, Gereja pun meneruskannya hingga kini melalui karya-karya kesehatan. Karya tersebut mewujud lewat pelayanan kesehatan rumah sakit Katolik di Indonesia. Mereka ini tergabung dalam wadah Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (Perdhaki) yang dibentuk Juli 1972. Tujuannya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat melalui unit-unit anggotanya. Dr Felix Gunawan, adalah salah satu tokoh Perdhaki yang gigih memperjuangkan kiprah lembaga ini. juga Dr dr Widyastuti Wibisono dan dr Angela sangat mendukung pelayanan kesehatan Perdhaki hingga daerah pedalaman.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Kesaksian Dua Dokter Perdhaki
Tak berapa lama setelah memungkasi studi di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, tahun 1972, Felix Gunawan menyambangi Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (Perdhaki) yang saat itu berkantor di Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Jl Cut Mutia Jakarta Pusat. Waktu itu, Keuskupan Amboina tengah membutuhkan tenaga dokter untuk ditempatkan di Pulau Tanimbar, Maluku Tenggara. Felix pun membuat surat lamaran.


Sekilas Perjalanan Perdhaki
Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (Perdhaki) adalah organisasi nirlaba, asosiasi unit-unit karya kesehatan Katolik di seluruh Indonesia. Organisasi yang berdiri pada 22 Juli 1972 ini bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat baik rohaniah maupun badaniah tanpa mencari keuntungan, pribadi berdasarkan cinta kasih terhadap sesama.


Situs dan Hotline Pro Life
Biasanya yang pertama muncul di benak perempuan yang hamil di luar nikah adalah aborsi. Mereka bingung, perut makin membuncit tanpa bisa diatasi. Situs www.aborsi.org biasanya dikunjungi oleh perempuan-perempuan bingung tersebut. Di situs tersebut bisa dibaca berbagai hal terkait cara melakukan aborsi, risiko yang mungkin terjadi, hubungannya dengan ajaran agama, hukum pidana, dan lain-lain.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Perdhaki
Dengan mengikuti teladan Tuhan Yesus, setiap orang Kristen dipanggil untuk menghidupkan kembali perumpamaan orang Samaria yang Baik Hati. Kita tentu akrab dengan kisah seorang yang terluka parah ditinggalkan setengah mati di pinggir jalan oleh perampok. Beberapa orang yang lalu lalang membiarkannya tidak peduli. Sementara seorang asing dari Samaria berjalan melintasi kejadian ini dan melihatnya.



(KABAR JAKARTA)
Dialog Terbuka PGI, KWI, FPI
Kutukan PGI dan KWI terhadap rencana pembakaran Alquran tidak bersifat oportunis. Sikap ini bukan berdasarkan alasan karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, sehingga mereka melakukan hal ini untuk cari aman. Demikian ungkap Pastor Prof Dr Franz Magnis-Suseno SJ dalam dialog terbuka Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), dan Front Pembela Islam (FPI) di Gedung KWI Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, 1/9.


Kaul Kekal Pertama Tarekat Sekular CM
Salah satu anggota Compagnia Missionaria del Sacro Cuore (CM) Serikat Misionaris Hati Kudus Yesus – tarekat sekular kongregasi Sacro Corde Jesu (SCJ) mengikrarkan kaul kekalnya di Gereja St Antonius Padua, Bidaracina, Jakarta Timur, Minggu, 12/9. Anggota yang mengucapkan kaul kekal ini bernama Marcellina M. Mudjijah.


HUT Couple for Christ
Komunitas Couple for Christ (CFC) merayakan hari jadinya yang ke-20 di Auditorium Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu, 5/9. Misa konselebrasi diadakan untuk memperingati perayaan ini. Misa yang dipimpin Pastor B.S. Mardiatmadja SJ, Pastor Anton Hestosusilo CICM, dan Pastor Heri Kartono OSC ini dihadiri sekitar 491 orang.


Peresmian Griya Asuh Saveria
Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo meresmikan Rumah Penitipan Anak (RPA) Griya Asuh Saveria Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, 20/8. Griya Asuh Saveria menempati bangunan bertingkat di atas tanah seluas 400 meter persegi. Berdirinya RPA ini merupakan hasil kerjasama umat Paroki St Fransiskus Xaverius Tanjung Priok dengan Panitia Tetap Bakti Dwi Abad Keuskupan Agung Jakarta (Pantap BDA-KAJ). Peresmian diawali Perayaan Ekaristi yang dipimpin Mgr Suharyo didampingi Kepala Paroki Tanjung Priok, Pastor Agustinus Suharyono CM, dan Pastor Puji Nurcahyono CM, Vikaris Jenderal KAJ Pastor Yohanes Subagyo Pr, Pastor Thomas Sarjumunarsa SJ, Pastor Wahyu Yuliana CM, dan Pastor Sapto Widodo CM.

Temu OMK Paroki St Arnoldus
”Merdeka, Ampera! Ampera, Merdeka!” pekik Pastor Hendrik Meko SVD, didampingi Pastor Victor Bani SVD di awal khotbahnya pada Misa Orang Muda Katolik (OMK) Paroki St Arnoldus Bekasi, Sabtu, 28/8 malam. Semua OMK berperan serta dalam Misa tersebut. Koor dan pembawa persembahan dilakukan OMK.


Seminar Nasional Neuropediatri
Dalam rangka Pesta Emas, HUT ke-50 UNIKA Atma Jaya, Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya mengadakan Seminar Nasional Neuropediatri. Seminar diadakan di Golden Ballroom Hotel Sultan, Semanggi, Jakarta Selatan, Sabtu-Minggu, 7-8/8.

Misa Bulan Kitab Suci Paroki Kranji
Menurut Pastor Jonas SVD, pastor rekan Paroki St Mikael Kranji, Bekasi Barat, banyak di antara kita yang kurang mengenal Kitab Suci. Sampai ada kisah seorang anak bertanya kepada ibunya tentang Zakeus. Sang ibu menangkapnya sebagai Lazarus. Lalu, sang ibu menuturkan kisah Zakeus dengan nama Lazarus.


Baksos Sekolah Ricci II
Sekolah Ricci II mengadakan bakti sosial menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan membagikan sembako sebanyak 1.500 paket secara gratis. Bakti sosial dilaksanakan di pintu gerbang Sekolah Ricci II, Bintaro, Tangerang, Banten, Kamis, 2/9.


Misdinar tertua:
Bagiono (49) memegang wiruk, pendamping misdinar dan Sie Liturgi paroki dan Setiabudi (42), eks ketua lingkungan, ketua para orangtua misdinar, menjadi misdinar saat Misa Syukur Temu Akbar Putra Altar (TAPA) di Paroki Santa Clara, Bekasi Utara, Bekasi, Sabtu, 4/9. Acara ini bertepatan dengan minggu pertama Bulan Kitab Suci Nasional 2010.


Membangun Kebersamaan Umat
Untuk bisa keluar dari rutinitas yang menjenuhkan, Beberapa waktu lalu, umat Lingkungan Theresia Margaret Redy Paroki St Servatius Kampung Sawah Bekasi mencari bentuk kegiatan lain berupa makan bersama, sepak bola bapak-bapak melawan anak-anaknya (Mudika), futsal ibu-ibu melawan anak-anak wanita (Mudika), dan pembagian doorprize di Lapangan SMA Pangudi Luhur Kampung Sawah, Bekasi.


(NUSANTARA)
Dari Keuskupan Denpasar Soal Singaraja
Beberapa media cetak dan elektronik melansir berita tentang konflik di Paroki Santo Paulus Singaraja, Bali, Selasa, 24/8. Diberitakan, beberapa orang mengeluarkan pastor Gereja Paroki Santo Paulus Yan Tanu dan kerabatnya secara paksa dari tempat tinggalnya di Jalan Kartini, Singaraja, Bali. Mereka adalah orang-orang dari Keuskupan Denpasar. Mereka melakukan hal ini karena Pastor Yan Tanu dianggap tidak taat pada Gereja Katolik dan keputusan-keputusannya.


Rapat Kerja Komisi Keluarga
Tidak ada keluarga ideal. Yang ada keluarga yang baik dan berkualitas. Itulah pesan yang hendak disampaikan Rapat Kerja Nasional Komisi Kerasulan Keluarga di Puri Avia, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat-Minggu, 20-22/8. Rapat kerja ini menghadirkan pembicara Ketua Komisi Kerasulan Keluarga Keuskupan Agung Jakarta, Pastor Ignatius Tari MSF dan Pastor Aloysius Purwo Hadiwardoyo MSF.


Temu Moderatores OMK
Moderator, pendamping, dan aktivis Orang Muda Katolik (OMK) berkumpul dalam Temu Moderatores (Temod) OMK Regio Jawa Plus 2010 di Kampoeng Legok Lembang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Tema yang diangkat adalah “Menemukan Wajah Yesus dalam Pastoral Orang Muda Katolik”. Ini merupakan kali ketiga bagi Keuskupan Bandung menjadi tuan rumah.


Pelatihan Penggunaan Biopori
Umat Paroki Santo Antonius Banjarnegara mengikuti ”Pembekalan Penggunaan Biopori” di Aula Paroki St Antonius Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu, 22/8. Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata dari gerak Keuskupan Purwokerto tahun 2010-2011 mengenai Tahun Keprihatinan Pertanian (TKP). Pembekalan ini diikuti seluruh umat Paroki St Antonius Banjarnegara dan empat stasinya- Stasi St Theresia Lisieux-Klampok, Stasi St Mikael-Mandiraja, Stasi St Yohanes Maria Vianey-Purwonegara, Stasi St Lukas- Karangkobar.


Bakti Sosial Paroki Cirebon
Paroki Santo Yusuf Cirebon, Jawa Barat mengadakan bakti sosial berupa pemberian sembako kepada masyarakat sekitar sebagai ungkapan syukur atas kemerdekaan RI, Selasa, 17/8. Paroki memberikan 360 paket sembako yang berisi beras, mi, minyak, dan gula kepada lansia dan janda kurang mampu. Bakti sosial ini disambut baik ketua RT, RW, dan lurah setempat.Pembagian paket berjalan lancar karena pelaksanaannya melibatkan aparat pemerintah setempat dan para kader masyarakat.


Kaul Kekal Bruder Kapusin
Bruder Valentinus Sinaga OFMCap mengucapkan kaul kekal di Biara Santo Felix Mela II, Tapian Nauli, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Selasa, 24/8. Pengucapan kaul kekal berlangsung dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin Pastor Martin Situmorang OFMCap. Dalam khotbahnya, Pastor Martin Situmorang merasa bersyukur karena semakin banyak orang yang masuk menjadi anggota Komunitas Kapusin – sebutan untuk biarawan Ordo Fratrum Minorum Capusin (OFMCap).


PERAYAAN PELINDUNG SEMINARI MERTOYUDAN
Komunitas Seminari Menengah Mertoyudan merayakan puncak hari pelindung Santo Petrus Canisius ke-98 di Seminari Menengah Santo Petrus Canisius, Mertoyudan, Magelang, Selasa, 27/4. Seminaris Medan Pratama dan Siswi SMA Van Lith menampilkan sendratari Ramayana berdurasi dua jam di Bangsal Kaca Seminari Menengah Mertoyudan.


HUT MEMBIARA SUSTER OP
Lima suster Ordo Praedicatorium (OP) merayakan syukur hidup membiara di Susteran St Dominikus, Rawaseneng, Temanggung, Jawa Tengah, Minggu, 18/7. Lima suster itu adalah Suster M. Immaculata OP yang merayakan 50 tahun hidup membiara, Suster M. Lisabeth OP dan Suster M. Caroline OP yang merayakan 40 tahun hidup membiara, Suster M. Florentine OP dan Suster M. Bernadine yang merayakan 25 tahun hidup membiara.


LAUNCHING PELINDUNG SMA PL SEDAYU
SMA Pangudi Luhur, Sedayu, Jawa Tengah me-launching nama Santo Louis IX yang dipilih sebagai santo pelindung sekolah, Rabu, 25/8. Nama sekolah ini berubah menjadi SMA Pangudi Luhur Santo Louis IX Sedayu. Hidup Santo Louis IX yang ingin diteladani antara lain sikap murah hati terhadap mereka yang miskin, kurang beruntung, dan menderita.


KONSER SENI PAROKI KLEPU
Paguyuban Seni Keroncong Citra Kristy dan Komunitas Koor Gema Kasih mengadakan konser amal di Gereja Santo Petrus dan Paulus, Klepu Yogyakarta, Minggu, 4/4. Sekitar 400 umat menyambut meriah konser seni yang dibuka oleh Komunitas Koor Citra Kristy dengan membawakan lagu Sicut Cervus Desiderat karya G.P. Palestrina.


HUT KE-50 IMAMAT PASTOR WASKITO
Pastor Johannes Waskito SJ (81) merayakan 50 tahun imamatnya di Seminari Tinggi Beato Giovanni XXIII, Malang, Jawa Timur, Minggu, 22/8. Perayaan diawali Misa syukur di Kapel Utama Seminari Giovanni. Pastor E. Azismardopo SJ, Sosius Provinsial Serikat Yesus Indonesia, memimpin Misa didampingi Rektor Seminari Tinggi Beato Giovanni XXIII, Pastor Alf. Catur Raharso dan Pastor Johannes Waskito SJ.


(SAJIAN KHUSUS)
Menuju 500 Tahun Tuan Ma : Tuan Ma Buka Pintu Iman
“Ini sudah lima abad. Mari coba kita lihat siapa yang buka pintu iman di sini? Di Flores dan mungkin di Nusantara? Siapa yang buka pintu iman, tidak lain adalah Bunda Maria yang kita sebut Tuan Ma itu.” Demikian pernyataan Uskup Larantuka, Mgr Frans Kopong Kung dalam film dokumenter yang ditayangkan Panitia pada Seminar Lima Abad Tuan Ma di Gereja Oikumene – Emanuel, Jalan Sudirman, Denpasar.

Bidadari itu Tuan Ma
Umat Katolik Keuskupan Larantuka meliputi Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur, akan memperingati lima abad masuknya iman Katolik dan devosi kepada Tuan Ma (sebutan untuk Bunda Maria). Puncak peringatan akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2010. Saul de Ornay, Humas dan Publikasi Panitia Nasional Lima Abad Tuan Ma, mengatakan, tanggal 3 sampai 5 Oktober, pukul 16.00 WITA akan diselenggarakan triduum di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka.


(KESAKSIAN)
Semua Karena Kehendak-Nya
Nicolaus Nurak SSos menjadi Juru Bahasa Gubernur Sulawesi Selatan sejak Gubernur Amin Syam (2003-2009) hingga kini Gubernur Syahrul Yasin Limpo. Menjadi Juru Bahasa Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), menurut Nico, karena kehendak Tuhan. Pasalnya, secara perhitungan manusiawi sulit rasanya ia bisa menjadi Juru Bahasa Gubernur di daerah yang mayoritas Muslim. Tetapi bagi Nico, kalau Tuhan sudah mau menunjuk orang untuk menjadi apa saja pasti akan terjadi.


(MIMBAR)
Kitab Suci, Sumber Hidup Kristiani (Oleh: Kardiaman Simbolon OCarm)
Bulan September adalah bulan Kitab Suci Nasional. Dalam kurun waktu 30 hari ini, umat Katolik diajak kembali untuk melihat betapa Kitab Suci menjadi sesuatu yang esensial dalam kehidupan beriman. Dalam sejarah Gereja, ada banyak tokoh yang mengungkapkan, sekaligus menghayati kernyataan tersebut. Salah satu tokoh yang akrab di telinga kita, jika berbicara mengenai Kitab Suci adalah Santo Hieronimus.


(KONSULTASI IMAN)
Iman Katolik Bukan Politeis (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Ada seorang sahabat dekat saya yang dengan tulus mempertanyakan bagaimana mungkin iman Gereja Katolik akan Tritunggal mahakudus itu bukanlah politeisme dan karena itu tidak disebut kafir. Dengan menyebut tiga pribadi, Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus, bukankah ada tiga Allah. Bagaimana saya harus menjelaskan bahwa iman Katolik itu bukan politeis dan kita bukan kafir? Mohon bantuan untuk memperjelas.

Stevanus Pratomo, Pamekasan

(APA DAN SIAPA)
Honorius Ndruru OFMCap : Pastor Bajak Laut
Sukoco : Peduli Hutan
Ignas Tari MSF : Perhatian pada Keluarga
OBITUARI ; Tommy Suryadi : Tokoh Peduli Sesama


(JENDELA)
Kelompok Belajar ”Ceria” Cinere : Menyiapkan Anak-anak Kurang Mampu
Suara anak-anak mengeja huruf terdengar nyaring dari sebuah ruangan sederhana. Ruangan berukuran 4 m x 7 m itu terletak di ujung jalan Elang Raya, Cinere, Depok, Jawa Barat. Jalan ini masuk Lingkungan Yohanes Paulus, Paroki Santo Matias Cinere. Anak-anak berusia 4-6 tahun itu sedang belajar membaca, salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Ke lompok Belajar “Ceria”. Mereka terbagi dalam enam kelompok.


(EKSPONEN)
Philipus Didik Nini Thowok : Doa dan Seni Tari
Dengan kepiawaiannya menari, ia telah mengarungi lima benua, mengenal berbagai bangsa dan kebudayaan. April dan Mei lalu, ia manggung di Inggris dan India. Dia adalah Philipus Didik Nini Thowok (56 tahun). Di antara berbagai bangsa dan kebudayaan yang pernah dikenalnya, ia sangat mengagumi Jepang. “Saya heran, orang Jepang itu katanya tidak beragama, tapi mereka lebih manusiawi dan menghargai orang lain,” pujinya.


(RENUNGAN HARIAN)
Pelita Hidup (Oleh : Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: “Para jaksa diteror, penegak hukum diancam, pemegang kuasa disuap dan pemberantas kejahatan disingkirkan. Tetapi ingat, Anda tidak berkuasa ‘menggantung’ kebenaran. Anda bisa menyerang, menolak, menekan dan menunda datangnya kebenaran, tetapi waktunya akan tiba dan akhirnya kebenaran akan menang. Berhati-hatilah jangan sampai berperang melawan kebenaran”, nasihat orang benar.


(BUKU-VCD-KASET)
Selalu Ada Jalan Keluar
Menjalani kehidupan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang hidup ini begitu baik namun kerapkali ia tidak begitu akrab dengan kita. Bagi mereka yang beriman, selalu ada tempat untuk berdoa dan mengadu, berserah diri dan bersujud.


JENDELA (SAGKI 2010)
Revitalisasi Evangelisasi dengan Berkisah
Semangat Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2010 adalah perayaan iman. Melalui perayaan ini, peserta mewartakan iman yang dihidupinya sehari-hari, ungkap Wakil Ketua Steering Committee SAGKI 2010, Francisia Ery Seda, saat ditemui HIDUP di Gedung Fakultas Pascasarjana FISIP-UI, Salemba, Jakarta Pusat, Senin, 30/8.


(MANCANEGARA)
Upaya Selamatkan Sakineh
Jurubicara Vatikan, Pastor Federico Lombardi, mengatakan kepada para wartawan bahwa Takhta Suci memberi perhatian pada kasus Sakineh Mohammdi Ashtiani, perempuan Iran yang dijatuhi hukuman rajam. Pastor Lombardi, sebagaimana dikutip zenit.org, menekankan bahwa Gereja menentang hukuman mati. Ia menyatakan bahwa Vatikan akan mengambil peran mediasi lewat diplomasi, bukan protes secara terbuka.


Dubes Vatikan untuk Irak
Paus Benediktus XVI menunjuk Mgr Giorgio Lingua sebagai Duta Besar Vatikan untuk Irak dan Yordania, Sabtu, 4/9, di saat Gereja Irak sedang memperjuangkan perdamaian. Mgr Lingua bukan orang asing di dunia internasional. Ia telah menjadi Anggota Korps Diplomatik Vatikan sejak 1992. Selama 18 tahun, imam berkebangsaan Italia ini telah berkarya di Pantai Gading, Amerika, Italia, dan Serbia.


Geliat WYD
Belum genap satu tahun World Youth Day (WYD) di Sydney, Australia, berlalu. Namun, orang muda dari berbagai negara di Amerika Latin menggeliat menyambut WYD 2011, yang akan berlangsung di Madrid, Spanyol. Seperti dikutip catholicnewsagency.com, panitia WYD Madrid 2011 mengatakan bahwa sejumlah orang muda tampak antusias.


Gereja Perangi HIV
Para suster, imam, dan misionaris Katolik yang bekerja di bidang kesehatan merupakan “pahlawan” dalam memerangi AIDS. Demikian dikatakan Menteri Pengembangan Masyarakat, Carol Kidu, dalam sebuah forum PBB di Melbourne, Australia. Menurut kantor berita Fides, banyak rumah sakit (RS) di Papua New Guinea didirikan Gereja Katolik.


Gereja Peduli Janda Muslim
Keuskupan Surat Thani, Thailand menyelenggarakan pelatihan keterampilan bagi 3.500 perempuan Muslim. Mereka menjadi janda, dan harus berjuang keras menghidupi keluarga karena suami mereka terbunuh atau cacat akibat kekerasan di Thailand Selatan. Pelatihan berlangsung sejak Januari 2010, atas bantuan Uni Eropa. Sebagaimana dilansir ucanews.com, menurut data kepolisian,...


Para Uskup
Mgr Francisco Antonio Ceballos Escobar CSsR mulai memimpin Vikariat Apostolik Puerto Carreño, Colombia pada 22 Agustus 2010. Ia ditunjuk sebagai Vikaris Apostolik, 10 Juni 2010, sekaligus ditunjuk sebagai uskup tituler. Monsinyur kelahiran 4 Maret 1958, yang ditahbiskan sebagai imam pada 29 Juni 1985 ini ditahbiskan menjadi uskup, 30 Juli 2010. Vikaris Apostolik sebelumnya adalah Mgr Alvaro Efrén Rincón Rojas CSsR, pensiun pada 10 Juni 2010. Vikaris pertama ini mulai memimpin sejak 22 Desember 1999, ketika Vikariat Apostolik ini dibentuk.


(CERPEN)
Tobat (Oleh : Maria Etty)
Aku tiba di sebuah pertapaan. Malam belum larut benar. Jarum jam tengah berjingkat menuju angka delapan. Kapel temaram. Hanya seberkas cahaya lampu di luar ruangan merayap-rayap masuk. Dalam keremangan kulihat arca Maria menggendong bayinya. Di seputar altar, sekelompok insan mengidungkan syair ’Salam Ya Ratu’ diiringi alunan gending.


(JENDELA) – LEMBAGA RELIGIUS
Frater St Perawan Maria Bunda yang Berbelaskasih (CMM) : Frater dari Tilburg
Kongregasi Frater St Perawan Maria Bunda yang Berbelaskasih (CMM) didirikan Mgr Joannes Zwijsen pada 1844 di Tilburg, Belanda. Frater CMM Indonesia hadir dan berkarya di 10 keuskupan Indonesia dan Keuskupan Dili, Timor Leste.Mgr Joannes Zwijsen lahir pada 28 Agustus 1794 di Kerkdriel Belanda dan meninggal dunia pada 16 Oktober 1877. Keprihatinan terhadap masa depan kaum muda yang kurang mendapat perhatian pada saat itu, menggerakkan Mgr Joannes Zwijsen mendirikan Kongregasi Frater CMM pada 25 Agustus 1844.


(KONSULTASI KELUARGA)
Kualitas Cinta
Dalam Kursus Persiapan Perkawinan di sebuah paroki, seorang tutor menanyakan kepada sepasang peserta kursus yang telah berpacaran selama sembilan tahun, seberapa jauh mereka telah saling kenal. Dengan yakin, mereka menjawab, 100 persen! Peristiwa lain. Pada sebuah acara pemakaman seorang tokoh masyarakat, tampak seorang wanita pelayat.


(TEROPONG)
Membangun Karakter Bangsa (Oleh : Fidelis Waruwu)
Mengikuti berbagai berita dalam negeri yang akhir-akhir ini terjadi, kita menjadi sangat prihatin dengan karakter bangsa kita. Para pemimpin mempertontonkan karakter tidak peduli dan kehilangan sensitivitas terhadap kehidupan masyarakat. Setiap orang yang memiliki kekuasaan berusaha membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri. Seperti mencetak kartu dan perangko pribadi dengan uang negara hingga Rp 1,7 miliar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: