Edisi 39 : Keheningan di Roncalli

Sajian Utama:
Guna memenuhi kebutuhan rohani umat Katolik di Indonesia, sejumlah tarekat imam, bruder, suster, dan juga sejumlah keuskupan mendirikan rumah retret atau oase rohani di daerahnya. Setiap rumah retret pun punya kekhasannya sendiri. Ada yang menekankan kenyamanan pelayanan, akomodasinya, dan keheningan rumah retret itu sendiri. Tak luput pula soal penyajian menu makanan yang disediakan. Di Jawa Tengah ada tiga rumah retret yang sudah dikenal umat, biarawan-biarawati, seperti Rumah Retret Girisonta, Ungaran, Roncalli, Salatiga, dan Rumah Retret Kaliori, Purwokerto. Masih banyak lagi rumah retret di berbagai keuskupan di Indonesia. Simak daftarnya.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Hikayat Tiga Rumah Gladi Rohani
Kesejukan terasa saat langkah kaki mengayun memasuki sebuah kompleks rumah retret di Salatiga, Jawa Tengah. Meski berada di pusat Kota Salatiga, nuansa kesejukan dan kerindangan pohon tidak berkurang. Rumah Retret Roncalli. Itulah nama kompleks ini, terletak di kawasan hijau di tengah Kota Salatiga. Suasana sejuk, asri, dan segar sangat terasa. Pohon-pohon besar dan rindang memenuhi halaman kompleks ini.


Sekilas Rumah Retret Roncalli
Rumah Retret Roncalli lahir pada 1968 dengan nama Institut Roncalli. Sejak 2009, Institut Roncalli berubah nama menjadi Rumah Retret Roncalli. Nama Roncalli merujuk pada semangat Roncalli atau Paus Yohanes XXIII yang menyerukan pentingnya pembaruan dalam kehidupan menggereja.


Sekilas Rumah Retret dan Pusat Spiritualitas Girisonta
Rumah Retret Girisonta mulai dirintis Superior Regularis Serikat Yesus di Jawa, Pastor Adrianus van Kalken, A. van Hoof, dan H. Muller. Mereka membeli sebidang tanah seluas 5,5 hektar di Karangjati untuk membangun sebuah rumah retret. Pastor Adrianus van Kalken meletakkan batu pertama bagi pendirian Rumah Retret Girisonta pada 30 Oktober 1930. Pada 1976 didirikan Pusat Spiritualitas yang sekaligus merupakan pengembangan Rumah Retret Kristus Raja Girisonta.


Sekilas Rumah Retret Maria Immaculata (RRMI)
Rumah Retret Maria Immaculata (RRMI) Kaliori berada di dalam Kompleks Gua Maria Kaliori. Kompleks ini terletak sekitar 15 kilometer dari Purwokerto menuju Yogyakarta. Dari jalan raya arah Purwokerto menyimpang ke kiri menyusuri jalan di atas bukit sepanjang sekitar tiga kilometer.


Rumah Retret Beberapa Keuskupan di Indonesia: Dari Brastagi sampai ke Agats
Berikut beberapa rumah retret di beberapa keuskupan yang datanya diambil secara acak: Keuskupan Agung Medan: • Panti Samadi Vincentius a Paulo Singa, Belakang USI, Pematang Siantar, • Cinta Alam Medan Brastagi Km 27 d/a Susteran KSSY Hayam Wuruk 11, Medan


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Rumah Retret
Mengapa Gereja membangun rumah retret? Jawabannya kerap kali sederhana: mengikuti hukum penawaran dan permintaan. Gereja yang dimaksud di atas bukan hanya para biarawan-biarawati. Dalam beberapa kasus, sejarah rumah retret yang berumur panjang dan memiliki nama yang prestisius di luar negeri – misalnya Rumah Retret Manresa di AS – justru para awam Katolik yang mengambil inisiatif dalam memulai pelayanan spiritual ini.


(KABAR JAKARTA)
Misa Syukur 15 Tahun Ziarah Batin
Penerbit dan Toko Rohani OBOR mengadakan Misa Syukur peringatan 15 tahun Buku Ziarah Batin. Perayaan Ekaristi diadakan di Griya OBOR, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis, 16/9. Misa dihadiri para penulis Penerbit OBOR yang terdiri dari para pastor, suster, bruder, dan awam serta keluarga besar OBOR. Misa diadakan secara konselebrasi dengan konselebran utama Ketua Pengurus OBOR, Mgr Agustinus Agus Pr, didampingi Direktur Penerbit dan Toko Rohani OBOR, Pastor Agustinus Surianto Pr.

Aspiran OSF Siap Menjadi Postulan
Sekitar 20 aspiran Ordo Fransiskan Sekuler (OFS) dari Paroki Santa Klara Bekasi Utara dipastikan siap menjadi anggota postulan OFS. Hal ini diumumkan dalam pertemuan persaudaraan OFS di Paroki Santa Klara, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 18/9. Sebelum menjadi postulan, 20 orang ini menempuh jenjang aspiran selama enam bulan.

Andrie Wongso Bicara di Gereja MKK
Suster-suster Hermanas Carmelites mengadakan seminar bertema “Hati yang Penuh Syukur” di Gereja Maria Kusuma Karmel, Meruya, Jakarta Barat, Sabtu, 28/8. Seminar yang dihadiri sekitar 360 orang ini diselenggarakan sebagai salah satu sumber penggalangan dana bagi Kelompok Belajar Cinta Kasih (KBCK) yang dikelola oleh para suster Hermanas Carmelites (HCarm).

Kunjungan Uskup di Arnoldus Bekasi
Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo Pr, menerimakan Sakramen Krisma kepada sekitar 900 remaja yang berasal dari berbagai SMP dan SMA Bekasi di Paroki Santo Arnoldus Janssen, Bekasi,Minggu, 5/9. Tahun ini, Paroki Arnoldus Jassen Bekasi menerima calon penerima Sakramen Krisma sebanyak 900 orang remaja dan 400 orang dewasa.

MISA JUMAT PERTAMA PK3S
Persaudaraan Karyawan Katolik Kawasan Slipi (PK3S) mengadakan Misa Jumat Pertama di Gereja Kristus Salvator, Slipi, Jakarta Barat, Jumat, 3/9. Umat yang hadir sekitar 400 orang. Misa berlangsung khusyuk dengan iringan musik kolintang dan paduan suara siswa-siswi SMA Regina Pacis Jakarta.

SAKRAMEN KRISMA PAROKI CITRA RAYA
Seratus tiga puluh enam warga Paroki Santa Odilia Citra Raya Tangerang, Banten menerima Sakramen Krisma di Paroki Santa Odilia, beberapa waktu lalu. Penerimaan Sakramen Krisma dilakukan dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo didampingi Pastor Paroki Felix Suprapto SSCC, Pastor Antonius Dengu Blikon SSCC, dan Pastor Andre Delimarta SDB.


MISA PERDANA DI PADEMANGAN
Seorang imam Societas Verbi Divini (SVD) mengadakanMisa perdana di Gereja Santo Alfonsus Rodriquez Pademangan, Jakarta Utara, Minggu, 5/9. Misa perdana ini bertepatan dengan Hari Minggu Kitab Suci Nasional. Imam yang merayakan Misa perdana ini adalah Fransiscus Xaverius Lukas SVD. Selain Pastor Lukas – sapaannya – 15 imam lain turut mengambil bagian dalam Misa ini.


(NUSANTARA)
Dialog Lintas Agama Paroki Banjarnegara
Paroki Santo Antonius Banjarnegara mengadakan pertemuan “Temu Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Komunitas Pelangi” di Paroki St Antonius, Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin, 30/8. Peserta yang hadir berasal dari Komunitas Pelangi yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, mahasiswa-mahasiswi Politeknik Banjarnegara, dan umat Paroki Santo Antonius Banjarnegara.

Dubes Vatikan Siap Resmikan Katedral Timika
Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli, dipastikan akan menghadiri acara peresmian Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Papua yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 7/10. Di rumah kediamannya di Transit, Timika, Papua, Sabtu, 4/9, Uskup Timika, Mgr John Philip Saklil Pr, mengatakan bahwa Mgr Leopoldo Girelli sudah menyatakan kesediaannya menghadiri peresmian Gereja Katedral Tiga Raja Timika.

Temu Mahasiswa Katolik KAJ
”Tak lelah membina diri, tak lelah menempa diri, ‘tuk menjadi pribadi yang berguna, berbakti pada Gereja, mengabdi nusa dan bangsa, dengan menjadi berkat bagi sesama…” Gemuruh sorak-sorai semangat Mahasiswa Katolik Jakarta (MAKAJA) dalam membina diri terlantun dalam secuil syair lagu MAKAJA di atas.

Lebaran, OMK Bagi-bagi Kitiran
Lebaran di Kampung Gamelan Kidul, Njeron Beteng Kraton Yogyakarta, tampak lebih semarak ketika anak-anak memainkan kitiran (baling-baling) pemberian Orang Muda Katolik (OMK) setempat,Jumat, 10/9. OMK di kampung ini masuk wilayah Paroki Hati Kudus Yesus Pugeran Yogyakarta. Pagi itu, di mulut gang Kampung Gamelan Kidul, puluhan umat Kristiani warga kampung setempat menyambut iring-iringan kedatangan yang baru pulang mengikuti Shalat Ied di Alun-alun Kidul.

KAUL KEKAL RUBIAH PUTRI KARMEL
Enam biarawati Putri Karmel mengucapkan kaul kekal di Pertapaan Karmel Ngadireso, Tumpang, Malang, Jawa Timur, Sabtu, 14/8. Mereka adalah Suster Maria Theofila PKarm, Suster Maria Euphrasia PKarm, Suster Maria Stanisla Kotska P Karm, Suster Maria Eusebia PKarm, Suster Maria Valentina PKarm, dan Suster Grace Maria PKarm.


PERTEMUAN ANGGOTA DPR DAN GEREJA
Tiga anggota DPRD Kota Cirebon, Djoko Poerwanto dari Partai Demokrat, Iko Pekasa dari Partai Damai Sejahtera, dan Andi dari Golongan Karya memanfaatkan masa reses dengan mengadakan pertemuan dengan Gereja-gereja Kristen dan Katolik di Gereja Kerasulan Baru Indonesia (GKBI) Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 7/9.

PEMBERKATAN GEDUNG SMA SANTA MARIA
SMA Santa Maria mengadakan pemberkatan gedung baru ini di Sekolah Santa Maria Pekanbaru, Riau, Rabu, 18/8. Acara diikuti sekitar 700 peserta yang terdiri dari pembina, pengawas, dan pengurus Yayasan Prayoga Riau (YPR) – yayasan pengelola SMA Santa Maria, pendidik dan tenaga kependidikan sekolah-sekolah Santa Maria di Pekanbaru, serta para siswa SMA Santa Maria.

WORKSHOP WKRI BANTEN
Lima puluh Pengurus dan Anggota Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) dari sejumlah cabang wilayah Provinsi Banten mengikuti workshop. Acara tersebut menghadirkan dua pembicara, Ketua Umum Dewan Pimpinan (DPP) WKRI Pusat, Ignasia Endang Siregar, dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa, Drs M. Juhriyadi.

TAHBISAN KEUSKUPAN MALANG
Tujuh frater diakon ditahbiskan menjadi imam di Gereja Katedral Malang, Ijen, Malang, Jawa Timur, Kamis, 2/9. Mereka yang ditahbiskan adalah Andreas Adhi Prasetyo Pr, Aloysius Rusdiana Lau Pr, Fransiskus Xaverius Lucas SVD, Junar Sibaragiang SVD, Ignatius Abadi OCarm, Patrisius Marianus Simanjuntak OCarm, dan Erik Wahyu Tjahjana OCarm.

(MANCANEGARA)
Pembatalan Rencana Membakar Alquran
Pendeta Terry Jones yang semula menyebarkan ajakan kepada para pemimpin politik dan agama untuk membakar Alquran pada peringatan tragedi serangan terhadap gedung World Trade Center (WTC), 11 September, menyatakan bahwa ia membatalkan rencana tersebut, Kamis, 9/9.Jones mengadakan konferensi pers di luar gerejanya, pada 9 September, untuk menyatakan perubahan rencananya.

Uskup Mengirim Bantuan
Para pemimpin Gereja di Pakistan menyatukan upaya mengirim bantuan kepada korban banjir di Pakistan. Banjir bandang di Pakistan mempengaruhi hidup ratusan ribu orang. Demikian Uskup Hyderabad Mgr Max Rodrigues mengingatkan akan krisis yang sedang terjadi.

Peringatan-Peristiwa Karnataka
Peringatan dua tahun kekerasan terhadap umat Kristen di Karnataka, ditandai dengan doa bersama di gereja-gereja dan gedung lembaga Kristen di Mangalore. Sementara Uskup Mangalore, India, Mgr Aloysius Paul D’Souza, merayakan Ekaristi di Biara Adorasi, salah satu tempat yang diserang, 14 September 2008.

Kongres Kaum Awam
Para peserta Kongres Kaum Awam di Seoul, Korea Selatan, awal September, mengirim surat kepada Paus Benediktus XVI. Mereka menyampaikan komitmen mereka, sebagai “kawanan kecil” yang mewartakan Kristus di Asia, sebuah benua luas dan kaya akan tradisi religi dan budaya.

Ajakan Uskup Melaka-Johor
Uskup Melaka-Johor, Mgr Paul Tan Chee Ing, mengajak umat Katolik untuk memberikan perhatian khusus pada dialog antaragama, kehidupan keluarga, komunikasi sosial, perantau, dan karya misi.

Para Uskup
Mgr Blase Joseph Cupich mulai memimpin Keuskupan Spokane, Washington, Amerika Serikat, 3 September 2010. Ia ditunjuk sebagai Uskup Spokane, 30 Juni 2010, bersamaan dengan purna tugas Mgr William Stephen Skylstad. Sebelumnya, Mgr Blasé adalah Uskup Rapid City, Dakota Selatan, Amerika Serikat. Dengan kepindahan Mgr Blase, takhta Uskup Rapid City lowong.


(KESAKSIAN)
Kata-kata Pembawa Berkat
”Pulanglah dengan membawa damai Tuhan.’’ Kata-kata sederhana yang diucapkan setelah Misa berakhir itu sangat menarik bagi Valentina Sutini. Wanita kelahiran Bantul, Yogyakarta 9 Februari 1965 ini akhirnya mengikuti Kristus setelah mendengar kata-kata itu di gereja.Wanita yang akrab disapa Tini ini menikah dengan Tatang Harjanto pada 1983. Saat itu, Tini masih Muslimah, seperti keluarga besarnya. Sedangkan Tatang memeluk Buddha.


(SAJIAN KHUSUS – SAGKI 2010)
Mengenalkan Dua Narator Publik
Pada SAGKI-2010 akan menampilkan sejumlah narator dari umat beragama lain. Berikut ini profil dua narator publik, yakni Ngongo Padi, seorang Rato Marapu dari Sumba, NTT dan Mohamad Sobary, seorang Muslim moderat dari Jakarta. Ngongo Padi tak dapat men­yembunyikan kegembiraannya ketika diminta oleh Uskup Weetebula, Mgr Edmund Woga CSsR, untuk menjadi narasumber tentang kepercayaan Marapu pada SAGKI yang akan berlangsung pada 1-5/11 di Wisma Kinasih, Caringin-Bogor.

(APA DAN SIAPA)
Angelina Veronica : Doa Aku Percaya
F.X. Sugianto : Dijungkirbalikkan
Bruder Agus Adil OFM : Hidup Bersama ODHA
John Tondowidjojo CM : Setahun Satu Buku

(JENDELA)
Balai Pengobatan Santa Maria, Magelang : Sehat untuk Semua Keberadaan Balai Pengobatan Santa Maria tak bisa dipisahkan dari Paroki St Maria Fatima Magelang, Jawa Tengah. Medio 1970, setelah diputuskan adanya pembagian Paroki Magelang, Pastor A. Martodiharjo SJ meminta para Suster Santa Perawan Maria (SPM) untuk membuka biara baru di paroki itu. Mendekati usia ke-40 tahun, Balai Pengobatan Santa Maria Magelang semakin menjadi garam dan terang bagi masyarakat setempat.


(EKSPONEN)
Dr Karolus Kopong Medan SH, MHum : Ilmu untuk Kebaikan
Ditemui di sebuah hotel di Jakarta, beberapa waktu lalu, Karolus Kopong Medan sedang mengikuti seleksi Dosen Berprestasi. Di tingkat Provinsi NTT, Karolus terpilih sebagai Dosen Berprestasi 2010. Selanjutnya, ia mengikuti seleksi di tingkat pusat, bersaing dengan dosen-dosen lainnya yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.


(RENUNGAN HARIAN)
Yang Terbesar (Oleh : Stefan Leks)
1 Manusia selalu mau menjadi yang pertama, yang terbesar. Inilah awal dosa Adam. Adam begitu bernafsu menjadi terbesar sehingga Allah pun disingkirkannya. Manusia memang sangat sulit menerima kenyataan bahwa dia hanyalah ciptaan Allah.


(BUKU-VCD-KASET)
Bergurau dengan Hidup
Sebuah peristiwa hidup kita sejatinya bukan sekadar kisah. Karenanya ia tak boleh kita biarkan lewat begitu saja. Hanya saja seringkali kita tidak pandai mengais maknanya. Barangkali kita terlalu sibuk hingga tak punya waktu, meski sejenak. Atau kita terlalu serius sehingga makna hidup justru sulit diraih. Atau juga kita kurang jeli menemukan hal-hal kecil yang merupakan simpul maknanya.

(SANTO/SANTA)
Beato Andre Bessette (1845-1937) : Tugas Sederhana, Kesetiaan Istimewa
Selama 40 tahun, ia bertugas memelihara kebersihan, menjadi pesuruh dan penjaga pintu biara. Selama itu pula ia setia menyelesaikan tugas-tugasnya yang sederhana. Banyak di antara orang-orang besar di dunia ini adalah orang yang melakukan karya sederhana dengan kesetiaan yang besar. Karya mereka mungkin sederhana, tapi karena dijalani dengan setia, karya itu membuahkan buah yang besar.

(MIMBAR)
Benih Sabda Tuhan itu Kini Bertumbuh (Oleh: D. Gusti Bagus Kusumawanta)
Karya misi pewartaan Injil di Pulau Bali sudah terekam jejak-jejaknya sejak 11 Maret 1635, ketika Pastor Carvaljo SJ dan Pastor Azevedo SJ berangkat dari Malaka menuju Klungkung (Bali). Namun, jejak-jejak pewarta Injil itu tidak ada beritanya yang dapat menoreh sejarah misi di Bali. Barulah pada 11 September 1935, tibalah misionaris bernama Pastor Kersten SVD melalui Pelabuhan Padangbai Karangasem menuju Denpasar dan menetap di sana untuk melayani umat Katolik Eropa dan Melayu.

(TEROPONG)
Toleransi dan Demokrasi Pedagogis (Oleh : Robertus Robet)
Jejak Pendapat Kompas pada Senin, 20 September 2010 mengungkap sebuah kenyataan menarik dan membesarkan hati, yakni 74 persen responden menyatakan tidak khawatir bahwa kelompok agama yang berbeda akan mempengaruhi keyakinan mereka. Jejak pendapat ini juga menyampaikan, 88 persen menerima jika tetangga dekat rumah mengadakan acara keagamaan dan 74,2 persen menerima jika di dekat tempat tinggal dibangun rumah ibadah dari kelompok agama yang berbeda.


(KONTAK-KONTAK)
Membangun Imajinasi
Napoleon Bonaparte (1769-1821) mengemukakan bahwa sesungguhnya manusia diperintah oleh imajinasinya. Sayangnya, tak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya membangun imajinasi yang positif untuk meraih apa yang didambakannya dalam hidup ini.


(KONSULTASI IMAN)
Puasa Sebelum Ekaristi (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Apakah sampai sekarang orang Katolik harus berpuasa sebelum menyambut tubuh Tuhan dalam Perayaan Ekaristi. Berapa lama puasa itu? Mengapa harus berpuasa? Apa saja yang dilarang dikonsumsi? Apakah merokok termasuk yang dilarang? Bagaimana dengan ibu hamil? Mohon penjelasan.

Katrin Sembiring, Purwokerto

(CERPEN)
Amplop untuk Tuhan (Oleh : Alexandro F. Rangga)
“Kami sudah tidak sanggup lagi membiayai sekolahmu. Pulanglah!” Demikian isi surat itu. Atas nama Agus Nuak, bapaknya. Singkat, padat, jelas, dan menusuk. Tubuhnya lemas lunglai. Hentakan Three Little Birds Bob Marley terasa sebagai sebuah ejekan; “Don’t worry, about the thing....” Djarum Black yang baru diisap melorot jatuh ke lantai kos. Matanya nanar menembus lukisan “mata telaga” pada kertas A4.


(JENDELA) – LEMBAGA RELIGIUS
Bruder Karitas (FC) : Membangun Budaya Karitas
Tuhan menghendaki Tarekat Bruder Karitas atau Fratrum a Caritate (FC) tetap berkarya selama lebih dari 200 tahun di dunia. Namun di balik itu, Bruder Karitas diajak merefleksikan, apakah masih memiliki masa depan di Indonesia? “Kita memiliki masa depan, bila kita sungguh memberi kesaksian dan tetap terbuka untuk melayani saudara kita yang miskin, cacat, dan terpinggirkan!” tegas Superior Jenderal FC, Br DR Rene Stockman FC pada perayaan 80 tahun kehadiran Bruder Karitas di Indonesia tahun lalu.


(KONSULTASI KELUARGA)
Pondok Mertua Indah (Oleh : Y. Bagus Wismanto)
Pondok mertua indah adalah istilah yang biasa dipergunakan secara seloroh oleh mereka yang sudah menikah namun masih numpang atau tinggal bersama mertua di rumah mertua. Hal ini dapat terjadi baik pada menantu laki-laki yang tinggal di rumah orangtua istrinya, maupun menantu perempuan yang tinggal di rumah orangtua suaminya.


(MIMBAR)
Gugat Ke(tidak)bebasan Beragama (Oleh : Dedi Dhosa)
Belakangan ini, penghayatan hidup keagamaan kerap terdistorsi. Bukan karena gangguan intern suatu agama, tapi lebih pada sikap fundamentalis kelompok tertentu (ekstern) untuk merintangi praktik penghayatan agama lain. Aksi pengejaran, larangan membangun tempat ibadat, dan mengganggu kenyamanan orang sewaktu beribadat adalah bagian dari distorsi ini.


ADVETORIAL
PAGUYUBAN GEMBALA UTAMA

Syukur 20 Th Imamat Romo Wanta
Wisma UNIO di Kramat VII/10, Minggu, 22/8, tampak semarak. Aula Wisma yang menjadi “markas” para Imam Praja se-Indonesia itu dipadati tidak kurang dari 43 orang tamu. Mereka berdatangan secara bergelombang menuju Aula di Lantai IV, menghadiri Perayaan Syukur ulang tahun Imamat Pastor Dominikus Gusti Bagus Kusumawanta Pr.


Heribertus Kartono OSC : Melewati Momentum Sulit
Keinginan Pastor Heribertus Kartono OSC sebenarnya menjadi imam yang dekat dengan umat di daerah terpencil. Kenyataannya, ia menjalani beragam tugas silih berganti. Ia merasa seperti dikejar-kejar waktu. Bahkan, ia sempat ingin mengundurkan diri. Pembesarnya, Pastor Agus Rachmat OSC tentu tidak begitu saja mengabulkan keinginannya. Ia menawari Pastor Heri Kartono pergi ke Australia untuk mengatur kembali hidup religiusnya yang hampir kandas.


CRIPINGAN: Menimba Pengalaman Romo Yatno
Paguyuban Gembala Utama (PGU) mengadakan pertemuan bulanan di Wisma KWI, Jl Cikini II No 10, Jumat, 27/8. Pertemuan yang dinamai CRIPINGAN ini, diisi dengan diskusi, dihadiri 42 orang. Cripingan, kurang lebih berasal dari “berkumpul makan criping (keripik singkong)”. Pastor Paroki Somohitan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Y. Suyatno Hadiatmaja Pr hadir sebagai narasumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: