Edisi 41 Minggu 10 Oktober 2010 "Hari Pangan di Promasan"

Sajian Utama:
Tiap bulan Oktober, Gereja Katolik merayakan Hari Pangan Sedunia (HPS), tak terkecuali Paroki Santa Maria Lourdes Promasan, Kulon Progo, DIY. HIDUP pun terjun langsung ke Promasan untuk melihat langsung kekhasan paroki ini dalam peringatan HPS. Paroki ini telah mengadakan HPS sejak lima tahun lalu. Intinya paroki ini ingin mengangkat makanan produk lokal, produk para petani atau warga setempat, seperti jagung, umbi, gembili, dan lain-lain sebagai makanan pokoknya. Termasuk cara bertani yang organik. Umat di paroki ini juga merasakan adanya berkah dari Bunda Maria di Sendangsono. Kebetulan lokasi peringatan HPS pun diadakan di Gua Maria Sendangsono.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Tren Makanan Lokal di Promasan
Tak seperti hari-hari sebelumnya, satu hari di bulan Oktober 2009, para peziarah di Gua Maria Sendangsono mendapatkan jamuan istimewa dari warga Paroki Santa Maria Lourdes Promasan. Jamuan makan itu terdiri dari nasi jagung, ditemani segala macam lauk-pauk dan sayuran hasil bumi penduduk setempat.

Berhasil Mendapat Sertifikasi
Kerja keras dan kesungguhan Petrus Sugito membuahkan hasil. Durian Menoreh Kuning dan Menoreh Jambon, yang ia temukan dengan berburu ke desa-desa di Kabupaten Kulon Progo, berhasil ia kembangkan menjadi bibit durian lokal yang unggul.

Bersama Bunda Maria…
Paroki Santa Maria Lourdes Promasan memiliki umat sebanyak 2.275 jiwa. Mereka tinggal di daerah Perbukitan Menoreh, di sekitar Sendangsono. Mereka mengakui tempat ziarah yang melekat dengan sejarah misi Katolik di Jawa ini sebagai berkah. “Bunda Maria itu sentral bagi kehidupan umat di sini,” tutur Antonius Dadang Hermawan Pr, pastor pembantu di paroki ini.

PTN-HPS Yogyakarta : Tindak Lanjut Deklarasi Ganjuran
Sekretariat Pelayanan Tani dan Nelayan Hari Pangan se-Dunia (SPTN-HPS) Yogyakarta dikenal sebagai lembaga yang menggulirkan pertanian organik ke seluruh Indonesia. Sekretariat ini menempati kantor yang dibangun dua lantai di Tegalgendu KG II 50/XI Prenggan, Kotagede, Yogyakarta.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
HPS
Hari Pangan se-Dunia (HPS) lahir dari konferensi ke-20 Food and Agriculture Oganization (FAO), November 1976 di Roma. Konferensi ini memutuskan perlu adanya peringatan World Food Day (Hari Pangan se-Dunia). Konferensi tersebut menyepakati bahwa mulai tahun 1981 semua negara anggota FAO setiap 16 Oktober memperingati Hari Pangan se-Dunia (HPS); hari yang juga merupakan hari ulang tahun FAO.


(KABAR JAKARTA)
Peringatan 25 Tahun Don Bosco Indonesia
”Selama masih ada kaum muda di Indonesia, Salesian tidak akan mati” Demikian ungkap Pastor Joao Paulino Guterres, Provinsial Salesian Don Bosco (SDB) dalam homilinya pada Perayaan Ekaristi 25 Tahun Serikat SDB berkarya di Indonesia, di Paroki Yohanes Bosco, Sunter, Jakarta Utara, Sabtu, 2/10. Misa syukur ini dibuka dengan lagu bergaya Timor, ‘Mari Masuk Rumah Tuhan’ yang dibawakan oleh koor Aspiran Postulan SDB pimpinan Pastor Andre Delimarta SDB.

Perjalanan 25 Tahun SDB
Saat datang ke Jakarta pertama kali, Maret 1985, Pastor Carbonell berkunjung ke Sekolah Teknik di Desa Putra, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Di sana ia melihat patung Don Bosco setinggi 150 cm. Ia menghampiri patung itu lalu berbisik, “Apa yang kamu lakukan di sini?” Ia pun seperti mendapat jawaban dari patung tersebut, “Saya menunggumu.” Rupanya hal ini menjadi inspirasi dan semangatnya untuk memulai karya pelayanan di Indonesia.

Bedah Buku Robertus Robet
Buku karya Robertus Robet dibedah di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (STFD), Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin, 27/9. Buku ini berjudul “Manusia Politik: Subjek Radikal dan Politik Emansipasi di Era Kapitalisme Global Menurut Žižek”. Acara ini diselenggarakan Komunitas Pasca Sarjana STFD. Hujan gerimis dan kemacetan lalu lintas Jakarta tidak menyurutkan antusiasme para peserta diskusi yang datang. Menurut panitia, ada sekitar 75 peserta yang hadir pada acara bedah buku ini.

Jiwa Entrepreneurship di Dunia Kedokteran
“Setiap orang harus mampu berpikir sebagai pengusaha supaya tidak menjadi beban bagi orang lain.” Demikian disampaikan Prof Rhenald Kasali PhD sebagai pembicara dalam Seminar Health Care Entrepreneurship di Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya, Pluit, Jakarta Utara, Selasa, 14/9. Seminar ini juga menghadirkan pembicara-pembicara lain, yaitu Prof Dr dr Yos Susanto, Drs Bambang Ismawan MSc, dan Fransiscus Welirang.

JobFair 2010 SMK Strada
SMK Strada mengadakan Seminar dan JobFair 2010 bertema “SMK Menghasilkan Tenaga Terampil Siap Pakai” di SMK Strada, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Sabtu, 25/9. Seminar dihadiri sekitar 400 orang yang terdiri dari siswa sekolah lain dan orangtua murid. Seminar yang menghadirkan narasumber Direktur Marketing Advan, Ir Teddy Tjan dan Pengusaha Burger Batok, Agung K.N. ini dimoderatori F.X. Sutrisno.

Animasi JPIC OFM
Direktur Komisi Justice, Peace and Integrity of Creation Ordo Fratrum Minorum (JPIC-OFM) Indonesia, Pastor Peter Aman OFM, mengadakan animasi nilai-nilai JPIC dengan 36 frater Fransiskan di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Rawasari, Jakarta Pusat, Minggu, 5/9. PASTOR Peter memandu acara ini bersama Sekretaris Eksekutif JPIC OFM, Pastor Kristo Tara OFM. Kegiatan ini merupakan program Dewan Pendidikan dan Studi OFM untuk menanamkan nilai-nilai JPIC kepada para frater Fransiskan.

350 Tahun Vincentius dan Louisa
Acara puncak peringatan 350 tahun wafatnya St Vincentius a Paulo dan St Louisa de Marillac ditandai dengan Ekaristi dan bazar murah di Paroki Salib Suci, Jakarta Utara, Minggu, 3/10. Ekaristi dihadiri umat Paroki Salib Suci dan Paroki Fransiskus Xaverius Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selain itu, hadir pula keluarga besar Vinsensian di Jakarta dan Bogor.

Gathering KMK UPH
Memasuki tahun ajaran baru 2010 ini, Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Persevera Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang mengisi kegiatan KMK dengan “Gathering KMK Persevera 2010” yang bertemakan “Together as One” di Heartline FM Lippo Barat, Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu, 1/9. Acara yang dihadiri 85 peserta, 15 alumni dan dosen UPH ini dimulai dengan Misa yang dipimpin Pastor Emmanuel Adhi Prakosa OSC.

Buka Bersama
SD Katolik Sang Timur Cakung, Jakarta Timur mengadakan acara buka puasa bersama warga sekitar dan karyawan SD Katolik ini di SD Katolik Sang Timur Cakung, Senin, 6/9. Acara ini diisi dengan siraman rohani, sholat maghrib bersama, dan buka puasa bersama. Menurut Kepala SD Katolik Sang Timur, Suster Natalia PIJ, acara semacam ini rutin diadakan setiap Ramadhan tiba. Tampak para guru, karyawan, dan warga masyarakat berbaur bersama menikmati hidangan buka puasa yang disediakan pihak sekolah.



(NUSANTARA)
Kunjungan Nunsius di Makassar
Nunsius Apostolik Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli, berkunjung ke Keuskupan Makassar, Selasa, 7/9. Ada dua acara penting yang ia hadiri di keuskupan ini. Selain menghadiri wisuda 42 mahasiswa Sekolah Tinggi Kateketik dan Pastoral Rantepao (STIKPAR) Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Nunsius juga meresmikan Gereja Kristus Imam Agung Abadi (KIAA) Sangalla’ Tana Toraja.

HUT Ke-75 Paroki Pandu
Paroki Santa Perawan Maria Sapta Kedukaan Pandu, Bandung, Jawa Barat merayakan HUT ke-75 di Gereja Pandu, Minggu, 26/9. Ulang tahun ini dirayakan dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Uskup Bandung, Mgr Johannes Pujasumarta Pr, didampingi Pastor Paroki Agustinus Sudarno OSC. Acara ini mengangkat tema ”Mengubah Cara Berpikir, Membangun Masa Depan Lebih Cerah”.

Turis Protes Pesta Komuni
Sejumlah turis yang sedang menginap di Hotel Sea World Club, Maumere, Flores, NTT terpaksa meninggalkan hotel. Mereka terganggu bunyi musik yang keras pada acara pesta komuni pertama di Desa Waiara, sekitar 15 km arah Timur Kota Maumere. Mereka adalah turis-turis asal Belanda dan Perancis yang berjumlah 22 orang. Para turis yang menginap di Hotel Sea World Club melakukan protes kepada pemilik hotel.

Renstra Komdik KWI di Kalimantan
Bertempat di Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 11-12/8, berlangsung Sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) Komisi Pendidikan Konferensi Waligereja Indonesia (Komdik KWI) Periode 2009-2012. Narasumber kegiatan sosialisasi ini adalah Ketua Komdik KWI, Mgr Aloysius Sudarso SCJ, dan Anggota Badan Pengurus Komdik KWI Utusan Regio Kalimantan, Juliana Sujadi.

Pelantikan WKRI Gereja Tayan
Sebanyak 37 anggota Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) dilantik menjadi WKRI Dewan Pengurus Ranting Santo Petrus Kanisius Tayan, Keuskupan Sanggau, di Gereja Santo Petrus Kanisius, Tayan, Kalimantan Barat, Rabu, 25/8. Mereka dilantik Ketua WKRI DPC Hati Kudus Katedral Sanggau, Ana Maria Rosni Kiteng di Gereja Tayan dalam Misa yang dipimpin Pastor Paroki Tayan Saverius Vastival SVD, didampingi Pastor Rekan Leo Teme SVD.

Pembukaan Tahun Akademik Sanata Dharma
Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta menyelenggarakan Pembukaan Tahun Akademik 2010/2011 dengan Perayaan Ekaristi yang dihadiri para dosen, para rektor konvik, para pemimpin komunitas, para tamu undangan, dan para mahasiswa-mahasiswi di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Senin, 16/8.

Family Gathering Wilayah Santa Angela
Wilayah Santa Angela Paroki Santo Yakobus Kelapa Gading mengadakan Family Gathering di Hotel Narima Indah, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 21/8 – Minggu, 22/8. Menurut mantan Ketua Wilayah Santa Angela, Robby Kertalaksana, kegiatan bertema “Kebersamaan itu Indah“ diadakan untuk menghangatkan kembali relasi antarumat dan pengurus lingkungan.

Kemah Rohani OMK Pringgolayan
Dengan tema “Melayani Tuhan dalam kesederhanaan”, Orang Muda Katolik (OMK) Gereja Stasi Santo Paulus Pringgolayan Yogyakarta mengadakan kemah rohani, beberapa waktu lalu.

HUT YPPK Merauke
Para siswa dan guru dari sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Merauke berkumpul di SMA Yoanes XXII, Merauke, Papua mengikuti Perayaan Ekaristi HUT ke-36 YPPK, Senin, 23/8. Perayaan ini mengambil tema “Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa”.

Misa Perdana Imam SVD Aceh
Anggota Serikat Sabda Allah (SVD) dan umat Paroki Santo Yosef Lawedesky Aceh Tenggara merayakan Misa Perdana Pastor Junar Marudut Sibaragiang SVD. Acara ini diadakan di Paroki Santo Yosef Lawedesky Aceh Tenggara, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Minggu, 12/9.

Penutupan TASKAKAS 2010
Penggalangan dana untuk perbaikan wisma Keuskupan Agung Semarang (KAS) telah terkumpul sebesar Rp 2,5 miliar. Pengumpulan dana tersebut melalui Tabungan Asuransi Berjangka Keuskupan Agung Semarang (TASKAKAS). Untuk menandai penutupan TASKAKAS 2010, diselenggarakan Perayaan Ekaristi dengan mengangkat tema “Syukur kepada-Mu, ya Allah karena kami Kau libatkan berbagi berkat”.


(JENDELA – SAGKI 2010)
Makna Logo
Semangat Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2010 terungkap dalam makna yang terdapat dalam perpaduan warna dan bentuk logo SAGKI 2010. Logo adalah hal penting untuk menyampaikan dan memberikan gambaran mengenai suatu gerakan dan acara. Sekilas memandang, logo SAGKI 2010 tampil cukup sederhana, mudah diingat, dan tepat sasaran.

(MANCANEGARA)
Jalan Salib untuk Kebebasan Beragama
Pada hari libur umum, 16 Oktober 2010, Komisi Justice and Peace (JPC) Gereja Hongkong akan mengadakan jalan salib di jalan umum, dan berdoa bagi kebebasan beragama dan para klerus yang ditahan di daratan China. Sayangnya, permohonan mereka untuk menggunakan sebuah lapangan ditolak. Sebelumnya, JPC telah mengajukan permohonan kepada Leisure and Cultural Service Departmen (LCSD) untuk menggunakan Lockhart Road Playground sebagai titik awal jalan salib tersebut. Demikian dikatakan Pimpinan JPC, Or Yan-yan, sebagaimana dikutip ucanews.com.

Pemerintah Izinkan Tahbisan Uskup
Mgr Peter Wu Junwei ditahbiskan sebagai Uskup Yuncheng (Xinjiang) China, 21 September 2010. Otoritas pemerintah China menyetujui tahbisan ini. Upacara tahbisan dipimpin oleh Uskup Fenyang, Mgr John Huo Cheng, didampingi Uskup Beijing Mgr Joseph Li Shan, Uskup Koajutor Taiyuan Mgr Paul Meng Ningyou, dan Uskup Koajutor Yan’an (Yulin) John Baptist Yang Xiaoting. Mereka adalah uskup-uskup yang mengakui Takhta Suci Roma, dan diketahui oleh pemerintah China.

Mahasiswa Belajar Menghadapi Konflik
Para mahasiswa di Myanmar mendalami sisi buruk kehidupan dan bagaimana mengubahnya menjadi lebih baik, melalui workshop tentang resolusi konflik. Workshop ini diselenggarakan The University of Christian Felloship (UCF), 27-28 September, di Loikaw, Myanmar. Seperti dilaporkan ucanews.com, konflik dapat terjadi di antara Gereja-gereja, keluarga, dan sekolah. Tujuan workshop ini adalah untuk membangun kesatuan. Hal ini disampaikan Pastor U Tin Htut Ohn, yang mengorganisir kegiatan ini.

Gereja Memprotes Rencana Pemerintah
Penolakan, termasuk dari para imam dan suster, memaksa pemerintah menghentikan pemindahan gas buang beracun dari tempat tragedi Bhopal ke tempat tinggal mereka. Pemerintah federal setuju tidak membakar limbah di Pithampur, di luar wilayah Indore di negara bagian Madhya Pradesh.

Para Uskup
Pastor Guglielmo Borghetti, kelahiran 25 Maret 1954, imam Keuskupan Massa Carrara-Pontremoli, Italia, ditahbiskan menjadi Uskup Pitiglian-Sovana-Orbettelo, Italia, 15 September 2010. Mgr Borghetti pindah ke Pitiglian, 26 September 2010. Sebelumnya, takhta Keuskupan Pitiglian lowong sejak 13 Februari 2010, ketika Uskup Pitiglian, Mgr Mario Meini, ditunjuk sebagai Uskup Fiesole, Italia.


(SANTO & SANTA)
Santo Paulinus dari York (584-644) : Tak Semua Harus Berhasil
Meski gagal dalam pewartaan iman Kristen, St Paulinus tetap bersyukur dan tetap maju dalam pewartaan karena hidup harus terus berjalan. Benarkah hidup ini dipenuhi dengan keberhasilan saja? Rasanya tidak. Tidak semua usaha manusia membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Selama ini kita mengenal banyak santo-santa yang mewartakan Kristus sampai berhasil tertanam dalam hati orang.


(KONTAK-KONTAK)
Jangan Sampai Depresi
Kehidupan modern merupakan kehidupan yang rawan stres. Setiap hari kita dihadang oleh tekanan hidup yang seakan tiada henti. Ahli jiwa terkemuka Thomas Holmes mengemukakan, bila seseorang mengalami stres bertubi-tubi dalam kurun waktu singkat, besar kemungkinannya ia akan mengalami depresi.


(APA DAN SIAPA)
Sisca Gazali : Seperti Mimpi
Dinda Putri Sepriani : Senang Dipercaya
Sr Maria Monika Ekowati SND : Cara Jitu
Christopher Abimanyu : Tusuk Jarum


(KESAKSIAN)
“Mukjizat Itu Nyata...”
Ia merasa bersyukur karena Tuhan Allah Tritunggal mengizinkannya tetap hidup. Tuhan membuat mukjizat melalui tangan-tangan para perawat, para konfrater Seminari Tinggi St Paulus Ledalero dan semua pencinta tanpa nama yang mendoakannya. Inilah kalimat yang diucapkan Frater Benny Obon SVD untuk melukiskan peristiwa yang dialaminya selama berada di Rumah Sakit St Elisabeth Lela, Maumere, NTT. Hari itu, Senin 8/2/2010, tepatnya saat pulang kuliah sore, ia merasa kondisi tubuhnya tidak seperti biasanya. Saat mandi ia merasakan dingin yang luar biasa, dan ia berusaha sekuat tenaga menahan dinginnya air yang membasahi tubuhnya. Ia memutuskan untuk check up keesokan harinya.


(EKSPONEN)
Ignatius Slamet Riyanto Pr : Gembala Umat, Gembala Kambing
Sebagai imam baru, ia sangat terpesona dengan ‘emas’ yang tersimpan di Bukit Menoreh. Ia membuka mata umat untuk menambangnya, sebagai berkah Tuhan yang mampu menyejahterakan kehidupan mereka. Pertengahan 2007, Pastor Ignatius Slamet Riyanto Pr baru saja ditugaskan di Paroki Santa Perawan Maria Tak Bernoda Nanggulan, setelah penahbisannya sebagai imam Praja Keuskupan Agung Semarang, pada 27 Juni di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta.


(RENUNGAN HARIAN)
Menuntut Tanda (Oleh : Dr V. Indra Sanjaya Pr)
Dikatakan bahwa orang yang mengerumuni Yesus meminta tanda (ay 29). Kita tidak tahu pasti apa sebenarnya yang sudah dibuat Yesus sehingga orang-orang di sekitar-Nya meminta tanda kepada-Nya. Yang jelas, ‘menuntut tanda’ merupakan sebuah usaha untuk semakin meyakinkan diri bahwa pribadi yang sedang mereka hadapi, yaitu Yesus dari Nazaret ini memang seorang pribadi yang bisa diandalkan. Apakah salah kalau orang meminta tanda? Apakah tidak boleh kalau kita menuntut tanda? Apakah meminta tanda selalu berarti ketidakpercayaan?


(MIMBAR)
Memasung Mitos Politik (Oleh : Dony Kleden)
Politik itu ada pada area kotor. Siapapun yang mau terjun ke dunia politik, dia harus berkubang pada lumpur kemunafikan yang melahirkan diskriminasi. Inilah mitos politik Kita bisa bereaksi dan berkata bahwa siapapun yang percaya pada mitos yang demikian ini, maka dia adalah pribadi yang ‘melayang’, pribadi yang ditentukan oleh sebuah kondisi. Artinya, dia bukannya mengondisikan lingkungannya tetapi justru sebaliknya.


(JENDELA)
Taman Bacaan Rohani (TBR) Paroki Santo Mikael Gombong : Turut Mengembangkan Iman Anak
Ketika sedang berjalan-jalan, Stephani Wirasti melewati sebuah langgar (masjid kecil). Yang menarik hati perempuan yang akrab dipanggil Bu Wiwik ini, ternyata langgar itu mempunyai perpustakaan kecil. Lalu, tercetuslah ide di kepala Wiwik, bagaimana bila di gereja juga didirikan perpustakaan? ”Bila langgar bisa, Gereja pasti bisa mempunyai perpustakaan,” begitulah pikiran mantan Kepala SDN 2 Kenteng Sempor, Gombong, Jawa Tengah ini.


(KONSULTASI IMAN)
Wajibkah Berdoa Litani Santa Perawan Maria? (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Mengapa Oktober disebut Bulan Rosario? Apakah Mei juga boleh disebut Bulan Rosario? Dalam doa lingkungan pada Bulan Rosario ini, apakah wajib mendoakan juga Litani Santa Perawan Maria? Apa baiknya mendoakan Litani itu? Terima kasih.

Petra Sulistyoningsih, Solo


(CERPEN)
Fatwa Haram Facebook (Oleh: Fr Gregorius Manuel Due OFMConv)
Entah dari mana desas-desus itu berhembus, tiba-tiba saja tersiar kabar bahwa akan ada fatwa haram facebook. Isu ini berhembus kian kencang dan menggelisahkan para facebookers. Uniknya, instansi yang diisukan mengeluarkan fatwa haram itu bukanlah instansi yang sudah sering mengeluarkan aturan seperti itu. Facebook akan difatwakan haram oleh Romo Rektor. Kok bisa?


(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Kongregasi Bruder St Aloisius Gonzaga Semarang (CSA): Menabur Kasih dan Damai
Kongregasi Bruder-bruder St Aloisius atau Congregatio Sancti Aloysii (CSA) didirikan oleh Pastor Willem Hellemons OCist di Oudenbosch, Belanda. Mereka sudah berkarya di Indonesia selama 148 tahun. Tahun 1830, Pastor Willem Hellemons OCist diangkat menjadi Kapelan (Pastor Pembantu) di Paroki Oudenbosch. Saat itu, terjadi persengketaan antara Belanda Utara dan Selatan - sekarang Belgia. Raja Willem I tak menyetujui pemisahan wilayah ini. Akibat persengketaan yang kian meruncing itu, Oudenbosch menjadi basis militer untuk mengamankan wilayah Belanda Selatan.


(KONSULTASI KELUARGA)
Pengalaman Buruk dengan Laki-laki (Oleh: H.M.E. Widiyatmadi)
Saat lahir, saya sudah ditolak oleh ibu kandung saya sendiri. Saya dikandung ibu tanpa kejelasan siapa ayah saya. Begitu lahir, saya dititipkan di rumah yatim piatu (di kota B) hingga usia 15 tahun (saat lulus SMP). Setelah itu, saya menumpang hidup di rumah orangtua asuh yang sangat kaya, namun tidak punya anak kandung.


(TEROPONG)
Kebijakan Quasi Publik (Oleh: Adrianus Meliala)
Setiap mahasiswa peserta mata kuliah Kebijakan Publik (Public Policy) dari program studi apa pun di perguruan tinggi, pasti mendapat kuliah tentang empat prasyarat dapat-tidaknya suatu kebijakan disebut kebijakan publik. Prasyarat yang dimaksud adalah:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: