Breaking News
Loading...

Sajian Utama:
Setiap bulan Oktober, yang juga disebut bulan Rosario, umat Katolik mendaraskan doa rosario baik di keluarga maupun di lingkungan. Mereka percaya, bersama Bunda Maria bisa dihantar pada Yesus. Selain berdoa rosario berupa tasbih, ada juga jenis Doa Rosario Hidup, yang diikuti oleh 20 orang. Doa ini dipelopori oleh Pauline Marie Jaricot dari Perancis, dengan St Philomena sebagai pelindung Persekutuan Doa Rosario Hidup itu. Persekutuan doa ini sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pastor Peter John McLaughlin OMI memandang, melalui devosi kepada Bunda Maria, umat menjadi lebih berani menghadapi dunia, bukan melarikan diri dari dunia.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Tiga Devosan Maria Menimba Rahmat
Seorang tetangga yang aktif di Marian Centre Indonesia (MCI) memperkenalkan Theresia Gosal kepada Koordinator Nasional Persekutuan Doa Rosario Hidup, Pastor Yosef Tarong Pr (Alm). Begitu tahu Thres telah terbiasa berdoa rosario sejak belia, Pastor Yosef mengajaknya untuk membentuk Persekutuan Doa Rosario Hidup.

Persekutuan Doa Rosario Hidup
Kepedihan karena berpulangnya sang ibu membuat Pauline Marie Jericot (1799-1862) melepas semua harta miliknya. Di kemudian hari anak bangsawan kaya di Perancis itu membentuk Persekutuan Doa Rosario Hidup. Sebelumnya, bungsu dari delapan bersaudara ini sangat dilimpahi kasih sayang orangtuanya. Hidupnya diselimuti kemewahan karena ayahnya adalah pengusaha Perancis yang kaya raya.

St Philomena Sang Pelindung
Berbagai siksaan dialami Philomena karena menolak dipersunting Kaisar Roma, Dioclesianus. Namun, ia sanggup melewati rentetan penderitaan berkat pertolongan Bunda Maria. Philomena adalah dara keturunan Yahudi yang hidup pada abad keempat. Orangtuanya adalah keluarga bangsawan kaya.

Peter John McLaughlin OMI : Devosi Harus Seimbang
Begitu banyak kelompok devosional yang tumbuh dan berkembang di antara umat. Salah satunya, devosi kepada Bunda Maria. ”Penghayatan devosional perlu seimbang agar tidak jatuh menjadi pelarian dari kenyataan hidup,” demikian pendapat mantan Provinsial Oblat Maria Immaculata (OMI) Indonesia, Pastor Peter John McLaughlin OMI, ketika ditemui Paul D.F. dari HIDUP di kediamannya di Jl Kramat III, Jakarta Pusat, Rabu, 22/9.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Bulan Rosari
Sebagai mahasiswa yang berumur duapuluhan sekitar dua puluh lima tahun yang lalu, penulis hidup di sebuah lingkungan umat Katolik di sebuah kota di Jawa Tengah. Setiap bulan Oktober selama bertahun-tahun, umat di lingkungan ini setiap hari berkumpul. Tidak kenal terang atau hujan, panas atau dingin, sekitar seratus orang berkerumun setiap malam, bergiliran di setiap rumah keluarga lingkungan ini. Berdoa rosario bersama.


(KABAR JAKARTA)
Dialog Bersama Antarumat Beragama
“Semua untuk cinta dan tak satupun untuk kebencian, demikian makna ajaran kasih yang ada dalam agama kami.” Demikian tandas Pastor Kepala Paroki Kalvari Lubang Buaya Aloysius Hadi Nugroho Pr saat menjadi pembicara dalam forum Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama yang mengusung tema “Aktualisasi Nilai-nilai Keagamaan dalam konteks kebhinnekaan”.

Pernyataan Sikap Bersama Kasus HKBP
Terkait kasus penganiayaan jemaat Gereja HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi, beberapa lembaga swadaya masyarakat mengeluarkan pernyataan bersama menyikapi peristiwa ini. Pernyataan ini dikeluarkan di Jakarta, Kamis, 16/9 lewat sebuah surat elektronik (e-mail) yang ditujukan ke Majalah HIDUP.

Malam Budaya FSKB
Forum Solidaritas Kebebasan Beragama (FSKB) mengadakan malam budaya bertema ”Keberagaman adalah Kekuatan Kita” di Panggung Kesenian Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Jumat, 8/10. ACARA dihadiri para tokoh agama seperti Pastor Yohanes Christophorus Tara OFM, utusan Justice, Peace, dan Integrity of Creation Ordo Fratrum Minorum (JPIC-OFM), Ketut Budiasa (Tokoh agama Hindu), Putu Wijaya (Tokoh agama Budha), Olvi Prihutami (Tokoh agama Kristen/PGI), Dewi Kanthi (Tokoh kepercayaan Sunda Wiwitan), Samsudin (Tokoh agama Islam).

Porseni Sekolah Sang Timur
Sekolah Sang Timur Tomang Jakarta Barat mengadakan pekan olahraga dan seni Sang Timur Achievement Reward (STAR) di Sekolah Sang Timur Tomang, Jakarta Barat, Rabu, 29/9- Sabtu 2/10. Sejumlah pertandingan dan lomba mengisi acara yang diikuti siswa TK, SD, SMP Sang Timur Tomang dan siswa dari 70 sekolah lain di Jakarta.. Kegiatan porseni yang melibatkan guru dan karyawan TK - SMA Sang Timur Tomang sebagai perwujudan dari tahun komunikasi yang dicanangkan Yayasan Sang Timur.

Pesta Nama Santo Fransiskus
Para biarawan fransiskan merayakan pesta nama Santo Fransiskus Asisi – pendiri Ordo Fransiskan - di Gereja Hati Kudus, Kramat, Jakarta Pusat, Senin, 4/10. Perayaan ini mengusung tema ”Menjadi Saudara bagi Semua”. Misa dilakukan secara konselebrasi dengan konselebran utama Pastor Vikaris Propinsi OFM Indonesia Peter Aman OFM didampingi Pastor Alexander Silaen OFMCap dan Pastor Hieronimus Edisukisno OFMConv.

Silaturahmi Lebaran Frater CICM
Para frater Conggregatio Immaculati Cordis Mariae (CICM) mengunjungi keluarga Muslim yang tinggal di Kampung Sadang, Bekasi, Jumat, 10/9. Dua tahun belakangan ini, silaturahmi saat Lebaran maupun hari-hari libur lain ke Kampung Sadang rutin dilakukan oleh para frater CICM.

Lustrum IX SMA PL
Keluarga besar SMA Pangudi Luhur (PL) Jakarta merayakan Lustrum IX di SMA Pangudi Luhur, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Misa dipimpin Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, Selasa, 5/10. Lagu “Kumohon ya Tuhan“ membahana lembut diiringi musik gamelan menyambut seluruh keluarga besar SMA PL dan para tamu undangan tetap dalam keheningan Perayaan Ekaristi.

HUT Paroki Tebet
Paroki Santo Fransiskus Asisi Tebet menggelar Misa HUT paroki ke-44 di Gereja Santo Fransiskus Asisi Tebet, Jakarta Selatan, Minggu 3/10. Perayaan bertema “Lebih Peduli Lingkungan dan Sesama” ini diawali dengan Perayaan Ekaristi bernuansa Betawi. Sekitar 1.800 umat memadati gedung dan halaman gereja. Misa dibawakan secara konselebran oleh Pastor Kepala Paroki Heribertus Samuel OFMCap, Pastor Rekan Paroki Yosep Ekatom OFMCap dan dua Pastor tamu, Pastor Paulinus Simbolon OFMCap dan Pastor Cosmas Jang OFMCap.

Pelatihan Menulis SMA Tarsisius
SMA Tarsisius Vireta Tangerang mengadakan pelatihan penulisan esai rohani sebagai bentuk sederhana memaknai bulan Kitab Suci dan bulan bahasa di SMA Tarsisius Vireta, Tangerang, Banten, Jumat, 17/9. Sekitar 30 peserta yang merupakan utusan dari masing-masing kelas mengikuti pelatihan jurnalistik ini. Pelatihan ini terselenggara atas kerja sama SMA Tarsisius Vireta dengan tim redaksi Majalah Voluntas - sebuah majalah milik Seksi Komunikasi Sosial Stasi St Gregorius Tangerang.


(NUSANTARA)
Kunjungan Nuntius Ke KASRI
Duta Besar Vatikan Mgr Leopoldo Girelli melakukan kunjungan ke Keuskupan Agung Samarinda (KASRI), Kalimantan Timur, Sabtu, 18/9-Selasa, 21/9. Jadwal kunjungan Dubes Vatikan ini cukup padat dan susunan acara sudah dirancang pihak panitia dan KASRI. Untuk mengatasi tempat kunjungan yang banyak dan jarak antar tempat yang sangat jauh, KASRI membentuk panitia pelaksana di setiap tempat yang akan disambangi Nunsius.

HUT ke-40 Paroki Pare
Pagi itu, Minggu, 26/9, umat yang ada di pusat paroki maupun stasi Paroki Santo Mateus Pare, Kediri, Jawa Timur, memakai pakaian terbaiknya. Baik petani, pedagang, guru, pegawai negeri sipil, dokter, orang tua maupun muda berduyun-duyun mendatangi gereja paroki mereka yang terletak di Jalan Letjen Sutoyo 78 Pare. Mereka ingin bersama-sama merayakan kegembiraan menyambut hari ulang tahun paroki mereka ke-40.

HUT Pertama Surya Kasih
“Gereja Katolik mempunyai perhatian yang amat tinggi terhadap persoalan kemanusiaan di Tanah Papua”. Demikian Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Papua, Konstan Karma dalam kesempatan perayaan ulang tahun Rumah Surya Kasih yang pertama beberapa waktu lalu di Rumah Surya Kasih, Waena, Jayapura, Papua. Rumah yang diperuntukkan bagi para Orang Dengan virus HIV/AIDS (ODHA) ini dirintis Bruder Agus Adil OFM.

OMK Syawalan di Ponpes
Sekitar 20 Orang Muda Katolik (OMK) eks pelatihan Pusat Pastoral Yogyakarta syawalan dengan para pengasuh dan santri di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Minggu, 26/9.Sore hari, usai para santri melaksanakan mujahadahan di mushola pesantren ini, mereka bergegas menyambut kedatangan para tamunya yang sudah tiba di pesantren itu.

Talkshow PSE Keuskupan Bogor
Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Bogor menyelenggarakan talkshow di Katedral Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Acara ini dikuti sekitar 200 umat Katolik yang berasal dari empat wilayah Dekenat Keuskupan Bogor. Talkshow ini menghadirkan dua pembicara yakni ekonom muda Katolik dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta Dr Agustinus Prasetyantoko dan Dewan Keuangan Paroki Katedral Bogor Albertus Paryanto.

Rektor Baru Seminari Pematangsiantar
Pastor Yohanes Harus Yuwono Pr diangkat menjadi Rektor Baru Seminari Tinggi St. Petrus Pematangsiantar Sumatra Utara menggantikan Pastor Yakobus Hariprabowo Pr. Serah terima jabatan dilaksanakan di Gereja Seminari Tinggi Santo Petrus Pematangsiantar, Kamis, 23/9. Acara ini dipimpin Uskup Pangkalpinang dan Ketua Regio Sumatera Mgr Hilarius Moa Nurak SVD disaksikan para uskup dari seluruh keuskupan di Sumatra, staf seminari, dan para frater.

PELANTIKAN REDAKSI MAJALAH ”PLuS”
Sebanyak 45 Siswa SMA Pangudi Luhur Santo Louis IX Sedayu Bantul Yogyakarta dilantik menjadi anggota redaksi Majalah Sekolah ”PLuS” di SD Kanisius Gamping dan Gereja Santa Maria Asumpta Sleman, Yogyakarta, Minggu, 19/9.

HUT Ke-190 PMY
Puncak acara peringatan 190 tahun Kongregasi Suster Cinta Kasih Putri Maria dan Yosef (PMY) ditandai dengan Perayaan Ekaristi di Paroki Santo Paulus Wonosobo, Jawa Tengah, Senin, 27/9. Perayaan ini bertepatan denganperingatan 350 th wafatnya St Vincentius a Paulo, pelindung karya para suster PMY.

OSPEK MAHASISWA STKIP MADIUN
Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Widya Yuwana Madiun, Jawa Timur mengadakan ospek terhadap calon mahasiswa baru beberapa waktu lalu. Kegiatan bertema “Ini Aku Utuslah Aku” ini diikuti 67 calon mahasiswa dan diadakan di Kampus STKIP Widya Yuwana.

REKOLEKSI KLOTER DAN GIM
Gereja harus membumi, berinkulturasi dan membangun dialog kehidupan. Hal ini ditegaskan Ketua Komisi Kateketik dan Liturgi Keuskupan Agung Palembang Pastor Edy Prasetyo Pr dalam rekoleksi 90-an umat yang tergabung dalam Kelompok Terang Kloter) dan Gerakan mam Maria (GIM) di aula SMP rateran Palembang, Sumatra Selatan, Minggu, 26/9.


(MANCANEGARA)
Inkulturasi di Dambwa
Mukolo adalah tarian tradisional Suku Losi, yang umumnya tinggal di tepi sungai Zambezi, Zambia. Tarian ini mewarnai Misa Kudus di Paroki Dambwa, Keuskupan Lingstone, Zambia, Minggu, 3/10. Dalam bahasa mereka (Silosi), mukolo berarti perahu. Perahu biasa digunakan oleh mulena (raja), saat mengunjungi tempat lain, atau ketika kerajaannya dilanda banjir.

Paus Tetapkan Anggota Sinode Timur Tengah
Takhta Suci mengumumkan nama-nama yang dipilih sebagai anggota, ahli dan peninjau dalam Sinode untuk Timur Tengah, Selasa, 5/10. Sinode akan berlangsung tanggal 10-24 Oktober 2010. Sinode ini akan membahas sejarah, realitas saat ini, dan masa depan Gereja dan umat beriman di kawasan Timur Tengah. Empat kardinal berada pada deretan teratas dari 16 anggota yang dipilih untuk badan khusus.

Pesan untuk Hari Komunikasi 2011
Paus Benediktus XVI menekankan bahwa pada zaman digital saat ini, kebenaran dan kisah otentik manusia harus tetap menjadi inti komunikasi. Untuk Hari Komunikasi Dunia ke-45 tahun 2011, Bapa Suci memilih tema “Kebenaran, pernyataan dan otentikasi kehidupan di zaman digital.”

Beatifikasi Anna Maria Adorni
Anna Maria Adorni, dibeatifikasi pada Minggu, 3/10. Upacara berlangsung di Katedral di kota Parma, Italia. Prefek Kongregasi Vatikan untuk Penetapan Orang Kudus, Uskup Agung Angelo Amato, memimpin upacara ini.

Para Uskup
Pastor Magnus Henrique Lopes OFMCap, imam Kapusin tertahbis 21 Desember 1996, ditahbiskan sebagai Uskup Salgueiro, Pernambuco, Brasil, 17 September 2010. Kelahiran 31 Juli 1965 ini ditunjuk sebagai Uskup Salgueiro pada 16 Juni 2010, bersamaan dengan pendirian Keuskupan Salgueiro. Wilayah Keuskupan Salguero, sebelumnya adalah bagian dari wilayah Keuskupan Floresta dan sebagian wilayah Keuskupan Potrelina.


(KESAKSIAN)
Requiem Untuk Si Bungsu
Sebelum kecelakaan maut kereta api (KA) di Stasiun Petarukan, Desa Serang, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, merenggut nyawanya, Ignatius Sapta Kurniawan (23) sempat berkirim SMS kepada ibundanya, Josephin Marilah : ke semarang nih mak. Sapta sebelumnya juga mengabarkan kepergiannya ke Semarang, untuk week end di tempat pakdenya,Yahjo, pensiunan Brimob.


(JENDELA – SAGKI 2010)
Pertemuan Nasional
SAGKI 2010 merupakan sebuah sidang nasional yang melibatkan seluruh perwakilan Gereja Indonesia dari berbagai tempat. Sidang ini tidak semata-mata muncul, tetapi memiliki keterkaitan dengan kegiatan-kegiatan serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk melihat perkembangan sejarah Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI), penulis menemui Raymond Toruan Mantan Organizing Committee SAGKI 2000 yang juga aktif dalam kepanitiaan dan persiapan Sidang Agung KWI-Umat 1995.


(MIMBAR)
Mau Dibawa Kemana Khotbah Kita? (Oleh: N. Widi Wahyono)
Saat khotbah sedang berlangsung hanya sedikit umat yang mendengarkan dengan serius. Itupun tampaknya, karena hanya dilihat secara sekilas dari reaksinya terhadap khotbah Romo. Tatapan matanya mengarah kepada Romo yang sedang berkhotbah. Duduknya cenderung condong ke depan, tidak gelisah. Mengangguk pertanda persetujuan. Tertawa tepat waktu.


(APA DAN SIAPA)
Justina Ayu Utami: Pengalaman Dicintai
Guido Paolucci SX: Syukur 50 Tahun Imamat
Cynthia Wihardja: Hidup Bermakna
Br Arnoldus Atok SVD: Halangan Bertubi-tubi


(JENDELA)
Paroki St Mateus Pare, Jawa Timur: Ladang Iman di Lereng Utara Gunung Kelud
Paroki Santo Mateus Pare, Jawa Timur, merayakan hari ulang tahun ke-40, 21/9. Paroki kecil yang menghasilkan banyak imam ini mempunyai sejarah yang cukup unik. Ada sejarah panjang sehingga iman umat Pare bisa kokoh. Melalui jatuh bangun selama 40 tahun, bahkan jauh ke belakang saat masih merupakan benih sebagai stasi, akhirnya Paroki Pare bisa merayakan 40 tahun sebagai salah satu tonggak iman di Keuskupan Surabaya.


(EKSPONEN)
dr F.X. Subagyo Partodiharjo: Dokter yang Merasul Lewat Politik
Setelah aktif di salah satu partai politik dan duduk sebagai pengurus di tingkat pusat, Pak dokter ini pun berniat memanfaatkan pikiran dan tenaganya demi kesehatan bangsa dan negara melalui jalur politik. Pada Pemilu Legislatif 2009 lalu, ia mendaftarkan diri menjadi calon anggota legislatif untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IV yang meliputi Kabupaten Jember dan Lumajang


(RENUNGAN HARIAN)
Pewarta Damai (Oleh: Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: Yesus menunjuk tujuh puluh murid, lalu mengutus berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota yang hendak dikunjungi-Nya. Dalam tradisi Yahudi, angka tujuh puluh mengacu pada bangsa-bangsa bukan Yahudi (Kej 10; Ul 32:8) dan merujuk pada tujuh puluh pemuka jemaat yang dipilih Musa untuk membantunya (Kel 24; Bil 11). Mereka diutus berdua-dua, sebagaimana saksi kebenaran dalam pengadilan sekurang-kurangnya diperlukan dua orang (Ul 19:15).

(BUKU – VCD – KASET)
Ia Senantiasa Hadir di Dekat Kita
Buku Mukjizat-mukjizat Bunda Maria berisi 32 kisah penampakan dan mukjizat Bunda Maria di dunia. Buku ini semakin menegaskan bahwa Bunda Maria sungguh-sungguh ada dan hadir membantu umat manusia yang berduka. Kehadiran Bunda Maria menyapu hati setiap manusia yang menumpahkan pengharapan yang besar padanya.


(KONSULTASI IMAN)
Mengenal Medali Wasiat Maria (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Ada sebuah medali Santa Perawan Maria yang disebut Medali Wasiat. Mengapa disebut “wasiat”? Apakah ada sejarahnya? Apa arti simbol-simbol yang tertulis di medali itu? Terima kasih.

Yulita Lumintu, Surabaya


(CERPEN)
Geng dari Tarsus (Oleh: Gusty P.)
Aku hidup dalam keluarga dan lingkungan desa yang harmonis serta dididik dalam tradisi Yahudi yang kental. Hampir tiga kali seminggu aku belajar Taurat di rumah Hanai, di dekat Sinagoga. Hanai adalah guru Taurat terbaik yang kukenal. Dari beliau aku belajar banyak hal tentang arti Taurat dan bagaimana memaknainya dalam kehidupan sehari-hari.


(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Suster-Suster Fransiskanes dari St Georgius Martir (FSGM): Memperjuangkan Wasiat Pendiri
Cinta akan Kemiskinan, Gembira dalam Karya, dan Setia dalam Doa. Itulah semangat yang diperjuangkan Suster-Suster Fransiskanes dari St Georgius Martir (FSGM). Semangat itu adalah wasiat Pendiri Kongregasi FSGM, Muder Anselma Bopp. Sebelum masuk biara, Anselma kecil bernama Pauline Bopp. Pada 19 Juli 1855, ia mengucapkan kaul profesi pertama dalam Kongregasi Salib Suci dengan nama Sr Anselma. Suatu hari, ia dipanggil Pemimpin Jenderal, Madame de Glaubitz, agar membuka biara baru bersama seorang suster.


(KONSULTASI KELUARGA)
Sulitkah Berbuat Baik? (Oleh: Th. Dewi Setyorini)
Akhir-akhir ini kita banyak dibombardir berita-berita dari berbagai sumber. Berita-berita tersebut ada yang menggembirakan dan ada yang tidak menggembirakan. Sayangnya, sebagian besar dari berita tersebut adalah berita yang sangat tidak menyenangkan. Pertikaian, pemerkosaan, penculikan, pembunuhan, pengeroyokan, mutilasi, tawuran dan masih banyak lagi. Sebagian besar karena diawali oleh rasa iri hati, dengki, cemburu, merasa diperlakukan tidak adil dan masih banyak lagi.


(TEROPONG)
ISKA (Oleh: A.M. L Lilik Agung)
Beberapa tahun lalu, sebuah ajakan mengikuti rapat di Katedral Jakarta mampir kepada saya. Ketika saya tanya agenda rapat, dijawab oleh teman dengan kata-kata singkat, ”Pokoknya datang saja.” Benar, saya mendatangi rapat tersebut. Alangkah terkejutnya saya, ternyata rapat itu tak lain membahas tentang Aksi Puasa Pembangunan (APP), kaitannya dengan penggunaan uang yang terkumpul. Sementara saya sama sekali tidak paham seluk-beluk APP.


SUPLEMEN JEJAK
50 Tahun Misionaris Claris di Indonesia: 50 Tahun Misionaris Claris di Indonesia
Perayaan 50 Tahun Misionaris Claris (MC) di Indonesia adalah sebuah pesta emas. Selama 50 tahun para Suster MC hadir dan berkarya bagi jiwa-jiwa di Indonesia.Perayaan 50 Tahun Misionaris Claris (MC) di Indonesia adalah sebuah pesta emas. Selama 50 tahun para Suster MC hadir dan berkarya bagi jiwa-jiwa di Indonesia. Perayaan puncak 50 Tahun Misionaris Claris diadakan dalam Ekaristi Kudus di Gereja Paroki Maria Tak Bercela Ngagel, Surabaya. Uskup Surabaya, Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono, memimpin Misa didampingi Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli, Uskup Agung Ende, Mgr Vincentius Sensi Potokota, dan beberapa imam.

Misionaris Tanpa Batas
Karena mengenal, lalu jatuh cinta. Itulah alasan Sr M. Veronica Endah Wulandari MC memilih Kongregasi Suster MC. Gadis kelahiran Surabaya, 7 Januari 1967 ini masuk biara tahun 1986. Sekarang, Sr Vero menjadi Pemimpin Regional MC Indonesia periode 2005-2011. Sr Vero berkenan menerima JEJAK di Surabaya, Sabtu, 28/8, untuk sebuah wawancara.

Harapan dan Senyum di Tahun Yubelium
Harapan dan senyum kagum mengembang tatkala melihat karya Suster Misionaris Claris. Berikut komentar uskup, orangtua siswa, dan para relasi Suster MC.


Karena Kristus Meraja
Pemimpin Umum MC, Madre Julia Meijueiro Morosini MC amat bergembira dapat hadir dalam perayaan yang penuh syukur atas 50 tahun misi Suster MC di Indonesia. “Betapa banyak peristiwa dan pengalaman yang telah dilalui selama lima dasawarsa ini. Semua adalah anugerah dan belaskasih Tuhan, juga kebaikan dan pengurbanan banyak orang,” ucapnya. Ia mengatakan, begitu mudah menyebut angka “lima puluh”.


Uluran Kasih untuk Ka-Redong
Tawaran itu datang dari Uskup Ruteng saat itu, Mgr Eduardus Sangsun SVD. Gayung bersambut. Pada 22 November 1999, empat suster MC mengembangkan sayap ke Ruteng, Flores. Empat suster itu adalah Sr Paulina Dhiu MC, Sr Sylvia Nancy Garza Tejeda MC, Sr Antonia Maria Zakaria Suharti MC, dan Sr Yovita Azi Lali MC. Mereka berkarya di Paroki Ekaristi Kudus Ka-Redong.

0 komentar:

Poskan Komentar