Edisi 43 Pembangunan Rumah Ibadah

Sajian Utama:
Pelarangan pendirian tempat beribadat dan penyerangan terhadap pendeta dari Gereja HKBP Pondok Timur Indah Bekasi mengusik makna kebebasan beragama dan beribadah di Indonesia. Di lapangan Peraturan Bersama Menteri (PBM) belum juga seluruhnya menjamin kebebasan umat minoritas beribadah. Padahal kebebasan beragama dan beribadah itu adalah Hak Asasi Manusia, dan dijamin UUD’45. Jadi peran pemerintah baik pusat maupun daerah wajib menjamin dan melindungi kebebasan beragama dan beribadah rakyatnya, seperti yang terjadi di Timika dan Kalimantan Timur, dan daerah lainnya. Pemerintah jangan membiarkan konflik antarumat beragama terus terjadi. Namun hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar perlu dibangun oleh pemeluk agama manapun.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Kebebasan Beragama dan Beribadah
Setara Institute mencatat terjadi berbagai peristiwa kekerasan terhadap kebebasan beragama dan beribadah pada periode 2007-2010. Tahun 2007 sebanyak 135 peristiwa, tahun 2008 sebanyak 265 peristiwa, tahun 2009 sebanyak 200 peristiwa, dan semester pertama tahun 2010 terjadi 28 peristiwa khusus terhadap agama Kristen dan Katolik.

Dari Pulogebang ke Timika
Tahun ini, Paroki Santo Gabriel, Pulogebang, Jakarta Timur memperoleh Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk membangun gereja. Umat Muslim di Timika mendirikan Masjid Al Amin Timika dengan megah di tengah mayoritas masyarakat Kristen dan Katolik.

Pusat-pusat Keagamaan di Samarinda
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan dukungan kepada umat beragama dengan membantu membangun sebuah pusat kegiatan bagi tiap agama di Kota Samarinda. Samarinda ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Sebuah provinsi yang kaya akan keragaman, baik sumber daya alam maupun masyarakatnya.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Hak Asasi untuk Beragama
Dalam Bab XA tentang Hak Asasi Manusia, pasal 28 E, ayat 1, UUD 1945 yang sudah diamandemen, disebutkan: Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali. Ayat 2: Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya.


(KABAR JAKARTA)
Bina Lanjut Imam Diosesan Senior
Di bawah tempias cahaya lampu di Kapel St Yosef Wisma Samadi Klender, Jakarta Timur, 18 imam Diosesan senior dari tujuh keuskupan mengikrarkan kembali visi dan misi mereka sebagai imam, Rabu, 6/10. Mereka berasal dari Keuskupan Agung Merauke, Keuskupan Atambua, Keuskupan Denpasar, Keuskupan Manado, Keuskupan Ruteng, Keuskupan Agung Ende, dan Keuskupan Surabaya.

Kasimo Layak Jadi Pahlawan Nasional
Seminar Nasional bertema “Politik Bermartabat, Kajian tentang Perjuangan dan Pengabdian I.J. Kasimo” digelar di Hotel Santika, Slipi, Jakarta Barat, Selasa, 12/10. Acara ini juga mengagendakan pengajuan gelar pahlawan nasional bagi I.J. Kasimo. Seminar serupa juga dilaksanakan di Santika Hotel, Yogyakarta, Jumat, 8/10.

HUT Keempat Paroki Curug
Sekitar 2.000 umat Katolik Paroki Santa Helena Curug Karawaci menghadiri Perayaan Ekaristi HUT keempat di Paroki Santa Helena Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu, 3/10. Perayaan syukur ini dipimpin Kepala Paroki Santa Helena, Pastor Heribertus Kartono OSC, didampingi Pastor Rekan Yohanes Surono OSC dan Pastor Agus Sugiharto OSC.

Tarakanita Fair 2010
Untuk keempat kalinya sejak 2007 SMA Tarakanita Gading Serpong, Tangerang, menyelenggarakan Tarakanita Fair Sabtu dan Minggu, 9-10/10. Acara kali ini terbilang agak istimewa dibanding dengan penyelenggaraan sebelumnya. Pasalnya, wacana Go Green yang sudah lama diagendakan kini diingatkan kembali.

Menghias Singkong
Memperingat Hari Pangan Sedunia, Seksi Pelayanan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki Kristus Raja Pejompongan, mengadakan lomba mengolah dan menghias Singkong, di Aula Paroki Kristus Raja, Pejompongan, Jakarta Pusat, Minggu, 17/10. Lomba diikuti sembilan lingkungan di Paroki Kristus Raja.

Senang memborong
Ternyata, memborong itu bukan monopoli ibu-ibu saja. Para pastor pun senang memborong. Usai mengikuti kegiatan On Going Formation di Wisma Samadi, Klender, sebanyak 18 pastor Diosesan dari tujuh keuskupan di Indonesia yang masa imamatnya di atas 25 tahun, singgah ke Toko Buku Rohani OBOR, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis, 7/10.


(NUSANTARA)
Lokakarya Dialog Antaragama
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia (HAK-KWI) mengadakan lokakarya bertema ”Menuju Pendidikan Teologi Yang Terbuka Melalui Studi Agama-agama”. Acara ini diadakan di Wisma Syantikara Yogyakarta, Jumat-Minggu, 8-10/10. Lokakarya ini diikuti 50 peserta.

Pesta Emas Paroki Padangbaru
Paroki Santo Fransiskus Asisi Padangbaru, Padang, Sumatra Barat merayakan pesta emasnya, Minggu, 26/9. Perayaan ditandai dengan Misa yang dipimpin Uskup Padang, Mgr Martinus D. Situmorang OFMCap. Acara juga dihadiri mantan pastor paroki ini, yaitu Pastor Vinio Corda SX dan Pastor Aldo La Ruffa SX.

Wisuda STISIP Fajar Timur Atambua
Bertempat di Gedung Graha Kirani Atambua, NTT, Selasa, 29/9, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Fajar Timur Atambua mengadakan wisuda kedua bagi angkatan kedua dan ketiga. Pada wisuda kali ini, STISIP Fajar Timur Atambua mewisuda 67 wisudawan wisudawati dari dua jurusan, yakni Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Administrasi Negara.

HUT Ke-40 SAV Puskat
Studio Audio Visual (SAV) Puskat menyambut HUT ke-40 dengan menyelenggarakan seminar bertema “Media Memuliakan Kehidupan” di SAV Puskat Sinduharjo Sleman, Yogyakarta, Senin, 27/9. Acara ini menghadirkan Presiden Asosisasi Katolik Dunia untuk Komunikasi (SIGNIS World), Augustine Loorthusamy sebagai pembicara.

HUT Ke-50 ALMA
Siang itu, Kompleks Asosiasi Lembaga Misionaris Awam (ALMA) Bhakti Luhur disesaki banyak orang. Berbagai tamu dari daerah-daerah di Indonesia datang untuk mengucap syukur atas hari jadi berdirinya lembaga ini. Acara berlangsung di Kapel Paulo Kompleks ALMA Bhakti Luhur, Malang, Jawa Timur, Senin, 27/9. Tepat 50 tahun lalu, lembaga awam ini berdiri, tumbuh, kemudian berkembang pesat.

PERAYAAN EKARISTI KKMK
Karyawan-Karyawati Muda Katolik Keuskupan Agung Semarang menyelenggarakan Perayaan Ekaristi di Gedung Shekinah Kepatihan Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 2/9.

MISA SYUKUR SEKAMI MERAUKE
Serikat Kepausan Misioner (SEKAMI) Keuskupan Agung Merauke mengadakan Misa syukur di Gereja Santo Yoseph Bambu Pemali Merauke, Papua, Selasa, 26/9.

HUT KE-45 SD KATOLIK KRIDA DHARMA
SD Katolik Krida Dharma Blora merayakan HUT ke-45 dengan menyelenggarakan pentas seni, lomba mewarnai, bazar, dan permainan di kompleks SD Katolik Krida Dharma Blora, Jawa Tengah, Minggu, 8/10. Seluruh siswa, donatur, guru, dan sebagian umat Paroki Santo Pius X Blora hadir dalam perayaan ini.

BAKTI SOSIAL WKRI CIREBON
Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, lebih-lebih sikap peduli kepada sesama yang kurang mampu, WKRI Cabang Bunda Maria Cirebon mengadakan bakti sosial berupa pembagian nasi bungkus kepada tukang becak di Cirebon, menjelang Lebaran lalu. Ibu-ibu WKRI membagikannya dengan cara berkeliling, menemui para tukang becak satu per satu.

RETRET SMA SANTO THOMAS
Para guru, pegawai, dan karyawan SMA Santo Thomas 1 Medan, Sumatra Utara membangun persaudaraan dengan mengadakan retret bersama di Rumah Retret Maranatha Brastagi, Sumatra Utara, beberapa waktu lalu.


(BUKU – VCD – KASET)
Memaknai Sakit dan Penderitaan
Siapa yang mengira bahwa di balik penampilan yang penuh senyum, karismatik, dan bersahabat, Almarhum Yohanes Paulus II memiliki kisah-kisah pilu yang amat menyayat hati. Ketika berusia sembilan tahun, ia kehilangan ibu tercintanya. Tidak berapa lama setelah kematian ibunya, kakaknya Edmund meninggal dunia. Ia benar-benar menjadi yatim-piatu pada umur dua puluh tahun ketika ayahnya meninggal.


(MANCANEGARA)
Dibuka, Dewan Kepausan Baru
Dewan Kepausan untuk Pengembangan Evangelisasi Baru dibuka dalam sebuah konferensi pers di Vatikan, 12/10. Paus Benediktus XVI membentuk dewan baru ini untuk menanggapi peningkatan masalah sekularisasi dan ”memudarnya Tuhan” di Eropa dan Barat.

Tanpa Dialog, Bisa Muncul ”Konflik Baru”
Dewan Kepausan untuk Pengembangan Evangelisasi Baru dibuka dalam sebuah konferensi pers di Vatikan, 12/10. Gregorios III Laham, Patriark Antiokia dari Gereja Katolik Yunani, juga Uskup Agung Damaskus, mengatakan bahwa hidup bersama dalam damai dan kehadiran umat Kristiani di Timur Tengah berkaitan secara nyata. Hal itu ia sampaikan di hadapan para peserta dalam salah satu sesi Sinode untuk Timur Tengah, di Vatikan, 13/10.

Gereja Tentang Proyek Pemerintah
Para imam Korea mengajak umat Katolik di negerinya mendaraskan rosario, menanggapi proyek pengelolaan sungai yang merusak lingkungan. Pastor John Choi Jae-young, Sekretaris Kelompok Imam Praja Uijeongbu, mengatakan melindungi kehidupan adalah misi utama Gereja. Demikian ditulis John Choi, di ucanews.com.

Pembentukan Komisi Justice and Peace
Para Uskup Vietnam membentuk Komisi Justice and Peace, untuk melindungi kepentingan Gereja dan mengusulkan pembangunan manusia secara utuh. Dalam pertemuan tiga tahunan di Ho Chi Minh, 4-8/10, sebagaimana dilaporkan ucanews.com, para uskup juga memilih Sekretaris Jenderal dan pejabat-pejabat lain untuk periode 2010-2013.

Para Uskup
Mgr Daniel Nlandu Mayi, Uskup Koadjutor Matadi, Republik Demokratik Kongo, menjadi Uskup Matadi, bersamaan dengan pensiunnya Mgr Gabriel Kembo Mamputu, 21 September 2010. Mgr Gabriel pensiun pada usia 75 tahun. Ia ditahbiskan sebagai Uskup Matadi, 21 Juni 1988. Sedangkan Mgr Daniel ditunjuk sebagai Uskup Koadjutor, 11 November 2008. Sebelumnya, ia adalah Uskup Auksilier Kinshasa, Republik Demokratik Kongo. Ia ditahbiskan sebagai Uskup Tituler Cataquas, 30 Januari 2000.


(KESAKSIAN)
Siluet Kasih Sayang di Dalam Biara
Biarawan/biarawati yang sudah berjasa dan berperan dalam pelayanan di masa mudanya, membutuhkan banyak orang seperti Sr Lucia ADM untuk merawat dan mendampingi mereka dalam masa senjanya. Setamat pendidikan di SMU di Muntilan, Agatha Sapariyah, dara kelahiran Magelang 5 Juli 1963, bekerja sebagai pembantu perawat di Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo, Jawa Tengah.


(SAJIAN KHUSUS – SAGKI 2010)
Maria Florida Buga Makin: Pelayanan di Tanah Rantau
Maria Florida lahir di Larantuka pada 27 November 1973. Sulung dari empat bersaudara ini mulai merantau ke luar Pulau Flores sejak lulus SMP. Dalam SAGKI nanti, ia yang bekerja di Batam akan bernarasi tentang Sub Tema Agama dan Kebudayaan Migran. Ia menjalani pendidikan di asrama Sekolah Pekerja Sosial Bhakti Luhur, Malang selama tiga tahun.

Maria Mediatrix Mali: Pejuang Kaum Marjinal
Maria Mediatrix lahir di Ende, 21 Agustus 1960. Ia adalah salah satu Narator Publik SAGKI 2010 yang akan berkisah mengenai perjuangannya bersama kaum marjinal. Ia adalah Direktur Yaspem (Yayasan Pembangunan Masyarakat) Maumere dan Manager Seaworldclub Hotel sejak tahun 1999.


(KONTAK-KONTAK)
Sahabat Terbaik
Anggota Kontak-Kontak terkasih, ketika kehidupan manusia kian kompleks dewasa ini, ikatan persahabatan menjadi semakin dibutuhkan. Dalam artikelnya ”The Evolution of Women Friendship”, Pamela Redmond menandaskan bahwa saat ini telah terjadi perubahan dalam hubungan pertemanan.


(APA DAN SIAPA)
Sr Tarsisia PK : Ikut Bangga
Agustinus Rahmanto : Bermanfaat untuk Kehidupan
F.X. Retriatmadja Moestopo : Siap Membantu
Agustinus Sudarno OSC : Ginjal untuk Kakak


(JENDELA)
Desa Woloan, Minahasa, Sulawesi Utara : Pesemaian Pertama Gereja Minahasa
Woloan adalah sebuah desa kecil yang tidak terlalu menonjol. Sama seperti desa-desa lain di Indonesia, Woloan adalah tempat yang tenang, dikelilingi oleh bukit dan persawahan. Dalam keheningannya, Woloan menyim pan permata indah bagi Gereja, ter utama Gereja Mihanasa, dan Gereja Indonesia pada umumnya.


(EKSPONEN)
Peltu Cirilus Agung Putrasih : Mengorangkan Orang Lain
Banyak orang sering tidak menyangka kalau ia seorang tentara. Ia bisa membawa diri dan terkesan tidak kaku dalam pergaulan sehari-hari baik di lingkup kampung ataupun Gereja. Dia adalah Pembantu Letnan Satu (Peltu) Cirilus Agung Putrasih. Saat ini ia tinggal di Magelang, Jawa Tengah dan dipercaya sebagai pengurus di kelurahan dan dusun.


(RENUNGAN HARIAN)
Saleh, Tapi Kurang Berperasaan (Oleh: Yohanes Jarot Hadianto, Staf Lembaga Biblika Indonesia)
Orang sakit hanya punya satu keinginan: ingin sembuh. Tak perlu pergi ke rumah sakit untuk membuktikannya. Ketika kita sakit, harapan itu muncul dalam hati kita dengan sendirinya. Badan letih lesu tak bertenaga membuat hari-hari orang sakit jadi terasa berat dan lamban. Sakit seminggu serasa sebulan, sakit sebulan serasa setahun. Nah, bagaimana jika sakit itu sampai delapan belas tahun?


(KONSULTASI IMAN)
Sekali Lagi tentang Maria (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Dari pernyataan dogma Gereja tentang Maria dikandung tanpa noda dosa, apakah bisa kita simpulkan bahwa Maria juga dikandung karena kuasa Roh Kudus seperti halnya Yesus (Luk 1:35)? Bukankah hanya Roh Kudus yang bisa membersihkan manusia dari segala noda dosa? Mohon penjelasan!

Yohana Flaviana Dwiandhini, Purwokerto


(SANTO & SANTA)
St Antonius Rahib (250 – 356) : ”Jangan Kehilangan Remah-remah Sabda Tuhan”
Sejak masa kanak-kanak, Antonius sudah mengetahui secara tepat apa yang dia mau: ia tidak mau ke sekolah tapi lebih suka ke gereja. Karena di sekolah, orang kafir bertugas sebagai guru. Sedangkan di dalam Gereja, Yesus Kristus adalah Guru satu-satunya. Tambahan lagi, bersekolah berarti bergaul dengan banyak orang, sementara di dalam Gereja hanya dengan Tuhan.


(CERPEN)
Hari Terakhir Seorang Koster (Oleh: Anggono Wisnudjati)
Namaku Martha. Lahir dan besar dalam keluarga Jawa. Bapakku seorang petani tetapi ibuku menolak menjadi Bu Tani. Beliau seorang bakul sayur dan buah di pasar. Kakakku dua orang. Semuanya lelaki. Kangmasku persis, Mas Fransiskus Tedja, sudah dipanggil Gusti Yesus waktu aku belum lahir.

(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Kongregasi Murid-Murid Tuhan (CDD) : Murid Tuhan dari Tirai Bambu
Ambulare Cum Christo! Berjalan bersama Kristus! Itulah semangat yang melandasi dan mendorong para anggota Kongregasi Murid-Murid Tuhan atau Congregatio Discipulorum Domini (CDD) untuk bergerak dan melayani Gereja. Kongregasi CDD lahir dan bertumbuh di Negeri Tirai Bambu, China. Berabad-abad para misionaris berkarya mewartakan Injil di China. Tapi, pertumbuhan Gereja tak menampakkan hasil yang menggembirakan. Tak jarang Gereja harus bermandikan darah para martir.


(KONSULTASI KELUARGA)
Menghukum Peselingkuh (Oleh : Th. Dewi Setyorini)
Ada dua hal yang menginspirasi saya untuk membuat tulisan ini. Beberapa waktu lalu, saya sempat menulis di mingguan ini tentang selingkuh juga. Namun, pada waktu itu karena memang ada beberapa pertanyaan yang mampir ke telinga saya dan saya merasa perlu untuk menuliskannya sebagai bentuk sharing terhadap problem tersebut. Membahas topik ini memang menarik karena menjadi problem keseharian kita dan menyentuh sisi dalam dari kehidupan perkawinan atau relasi intim antara pria dan wanita.


(TEROPONG)
Pahlawan (Oleh : Iswanti)
Dentuman dan getaran suara speaker dari angkot yang lewat di depan rumah, sampai juga ke ruang meja makan, tempat kami duduk ngobrol sambil makan jagung. Di sinilah saya mengobrol berdua dengan Sr Zita CB, di rumah komunitas CB di pinggir jalan di Kota Sorong, Papua. “Saya baru pulang mendampingi teman-teman trans-gender (waria), yang tadi melakukan karnaval untuk kampanye peringatan hari AIDS. Saya senang, banyak sekali waria yang mau berpartisipasi. Memang bukan pekerjaan mudah dan butuh waktu bertahun-tahun untuk mengajak mereka terbuka dan keluar ke masyarakat umum.”


SUPLEMEN JEJAK – 15 Tahun Paroki St Bartolomeus: Gereja Muda dan Misioner
Pengantar
Bekasi tidak selamanya rawan hubungan antarumat beragama. Bekasi ternyata juga bisa menjadi tempat yang harmonis untuk saling asih, asah, dan asuh satu kelompok dengan kelompok lainnya yang berbeda keyakinan/agama. Paling tidak, itulah yang terjadi di Paroki St Bartolomeus Taman Galaxy, Bekasi. Umat Galaxy atau San Barto, begitu sebutan manis untuk warga Paroki St Bartolomeus, dikenal sangat akrab dengan masyarakat sekitar, tidak hanya dengan gereja-gereja Kristen lain yang ada di “kota satelit” itu, melainkan juga dengan pengurus masjid sekitar.

San Barto Melangkah Lebih Mantap
Perkembangan penduduk di ibukota Jakarta terus bertambah dan meluber ke kota-kota penyangga seperti Bekasi. Demikian pula umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) juga meluber ke kota penyangga. Paroki pun tumbuh di sana. Sebuah paroki yang tumbuh di kota penyangga Bekasi adalah Paroki St Bartolomeus Taman Galaxy. Paroki ini tumbuh mekar mewangi di antara kompleks perumahan-perumahan mewah, antara lain seputar Taman Galaxy dan Kemang Pratama.

Pastor Hironimus Hurmintojoyo SVD: Menjadi Gereja Misioner
Pada ulang tahun Paroki St Bartolomeus, Taman Galaxy, Bekasi yang ke-15, Pastor Kepala Paroki Hironimus Hurmintojoyo SVD (39), menginginkan umatnya agar semakin sadar akan tugas perutusan mereka, yakni menjadi misionaris. Apa yang dimaksudkannya? Inilah petikan wawancara dengan imam Serikat Sabda Allah (SVD) tersebut.

Umat yang Luar Biasa
Paroki St Bartolomeus Taman Galaxy, Bekasi dikenal memiliki umat yang dinamis, terbuka dalam pelayanan, energik, dan sebagainya. Inilah komentar mereka. Sr M. Giovani Argarini OSF, Direktur Keuangan Rumah Sakit Elisabeth Bekasi: “Saya memiliki kesan yang sangat luar biasa pada umat Paroki St Bartolomeus Taman Galaxy. Semangat membangun Gereja juga besar. Semangat itu tampak dalam perjuangan mereka mendirikan gereja. Setelah gereja berdiri, mereka begitu aktif dalam kegiatan-kegiatan gerejawi.

Berkah Melimpah di Galaxy
Sebagai Gereja muda, Paroki San Barto Taman Galaxy, Bekasi mendapat berkah melimpah. Paroki ini banyak dihuni umat di usia aktif dan produktif, bahkan sebagian sedang berada di puncak karier. Namun, dalam kesibukan baik sebagai karyawan maupun usahawan, mereka masih menyediakan waktu untuk kegiatan gerejawi. Kesibukan mencari nafkah duniawi, tidak membuat mereka lupa akan nafkah surgawi. Ini terbukti dengan keaktifan dan kemurahan hati mereka dalam menggiatkan paroki.

Pesta Umat San Barto
Di Minggu pagi yang cerah, 26/9, umat Paroki St Bartolomeus Taman Galaxy, Bekasi merayakan pesta iman. Mereka mengungkapkan rasa syukur atas rahmat 15 Tahun Paroki San Barto (sebutan khas Paroki St Bartolomeus). Setelah sejumlah kegiatan dilangsungkan, antara lain menyelenggarakan Sanbarto Open 2010, akhirnya pesta iman menyambut 15 Tahun Paroki St Bartolomeus dipuncaki dengan Misa Agung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: