Edisi 45 Jatuh Bangun OMK

Sajian Utama:
Kini sebagian Orang Muda Katolik (OMK) tak berkutat dalam aneka kegiatan seputar altar atau Gereja, namun mereka berani menceburkan diri ke dalam komunitas orang muda di luar Gereja, seperti TAGANA, seperti dialami Artha dan Della. Di sana OMK ikut bergelut dalam penanganan korban bencana alam, seperti di Wasior, Papua. Sementara kegiatan di seputar Gereja juga masih eksis, seperti Kelompok Gropesh, yang peduli bersih lingkungan dari sampah. Bernadette N. Setiadi, yang pernah duduk di Komisi Kepemudaan KWI juga mengajak para pastor untuk mengubah cara berpikir dalam pendampingan OMK. OMK yang baik tak hanya aktif di seputar Gereja, tapi juga yang berkiprah di tengah masyarakat umum.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Geliat Orang Muda Katolik
Benarkah dunia orang muda identik dengan hura-hura? Apakah generasi muda sekarang ini cuek bebek dengan keadaan lingkungan sosial sekitar? Mungkin, cerita di bawah ini bisa menjawab pertanyaan tersebut. Masih jelas dalam ingatan kita, Senin, 4/10, luapan air yang konon berasal dari empat sungai, mengubur Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat. Banjir bandang ini memakan korban lebih dari 150 jiwa. Dalam peristiwa ini banyak relawan muda terjun langsung membantu penduduk yang selamat.

Sakura Pringgohardjoso: Ciptakan Dulu Motornya
Sakura Pringgohardjoso, akrab dipanggil Xaxa. Ia sudah tiga tahun berkecimpung di Gropesh sejak pertama kali berdiri pada tahun 2007. Saat ini, gadis kelahiran Jakarta 16 Maret 1986 ini sedang bekerja di sebuah perusahaan swasta dan hanya menjadi pendamping Gropesh.

Dua OMK Relawan TAGANA
Berada di dalam komunitas lain di luar komunitas kampus atau komunitas Orang Muda Katolik (OMK), membuat dua sahabat – Artha Paramita Prima Ardiyanti dan Della Natalia – merasa lebih dewasa. Artha Paramita Prima Ardiyanti, yang bergabung dalam komunitas relawan TAGANA pada 11 Juli 2009, mengaku terdorong ajakan sang ayah yang telah lama menggaungi TAGANA dan bertugas di KEMENSOS RI.

Cara Berpikir Pastor Harus Berubah
Cara berpikir pastor harus diubah. Kebanyakan, mereka menganggap anak muda yang baik adalah anak muda yang beraktifitas di seputar altar. Anak muda yang berbakat atau punya ide cemerlang, tidak pernah didengarkan bahkan mungkin dianggap sebagai umat yang kurang baik. Demikian kritik Guru Besar Fakultas Psikologi Univeristas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta Prof Dr Bernadette N. Setiadi saat ditemui di Unika Atma Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis, 14/10.

Kalau Tidak Suka Ya Enggak Datang
Saat ini, komunitas yang tidak terlalu menuntut komitmen lebih disukai orang muda. Apalagi jika pertemuan rutin dilakukan melalui internet. “Kalau saya suka, saya datang. Kalau tidak suka, ya enggak datang.” Itulah ungkapan Vikaris Episkopalis Keuskupan Agung Jakarta (Vikep KAJ) Pastor Al. Andang L. Binawan SJ saat ditemui di Kramat, Jakarta Pusat, Kamis, 14/10. Komunitas orang muda Katolik menjadi salah satu perhatian Romo Andang - sapaannya.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Spiritualitas Kaum Muda
Perempuan muda itu bernama Tari, berumur 22 tahun, kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Jurusan Komunikasi, Universitas Indonesia, Depok. Bukan anak Jakarta, dia lahir hingga sekolah menengah atas di Cilacap, Jawa Tengah. Perempuan Katolik, dari keluarga Katolik, yang sejak awal bersekolah Katolik, hingga akhirnya ia diterima dan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri ini.


(KABAR JAKARTA)
Education Fair SMA Santa Ursula
SMA Santa Ursula Jalan Pos, Jakarta Pusat mengadakan Education Fair (Edufair) di SMA Santa Ursula, Sabtu, 9/10. Acara ini bertema “MOVIE – Camera, Rolling, Action”. Tema ini dibuat dengan maksud menggambarkan kesiapan seorang sebelum melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. Kamera melambangkan para murid yang mulai melihat dan mencari berbagai informasi mengenai Perguruan Tinggi yang ada.

Misa Syukur Dua Pesta
Ikatan Alumni Seminari Lalian Atambua NTT Se-Jabodetabek merayakan Misa Syukur 50 tahun Imamat Pastor Josef Sievers SVD dan 60 Tahun berdirinya Seminari Lalian Atambua Timor di Aula Gereja St Yosef Matraman, Jakarta Timur, Minggu, 10/10. Misa yang diiringi Paduan Suara “Lapopp” pimpinan Ketua Alumni Seminari Lalian Se-Jabodetabek Ladislaus Naisaban dan dimeriahkan dengan Tarian khas Timor, Tarian Likurai ini dihadiri puluhan alumni Seminari Lalian Se-Jabodetabek angkatan tahun 1953 hingga tahun 2009 beserta keluarga dan undangan lainnya.

Gala Dinner Paroki Pulogebang
Paroki St Gabriel Pulogebang, Jakarta Timur menggelar Gala Dinner yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, 24/10. Acara bertema “The Miracles of His Love” ini diadakan dalam rangka pencarian dana pembangunan gedung gereja Paroki Pulogebang. Daniel Mananta dan Yuanita Christiani memandu acara ini dengan menghadirkan bintang tamu Samuel AFI, Sisi Idol, Heidi Alwi, Sheila Mamamia.

Dilema Hadapi Teknologi
Sekolah Santa Ursula Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Jawa Barat menggelar seminar bertema “Gadget dan mendampingi Anak di Era Informasi”. Acara tersebut diadakan di Sekolah Santa Ursula BSD, Sabtu, 23/10. Seminar yang dihadiri orangtua murid dan guru-guru Santa Ursula ini menghadirkan pembicara, yaitu Dosen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Margaretha M.B. Soetrisno-van Eymeren, Alumni Santa Ursula dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Daniel Kusnadi, dan Advokat Arkie Tumbelaka. dan Becki Tumewu (Presenter).

HUT CUMI
Credit Union Microfinance Innovation (CUMI) Paroki Santa Maria Perawan Ratu Blok Q mengambil tema “Bersama CUMI Bekerjasama Meningkatkan Kesejahteraan” dalam rangka kegiatan halal bihalal di Aula Leo Soekoto, Paroki Blok Q, Jakarta Selatan, Sabtu, 25/9. Turut hadir dalam acara ini para ketua lingkungan, para donatur program CUMI, dan Pastor Paroki Blok Q Pastor Joannes Maryono SJ serta Pastor Rekan Antonius Sumarwan SJ.

Pesta Emas Pastor Jozef
Pastor Rekan Paroki Santo Barnabas Pamulang Pastor Jozef Kurkowski SCJ merayakan pesta emas hidup membiaranya di Gereja Santo Barnabas Pamulang, Tangerang, Banten, Rabu, 29/9. Pesta ini ditandai Misa Syukur yang dihadiri para sahabat Pastor Jozef – sapaannya - dari Kedutaan Polandia, para imam dan biarawan Sacro Corde Jesu (SCJ) dan umat Santo Barnabas Pamulang.

Jurus Cinta Romo Kokoh
Jurus cinta dalam keluarga ini ia sampaikan dalam “Sarasehan Bunda Maria” di aula Paroki Santo Servatius Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat, Minggu, 17/10. Acara yang diselenggarakan Legio Marae Presidium Bintang Timur ini menghadirkan Jost Kokoh Prihartanto Pr sebagai pembicara tunggal. Jurus itu adalah, pertama, senantiasa bersyukur. Kedua, bersadar diri. Ketiga, senantiasa berpasrah. Keempat, bermisioner. Kelima, peduli pada oranglain. Keenam, berhati-hati. Dan, ketujuh, bersabar.


(NUSANTARA)
Perhatian Gereja bagi Korban Merapi
Sore itu, Selasa, 26/10, warga sekitar lereng Gunung Merapi sedang menikmati sore yang hening di teras rumah, anak-anak sedang belajar, beberapa anggota keluarga sedang menikmati makan malam, menonton televisi dan bercengkrama dengan anggota keluarga. Seketika, Gunung Merapi meletus. Sebagian warga di lereng Gunung Merapi wilayah Barat menjadi panik. Suara letusan disertai awan panas yang terdengar sejak pukul 17.02 waktu setempat membuat warga berhamburan keluar rumah. Dalam hitungan menit wilayah Paroki Santa Maria Lourder Sumber, Magelang sudah dilanda hujan abu dan kerikil.

Pesta Emas Puskat
Pada tahun 2010 ini Puskat (Pusat Kateketik) Yogyakarta memasuki usia ke-50. Selain mengadakan sembilan seri seminar “pastoral katekese” untuk katekis, guru agama, dan tokoh-tokoh umat se-Yogyakarta, Puskat menyelenggarakan Misa Syukur di Auditorium Puskat Kotabaru, Minggu, 24/10. Peringatan ini juga bertepatan dengan Hari Minggu Evangelisasi. Yang ikut menghadiri perayaan ini adalah seluruh mahasiswa Ilmu Pendidikan Kekhususan Agama Katolik (IPPAK), karyawan, dan pensiunan beserta keluarga dari seluruh bagian Yayasan Pusat Kateketik sekitar 400 orang. Tema Misa adalah “Memberdayakan Budaya Lokal untuk Mewartakan Injil.”

Peresmian Paroki Girian
Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Bitung, Sulawesi Utara, Paroki St Antonius de Padua Girian, Bitung diresmikan keberadaannya, Minggu, 10/10. Vikjen Keuskupan Manado Pastor Piet Tinangon Pr didampingi Pastor Wilhelmus Thome Pr memimpin Misa peresmian yang diteruskan dengan pemberian Sakramen Pembaptisan.

Perayaan HPS Keuskupan Surabaya
Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Keuskupan Surabaya, Minggu, 14/10, berlangsung meriah di Kompleks Peziarahan Gua Maria Puhsarang Kediri, Jawa Timur. Pada acara ini, hadir 121 perwakilan dari 42 paroki di Keuskupan Surabaya. Acara diawali dengan sebuah workshop yang menghadirkan Direktur Kursus Pertanian Taman Tani (KPTT) Pastor Y. Wartaya Winangun SJ, Pengusaha Neksa Hadiyanto Santoso dan Ketua Pemberdayaan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Surabaya Pastor A. Luluk Widyawan Pr.

Legio Maria Masuk LAPAS
Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Atambua, NTT, yang terletak di kilometer tiga jurusan Kupang pagi itu, Kamis, 11/10, riuh oleh kedatangan sekelompok orang. Dari balik jeruji besi terlihat empat orang biarawati dan lima orang ibu yang memasuki halaman lembaga ini. Mereka adalah kelompok Legio Maria Paroki Katedral Atambua yang melakukan kunjungan dan peneguhan iman pada para narapidana.

Peresmian Lembaga Entrepreneurship Center
Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Santo Agustinus, Pontianak, Kalimantan Barat meresmikan Lembaga Entrepreneurship Center yang terletak di area persekolahan tersebut, Jumat, 1/10. Peresmian lembaga tersebut dilakukan Pejabat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementrian Agama Republik Indonesia Antonius Semaran.

Pesta Kefas
Keluarga Fransiskan (Ke­fas) Sibolga dan sekitarnya selama dua hari, Minggu-Senin, 3/10-4/10 mengenang dan merayakan secara meriah pesta transitus. Sebanyak 74 orang anggota Kefas yang terdiri dari Ordo I Kapusin, Ordo III Regular, dan Ordo III Sekular turut serta memeriahkan pesta wafatnya salah satu tokoh idola yaitu Fransiskus Asisi.

Pesta Tahunan Nyarumkop
Segenap warga Persekolahan Katolik Nyarumkop merayakan pesta tahunan Santo Fransiskus Asisi sebagai pelindung sekolah di kompleks Persekolahan Katolik Nyarumkop (PKN) Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu-Selasa, 2-5/10. Acara ini dibuka oleh Wali Kota Singkawang Dr Hasan Karman didampingi sejumlah tokoh masyarakat serta para undangan lainnya.

Pertemuan Akbar FCh
“Besar harapan kami, agar Suster rela mengabdikan diri bagi Gereja dan Kongregasi,” demikan ungkap Suster M. Melanie FCh, Provinsial Kongregasi FCh. Ia menandaskan hal ini saat diadakan pertemuan akbar Suster-suster Medior II yang berjumlah tujuh puluh tiga Suster, di Rumah Retret Giri Nugraha, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu, 13/10-Kamis, 14/10.
(SAJIAN KHUSUS)
Peresmian Katedral Tiga Raja Timika: Peristiwa Penuh Rahmat
“Saya berharap, umat Katolik dapat mengubah kebiasaan adat yang tidak baik, seperti perang adat yang sering terjadi di Kota Timika, menuju kebiasaan adat Katolik yang rajin berbuat baik serta banyak berdoa.” Demikian ungkap Uskup Jayapura, Mgr Leo Laba Ladjar OFM, dalam khotbah yang disampaikan pada Misa peresmian Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Minggu, 7/10. Peresmian dan pemberkatan lambang takhta Uskup ini merupakan sebuah peristiwa rahmat bagi umat Katolik di Keuskupan Timika.

Sejarah Baru
Keuskupan Timika masih tergolong keuskupan muda. Sebelumnya, Timika termasuk dalam wilayah Keuskupan Jayapura, kemudian disahkan menjadi keuskupan oleh Paus Yohanes Paulus II pada 19 Desember 2003. Keuskupan ini mendapatkan uskup pada 18 April 2004 dengan ditahbiskannya John Philip Saklil Pr.


(EKSPONEN)
Yenny Wahid: Pluralis Muda
Direktur Wahid Institute Yenny Wahid mengenakan baju berwarna krem ketika menyambut wartawan HIDUP di Wahid Institute, Jakarta Pusat, Rabu, 20/10. Zannuba Arifah Chafsoh atau biasa dikenal Yenny Wahid adalah Direktur Wahid Institute. Lembaga ini memiliki komitmen menyebarkan gagasan intelektual untuk mewujudkan toleransi dan saling pengertian antara dunia Islam dan Barat. Selain itu, lembaga ini juga berusaha membangun dialog di antara pemimpin agama-agama dan tokoh-tokoh politik Islam dan Barat.


(MANCANEGARA)
Penutupan Sinode Timur Tengah
Perdamaian di Timur Tengah, tidak mustahil dan harus segera diperjuangkan. Demikian dikatakan Paus Benediktus XVI, dalam Misa penutupan Sinode Timur Tengah, di Vatikan, Minggu, 24/10. Paus mengajak peserta sinode berdoa bagi Timur Tengah dan memastikan bahwa umat Katolik di Timur Tengah tidak pernah sendirian. Sinode ini berlangsung selama dua minggu, membahas tentang umat Kristiani dan Gereja di Timur Tengah.

Syukur Kaum Muda atas Keselamatan Penambang
Sekitar 80.000 orang muda bergabung dalam Ziarah Kaum Muda ke tempat Peziarahan Teresa dari Andes, untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas penyelamatan 33 penambang yang terjebak selama 69 hari di San Jose. Mereka berkumpul pada pukul 15.00, Sabtu, 23/10, dan berjalan menuju tempat kudus tersebut. Uskup Agung Santiago, Kardinal Francisco Javier Errazuriz, memimpin Misa Kudus.

Festival untuk Perdamaian
Festival Budaya Religius Korea ke-14 berlangsung, Sabtu, 23/10. Acara ini diselenggarakan Korean Council of Religious Leaders (KCRL). Sebagaimana dilaporkan Stephen Hong dalam ucanews.com, mereka yang bergabung dalam organisasi ini adalah para pemimpin dari Buddhisme, Katolik, Confusian, Protestan, agama-agama asli Korea seperti Chondogyo dan Won Buddhisme.

Launching Ensiklopedi Filsafat
Para Filsuf Kristen di India menerbitkan Ensiklopedi Filsafat. Ensiklopedi ini menyatukan pemikiran India dan Barat, berisi 422 entri dari 236 penulis, mencakup tema religius, filsafat, linguistik, regional dan budaya. Kardinal Telesphore P. Toppo, Uskup Agung Ranchi, melaunching karya setebal 1650 halaman ini, di New Delhi, Sabtu, 23/10.

Para Uskup
Mgr Mario Enrique Ríos Mont CM dan Mgr José Ramiro Pellecer Samayoa, pensiun sebagai Uskup Auksilier Guatemala, 2 Oktober 2010. Mgr Mario (78), ditahbiskan sebagai uskup pada 27 September 1974, setelah penunjukannya sebagai Uskup Tituler Tiguala sekaligus Prelatur Escuintla, Guatemala, 13 Juli 1974. Ia pensiun sebagai Prelatur Escintla, 3 Maret 1984, kemudian ditunjuk sebagai Uskup Auksilier Guatemala, 24 Januari 1987. Sedangkan Mgr José (81), ditahbiskan sebagai Uskup 6 Januari 1968, setelah penunjukannya sebagai Uskup Auksilier Guatemala sekaligus Uskup Tituler Teglata in Procunsulari pada 28 November 1967.


(APA DAN SIAPA)
Julius Kardinal Darmaatmadja SJ: Cincin Kardinal
Pius Bwariat: Pendidikan Transformatif


(KESAKSIAN)
Biarlah Tuhan yang Membalas
Walaupun bekerja sebagai dokter umum di sebuah rumah sakit swasta di Medan, Sumatra Utara, ia masih menyempatkan waktunya untuk melayani di poliklinik St Katarina Tiga Juhar- Deli Serdang. Jarak yang jauh, kurang lebih 50 km. dari kota Medan ditempuhnya setiap hari Rabu dan ia harus kembali lagi ke Medan keesokan harinya. Walau letih, ia tetap bersemangat. Ia merasa bahagia dapat menyumbangkan kemampuan sebagai dokter yang dimilikinya untuk masyarakat yang kurang mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Semua itu dijalaninya dengan rela dan ikhlas sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan. Itulah yang dilakoni Marlena br Ginting.


(WISATA ROHANI)
Air Suci dari Maria Velangkanni di Medan
Mata air begitu saja muncrat dari bawah kaki patung Bunda Maria dekat altar kapel, setelah Graha Maria Annai Velangkanni di pinggiran kota Medan, Sumatera Utara, diresmikan Mgr A.G. Pius Datubara OFMCap, 2 November 2005. Ini baru satu dari serangkaian mukji zat yang mewarnai tempat ziarah baru ini sejak mulai dibangun empat tahun sebelumnya.


(RENUNGAN HARIAN)
Skandalon (Oleh: Dr V. Indra Sanjaya Pr)
Jika diperhatikan dengan seksama, dalam enam ayat dari Injil Lukas yang dibacakan hari ini, ada 3 tematik yang berbeda yang sebenarnya bisa direnungkan secara terpisah. Yang pertama adalah ay. 1-2 yang merupakan peringatan untuk tidak membuat batu sandungan bagi sesama. Kemudian ay. 3-4 yang berbicara tentang pengampunan. Dan terakhir, ay. 5-6 berbicara tentang iman sebesar biji sesawi. Dalam konteks bacaan hari ini, ketiganya sebenarnya bisa direnungkan secara terpisah atau secara bersama-sama.


(DARI VATIKAN)
Ringkasan Pesan Paus Benedictus XVI: Hari Orang Muda Sedunia ke-26, Madrid 2011
Pada Hari Orang Muda Sedunia di Sidney, 2008 kita merayakan pesta iman, di antara para peserta dari berbagai belah­an dunia. Pertemuan tersebut, berbuah lebat dalam kehidupan banyak orang muda dan kehidupan Gereja. Sekarang kita sedang menuju Hari Orang Muda Sedunia di Madrid pada bulan Agustus 2011. Pada tahun 1989, beberapa bulan sebelum keruntuhan tembok Berlin, peziarahan orang muda seperti ini pernah diselenggarakan di Santiago de Compostela, Spanyol.


(KONSULTASI IMAN)
Antara Orang Kudus dan Arwah Orang Beriman (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Mengapa Gereja merayakan Hari Raya Semua Orang Kudus (1 November) dan Peringatan Arwah Semua Orang Beriman (2 November) secara berurutan? Apakah ada pesan di balik dekatnya perayaan dua peristiwa tersebut?

Swan Liliane, Bojonegoro


(CERPEN)
Lelaki Lusuh Bermata Sedih (Oleh: Sulis Gingsul)
Pukul enam petang, langit mendung. Lonceng berdentang, menggetarkan beberapa pasang telinga. Ada sepuluh orang di dalam gereja. Merekalah pendosa yang datang, memenuhi undangan untuk bertobat. Vero berlutut di bangku belakang. Beberapa kali ia menarik napas panjang, menahan di dada, lalu mengembuskannya perlahan-lahan.


(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Kongregasi Biarawati Karya Kesehatan (BKK): Misionaris Medis
Kongregasi Biarawati Karya Kesehatan (BKK) atau biasa dikenal dengan Medical Mission Sisters (MMS) didirikan Dr. Anna Dengel pada 30 September 1925 di Washington DC, Amerika Serikat. Awalnya kongregasi ini didirikan untuk menanggapi keprihatinan akan kesehatan ibu dan anak di India. Di India, banyak ibu yang tak tertolong saat melahirkan, lantaran adat masyarakat tak mengijinkan dokter laki-laki menolong ibu hamil. Para gadis pun dilarang bersekolah. Sementara, tradisi agama tertentu masih mengasingkan kaum perempuan dari kehidupan masyarakat.

(KONSULTASI KELUARGA)
Pacaran dan Hidup Berkeluarga (Oleh: Y. Bagus Wismanto)
Pacaran adalah suatu proses yang pada umumnya mengawali hidup perkawinan atau hidup berkeluarga. Pada masa pacaran terkadang terlupakan hakikat utamanya yaitu untuk saling mengerti secara pribadi dan memahami budaya, adat istiadat suku, kebiasaan-keadaan keluarga masing-masing pihak maupun karakter pribadi sang pacar. Permasalahan dan kehendak membangun hidup berkeluarga tersebut terjadi pada diri Saudari FD, yang dikirimkan kepada Majalah HIDUP pada minggu ke dua Oktober 2010 seperti yang diungkapkannya sebagai berikut :...


(TEROPONG)
Semangat Kasimo Untuk SAGKI 2010 (Oleh: Ignatius Haryanto)
Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2010 berlangsung pada awal bulan November ini. Tema yang diangkat adalah ”Dia Datang Supaya Semua Memperoleh Hidup Dalam Kelimpahan”. Tak terasa lima tahun SAGKI sebelumnya dilakukan dengan mengambil topik Menuju Keadaban Publik, dan dari hasil SAGKI 2005 ditentukan belasan bidang yang dijadikan sumber keprihatinan sekaligus mengajak umat untuk turut terlibat dalam aneka persoalan kemasyarakatan.


SUPLEMEN JEJAK - FKPA
Pengantar
FKPA! Barangkali belum banyak yang mengenal. FKPA adalah kependekan dari Forum Komunikasi Panti Asuhan. Forum ini terbentuk pada 25 November 2000 di Puncak, Jawa Barat. FKPA beranggotakan lembaga-lembaga sosial seperti Panti Asuhan (PA), Panti Wherda (PW), Panti Cacat (PC), Sekolah Luar Biasa (SLB), serta Rumah Singgah dan Rumah Pemulihan yang berasal dari seluruh Indonesia.

Forum Ingin Berdayakan Panti
Forum Komunikasi Panti Asuhan (FKPA) terbentuk pada 25 November 2000 di Puncak, Jawa Barat. Forum ini beranggotakan lembaga-lembaga sosial seperti Panti Asuhan (PA), Panti Wherda (PW), Panti Cacat (PC), Sekolah Luar Biasa (SLB), Rumah Singgah dan Rumah Pemulihan, yang berasal dari seluruh Indonesia. Pertemuan FKPA di Batu, Malang, Jawa Timur, 27-29 April 2007, membekas dalam lubuk hati Sr M. Paul Siseng OSU. Tema pertemuan “Pelayanan dan perlindungan panti sebagai panggilan hidup” menggetarkan perasaan pimpinan PA Vincentius Putri Jakarta itu.

Prinsip Bisnis dalam Panti
Persoalan panti-panti sebagai lembaga non profit adalah kurang dana. Untuk itu pengurus dan pengelola panti perlu ketrampilan yang memadai dalam mengelola panti sehingga panti itu bisa mandiri, dalam arti tidak bergantung pada dana dari pemilik panti.

Martinus Mesarudi Gea: Agar Tidak Berjuang Sendiri
Martinus Mesarudi Gea terpilih sebagai Koordinator Forum Komunikasi Panti Asuhan (FKPA) Pusat Periode 2010-2014 dalam Musyawarah Nasional FKPA di Bandung, 20-22 April 2010. Katekis di Paroki St Bonaventura Pulomas, Jakarta Timur yang sedang menyelesaikan disertasi doktor (S3) bidang pendidikan di Universitas Negeri Jakarta, ini adalah PNS Bimas Katolik yang sehari-hari bertugas sebagai pengawas guru agama Katolik se-Jakarta Utara.

Edwin Kow, profesional muda: Menjadi Pribadi Mandiri
“Sebenarnya, saya belum mengenal terlalu jauh mengenai FKPA (Forum Komunikasi Panti Asuhan). Akan tetapi, setelah berbincang-bincang dengan Pak Martin (Koordinator Pusat FKPA), saya rasa FKPA ini bagus karena dengan berada di dalam satu wadah, para pengurus panti bisa saling sharing guna peningkatan kualitas panti asuhan,” ungkap direktur salah satu perusahaan swasta di Jakarta yang bergerak di bidang pakaian seragam ini.

Willy M. Yoseph, Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah: Memandirikan dengan Pendidikan
Panti Asuhan (PA) bukan tempat untuk sekadar numpang tidur dan makan. Menurut Willy M. Yoseph, bupati dua periode (2003-2008, 2008-2013) ini, PA harus bisa membuat anak-anak asuhannya mandiri. Selain kemandirian, pengurus panti hendaknya kreatif mencari sumber-sumber dana dan melayani dengan total.

Ricky Subrata, Mitra Yayasan Bhakti Luhur Pamulang: Mirip Perusahaan
Sejak muda, Ricky Subrata berencana membantu anak-anak yatim piatu. “Menjadi anak yatim piatu bukan salah mereka. Kita yang lebih beruntung wajib membantu mereka,” ungkap CEO PT Komunika Cergas Ilhami ini. Cita-cita luhurnya itu, akan dimulainya setelah pensiun nanti. Akan tetapi, setelah ia bertemu dengan Sr Marcel, pengurus Yayasan Bhakti Luhur, rencananya sontak berubah.

Pastor Stephanus Bijanta CM, Moderator FKPA: Meningkatkan Jaringan
Sekretaris Eksekutif Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Konferensi Waligereja Indonesia (PSE-KWI), Pastor Stephanus Bijanta CM, menjadi moderator FKPA sejak 6 bulan lalu, menggantikan Pastor Ignatius Swasono SJ. Pastor Bijanta yang dihubungi sedang berada di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat siang, 28/10, mengungkapkan, FKPA adalah wadah antarpanti untuk menggalang kerjasama.

Beragam Pelayanan Panti
Panti Asuhan (PA) yang bergabung dalam Forum Komunikasi Panti Asuhan (FKPA) sangatlah beragam. Mereka melayani anak cacat, anak yatim/piatu atau yatim-piatu, miskin, keluarga retak, dan lain-lain, serta para lanjut usia (lansia). Meskipun baru sepuluh tahun terbentuk, FKPA sudah mampu menaungi anggotanya yang bergerak di berbagai jenis PA. Mereka disatukan dalam visi-misi yang sama, yakni: Kemanusiaan!

Pastor F.X. Suherman Pr, alumni PA Vincentius Putra Jakarta: Terbiasa dengan Ritme
Pria kelahiran Singkawang, Kalimantan Barat, 18 Juli 1969 ini masuk PA Vincentius Putra pada 1978. Pada 1987, putra ketiga dari tujuh bersaudara ini lulus SMP Sint Joseph, lalu masuk Seminari Menengah Wacana Bhakti. Pada 16 Agustus 1999, ia ditahbiskan menjadi imam Praja KAJ di Gereja St Aloysius Gonzaga Cijantung, Jakarta Timur. Sejak Mei 2009, Pastor Suherman berkarya di Paroki Katedral Jakarta.

Freska Yosina Rompas, alumni PA Dorkas, Jakarta Pusat: Tak Tergantikan
”Waktu itu tepatnya siang hari, saya sedang menyiapkan barang-barang untuk dipak dan dibawa pulang. Ibu pimpinan datang menghampiri saya dan berkata, ‘Freska, kamu mau melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi?’ Saya terkejut dan sangat terkejut… hal yang tidak pernah diduga… Tuhaaaaaan… saya senang. Langsung dengan cepat saya menjawab, ‘Mau, Bu!’ Kemudian beliau menjelaskan kepada saya beberapa hal dan meminta saya untuk mencari Perguruan Tinggi dengan jurusan yang saya minati.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: