Edisi 46 SEP/KEP Menembus Paroki

Sajian Utama:
Tumbuh suburnya Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP) Shekinah, dan Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) ikut memberikan warna tersendiri dalam pewartaan Kabar Baik bagi umat di paroki-paroki, baik di Keuskupan Agung Jakarta maupun di keuskupan-keuskupan lain. Dampak positifnya, peserta KEP menjadi lebih aktif dalam hidup menggereja, baik di lingkup teritorial maupun kategorial. Umat yang pernah ikut KEP pun merasa diri kehidupan imannya diteguhkan dan menjadi lebih aktif dalam kegiatan rohani. Banyak pastor paroki mendukungnya. Tentu dengan perkembangan KEP ini ada umat non KEP yang merasa terganggu dengan keaktifan para alumninya. Mereka merasa tersisihkan dan didominasi. Memang perlu pemurnian terus menerus.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Militansi KEP di Bartolomeus
Malam Minggu di akhir Oktober itu, air tumpah ruah dari langit. Angin kencang menderu-deru. Namun, hal itu tidak menyurutkan kegembiraan 89 peserta Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) angkatan ke-7 Paroki Santo Bartolomeus Taman Galaxy, Bekasi. Mereka telah menamatkan kursus dan akan menerima sertifikat kelulusan KEP. Yang hadir malam itu diharapkan 113 orang. Namun, ada yang “muntaber” (mundur tanpa berita) dengan alasan tidak bisa mengikuti kegiatan Senin dan Kamis.

Tumbuh Suburnya KEP
Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP) Shekinah didirikan tahun 1988 oleh Moderator Pembaharuan Karismatik Katolik KAJ saat itu, Pastor L. Sugiri van den Heuvel SJ. Ia tergerak untuk mengajarkan soal evangelisasi setelah mengikuti kursus yang mempersiapkan para peserta untuk menjadi orang yang pertama-tama belajar menginjili diri sendiri terlebih dahulu dan kemudian berbagi Kabar Baik dengan sesama secara orang per orang, pribadi per pribadi.

KEP Mengubah Leo Handoyo
Mulanya, Leo Handoyo (23) tak tertarik mengikuti Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP). Keterlibatannya dalam KEP tak berasal dari dirinya sendiri. Saat bertandang ke Paroki St Fransiskus Asisi Tebet, Jakarta Selatan, Pegawai Tata Usaha TK Abdi Siswa Meruya, Jakarta Barat ini melihat KEP membuka stan di depan gereja. Dengan hati ringan ia sekadar melihat-lihat brosur atau informasi yang disampaikan mengenai kursus ini.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Evangelisasi dan Karismatik
Bagi umat Katolik sederhana di sebuah paroki, Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) dan Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP) adalah sesuatu yang positif. Kaum awam memang perlu ikut merasul membantu mewartakan kabar baik. Umat Katolik sederhana di sebuah paroki, juga melihat hadirnya Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK) sebagai sesuatu yang baik. Terbukti, para alumni KEP/SEP serta anggota PDKK umumnya menjadi lebih rajin mengikuti berbagai aktivitas kehidupan menggereja.


(KABAR JAKARTA)
Lomba Lektor KS KAJ
Sekitar 40 anak dan remaja juara Lomba Lektor dan Cepat Tepat Kitab Suci (KS) di tingkat dekanat Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) berkompetisi meraih juara tingkat keuskupan di Katedral Jakarta Pusat, Minggu, 31/10. Mengisi Bulan Kitab Suci 2010, Komisi Kerasulan Kitab Suci (K3S) bekerjasama dengan Kursus Pendidikan Kitab Suci (KPKS) St Paulus angkatan 17 menyelenggarakan Lomba Lektor bagi Anak dan Remaja dan Cepat Tepat Kitab Suci bagi Remaja tingkat KAJ.

EduFair Tarakanita Serpong
SMA Tarakanita Gading Serpong Tangerang, Banten mengadakan pentas seni dalam rangka pemberkatan dan peresmian gedung baru SMA Tarakanita dan Carolus Day di SMA Tarakanita Gading Serpong, Selasa, 2/11. Pentas seni ini merupakan rangkaian kegiatan yang diberi nama Tarakanita Fair 2010. Acara bertema “Bersemi dan Bercahayalah dalam Berbela Rasa” ini menghadirkan delapan unit Sekolah Tarakanita sekitar Serpong dan dihadiri Wakil Bupati Tangerang, Rano Karno.

SMPK PYB Peringati HPS
SMP Katolik Pamardi Yuwana Bhakti (SMPK PYB) Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat turut memeriahkan kegiatan Hari Pangan se-Dunia (HPS), Sabtu, 16/10. Para guru menyadari pentingnya peringatan HPS. Kegiatan bertema “Feeding One Billion Hungry” (Memberi Makan Satu Miliar Orang Lapar) ini sesuai dengan tugas perutusan Yesus yang terungkap melalui Ekaristi.

Pernyataan Sikap PMKRI
Rabu, 20/10, adalah hari yang menandai setahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Dalam kampanye politik dan rencana kerjanya, mereka menawarkan banyak janji. Terkait hal ini, Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP-PMKRI) menyampaikan pernyataan sikap. Lewat surat elektronik yang ditandatangani Ketua Presidium PMKRI, B.R. Tri Adi Sumbogo, dan Sekretaris Jenderal PMKRI, Vincentius, yang dikirimkan ke sejumlah media massa termasuk HIDUP, mereka mengungkapkan bahwa di berbagai sektor, janji yang diucapkan Presiden SBY belum terwujud.

Konferensi Pers SAGKI 2010
Panitia Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2010 mengadakan Konferensi Pers di Gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 29/10. Konferensi Pers ini bertujuan memperkenalkan dan mengawali SAGKI 2010 yang akan diadakan di Wisma Kinasih, Caringin, Bogor, Jawa Barat, Senin-Jumat, 1-5/11. Sekitar 20 wartawan dari media cetak dan elektronik turut hadir dalam acara yang berlangsung sekitar 45 menit ini.

KKMK Bantu Cina Benteng
Kelompok Karyawan Muda Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KKMK–KAJ), Keluarga Sarjana Katolik (KSK) Widiakarya, para dokter Kalbe Company, dan sejumlah relawan melakukan Bakti Sosial membantu warga miskin “Cina Benteng”, Minggu, 24/10. Warga miskin ”Cina Benteng” ini bermukim di sekitar Vihara Maha Bodhi – Klenteng Tjoeng Tek Bio Desa Mekar Sari, Tangerang, Banten. Mereka yang mendapat bantuan adalah para penghuni perkampungan Cina Benteng yang memiliki tingkat kehidupan ekonomi sangat rendah.

Sarasehan ”The Catholic Way”
Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Santa Theresia mengadakan sarasehan buku bertema ”The Catholic Way, Kekatolikan dan Keindonesiaan”. Acara digelar Sabtu, 23/10 di Gereja Santa Theresia Menteng, Jakarta Pusat. Forum dialog yang merupakan acara insidentil Dewan Pengurus Daerah Wanita Katolik KAJ. Kegiatan ini juga sebagai sambutan Uskup baru KAJ Mgr Ignatius Suharyo Pr.

Adorasi Santa Clara
Walau semua kursi dikeluarkan, ruangan Kapel Wisma Asri Paroki Santa Clara Bekasi Utara, Rabu, 2/10, dipenuhi umat. Mereka duduk bersimpuh beralaskan tikar dan karpet. Puji-pujian dilantunkan dan hati diarahkan pada Adorasi Hosti dalam Monstran yang ada di meja altar. Tampak beberapa orang mengangkat tangan mengikuti perasaannya. Tidak seperti biasanya, Adorasi kepada Sakramen Mahakudus yang biasanya dihadiri oleh 20-25 orang, kali ini dihadiri sekitar 100 umat.

HUT Ketujuh PERDUKI
Persekutuan Doa Usahawan Katolik Indonesia (PERDUKI) Profesional Muda merayakan HUT ketujuh. Acara ini diadakan di Gedung Shekinah Duta Merlin, Harmoni, Jakarta Pusat, Selasa, 19/10. Peringatan bertema ”Jesus is The Greatest Love” ini ditandai dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Pastor Joseph Ohoiledwarm MSC. Acara dihadiri anggota PERDUKI. Ditampilkan pula kesaksian dan pujian yang dipersembahkan Joe Richard dan Cindy AFI.


(NUSANTARA)
Umat Sleman Saat Letusan Merapi
Puncak perayaan ulang tahun Paroki St Yohanes Rasul Somohitan di lereng selatan Gunung Merapi biasanya berlangsung meriah. Namun, seiring letusan Merapi, perayaan yang berlangsung Minggu, 31/10, terasa berbeda. Begitu juga dengan suasana persekolahan Katolik yang ada di sekitar paroki ini. Pastor Paroki Somohitan, Y. Suyatno Hadiatmojo Pr, menjelaskan, peringatan ultah ke-80 paroki sengaja tidak diikuti dengan pesta rakyat.

Pemindahan Kerangka Jenazah Imam SCJ
Para imam dan biarawan-biarawati bersama umat sekitar mengikuti Ekaristi pemindahan jenazah di Kapel Makam Biara Suster-Suster Fransiskanes Charitas (FCh) Palembang, Sumatera Selatan, Jumat sore, 8/10. Ekaristi dipersembahkan Pastor Titus Waris Widodo SCJ dan Pastor Agustinus Setyoaji SCJ. Makam yang digali dan dipindahkan adalah makam 12 imam Tarekat Hati Kudus Yesus (SCJ), tiga bruder SCJ, seorang seminaris, tiga frater Bunda Hati Kudus (BHK), dan 14 suster Hati Kudus (HK).

Pertemuan Guru Katolik se-Indonesia
Sekitar 40 orang guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) perwakilan seluruh wilayah Indonesia berkumpul di Hotel Matahari, Yogyakarta, Jumat-Senin, 15-18/10. Mereka berkumpul atas undangan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Katolik Kementerian Agama Jakarta dan Komisi Kateketik KWI (Komkat KWI). Acara diselenggarakan Komkat KWI. Para guru ini diajak mengevaluasi pelaksanaan kurikulum nasional PAK untuk pendidikan dasar dan menengah.

Gelar Seni MNPK
Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali menggelar Pergelaran Seni Tradisi Siswa-Siswi Sekolah Katolik se-Indonesia di Gedung Kçirarnawa, Taman Budaya Denpasar, Bali, Selasa, 26/10. Acara bertema “Membangkitkan Seni Tradisi Dalam Rangka Pembangunan Karakter Anak Bangsa” ini menampilkan atraksi seni dari delapan Majelis Pendidikan Katolik (MKP) Keuskupan di Indonesia.

Dua Anggota Baru OFS
Penerimaan kelompok persaudaraan Ordo Fransiskan Sekulir (OFS) Dewan Regio Sibolga berlangsung selama dua hari di Pusat Bina Iman (PBI) St Antonius Mela II Tapian Nauli, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Sabtu-Minggu 16-17/10. Kegiatan hari pertama diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Antonius Susanto OFS, Wakil Minister Dewan Regio St Polykarpus Sibolga.

Ekaristi Kreatif OMK3R
Orang Muda Katolik Katedral Kristus Raja (OMK3R) membuat sesuatu yang berbeda dalam Misa Sumpah Pemuda di Gereja Katedral Kristus Raja Keuskupan Purwokerto Jawa Tengah, Kamis, 28/10. Mereka menampilkan paduan suara yang diiringi alat musik keroncong. Menurut mereka, hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa anak muda pun bisa berkreasi di dalam Gereja.

EKM PAROKI ATMODIRONO
Pro Ecclesia et Patria (Untuk Gereja dan negara) menjadi tema Ekaristi Kaum Muda (EKM) Paroki Keluarga Kudus Atmodirono Semarang, Jawa Tengah yang diadakan pada Minggu, 24/10. Ekaristi yang dipimpin Pastor Yohanes Triwidianto Pr ini digelar secara lesehan di depan Gua Maria Mater Familiae kompleks Gereja Keluarga Kudus Atmodirono.

KOTABARU PEDULI KESEHATAN
Paroki Santo Antonius Kotabaru, Yogyakarta bekerjasama dengan para dokter Katolik Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta menggelar pos kesehatan bagi warga sekitar yang kurang mampu, Minggu, 17/10. Acara ini rutin dilakukan Paroki Kotabaru.


(BUKU – VCD – KASET)
Pembaca Sabda Allah
Lektor adalah pembaca Sabda Allah dalam Kitab Suci untuk umat beriman. Namun ada kesan lektor itu dianggap sebagai pelayanan yang tidak khusus atau signifikan. Maka dalam liturgi gereja para pembaca Kitab Suci jarang bersikap serius mempersiapkan dan melatih diri untuk membaca dengan baik dan benar.


(MANCANEGARA)
Puluhan Orang Terbunuh di Katedral
Tentara menggerebek Gereja Katedral Katolik Siria di Baghdad, untuk membebaskan umat yang disandera teroris, Minggu, 31/10. Lebih dari 70 orang terluka, 50 orang meninggal, termasuk dua imam. Saat Misa berlangsung di Gereja Katolik Ritus Siria Baghdad, sekelompok orang bersenjata menyerang dan menyandera lebih dari 120 orang Mereka menuntut pembebasan tahanan al Qaeda di Irak dan Mesir.

Lomba Lari Hari Orang Kudus
Lomba lari maraton setahun sekali, disebut Corsa dei Santi, diselenggarakan untuk menghimpun dana kemanusiaan, Senin, 1/11. Kegiatan ini untuk merayakan Hari Orang Kudus, sekaligus mengajak kaum muda berolahraga. Lebih dari 3.000 atlet mengikuti lomba 10.5 km dan 3 km. Sebagaimana dilaporkan C.M. Paul di ucanews.com, mereka membayar 12 Euro dan 7 Euro. Corsa dei Santi dimulai dan berakhir di Piazza Pio XII, dekat Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Beatifikasi Martir Bogdánffy
Szilard István Bogdánffy dibeatifikasi di Basilika St Maria, Ordea, Romania, Sabtu, 30/10. Upacara dipimpin Kardinal Péter Erdő, Uskup Agung Esztergom-Budapest, juga Ketua Konferensi Para Uskup Eropa.

Kanonisasi Enam Santa-Santo
Paus Benediktus XVI memimpin upacara kanoni-sasi enam santo-santa di Lapangan Santo Petrus, Roma. Puluhan ribu orang hadir dengan melambaikan bendera Kanada dan Australia. Dua di antara enam santo-santa memang berasal dari dua negara tersebut, yakni Bruder Andre Bessette (Kanada) dan Mary MacKillop (Australia).

Para Uskup
Mgr Gonzalo Restrepo, Uskup Agung Koadjutor Manizales, Colombia, menjadi Uskup Agung Manizales, bersamaan dengan pensiunnya Mgr Fabio Betancur Tirado, 7 Oktober 2010. Mgr Fabio (71) menggembalakan keuskupan ini sejak 15 Oktober 1996. Ia pernah menjadi Uskup La Duada-Guadoras, Colombia (1984-1996). Sebelumnya, ia adalah Uskup Auksilier Medellin, Colombia, setelah ditahbiskan sebagai Uskup Tituler Seredelli, 3 Juli 1982. Sedangkan Mgr Gonzalo adalah Uskup Girardota, Colombia (2006-2009), sebelum ditunjuk sebagai Uskup Koadjutor Manizeles, 16 Juli 2009. Ia ditahbiskan sebagai uskup, 11 Februari 2004, setelah ditunjuk sebagai Uskup Auksilier Cali, Colombia, sekaligus Uskup Tituler Munatiana.


(KESAKSIAN)
”Tuhan, Aku Mau Sembuh...”
”Tuhan, jangan ... jangan sampai aku kena stroke...” kata Willibrordus Verry Agus Hendrawan (32) dengan lirih, ketika pada 29 Maret 2010 dini hari menyadari bahwa tangan dan kaki kirinya mati rasa. Di benaknya terbayang bahwa di bulan Oktober 2010 nanti ia akan melangsungkan pernikahan bersama kekasih hatinya Skolastika Dewiyanti Gunawan (27). Ia berpikir banyak hal yang harus ia persiapkan untuk hari bersejarahnya itu. Ia tidak mau sakit. Namun Tuhan seakan ingin menegurnya dengan memberinya sakit ini.


(MIMBAR)
Siapakah Yesus Kristus di Indonesia Sekarang? (Oleh: Johanes Berchmans Haryono MSF)
Kini, di mana saja kita berjumpa dengan beragam wajah. Ada wajah olahragawan, artis, tokoh politik bahkan wajah teroris. Ronaldo, Agnes Monica, Tukul dsb tersenyum kepada kita dari layar televisi, koran, atau billboard jalanan. Orang merindukan ikon sekaligus ingin menjadi ikon. Di facebook, orang menampilkan wajahnya sendiri dalam ragam gaya dan warna. Namun kita tahu bahwa orang zaman ini sebetulnya merindukan wajah lain, wajah ilahi yang penuh belarasa kepada orang miskin.


(APA DAN SIAPA)
Mgr Datus Hilarion Lega: Harus Terlibat
Trenensius Ali Bandi: Memenuhi Wasiat
Yesina Y. Sumarni CB: Takut Hidup Sepi
Albertus Sadhyoko Raharjo SJ: Tugas Ganda


(JENDELA)
SD Pangudi Luhur Kalirejo: Bertahan dalam Kemandirian
Perjalanan menuju SD Pangudi Luhur (PL) Kalirejo cukup menegangkan. Sekolah yang terletak di salah satu bukit di jajaran Perbukitan Menoreh Kulon Progo ini harus dicapai melalui jalanan yang penuh tanjakan ekstrem. Meski demikian, perjalanan terasa menyenangkan karena panorama alam yang indah berlekuk-lekuk dengan udara segar. Lokasi ini sekitar 28 km arah timur dari Purworejo menuju Banyuasin, Pasar Pleno lalu ke sekolah.


(EKSPONEN)
Thomas Gregorius Peng An Pr: Terlahir untuk Menyanyi
Jangan salah terka, meski penampilannya keren, gayanya penuh canda tawa, bicaranya gaul dan metropolis, pintar mencipta lagu dan bersuara merdu, tapi dia adalah seorang imam di Keuskupan Bogor. Banyak orang yang belum mengenalnya seringkali tidak menganggap Pastor Thomas Gregorius Peng An sebagai seorang imam. Ada yang lebih mengenalnya sebagai seorang penyanyi.


(RENUNGAN HARIAN)
Kebutaan (Oleh : Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: Gadis jelek rupa kawin dengan seorang buta. Ketika dokter mau menyembuhkan mata orang itu, orangtua si gadis melarangnya karena takut jangan-jangan anaknya nanti diceraikan.


(SANTO-SANTA)
St Yohanes Nepomuk: Mati Demi Kebenaran
Inilah kisah seorang imam yang setia dengan tugas yang harus dijalankannya: membela kebenaran meski harus menanggung derita. Yohanes Nepomuk telah meneladan Kristus, menjadi martir demi membela apa yang benar. Ia lahir di Nepomuk atau Pomuk, Bohemia, Cekoslovakia Barat pada 1340. Nama aslinya, Wolflein atau Wolflin.


(MIMBAR)
Facebook untuk Pastoral Kaum Muda (Oleh: Emanuel Prasetyono CM)
Cerita Pendek tentang Facebook dalam HIDUP No. 41 tanggal 10 Oktober 2010 menggelitik saya untuk ikut urun rembug. Kebetulan di paroki kami, mulai dari anak-anak, kaum muda, sampai ibu-ibu rumah tangga sudah menggunakan situs jejaring sosial ini sebagai alat komunikasi. Kaum muda paroki dengan gencar menggunakan media ini untuk menggalang jaringan komunikasi guna menyukseskan pelbagai program kegiatan. Woro-woro tentang camping rohani, foto-foto kegiatan sepeda sehat, “peresmian” basecamp kaum muda; semua kegiatan itu dimungkinkan di paroki kami dalam waktu singkat berkat jaringan facebook.


Daulat Pangan Daulat Konsumen (Oleh: Alexander Aur)
“Menyelamatkan Pangan untuk Semua” merupakan tema besar Hari Pangan se-Dunia (HPS) 2010-2012 yang ditetapkan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Komisi PSE KWI, Komisi Pendidikan KWI, KOMSOS KWI, KOPTARI, dan Wanita Katolik RI menjadi Panitia HPS KWI. KWI mempunyai tujuan yang jelas, yakni membangun habitus positif dan keadaban masyarakat secara umum dan Gereja Katolik dalam kerangka penyelamatan sumber-sumber pangan.


(KONSULTASI IMAN)
Kebangkitan (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Dalam sebuah pendalaman iman, seorang romo mengatakan, dalam Perjanjian Lama belum ada kepercayaan yang jelas tentang kebangkitan. Benarkah demikian? Bukankah Marta menyatakan kepercayaannya bahwa saudaranya, Lazarus, akan bangkit pada akhir zaman? Apakah ini bukan bukti bahwa dalam Perjanjian Lama sudah ada kepercayaan akan kebangkitan? Mohon penjelasan.

Lucius Purwanto, Surabaya

(CERPEN)
Manusia Khotbah di Bukit (Oleh: Anggono Wisnudjati)
Buat Lazarus, perasaan yang sekarang ia hayati serupa dengan perasaan saat pertama kali tulisannya di muat di media. Gembira dan bangga. Sekarang, ia memperoleh teks filsafat yang ia rindukan sejak lama. Teks filsafat yang berkeringat dan hasil olah tokoh yang ia kagumi. Khotbah di Bukit. Apa ada yang lebih berkeringat dari itu?


(SAJIAN KHUSUS)
Perjalanan Mgr Timang: Dua Minggu di Roma
Seminar untuk para uskup se-dunia, yang ditahbiskan dua tahun terakhir, berlangsung di Collegio San Paulo, Vatikan, 6-18 September 2010. Lebih dari seratus uskup hadir, menanggapi undangan dari Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa (Propaganda Fide). Dari Indonesia, hadir enam uskup, yakni Uskup Banjarmasin Mgr Piet Boddeng Timang, Uskup Denpasar Mgr Silvester San, Uskup Ruteng Mgr Hubertus Leteng, Uskup Weetebula Mgr Edmund Woga CSsR, Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, dan Uskup Bandung Mgr Johannes Pujasumarta. Sebagian besar uskup yang hadir berasal dari Afrika. Sedangkan dari Asia, kontingen terbesar berasal dari India (10 uskup), disusul Vietnam (9 uskup).


(KONSULTASI KELUARGA)
Mimpi, Sekadar Bunga Tidur? (Oleh: H.M.E. Widiyatmadi)
Dalam tiga bulan terakhir ini, sudah dua kali saya bermimpi meninggal dunia. Pada mimpi yang pertama, saya seperti melihat dari dekat sekali jasad saya yang dibaringkan di atas meja. Kedua orangtua saya, saudara-saudara, dan sanak famili, terlihat sangat berduka. Mereka menangis di sekeliling jasad saya. Tiba-tiba, saya terbangun, dan mimpi berakhir. Ada perasaan aneh, saya resah tapi bukan sedih. Dari pagi sampai siangnya, saya masih dibayangi keresahan karena mimpi tersebut.


(TEROPONG)
Kekuatan Disiplin (Oleh: Fidelis Waruwu)
Dalam dunia pendidikan, ada salah satu pertanyaan mendasar: “Apakah pendidikan itu menentukan keberhasilan seseorang atau tidak?” Faktor apa yang sebenarnya menentukan dan membuat orang-orang tertentu sukses dan berhasil, sementara orang-orang lain mengalami kegagalan, dan bahkan tidak berhasil? Ada tokoh-tokoh yang dulunya putus sekolah, mengenyam pendidikan yang terbatas, namun menjadi orang berhasil dan sukses dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: