Edisi 49 Pesta Imamat 40 Tahun

Sajian Utama:
Untuk bisa mencapai pesta 40 tahun imamat bukan sesuatu yang gampang, tapi membutuhkan suatu perjuangan tersendiri. Tepatnya 10 Desember 2010 ini Romo F. Subroto Widjojo SJ, Romo Alexander Dirjosusanto SJ, dan Romo James Bharataputra SJ merayakan pesta imamatnya ke-40. Ketiganya tentu sudah banyak berbuat untuk Gereja. Romo Broto banyak berkecimpung di media Katolik Mingguan HIDUP dan Pelayanan Karismatik, Romo Alex Dirjo dikenal sebagai spiritualis, pembimbing rohani. Sementara Romo James lebih dikenal sebagai ”juru kunci” Graha Maria Annai Velangkani Medan, yang merupakan Pusat Peziarahan di Keuskupan Agung Medan, Sumatra Utara. Dalam kaitan ini, Romo Gerardus Koelman SJ menggarisbawahi bahwa pesta 40 tahun imamat bukan sekadar angka, tapi terlebih pada kesetiaan dan komitmen akan panggilannya.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Broto, Alex, dan James 40 Tahun
Tahun 2010 ini, Romo Florentinus Subroto Widjojo SJ (71), Alexander Dirdjasusanto SJ (72), dan James Bharataputra SJ (72) genap 40 tahun imamat. Banyak yang telah mereka perbuat.Romo Broto yang ditahbiskan pada 16 Desember 1970 dikenal sebagai Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan Majalah Mingguan HIDUP (1975-1996).


Jalan Reguler Menuju Yesuit
Romo F. Subroto Widjojo SJ, Romo Alex Dirdjasusanto SJ, dan Romo James Bharataputra SJ menjadi Yesuit (anggota Serikat Yesus/SJ) melalui ”jalan reguler”, yakni Seminari Menengah. Namun, ternyata ada juga jalan lain untuk menjadi Yesuit. Manajer pada sebuah perusahaan besar itu terkaget-kaget ketika seorang rekan kerjanya memutuskan mengundurkan diri. Dia tidak pindah ke perusahaan elite lainnya, melainkan memilih bekerja di ”ladang Tuhan”.

Imamat
Ada beberapa saudara kita (Romo Subroto Widjojo SJ, Romo Alex Dirdjasusanta SJ, dan Romo James Bharataputra SJ) merayakan peringatan 40 tahun menjadi imam. Saya ikut bersyukur. Pertama-tama karena sudah sekian lama saudara-saudara saya itu dipercaya oleh Tuhan Yesus ikut mengambil bagian dalam karya-Nya mewartakan Kabar Gembira.

Yesuit di Mata Umat
Imam-imam Serikat Yesus (SJ) memiliki medan kerasulan tanpa tapal batas. Namun, ada di antara mereka yang berkarya di paroki-paroki. Apa kata umat tentang mereka?


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Imam adalah Guru
Semua imam adalah guru. Tugas guru, pertama-tama ternyata bukan menjadi ‘guru’, bukan menggurui. Tugasnya yang paling utama adalah mengondisikan, menyediakan ruang agar orang di sekitar tertarik dan mau belajar. Tugas guru adalah mengajak dan mengundang orang masuk ke dalam ruang tersebut.


(KABAR JAKARTA)
Misa Para Uskup di Cilandak
Para uskup seluruh Indonesia mempersembahkan Misa konselebrasi di Gereja Santo Stefanus Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu, 7/11. Misa ini bertepatan dengan peringatan Gerakan Orangtua Asuh untuk Seminari (GOTAUS) yang dihadiri sekitar 2.000 umat.

Konser Paroki Cililitan
Paroki Santo Robertus Bellarminus Cililitan, Jakarta Timur mengadakan Konser “Prayer of The Church” di Gereja Santo Robertus Bellarminus Cililitan, Jakarta Timur, Rabu, 17/10. Konser yang nantinya akan diadakan tiap tahun pada bulan September ini ditujukan untuk melestarikan kekayaan liturgi Gereja dengan menampilkan lantunan madah puji-pujian dalam balutan kata-kata dan melodi yang indah.

Misa Syukur Ayo Sekolah
Pengurus Program Ayo Sekolah dan Ayo Kuliah Paroki Santo Thomas Rasul, Bojong ndah, Jakarta Barat menyelenggarakan Misa Syukur di Paroki Bojong Indah, Jakarta arat, Rabu, 17/11. Misa dihadiri Pengurus Program Ayo Sekolah Paroki Maria Kusuma Karmel (MKK) Meruya dan Gereja Stasi St Laurentius Alam Sutera.

Seminar Guru Katolik
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya mengadakan seminar sehari bertema ”Penggunaan Buku Teks Pelajaran Agama Katolik untuk Siswa dalam Proses Pembelajaran”. Seminar yang berlangsung di SMA/SMK Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 20/11, ini diikuti para guru agama Katolik Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Keuskupan Bogor, Keuskupan Bandung, dan Keuskupan Tanjung Karang.

Pentas Seni Vincentius
Untuk merayakan Jubileum ke-100 Panti Asuhan (PA) Vincentius Putra Kramat, anak-anak PA Vincentius Putra menampilkan drama musikal berjudul “When You Believe” di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jalan Pos, Jakarta Pusat, Jumat, 12/11.

Peluncuran TOBIT
Domus Cordis mengadakan peluncuran badan pewarta Theology Of the Body Insight (TOBIT) di Wisma Indocement, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu, 20/11. TOBIT akan menjadi badan pewarta di bawah naungan Domus Cordis, komunitas orang muda yang ditangani Komisi Kategorial Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).

Seminar Ekaristi
Women Gospel, komunitas para ibu Paroki Santo Ignatius Loyola, mengadakan seminar bertema ”Inilah Tubuh-Ku dan Inilah Darah-Ku” di Paroki Santo Ignatius, Jalan Malang, Jakarta Pusat, Rabu, 17/11.

Lomba BIR Ciputat
Paroki Santo Nikodemus Ciputat, Tangerang, Banten mengadakan lomba bagi para remaja anggota Bina Iman Remaja (BIR) di paroki ini, Minggu, 31/10. Lomba yang ditandingkan antara lain Kuis Kitab Suci, Tri Lomba Juang Triathlon, dan Lomba Musik Perkusi.


(NUSANTARA)
Mardi Waluya 51 Tahun
Tak terasa Yayasan Mardi Waluya Sukabumi telah mengancik usia ke-51 pada tahun 2010. Yayasan yang dikelola oleh Suster-Suster Fransiskan Sukabumi (SFS) ini bergerak melayani pendidikan dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA. Perayaan ulang tahun yang berlangsung meriah digelar di lapangan SMP dan SMA Unit Perwakilan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28/10.

Suster CB Bantu Merapi
Sejak meletusnya Gunung Merapi, Komunitas Suster Carolus Borromeus (CB) yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah menampung sejumlah pengungsi dari lereng Merapi. Sabtu, 6/11, pukul 01.00 WIB, para pengungsi berbondong-bondong menuju Rumah Sakit Panti Rapih di Yogyakarta.

Festival Budaya Banyumas
Para mahasiswa Katolik Purwokerto yang tergabung dalam Sahabat Pustaka Production menggelar “Pesta Buku dan Festival Budaya Banyumas 2010” di Pascalis Hall, Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu, 3/11-Selasa, 9/11. Acara diawali dengan kegiatan bertajuk “3.000 Anak Membaca Bersama Bupati Kabupaten Banyumas” di Alun-alun Purwokerto, Rabu, 3/11. Kegiatan ini melibatkan para siswa Sekolah Dasar an Sekolah Menengah Pertama di Purwokerto.

Tahbisan Diakon Palangkaraya
Dua frater Diosesan Keuskupan Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah ditahbiskan menjadi diakon di Gereja Paroki Santa Maria De La Salete Muara Teweh, Kalimantan Tengah, Minggu, 10/10. Mereka adalah Frater Bonaventura Pr dan Frater Selvinus Lingi Pr.

Gua Maria Baru
Gua Maria baru bernama Panti Samadi Maria Kendi Kencana yang terletak di Ketangi, Purworejo, Jawa Tengah diresmikan Uskup Purwokerto, Mgr Julianus Sunarka SJ, Kamis, 7/10. Di kompleks gua Maria ini terdapat patung Maria dari batu berwarna hitam dan kendi atau tempayan yang mengalirkan air. Dua unsur itu menyatu dengan Kapel Ketangi yang dibangun pada tahun 1991.

TAHBISAN IMAM KAME
Pastor Fabianus Tutuboy MSC ditahbiskan menjadi imam Keuskupan Agung Merauke (KAME) di Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius Merauke, Papua. Misa dipimpin Uskup Agung Merauke, Mgr Nikolaus Adi Seputra MSC.

LOKAKARYA MABRI
Musyawarah Antar Bruder Indonesia (MABRI) menyelenggarakan Lokakarya Pemimpin Komunitas dan Calon Pemimpin Komunitas di Rumah Retret Syalom, Batu, Malang, beberapa waktu lalu.

REKOLEKSI LEGIO MARIA
Para anggota Legio Maria atau sering disebut legioner yang tergabung dalam Kuria “Maria Pengantara Segala Rahmat” Bekasi mengadakan rekoleksi di Vila Bella, Cibodas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu-Minggu, 16-17/10.

HUT PAROKI BLITAR
Gereja Santo Yusup Blitar merayakan hari jadi ke-79 di Gereja Santo Yusup Blitar, Jawa Timur, Minggu, 17/10. Tema HUT yang diusung adalah “Dengan Semangat Persekutuan Keluarga, Kita Tingkatkan Kesejahteraan Umat”.

ROMO MAIN KETOPRAK
Guna menggalang dana pembangunan Wisma Uskup Keuskupan Agung Semarang, umat Katolik Kevikepan Surakarta mengadakan pentas Ketoprak di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.


(EKSPONEN)
Justinus Yanto J. Wibisono : Mengalirkan Kasih Lewat ”Ayo Sekolah”
Program Ayo Sekolah dan Ayo Kuliah di Paroki Santo Thomas Rasul (Sathora), Bojong Indah, Jakarta Barat, tak lepas dari sosok Justinus Yanto Jayadi Wibisono (43). Dia adalah inisiator program ini, dan saat ini ia menjadi Ketua Program Ayo Sekolah dan Ketua Seksi Pendidikan Paroki Sathora. Program yang baru berjalan empat tahun ini telah merambah ke paroki-paroki lain. Di Paroki Sathora sendiri ada 168 anak ikut Program Ayo Sekolah, 16 di antara mereka di Ayo Kuliah.


(KESAKSIAN)
Bersyukur, Masih Bisa Melatih Tenis
Yoseph Permadi sudah 35 tahun menjadi pelatih tenis. Sebenarnya, ia adalah pedagang roti dan minuman. Selain berjualan, ia juga hobi olahraga tenis. Maka, ia pun mencoba menjadi pelatih tenis. Awalnya, muridnya hanya satu orang. Pembangunan terus berkembang di Kabupaten Wonosobo. Lahan yang biasa dijadikan tempat berjualan oleh Permadi harus direlakan untuk pembangunan sebuah masjid.


(KONTAK-KONTAK)
Sejenak Beranjak dari Belitan Persoalan
Anggota Kontak-Kontak yang terkasih, tak terelakkan kita semua pernah mengalami krisis. Sebab, hidup adalah rangkaian krisis dan masalah. Lepas dari masalah satu akan ada masalah lain. Tak seorang pun bisa menghindarinya. Hanya cara menghadapi dan mengatasinya yang mungkin berbeda.


(MIMBAR)
Penyuluh Agama Katolik (Oleh: Eduardus B. Sihaloho SAg)
Sampai dekade 90-an, umum diketahui bahwa ada dua nama populer berkaitan dengan penyuluh, yakni Penyuluh Keluarga Berencana dan Penyuluh Pertanian. Namun, beberapa tahun belakangan, muncul beberapa jenis penyuluh. Salahsatunya, penyuluh agama.


(APA DAN SIAPA)
Laura Hukom : Berfokus pada Anak
Chrislinda Rusiana ADM : Suster Tani
Boy Tirayoh : Jadi Mandor
OBITUARI ; Ambrosius Adiwardaya Pr : Pergi Saat Menjadi Relawan


(JENDELA)
CU Karya Bersama, Kediri : Bertekad Menyejahterakan Petani
Ruangan itu hanya diisi empat kursi tamu. Kursi-kursi ini meng hadap ke meja penerima tamu. Sebuah kipas angin menderu-deru untuk mengurangi udara panas siang terik itu. Di dinding terpampang sebuah artikel mengenai koperasi yang pernah ditulis di Majalah HIDUP. Di balik meja itu, dua gadis manis siap menerima tamu. Seorang laki-laki setengah baya yang akan menyetor uang, sedang dilayani salah seorang dari gadis-gadis tersebut.


(RENUNGAN HARIAN)
Mengusung yang Lumpuh (Oleh: Dr V. Indra Sanjaya Pr)
Episode yang dikisahkan dalam Injil kali ini rasanya sudah amat dikenal. Ketika Yesus sedang mengajar, datanglah beberapa orang yang mengusung seorang lumpuh untuk menghadap Yesus memohon kesembuhan. Akan tetapi karena begitu banyak orang berkumpul di situ, maka mereka harus membuka atap rumah dan menurunkan si lumpuh dengan tempat tidurnya dari situ sehingga ia dapat sampai ke hadapan Yesus.


(MANCANEGARA)
Hymne World Youth Day 2011
Hymne World Youth Day 2011 berjudul “Firmes en la Fe” atau “Firm in the Faith” (Mantap dalam Iman) diterbitkan di Madrid Spanyol, Selasa, 9/11. Hymne ini didasarkan pada kata- kata Santo Paulus dalam suratnya kepada Jemaat di Kolose, yang berbunyi: “Kita berjalan di dalam Kristus”.

Paus Berziarah ke Santiago de Compostela
Paus Benediktus XVI mengunjungi Spanyol, Sabtu, 6/11. “Aku datang sebagai peziarah di Tahun Kudus Compostela, dan aku membawa kasih Kristus di hatiku,” demikian Bapa Suci. ”Kasih yang sama, yang memimpin Rasul Paulus memulai perjalanannya,” lanjutnya. Itulah kata-kata pertama Bapa Suci, setelah mendarat di Santiago de Compostela.

Pekan Damai Mindanau
Sekitar 20.000 umat Muslim dan Kristiani bergabung dalam parade selama dua jam di Zamboanga, Filipina, Kamis, 25/11. Parade ini menandai dimulainya “Pekan Damai Mindanau”. Sebagaimana dilaporkan ucanews.com, wakil-wakil dari organisasi sipil dan militer, kelompok pengusaha dan pekerja, serta masyarakat miskin perkotaan juga bergabung.

Perawatan bagi Korban Katedral Bagdad
Sebanyak 26 korban dari mereka yang terluka akibat serangan teroris di Katedral Katolik Siria di Bagdad, Irak, dibawa ke Roma untuk mendapatkan perawatan. Sebagaimana dilansir catolicnewsagency.com, Rumah Sakit Gemelli Roma menerima 17 perempuan, tujuh pria, dan tiga anak-anak pada Kamis, 12/11. Mereka dibawa dengan pesawat militer.

Para Uskup
Mgr Francisco Batistela CSsR, Uskup Emeritus Bom Jesus da Lapa, Baia, Brasil, wafat dalam usia 79 tahun, 20 Oktober 2010. Mgr Francisco menjadi Uskup Bom Jesus da Lapa selama sembilan tahun. Ia pensiun pada 28 Januari 2009. Uskup kelahiran Cerquilho, Brasil, ini ditahbiskan sebagai Uskup Bom Jesus da Lapa, 1 Juli 1990.


(KONSULTASI IMAN)
Murid Pertama Yesus (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Secara biologis, Bunda Maria melahirkan Yesus. Tetapi mengapa dikatakan bahwa Bunda Maria adalah murid Yesus yang pertama, bahkan orang pertama yang mendengar Injil Yesus Kristus? Bukankah pewartaan Injil baru terjadi setelah Pentakosta? Mohon penjelasan.

Yulita Ekasari Muliana, Semarang


(CERPEN)
Pater Wim (Oleh: Sylvia Marsidi)
Ragu-ragu aku memasuki rumah itu. Sepi sekali. Tapi, laki-laki di depan menguatkan aku. “Masuk saja, Bu. Beliau ada di dalam.” Perlahan aku melangkah. Di kursi itu, kulihat sosok tubuh renta itu tertidur pulas.


(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Suster-Suster Amalkasih Darah Mulia : Putri Darah Mulia
Kongregasi Suster-Suster Amalkasih Darah Mulia (ADM) didirikan Sr Seraphine Spickermann yang lahir di Reinbach, Jerman Barat, 30 April 1819. Semenjak kanak-kanak, Seraphine hidup dalam kemiskinan. Dalam situasi ini, ia banyak belajar dari sang bunda, Yosepha Assenmacher, yang senantiasa mencari kekuatan dalam doa dan iman. Saat berusia 23 tahun, ia masuk Biara Suster Cintakasih St Carolus Boromeus di Maastricht, Belanda dan menerima nama Sr Seraphine.

(KONSULTASI KELUARGA)
Si Romantis (Oleh: H.M.E. Widiyatmadi)
Sabtu malam itu, Ike (bukan nama asli) merasa terlambung di puncak kehidupan. Tepat pada hari ulang tahunnya ke-27, seorang cowok perlente (sebut saja namanya Sony), rekan sekantor yang telah lama diidamkannya, datang kepadanya dan mengungkapkan perasaan cintanya melalui pembacaan surat puitis sepanjang tiga setengah halaman. Jauh sebelum momen itu terjadi, sebenarnya Ike juga telah menyimpan perasaan khusus terhadap Sony.


SUPLEMEN JEJAK – PAGUYUBAN GEMBALA UTAMA
PGU, Lingkaran Sahabat, dan BKBLII Pererat Kerjasama
Sejumlah anggota Paguyuban Gembala Utama (PGU) hadir di dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Badan Koordinasi Bina Lanjut Imam Indonesia (BKBLII), di Lantai 13 Gedung Yustinus, Unika Atma Jaya Jakarta, Sabtu, 23/10. Dari BKBLII, hadir ex-officio Wakil Ketua BKBLII (Sekretaris Eksekutif Komisi Seminari KWI) - Pastor Dominikus Bagus Kusumawanta Pr, Sekretaris BKBLII - Pastor Antonius Andri Atmaka OMI, dan dua anggota, yakni Bernadette N. Setiadi dan Didiek Dwinarmiyadi.

Albertus Herwanto OCarm : Imam Karmelit yang Pantang Menyerah
Sejak September 2007, Pastor Albertus Herwanto diangkat menjadi Asisten Jenderal Ordo Karmel. Ia pun berkantor di Roma, karena harus mengikuti pertemuan-pertemuan internasional di sana. Sebagai Asisten Jenderal, ia diminta menangani pelbagai permasalahan di Asia. Dalam hal ini, termasuk Australia dan Oceania. Dulu Asia dan Afrika ditangani oleh satu Asisten Jenderal.

Membangun Sakramen Politik
Ada salah kaprah dalam mengartikan politik dan berpolitik di negeri kita. Kenyataan itu menyedihkan dan memprihatinkan, tetapi terutama mengkhawatirkan, karena dapat mengancam kehidupan yang bermartabat. Demikian dikatakan Direktur Program Pasca-Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Prof Dr Antonius Eddy Kristiyanto OFM, di hadapan...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: