Edisi 50 Gereja Peduli Korban Merapi

Sajian Utama:
Letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah Selasa, 26 Oktober 2010 dan letusan berikutnya telah melumatkan banyak warga yang tinggal di lereng Merapi, termasuk ladang dan ternak mereka. Kondisi yang memilukan itu menggugah empati masyarakat, tak terkecuali Gereja di Keuskupan Agung Semarang (KAS). Melalui Karina KAS, Gereja (imam, biarawan-biarawati, umat) cepat berkoordinasi membentuk tim dan posko tanggap darurat di sejumlah lokasi, seminari, sekolah Katolik, rumah sakit yang ada di Pakem, Muntilan dan Yogyakarta. Mereka membuka diri untuk para korban Merapi. Administrator KAS Pastor Riana Prapdi Pr menandaskan bahwa umat sangat trengginas menanggapi situasi darurat itu. Itulah wujud Gereja universal.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Kepedulian di Balik Derita Merapi
Ketika Gunung Merapi meletus untuk pertama kali, Selasa, 26/10, Yohanes Sukisno yang tinggal di Dusun Gemer, sekitar delapan kilometer, dari puncak Merapi, sedang bercengkerama dengan istri dan dua anaknya di kamar. Tiba-tiba, mereka dikejutkan oleh seseorang di luar rumah yang meneriakkan bahwa Merapi meletus. Hujan abu dan pasir panas mengguyur dusun tersebut. Suara gemuruh terus terdengar.

Galeri Foto

Membangun Kembali Kehidupan Merapi
Umat sangat trengginas (cekatan) menghadapi bencana Merapi.Demikian diungkapkan Administrator Keuskupan Agung Semarang, Pastor Pius Riana Prapdi Pr saat ditemui di Pos Pengungsian Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta, Jumat, 19/11.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Berhitung Luka
Bencana Merapi 2010 ini dikatakan paling buruk sesudah bencana Merapi 1870. Kini, sesudah lebih dari satu bulan bencana itu berlangsung, saatnya kita menghitung luka dan korban. Menurut catatan akhir-akhir ini, ledakan Merapi dikatakan telah mengakibatkan 270 jiwa melayang, sekitar 350 ribu orang mengungsi, dan total kerugian kurang lebih 5 triliun rupiah.


(KABAR JAKARTA)
LKD OMK se-Dekanat Bekasi
Paguyuban Persaudaraan Paulus mengadakan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) untuk Orang Muda Katolik (OMK) se-Dekanat Bekasi di Wisma Samadi Klender, 26-28/11. Latihan Kepemimpinan Dasar ini diikuti 48 peserta yang mewakili OMK Paroki-paroki se-Dekanat Bekasi, yaitu Paroki St Arnoldus Jansen, Paroki Sta Klara Bekasi Utara, St Mikael Kranji, Paroki Ibu Teresa Cikarang, Paroki Kalvari Pondok Gede, Paroki St Servatius Kampung Sawah, Paroki St Bartolomeus Taman Galaxi, Paroki St Leo Agung Jatibening, dan Stasi St Albertus Harapan Indah Bekasi.

HUT ke-16 Ritz Tour
Ritz Tour and Travel merayakan hari jadinya. Peringatan diadakan di Gedung Pusat Ritz Tour and Travel Balikpapan, Jakarta Pusat, Senin, 18/11. Acara ditandai dengan Misa yang dipersembahkan Pastor Ignatius Tari MSF yang pernah mendampingi rombongan Ritz Tour and Travel berziarah ke luar negeri.

Edufair Gonzaga
SMA Aloysius Gonzaga menggelar Education Fair (Edufair) Perguruan Tinggi dan Panggilan di kompleks persekolahan SMA Aloysius Gonzaga Pejaten, Jakarta Selatan, Sabtu-Minggu, 27-28/11. Acara yang mengangkat tema “Melangkah dengan Pasti” ini dibuka Rektor Seminari Wacana Bhakti, Pastor Th. Sarjumunarsa SJ. Edufair ini terbuka untuk umum. Siswa di luar Gonzaga diberi kesempatan mengikuti edufair.

Jurnalistik untuk Guru
Komisi Kateketik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik bagi guru-guru agama Katolik di Gedung Karya Pastoral (GKP) Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu, 20/11 dan Sabtu, 27/11. Pelatihan yang diikuti 23 guru agama Katolik ini menghadirkan pembicara wartawan Majalah HIDUP Anton Sumarjana dan Maria Etty, serta penulis dan praktisi media cetak Her Suharyanto.

HUT ke-10 FKPA
Forum Komunikasi Panti Asuhan (FKPA) menutup rangkaian kegiatan ulang tahun ke-10 dengan Misa meriah di Panti Asuhan Vincentius Putra, Kramat, Jakarta Pusat, Jumat, 26/11. Dua uskup dan pastor Moderator FKPA memimpin Misa, yaitu Uskup Bandung Mgr Johanes Pujasumarta (sekarang Uskup Agung Semarang), Uskup Bogor Mgr Michael Cosmas Angkur OFM, dan Pastor Stephanus Bijanta CM.

STORM Saint Peter
SMA Saint Peter mengadakan Saint Peter's Sports and Arts Competition (STORM) 2010. STORM 2010 diikuti hampir 40 sekolah tingkat SMP dan SMA baik swasta maupun negeri, yang berpartisipasi dalam lomba futsal, basket, dan fotografi. Acara berlangsung di SMA Saint Peter Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin-Sabtu, 25-30/10.

Makan Gratis MKK
Untuk memperingati Hari Pangan se-Dunia 2010, Seksi Pengembangan Sosial dan Ekonomi Paroki Maria Kusuma Karmel (PSE MKK) Meruya, Jakarta Barat, mengadakan acara makan gratis makanan pengganti beras, seperti umbi-umbian yang direbus dan hasil olahan lainnya, Sabtu-Minggu, 30-31/10.

Misa Syukur Tarki Serpong
SMA Tarakanita Gading Serpong mempersembahkan Misa syukur atas pemberkatan gedung baru SMA dan Carolus Day, Kamis, 4/11. Misa dipersembahkan Pastor Maximianus Sriyanto SJ, Pastor Barnabas Nono Juarno OSC, dan Pastor Felix Supranto SSCC. Tema Misa “Splendidly Blooming of Compassionate Love”, Bersemi dan bercahaya dalam Berbela rasa.

TOM CICM
Untuk mengisi Perayaan Minggu Misi se-Dunia 2010, Mission Animation Team (MAT) Conggregatio Immaculati Cordis Mariae (CICM) mengadakan Temu Orang Muda (TOM) di Komunitas Skolastikat CICM Sang Tunas, Pondok Bambu, Jakarta Timur, Minggu, 7/11.

Pemberkatan Kolam
Taman Kanak-Kanak Bunda Hati Kudus mengadakan pemberkatan kolam renang di kompleks persekolahan KB/TK Bunda Hati Kudus Grogol, Jakarta Barat, Sabtu, 13/11. Kolam renang ini digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan melengkapi sarana prasarana di KB/TK Bunda Hati Kudus Grogol.


(NUSANTARA)
HUT ke-60 Stella Maris
Seminari Stella Maris Bogor merayakan HUT ke-60 dengan Misa konselebrasi yang dipimpin Uskup Bogor, Mgr Michael Cosmas Angkur OFM, di Seminari Stella Maris Bogor, Jawa Barat, Minggu, 28/11. Uskup Bogor, Mgr Michael Cosmas Angkur OFM, memimpin Misa didampingi Rektor Seminari Stella Maris, Pastor Nikaus Jatmiko Pr. Acara ini dihadiri sekitar 650 undangan.

Seminar Anti Kekerasan
Puluhan orang memenuhi aula Sekolah Menengah Kejuruan Katolik (SMKK) Kusuma Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu, 20/11. Mereka mengikuti dialog publik yang diadakan Forum Peduli Perempuan dan Anak (FPPA) dengan tema ”Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Trafiking”. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan serta deklarasi anti kekerasan terhadap perempuan yang disahkan oleh Sidang Umum PBB ke-85 pada 20 Desember 1993.

Pemberkatan Wisma Giovani
Panti Asuhan Wisma Giovani, wisma milik Yayasan Awam Bina Amal Sejati (ABAS), di Desa Tonjong, Parung, Bogor, Jawa Barat, diberkati, Sabtu, 6/11. Pimpinan Abas, Maria Rosa, mengadakan acara syukuran sekaligus pemberkatan. Sekitar 300 orang hadir dalam acara tersebut. Tak sedikit para bruder, suster, aktivis Gereja, dan para relawan ikut larut dalam kebahagiaan hari itu.

Konvenas OMK
Orang Muda Katolik (OMK) dari seluruh Indonesia menghadiri Konvensi Nasional (Konvenas) Muda Mudi Katolik IV yang diselenggarakan di Bukit Doa Immanuel (BDI), Prigen, Jawa Timur, Kamis, 28/10-Minggu, 31/10. Konvenas bertema ”Be A Blessing Servant Leader” ini dihadiri sekitar 280 peserta dan 35 fasilitator, serta puluhan undangan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Tahbisan Diakon Sanggau
Uskup Sanggau, Mgr Yulius Mencuccini CP, menahbiskan empat diakon Keuskupan Sanggau di Paroki Pusat Damai, Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu, 24/11. Monsinyur Mencuccini memimpin Misa secara konselebrasi didampingi Provinsial Passionis Indonesia, Pastor Sabinus Lohin CP, dan Vikaris Jenderal Keuskupan Sanggau, Pastor Bartolomeus Tolo Pr.

Temu Pasutri Depok
Para pasangan suami-istri (pasutri) se-Dekanat Utara Keuskupan Bogor menghadiri Temu Pasutri yang diadakan sejak pukul 08.30 WIB di Paroki Santo Thomas, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Rabu, 17/11. Acara dihadiri sekitar 500 orang atau 250 pasutri. Dekanat Utara di wilayah Depok terdiri dari enam paroki, yakni Paroki Santo Thomas, Paroki Paulus Depok Lama, Paroki Herkulanus Depok I, Paroki Markus Depok II Timur, Paroki Santo Matheus Depok II Tengah, dan Paroki St Mathias Cinere, Jakarta Selatan.

Gerakan Tanam WKRI
Minggu pagi, 21/11, di halaman luar lapangan Sawangan Golf Resort Depok, Jawa Barat, belasan orang sibuk melakukan pemilihan bibit pohon. Ada sekitar seribu bibit pohon yang terdiri dari pohon pelindung dan pohon buah. Mereka adalah pengurus Wanita Katolik Republik Indonesia Dewan Pengurus Daerah (WKRI-DPD) Jakarta, pihak manajemen PT Pakuan Sawangan Golf, bersama pengurus WKRI Cabang Santo Barnabas Pamulang, Tangerang, Banten.

WORKSHOP GURU KATOLIK
Suster-Suster Carolus Borromeus (CB) mengadakan workshop untuk para guru sekolah Katolik di kompleks Susteran CB, Tanjung Senang, Bandar Lampung, Lampung, Sumatra Selatan, Kamis, 14/10 – Minggu, 17/10.

PESTA EMAS SUSTER KYM
Para suster Kongregasi Kasih Yesus dan Maria Bunda Pertolongan Baik (KYM) Provinsi Indonesia merayakan pesta syukur atas ketiga susternya yang merayakan pesta perak dan pesta emas membiara. Mereka adalah Suster Bernadette Purba dan Suster Regina Nainggolan yang merayakan 50 tahun membiara, dan Suster Agatha Sinaga yang merayakan 25 tahun membiara.

HUT ke-45 PAROKI JETIS
Umat Paroki Santo Albertus Agung Jetis, Yogyakarta merayakan Ekaristi syukur hari ulang tahun ke-45 paroki, Minggu, 21/11 di Gereja Santo Albertus Agung Jetis, Yogyakarta. Dekorasi altar yang dikreasikan dari hasil alam - buah, sayur, biji-bijian - diiringi dengan ramuan paduan suara dan musik keroncong menjadikan perayaan syukur ini berjalan khidmat.

HUT PELINDUNG RSK BLITAR
Para suster dan karyawan yang berkarya di Rumah Sakit Katolik (RSK) Budi Rahayu Blitar, Jawa Timur memperingati hari raya pelindungnya, Santa Elisabet dari Hungaria, di RSK Budi Rahayu, Sabtu, 20/11. Pada pukul 11.00 WIB, dari aula lantai tiga RSK Budi Rahayu Blitar terdengarlah sayup-sayup lagu Santa Elisabet yang dikumandangkan Arnold Song Choir.

TEMU REMAKA PALEMBANG 2010
Karya Kepausan Indonesia (KKI) Keuskupan Agung Palembang menyelenggarakan Temu Remaja Katolik (Remaka) se-Dekanat I Palembang di Wismalat Podomoro, Palembang, Sumatra Selatan, Jumat, 19/11-Minggu, 21/11. Sekitar 225 remaja Katolik tingkat SMP dari sekolah-sekolah Katolik di Palembang mengikuti acara tersebut.


(MANCANEGARA)
Konferensi ”Pastoral bagi Orang Jalanan”
Konferensi tentang Layanan Pastoral bagi Orang Jalanan berlangsung di Baan Phu Waan Pastoral Training Center, Bangkok-Thailand, 19-23/10. Pertemuan semacam ini pernah berlangsung pada 1980, di Bogota, untuk kawasan Amerika Latin, dan tahun 2009 di Roma untuk kawasan Eropa.

Para Uskup
Mgr John Gerard Noonan, Uskup Auksilier Miami, Florida, USA, yang ditahbiskan sebagai Uskup Tituler Bonusta, 24 Agustus 2005, ditunjuk sebagai Uskup Orlando, Florida pada 23 Oktober 2010. Takhta Keuskupan Orlando sebelumnya lowong, sejak Mgr Thomas Gerard Wenski ditunjuk sebagai Uskup Agung Miami pada 20 April 2010.


(KONSULTASI IMAN)
Orang-orang Majus (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Siapakah orang-orang Majus itu? Apa arti kehadiran orang Majus dalam kelahiran Yesus? Apakah kisah tentang orang-orang Majus hanya rekayasa Matius untuk memberikan bumbu indah pada kisah kelahiran Yesus? Mohon pencerahan.

Paulus Hadi Sigit, Malang


(APA DAN SIAPA)
Rob Stigter OSC : Si Bruce dan Sepeda
Leonardus Murbandono Hadisumitro : Menengok Cucu
OBITUARI: Br Albert Eickenbusch CSsR (Januari 1929 - Oktober 2010) : 25 Tahun 250 Proyek


(KESAKSIAN)
Tuhan Telah Mengubah Hidupnya
Heribertus Antoni (40) tidak pernah menyangka Tuhan telah mengubah jalan hidupnya. Hidupnya telah mapan. Ia tinggal di sebuah apartemen mewah di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pekerjaannya menjanjikan. Ia pun telah memiliki calon pendamping hidup. Apalagi yang ia cari? Namun, suatu hari ia mendapat cobaan dari Tuhan. Ia menderita penyakit langka. Psoriasis, penyakit perkembangan atau pergantian kulit yang sangat cepat hinggap di tubuhnya. Penyakit ini penyebabnya belum diketahui dan kapan sembuhnya belum diketahui ujung pangkalnya.


(ADVETORIAL)
MENJADI LEBIH
Ad Maiora Natus Sum, “Aku lahir untuk sesuatu yang lebih”. Semboyan itu terus menerus diucapkan dan ditampilkan dalam layar besar yang terpampang di panggung per tunjukan Gelar Seni perayaan puncak 80 tahun Sekolah Santo Aloysius, Ra bu (20/10/2010), di Sasana Budaya Ganesha, Bandung.


(JENDELA)
Ikatan Persaudaraan Guru Agama Katolik (IPERGAK) : Merasa Tidak Sendiri
Menjadi guru agama Katolik di sekolah negeri tidaklah mudah. Pada periode awal mengajar agama Katolik di SMAN 6 Jakarta, Thomas Magor (43) mengalami masa yang sulit. Ruang kelas dan jam pelajaran agama Katolik tidak disediakan oleh pihak sekolah. “Anak-anak belajar agama setelah pulang sekolah. Anak-anak, ya sudah capek. Karena jam makan siang, ada juga yang minta izin untuk makan, tetapi malah tidak kembali,” kisah Thomas.

Mengenal IPERGAK
IPERGAK resmi berdiri pada 29 November 2009. Visinya, persaudaraan sejati guru agama Katolik atau katekis yang berdaya pikat dan berdaya tahan. IPERGAK berkedudukan di Jl Swadaya I No 13, RT 017/RW 09, Kelurahan Pejaten Timur, Kec Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.


(RENUNGAN HARIAN)
Kuasa (Oleh: Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: Serambi Bait Allah ada di sebelah selatan dan timur halaman orang kafir. Di serambi itu berdiri 162 tiang marmer putih dengan diameter 1,8 m dan tinggi 9 m. Di sela-sela tiang itulah para rabi Yahudi biasa berjalan-jalan sambil mengajar.


(EKSPONEN)
Theodorius Amelwatin Pr: Apa pun Jabatannya, Dia adalah Imam
Sosok imam ini khas pria Ambon: tinggi, hitam manis, beralis tebal, dan berambut sedikit keriting. Yang membedakannya dengan pria Ambon lainnya adalah tugas dan jabatannya yang cukup “sentral” di Keuskupan Amboina. Pastor Theodorius Amelwatin Pr (30), adalah Ekonom Keuskupan Amboina dan Ketua Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan.


(CERPEN)
Tangisan Yanti
Yanti, nama yang cantik, secantik pemiliknya. Nama yang penuh arti. Nama yang sering terdengar ketika orangtua menasihati anak gadisnya. Ayahnya telah lama pergi menghadap Sang Khalik. Ayahnya pergi ketika ia masih berumur 14 tahun. Umur di mana seorang anak masih sangat membutuhkan belaian kasih sayang seorang ayah. Umur yang masih secara penuh bergantung pada ayah. Umur di mana seseorang belum mampu berdikari.


(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Suster-Suster OSA: Putri-Putri Augustinus
Berdasarkan semangat dan spiritualitas melayani orang kecil di rumah sakit di beberapa kota di Belanda, para Suster St Augustinus dari Kerahiman Allah (OSA) ditugaskan di Rumah Sakit Pemerintah di Ketapang, Kalimantan Barat. Kongregasi ini didirikan oleh Mgr Hermanus Lambertus Spoorman. Ia lahir di Kota Leiden, Belanda, 6 November 1837. Sesudah lulus SD, ia masuk Seminari Hageveld dan dilanjutkan di Warmond. Pada 15 Agustus 1860, ia ditahbiskan sebagai imam di Keuskupan Haarlem.


(KONSULTASI KELUARGA)
Menghadapi Kehamilan yang Tidak Direncanakan (Oleh: Th. Dewi Setyorini)
Kehamilan merupakan sebuah proses yang bagi sebagian besar perempuan merupakan bukti akan eksistensi mereka sebagai perempuan. Kehamilan adalah bagian dari proses hidup yang dinanti banyak pasangan. Tentu saja kehadiran anggota keluarga baru merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri yang nantinya diharapkan meramaikan keluarga. Terlebih jika kehadirannya memang sangat diharapkan. Seakan mimpi yang terwujud atau sebuah doa yang terkabul. Berbeda jika kehamilan ini tidak diharapkan atau bahkan di luar perencanaan sama sekali.


(TEROPONG)
Kado Akhir Tahun (Oleh: Puspitasari)
Menjelang akhir tahun, Indonesia mendapatkan banyak kado, mulai dari bencana alam yang terjadi di Wasior, Mentawai, Merapi, dan Bromo, sampai pada berita mengenai penderitaan Sumiati yang mengalami penganiayaan di Arab Saudi. Bukan kado yang menyenangkan tentu, dan meninggalkan catatan kelam dalam sejarah pemenuhan harapan masyarakat kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: