Edisi 51 Spirit Natal di Mahakam Ulu

Sajian Utama:
Menjelang Natal 2010, HIDUP bertandang ke sejumlah paroki di Kevikepan Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Seperti paroki-paroki lain di luar Kalimantan Timur, umat sudah mulai menunjukkan semangat Natalnya. HIDUP juga merasakan langsung reksa pastoral paroki di pedalaman. Kondisi alam dan umat pun menantang. Sehingga para pastor harus melakukan jurus-jurus pastoral tersendiri. Apalagi Uskup Agung Samarinda, Mgr Florentinus Sului MSF telah menekankan pentingnya semangat kemandirian paroki dan umatnya. Dari kemandirian umat itulah nantinya diharapkan menjadi umat yang misioner.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Menunggu Natal di Mahakam Ulu
Pertengahan November, semarak Natal di wilayah Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kalimantan Timur, seperti Barong Tongkok dan di kota-kota kecamatan sekitarnya belum terasa. Lampu-lampu dan pernak-pernik Natal belum terpajang. Alunan suara lagu-lagu Natal pun belum terdengar.

Gregorius Syamsudin MSF : Imam, di Pinggir Mahakam
Imam kelahiran Tamiang Layang Barito Timur, Kalimantan Tengah, 23 Mei 1971 ini menjadi pastor Paroki Keluarga Suci Tering, sejak tahun 2007. Ia ditahbiskan imam pada 24 September 2000. Jumlah umat yang harus ia layani di paroki yang sudah berusia 75 tahun ini sebanyak 3.926 jiwa.

Laham, Pusat Misi Kalimantan Timur
Laham di Mahakam Ulu, Kutai Barat dikenal sebagai Pusat Misi Pertama di Kalimantan Timur. Misionaris Kapusin dari Vikariat Borneo yang berpusat di Pontianak pertama menginjakkan kaki di Laham, tahun 1907 untuk mulai berkarya. Lalu, bagaimana tantangan dan perkembangannya setelah 100 tahun karya Misi Gereja?

Mgr Florentinus Sului Hajang Hau MSF: Umat Pedalaman Harus Mandiri
Di malam nan sepi, di ruang makan hanya terdengar suara katak. Saat itu, Uskup Agung Samarinda, Mgr Florentinus Sului Hajang Hau MSF, keluar dari kamarnya dengan mengenakan baju santai berupa baju batik, kopiah, dan celana komprang hitam, serta berkalung salib. Itulah gaya penampilan Uskup kelahiran Tering, 11 Desember 1948.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Menjelang Natal
Cara mengelola paroki, keuskupan atau organisasi apa saja di lingkungan Gereja kini mengalami perubahan. Mengelola umat sekarang menuntut teknik-teknik yang baru sama sekali. Perubahan itu terwujud dalam simbol-simbol komputer, internet, digital, mobile phone.



(KABAR JAKARTA)
Misa Suro Paroki Bidaracina
Umat Katolik Paroki Santo Antonius Padua, Bidaracina, Jakarta Timur merayakan tahun baru Jawa dengan Misa inkulturasi, Senin, 6/12. Sekitar 1000 umat menghadiri misa satu suro yang semua dirayakan dengan bahasa Jawa. Gereja Paroki Santo Antonius Padua baru pertama kali mengadakan Misa malam satu suro 1944 atau tahun baru Jawa.

Seminar Kerahiman Ilahi
Komunitas Kerahiman Ilahi (KKI) Bekasi dan KKI Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengadakan Seminar Sehari Kerahiman Ilahi di Paroki Santo Bartolomeus, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 17/11. Acara menghadirkan narasumber Dra Estherina A.D., Pastor Yohanes Dwi Harsanto Pr, Ernest Maryanto, Henricus Nelson Riki Fadjar MM dengan moderator Pastor Dionisius Kelen OFM.

Penerimaan Postulan OFS
Misa syukur penerimaan postulan Ordo Fransiskan Sekular (OFS) diadakan di Paroki St Clara, Bekasi Utara, Jawa Barat, Sabtu, 27/11. Sebelumnya, 21 aspiran OFS ini menjalani rekoleksi sepanjang hari dengan Pastor Pendamping Alexander Silaen OFMCap.

LAETITIA JADI PETUGAS KOOR
Yayasan Laetitia merayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam dengan menjadi petugas paduan suara dalam Perayaan Ekaristi di Gereja St Kristoforus Grogol, Jakarta Barat, Sabtu, 20/11 dan Minggu, 21/11.

SEMINAR SMP BELLARMINUS
SMP Santo Robertus Bellarminus mengadakan seminar bertema “Membangun Sinergi Antara Orangtua Siswa dan Sekolah” di kompleks persekolahan SMP Santo Robertus Bellarminus Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 23/10.

LDK SMP STRADA NAWAR
SMP Strada Nawar Bekasi mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di SMP Strada Nawar Bekasi, Jawa Barat, Minggu, 14/11. LDK bertema “Calling to Lead”, panggilan untuk memimpin, ini dikuti 50 pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

DIALOG ANTARAGAMA STF
Seksi Diskusi Senat Mahasiswa (SEMA) Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara menyelenggarakan dialog antaragama di STF Driyarkara, Rawasari, Jakarta Pusat, Senin, 22/11. Diskusi yang bertema “Pluralisme dan Kebebasan Beragama dalam...

KRISMA PAROKI GROGOL
Sekitar 500 umat menerima Sakramen Krisma di Gereja Santo Kristoforus Grogol, Jakarta Barat, Minggu, 28/11. Uskup Agung Jakarta (KAJ), Mgr Ignatius Suharyo, dan Uskup Emeritus Keuskupan Sorong-Manukwari, Mgr F.X. Hadisumarta OCarm, berkenan menerimakan sakramen tersebut.



(NUSANTARA)
Workshop Musik Liturgi
Paroki Santo Yusup Jember mengadakan Workshop Regional Nyanyian Liturgi Inkulturasi dan Musik Suci serta Pembinaan Massal Paduan Suara Gerejawi di Paroki Santo Yusup Jember, Jawa Timur, Selasa-Rabu, 16-17/11. Acara ini diikuti sepuluh paroki se-Regio Timur Keuskupan Malang.

Kreasi Pengungsi Merapi
Usai Perayaan Ekaristi di Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung, Yogyakarta, Minggu, 21/11, suasana di depan gereja tidak seperti biasanya. Banyak orang berkerumun di sisi jalan, berseberangan dengan pintu masuk gereja. Mereka melihat hasil karya ibu-ibu dari Lereng Merapi yang mengungsi di Posko Postulat-Novisiat Carolus Borromeus (CB), Santren, Yogyakarta.

HUT Yayasan Yohanes Gabriel
Diiringi prosesi yang terdiri dari cucuk lampah, misdinar, para guru yang akan mendapat penghargaan dan para imam, Misa syukur HUT ke-85 Yayasan Yohanes Gabriel berlangsung. Misa diadakan di Paroki St Aloysius Gonzaga Kompleks Darmo Satelit, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 21/9. Misa dipimpin Vikjen Keuskupan Surabaya, Pastor Antonius Padua Dwi Joko Pr, bersama konselebran Pastor Yosep Eko Budi Susilo Pr dan Pastor Hans Kurniawan Pr selaku Ketua Yayasan Yohanes Gabriel Perwakilan I.

Misdinar Baru Paroki Depok
Paroki St Paulus Depok, Jawa Barat melaksanakan pelantikan misdinar dalam sebuah Perayaan Ekaristi di Paroki Santo Paulus Depok Jawa Barat, Minggu, 21/11. Misa dipimpin Pastor Markus Gunadi OFM. Sebanyak 22 anak dan remaja berusia antara 10-15 tahun menerima pakaian misdinar berwarna putih sebagai tanda resmi mereka bergabung dalam kelompok Misdinar St Paulus.

Pesta Nama Paroki Sosok
Paroki Kristus Raja Sosok, Kalimantan Barat merayakan pesta nama paroki, Minggu, 21/11. Berbagai kegiatan diadakan di Paroki Sosok, seperti seminar dan pertemuan para pemimpin umat se-Paroki Sosok, dewan pastoral paroki, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Pastor Baru Barong Tongkok
Paroki Kristus Raja Barong Tongkok Kutai Barat Kalimantan Timur mengadakan Misa syukur menyambut pastor rekan baru yaitu Pastor Hardianus Usat MSF dan tiga orang imam baru tarekat Missionariorum a Sacra Familia (MSF) di Paroki Kristus Raja, Rabu, 10/11. Perayaan liturgi yang diawali dengan iringan lagu pembukaan dan...

Kongres SEAMS Bali
Konferensi Pimpinan Tarekat Religius Indonesia (KOPTARI) mengkoordinir acara South East Asia Major Superior (SEAMS) XIV di Palm Beach Hotel, Bali, Selasa, 16/11-Minggu, 21/11. Acara ini merupakan forum pertemuan pimpinan tarekat religius Asia Tenggara yang digelar tiap tiga tahun sekali. Kongres dibuka dengan perayaan Ekaristi di Gereja St Fransiskus Xaverius Kuta, Bali yang dipimpin Mgr Leopoldo Girelli, Duta Besar Vatikan.


(MANCANEGARA)
Fransiskan di Nagasaki
Minister Jenderal Ordo Fratrum Minorum (OFM), Pastor Jose Rodriguez Carballo OFM, dan Definitor Jenderal untuk Asia-Oceania-Australia, Pastor Paskalis Bruno Syukur OFM, mengadakan kunjungan persaudaraan di Provinsi Para Martir, Jepang. Kota Metropolitan Tokyo adalah batu sendi yang pertama dipijak dalam kunjungan ini. Di kota inilah Pemimpin Provinsi Fransiskan Jepang berdomisili.


(KONTAK-KONTAK)
Memaafkan
Anggota Kontak-Kontak yang terkasih, kali ini pengasuh akan mengisahkan sebuah drama bertajuk “The Black Angel” karya Michael Christopher. Drama tersebut menceritakan tentang Herman Engel, seorang jenderal berkebangsaan Jerman pada masa Perang Dunia II. Atas kekejamannya semasa perang, Pengadilan Nuremberg menjatuhinya hukuman selama 30 tahun.


(KONSULTASI IMAN)
Silsilah Yesus Kristus (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Mencermati silsilah Yesus Kristus menurut Matius, khususnya Mat 1:16, apakah Yesus memang benar bisa disebut sebagai keturunan Daud, karena Bunda Maria mengalami kehamilan bukan dari Yusuf? Demikian pula, mengapa ayah Yusuf dalam silsilah Matius bernama Yakub, sedangkan dalam silsilah Lukas bernama Eli. Mana yang benar? Mengapa Matius menyebut hanya sampai Abraham? Mohon pencerahan.

Indriyani Sudigdo, Jakarta


(APA DAN SIAPA)
De Bisma Angel : Terasah di Gereja
Y. Thomas Tarenten - M. Rawina : Berkat Kesabaran


(JENDELA)
Sekolah St Fransiskus Asisi Jakarta : Menuju Sekolah Favorit dan Berkualitas
Musisi-musisi papan atas Indonesia Katon, Nugie, dan Addie MS, bahkan Presiden AS Barack Obama, pernah mengenyam pendidikan di sekolah Santo Fransiskus Asisi-Tebet, Jakarta Selatan. Kompleks sekolah Asisi yang terdiri da ri TK/KB, SD, SMP, SMK, SMA di tambah Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan (PPK) dan Balai kesehatan Masyarakat (Balkesmas) berada di Jl H. Ramli RT 05 RW 03, Menteng Dalam, sekitar 200 meter masuk dari jalan besar Jl Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan.


(EKSPONEN)
Ismail Thomas SH, MSi : Berbuat Adil Sesuai Porsinya
Hujan yang terus mengguyur Kota Barong Tongkok, Kutai Barat, Minggu pagi, 20 November 2010, tak menyurutkan niat Bupati Kutai Barat Ismail Thomas dan istrinya Lucia Mayo menghadiri Perayaan Ekaristi pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, pukul 08.00 WITA di Gereja Kristus Raja Barong Tongkok. Berbaju lengan panjang putih, bercelana hitam, Ismail Thomas duduk di bangku terdepan, bersama sang istri yang berbaju warna krem kembang-kembang.


(RENUNGAN HARIAN)
Perawan Pilihan (Oleh: Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: Dokter: “Anak gadis Ibu hamil!” Ibu: “Mustahil Dok… Mengapa Dokter terus memandangi langit?” Dokter: “Waktu Perawan Maria mengandung dan melahirkan seorang anak, ketiga orang Majus melihat bintang di langit. Siapa tahu bintang itu muncul lagi karena anak gadis Ibu yang masih perawan itu bisa hamil.”


(KESAKSIAN)
Tanda Salib di Dahi Perempuan Hamil
Magdalena Muti dikenal sebagai bidan desa yang melayani dengan sukacita dan tanpa menuntut balas. Banyak ibu hamil, terutama yang mengalami kesulitan saat melahirkan, ia bantu. Katanya, membantu melahirkan seorang bayi adalah perbuatan mulia karena turut memelihara kelangsungan hidup manusia ciptaan Tuhan.


(TEROPONG)
Farida (Oleh : Ignatius Haryanto)
Nama tengahnya hanya berbeda satu huruf dengan seorang pelukis wanita asal Meksiko yang sangat terkenal, Frida Kahlo. Frida yang sosoknya telah diangkat ke layar kaca ini dikenal memiliki cara pandang dan cara pengungkapan lewat kanvas yang unik. Wanita ini dikenal pula sebagai orang yang memiliki pendirian teguh.


(CERPEN)
Ziarah (Oleh : Maria Etty)
Senja belum usai. Jejaknya masih tersisa di barat tatkala aku tiba di Danau Galilea. Kutatap mentari yang nyaris lengser dari kaki langit. Semburat jingga berpendar dari bola penuh kemilau itu. Bersama rombongan ziarah yang kebanyakan kaum ibu dari Jakarta, aku hendak melintasi danau yang di Israel disebut Yam Kinneret, yang bentuknya mirip alat musik kecapi.


(KONSULTASI KELUARGA)
Sindrom Senin (Oleh : H.M.E. Widiyatmadi)
Setelah menikmati liburan weekend Sabtu-Minggu (ada yang hanya Minggu), sebagian (besar) dari kita yang bekerja (atau tengah menempuh pendidikan) kadang merasa kurang bersemangat saat menjelang memasuki hari Senin. Beberapa gejala yang sering menyertai, misalnya: bangun tidur kesiangan, badan terasa lemas, mau mandi pagi malas, perasaan rusuh, uring-uringan, salah pakai baju, kepala pusing, selera makan hilang, lupa hal penting, sakit perut, terlambat atau bahkan tidak masuk kerja/sekolah/kuliah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: