Edisi 02/2011 : Profesional Katolik

Sajian Utama:
Kiprah para profesional Katolik tentu memberikan warna tersendiri bagi Gereja. Mereka ikut menjadi pewarta keteladan iman kristiani di pelbagai perusahaan melalui bidang yang digelutinya. Di Jakarta sendiri, dalam membangun kebersamaan keimanan antarprofesional Katolik, mereka menggabungkan diri ke dalam sejumlah kelompok kategorial, antara lain SCBD, KKMK. Dalam bekerja, mereka juga memiliki prinsip-prinsip yang dipegangnya. Mereka menjadi the best, tak hanya bagi dirinya sendiri, tapi juga bagi perkembangan karyawan lainnya. Simaklah pernyataan Jongky, Ida Ayu, Linda Gozali, dan Bambang Yapri. Dari merekalah, pembaca dapat belajar pula.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Penghayatan Diri Sebagai Profesional
Pekerja yang baik bukanlah mereka yang bekerja rapi dan mendapat penilaian baik dari orang lain, tetapi pekerja yang mampu mengajarkan ilmu yang dimilikinya kepada pekerja lain yang membutuhkannya untuk berkembang. Bekerja tidaklah untuk diri sendiri tapi juga bagi orang lain, demikian nasihat seorang atasan kepada Linda Gozali.

Kerinduan untuk Berdoa Bersama
Sekitar tahun 1999, sekelompok karyawan yang bekerja di seputar Sudirman mengadakan Perayaan Ekaristi bersama. Kelompok inilah yang pada 2006, resmi diakui sebagai kelompok kategorial Keuskupan Agung Jakarta bernama Forum Karyawan Katolik Sudirman Central Bisnis Distric (Forkat SCBD). Latar belakang terbentuknya Forkat SCBD adalah kerinduan untuk berdoa bersama antarkaryawan.

Membangkitkan KKMK Paroki
Ke sana-kemari mencari kekasih, demikian Koordinator Komunitas Karyawan Muda Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KKMK KAJ), F.F.X. Jongky Sutiono, bergurau mengenai label umum yang biasa dilekatkan pada KKMK. Jongky mengakui, KKMK seringkali menjadi wadah cari jodoh yang seiman. Sebagian besar atau bahkan semua anggota KKMK masih single.

Laurentius Setya Antoro SCJ : Daya Hidup dalam Kerja
Sejak 2007, dengan berlatar belakang pendamping Kontak Suara Muda (KSM) Paroki Santo Stefanus Cilandak, Jakarta Selatan, Pastor Laurentius Setyo Antoro SCJ dipilih sebagai Moderator Komunitas Karyawan Muda Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KKMK KAJ). Sebagai moderator, Pastor Antoro SCJ mencoba menyediakan diri untuk diajak diskusi atau berbagi cerita.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Profesional Katolik
Datanglah ke kios-kios buku di emperan Pasar Senen, Jakarta. Di sana berderet toko-toko darurat yang menjual buku-buku bekas dan murah. Belasan warung menyediakan buku-buku pelajaran, banyak di antaranya edisi fotokopi, sehingga harga jauh lebih murah. Banyak tersedia juga buku-buku lama dan bagus serta menjadi klasik, dengan demikian tetap layak dibeli dan disimpan di rak perpustakaan.


(KABAR JAKARTA)
Yang Unik dari Natal
Natal di Keuskupan Agung Jakarta kali ini diwarnai dengan beberapa hal unik. Keunikan muncul di beberapa paroki yang mencoba mengartikan Natal dengan cara yang berbeda. Di Paroki Santo Servatius Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat misalnya. Di tempat ini ada pohon Natal dari kincir warna-warni yang ditempatkan di panti imam sebelah kanan altar. Ini merupakan perwujudan dari perayaan Natal yang mengusung tema keluarga. Kincir warna-warni adalah simbol kehidupan manusia sebagai pribadi yang unik dan berbeda dalam keluarga yang beraneka ragam.

Misa Pontifikal Pertama
Untuk pertama kalinya, Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo memimpin Misa Pontifikal Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu, 25/12. Ekaristi berlangsung pada pukul 09.00 WIB. Uskup memimpin Misa bersama Nuntius Apostolik Vatikan Mgr Leopoldo Girelli, Pastor Adrianus Padmaseputra SJ, Pastor Stephanus Royke Djakarya Pr, dan Pastor Antonius Suhardi Antoro Pr.EKARISTI berlangsung pada pukul 09.00 WIB. Uskup memimpin Misa bersama Nuntius Apostolik Vatikan Mgr Leopoldo Girelli, Pastor Adrianus Padmaseputra SJ, Pastor Stephanus Royke Djakarya Pr, dan Pastor Antonius Suhardi Antoro Pr.

Retret Mater Dei
Melaksanakan tugas pelayanan yang terus-menerus sebagai pendidik di sepanjang tahun adalah suatu karya yang agung dari Tuhan sendiri. Namun, pelayanan yang terus-menerus juga membutuhkan saat hening atau saat untuk istirahat menimba kekuatan baru dari Tuhan. Oleh karena itu, SMA Katolik Mater Dei Pamulang, Tangerang, Banten mengadakan retret penyegaran di Rumah Retret Canossa, Bintaro, Tangerang, Jumat-Sabtu, 26-27/11.

HUT ke-148 CICM
Kongregasi Hati Tak Bernoda Maria - Congregatio Immaculati Cordis Mariae (CICM) – memperingati hari jadi ke-148 di Gereja Santo Thomas Rasul Bojong Indah, Jakarta Barat, Minggu, 28/11. Peringatan ditandai dengan Misa konselebrasi yang dipimpin Provinsial CICM Provinsi Indonesia, Pastor Antonius Hestasusilo CICM. Hadir dalam perayaan tersebut Friends of CICM (FoC)- simpatisan CICM, umat, dan undangan.

Konser Natal JCYC
Auditorium Universitas Tarumanagara Grogol, Jakarta Barat, Sabtu, 18/12, kental dengan suasana Natal. Terlebih, saat Jakarta Children and Youth Chorus (JCYC) melantunkan alunan lagu-lagu Natal. Mereka menyanyikan lagu-lagu ini dalam Konser Natal bertajuk ”Christmas Lites: a Christmas Concert for Everyone”. Dalam acara ini, JCYC – penggagas konser - tidak menampilkan seluruh anggotanya.

Konser Natal Bosconian
Bosconian Orchestra menyambut sukacita Natal dengan mengadakan Konser Natal di Gereja Paroki Yohanes Don Bosco, Sunter, Jakarta Utara, Sabtu, 18/12. Konser Natal ini dihadiri oleh Kepala Paroki Santo Yohanes Don Bosco Pastor Ramancito Abano Padilla SDB, Rektor Rumah Pembinaan Salesian Don Bosco Indonesia Pastor Peter Tukan SDB, Pastor Rekan Paroki Sunter Jhon Laba SDB, Pembina Rohani SDB Sumba, NTT Pastor Jose Carbonell SDB, dan Delegatus SDB Indonesia Pastor Yohanes Boedirahardjo S. SDB.

WISUDA ASEKMA DON BOSCO
Akademi Sekretari dan Manajemen (Asekma) Don Bosco menyelenggarakan wisuda yang kedelapan untuk Program Studi Sekretari D-III. Acara diadakan di Gedung Danaphala Departemen Keuangan, Senen, Jakarta Pusat, Kamis, 2/12. Mahasiswa yang diwisuda tahun ini, yaitu mahasiswa angkatan 2007 yang berjumlah 107 orang dengan indeks prestasi kumulatif tertinggi 3.92.

WAYANG ORANG POP
Paguyuban Dewi Maria Guadalupe bekerjasama dengan Wayang Orang Baratha mengadakan Pergelaran Wayang yang dimainkan beberapa pastor dan suster di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 30/11. Dalam rangka pencarian dana untuk pembangunan Rumah Retret Santa Maria Guadalupe di Duren Sawit, Jakarta Timur, diadakan Pergelaran Wayang Pop dengan mengambil judul “Mbangun Puri Kencono”.

PENSI PMKAJ-US
Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta Unit Selatan (PMKAJ-US) mengadakan lomba seni di Wisma Sahabat Yesus, Depok, Jawa Barat, Minggu, 5/12. Seni yang dilombakan antara lain seni musik akustik, membuat puisi, dan fotografi. Sebelum acara ini, diadakan lomba bakiak dan ular tangga.

TEMU PAPS
Sekitar 300 Putra Altar dan Putri Sakristi (PAPS) yang berasal dari Paroki Santa Monika Bumi Serpong Damai Tangerang, Paroki Santa Helena Curug Tangerang, Paroki St Agustinus Karawaci Tangerang, dan Stasi Laurensia Alam Sutera mengikuti Temu Akbar PAPS di Paroki Santa Helena Curug, Selasa, 7/12. Kegiatan ini mengusung tema “We Never Walk Alone”.

KAUL KEKAL SUSTER CANOSSIAN
Paroki St Matius Penginjil Bintaro, Tangerang, Banten untuk kedua kalinya menjadi tempat para Suster Canossian Indonesia mengikrarkan kaul kekal, Minggu, 12/12. Ketiga suster Canossian, yakni Suster Yohana Sumiati FdCC, Suster Lolita Lacaden FdCC, dan Suster Sabina Nimat FdCC menyerahkan diri mereka untuk seumur hidup ke dalam Gereja melalui kongregasi Putri-Putri Cinta Kasih Canossian.


(NUSANTARA)
Natal Pasca Letusan Merapi
Dampak letusan Gunung Merapi masih sangat terasa di sekitar Sungai Kolah di Dusun Sabrang, Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah, tempat awal berlangsungnya perayaan Natal petani Merapi, Sabtu, 25/12. Batang-batang bambu yang tumbang masih berserakan. Bau belerang yang telah tercampur dengan air dan memunculkan bau tidak sedap masih cukup menyengat hidung.

Pohon Natal Masuk MURI
Menjelang Natal 2010, di Sulawesi Utara berdiri dua pohon Natal di kawasan Megamas Manado, Sulawesi Utara. Peresmian pohon yang masuk rekor MURI tersebut dilaksanakan di Megamas Manado, Minggu, 12/12. Kedua pohon Natal itu berdiri di kawasan milik Benny Tungka, seorang pengusaha Katolik. Pohon Natal pertama yang diberi nama Pohon Kasih Natal 2010 ini terdiri dari kerangka besi dengan berbagai ornamen Natal.

Natal Ekumene PT Freeport
PT Freeport Indonesia mengadakan Natal Ekumene di Sports Hall, Tembagapura, Papua, Rabu, 1/12. Selain memperingati Natal, acara ini ditujukan untuk menggalang dana bagi korban bencana alam di Mentawai, Wasior, dan Merapi. Kegiatan bertema "Berbagi Sukacita dengan Melayani Sesama” ini dihadiri sekitar 1.000 umat Kristen dan Katolik.

Pensi Sekolah Marsudirini
Sekolah Marsudirini Telaga Kahuripan Bogor, Jawa Barat mengadakan pentas seni di Sekolah Marsudirini, Sabtu, 11/12. Selain pentas seni, acara yang diadakan tiap dua tahun ini juga menyelenggarakan bazar. Berbagai kesenian daerah ditampilkan para siswa Marsudirini baik dari Kelompok Bermain, TK, SD sampai SMA. Tarian yang dipentaskan antara lain dari budaya Sunda, Jawa, Bali, Sumatra, dan Papua.

Temu Pasutri Tombulu
Sekitar seratus pasangan suami-istri (pasutri) usia perkawinan 19 – 25 tahun se-kevikepan Tombulu bertemu di Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng, Sulawesi Utara, Minggu, 31/10. Pelbagai kegiatan digelar pada pertemuan sehari ini. Bertindak sebagai penyelenggara adalah Paroki Kristus Raja Kembes, Sulawesi Utara. Menurut Sekretaris Panitia Pelaksana, Recky Kaligis, ada tiga kegiatan yang diadakan pada pertemuan yang mengangkat tema “Aku Percaya” dengan sub tema “Dengan Semangat Saling Percaya Kita Membangun Keluarga Kristiani Katolik sebagai Eklesiola yang Mandiri, Komunikatif, dan Melayani”.

Misa Syukur Wisma KAS
Lagu Angkatlah kepalamu dinyanyikan dengan penuh semangat untuk membuka Misa syukur terlibat berbagi berkat pembangunan Wisma Uskup Keuskupan Agung Semarang (KAS). Bertempat di Gedung Kantor Pelayanan Pastoral KAS, Semarang, Jawa Tengah, Misa syukur yang berlangsung pada Minggu, 5/12 ini dipimpin Direktur Pendidikan Industri Kayu (PIKA), Pastor Ignatius Aria Dewanto SJ. Usai acara, voucher berisi hadiah diundi dan diterimakan sebagai bentuk terima kasih atas peran serta umat dalam mendukung dan menyumbang pembangunan wisma uskup.


(MANCANEGARA)
Korban Badai Sambut Natal dalam Kesuraman
Ketika umat Kristen di seluruh penjuru dunia bersiap merayakan Natal, ribuan korban badai Cyclone Giri di Myanmar bagian timur masih tinggal di tenda-tenda. Ucannews.com melaporkan, badai yang menghantam akhir Oktober ini menewaskan sedikitnya 45 orang. Lebih dari 100.000 orang mengungsi, dan lebih dari 20.000 rumah rusak total.

Manca Sekilas
Italia - Yad Vashem, memorial untuk korban Holocaust di Yerusalem, memberikan penghormatan kepada Pastor Raffaele de Ghantuz Cubbe SJ (1904-1983) sebagai salah seorang yang “Pantas di Antara Bangsa-Bangsa”, karena telah menyembunyikan tiga anak Yahudi di sekolahnya selama Perang Dunia II.

16 Keputusan Gelar Kudus
Paus Benediktus XVI mengesahkan promulgasi kemartiran enam imam yang wafat selama perang sipil di Spanyol, dan seorang imam Jerman yang dibunuh di kamp konsentrasi. Sebagaimana dilansir Zenit.org, Paus menandatangani 16 dekrit, termasuk enam martir tersebut, Jumat, 10/12.

Paus Akan Kunjungi Monaco
Paus Benediktus telah menyetujui undangan untuk mengunjungi Monaco pada 2012 sebagaimana dilansir catholicnewsagency.com. Kunjungan terakhir Paus ke Monaco dilakukan Paus Clement VII pada 1532. Pada Oktober 2009, Paus Benediktus menerima secara pribadi Pangeran Albert dari Monaco, di Vatikan.

Para Uskup
Mgr Anselme Titianma Sanon pensiun sebagai Uskup Agung Bobo-Dioulasso, Burkina Faso, pada usia 73 tahun, 13 November 2010. Ia menjadi Uskup Bobo-Dioulasso saat berusia 37 tahun, 12 Desember 1974. Ia ditahbiskan sebagai uskup, 5 April 1975. Selanjutnya, ia ditunjuk sebagai uskup agung pada 5 Desember 2000, bersamaan dengan peningkatan status Keuskupan Bobo-Dioulasso menjadi keuskupan agung. Bersamaan dengan purna tugas Mgr Anselme, Takhta Suci menunjuk Mgr Paul Yemboaro Ou├ędraogo (62) sebagai Uskup Agung Bobo-Dioulasso.


(KESAKSIAN)
Tut Wuri Handayani
Metoda belajar terkenal dari Ki Hajar Dewantara, tut wuri handayani (dari belakang memberi dorongan), dilakukan perempuan ini untuk mendidik anak-anak berkebutuhan khusus. Chatarina Mariyah (46) terlahir sebagai anak pertama dari enam bersaudara. Orangtuanya hanyalah seorang tukang bangunan sederhana. Sejak masa kanak-kanak hingga usia remaja (SMP), ia hidup di desa.


(MIMBAR)
Kisah Natal dan Buruh Migran (Oleh: Aurelius Teluma)
Sumiyati, TKW asal NTB, menambah jumlah TKI kita yang disiksa dengan keji oleh majikan mereka di luar negeri. BNP2TKI mencatat, selama tahun 2008, dari 4,3 juta orang TKI, 45.626 orang mengalami aneka kasus sejenis (Kompas,20/11/2010). Belum termasuk TKI tak berdokumen yang jumlahnya juga tak kalah banyak. Dari antara mereka pasti ada umat Kristiani. Pertanyaan pun muncul, bagaimana berkisah tentang Yesus di tengah gelimangan kisah kelam para buruh migran tersebut? Secara khusus, dalam Masa Natal ini, narasi Natal seperti apa compatible dengan kisah mereka?


(APA DAN SIAPA)
Jongky Sutiono : Sensitif Proposal
Aligonda Tenae : Banyak Tertinggal
Maria Benedikta SFS : Penyumbang Baru
Antonius Trijoto : Mendidik dengan Menulis


(JENDELA)
Paguyuban Pecinta Maria, Juwana : Hanya untuk Maria
Sejak pagi medio Oktober lalu, kesibukan melanda kompleks rumah besar di pinggir jalan di wilayah Juwana, Jawa Tengah itu. Di dapur, para ibu sibuk memasak makanan untuk sekitar 400 orang. Makanan tersebut akan dimasukkan ke dalam kotak-kotak. Kotak-kotak makanan itu sudah tersusun rapi di salah satu ruangan, tidak jauh dari dapur. Di bagian lain, daerah di mana terletak Gua Maria Ratu Rosari, tidak kurang sibuknya orang-orang yang memasang tenda dan mengatur kursi. Tenda besar berwarna putih itu diatur menutupi pohon yang sebelumnya ditebang bagian pucuknya agar bisa menahan curahan air hujan. Masih ada kegiatan lain di bagian lain rumah itu.


(EKSPONEN)
Pastor Itzo Duka SVD: Berbekal Kemampuan Ber-tok pisin
Medan misi di Papua Nugini (Papua New Guinea) yang berat membutuhkan orang yang bisa menyetir dengan lincah. Keahlian ini dibutuhkan untuk menerobos hutan, gunung, dan lumpur untuk sampai ke umat di pedalaman. “Fader Itzo!..Fader Itzo!”. Begitulah teriakan anak-anak yang hangat menyapa Pastor Itzo Duka SVD, asal Solor NTT ini. Sang pastor yang penuh jambang dan gondrong ini hanya menyapa anak-anak dengan, “hoiiii!”, sambil membunyikan klakson mobil dan terus melaju seraya melambaikan tangan.


(RENUNGAN HARIAN)
Saatnya Telah Genap (Oleh : Dr V. Indra Sanjaya Pr)
Di dalam Alkitab, kata-kata yang muncul pertama kali dari mulut sang tokoh biasanya merupakan ungkapan penting untuk memahami seluruh kisah. Dalam perikop yang kita dengarkan hari ini, Yesus berfirman, ”Saatnya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah pada Injil!” (ay 15). Ini adalah kata-kata pertama yang disampaikan oleh Yesus menurut Injil Markus. Inilah yang juga menjadi inti perutusan Yesus di dunia.


(BUKU-VCD-KASET)
Membuat Hidup Menjadi Bermakna
Tahun 1996, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menerbitkan sebuah buku berjudul Iman Katolik. Buku tersebut dimaksudkan untuk menjadi pedoman dan acuan bagi siapa saja yang mau memahami dan mewartakan iman Katolik. Umat Katolik Indonesia menyambut baik terbitnya buku tersebut. Karena banyak menggunakan bahasa teologis, isi buku itu sulit dipahami umat yang tidak mempelajari teologi.

Inter Mirifica dalam Media Gereja
Buku ini memiliki karakteristik yang unik dan khas, yakni penulis menjadikan Yesus sebagai titik tolak ulasannya mengenai komunikasi kristiani. Pengalaman Yesus sebagai Komunikator Terulung diangkat menjadi landasan utama dalam mengupas buku ini. Keberadaan Yesus sebagai komunikator terutama tampak dalam diri-Nya yang menjembatani umat manusia dengan Bapa Surgawi. Dia mengkomunikasikan Bapa dengan seluruh makhluk ciptaan. Gaya dan teknik-Nya dalam berkomunikasi memang menakjubkan.


(SANTO & SANTA)
St Rosalia: Pilihan Mengikut Yesus
Demi mengupayakan kesucian, Santa Rosalia hidup dan wafat di dalam gua. Kisah ini berlatar belakang abad ke-12. Pada waktu itu, hidup seorang anak perempuan bernama Rosalia. Ia adalah anak seorang Kristen yang baik. Ia tertarik dengan kehidupan bertapa yang umum saat itu.


(MIMBAR)
Natal, Momentum Kenabian yang Membebaskan (Oleh: Yohanes Kopong Tuan MSF)
Setiap tahun para murid Kristus merayakan sukacita Natal, merayakan kelahiran Sang Pembebas dan Pembawa Damai Sejati, Tuhan Kita Yesus Kristus. Beragam cara dilakukan untuk memaknai perayaan kelahiran Sang Emanuel. Namun pertanyaannya, sudah sejauh mana perayaan Natal menjiwai kehidupan para murid Kristus?

Desember (Oleh: H.M.E. Widiyatmadi)
Menurut pengetahuan dan pemahaman umum, Desember adalah sekadar sebutan bagi bulan terakhir setiap tahun dalam kalender Masehi. Namun, bila kita ditanya: ”Apa yang melintas dalam pikiran dan perasaan saat mendengar dan menyebut kata ’Desember’?”…, maka jawaban masing-masing dari kita bisa berbeda-beda.


(KONSULTASI IMAN)
Jatidiri Yesus (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Ketika memberikan koreksi pada anak saya agar menjawab pertanyaan saya dengan jawaban yang jelas dan bukannya memberikan pertanyaan balik, anak saya (kelas X) menimpali bahwa Yesus juga membalas pertanyaan Bunda Maria dengan pertanyaan. Anak saya merujuk pada Luk 2:48-49. Bagaimana harus dimengerti sikap Yesus itu? Bagaimana saya harus menjelaskan kepada anak saya ketika menjawab pertanyaan yang baik? Apakah Yesus tidak meminta maaf kepada orangtua-Nya karena sudah menyusahkan mereka? Apa sebenarnya yang terjadi di kenisah itu? Mohon penjelasan.

Catharina Nancy Suwarno, Surabaya


(CERPEN)
Empat Sisir Pisang Raja (Oleh : Budi Sardjono)
Dadaku berdesir tiba-tiba ketika tiba di mulut dusun. Inikah wajah Dusun Tanjung Rejo tempat sahabatku tinggal? Sebulan yang lalu di samping mulut dusun ini ada warung sate kambing dan ikan bakar. Sekarang, warung itu lenyap tanpa bekas. Deretan pohon pinus, pohon mahoni, pohon kelapa, rumpun bambu dan rumpun pohon pisang, semua ikut musnah. Yang tersisa hanya tonggak-tonggak pohon. Andai saja tonggak-tonggak itu bisa bicara, mereka pasti akan menangis lalu bercerita tentang ganasnya awan wedhus gembel yang muntah dari kawah Gunung Merapi.


(KONSULTASI KELUARGA)
Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) : Pengikut Fransiskus dari Dongen
Congregation of Minor Francis Sisters atau Kongregasi Suster-Suster Fransiskus Dina (SFD) telah berkarya lebih dari 200 tahun di Belanda, 87 tahun di Sumatra Utara, 72 tahun di Kalimantan, dan 52 tahun di Jawa. BAGI Fransiskus Asisi, pertemuannya dengan Kristus dalam diri orang miskin, terutama dalam diri seorang penderita kusta, memperdalam pemahamannya dalam mengikuti Kristus. Bagaikan cahaya terang benderang yang memancar dan memberikan kehangatan, perjumpaan Fransiskus dengan Kristus menuntunnya pada pilihan hidup yang baru. Iman Fransiskus terus berkobar-kobar sejak pertemuannya dengan Kristus dalam sosok seorang kusta. Peristiwa ini oleh Fransiskus menjadi “sakramen”, kehadiran Kristus dalam diri si miskin.


(KONSULTASI KELUARGA)
Bertengkar dengan Suami/Istri (Oleh: Th. Dewi Setyorini)
Bertengkar. Kata ini terdengar sangat tidak enak di telinga. Betapa tidak, dalam hidup orang berusaha untuk mencari kedamaian dan ketenangan dan sebisa mungkin menghindari pertengkaran. Apa pun bentuk dan alasannya, pertengkaran lazim dihindari oleh siapapun. Jikalau ini terjadi, pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mungkin meninggalkan rasa sakit yang bisa berkepanjangan.


(TEROPONG)
Wikileaks (Oleh: Adrianus Meliala)
Tak pelak, berita berskala global di penghujung 2010 lalu adalah dapat diunduhnya puluhan ribu dokumen rahasia milik intelijenAmerika Serikat oleh semua orang dari situs Wikileaks. Jika dokumen rahasia bisa diunduh semua orang, tentu bukan rahasia lagi namanya, bukan? Itulah nasib dokumen buatan intelijen Amerika Serikat yang selama ini ditempatkan di berbagai kedutaan besar negara adikuasa itu di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: