Edisi 03/2011: Berpastoral Ala MBK

Sajian Utama:
Setiap pastor paroki tentu punya jurus jitu dalam menggembalakan umatnya. Pastor paroki Maria Bunda Karmel (MBK), Tomang, Jakarta Barat, contohnya, juga punya jurus khusus dalam berpastoral. Agar lebih dapat mengenal umatnya lebih baik, seperti karakter umat, kondisi sosial ekonomi, pandangan umat tentang parokinya, serta harapannya, pastor paroki dan pastor rekannya mengadakan kunjungan umat di semua lingkungannya. Pastor paroki barupun, Heribertus Supriyadi OCarm mengaku akan terus melanjutkan gaya berpastoral tersebut. Banyak manfaat dari kunjungan gembala umat itu, antara lain umat merasa tersapa secara pribadi, gembira, dan akrab, serta mendorong umat menjadi aktif dalam kegiatan di lingkungan.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Sapaan Pribadi di Paroki MBK
Kunjungan pastoral menjadi sarana efektif bagi Paroki Maria Bunda Karmel (MBK), Tomang, Jakarta, untuk mengembangkan iman umat, selain pelayanan sakramental. Kunjungan pastoral diintensifkan sebagai jawaban atas kerinduan umat dan sang gembala untuk saling mengenal secara lebih dekat.

Ketika Gembala Mengunjungi Dombanya
Kunjungan Pastoral di Paroki Maria Bunda Karmel (MBK) Tomang juga menjadi sarana bagi umat untuk semakin mengenal pastor parokinya. Manfaat dari kunjungan pun menjadi sangat berarti bagi umat. Dari kunjungan pastoral inilah, partisipasi umat dalam kegiatan pastoral paroki semakin tumbuh.

Stela Angeline: Orang Muda Butuh Disapa
Mahasiswi kelahiran Jakarta, 7 September 1989 ini baru setahun lalu ditunjuk menjadi Sekretaris Seksi Kepemudaan Paroki Maria Bunda Karmel (MBK). Sekarang, gadis yang akrab disapa Lala ini sedang menyusun skripsi sebagai syarat meraih gelar sarjana Teknik Industri di Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Aegidius Eko Aldilanto OCarm: Berpastoral dengan Hati di MBK
Sebelum pindah tugas menjadi Sekretaris Keuskupan Malang, per 5 Desember 2010, Pastor Aegidius Eko Aldilanto OCarm menyempatkan diri menerima Benny dan Amadea dari HIDUP untuk sedikit berbincang dan menyampaikan lebih dalam mengenai kunjungan dan pemberdayaan umat di Paroki Maria Bunda Karmel (MBK) Tomang, Jakarta Barat.

Heribertus Supriyadi OCarm: Dari Malang ke Tomang
Ia lahir dan besar dalam keluarga Katolik yang taat. Keluarga menjadi daya dorong baginya untuk menapaki panggilan sebagai imam. “Bapak dan simbok (ibu) saya, meski sederhana tapi hidup religiusnya sangat kuat. Mereka aktif di Gereja sampai hari ini,” kisahnya. Kehidupan dan karya para suster Sang Timur dan pastor pun turut mempengaruhi pilihan hidupnya. Ia memutuskan masuk gerbang seminari selepas SMA. Ia memilih Ordo Karmelit dan ditahbiskan sebagai imam.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Kompetisi
Karakter Gereja di masa depan akan bergeser. Ia akan menjadi semakin kurang material. Sebaliknya, menjadi semakin intelektual. Gereja akan menjadi semakin jenuh dengan simbol-simbol gedung, monumen atau bangunan lainnya. Ia menjadi semakin mewujud dalam kualitas (manusia beriman), bukan kuantitas.


(KABAR JAKARTA)
Forum Lintas Agama Kalvari
”Menyatakan bahwa agama saya benar, tidak paralel dengan mengatakan bahwa agama orang lain itu tidak baik.” Demikian pernyataan Pastor Rekan Paroki Kristus Raja Pejompongan Ulun Ismoyo Pr, salah seorang narasumber dalam Refleksi Hari Perdamaian Dunia di Sekolah Santo Markus, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu, 1/1.

Gala Dinner Paroki Pejompongan
Untuk menggalang dana pembangunan Gereja Kristus Raja Pejompongan, Jakarta Pusat, Paroki Kristus Raja menggelar Gala Dinner bertajuk ”Malam Oase Perteduhan Jiwa”. Acara diadakan di Hotel Indonesia Kempinski, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 19/12. Acara dihadiri 500 umat Katolik dari berbagai paroki di Keuskupan Agung Jakarta, termasuk para pastor yang pernah bertugas di paroki ini.

Natal Bersama KWI
Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) mengadakan perayaan Natal bersama di Kantor KWI Cut Mutiah, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 9/1. Acara diawali dengan Misa konselebrasi yang dipimpin Ketua Presidium KWI Mgr Martinus D. Situmorang OFMCap didampingi mantan Sekretaris Eksekutif dan Direktur KWI Pastor Paulus Sigit Pramudji Pr, dan Pastor Y.R. Edy Purwanto Pr.

HUT Imamat Dua Imam
Moderator Badan Pelayanan Keuskupan Pembaharuan Karismatik Katolik Keuskupan Agung Jakarta (BPK PKK KAJ) Pastor F. Subroto Widjojo SJ merayakan 40 tahun imamat, dan Kepala Paroki Santo Yakobus Pastor Antonius Gunardi MSF merayakan 29 tahun imamat. Perayaan Misa syukur imamat kedua pastor itu diselenggarakan di Paroki Santo Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu, 6/1.

Konser Amal MBK
Dengan mengenakan jubah, seorang pastor naik ke panggung. Lewat gesekan biolanya, ia mengalunkan lagu Ave Maria. Sejenak kemudian, sang pastor memberikan tontonan mengejutkan. Tiba-tiba, ia meletakkan biolanya dan menyanyikan Ave Maria sembari menghadap ke kanan, sementara salah satu kakinya diangkat menginjak sound system panggung. Lalu, ia meniru suara wanita dan menghadap ke kiri dengan posisi kaki yang sama, sementara jubahnya ditarik sedikit untuk mempertontonkan kakinya. Kontan saja seluruh orang yang hadir di situ tertawa menyaksikan ulah sang pastor.

Malam Budaya Fransiskus
Sekolah Santo Fransiskus Kampung Ambon, Jakarta Timur menggelar Malam Budaya bertema “Perbedaan dan Kebersamaan dalam Keberagaman Budaya Nusantara” di Sekolah Santo Fransiskus, Sabtu, 4/12. Acara ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Wakil Walikota Jakarta Timur H.R. Murdhani. Acara dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh H.R. Murdhani. Acara melibatkan semua siswa dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

Rekoleksi Sang Timur
Guru-guru Sekolah Dasar Katolik (SDK) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Sang Timur, Cakung, Jakarta Timur mengadakan rekoleksi bertempat di TK Sang Timur Cakung, Rabu, 22/12. Hadir sebagai pembicara, Sekretaris Eksekutif Komisi Kepemudaan KWI Pastor Johanes Dwi Harsanto Pr. Anak dan pendidikannya menjadi tema utama yang dibahas dalam rekoleksi ini. Pastor Santo – sapaannya – mengungkapkan, mewahnya gedung sekolah dan lengkapnya fasilitas bukan menjadi hal mutlak yang menentukan mutu suatu sekolah.

OPERET THE PHANTOM
Symphoni Orchestra dan Paduan Suara Santa Ursula BSD mempersembahkan “The Phantom of the Opera” karya Andres Lloyd Webber di Auditorium Santa Ursula BSD pada Kamis, 16/12 - Jumat, 17/12. �Pementasan ini menampilkan 98 siswa pemain orkestra dan 73 siswa paduan suara. Bertindak sebagai dirigen Juhad Anshari dan pelatih paduan suara Reiner Revi.

ALBUM ANDO CHOIR
Kabar gembira datang dari anak-anak muda Katolik yang tengah mengenyam pendidikan di Universitas Bina Nusantara Jakarta Barat. Dengan cara yang kreatif dan unik, mereka melemparkan ajakan kepada umat Katolik untuk kian mencintai Ekaristi. Mereka tergabung dalam Paduan Suara Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Bina Nusantara bernama Ancilla Domini (AnDo Choir).

HUT SD DESA PUTERA
Sekolah Dasar Desa Putera merayakan hari jadi ke-63 di SD Desa Putera, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu, 27/11. Acara ini bersamaan dengan peringatan 180 tahun Kongregasi Budi Mulia – kongregasi bruder-bruder yang mengelola sekolah ini – di dunia dan 84 tahun Budi Mulia berkarya di Indonesia. Kepala SD Desa Putera F.X. Sadono mengatakan, kesempatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk ajang temu kangen antara mantan guru dan karyawan yang pernah berkarya di sekolah ini.

ADAM HARUS BICARA
Domus Cordis mengadakan peluncuran dan talk show buku Pastor Thomas Aquino Deshi Ramadhani SJ berjudul “Adam Harus Berbicara” di Basil Resto, Talavera, TB Simatupang, Jakarta Selatan, 12/12. Pastor Deshi – panggilan akrabnya – dikenal semua kalangan, baik muda maupun tua. Ia aktif mengajar tafsir Kitab Suci di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Jakarta.


(NUSANTARA)
Malam Natal Nuansa Jawa
Bunyi gending Jawa mengalun dengan indah dalam Misa Natal di Gereja Hati Kudus Ganjuran, Bantul, D.I. Yogyakarta. Beberapa wanita dalam balutan busana Jawa mengiringi langkah imam yang akan memimpin jalannya perayaan Natal malam itu. Nuansa kedaerahan sangat terasa pada Misa malam Natal, Sabtu, 24/12. Misa dipimpin Pastor Gregorius Awan Widyaka Pr.

Natal di Paroki Tanjung
Minggu pagi, 26/12, bersamaan dengan Perayaan Pesta Keluarga Kudus, dilangsungkan Perayaan Natal Bersama Paroki Ave Maria Tanjung, Kalimantan Selatan. Acara dihadiri sekitar 750 umat dari seluruh stasi di paroki tersebut. Mereka di antaranya datang dari Stasi Warukin, Stasi Upau, Stasi Gunung Riut, Stasi Halong, Stasi Uren, Stasi Nawin, Stasi Surian, Stasi Hayub, Stasi Rungun, dan beberapa stasi lainnya.

Peristiwa Natal Unik FSGM
Setiap Natal tiba, selalu ada peristiwa unik di Susteran Santo Yusup Pringsewu Lampung, rumah suster-suster Fransiskanes dari Santo Gregorius Martir (FSGM). Pagi itu, Sabtu, 25/12, ratusan anak sudah berbaris rapi. Mereka mengulurkan tangan sembari mengucapkan, “Selamat Natal, Suster!” Mereka adalah siswa SD Negeri Pringsewu. Sebagian besar Muslim.

25 Tahun KYM
Kongregasi Suster-Suster KYM merayakan pesta perak karya KYM di Duri, Riau. Perayaan ditandai dengan Misa Syukur yang dipimpin Kepala Paroki Santo Yosef Duri Pastor Martinus Suparjiyo Pr dan Pastor Rekan Wilfrid Yodi Pr di Gereja Santo Yosef Duri, Kamis, 9/12. Hadir dalam Misa tersebut adalah suster-suster utusan dari Komunitas KYM Pematang Siantar, Komunitas KYM Bagan Batu, Komunitas KYM Bagan Siapi-api, Komunitas KYM Rantau Parapat, dan beberapa umat yang diundang secara khusus.

HPS KAMS
Rangkaian kegiatan Hari Pangan se-Dunia (HPS) 2010 di Keuskupan Agung Makassar (KAMS) dimulai dengan sosialisasi dalam bentuk lokakarya yang diadakan di paroki-paroki se-Kevikepan Makassar di perkotaan Makassar, Sulawesi Selatan, dan sekitarnya, Minggu, 3/10. Sosialisasi ini dihadiri pengurus dewan pastoral paroki.

RETRET SANTO THOMAS
Siswa-siswi kelas satu SMA Santo Thomas 1 Medan mengadakan retret di Rumah Retret Suster-Suster Putri Carmel Talun Kenas, Delitua, Sumatra Utara, Jumat, 1/10. Kegiatan ini dibagi lima gelombang yakni tiga gelombang selama Oktober 2010 dan dua gelombang selama November. Setiap gelombang, retret diadakan tiap Jumat hingga Minggu yang terdiri dari dua kelas.

REKOLEKSI SISWA PADANG
Bertempat di Rumah Pembinaan Iman Umat Paroki Santo Fransiskus Assisi Padangbaru, Padang, Sumatra Barat, siswasiswi Katolik se-Padang dari sekolah negeri dan swasta non-Katolik mengadakan rekoleksi, Senin-Selasa, 6-7/12. Rekoleksi diikuti 50 murid dan mengambil tema “Siapakah Aku”.

PEDULI TANI PAROKI KLEPU
Keprihatinan para petani adalah keprihatinan Gereja. Paroki Santo Petrus dan Paulus Klepu, Yogyakarta ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Target yang dituju adalah pertanian organik yang ditandai dengan penggunaan pupuk organik dan pemberantasan hama tanpa pestisida kimia. Hal ini dijelaskan Pastor Paroki Klepu F.X. Murdi Susanto Pr dalam acara Hari Pangan Sedunia (HPS), di Paroki Klepu, Minggu, 10/10.

FESTIVAL GENDHING ANAK
Paroki Hati Kudus Yesus Pugeran, Yogyakarta, Selasa, 7/1 2, menggelar Festival Gendhing Anak-anak dan Remaja Gerejani di Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran. Acara diikuti delapan kelompok paduan suara. Dua di antaranya dari Paroki Santo Yakobus Klodran Bantul dan Paroki Santo Yusup Bintaran.


(SAJIAN KHUSUS)
Gua Maria Sendang Pawitra: Tempat yang Disucikan
Minggu, 28 November 2010, langit di atas Tawangmangu biru cerah, berkawan dengan putihnya awan. Beberapa orang berkumpul menanti dimulainya Misa sekaligus peletakan batu pertama pembangunan jalan salib di Gua Maria Sendang Pawitra, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Waktu menunjukkan pukul 11 siang ketika Pastor Yohanes Suyadi Pr dari Paroki St Pius X Karanganyar mulai menyapa umat di pelataran gua.

Anne Avantie: Jalan Kaki untuk Bertemu Bunda
“Saya mengalami proses yang luar biasa, ketika 10 tahun lalu saya berjalan kaki dari tempat yang salah, karena saya berada di ujung yang lain. Waktu itu saya juga mengalami hal yang luar biasa ketika kehidupan saya sama seperti Pak Steven. Saya hampir putus asa, ketika sudah hampir siang, tidak terlihat sedikit pun gua Maria. Padahal sandal saya sudah putus, tidak ada minuman, tidak ada makanan. Saya ambil dahan pohon pisang, saya korek dan saya minum airnya.

Menuju Gua Maria Sendang Pawitra
Gua Maria Sendang Pawitra terletak di Dusun Sendang, Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Untuk mencapai gua Maria, umat bisa menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum yang telah tersedia. Dari Solo, umat menggunakan bus jurusan Tawangmangu dan turun di Terminal Tawangmangu, berjaraknya sekitar 40 km.


(KESAKSIAN)
Kesetiaan yang Membahagiakan
Ia pernah ditawari menjadi Kepala Kehutanan Kabupaten Belu, NTT. Tapi, ia memilih melayani masyarakat sebagai imam. Paulus Klau Pr pernah bercita-cita menjadi guru. Maka, setamat Sekolah Rakyat (sekarang disebut Sekolah Dasar) tahun 1956, orangtuanya menganjurkan agar ia melanjutkan ke Sekolah Guru Bawah (SGB) di Atambua, NTT. Tujuannya agar kelak sebagai seorang guru, sulung dari enam bersaudara ini menerima gaji dan bisa menyekolahkan adik-adiknya.


(MANCANEGARA)
Tropi Piala Dunia untuk St Yakobus
Ketua Asosiasi Sepak Bola Spanyol Angel Maria Villar, dan pelatih tim nasional Vicente del Bosque, mempersembahkan Tropi Piala Dunia kepada St Yakobus Rasul. Tim sepak bola Spanyol memenangkan kejuaraan dunia di Afrika Selatan, Juli 2010. Villar berbicara di Katedral St Yakobus di Santiago de Compostela, Spanyol, Senin, 27/12/2010.

Manca Sekilas
Vatikan – Ketua Dewan Kepausan untuk Dialog Interreligius Kardinal Jean-Louis Tauran berduka atas pengeboman Gereja Koptik Ortodok di Mesir yang menewaskan 21 orang. “Ini pemutar balikan agama,” katanya, “Tidak ada agama dapat mensahkan cara demikian, seseorang yang menyerang laki-laki dan perempuan yang sedang berdoa mengungkapkan kemuliaan pribadi manusia.” Ia juga mengatakan bahwa dialog harus diintensifkan, sebagaimana pesan Paus untuk Hari Perdamaian Dunia.

Pesta Natal Dibatalkan
Gereja di Kirkuk, Irak Utara membatalkan perayaan Natal karena takut ancaman dari jaringan kelompok Al Qaeda. Umat Katolik di Kirkuk tetap mengadakan Misa Natal, tetapi tidak pada malam hari. Perayaan berlangsung pukul 10.00. Keputusan ini diambil setelah Uskup Agung Chaldean Mgr Louis Sarko dan sekitar 10 orang menerima ancaman.

Seorang Pastor Diserang
Tindakan kekerasan pada seorang imam Katolik memaksa pemimpin-pemimpin Gereja di India mencari perlindungan selama masa Natal. Sebuah kelompok beranggotakan 12 orang tidak dikenal memaksa masuk ke dalam kediaman Pastor Thomas Chirattavayalili, yang berkarya di sebuah pusat misi Keuskupan Satna, Madhya Pradesh, India, Jumat, 17/12.

Para Uskup
Felix Gmür, imam Keuskupan Basel, Swiss, ditunjuk sebagai Uskup Basel, 23 November 2010. Mgr Felix (44) akan ditahbiskan sebagai uskup, 16 Januari 2011. Sebelumnya, takhta Keuskupan Basel lowong sejak Mgr Kurt Koch ditunjuk sebagai Ketua Dewan Kepausan untuk Kesatuan umat Kristen, 1 Juli 2010. Mgr Kurt adalah salah satu dari 24 kardinal yang diangkat Paus Benediktus XVI pada 20 November 2010.


(APA DAN SIAPA)
Meutia Hatta: Natalan di Rumah Menhan
I.B. Karyanto: Akibat Tiga Kesalahan
Ignatius Imam Kuseno: Menjadi yang Terdepan


(JENDELA)
Natal di Stasi Lunsa, Kongo: Yesus Lahir di Kinshasa
Waktu sudah menunjukkan pukul lima sore, namun hujan belum juga reda. Tepat pukul 19.00, saya harus merayakan Misa Malam Natal di Stasi Lunsa, Paroki Santa Theresia Masamuna, Kongo, Afrika. SEKALI lagi saya memeriksa perlengkapan untuk Misa: hosti, anggur, buku Misa, salib altar, lilin altar, kain altar, dan pakaian Misa. Semuanya sudah beres, tersimpan rapi di dalam tas. Karena jarak yang akan saya tempuh cukup jauh, saya pun memutuskan untuk segera berangkat.


(EKSPONEN)
Muliawan Margadana: Ketua Presidium Pusat ISKA 2010-2013
Presidium Pusat ISKA “Sanctus Albertus Magnus” telah terpilih dalam Musyawarah Warga ISKA (semacam kongres) X di Surabaya, 1-3 Oktober 2010. Muliawan Margadana menjadi Ketua Presidium Pusat ISKA. Muliawan (46) adalah eksekutif di PT BHP Billiton Indonesia, perusahaan pertambangan terbesar di dunia. Peraih Master Manajemen dari American Western University ini aktif di sejumlah organisasi sejak menjadi mahasiswa. Ia dikenal sebagai tokoh muda yang mengedepankan pluralitas dan kemanusiaan dalam kehidupan pribadi, organisasi maupun profesinya.


(RENUNGAN HARIAN)
Kantong Baru untuk Anggur Baru (Oleh: Johanes Jarot Hadianto)
Baru mulai berkarya, Yesus langsung memasuki pusaran konflik melawan kelompok-kelompok yang sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Yahudi. Lima kisah dalam Mrk 2:1-3:6 mencatat hal itu. Dalam 2:1-12 dan 2:13-17, kedua pihak berselisih pendapat tentang dosa. Dalam 2:23-28 dan 3:3:1-6, mereka berdebat tentang hukum Sabat. Keempat perdebatan itu mengapit Injil hari ini: perdebatan tentang puasa.


(SANTO & SANTA)
Dom Justo Takayama (1552 –1615): Martir dari Jepang
Sementara banyak daimyo di Jepang bersedia melepaskan iman Kristen, ia malah rela meninggalkan tanah dan hartanya, untuk tetap berpegang pada agamanya. Dom Justo Takayama adalah seorang daimyo Kristen yang mengikuti ajaran Kristen di masa pemerintahan Sengoku. Ia merupakan ahli waris bangsawan Takayama Tomoteru, penguasa Puri Sawa di Provinsi Yamato.


(KONTAK-KONTAK)
Parut Emosional
Hampir semua orang pernah merasa kecewa. Entah dalam soal asmara, pekerjaan, bisnis, penyakit, keluarga, dsb. Bagi sebagian orang, kekecewaan yang dialaminya terasa demikian mendalam hingga menjadi semacam pukulan yang sangat menyakitkan. Kekecewaan yang demikian bisa menimbulkan parut-parut emosional yang menyurutkan semangat hidup seseorang.


(MIMBAR)
TAGANA: Aktualisasi Misi Gereja Masa Kini (Oleh: Yosep Lawe Oyan SS)
Dalam beberapa tahun terakhir ini, bencana seolah menjadi santapan rutin kita. Umumnya, bencana datang tiba-tiba seperti pencuri. Siapa sangka Aceh akan rusak parah dalam waktu beberapa detik setelah tsunami? Siapa kira Wasior, Mentawai luluh lantak diterjang dahsyatnya kekuatan alam? Dan, siapa sangka erupsi Merapi begitu awet hingga mengakibatkan ribuan jiwa mengalami kerugian?


(KONSULTASI IMAN)
Masa yang Hilang (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Kitab Suci hanya menceritakan sedikit sekali tentang Yesus pada umur 12 tahun di kenisah, dan kemudian langsung disusul dengan kisah Yesus yang mulai tampil di hadapan umum pada usia 30 tahun. Apa yang dilakukan Yesus ketika berumur antara 12 sampai 29 tahun? Di mana Yesus berada? Mengapa hal ini tidak dicatat dalam Injil?

Katarina Dyah Ayu, Malang


(CERPEN)
Bapak Prodiakon (Oleh: Andre Sulardi)
Malam hari. Pak Manto masih saja memandangi selembar surat. Di sana ada namanya. Ada pula tanda tangan dan nama lengkap yang mulia, Bapak Uskup. Berkali-kali ia memeriksa jejeran huruf itu. Kata per kata, kalimat demi kalimat. Perayaan pelantikan di gereja hari Minggu kemarin memang benar-benar nyata.


(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Kongregasi Suster Fransiskan St Lusia (KSFL): Putri-putri Muder Lucia
Pada medio 1841, Pastor Yohanes van Lies Hout dari Gereja Rosalia Straat di Rotterdam, Belanda memohon kepada Pemimpin Gasthuis di Breda (Suster Biara Alles voor Allen), Sr Theresia Saelmaekers, agar hadir dan berkarya di parokinya. Permohonan itu ditanggapi dengan mengirim tiga suster ke Rotterdam pada 29 November 1841. Ketiga suster itu adalah Sr Lucia dari St Theresia (Anna Cornelia Dierckx), Sr Dominika dari St Fransiskus (Elisabeth van Wert), dan Sr Benedikta dari St Aloysius (Yakomyne van Gastel).


(KONSULTASI KELUARGA)
Komitmen (Oleh: Y. Bagus Wismanto)
Pada suatu saat, seorang ibu dalam arisan RT di sebuah kampung mengatakan, ”Ibu A memang tidak memiliki komitmen. Jika ada gosip sedikit saja pasti dia menyebarkan ke mana-mana.” Pada peristiwa yang lain, sekelompok remaja tampak bergerombol menunggu temannya yang belum datang. Salah seorang di antaranya berkata, “Kemarin, ia menyatakan komitmennya akan datang pukul 6. Tapi, nyatanya sampai saat ini ia belum kelihatan juga.”


(TEROPONG)
Tongkat Sulap (Oleh: Puspitasari)
Sejak kecil kita banyak mendengarkan dongeng, mulai dari dongeng lokal hingga mancanegara. Hampir semua dongeng mengisahkan cerita yang menyejukkan, karena menggambarkan bahwa kebaikan akan mengalahkan kejahatan. Akhir yang membahagiakan itu yang menjadi referensi bagi kita dalam melihat kisah kehidupan. Tapi, akhir yang membahagiakan tidak selalu menghampiri kisah hidup kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: