Edisi 04/2011: Swasembada Anggur Misa

Sajian Utama:
Sampai saat ini kebutuhan anggur Misa masih tergantung dari produksi luar negeri, seperti dari Australia. Biaya untuk pengadaan anggur misa pun besar, walau sifatnya hibah. Maka dalam menyambut 50 tahun hirarki Gereja di Indonesia 2011, para uskup menyetujui adanya gagasan untuk berswasembada anggur misa. Menanggapi hal tersebut, HIDUP pun terjun ke lapangan mencari sentra-sentra penghasil anggur. Ada beberapa wilayah penghasil anggur, seperti Probolinggo, Jawa Timur, Singaraja, Buleleng, Bali. Melihat potensi tersebut tidaklah mustahil jika swasembada anggur misa bisa diwujudkan dalam 5-10 tahun ke depan.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Gagasan ”Edan” pada Tahun Emas
Selama ini, anggur untuk Misa di Gereja Katolik Indonesia masih hibah dari umat dan para Uskup Australia. Untuk mendatangkan anggur Misa ke bumi Nusantara membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Tentu juga dana yang nilainya mencapai angka miliaran. Sebuah gagasan untuk mandiri atau berswasembada anggur Misa pun terlontar.

Anggur Misa
Tentang anggur Misa diatur dalam Kitab Hukum Kanonik. Dalam Kanon 924 disebutkan bahwa kurban Ekaristi Mahasuci harus dirayakan dengan roti dan air anggur yang dicampur sedikit air. Roti haruslah dibuat dari gandum murni dan masih baru hingga tidak ada bahaya telah membusuk. Air anggur haruslah alamiah dari buah anggur serta belum membusuk.

Mencari Anggur di Bali dan Jawa Timur
Di wilayah Jawa Timur ditemukan beberapa sentra anggur yang sudah cukup mapan, seperti di Probolinggo, Pasuruan, Situbondo, dan Kediri. Begitu pula di Pulau Dewata, Bali. Andreas Setianto Widodo (53) adalah seorang petani anggur di Probolinggo. Andreas menanam anggur sejak tahun 2004. Ia memiliki dua kebun anggur, yakni di Jl A. Yani 19 Probolinggo dan Wonoasih dengan luas lahan sekitar seperempat hektar dan ditanami 250 pohon anggur.

Anggur Misa dari Tujuh Bukit
Selama ini, anggur Misa yang digunakan Gereja Katolik di Indonesia masih didatangkan dari Negeri Kanguru, Australia. Anggur ini berasal dari Sevenhill Cellars, pabrik anggur tertua di Clare Valley, Negara Bagian Australia Selatan. Sevenhill Cellars didirikan­ Serikat Yesus (SJ) pada 1815. Pabrik anggur tertua di Australia Selatan ini bermula dari dua Yesuit,...

Mimpi Swasembada
Bangsa Belanda yang membangun koloni di Jawa, juga pernah memimpikan suatu saat akan berswasembada anggur (wine). Maka, mereka pun mendatangkan bermacam benih anggur. Orang-orang Belanda ini mencoba menanam anggur di Batavia (Jakarta), Yogya (termasuk Muntilan), Semarang (termasuk Ambarawa), dan Surabaya (termasuk Pasuruan dan Probolinggo).

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Gereja dan Bisnis
Bukan kekurangan pekerjaan, melainkan kelebihan pekerjaan. Itulah yang dialami Gereja sekarang ini. Dua-duanya buruk. Kecenderungan Gereja sekarang ini – didukung oleh kultur baru – adalah sibuk dengan berbagai persoalan. Gereja membiarkan dirinya dibanjiri dan terbenam oleh informasi, teknologi, dan kebudayaan konsumeristik.


(KABAR JAKARTA)
Pernyataan Tokoh Agama
Beberapa tahun belakangan ini menjadi catatan sejarah buruk dalam republik ini, akibat kurangnya perhatian para politisi terhadap persoalan kebebasan beragama. Kemudian, berlangsung pembiaran terhadap pelanggaran konstitusi oleh penguasa, dan oleh aparat penegak hukum.

Natal Bersama TNI
Segenap keluarga Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) merayakan Natal bersama di Gedung Olahraga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 12/1. Mereka terdiri dari keluarga Mabes TNI Angkatan Darat, Mabes TNI Angkatan Laut, dan Mabes TNI Angkatan Udara.

Konferensi Nasional ICRP
”Angka tindakan kekerasan dan kejahatan intoleransi terus meningkat tiap tahun. Kekerasan dan intoleransi secara terus-menerus melahirkan korban yang semakin panjang daftarnya.” Pernyataan tersebut dikeluarkan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) saat mengadakan Konferensi Nasional bertema ”Mengembalikan Spirit Kemanusiaan dalam Beragama” dan Musyawarah Besar ICRP di Plaza Sinarmas, Kampung Bali, Jakarta Pusat, Sabtu, 18/12-Senin, 20/12.

Natal IBDI
”Dalam Yesus kita bersaudara, dalam Yesus kita satu hati…” Demikian sepenggal lagu yang dinyanyikan dalam acara Natal bersama Ikatan Biarawan-Biarawati di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta (IBDI) bersama Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo di Asrama Santa Maria Juanda, Jakarta Pusat, Minggu, 9/1.

Pelantikan ISKA
ISKA mengadakan Misa dan Acara Pengukuhan Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) “Santus Albertus Magnus” Periode 2010-2013 di Gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Cut Meutia, Jakarta Pusat, Senin, 20/12. Pengukuhan Presidium ISKA ini bertema “Solidaritas Tidak Mengenal Sekat”. Acara dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Ketua Presidium KWI...

Seminar Lintas Agama
Seminar nasional bertema “Melestarikan Semangat Gus Dur dalam Kebangsaan dan Multikulturalisme“ diadakan dalam rangka mengenang kepergian K.H. Abdurrahman Wahid di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 10/1. Acara ini menghadirkan beberapa tokoh agama, antara lain K.H. Salahudin Wahid, Pastor Franz Magnis-Suseno SJ, Pendeta Bambang Wijaya, B.R. Indra Udayan, dan H.S. Bingky Irawan.

Penghargaan Karyawan Ricci
Para guru dan karyawan Sekolah Ricci II Bintaro, Tangerang, Banten, yang telah bekerja selama 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, 25 tahun, dan 30 tahun mendapat penghargaan dari Yayasan Ricci, Sabtu, 8/1. Pemberian penghargaan ini dilaksanakan pada saat perayaan Natal keluarga besar Sekolah Ricci II di sekolah tersebut. Setiap tahun Yayasan Ricci memberikan penghargaan kepada para karyawan dan guru yang telah menunjukkan loyalitasnya kepada sekolah.

NATAL KSK
Kerjasama Sekolah Katolik (KSK) Bekasi mengadakan Misa Natal bersama di RS Santa Elisabeth Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 5/1. Misa dipimpin Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo didampingi Pastor Paroki St Mikael Kranji Bekasi Josef Jaga Dawan SVD, Pastor Rekan Paroki St Arnoldus Janssen Bekasi Viktor Petrus Bani SVD, dan Pastor Paroki St Bartolomeus Bekasi Ignatius Ibar SVD.

NATAL WILAYAH THERESIA
Wilayah Theresia dari Paroki Santo Paskalis Cempaka Putih Jakarta Pusat mengadakan Misa Syukur Natal 2010 dan Tahun Baru 2011 di Gereja St Paskalis Cempaka Putih, Kamis, 6/1.

KEPEDULIAN ARS
Yayasan Kasih Mulia (YKM) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) mengadakan Asian Recovery Symposium (ARS) di Hotel Grand Mahakam, Blok B, Jakarta Selatan, Senin, 6/12-Rabu, 8/12. Acara bertema ”Recovery: Back to Basic” ini diikuti sekitar 300 peserta dari 15 negara.

SEMINAR LITURGI KRANJI
“Pastor yang tidak pandai berkhotbah atau paduan suara yang kurang menarik bukan alasan bagi kita untuk tidak ke gereja, karena hal tersebut tidak berpengaruh pada sakralnya Perayaan Ekaristi,” ungkap Pastor Bosco Da Cunha OCarm dalam Seminar Liturgi di Paroki St Mikael Kranji Bekasi, Jawa Barat, Minggu, 28/11.


(NUSANTARA)
Pelantikan Uskup KAS Baru
Lagu berjudul Duc in Altum bergema dengan meriah di Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Semarang, Jawa Tengah, setelah momen penting Mgr Johannes Pujasumarta, sebelumnya Uskup Bandung, dilantik menjadi Uskup Keuskupan Agung Semarang, Jumat, 7/1. Prosesi pelantikan ditandai dengan Perayaan Ekaristi ini diawali dengan memperlihatkan bulla atau surat keputusan Paus tentang penunjukan Mgr Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang yang diangkat tinggi-tinggi oleh Nuntius Apostolik Vatikan Mgr Leopoldo Girelli.

Kunjungan OMK Malaysia
Sekitar 40 Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Saint Jude Bunan Gega, Sarawak, Malaysia menyambangi OMK Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Entikong-Sontas, Kalimantan Barat, Selasa-Rabu, 28–29/12. MEREKA datang menjalin persahabatan dan silaturahmi. Riuh rendah final ASEAN Football Federation Suzuki Cup (AFF) yang mempertemukan dua negara Indonesia dan Malaysia dalam kancah persaingan sepakbola tidak menyurutkan semangat mereka untuk bertemu dan saling berbagi.

70 Tahun KAS Sedayu
Tahun 2010 dicanangkan sebagai Tahun Syukur Keuskupan Agung Semarang (KAS). Syukur karena hingga saat ini KAS mempunyai 80 paroki mandiri, tujuh paroki administratif, dan empat stasi mandiri. Syukur karena KAS memiliki 393.878 umat, 745 imam, dan 1.603 biarawan-biarawati. Demikian Pastor Paroki Santa Theresia Sedayu Dwi Prasetya Pr dalam Perayaan Ekaristi Puncak Tahun Syukur di Gereja Santa Theresia Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu, 26/12.

MAKRAP ASMI
Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria Yogyakartara mengadakan Malam keakraban (MAKRAP) Himpunan Mahasiswa Sekretari (HIMARI) ASMI St Maria 2010. Acara ini diadakan di Losmen Anoman Parangtritis, DI Yogyakarta, Sabtu, 18/12-Minggu, 19/12. Kegiatan ini merupakan program wajib yang dibuat akademi ini bagi seluruh mahasiswa.

Natal ala Waghete
“Malam kudus sunyi senyap…” petikan singkat lagu inilah yang umumnya dinyanyikan ketika merayakan malam Natal. Ini mewakili suasana setiap malam di sekitar Paroki Santo Yohanes Pemandi Waghete, Papua. Namun, Jumat, 24/12, susana sepi tak lagi terasa. Ratusan umat yang berasal dari stasi-stasi, dan komunitas-komunitas basis berbondong-bondong menuju paroki merayakan Natal.

Misa Natal Kuper
Stasi Santa Maria Diangkat ke Surga, SP3 Tanah Miring Paroki Bunda Hati Kudus Kuper, Merauke, Papua mengadakan Misa Malam Natal yang dipimpin Pastor Paroki Bunda Hati Kudus Viktor Kaanubun MSC, Jumat, 24/12. Misa Natal bertema ‘Terang yang Sesungguhnya Sedang Datang ke dalam Dunia” ini diwarnai dengan hujan deras.

Natal Ekumene Kutai
Perayaan Natal bersama seluruh umat Kristiani se-Kutai Barat, Kalimantan Timur dirayakan dalam Perayaan Ekaristi. Natal diperingati seluruh umat Katolik dan Kristen Protestan dari berbagai denominasi Gereja di Kutai Barat. Bentuk perayaannya adalah ekumene yang berselang-seling antara Perayaan Sabda dan Perayaan Ekaristi di...

Natal Flobamora
Kerukunan Keluarga Besar Kelimutu, Ende Flores NTT yang ada di Kabupaten Merauke mengadakan Perayaan Natal bersama bertema “Terang yang Sesungguhnya Sedang Datang ke Dunia”. Acara ini diadakan di Paroki Santo Yosef Bambu Pemali, Merauke, Papua, Rabu, 29/12. Misa dipimpin Pastor Paroki Maria Fatima Kelapa Lima Merauke, Papua, Pius Banda Pr.

Provinsial Baru SND
Suster Mary Sujita SND, Pemimpin Umum Kongregasi SND melantik Provinsial SND Indonesia Suster Maria Robertin SND untuk masa jabatan 2010-2016 di Kapel Santa Maria Provinsialat SND Indonesia, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu, 19/12. Ia menggantikan Suster Maria Virgo yang telah menjabat sebagai provinsial selama enam tahun.

Natal di Mela
Pembantu Pastor Paroki Katedral Sibolga Martin L. Halawa Pr memimpin perayaan Natal di Stasi Santo Petrus Mela, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Jumat, 24/12. Tema Natal adalah ”Selamat Ulang Tahun buat Yesus yang Dipenuhi Damai dan Kasih”. Pastor Martin L. Halawa Pr mengawali renungan Natal dengan cerita Yesus merayakan ulang tahun.

Konferensi WISDOM
“Hubungan antarumat beragama di Indonesia terutama Islam dan Kristen mengalami penurunan karena toleransi tidak lagi menjadi pandangan hidup umat beragama. Sekarang, orang atau kelompok, hidup dalam prasangka, curiga terhadap orang lain atau kelompok lain.


(MANCANEGARA)
Perayaan Black Nazarene
Perayaan tahunan Black Nazarene berlangsung di Manila, Minggu, 9/1. Sejumlah devosan mencoba untuk menyentuh Black Nazarene yang diarak selama 17 jam. Meskipun hujan turun sejak subuh, sebagaimana dilaporkan ucanews.com, prosesi patung Yesus berwarna hitam yang terbuat dari kayu tersebut, justru dimulai pukul 07.30, setengah jam lebih awal dari rencana.

Manca Sekilas
VATIKAN – Direktur Kantor Berita Vatikan, Pastor Frederico Lombardi, menyanggah klaim bahwa ada kerjasama antara Takhta Suci dan Discovery Channel dalam serial “The Exorcist Files.” Ia juga menyatakan bahwa berita tersebut “menyesatkan”. Ia menyanggah keterlibatan baik Dewan Kepausan untuk Komunikasi Sosial maupun Pusat Televisi Vatikan.

Beatifikasi Yohanes Paulus II
Yohanes Paulus II akan dibeatifikasi pada 1 Mei 2011. Sebagaimana dilansir catholic-hierarchy.org, Jumat, 14/1, beatifikasi akan dilakukan oleh Paus Benediktus XVI, di Roma, Italia. Sebelumnya, sejak awal Januari 2011, spekulasi tentang kemungkinan beatifikasi Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2011 beredar melalui internet.

Misi Nasional Kaum Muda
Lebih dari 2.000 orang muda dari 55 Universitas di Chili mengikuti kegiatan Misi Nasional, 3-13/1. Gerak Misi Nasional tahun ini bertema “Bersatu di Meja-Mu, Tuhan, Perkenankan Kami Menyemarakkan Gereja di Chili”. Kegiatan ini dibuka dengan Misa, dipimpin Uskup Agung Emeritus Santiago, Kardinal Francisco Javier Errazuriz, di tempat peziarahan Maria Maipu.

Para Uskup
Mgr Sergio Valech Aldunate, Uskup Auksilier Emeritus Santiago de Chile, wafat pada usia 83 tahun, 24 November 2010. Mgr Sergio dtahbiskan sebagai Uskup Tituler Zabi, 18 Oktober 1973.


(KESAKSIAN)
Percaya pada Kekuatan Doa
Semasa kanak-kanak, Yosepha Sri Suari tak pernah bercita-cita menjadi polisi, tapi ingin menjadi penyuluh pertanian. Ini karena ia lahir dan dibesarkan di daerah yang penduduknya mayoritas menggantungkan hidup dari bercocok tanam. Maka, begitu lulus dari SMPN I Riba di Bima, dara kelahiran Mataram (NTB), l9 Maret l963 ini langsung mendaftar ke Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) di Pulau Lombok. Namun, saat menjalani tes masuk praktik lapangan, ia tak mampu merampungkan tugas mencangkul di sawah.


(MIMBAR)
Bahagia karena Berbagi (Oleh: Jacobus Tarigan Pr)
Sejak awal, Gereja Perdana telah memberi kesaksian bahwa selain bertekun dalam doa dan bersatu, tetapi juga ”semua milik mereka adalah milik bersama dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing” (Kis 2:45). Kesaksian itu sudah bergema lebih dari 2000 tahun, namun masih terdapat banyak orang yang hidup di bawah garis kemiskinan, juga di kalangan umat Kristiani. Setiap tahun diadakan aksi APP, namun jumlah orang miskin di Indonesia tidak berkurang secara signifikan. Mengapa?

Pejabat Politik dalam Gereja (Oleh: Romanus Ndau Lendong)
Natal 2010 saya rayakan di Paroki Cewonikit, Ruteng, Flores, NTT. Kegembiraan menyergap hati karena pada tahun 1983-1986 saat masih bersekolah di SMP Darma Bakti, saya menjadi warga paroki ini. Saya merindukan bisa merayakan Natal dalam suasana yang lebih tenang dan hening seperti tempo dulu.


(APA DAN SIAPA)
A. Andang L. Binawan SJ : Terjebak Salju
Bernadeta Ardila Asta : Natalan di Gunung
Maria Agnes Endang Supriharsi : Pahlawan Wanita
Simplisianus Purnomo Yusgiantoro : Tiga Kali ke Mentawai


(JENDELA)
Panti Werdha Wisma Asisi Sukabumi: Doa Paling Digemari
Sore merambat di kompleks Panti Werdha Wisma Asisi, Sukabumi. Gumpalan awan di langit bagaikan tirai menghalangi cahaya mentari, sehingga sinarnya yang rembang itu pun tak mampu menggapai teras wisma. Puluhan orang berusia senja tengah berada di lorong masuk ke wisma. Oma-opa itu berceloteh ini itu. Ada yang duduk di kursi roda, ada juga yang duduk di bangku panjang. Opa-opa duduk mengobrol di halaman depan wisma, di depan gua Maria kecil.


(EKSPONEN)
Matheus Purwatma Pr : Tiga Pilar Perutusan
Selama 26 tahun, Pastor Matheus Purwatma Pr menghayati imamatnya dengan tekun, setia, dan sederhana. Sebagai pembina para calon imam, ia sangat gembira melihat para imam muda yang kreatif, bersemangat, berpandangan luas, sederhana, tegas, dan bijaksana. Pastor Matheus Purwatma Pr adalah staf Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, Yogyakarta terlama kedua sesudah Pastor St. Darmawijaya (Alm).


(RENUNGAN HARIAN)
Menghujat Allah (Oleh: Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: ”Praktik penyembahan berhala terus berlanjut hingga saat ini. Dahulu orang menyembah dewa-dewi dalam rupa patung, dewasa ini orang mendewakan mamon, uang, dan kekuasaan,” ujar orang bijak.


(SANTO & SANTA)
Edel Quinn (14 September 1907-12 Mei 1944): Legioner yang Luar Biasa
Dalam kondisi sakit, ia menerima tugas ke Afrika. Berbagai kesulitan besar, ia hadapi dengan iman yang tak tergoyahkan dan keberanian yang luar biasa. Edel Quinn dilahirkan di Greenane, Kantruk, Co Irlandia pada 14 September 1907. Ayahnya, Charles Quinn, adalah seorang manajer Bank National yang selalu berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain setiap kali mendapat promosi jabatan.


(BUKU – VCD – KASET)
Mempersiapkan Kaum Muda
”Dion paling suka membanggakan diri dengan mobil barunya. Tentu bukan ia yang membeli, tetapi papinya yang memang sangat kaya. Berkali-kali ia berganti model mulai dari Jazz sampai BMW. Dengan mobil baru itulah, ia mencoba mencari pacar, siapa tahu cewek-cewek zaman sekarang tergiur dengan mobilnya dan akhirnya takluk kepadanya. Yang menarik, cewek yang sungguh cerdas dan mengerti siapa Dion, tidak tertarik.


(MIMBAR)
Meruwat Tahun Baru (Oleh: Paulus Mujiran)
Sekarang, kita sudah berada di tahun 2011. Banyak orang menempatkan peristiwa pergantian tahun sebagai momen yang tak terlupakan. Selain diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat reflektif, juga disertai dengan pemanjatan doa kepada Tuhan karena akan memasuki tahun yang baru. Partai politik sudah mempunyai tradisi rutin menggelar pidato politik. Yang pendukung koalisi memuja-muja keberhasilan, sementara yang mengaku oposisi akan mengritik habis kegagalan pemerintah.
(KONSULTASI IMAN)
Nabi Isa (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Pada malam Natal yang lalu, kakak sulung saya ikut menghadiri Misa malam Natal, karena keingintahuannya yang besar. Kakak saya beragama Islam. Pada saat upacara penyalaan lilin sebelum Misa, ia mengatakan bahwa kisah pengandungan dan kelahiran Nabi Isa yang dikisahkan dalam Injil hampir sama dengan apa yang dikatakan dalam Al-Qur’an, yaitu dikatakan sebagai suatu keajaiban, melebihi kelahiran nabi-nabi yang lain. Dia juga mengatakan bahwa dalam Al-Qur’an dikatakan Nabi Isa itu suci. Benarkah? Bagaimana menyikapi kemiripan ini?

Rahmat Mulyono, Jombang


(CERPEN)
Lelaki Tua dan Becaknya (Oleh: A.J. Susmana)
Akhirnya, aku putuskan untuk mampir juga ke rumah kontrakan Lelaki Tua di Kota T. Aku mendapatkan alamatnya dari seorang kawan via sms. Lelaki Tua itu tinggal di Kampung A RT 17/RW 08 No 45. Begitu mudah dihapalkan: tujuh belas Agustus tahun empat lima, bagian lagu yang populer pada masa sekolah terutama ketika menjelang, selama, dan beberapa hari sesudah peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Bukankah itu hari yang tak mungkin dilupakan?


(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Franciscanae Filiae Sanctissimae Cordis Jesus et Mariae (FCJM): Putri Hati Kudus Yesus dan Maria
Franciscanae Filiae Sanctissimae Cordis Jesus et Mariae (FCJM) atau Kongregasi Suster Fransiskan Putri-Putri Hati Kudus Yesus dan Maria didirikan Muder Maria Clara Pfander. Kesucian serta keutamaan rohani yang terpancar dalam karya pelayanan bagi yang sakit, menderita, dan yatim piatu, menarik banyak pemudi ikut berkarya dalam kongregasi ini. Konstitusi pertama kongregasi ini disahkan pada 30 Oktober 1860 oleh Mgr Konrad Martin. Tujuan utamanya adalah sembah sujud abadi di depan Sakramen Mahakudus, berdoa untuk Gereja yang tertindas dan tertimpa kesusahan, mendidik kaum muda, terlebih pelayanan bagi anak yatim piatu.


(KONSULTASI KELUARGA)
Pentingnya Musik bagi Kecerdasan Anak (Oleh: Emiliana Primastuti Msi)
Tulisan tentang topik yang sama (HIDUP Edisi 52/2010), membahas betapa musik sangat berpengaruh dan dapat menjadi stimulasi bagi kecerdasan anak sejak janin dalam kandungan. Tentu saja hal ini tidak hanya berhenti begitu saja setelah proses kelahiran bayi. Akan muncul pertanyaan lagi, yaitu ’apakah musik juga dapat menjadi stimulasi bagi perkembangan anak untuk selanjutnya?’ Untuk itu, marilah kita kaji lebih lanjut pertanyaan tersebut.


(MIMBAR)
Bencana dan Tanggung Jawab Kita (Oleh: Ryan Dagur)
Pasca letusan Merapi di Yogyakarta, seorang sahabat menulis di Facebook: ”Bencana; apakah karena dosa manusia?” Spontan saya memberi respons; mengapa kok fenomena alam dikaitkan dengan dosa dan dosa itu berarti juga dengan Tuhan. Bencana diidentikkan sebagai akibat dosa. Beberapa minggu terakhir ini memang bangsa kita dilanda bencana alam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: