Edisi 52 Damai Natal Sepanjang Kapuas

Sajian Utama:
Dari hasil kunjungan HIDUP ke Pontianak, Singkawang, hingga Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dua minggu lalu terungkap bahwa suasana menjelang Natal di sana terlihat lebih semarak. Di sana-sini sudah terlihat geliat Natal, lengkap dengan pernak-perniknya. Umumnya umat menghayati Natal bak Lebaran di Jawa. Mereka saling berkunjung dan saling memaafkan dengan sanak-saudara, tetangga. Sebagai ungkapan syukur, mereka juga rayakan Natal dengan membuat makanan istimewa untuk para tamu. Yang mereka wartakan adalah damai Natal bagi sesama, bagi orang lain, seperti diungkapkan Pastor William Chang OFMCap. Simak laporan selengkapnya.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Semarak Natal di Negeri Seribu Sungai
Saat memasuki dan menyusuri jalan-jalan utama di Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat pada minggu pertama Masa Adven, semarak dan geliat Natal sudah mulai terasa. Beberapa toko dan pusat perkantoran mulai dihiasi dengan berbagai aksesori bernuansa Natal.

Natal untuk Semua Orang
Uskup Agung Pontianak, Mgr Hieronymus Bumbun OFMCap : Natal, bagi Mgr Bumbun, merupakan perayaan keluarga. “Bayi Yesus yang berada di palungan harus menjadi pengikat hidup dalam keluarga,” tegasnya. Maka, ia berpesan agar saat Natal, hendaknya para orangtua memberikan perhatian kepada anak-anak. “Anak harus dicintai sebagai rahmat Tuhan yang menyatukan hidup keluarga,” imbuhnya saat ditemui di Wisma Keuskupan Pontianak, Kalimantan Barat, awal Desember lalu.

Damai Natal Nun di Kapuas Hulu
Umat Katolik di berbagai penjuru kota hingga pedalaman dan pelosok di Kalimantan Barat memiliki tradisi unik saat perayaan Natal. Hari Natal dirayakan secara istimewa dengan saling berkunjung ke rumah-rumah sekitar, baik tetangga atau sanak saudara dan menyantap hidangan yang telah disediakan setiap tuan rumah.

Dentang Lonceng Natal di Singkawang
Tahun lalu, kemeriahan menyambut Natal 2009 dan Tahun Baru 2010 terasa di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Sebuah pohon Natal setinggi 17 meter dan berdiameter delapan meter menghias Jalan Diponegoro, Singkawang. Pohon Natal itu terlihat indah dengan hiasan lampu-lampu yang terang dan berwarna-warni. Saat diluncurkan pertama kali, iringan sirine dan kembang api membuat langit Singkawang penuh dengan warna-warni.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Bayi Yesus
Kelahiran Yesus Sang Juruselamat mengikuti pola umum dari orang yang kelak mengambil peranan penting bagi umat manusia. Bayi Yesus yang masih ada dalam kandungan dijaga dengan sangat baik oleh kedua orangtuanya. Maria, sang ibu, dengan penuh iman menanggung beban tanggung jawab demi bayi Yesus dan demi misi keselamatan umat manusia (Lk 1:38).


(DARI KWI)
Pesan Natal Bersama PGI dan KWI
PGI dan KWI menuliskan pesan Natal bersama, dengan judul “Pesan Natal Bersama Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) – Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Tahun 2010.” Surat ini ditandatangani di Jakarta, tanggal 12 November 2010, oleh Ketua Umum PGI Pdt Dr A.A. Yewangoe, Sekretaris Umum PGI Pdt Gomar Gultom MTh, Ketua KWI Mgr M.D. Situmorang OFMCap, dan Sekretaris Jenderal KWI Mgr J.M. Pujasumarta. Surat tersebut diawali dengan kutipan dari Yoh 1:9, “Terang yang sesungguhnya sedang datang ke dalam dunia.”


(KABAR JAKARTA)
Kaul Suster OP
Bertepatan dengan Perayaan 23 Tahun Kemandirian Suster-Suster Dominikan di Indonesia, enam suster Dominikan Indonesia mengikrarkan kaulnya di Gereja Keluarga Kudus Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu, 12/12. Keenam suster ini adalah Suster Maria Andrea Desi OP, Suster Maria Theresiana OP, Suster Maria Paskalia OP, Suster Maria Gaudensia OP, Suster Maria Leonyta OP, dan Suster Maria Irene OP.

Misa Batak Arnoldus
Gereja Santo Arnoldus Jansen Bekasi, Jawa Barat merayakan Misa Syukur Inkulturasi Batak dalam rangka Ulang Tahun ke-10 Punguan Naposobulung Katolik Batak Bekasi (PNKB), Minggu, 14/11. Misa yang diikuti sekitar 300 umat ini dipimpin Uskup Agung Medan, Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap. Sebagai ucapan syukur atas bertambahnya usia, PNKB juga menggalang dana untuk Renovasi Pembangunan Gereja St Arnoldus Jansen yang menjadi tempat berkegiatan PNKB selama ini.

Menjadi Seorang Entrepreneur
Senior Advisor Perduki Group of Business, F.X. Budhi Hendarto, bersama Dr Psi Agustinus Sulaeman MBA membentuk Entrepreneur Candidate Club (ECC) yang berkegiatan setiap Sabtu pertama dalam bulan di Paladian Café, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu, 4/12. Sekitar 27 orang dari Komunitas Karyawan Muda Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KKMK KAJ) dan Persekutuan Doa Usahawan Katolik Indonesia (PERDUKI) mengikuti acara ini.

Krisma Paroki Kranji
Sebanyak 527 umat dari Paroki Santo Mikael dan Stasi Santo Albertus Harapan Indah menerima Sakramen Krisma dalam Perayaan Ekaristi di Gereja Santo Mikael Kranji, Bekasi, Minggu, 12/12. Ekaristi dilaksanakan secara konselebrasi dengan selebran utama...

Retret Panggilan Projo Jakarta
Seminari Tinggi Yohanes Paulus II Keuskupan Agung Jakarta menyelenggarakan Retret Panggilan bertema “Mengenal Imam Diosesan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ)” di Rumah Retret Samadi Klender, Jakarta Timur, Jumat-Minggu, 12-14/11.

Seminar Keluarga Paroki HMTB
Bertempat di Paroki Hati Maria Tak Bernoda (HMTB) Tangerang, Banten, Minggu, sebanyak 93 pasangan suami istri (pasutri) mengikuti seminar bertema “Menemukan Keharmonisan Keluarga dalam Konseling Katolik”, Minggu, 14/11. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Seksi Kerasulan Keluarga (SKK) Paroki HMTB.

Feminisme di Seminari Tinggi
Seminari Tinggi Yohanes Paulus II, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, menggelar diskusi bertema ”Perspektif Feminisme dalam Islam”, Jumat, 15/10. Narasumber diskusi adalah Siti Musdah Mulia, Sekretaris Jenderal Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP).


(NUSANTARA)
Pisah Sambut Rektor Kentungan
Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan DI Yogyakarta mengadakan acara pisah sambut rektor di Seminari Tinggi Kentungan, Sabtu, 11/12. Pastor Florentinus Hartosubono Pr yang telah menjabat rektor seminari ini selama enam tahun digantikan Pastor Joseph Kristanto Pr yang sebelumnya menjabat Rektor Seminari Beato Geovanni XXIII Keuskupan Malang.

100 Tahun Biara St Joseph
Biara St Joseph Manado yang merupakan bagian dari Societas Suster-Suster Jesus Maria Joseph (JMJ) genap berusia 100 tahun. Untuk memperingati hari bersejarah itu, berbagai kegiatan diselenggarakan. Puncak peringatan dilaksanakan di Biara St Joseph Manado, Sulawesi Utara, Minggu, 21/11. Acara ini dihadiri Gubernur Sulawesi Utara S.H. Sarundajang, Vikaris Episkopalis Manado Pastor Wens Maweikere Pr, keluarga besar persekolahan Yayasan Joseph Jeemye Manado, dan ratusan undangan lainnya.

Misa Suro Paroki Gombong
Paroki Santo Mikael Gombong, Jawa Tengah mengadakan Misa Satu Suro di Gereja Santo Mikael, Selasa, 7/12. Pada Perayaan Ekaristi ini, imam dan para petugas liturgi lainnya mengenakan pakaian adat Jawa. Pastor Paroki Santa Maria Purworejo, Jawa Tengah, Robertus Suraji Pr memimpin Perayaan Ekaristi Satu Suro ini, didampingi Pastor Rekan Paroki Gombong F.X. Yitno Puspohandoyo Pr dan Pastor Dominikus Dimas Danang A.W. Pr.

Festival Band OMK
Festival Band Orang Muda Katolik (OMK) se-Keuskupan Bandung berlangsung di Paroki Bunda Pembantu Abadi Pamanukan, Jawa Barat, Sabtu-Minggu, 13-14/11. Acara ini diselenggarakan OMK Paroki Bunda Pembantu Abadi Pamanukan bekerjasama dengan Komisi Kepemudaan (Komkep) Keuskupan Bandung. Festival ini merupakan ajang pentas seni OMK Keuskupan Bandung yang kedua kali. Tema festival band OMK ini adalah ”Kaum Muda Mencari Wajah Tuhan”.

Temu OMK
Untuk memperingati HUT ke-79 Paroki Santo Yusup Blitar dan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2010, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Yusup menggelar Temu OMK se-Kevikepan Blitar di Paroki Santo Yusup Blitar, Jawa Timur, Minggu, 31/10. Tema yang diusung panitia adalah “Witing Tresna Jalaran Saka Kulina”, sebuah tema yang menjadi latar belakang diselenggarakannya kegiatan bersama ini.

EduFair SMA Fransiskus
SMA Fransiskus Bandarlampung menggelar education fair di SMA Fransiskus Bandarlampung, Sumatra Selatan, Sabtu-Minggu, 16-17/10. Ada 24 perguruan tinggi swasta, empat perguruan tinggi negeri, dan satu perguruan tinggi luar negeri yang ikut dalam kegiatan ini.

53 Tahun PMKRI Padang
Seorang anak lulusan SMA dari Mentawai bernama Dodi merantau ke Padang untuk kuliah. Setelah tiga bulan berada di Padang, tiba-tiba gempa dan tsunami melanda kepulauan Mentawai. Ini adalah sepenggal drama yang ditampilkan dalam rangka kegiatan pentas seni memperingati...

Misa Fransiskus Asisi
Untuk memperingati Hari Raya Fransiskus dari Asisi, para biarawan-biarawati Fransiskan-Fransiskanes dan ordo ketiga awam mengikuti Misa syukur bersama di Kapela Bitora, DI Yogyakarta, Minggu, 10/10. Misa dipersembahkan secara konselebrasi oleh Pastor Andre Atawolo OFM, Pastor B. Didit Tri Haryadi OFM, Pastor Johanes Kore OFM, dan Pastor Ignatius Widiaryoso OFM.

Rekoleksi Pensiunan
Paguyuban Pensiunan PNS RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten memprakarsai rekoleksi bagi pensiunan dan pra-pensiunan pegawai negeri sipil, Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Polisi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) se-Kabupaten Klaten.


(KESAKSIAN)
Menjadi Orang Terberkati
Tangannya bergerak cekatan, meracik berbagai ramuan obat tradisional dari Cina yang disimpan di puluhan guci kecil. Kemudian, racikan itu ia balutkan pada kaki pasien yang patah tulang. Senyum terus-menerus mengembang di bibirnya. Sekalipun baru pertama kali bertemu, Felly Junaidi (45) menyapa dengan akrab setiap pasiennya. Ia seakan-akan bertemu dengan sahabat lamanya. Tiada sedikit pun ada jarak di antara mereka. Yang ada adalah seseorang yang sedang membantu menyembuhkan sahabatnya yang sedang sakit.


(APA DAN SIAPA)
Benediktus Eko Cahyo Rudiyanto : Terkurung di Mentawai
F.X.Widoyoko Suryomursandi : Tiket ke Roma
F.X. Heri Rahardiyanto : Seniman, Seni dan Iman
Sr Benedikta Werang SSpS : Misionaris HIV/AIDS


(LEMBAGA RELIGIUS)
Kongregasi Putri Karmel (P.Karm): Suster dari Pertapaan Karmel
Kongregasi Putri Karmel didirikan oleh Pastor Yohanes Indrakusuma OCarm pada 1982 di Desa Ngadireso, Tumpang, Malang, Jawa Timur. Tempat ini dikenal dengan nama Pertapaan Karmel. Kongregasi ini didirikan seturut semangat dan cara hidup Pastor Yohanes Indrakusuma OCarm yang telah lama menghayati dan hidup di Pertapaan Karmel.


(EKSPONEN)
Ali Usman : Pembajakan Terhadap Tuhan
Kegelisahan dan penasaran menghantui dirinya. Tak tahan menghadapi itu, ia menimba ilmu di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sejak bersekolah di Aliyah, ia sudah membaca buku pemikiran keagamaan dan filsafat. Jalan terbuka baginya membumikan toleransi melalui karya-karyanya.


(KONSULTASI IMAN)
Penyunatan Yesus (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Membaca kisah penyunatan Yesus di kenisah (Luk 2:21-40), saya merasa aneh bahwa tidak diceritakan rincian upacara yang dimaksudkan dan bagaimana upacara itu dilakukan. Di mana dikatakan dalam Perjanjian Lama tentang peraturan yang dirujuk oleh Lukas? Apa hubungan antara peristiwa penyunatan itu dengan kehadiran Simeon dan Hana? Mohon penjelasan.

Theresia Maria Agusetyarini, Malang


(JENDELA)
Perkumpulan Kasih Beekman : Membangun Dunia yang Lebih Baik
Semangat Pastor Simon Beekman SJ membakar niat beberapa warga Paroki Kebon Dalem, Semarang, Jawa Tengah, untuk mendirikan Yayasan Sosial Beekman pada 17 Maret 1998. Nama Romo Beekman dicantumkan dalam nama yayasan sosial ini untuk memperingati teladannya dalam berkarya bagi Tuhan dan Gereja serta masyarakat yang tidak mampu.

Lebih Baik Tertipu
Pastor Simon Beekman SJ merupakan perintis utama berdirinya Paroki St Fransiskus Xaverius Kebon Dalem Semarang, Jawa Tengah. Selama hidupnya ia selalu memberikan perhatian khusus kepada orang-orang yang menderita, baik lahir maupun batin. Ia selalu siap membantu mereka yang lemah dan miskin.


(MANCANEGARA)
Uskup Pejuang Keadilan, Wafat
Lebih dari 1.500 orang menghadiri upacara pema- kaman Mgr Michael Bunluen Mansap di Katedral Maria Dikandung Tanpa Noda, Ubon Ratchathani, 8/12. Mgr Michael, kelahiran 1929. Ia ditahbiskan sebagai imam Keuskupan Rachaburi, Thailand, 1951.

Penyerangan Sekolah Ortodoks
Sekelompok aktivis Hindu sayap kanan menyerang sekolah Gereja Ortodoks. Mereka memaksa masuk ke ruang pengunjung Sekolah Menengah St Maria, Jabalpur, Madhya Pradesh, dan meneriakkan slogan anti-Kristen. Kepala Sekolah, Pastor K.J. Louis, mengatakan, sebelum peristiwa ini, tiga siswa dihukum karena tidak disiplin.

Para Uskup
Pastor Walter Brandmüller, mantan Ketua Kuria Roma, ditahbiskan sebagai Uskup Tituler Caesarea di Mauritania pada 13 November 2010. Tujuh hari kemudian, Mgr Walter (81) resmi diangkat sebagai Kardinal. Tentang pengangkatan ini, sudah diumumkan sebulan sebelumnya. Ia adalah salah seorang dari 24 kardinal baru yang diangkat pada 20 November 2010.


(RENUNGAN HARIAN)
Lihatlah dan Percayalah (Oleh : Johanes Jarot Hadianto)
Rusuh. Begitulah kesan bacaan Injil hari ini. Semua orang tampak kebingungan, bergegas, dan tergesa-gesa. Bayangkan, Maria Magdalena berlari, Simon Petrus berlari, murid yang dikasihi Yesus – diidentifikasi sebagai Yohanes – juga berlari. Apa yang terjadi sehingga semua orang berlari-lari, padahal saat itu hari masih gelap? Apakah mereka sedang berolahraga? Ternyata, bukan. Sumber kegemparan pagi itu adalah: kubur Yesus terbuka, jenazah-Nya hilang!


(CERPEN)
Tempat Terindah Natal (Oleh : Margareta Astaman)
Ini baru Natal, aku membatin dalam hati sambil menatap ke luar jendela penginapanku. Udara dingin menghembus lembut lewat kisi-kisinya. Dari sudut jendela tak terlihat adanya pepohonan, kecuali cemara ever­green yang tetap bertahan di udara musim dingin. Sayup-sayup terdengar lagu Natal terlantun dari kelompok Christmas Carol di jalan.


(KONSULTASI KELUARGA)
Pentingnya Musik bagi Kecerdasan Anak (Oleh : Emiliana Primastuti Msi)
Seorang ibu menanyakan tentang manfaat musik bagi anak. Apakah benar anggapan yang mengatakan, kalau anak selalu diperdengarkan musik sejak di dalam kandungan akan menjadi anak yang cerdas di kemudian hari? Hal ini menggugah kita semua untuk dapat mengkajinya lebih lanjut.


(CATATAN AKHIR TAHUN)
HIDUP yang Relevan dan Signifikan (Oleh : Raymond Toruan)
Tahun 2010 akan segera berakhir. Ternyata, sudah lebih dari satu dasawarsa saya bersama Sandiwan Suharto hidup di tengah-tengah HIDUP. Keterlibatan saya dipicu konflik internal yang berkembang menjadi krisis kepemimpinan dalam Majalah HIDUP awal 1993. Uskup Agung Jakarta Mgr Leo Soekoto SJ menunjuk Vikep KAJ Romo B.S. Mardiatmadja SJ sebagai caretaker untuk mengatasi kemelut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: