Breaking News
Loading...

Sajian Utama:
Kota Temanggung yang biasa dikenal sebagai kota yang bersih, tenang dan tertib, penuh kedamaian dan kerukunan mendadak sontak dikejutkan terjadinya amuk massa oleh mereka yang tak bertanggung jawab. Gara-gara ketidakpuasan atas putusan hakim Pengadilan Negeri Temanggung terhadap terdakwa penistaan agama, Antonius R. Bawengan, massa mengamuk dan merusak dua gereja Kristen dan satu gereja Katolik. Peristiwa tersebut tentu menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi Gereja, bangsa dan negara, yang berazaskan Pancasila. Yang jadi pertanyaan, mengapa peristiwa semacam itu terus terjadi, di negeri ini, seolah tidak ada yang bisa mencegahnya?


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Gereja Temanggung Diamuk Massa
Selasa, 8/2, ketika terbetik kabar amuk massa di Temanggung, Jawa Tengah, wartawan HIDUP Fransisco Rosarians Enga Geken langsung ke sana. Berikut foto-foto yang diambil pada Rabu, 9/2.

Aksi Massa di Temanggung
Begitu mendengar berita amuk massa di Temanggung Jawa Tengah yang mengakibat tiga gereja rusak, satu di antaranya Gereja St Petrus Paulus, Selasa siang, 8/2, Redaksi langsung meluncur ke TKP sore itu juga. Pelbagai berita dengan cepat menyebar. Peristiwa Temanggung menambah kisah kekerasan atas nama agama pada awal tahun 2011, yang beberapa hari sebelumnya menimpa umat Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang Banten.

Pernyataan Mgr Puja
Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta mengunjungi Paroki Santo Petrus Paulus, Temanggung pada Rabu, 9/2. Dalam kunjungannya ini, ia ditemani Pastor Paroki F.X. Dwinugraha Sulistyo MSF, Provinsial MSF Provinsi Jawa Pastor Agustinus Purnama MSF, dan beberapa umat Temanggung berkeliling gedung gereja. Malam harinya, Mgr Pujasumarta membagikan kisah dan memberi tanggapan terhadap peristiwa Temanggung dalam acara Wawanhati dengan Kevikepan Kedu di Paroki Santo Ignatius, Magelang.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Kekerasan Berbasis Agama
Bagi manusia, homo sapiens sapiens modern, agama dimaknai secara paradoksal. Di satu pihak, agama adalah perangkat spiritual untuk mencapai Yang Ilahiah. Untuk sampai ke tataran tersebut, manusia harus menjaga diri masing-masing agar tetap berada pada tatanan moral yang benar. Dalam tataran ini, manusia wajib berbuat baik terhadap sesama manusia, sesama makhluk hidup, dan terhadap alam semesta.


(KABAR JAKARTA)
Persembahan bagi Maria
Seorang anak perempuan memegang boneka dan bersujud sendirian di tengah malam. Ia berdoa di depan patung Bunda Maria. Doa ”Salam Maria” tak henti ia daraskan. Airmata pun menitik satu demi satu melintasi pipinya. Itulah salah satu tayangan yang menyimbolkan perjuangan Paroki Santo Matias Rasul Kosambi, Jakarta Barat dalam membangun harapan dan iman kekatolikan.

Seminar FMKI
Sekitar 34 paroki se-Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengikuti sidang Majelis Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) dan seminar setengah hari di Paroki Santa Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 13/2. Seminar setengah hari dengan tema “Di Manakah Hakku?” ini diikuti Seksi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAK) di paroki-paroki se-KAJ dan beberapa organisasi massa Katolik.

Pernyataan Sikap ICRP
Menanggapi penganiayaan yang menimpa jemaat Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang dan pengrusakan tiga gereja di Temanggung, Jawa Tengah, Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) mengeluarkan pernyataan. Surat pernyataan yang ditandatangani Ketua Umum ICRP Siti Musdah Mulia dan Sekretaris Umum ICRP Imdadun Rahmat ini dikeluarkan di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa, 8/2.

Misa Imlek Paroki Sunter
“Kita layak mengucap syukur, karena kita telah melewati tahun lalu dan memasuki tahun yang baru. Pakailah momen tahun baru ini untuk memperbarui diri agar iman kita semakin bertumbuh.” Demikian Delegatus Salesian Don Bosco Indonesia (SDB) Indonesia Pastor Yohanes Boedirahardjo Soerjonoto SDB dalam homilinya pada Misa Imlek di Paroki Yohanes Bosco, Danau Sunter, Jakarta Utara, Jumat, 11/2.

Camping SMK Strada
SMK Strada mengadakan Camping Rohani Lima SMK Strada di Sekolah Strada Teluk Naga, Tangerang, Banten, Jumat, 21/1 – Sabtu, 22/1. Acara bertema “Remaja Katolik Menjawab Tantangan Zaman” ini bertujuan menumbuhkembangkan iman kristiani dan benih panggilan hidup selibat sebagai biarawan-biarawati atau rohaniwan.

Seminar Lingkungan Hidup
Sebanyak 80 umat Paroki Hati Maria Tak Bernoda (HMTB) Tangerang, Banten mengikuti seminar setengah hari di Paroki HMTB, Minggu, 30/1. Seminar bertema “Peduli Lingkungan Hidup” ini menghadirkan pembicara Pegiat Pemerhati Peduli Lingkungan Hidup (PEPULIH) Y. Tri Haryanto. Hadir juga Ketua Seksi Lingkungan Hidup Paroki HMTB Antonius Suwarno dan Pastor Rekan HMTB Ignatius Swasono SJ.


(NUSANTARA)
Gladi Mahasiswa Katolik
“Gereja jangan ikut-ikutan melakukan kebohongan publik, karena kekayaan Gereja terletak pada kredibilitas. Kalau Gereja ikut-ikutan melakukan kebohongan publik, tidak akan ada artinya karena kredibilitasnya juga akan habis.” Demikian Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta dalam Gladi Dasar keenam Mahasiswa Katolik Joglosepur (Yogya-Solo-Semarang-Purwokerto) di Panti Samadi Nasaret Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 3/2 – Minggu, 6/2.

Live-In Putra Altar
Untuk menyambut lustrum kelima Paroki St Aloysius Gonzaga Surabaya, Jawa Timur, pengurus putra altar Paroki Algonz mengadakan live-in di Seminari Menengah Santo Vincentius A Paulo Garum Blitar, Jawa Timur, Sabtu, 29/1 – Minggu, 30/1. Acara yang diadakan atas kerjasama dengan pengurus putra altar Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya ini diikuti 60 putra altar dari dua paroki dan dua pembina dari Paroki St Aloysius Gonzaga.

Sulitnya Berinvestasi
Yang menopang perekonomian Indonesia adalah permintaan akan kebutuhan rumah tangga yang cukup tinggi, bukan iklim investasi yang membaik. Demikian Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Raymond Atje, dalam Seminar Sehari Outlook Perekonomian 2011 bertema ”Prospek dan Tantangan bagi Pengusaha” di Hotel Santika, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, 20/1.

Temu Komkat Regio Jawa
Komisi Kateketik Regio Jawa mengadakan temu karya dengan mengambil tema ”Belajar dari Yesus, Sang Katekis” di Hotel Bumi Kitri Pramuka, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 25/1 – Jumat, 28/1. Cara ini dihadiri 62 peserta yang terdiri dari Ketua-ketua Komisi Kateketik Keuskupan Regio Jawa dan anggota atau utusan komisi kateketik masing-masing Keuskupan Regio Jawa, seperti Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Bogor, Keuskupan Bandung, Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Purwokerto, Keuskupan Malang, dan Keuskupan Surabaya.

HUT ke-24 KTM
Suasana sukacita mewarnai perayaan Misa syukur HUT ke-24 Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) Distrik Jember di SDK Maria Fatima Jember, Jawa Timur, Senin, 24/1. Misa dipimpin Kepala Paroki Santo Yusup Jember Pastor Andreas Yudhi Wiyadi OCarm. Hadir dalam acara ini, Ketua Dewan Pastoral Paroki Santo Yusup Jember Agustinus Dwijatmoko, perwakilan dari organisasi-organisasi Katolik, kelompok-kelompok doa, dan sekitar 70 anggota KTM Distrik Jember.

Kunjungan TK Angela
Pagi itu, Kamis, 13/1, bertempat di Lapangan TK Santa Angela berdiri rapi para murid yang siap menaiki bus yang telah siaga di depan kompleks TK Santa Angela yang terletak di Kecamatan Kuneru Kota Atambua. Para murid yang dikoordinir Kepala TK Santa Angela Suster Anselmia Gego melakukan kunjungan ke TK Asisi dan Panti Rehabilitasi Hidup Baru (PRHB) yang terletak di kawasan Onoboi, Paroki Maria Bunda Penebus Umanen Fatuketi, Atambua, NTT. TK Asisi dan PRHB merupakan dua karya kemanusiaan yang ditangani para suster FCJM di Keuskupan Atambua.

Misa Alam OFS
Pendamping Rohani Ordo Fransiskan Sekulir (OFS) Tingkat Dewan Regio Sibolga Pastor Kristof Jansen OFMCap memimpin Misa di alam terbuka di Pulau Poncan Moale, Minggu, 30/1. Pulau ini berjarak sekitar 20 menit dari Tapian Nauli Sibolga, Sumatra Utara. Acara dihadiri 43 anggota OFS, masing-masing sembilan anggota OFS dari Padangsidempuan, delapan anggota OFS dari Pinangsori, delapan anggota OFS dari Pandan, tujuh anggota OFS dari Mela, dan anak-anak.

MISA PENDERITA KUSTA
Dalam rangka syukuran Natal dan Buka Tahun Bersama, Wakil Bupati Belu, Atambua, NTT, Ludovikus Taolin berinisiatif menyelenggarakan Misa bagi para penderita cacat dan kusta di Kantor Kecamatan Malaka Timur, Belu, Kamis, 13/1

MISA ANAK MISIONER
Anak-anak Misioner Paroki St Yosep Lamasi, Makassar merayakan Hari Anak Misioner se-Dunia di Paroki Lamasi, Makassar, Sulawesi Selatan dengan Misa nuansa anak-anak, Minggu, 2/1. Semua petugas dalam perayaan ini adalah anak-anak.

LUSTRUM SMA YOS SUDARSO
Dalam rangka HUT ke-20, SMA Katolik Yos Sudarso Batam mengadakan Malam Keakraban dan Perayaan Ekaristi di Sekolah Yos Sudarso, Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu, 15/1. Ekaristi dipimpin Kepala SMA Yos Sudarso Pastor Aloysius Angus Pr.

LDK SMA BUDHAYA
SMA Budhaya II Santo Agustinus mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Pondok Wisata Nisita Cibodas, Jawa Barat, Jumat, 28/1–Minggu, 30/1. Acara ini diikuti 95 siswa kelas X SMA Budhaya. Tujuannya agar para murid memiliki jiwa sebagai pemimpin dan memiliki visi dan misi pribadi sebagai landasan dan orientasi masa depan.

REKOLEKSI SMK ANTONIUS
Yayasan Budi Luhur Semarang yang memiliki lima unit sekolah, yaitu SMK Antonius, SMA Santo Michael, SMA Budi Luhur, SMP Fransiskus, dan SMP Budi Luhur, menyelenggarakan rekoleksi tahap kedua bagi seluruh guru dan karyawan SMK Antonius Semarang. Acara ini diadakan di Wisma Kursus Sosial Ekonomi Desa (KSED) Ambarawa, Semarang, Senin, 10/1 – Rabu, 12/1.

KONSER AMAL
Gema Kasih Choir –kelompok paduan suara OMK Paroki Santo Petrus dan Paulus Klepu- mengadakan konser dalam rangka pencarian dana pembangunan pastoran dan kantor pelayanan umat Paroki Klepu. Konser ini berlangsung di Gereja Santo Petrus dan Paulus Klepu, DI Yogyakarta, Minggu, 26/12.

MISA ARWAH KAKAK USKUP
Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo memimpin Misa Arwah kakak kandungnya Florentina Sutati Djiwosubroto di Rumah Duka Sedayu, DI Yogyakarta, Jumat, 14/1. Ratusan pelayat termasuk Julius Kardinal Darmaatmadja SJ hadir dalam acara ini.


(SAJIAN KHUSUS)
Karya Misi di Antara Orang Dayak
Keuskupan Sintang, Kalimantan Barat, pada tahun 2011 ini memasuki usia emas, 50 tahun. Perayaan iman tersebut dibuka dengan Misa di Sejiram. Jumat pagi, 21/1, kali ini tidak seperti biasa. Banyak orang beramai-ramai menuju Sejiram, sebuah daerah pedalaman di Kalimantan Barat (Kalbar). Mereka datang untuk mengikuti Misa Agung Pembukaan Perayaan Pesta Emas (50 Tahun) Keuskupan Sintang.


(KESAKSIAN)
Demi Doa, Ia Berkeliling Amerika
Seorang anak muda Katolik melakukan perjalanan ke seluruh Amerika dengan berlari dan berdoa. Tanpa menghiraukan banyak kesulitan yang dihadapinya, dia menyatakan akan menggunakan bakatnya untuk pelayanan bagi Tuhan dan menolong orang-orang dengan doa. Jeff Grabosky (27) melaksanakan niatnya untuk berlari sepanjang 3.700 mil (hampir 7.000 km) dari Oceanside, California, AS, Kamis, 20/1 lalu. Ia berencana mengakhirinya di Long Island Smith Point di New York pada 26 Mei mendatang.


(MANCANEGARA)
Bersama Rayakan Saraswati Puja
Dipankar Basu, pengajar di St Xavier’s Collegiate milik Serikat Yesus, merayakan festival Saraswati berdasarkan interpretasi seorang Katolik. BASU merayakannya dengan menggunakan ”mantra” Hindu diiringi lagu-lagu yang digubah oleh Brahmabandhab Upadhyaya (1861-1907), penganut Hindu yang menjadi Katolik.

Manca Sekilas
KUBA – Keuskupan Agung Havana, melalui jurubicara Orlando Márquez Hidalgo, Kamis, 3/2, menyampaikan bahwa empat tahanan politik Kuba akan dibebaskan. Ini menambah catatan keberhasilan Gereja sebagai mediator. ”60 tahanan telah dibebaskan,” demikian Orlando.

Kardinal Naguib: Saatnya Pulang
Pada hari kesepuluh demonstrasi menuntut mundur Presiden Husni Mubarak, Patriark Koptik Katolik Alezandria, Kardinal Antonius Naguib, meminta masyarakat pulang dan bekerja seperti biasa.

Para Uskup
Pastor Juan Espinoza Jiménez, 45 tahun, imam Keuskupan Morelia, Michoacán, Meksiko ditunjuk sebagai Uskup Auksilier Morelia dan Uskup Tituler Arpi pada 15 Desember 2010.


(APA DAN SIAPA)
Yudith PI: Terakhir Keluar
Letkol CZI Tarsisius Yoga Pranoto: Semua Selamat
Mgr Martinus D. Situmorang OFMCap: Oposisi terhadap Keburukan
Narto Wiyono: Banyak Berkat


(JENDELA)
SD Katolik Laham IX, Kutai Barat: Terus Berbenah Diri
Tepat pukul 11.15 WITA, siswa SD Katolik Laham IX, Kutai Barat, Kalimantan Timur dengan ceria lari berhamburan ke luar dari kelas masing-masing untuk istirahat. Ada yang langsung bermain di halaman. Ada pula yang berkumpul lalu bercanda bersama. Di antara mereka, ada yang berseragam komplit, ada pula yang hanya bajunya saja yang seragam. Sebagian dari mereka memakai sepatu, namun ada pula yang hanya memakai sandal. Tapi, ada satu yang sama, mereka ceria.


(EKSPONEN)
Yosephine Sari Murti Widyastuti: Muara Berbagai Kepentingan
Hatinya lega bukan kepalang, saat Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Pembantu Rumah Tangga (PRT) diberlakukan di seluruh Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada akhir 2010. Dr Yosephine Sari Murti Widyastuti, SH, MHum (47) tersenyum. Bagi Bu Sari, begitu panggilan akrabnya, pemberlakuan Pergub PRT berarti adanya pengakuan akan penghargaan dari sebuah pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga yang berada di sektor informal.


(RENUNGAN HARIAN)
Kuasa Doa (Oleh: Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: Seorang nelayan menyeberangkan penumpang dengan perahu dayungnya. Pada dayung yang satu ditulisi kata DOA dan dayung yang lain kata KERJA. “Bapak ini lucu,” komentar penumpang. Nelayan itu pun melepaskan dayung yang bertuliskan DOA dan terus mendayung dengan yang bertuliskan KERJA. Dia terus mendayung dan perahu itu hanya berputar-putar saja tidak maju-maju. Akhirnya, penumpang itu tahu bahwa di samping dayung KERJA, diperlukan juga dayung DOA.


(SANTO DAN SANTA)
Santa Katarina dari Genoa (1447-1510): Mengalami KDRT
Katarina dilahirkan dari keluarga bangsawan Fieschi di Genoa, Italia, pada tahun 1447. Orangtuanya, pasutri Jacopo Fieschi dan Francesca di Negro, merupakan gambaran keluarga bangsawan Italia pada umumnya. Tetapi, ada beberapa keunggulan yang dimiliki keluarga ini. Setidaknya, lahir dua orang Paus, Innocentius IV dan Adrianus V.


(MIMBAR)
Bhinneka Tunggal Ika yang Terkoyak (Oleh: Paulus Mujiran)
Kekerasan atas nama agama di Cikeusik Pandeglang Banten dan di Temanggung Jawa Tengah mengusik kebhinnekaan kita sebagai bangsa. Kekerasan di Cikeusik dipicu oleh berkumpulnya Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) yang memicu kemarahan massa yang berujung pada kekerasan dan pengrusakan. Bahkan, selain kerusakan harta benda seperti rumah dan kendaraan, yang patut disesalkan jatuhnya korban jiwa. Tiga orang meninggal dan lima orang terluka berat dalam peristiwa itu.


Agama, Bertobatlah! (Oleh: Aurelius Teluma)
Allah sumber kehidupan. Yang ada pada Allah hanyalah kehidupan. Maka, tanpa Allah, tak ada manusia yang hidup di dunia ini. Dan tanpa manusia, tak ada agama. Maka, tanpa Allah, tak ada pula agama. Karena itu, yang terutama bagi agama hanyalah mengabdi Allah. Karena Allah itu Kehidupan, maka agama yang sejati adalah agama yang mengabdi kehidupan.


(KONSULTASI IMAN)
Hambatan Baptisan Bayi (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Pastor, kakak perempuan saya menikah dengan seorang Protestan. Pernikahan mereka dulu itu hanya dilakukan di Gereja Kristen. Kesulitan muncul ketika anak mereka ingin dibaptis secara Katolik, Pastor Paroki kami menolak. Pastor Paroki meminta mereka membereskan perkawinan mereka terlebih dahulu. Sedangkan tidak jauh dari rumah kakak saya, ada keluarga mantan Pastor yang setahu saya, perkawinan mereka juga dilakukan di Gereja Kristen. Anehnya, anak mereka boleh dibaptis. Bukankah ini tidak adil? Mengapa ada perlakuan yang berbeda? Apakah karena Bapak keluarga itu adalah seorang mantan Pastor? Mohon bimbingan!

Lambertus Jelatu, Jakarta


(CERPEN)
Perkara Felika (Oleh: Franky A. Nahur)
Sudah beberapa jam ruangan itu dirundung sepi. Felika hanya duduk terdiam, memangku kaki di atas sofa di sudut ruangan, dekat jendela. Jemarinya lincah merajut taplak meja. Kukunya dicat pink. Rambutnya ditarik membentuk sanggul di belakang, dan dibiarkannya beberapa helai terurai, persis seperti air tertumpah dari guci yang ditaruh di atas menara gading lehernya yang anggun.


(BUKU-VCD-KASET)
20 Menit Semarakkan Perkawinan
Perkawinan adalah ekspresi cinta Allah kepada manusia. Dalam perkawinan, dihadirkan cinta yang agung itu. Cinta yang agung itu akhirnya mewarnai aneka sisi kehidupan dua insan yang mengikat diri dalam perkawinan.

Memperkenalkan Kitab Suci melalui Komik
Komik bisa menjadi sarana efektif untuk menyampaikan sebuah pesan. Untuk semua jenjang usia, khususnya anak-anak, komik menjadi bahan bacaan naratif yang menarik. Sebuah pesan pada umumnya akan lebih mudah ditangkap bila disampaikan dengan ilustrasi yang menarik, dan itu terdapat pada komik.


(KONSULTASI KELUARGA)
Menjadi Diri Sendiri (Oleh: Th. Dewi Setyorini)
Di dunia modern yang bersifat konsumtif ini, saya sadari ada begitu banyak tawaran yang diberikan. Semuanya mengatasnamakan tren dan gaya hidup. Jika tidak mengikuti, bisa dikatakan jadul, kuno, tidak ikut mode, dan risikonya tidak masuk dalam komunitas yang mengatasnamakan tren itu tadi. Tidak mudah memang karena tidak masuk dalam kelompok berarti tidak punya teman atau kelompok.


(TEROPONG)
Ormas Katolik (Oleh: A.M. Lilik Agung)
Cobalah Anda amati organisasi massa (ormas) Katolik macam WKRI, PMKRI, Pemuda Katolik, ISKA, dan organisasi politik (orpol) berembel-embel Katolik ketika mereka mengadakan pelantikan pengurus baru. Ormas (orpol) Katolik tersebut terkena sindrom ormas yang lazim ada di negeri ini. Mereka membuat organisasi nan tambun dengan efektivitas dipertanyakan.

0 komentar:

Poskan Komentar