Edisi 09: Berziarah ke Roma

Sajian Utama:
Kota Roma dan Vatikan hingga kini menjadi daya tarik dunia bagi para peziarah, termasuk dari Indonesia. Di sana ada sejumlah peninggalan kuno dari zaman Kerajaan Romawi, seperti katakomba, colesseum, dan Basilika St Petrus. Dari sejumlah umat yang pernah ke Vatikan dan Roma mengaku takjub, dan berkesan. Mereka punya kenangan tersendiri, seperti dialami pasutri Widoyoko-Ervina dari Paroki Rawamangun Jakarta. Karena Oktober 2000, mereka mendapat tugas mencium Kitab Suci di depan Paus Yohanes Paulus II. Harry yang belajar filsafat dan teologi di sana juga mengaku bangga menjadi Katolik. Mau ziarah ke sana? Kini biro-biro perjalanan, seperti RAPTIM, RITZ Tour telah memberi pelbagai kemudahan bagi umat yang ingin berziarah, antara lain dengan menabung.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Mencium Kitab Suci di Depan Paus
Melalui cara masing-masing, mereka mendapatkan kesempatan mengunjungi Roma dan Vatikan. Bahkan, mereka tidak hanya berada di Pusat Agama Katolik se-Dunia melainkan juga berkesempatan bertemu dengan Bapa Suci. Rahmat yang luar biasa menimpa F.X. Widoyoko Suryomursandi, warga Paroki Keluarga Kudus Rawamangun, Jakarta Timur.

Studi di Kota Wisata
Pemuda Indonesia ini bernama Oktavianus Harry Wibowo. Sejak Juli 2008, ia berada di Roma untuk tugas belajar filsafat dan teologi atas undangan Komuitas Sant’ Egidio. Sebelumnya, Okta adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Prayoga Padang dan lulusan SMAK Xaverius Padang (2001).

Roma, Kota Wisata
Katakomba, Colosseum, Basilika St Petrus, Gereja San Silvestro, dan bangunan-bangunan lain di Roma, adalah prasasti getirnya sejarah umat Katolik yang kini justru menjadi magnet para peziarah dari seluruh dunia. Menjadi orang Katolik bukanlah perkara yang mudah. Itulah yang dirasakan pengikut Kristus di Roma pada abad-abad pertama. Nyawa adalah taruhannya.

Berbagai Kemudahan Berziarah
Mau berziarah ke Roma tapi duit belum cukup? Anda tetap bisa mewujudkan impian itu. Sekarang ini, banyak biro perjalanan wisata ziarah menawarkan berbagai kemudahan dalam pembiayaan perjalanan wisata ziarah. RAPTIM Tour, misalnya. Biro perjalanan milik Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) ini mempunyai cara sendiri untuk menjaring umat sebanyak mungkin atau mengambil hati umat agar tertarik untuk berziarah, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Menabung untuk Ziarah
Berbekal niat, doa, dan usaha yang sungguh-sungguh, para guru, staf administrasi, dan staf perpustakaan Sekolah Santa Ursula Jakarta berziarah ke Roma dan beberapa negara lainnya di Eropa pada 27 Juni 2007-12 Juli 2007. Ide ziarah internasional, seperti iungkapkan uster Christine Hardisubroto SU (59) pada Sabtu, 5/2, terlontar pertama kali pada 2005 dalam sebuah bincang-bincang ringan para suster Ursulin di biara.
BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Ziarah
Kita mengambil satu periode sejarah Gereja pada akhir abad XI. Satu periode penting ketika Gereja mengalami perubahan yang cukup drastis. Gereja baru saja keluar dari Abad Gelap. Dimulailah sebuah era di mana para petinggi Gereja secara sistematis menggunakan kemampuan akal dan rasio untuk memahami iman kristiani.


(KABAR JAKARTA)
Konser Berbagi Kasih
Paroki Santa Helena Curug, Tangerang mengadakan acara malam berbagi kasih ”Giving My Heart” di Dome Harvest, Karawaci, Tangerang, Banten, Selasa, 15/2. Acara dikemas dalam bentuk konser berbagi kasih yang menghadirkan sejumlah artis. Konser berlangsung sangat meriah. Penonton memadati lantai Dome Harvest. Penampilan perdana menampilkan Children Choir dengan lagu ”Holy Jesus”.

Misa Orang Sakit Santa Clara
Dalam rangka Hari Orang Sakit se-Dunia, Seksi Liturgi Paroki bersama Kelompok Kategorial Paroki St Klara mengadakan Misa bagi orang sakit dan lansia di Paroki Santa Klara, Bekasi Utara, Jawa Barat, Minggu, 20/2. Kelompok kategorial seperti Kelompok Ordo Fransiskan Sekuler (OFS) Margaretha Cortona, Komunitas Kerahiman Ilahi, Paguyuban Yohanes Paulus II (Lansia), Legio Maria, dan Persekutuan Doa Karismatik Katolik berperan serta dalam acara yang dihadiri sekitar 300 orang ini.

Peresmian Tiang Pancang Stella Maris
Paroki Stella Maris, Pluit, Jakarta Utara mengadakan ibadat Sabda peresmian tiang pancang utama gedung gereja, Jumat, 11/2. Ibadat dipimpin Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta (Vikjen KAJ) Pastor Yohanes Subagyo Pr, Wakil Ekonom KAJ Pastor Antonius Antoro Pr, Kepala Paroki Stella Maris Pastor Andreas Sujidi Gunawan MSC.

Seminar DM STIK Carolus
Sekitar 300 perawat dan calon perawat dari berbagai rumah sakit di Jakarta mengikuti seminar kesehatan yang diselenggarakan Mahasiswa Program Profesi S-1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Sint Carolus. Lima pembicara hadir dalam seminar yang berlangsung di Hotel Sentral, Jalan Pramuka, Rawasari, Jakarta Pusat, Sabtu, 19/2.

Sang Timur Cup 2011
Empat bocah laki-laki berpakaian tradisional Sunda naik ke panggung. Kecilnya postur badan dan dininya usia tak menghalangi kepercayaan diri mereka untuk menari dengan gagah layaknya orang dewasa. Mereka adalah salah satu peserta Lomba Tari Tradisional Sang Timur Cup 2011. Perlombaan yang diselenggarakan Sekolah Dasar Katolik (SDK) Sang Timur Cakung ini berlangsung di SDK Sang Timur Cakung, Jakarta Timur, Jumat, 18/2 – Sabtu, 19/2.

Konferensi Pers KWI
Komisi Keadilan, Perdamaian, dan Pastoral Migran-Perantau Konferensi Waligereja Indonesia (KKPMP-KWI) mengadakan pertemuan dengan Jaringan Solidaritas Korban dan Keluarga Korban (JSKK) mengenai Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Gedung KWI, Cut Mutia, Jakarta Pusat, Rabu, 16/2. Acara ini dihadiri Komite Aksi Solidaritas Untuk Marsinah (KASUM), Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI), Wakil dari KONTRAS Suciwati, Kasus Tanjung Priok (IKAPRI), Pastor Serafin Dany Sanusi OSC (Sekretaris KKPMP-KWI), Mgr Agustinus Agus (Ketua KKPMP-KWI), Pastor Ronny Neto Wuli Pr, dan Pastor Benediktus Beny Salettia Pr (Anggota Badan KKPMP).

Misa HOSD
Peringatan Hari Orang Sakit se-Dunia (HOSD) dirayakan dalam Misa di Rumah Sakit St Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat, 11/2. Misa dipimpin Mgr Ignatius Suharyo didampingi oleh pastor RS St Carolus Alex Sugijarto OFM dan Pastor Paroki Hati Kudus Kramat Bimo Prakoso OFM. Di depan altar, tampak puluhan pasien terbaring di ranjang dan tergolek di kursi roda. Ruang tempat Misa pun dipenuhi oleh puluhan pasien.

Seminar Kerahiman Ilahi
Komisi Kerasulan Devosi Kerahiman Ilahi Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengadakan Seminar Kerahiman Ilahi di Universitas Atma Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa, 15/2. Seminar bertema “Hidup yang Dijiwai oleh Kerahiman Ilahi” ini diikuti sekitar 800 orang. Mereka terdiri dari umat, suster, pastor, dan bruder yang ada di KAJ.


Pelatihan PMKRI
Pengurus Pusat PMKRI menyelenggarakan Pelatihan Spiritualitas Pembinaan PMKRI bagi para anggotanya di Wisma Agustinus, Tomang, Jakarta Barat, Kamis, 3/2-Sabtu,5/2. Kegiatan ini diadakan karena PMKRI melihat kenyataan bahwa pragmatisme mulai merebak dan mengancam sendi-sendi kehidupan bernegara. PMKRI merasa perlu berbuat sesuatu menyikapi tantangan yang ada dan melihat kondisi kekinian Indonesia.


(NUSANTARA)
Aksi Damai FORMALIN
Forum Mahasiswa Lintas Agama (FORMALIN) mengadakan aksi damai di putaran alun-alun Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu 12/2. AKSI ini dilakukan sebagai tanggapan FORMALIN atas aksi kekerasan yang dilakukan oleh oknum tertentu terhadap penganut agama lain yang terjadi akhir-akhir ini.

Konferensi Pers Temanggung
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang menggelar Konferensi Pers dengan tema “Mempererat Kerukunan, Meneguhkan Peradaban” di Wisma Kurnia Hati Kudus Yesus Tanah Mas Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 9/2. Konferensi yang digagas Pastor Aloysius Budi Purnomo Pr, Ketua Komisi HAK Keuskupan Agung Semarang, tersebut dihadiri...

Temu Pemuda Lintas Agama
Sebanyak 36 mahasiswa dari empat perguruan tinggi di Yogyakarta mengikuti Youth Interfaith Gathering - pertemuan pemuda lintas agama - di Hotel Oasis, Kaliurang, DI Yogyakarta, Sabtu,12/2. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Minggu Harmonis antarpemeluk Agama se-Dunia yang jatuh pada Februari.

Masih Memprihatinkan
Keuskupan Maumere mengadakan Pertemuan Evaluasi Program Kerja Tahun 2011 di Wisma Nazaret Nele, Maumere, Flores, NTT, Senin, 10/1 – Selasa, 11/1. Acara ini dihadiri Uskup Maumere Mgr G. Kherubim Pareira SVD dan 110 orang terdiri dari para pastor, frater, suster, dan awam dari 35 paroki se-Keuskupan Maumere.

Tahbisan Imam Sibolga
Uskup Sibolga Mgr Dr Ludovicus Simanullang OFMCap memimpin Misa tahbisan bagi sepuluh imam baru di Gereja Stasi Kristus Raja Semesta Alam Desa Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Jumat, 28/1. DALAM upacara tahbisan ini, Uskup didampingi Provinsial Kapusin Pastor Bonifasius Simanullang OFMCap, Vikaris Jenderal Keuskupan Sibolga Pastor Doni Ola Pr, Pastor Paroki Katedral Santa Theresia Lisieux Sibolga Alfonsus Ampu Pr, Dekanus Pastor Servasius Sihotang OFMCap, dan puluhan imam se-Keuskupan Sibolga.

Kunjungan Jenderal MSF
Jenderal Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) Pastor Edmundo Michalski mengunjungi empat frater MSF di Seminari Tinggi Serikat Sabda Allah (SVD) Surya Wacana Malang, Jawa Timur, Senin, 31/1 - Selasa, 1/2. Pastor Edmundo melakukan kunjungan bersama tiga pastor MSF lainnya, yakni Pastor Doni Tupen MSF, Pastor Felix Sumartedja MSF, dan Pastor Paulinus Yan Olla MSF.

Romo Wisnu Meninggal
Kepala Paroki Santo Antonius Kotabaru, DI Yogyakarta Pastor Redemptus Murtrisunu Wisnumurti SJ meninggal karena kecelakaan lalu lintas di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 19/2. Sebagaimana dilansir Cathnews Indonesia, Almarhum Pastor Redemptus Murtrisunu Wisnumurti SJ, kelahiran Wonosari, 29 November 1953 ini berangkat menggunakan sepeda motor untuk mengunjungi orangtuanya di Mertoyudan, Magelang.

KRISMA PAROKI PADANGBARU
Paroki Santo Fransiskus Assisi Padangbaru, Padang, Sumatra Barat mengadakan Misa Penerimaan Sakramen Krisma di Paroki Padangbaru, Minggu, 23/1. Misa dipimpin Uskup Padang Mgr Martinus D. Situmorang OFMCap. Acara ini diikuti 77 penerima Sakramen Krisma, orangtua, dan wali Krisma Paroki Santo Fransiskus Assisi Padangbaru.

HUT ROMO HARTO
Sekitar 50 anggota Persekutuan Doa (PD) Santo Fransiskus de Sales Domus Pacis Pringwulung, Sleman, DI Yogyakarta menyelenggarakan doa bersama dalam rangka merayakan pesta imamat ke-27 dan pesta ulang tahun ke-56 Pastor Fransiskus de Sales Suharto Widodo Pr, Jumat, 28/1. Pesta berlangsung sederhana namun penuh hikmat.

LIMA DIAKON MAKASSAR
Setelah dua tahun vakum, akhirnya Keuskupan Agung Makassar memperoleh lima diakon baru. Mereka adalah Diakon Hendrik Palimbo, Diakon Junarto Timbang, Diakon Oslan Lewi, Diakon Petrus Ralf Rimba Palimbu, dan Diakon Oktovianus Tandilolo. Acara syukur atas tahbisan diakon ini dilaksanakan di Seminari Anging Mammiri, DI Yogyakarta, Minggu, 30/1.

WALIKOTA CUP 2011
SMPK Mater Dei Probolinggo menyelenggarakan kompetisi bola basket antarpelajar Sekolah Dasar se-Kota dan Kabupaten Probolinggo, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, dan Lumajang, Jawa Timur, “ Walikota CUP 2011”, Kamis, 20/1 - Minggu, 23/1. Acara diadakan di SMPK Mater Dei dan GOR Tri Dharma Probolinggo.

REKREASI PERSIKA KAJ
Dalam rangka merayakan Natal 2010, Persatuan Siswa-Siswi Katolik Keuskupan Agung Jakarta (PERSIKA KAJ) mengadakan rekreasi bersama di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 28/1 - Minggu, 30/1. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 50 orang.


(MANCANEGARA)
Delegatus Apostolik untuk Kosovo
Meskipun Takhta Suci menunjuk Delegatus Apostolik untuk Kosovo, tidak berarti pengakuan atas wilayah tersebut sebagai negara merdeka. Paus Benediktus XVI menunjuk Mgr Juliusz Janusz sebagai Apostolik Nunsio untuk Slovenia, 10/2. Mgr Juliusz juga dipercaya sebagai Delegatus Apostolik untuk Kosovo. Monsinyur kelahiran Polandia, yang ditahbiskan sebagai Uskup Agung Tituler Caprulae pada 25 Maret 1995 ini pernah menjadi Apostolik Nunsio untuk Rwanda (1995-1998), Mozambik (1998-2003), dan Hungaria (2003-2011).

Manca Sekilas
SPANYOL – Monstran dan Sakramen Mahakudus yang ditakhtakan di Gereja St Catarina Majadahonda, pinggiran Kota Madrid, dicuri. Pastor Paroki St Catarina Juan Francisco Perez mengatakan, pencurian ini terjadi pada pukul 18.00, Jumat, 11/2. Polisi telah memastikan monstran benar-benar dicuri dan mereka sedang melakukan investigasi.

Kubica Menerima Relikwi Yohanes Paulus II
Pembalap Formula Satu Robert Kubica meminta relikwi Paus Yohanes Paulus II kepada Uskup Agung Krakow untuk membantu proses penyembuhan dirinya. Pembalap asal Krakow, Polandia ini dirawat di rumah sakit di Genoa sejak 6 Februari, setelah ia mengalami kecelakaan dalam rally ”the Ronde di Andora” di Liguria, Italia. Kubica mengalami luka serius: patah tulang pada tangan, bahu, dan kakinya.

Jumlah Imam Meningkat
Dibandingkan sepuluh tahun sebelumnya, jumlah imam sedunia pada 2009 meningkat lebih dari 5.000 orang. Data ini berdasarkan almanak 2009 yang sedang disiapkan Kantor Pusat Statistik Gereja di Vatikan.

Para Uskup
Neal James Buckon, 57 tahun, imam Keuskupan Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, ditunjuk sebagai Uskup Auksilier untuk Militer USA dan Uskup Tituler Vissalsa, 3 Januari 2011. Ia ditahbiskan menjadi uskup pada 22 Februari 2011. Dengan penunjukan ini, jumlah Uskup Auksilier Militer Amerika menjadi empat. Uskup Agung untuk Ordinariat Militer Amerika saat ini adalah Mgr Timothy Paul Andrew Broglio.


(KESAKSIAN)
Kian Pasrah
Agnes Hermien Indrajanu kini semakin pasrah. Kehidupan Ketua Lingkungan St Gabriel Paroki St Matius Penginjil Bintaro, Tangerang, Banten ini harus benar-benar teratur, terutama setelah suaminya dioperasi transplantasi ginjal. Selama beberapa bulan ke depan, ia harus sungguh-sungguh mengatur kapan suaminya, Patrick Suprapto Indrajanu, harus cek ke dokter, mengontrol kondisinya, mengawasi makanannya.


(MIMBAR)
Pastor Albrecht, Perintis CU di Indonesia (Oleh: Hubertus Woeryanto)
Dalam HIDUP 30 Januari 2011 rubrik Eksponen berjudul “Anselmus Robertus Mecer Tokoh CU Peraih Universitas Sanata Dharma Award 2010” halaman 30-31, Edi V. Patebang menyatakan bahwa Drs A.R. Mecer meraih penghargaan tersebut karena prestasinya sebagai Perintis dan Penggiat CU di Indonesia. Pernyataan ini perlu saya koreksi sesuai apa yang saya ketahui.


(KONTAK-KONTAK)
Cemas
Anggota Kontak-Kontak terkasih, mungkin ada di antara kita yang saat ini tengah dirundung kecemasan? Masa depan terasa muram, sementara pasangan hidup tak kunjung datang…. Tak jarang kecemasan sudah sedemikian mengganggu batin kita.


(APA DAN SIAPA)
Ferlian Anggi Setyawan: Bertalenta Menyanyi
Lusiana Bintang Siregar: Apatis dan Pragmatis
Maria Magdalena Sukiyam PMY: Mampu Mandiri


(JENDELA)
CUMI Duren Sawit, Jakarta Timur : Gotong Royong ala CUMI Duren Sawit
Gotong royong ketika membersihkan lingkungan RT/RW sudah biasa. Tetapi, jika gotong royong menciptakan kesejahteraan bersama, rasanya belum biasa, terutama untuk kehidupan di kota. Malah gotong royong untuk kesejahteraan bersama di kota, mustahil di lakukan karena biasanya masyarakat kota cenderung individualis (ego-sentris).


(EKSPONEN)
Hermawi Fransiskus Taslim: Menjadi Sapu yang Bersih
Perjumpaannya dengan K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) secara tak disengaja telah meleburkan dirinya ke dalam aktivitas politik di negeri ini. Taslim adalah panggilan akrab Hermawi Fransiskus Taslim. Pribadinya amat dinamis. Ia adalah seorang yang gemar membaca, ada lebih kurang 6.500-an koleksi buku di perpustakaan pribadinya. Rabu sore, 19/1, ketika ditemui di rumahnya, Perumahan Alam Sutera, Serpong, Tangerang, ia memakai kaos oblong berwarna putih dan hanya bercelana pendek. Ia memang menyukai gaya kasual dalam berpakaian.


(RENUNGAN HARIAN)
Kebutuhan Sejati (Oleh: Deshi Ramadhani SJ)
Dunia periklanan memahami sungguh bagaimana memancing minat pembeli sebuah produk. Satu aspek yang ditawarkan adalah ”manfaat” yang bisa didapat bila kita membeli dan menggunakan produk tersebut. Tanpa kita sadari otak kita berproses, sehingga dari tawaran akan adanya ”manfaat” itu, kita sampai pada kesimpulan bahwa kita sungguh membutuhkannya. Bila sebelumnya hidup bisa berjalan baik, kini tiba-tiba kita merasa cemas, sehingga berpegang pada rasa butuh akan produk itu demi hidup kita.


(BUKU-VCD-KASET)
Cerita tentang Yohanes Paulus II
Sekitar 200 pemimpin negara dan pembesar dari berbagai belahan dunia, baik yang bersahabat maupun bermusuhan, mengusahakan diri menghadiri upacara pemakaman Yohanes Paulus II di Vatikan. Paus Yohanes Paulus II wafat, April 2005. Siapakah orang yang bisa menjadi ”pusat” dunia ini? Begitu pentingkah dia sehingga yang bermusuhan pun datang melayat?

Mengenang Seratus Tahun Gerakan Ekumene
Siapa atau pihak mana yang paling bertanggung jawab terhadap keterpecahan Gereja? Pertanyaan ini tentu saja terlintas di benak kita ketika menemukan berbagai macam aliran kepercayaan dalam Gereja Kristen dewasa ini. Bukankah Yesus sendiri berdoa agar para pengikut-Nya bersatu supaya dunia percaya. Mengapa Gereja Kristen mesti terpecah-pecah?


(SANTO & SANTA)
St Jane Valois (1464-1505): Dalam Kelemahan, Tuhan Berkarya
Mungkinkah hidup ini menjadi berarti saat kita sendiri berada dalam kelemahan dan kesulitan? Banyak orang bisa jadi mengatakan, tidak. Tapi, fakta mengatakan lain. Seringkali dalam kelemahan banyak hal yang bisa dilakukan. Benarlah apa kata Tuhan kepada St Paulus: ”Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna” (Bdk 2 Kor 12:9). Kisah St Jane menjadi salah satu buktinya!



(KONSULTASI IMAN)
Simpang Siur Bahtera Nuh (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Dari bacaan pertama Misa harian yang diambil dari Kitab Kejadian, saya tergelitik untuk bertanya, apakah kisah tentang bahtera Nuh itu suatu kejadian sungguh ataukah bukan? Ada cerita-cerita tentang penemuan bahtera Nuh. Apakah penemuan ini benar? Bagaimana Nuh bisa menghimpun semua jenis binatang? Apakah dia menyeberangi lima benua dan menghimpun mereka? Mohon penjelasan.

Maureen Suciati, Tangerang


(CERPEN)
Selamat Jalan, Pak Thomas (Oleh: N. Widi Wahyono)
Aku menerima begitu saja tugas yang diberikan koordinatorku, Pak Albert, untuk mengirim Komuni kepada Pak Thomas. Sebagai orang baru, aku menerima tanpa menolak, biasa..., masih diliputi semangat pelayanan. Gengsi kalau aku menolak. Toh semua sudah diberikan dan dilatihkan selama tiga bulan masa pembekalan. Dan, kami sudah berkomitmen mau melayani dengan sepenuh hati.


(LEMBAGA RELIGIUS)
Ordo Santa Klara Kapusines Singkawang (OSCCap): Dari Balik Tembok Biara Singkawang
Ordo Santa Klara-Kapusines atau Ordo Sanctae Clarae Cappuccinarum didirikan Venerabilis Maria Laurentia Longo di Napoli Italia pada 1939. Maria Laurentia Longo adalah seorang janda yang lahir dari keluarga bangsawan di Katalonia sekitar tahun 1463. Terinspirasi oleh cara hidup para Kapusin yang bekerjasama dengan dia di Rumah Sakit L’Incurabili yang didirikannya, Maria Laurentia Longo memulai cara hidup baru yang sepenuhnya diabdikan pada doa. Maka, ia pun menggunakan Anggaran Dasar (Regula) St Klara Asisi (1194-1253) yang adalah pengikut St Fransiskus dari Asisi dan Konstitusi St Coleta dari Corbie (1381-1447), seorang tokoh pembaru Ordo St Klara yang dilengkapi dengan semangat pembaruan Kapusin.


(KONSULTASI KELUARGA)
Belajar Menjadi Dewasa (Oleh: Th. Dewi Setyorini)
Dewasa adalah sebuah kata yang mungkin sering kita dengar. Terlebih ketika kita melakukan satu tindakan yang menurut orang lain tidak sesuai dengan ukuran atau standar dewasa. Saat itu, mungkin orang meneriakkan kalimat: belajarlah untuk dewasa atau jangan kekanak-kanakan, cobalah untuk bersikap dewasa, dst. Hingga mungkin kita menjadi begitu jenuh atau bahkan kesal. Padahal, mungkin saja kita sudah melakukan tindakan yang menurut kita ‘dewasa’ sesuai dengan umur yang tak lagi remaja.


(TEROPONG)
Displacement di Temanggung (Oleh: Adrianus Meliala)
Kita perlu setuju bahwa anarki Temanggung bukanlah kerusuhan agama, paling jauh hanya sebagai kerusuhan berbau agama. Kalau itu kerusuhan agama, bagaimana mungkin hanya berselang beberapa jam, komunitas Nasrani dan Islam bekerja bersama kembali? Namun, sebagai kerusuhan berbau agama sekalipun, bukannya tidak ada pelajaran yang bisa diambil.


PAGUYUBAN GEMBALA UTAMA

Kawan Perjalanan Para Imam
Menindaklanjuti perbincangan antara Paguyuban Gembala Utama (PGU), Lingkaran Sahabat, dan Mgr Ignatius Suharyo beberapa bulan lalu, PGU diundang pada Acara Temu Pastoral di Aula Katedral Jakarta, Senin, 14/2. Pengurus PGU yang hadir adalah S. Widiharta, A. Margana, T. Sumardji, H. Witdarmono, Didiek Dwinarmiyadi, Th. Wiryawan, Marcelinus Jeharu, Intony Yuswanto, C.M. Sulistya, Ari Benawa, dan Wim K. Liono.

Pastor Tarcisius Puryatno Pr
Sejak awal 2010, Pastor Tarcisius Puryatno diangkat menjadi Vikaris Jenderal Keuskupan Purwokerto. Ia menggantikan Pastor F. Widyantardi Pr. Keuskupan Purwokerto merupakan keuskupan sufragan dari Keuskupan Agung Semarang. Namun demikian, wilayahnya cukup luas, mencakup Jawa Tengah bagian barat, terdiri dari 12 kabupaten dan dua kotamadya. Keuskupan Purwokerto terdiri dari 24 paroki.

PGU Lampung Peduli Seminaris
Berawal dari bincang-bincang dengan Rektor Seminari Menengah Palembang Pastor Titus Waris Widodo SCJ, PGU Lampung terinspirasi untuk ikut peduli pada para seminaris. Seminaris dari Keuskupan Tanjung Karang tersebar di bagai Seminari Menengah. Di Seminaris St Paulus Palembang tercatat 38 seminaris dari total 132. Di Seminari Stella Maris Bogor, tercatat 11 seminaris. Di Seminari St Petrus Kanisius Mertoyudan Magelang dan Seminari Wacana Bhakti Jakarta, tercatat masing-masing satu seminaris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: