Edisi 6 : KOPTARI Perekat Tarekat

Sajian Utama:
Keberadaan dan peran Konferensi Pemimpin Tarekat dan Religius Indonesia (KOPTARI) menjadi sangat penting dalam mewadahi dan menjalin kerjasama antartarekat imam, bruder, dan suster. Sebelum menjadi KOPTARI tahun 1987, lembaga ini telah berubah nama dari KONGGAR (1967-1978), lalu MASRI (1978-1987). Sejumlah tarekat pun, seperti suster BKK, dan Bruder Budi Mulia (BM) mengakui manfaatnya bergabung dengan KOPTARI. Mereka bertemu bersama tiap tiga tahun. Lalu, mereka membumikan hasil pertemuan lewat karya pastoralnya. Sekretaris Eksekutif KOPTARI pun mengaku, kesulitan ketika mensosialisasikan hasil pertemuan dan menghimpun data-data tiap tarekat/kongregasi, karena tidak semua anggotanya memiliki email, dan alat komunikasi lain.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Membumikan Tema KOPTARI
Sidang Pleno KOPTARI yang digelar tiga tahun sekali memutuskan satu tema yang harus dihayati oleh para anggota. Tema itu diolah, dihayati, dan ditindaklanjuti oleh masing-masing kongregasi menurut inisiatif, kebijakan pemimpin, dan seiring dengan spiritualitas kongregasi.

Pusat Informasi Tarekat Religius
Beberapa kali Konferensi Pemimpin Tarekat Religius Indonesia (KOPTARI) berubah bentuk dan nama. Tahun 1967-1978, bernama Kongres Gabungan Religius (KONGGAR). Kemudian, berubah nama lagi menjadi Majelis Antar Serikat Religius Indonesia (MASRI), tahun 1978-1987. Sejak 1987 hingga sekarang, lembaga ini bernama KOPTARI. Lembaga ini berawal dari Yayasan Aloysius Jakarta yang berdiri pada 1927.

SEAMS ke-14
Kongres ke-14 The South East Asia Major Superiors (SEAMS) telah berlangsung di Palm Beach International Hotel, Kuta, Bali, penghujung 2010 lalu. KOPTARI menjadi tuan rumah acara tersebut. Para pemimpin tarekat religius dari beberapa negara di Asia Tenggara: Brunei, Singapura, Timor Leste, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam yang tergabung dalam SEAMS mengikuti acara tersebut.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Perekat Kehidupan Menggereja
Dengan populasi umat sekitar 1,1 miliar jiwa, Gereja Katolik merupakan sebuah lembaga yang besar dan rumit. Untuk mengelola umat sebanyak itu, diperlukan lembaga yang bisa bekerja efisien dan efektif. Lembaga-lembaga itu tidak hanya berfungsi sebagai pengelola umat atau aktivitas, melainkan juga sebagai perekat agar hirarki, tarekat, dan para imam Diosesan tidak saling merenggang dan lepas.


(KABAR JAKARTA)
Penutupan Gereja Stella Maris
Paroki Stella Maris Pluit, Jakarta Utara melakukan seremoni penutupan gedung gereja di Gereja Stella Maris, Minggu, 23/1. Kepala Paroki Stella Maris Pastor Andreas S. Gunawan MSC menyampaikan, umat Katolik Stella Maris semakin bertambah sehingga gereja tidak mampu menampung mereka lagi.

Katekisasi untuk Anak
Sejumlah 173 katekis awam se-Keuskupan Agung Jakarta mengikuti sarasehan bertema “Membangun Iman Katolik Anak Sejak Dini di dalam Keluarga, Paroki, dan Sekolah”. Sarasehan diadakan forum dunia maya Katolisitas.org di Paroki Hati Kudus, Kramat, Jakarta Pusat, Sabtu, 29/1.

HUT Pantera-KAJ
Paguyuban Koster Keuskupan Agung Jakarta (Pantera-KAJ) merayakan hari jadinya yang ketujuh. Perayaan Ekaristi dan acara ramah tamah di Gereja Santa Maria de Fatima Toasebio, Glodok, Jakarta Barat, Selasa, 11/1, diadakan untuk memperingatinya.

Tugas Sulit Katekis
Minat menjadi katekis kurang. Hal ini masih ditambah adanya anggapan, profesi katekis kurang dapat diandalkan untuk menata masa depan yang cerah. Kenyataan tersebut dimaklumi dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Teologi Dra Liria Tjahaja MSi dalam Dialog dan Misa Reuni Alumni Ilmu Pendidikan Teologi Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta di SD Santa Maria, Juanda, Jakarta Pusat, Sabtu, 29/1.

Mimbar Akbar
Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) mengadakan Mimbar Akbar bertema “Perubahan Sudah Tidak Bisa Ditunda” di Aula Margasiswa, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 20/1. PMKRI mengadakan acara ini bersama ormas lainnya, seperti Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), dan Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (BEM Nusantara).

Strada Bersihkan Gereja
Sebanyak 41 Putra Putri Altar (PPA) Paroki Santo Matius Penginjil Bintaro, Tangerang, Banten yang bersekolah di SD Strada Bhakti Utama, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, membersihkan halaman parkir gereja, Sabtu, 22/1. Dengan mengenakan pakaian olahraga, mereka melakukan kegiatan ini menggunakan sapu lidi, pengki, dan tempat sampah besar. Mereka didampingi dua guru.

Reuni Tandika Pinangun
Mantan muda-mudi Katolik (Mudika) di kawasan Cipinang dan Rawamangun, Jakarta Timur mengadakan reuni pada Minggu, 9/1. Sekitar 200 mantan Mudika memenuhi Aula Gereja Paroki Keluarga Kudus Rawamangun. Usia mereka rata-rata telah berkepala lima atau bahkan enam. Mereka adalah Mudika pada medio 1975-an hingga 1980-an.

DIALOG EKUMENE
Pada Pekan Doa se-Dunia untuk Persatuan Gereja Kristen, para frater Skolastikat Xaverian di Wisma Xaverian, Cempaka Putih, Jakarta Pusat mengadakan beberapa kegiatan pada Senin 17/9 -Rabu,19/1. Di antaranya, doa bagi persatuan Gereja Kristen di seluruh dunia dan dialog ekumene.

PELATIHAN FRATER PROJO KAJ
“Setiap tulisan merupakan hasil sebuah pengungkapan diri. Mutu tulisan ditentukan oleh intensitas hubungan penulis dengan dirinya sendiri dan dengan masyarakat di sekitarnya.” Demikian dikatakan Pemimpin Redaksi Koran Anak BERANI H. Witdarmono dalam Pelatihan dan Lokakarya Menulis untuk Para Frater Projo Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).

IBADAH BERSAMA FKAG
Forum Kerjasama Antar Gereja–gereja (FKAG) Bojong Indah dan sekitarnya mengadakan ibadah bersama di Gereja Santo Thomas Rasul Bojong Indah, Jakarta Barat, Kamis, 20/1. Kegiatan bertema “Supaya Mereka Semua Menjadi Satu” ini merupakan yang kedua, setelah yang pertama dilakukan pada awal tahun lalu.

PERTEMUAN OFM
“Untuk konteks sekarang, menjadi imam tidak boleh hanya fokus pada pelayanan sakramental, tetapi mesti peduli pada persoalan sosial politik masyarakat. Itulah peran profetis seorang imam.” Demikian ditegaskan Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia,...


(NUSANTARA)
Pelatihan Pendidik Krisma
Sebuah gebrakan dilakukan oleh Komisi Kateketik (Komkat) Keuskupan Malang baru-baru ini. Bekerjasama dengan Penerbit Dioma, Minggu, 16/1, di Paroki Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Ijen, Malang, Jawa Timur, Komkat mengadakan pelatihan bagi pendidik calon krisma tingkat paroki. Dosen Kitab Suci Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana Malang dan Staf Seminari Giovanni Malang Pastor F.X. Didik Bagiyowinadi Pr tampil sebagai pembicara.

Sosialisasi Ardas KAS
Keuskupan Agung Semarang (KAS) mengadakan Sosialisasi Arah Dasar (Ardas) KAS tahun 2011-2015 di Rumah Retret Pangestiwening Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu, 22-23/1. Acara ini antara lain dihadiri Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta, Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan KAS (PK4AS), aktivis Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI), anggota DPRD Provinsi Jateng yang beragama Katolik.

Dukung Jogja Istimewa
Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan (PK3) bekerjasama dengan Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Kevikepan DIY menggelar Sarasehan Kebangsaan di Gereja Antonius Kotabaru, DI Yogyakarta, Minggu, 16/1. Sarasehan bertema ”Jogja Istimewa untuk Indonesia” ini diadakan untuk memperjuangkan keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Frater Masuk Ponpes
Sebanyak 45 frater Serikat Yesus (SJ) dari beberapa negara di Asia Pasifik, ditambah Kenya dan Burundi, berkumpul dan mengadakan kegiatan rutin dua tahunan di Rumah Retret Panti Semedi Klaten, Jawa Tengah, Senin, 20/12-Minggu, 2/1. Pertemuan ini dikenal dengan nama Scholastics and Brothers – in Formation Circle (SBC). Ini adalah pertemuan ke-12 dan untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia.

Tahbisan Diakon Agats
Uskup Agats - Asmat Mgr Aloysius Murwito OFM menahbiskan dua diakon Keuskupan Agats - Asmat di Paroki Santo Paulus Distrik Atsj, Asmat, Papua, Minggu, 9/1. Mgr Aloysius Murwito memimpin Perayaan Ekaristi tahbisan secara konselebrasi didampingi Vikjen Keuskupan Agats Pastor Vince Cole MM, Pastor Bavo Felndity, dan Pastor Petrus Umar Sumardi OSC.

Natal Palopo
Umat Paroki Santo Mikael Palopo, Sulawesi Selatan merayakan Natal bersama di Gereja Palopo, Minggu, 2/1. Acara ini turut dihadiri Walikota Palopo Drs H.P. A. Tenriajeng, Vikep Luwu Raya Pastor Chris J. Sumarandak MSC, dan Pastor Paroki Palopo Frans R. Tandipau Pr.

Misa SEKAMI
Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner (SEKAMI) mengadakan Misa SEKAMI di Paroki Santa Gemma Ketapang, Kalimantan Barat, Minggu, 2/1. Acara ini dipimpin Pastor Matheus Juli Pr dan diikuti anak-anak anggota SEKAMI Paroki Santa Gemma. Pastor Matheus mengatakan, umat Katolik harus mempersiapkan anak-anaknya untuk menjadi anak-anak misi, menjadi masa depan Gereja.

CAROLUS DAY
Tarakanita wilayah Yogyakarta menggelar Carolus Day di SMP Stella Duce 2, DI Yogyakarta, Kamis, 6/1. Acara bertema “Aku Semangat Pembaharu” ini dikemas dalam bentuk temu pelajar melalui Ekaristi Kaum Muda (EKM). Misa dipimpin Pastor Frans Kristi Adi Prasetyo Pr.

MISA SEKAMI
Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner (SEKAMI) Dekanat Jaya Wijaya mengadakan Misa Gabungan Anak SEKAMI di Paroki Elegaima, Minggu, 2/1. Misa dipimpin Koordinator SEKAMI Pastor Paul Tumayang Tandelinting OFM. Acara ini diikuti sekitar 300 anggota SEKAMI dan para pembinanya.

EKARISTI TUTUP TAHUN
Bertempat di Gereja Katedral Ende dilangsungkan Perayaan Ekaristi Syukur Penutupan Tahun 2010, Jumat, 31/12. Ekaristi dipimpin Uskup Agung Ende Mgr Vincentius Sensi Potokota bersama imam konselebran Pastor Paroki Katedral Reginald Piperno Pr dan Pastor Kapelan Dion B. Lewar Pr.

USKUP DUKUNG GEMALA
Uskup Maumere Mgr Gerulfus Kherubim Pareira SVD mengimbau umat untuk mendukung Program Gerakan Masuk Laut (Gemala), mengarahkan pandangan ke laut, menerobos kedalaman air, melihat harapan hidup di masa depan yang lebih menjanjikan. Hal ini disampaikan di Maumere, Flores, NTT, Selasa, 28/12.

PESTA EMAS BAMPEL
Paroki Santo Yoseph Bambu Pemali (Bampel) merayakan pesta emas di Paroki Bampel, Sabtu, 15/1. Acara dimulai dengan prosesi Misa yang dimulai dari Museum Masturbongs - museum yang dulu adalah gedung Paroki Bampel – menuju Gereja Bampel. Uskup Agung Merauke Mgr Nicolaus Adiseputra MSC memimpin perayaan ini.

PELATIHAN KOPERASI
Koperasi Dian Padua Paroki Santo Thomas Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat mengadakan pelatihan koperasi bagi para anggota baru, Selasa, 7/12. Acara yang diikuti 20 peserta ini dipandu Panitia Pendidikan Koperasi Heriantho Ath.

NATAL DI SANGGAU
Seluruh imam dan biarawan-biarawati yang berkarya di Keuskupan Sanggau merayakan Natal bersama di Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa, 4/1. Kegiatan ini diawali dengan Misa yang dipersembahkan Uskup Sanggau Mgr Yulius Mencuccini CP didampingi dua imam konselebran, Kepala Paroki Sekadau Pastor Adu CP dan Pastor Yulius OFMCap.

NATAL PENDERITA LEPRA
Sebanyak 75 penderita lepra dari berbagai Paroki Dekanat Belu Utara, Atambua, NTT merayakan Pesta Kelahiran Tuhan Yesus bersama para suster SSpS, pimpinan, dan staf Rumah Sakit Katolik (RSK) Marianum Halilulik, Atambua.

25 TAHUN JATININGSIH
Panitia Peziarahan Jatiningsih menggelar sarasehan dalam rangka 25 Tahun Peziarahan Sendang Jatiningsih. Sarasehan bertema “Menerawang Jatiningsih Tahun 2036” ini diadakan di Sendang Jatiningsih Klepu, DI Yogyakarta, Selasa, 28/12.

HOME CONCERT PML
Pusat Musik Liturgi (PML) mengadakan Home Concert di Aula PUSKAT, DI Yogyakarta, Minggu, 19/12. Acara ini diadakan untuk mendidik siswa kursus musik di PML agar mempunyai kemampuan bermusik secara benar dan mempunyai keberanian untuk mempersiapkan diri menjadi organis Gereja.


(MANCANEGARA)
Temu Mahasiswa Katolik Indonesia
Di Stasiun Bad Karlshafen, suhu masih di bawah 0°C. Sejauh mata memandang, hanya hamparan salju. Senin, 27/12/2010, pukul 14.00, rombongan kaum muda Indonesia berdatangan dari Aachen, Jülich, Paderborn, Hannover, dan Hamburg. Sebagian besar langsung berlarian begitu turun dari kereta, kemudian mereka saling berpelukan melepas kangen.

VATIKAN – Paus Benediktus XVI menerima sekelompok anggota Gereja Lutheran Jerman yang berkunjung ke Roma untuk mengikuti Minggu Doa untuk Kesatuan Umat Kristiani, Senin, 24/1. Kepada mereka, Bapa Suci mengingatkan tentang dialog Katolik dan Lutheran yang dimulai 50 tahun lalu, dan adanya perkembangan menuju kesatuan serta fondasi spiritual dan kebersamaan dalam iman, meskipun pada kenyataannya ada perbedaan teologis dalam hal-hal mendasar.

Kardinal Laurent Tolak Aturan Pemilu
Kardinal Laurent Monsengwo Pasinya (71) menolak aturan Pemilihan Presiden Republik Demokrasi Kongo, yang akan digelar pada November 2011. Pe RD Kongo mengeluarkan aturan bahwa pemilihan presiden cukup satu putaran, dengan alasan finansial dan keamanan nasional. Calon presiden cukup mengantongi 20 persen suara untuk menjadi pemenang.

Para Uskup
Mgr Gerardo de Jesús Rojas López, Uskup Nuevo Casas Grandes, Chihuahua, Meksiko, ditunjuk menjadi Uskup Tabasco, Meksiko, 7 Desember 2010. Takhta Keuskupan Tabasco lowong sejak Mgr Benjamín Castillo Plascencia (64) ditunjuk menjadi Uskup Celaya, Guanajuato, Meksiko, 29 April 2010. Mgr Gerardo (53) ditahbiskan sebagai Uskup Nuevo Casas, 4 Agustus 2004. Hingga saat ini, takhta Keuskupan Nuevo lowong.


(KESAKSIAN)
Sukacita dalam Kesakitan
Menderita glaucoma tidak pernah terbayang oleh Benedictus Yudi Irawan (47). Namun, tahun 1992, pria yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto itu mengalami gejala Uivitis Betchet Syndrome. Awalnya, Yudi merasa mata kanannya buram. Sebelumnya, dia menderita minus 2,5 dan silinder 0,5.


(MIMBAR)
Agama, Kekerasan,dan Negara (Oleh: Benny Susetyo)
Berbagai tindak kekerasan bernuansa agama sepanjang 2010 merupakan catatan hitam bagi pemerintah saat ini. Kita berhadapan dengan fakta semakin meningkatnya jumlah kekerasan dari tahun ke tahun di satu sisi, juga menemukan peran pemerintah yang semakin minimal sebagai otoritas untuk meredakan kekerasan, di sisi lain.

Gedung Gereja Berfondasi Persahabatan (Oleh: Jacobus Tarigan Pr)
Di beberapa wilayah Indonesia, umat Katolik dan Kristen lainnya tidak mudah membangun gedung gereja. Dalam beberapa kasus, terlihat penolakan yang besar dari masyarakat setempat yang mengatasnamakan agama mayoritas. Noda hitam dalam sejarah Indonesia menggarisbawahi agama Kristen sebagai agama penjajah dan bukan agama asli Indonesia.


(APA DAN SIAPA)
Thomas Bone MTB : Bruder Sepeda
Veronica Diaz : Empat Kali
Ceslaus Osiecki SVD : Menyebarkan Devosi
Ian Antono : Menyanyi di Gereja


(JENDELA)
Asrama Putra ”Sint Jan” Probolinggo : Berjuang di Masa Transisi
Saat ini, banyak asrama Katolik di Indonesia memasuki masa transisi pengelolaan. Salah satunya, Asrama Putra ”Sint Jan” di Probolinggo, Jawa Timur. Kalau dalam satu dasawarsa terakhir ini asrama-asrama tertentu masih dipimpin suster dari Belanda, kini pengelolaan beberapa asrama banyak ditangani suster pribumi dengan manajemen lokal.


(EKSPONEN)
Albertus : Pemahat Alam dari Desa Saham
Albertus tinggal di Rumah Betang atau rumah panjang di Desa Saham, yang merupakan rumah adat suku Dayak Kanayan. Rumah ini berbentuk rumah panggung dengan ketinggian sekitar empat meter dan memanjang ke samping sekitar 200 meter. Rumah Betang ini terletak di Desa Saham, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Saham terletak 52 kilometer dari ibu kota Landak atau sekitar 200 kilometer dari Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat.


(RENUNGAN HARIAN)
Penderitaan dan Solidaritas (Oleh: Dr V. Indra Sanjaya Pr)
Kisah yang digambarkan dalam Injil menggambarkan suasana yang dramatis. Baru saja Yesus dan para murid mendarat di Genesaret, dari mana-mana – dari desa dan kota – orang segera berbondong-bondong, berlari-lari menghampiri-Nya sambil mengusung orang-orang sakit memohon agar si sakit disembuhkan. Silakan membayangkan bagaimana orang-orang yang berkerumun berusaha menyentuh Yesus. Luar biasa.


(SANTO & SANTA)
St Antonius Agung (251-356) : Bapa Gurun
St Antonius Agung dikenal juga sebagai Antonius Kepala Biara, Antonius dari Mesir, Antonius Pertapa, Bapa Antonius, dan Pastor Semua Biarawan. Ia adalah seorang Kristen yang kudus dari Mesir, pemimpin terkemuka di antara Bapa Gurun. Kisah St Antonius Agung ditulis dalam bahasa Yunani oleh Athanasius dari Alexandria dalam biografi “Hidup Santo Antonius Agung”, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Evagrius dari Antiokhia.


(KONSULTASI KELUARGA)
Humor di Televisi (Oleh: H.M. Widiyatmadi)
Saat ini hampir semua stasiun televisi di Indonesia (baik milik pemerintah maupun swasta) beramai-ramai menyajikan acara tayangan humor. Tayangan yang satu ini rupanya menjadi semacam “menu wajib” untuk menarik minat pemirsa sebanyak-banyaknya. Begitu gencarnya “demam humor”, bahkan paket-paket tayangan yang (mestinya) dikemas dalam sajian serius pun “dipaksa” untuk diperciki dengan bumbu-bumbu humor. ”Humor sebagai panglima” seakan menjadi adagium dalam kiprah banyak stasiun televisi di Indonesia. Tanpa humor, seakan hidup menjadi “kurang hidup”.


(KONSULTASI IMAN)
Kecenderungan Homoseksual (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Apakah seseorang pria yang mempunyai kecenderungan seksual terhadap jenis yang sama (homoseksual), diperbolehkan menjadi imam? Jika tidak diperkenankan, apa dasar larangan itu? Mohon maaf atas pertanyaan saya.

Cicilia, Malang


(CERPEN)
Lorong (Oleh: Lamtarida Simbolon)
Semuanya bermula dari malam itu. Saat aku membaca status seorang teman di Facebook: “Kau takkan pernah menjadi dirimu kalau kau tak berani melewati lorong-lorong gelap hidupmu.” Namanya, Pengelana Sampai Senja (PSS). Saat aku membacanya, ada sesuatu yang mencekam dalam diriku. Ada angin sepi yang melintas, yang seolah membawaku melompat mundur ke babak-babak paling rahasia dalam hidupku.


(JENDELA – LEMBAGA RELIGIUS)
Ordo Hamba-Hamba Maria (OSM): Menjadi Hamba Maria
Ordo Hamba-Hamba Maria (OSM) didirikan oleh tujuh Bapa Kudus di Kota Firenze, Italia pada tahun 1233. Ordo ini merupakan salah satu ordo awal yang telah berusia sekitar 778 tahun. Tujuh Bapa Kudus yang mendirikan ordo ini adalah St Alexius, St Amadeus, St Bomfilius, St Bonaventura, St Hugo, St Sostenes, dan St Manetus. Mereka adalah kaum awam. Mereka adalah pedagang kain sutra yang memiliki jaringan dagang di sebagian besar daratan Benua Eropa. Namun, di tengah kesibukan mereka sebagai pedagang, tujuh Bapa Kudus ini masih menyediakan waktu untuk bergabung dalam sebuah perkumpulan doa yang setia berbakti kepada Perawan Maria Terberkati.


(MIMBAR)
Demokrasi Cerewet (Oleh: Dony Kleden)
Negara yang demokratis menjamin adanya hak tiap warganya untuk tidak hanya dipilih dan memilih tetapi juga untuk berpendapat. Tidak ada alasan yang substantif untuk mempersoalkan rasa politik warga yang demikian ini. Ketika jendela demokrasi kita dibuka lebar dan setiap orang bebas berbicara dan melahirkan pendapat, orang mulai merasa bahwa fondasi demokrasi kita sudah mulai mapan. Ternyata, penilaian yang demikian itu meleset.


(BUKU – VCD – KASET)
Mewujudkan Kesuksesan dan Kebahagiaan Sejati
Kesuksesan dan kebahagiaan adalah dambaan setiap orang. Kesuksesan dan kebahagiaan telah menjadi perbincangan sejak zaman dulu. Salah satunya dibahas Platon yang hidup 2.500 tahun lalu. Dalam dunia modern, money, fame, power, and status (uang, kesohoran, kekuasaan, dan status) menjadi impian kesuksesan semua orang (hal 13). Karena itu, banyak orang berlomba-lomba dengan berbagai cara untuk memperoleh uang, popularitas, kekuasaan, dan status demi menggapai kesuksesan dan kebahagiaan yang dirindukannya.

Mengapa Harus Mengenal Yesus?
Kegiatan favoritku saat Sekolah Minggu adalah bernyanyi. Aku tahu suaraku tidak begitu bagus. Tapi, Tuhan tidak menilai dari suara, melainkan ketulusan hati kita saat menyanyikan pujian untuk-Nya. Tahu enggak, menyanyi itu adalah cara berterima kasih kepada Tuhan Yesus, lho. Ya, karena Ia telah memberikan berkat-Nya kepada kita. Selain itu, saat kita bernyanyi untuk-Nya, kita akan merasa senang dan bersemangat, sebab ada kuasa dalam puji-pujian. Karena itu, tepukkan tangan, goyangkan badan, dan bernyanyilah! Mari membuat Tuhan Yesus tersenyum!


(TEROPONG)
Bohong! (Oleh: Robertus Robet)
Dialog di atas adalah sepotong percakapan pendek antara istri terdakwa korupsi dan penyuapan Gayus Tambunan, Milana, dan Denny Indrayana dari Satgas anti Mafia. Percakapan ini sengaja dibuka pengacara Milana dengan maksud memojokkan Satgas dengan dalih Denny menekan dan membawa-bawa agama dalam penyidikan. Oleh karena itu, konon sang pengacara ini bermaksud mengadukan pula Denny Indrayana ke MUI.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: