Edisi 7 : Generasi Valentine

Sajian Utama:
Tiap 14 Februari, kaum remaja di dunia, termasuk di Indonesia merayakan Hari Valentine. Hari tersebut mereka maknai sebagai hari kasih sayang antara laki-laki dan perempuan. Mereka merayakannya dengan saling memberi hadiah bagi pasangannya, entah berupa bunga mawar merah, atau permen coklat berbentuk hati dan merayakan pula di sejumlah tempat hiburan. Bagi yang berjauhan, mereka ungkapkan isi hatinya melalui facebook. Kini hari Valentine pun telah berubah menjadi komoditi bisnis, dan juga politik, di saat tertentu. Mestinya hari tersebut dapat dijadikan momen untuk membangun keharmonisan, kedamaian hubungan antarumat manusia, dan membangun kepedulian untuk berbagi pada sesama, seperti diteladankan Santo Fransiskus dari Assisi.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Kisah Valentine Leo dan Chelly
Pasangan muda Ray Leonard Judijanto (20) dan Chelly Regina Wowor (20) dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta mengedepankan keterbukaan dan kejujuran dalam hubungan cinta mereka. Senin, 14 Februari 2011, pasangan muda ini merayakan Hari Valentine untuk yang ketiga kalinya. Dua sejoli ini mengawali pengembaraan cinta mereka sejak 20 Desember 2008.

Facebook Generasi Valentine
Beginilah dunia anak zaman sekarang. Melamar lewat Facebook tidak mengurangi kemesraan di antara mereka. Maria Goretti Sasmita Widi Astuti (28) sangat terkejut. Saat membuka Facebook-nya pada malam tahun baru 2008, semua nama temannya yang lain tidak ada. Hanya ada satu nama yang masuk. Nama itu sangat dia kenal.

Kisah Kasih Santo dan Santa
Orang-orang kudus dalam agama Katolik, para santo dan santa, juga memiliki relasi kasih dengan lawan jenisnya. Namun, relasi ini dibawa ke tingkat yang luhur. Salah satu contoh relasi kasih antara santo dan santa adalah Fransiskus Assisi dan Clara. Sebagai suatu refleksi dari kekuatan kasih, Bruder Stanislaus Sukartanto OFM membagikan pengetahuan dan pemahamannya mengenai relasi kasih antara Santo Fransiskus Assisi dan Santa Clara.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Politisasi Valentine
Bagi remaja Indonesia pada umumnya, Hari Valentine 14 Februari setiap tahunnya, wajib dirayakan dalam bentuk hura-hura khas remaja. Apa pun agama mereka, tidak menjadi halangan untuk merayakan Hari Valentine. Apa yang mereka rayakan, kurang lebih sama dengan masyarakat kelas menengah Indonesia merayakan Natal dengan menghadirkan Sinterklas. Valentine dan Sinterklas sudah menjadi kultur metropolis dan urban modern, yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan agama.



(KABAR JAKARTA)
Pekan Kerukunan Umat Beragama
Barongsai itu meliuk-liuk dengan lincah di atas tonggak-tonggak tinggi. Tabuhan genderang membuatnya makin bersemangat meloncat dari satu tonggak ke tonggak lainnya. Inilah salah satu atraksi dalam World Interfaith Week – Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama se-Dunia– di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Minggu, 6/2.

Angpao Tuhan Yesus
Shang cu chiu ni chuci lien, shang cu chiu ni chuci lien... Inilah sepenggal lagu Ordinarium ”Tuhan Kasihanilah Kami” yang dinyanyikan dalam bahasa Mandarin di Paroki Santa Maria de Fatima Toasebio, Glodok, Jakarta Barat, Kamis, 3/2. Pada hari itu, semua umat paroki ini merayakan Imlek dan mengadakan Misa sebagai tanda syukur atas datangnya tahun yang baru.

Tartig Cup III
SMP Tarakanita 3 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan mengadakan kegiatan Tartig Cup III, Rabu-Sabtu, 19-22/1. Acara bertema ”Make Friends with Nature” ini berlangsung meriah dan dihadiri para siswa, guru, karyawan, orangtua siswa, alumni, dan kepala sekolah TK, SD, SMP Tarakanita, serta perwakilan Yayasan Tarakanita.

Perayaan Natal Yayasan Antonius
Yayasan Pendidikan St Antonius mengadakan perayaan Natal bersama di Gedung Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu, 15/1. Acara diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Koordinator Yayasan Pendidikan SD, SMP, dan SMA Santo Antonius Pastor Aloysius Suyoto SCJ.

Natal Ekumene Bekasi
Umat Kristiani se-Kabupaten Bekasi mengadakan perayaan Natal di Graha Betany Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 22/1. Ini adalah perayaan keempat Natal Ekumene yang telah berlangsung di Kabupaten Bekasi. Acara bertema “Berbuah dan Menjadi Berkat“ ini dihadiri perwakilan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Kabupaten Bekasi, serta perwakilan dari...

Seminar FKUB
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mengadakan seminar tentang kerukunan antarumat beragama di Gedung Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Jakarta (LPMJ) Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis, 27/1. Acara ini dihadiri 107 orang yang terdiri dari tokoh dan pemuka agama, anggota FKUB Jakarta Timur, ormas dan para perwakilan pemuda dari enam agama.


(NUSANTARA)
Uskup Belanda Kunjungi Sulut
Uskup Roermond Belanda Mgr Fransiskus Wierts didampingi Vicaris of Mission Pastor Ton Stocken SMA dan perwakilan umat Belanda Emile Ramakers mengadakan kunjungan di Sulawesi Utara, Sabtu, 22/1 - Kamis, 27/1. Mereka bertandang ke tempat ini usai mengadakan kunjungan beberapa hari di Provinsi Sulawesi Tengah.

Pertemuan Formator OMI
Suasana internasional sangat terasa di Rumah Retret Maria Imakulata Kaliori, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu, 16/1-Kamis, 20/1, dengan kehadiran 12 imam dan seorang bruder OMI yang berasal dari luar Indonesia. Mereka datang dari Filipina, China, Thailand, India, Sri Lanka, Australia, dan Pakistan untuk mengikuti pertemuan para formator Kongregasi Oblat Maria Immaculata (OMI) se-Asia Oseania di Indonesia.

Tahbisan SCJ
”Santo Paulus, Rasul Yesus, pewarta iman, Allah telah memilihmu sebagai alat-Nya. Meski berat, namun taat, dengan hati bersemangat…” Penggalan lagu ”Mars Santo Paulus” mengalun merdu dari Paduan Suara SMA Xaverius 1 Palembang. Lagu pembukaan ini membahana di ruang Kapel Seminari Menengah Santo Paulus Palembang, Sumatra Selatan, Selasa, 25/1, mengiringi pembukaan Misa Tahbisan Imamat dan Diakon.

Natal Wartawan Solo
Persekutuan Wartawan Surakarta (PWS) menggelar acara Natal ber- sama di Rumah Dinas Wakil Walikota Solo, Jawa Tengah, F.X. Hadi Rudyatmo, Sabtu, 15/1. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan Natal yang digelar wartawan Kristiani di Kota Solo ini berlangsung istimewa. Istimewa karena perayaan Natal ini secara khusus diperuntukkan bagi anak-anak yatim dan anak-anak yang kurang beruntung di wilayah Surakarta.

Natal Sibolga
Perayaan Natal se-Dekanat Tapanuli Keuskupan Sibolga yang dirangkai dengan Syukuran 50 Tahun Hirarki Gereja Katolik Indonesia dan 30 Tahun Keuskupan Sibolga berlangsung meriah, sederhana, dan hikmat. Acara pesta iman ini berlangsung di Lapangan Simaremare Sibolga, Sumatra Utara, Minggu, 9/1, dihadiri sekitar 3.500 umat dari tujuh paroki se-Dekanat Tapanuli.

Perayaan Arnoldus Janssen
Komunitas Seminari Tinggi Societas Verbi Divini (Serikat Sabda Allah) Surya Wacana Malang, Jawa Timur merayakan peringatan Santo Arnoldus Janssen, Sabtu, 15/1. Perayaan ini merupakan perayaan yang istimewa khususnya bagi putra-putri Arnoldus, mreka yang bergabung dalam tiga serikat yang didirikan oleh Arnoldus.

Kursus Komunikasi
Sebanyak 54 mahasiswa dari Fakultas Teologi Wedabhakti (FTW) Universitas Sanata Dharma, DI Yogyakarta mengikuti kursus “4 Days In Communication” di Studio Audio Visual (SAV) Puskat Sinduharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Senin, 17/1-Senin, 24/1. Melalui workshop singkat ini, mereka diharapkan bisa mengkomunikasikan pengalaman melalui bahasa audio-visual secara lebih efektif, baik dalam pendampingan rekoleksi, khotbah, katekese di lingkungan, maupun dalam penyampaian pelajaran agama di sekolah-sekolah Katolik.

Kumpul Frater OFM
Para frater Ordo Fratrum Minorum (OFM) yang kuliah­di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta dan Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma, DI Yogyakarta berkumpul bersama di Novisiat OFM Transitus Depok, Jawa Barat, Minggu, 2/1 – Rabu, 5/1.

Seminaris ke RSJ
Persatuan Legio Mariae Seminari Santo Petrus Kanisius Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah mengadakan kunjungan kasih kepada para penderita gangguan mental di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Soerojo, Magelang, Minggu, 16/1. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka perayaan Natal bersama antara legioner dengan para penghuni RSJ tersebut.

Canangkan Tahun Yubileum
Memasuki Tahun Baru, Sabtu, 1/1, Uskup Agung Ende Mgr Vincentius Sensi Potokota Pr bersama umat Paroki Katedral Ende merayakan Ekaristi “Pencanangan Tahun Yubileum bagi Hirarki Gereja Katolik Indonesia”. Pencanangan Tahun Yubileum ini berdasarkan keputusan Konferensi Waligereja Indonesia dalam sidang tahunan pada November 2010 lalu.

Polisi ke Biara
Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Sikka, Maumere, NTT AKBP Ghiri Prawijaya mengunjungi anak-anak korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang ditampung di Kantor Relawan TRUK-F Maumere Kompleks Biara Susteran SSpS Maumere, Desember lalu.

Tahbisan Diakon
Sebanyak 27 frater yang berasal dari tiga keuskupan dan enam kongregasi ditahbiskan menjadi diakon di Kapel Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, Yogyakarta, Sabtu, 29/1. Yang menahbiskan mereka adalah Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta Pr.


(BUKU – VCD – KASET)
Ia Menyiapkan ‘Tukang Baptis’
Saudari Maut menghampiri Pastor Johanes Remedius Wijbrands OFM. Tak ada raut kegelisahan tersirat dari wajahnya. Hanya suara serak ke luar dari mulutnya. Gerakan lemah dilakukannya. Lidah dijulurkan keluar, menggeser selang yang telah ditanam para perawat untuk mengeluarkan dahak. Dia menarik nafas dalam-dalam dan kemudian menghembuskannya.


(MANCANEGARA)
Para Demonstran Inginkan Demokrasi
Umat Kristen Ortodoks Koptik bergabung dengan umat Muslim untuk mengungkapkan kekecewaan atas tiga dekade pemerintahan Mesir. Demikian disampaikan Profesor Emad Shahin, ilmuwan politik dari Universitas Notre Dame, spesialis Islam dan pengamat Mesir. “Kami melihat bahwa sejumlah umat Koptik berpartisipasi dalam demonstrasi-demonstrasi,” demikian Prof Shahin, sebagaimana dilansir catholicnewsagensi.com.

Manca Sekilas
VIETNAM – Kardinal Jean-Bapstiste Pham Minh Mân menyampaikan bahwa Federasi Konferensi Uskup-Uskup Asia (FABC) 2012 akan diadakan di Vietnam. Kardinal Mân menyatakan, Gereja Vietnam akan menyampaikan daftar peserta kepada pemerintah untuk mendapatkan izin. Setelah disetujui, para peserta baru akan mengurus visa.

Roma Jelang Beatifikasi YP-II
Sekitar 15.000 tempat tidur komunitas-komunitas religius di Roma habis dipesan dalam waktu sehari, setelah pengumuman pada 14 Januari 2011 bahwa Yohanes Paulus II (YP-II) akan dibeatifikasi pada 1 Mei 2011. Tempat tidur Hotel Domus Aurelia yang dikelola Komunitas Emmanuel, seperti dilansir catholicnewsagency.com, langsung habis dipesan.

Kolese St Joseph Undang Dalai Lama
Kolese St Joseph Bangalore mengundang pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama. “Kami mengundangnya untuk menunjukkan solidaritas kami dengannya dan perjuangan masyarakat Tibet,” demikian Kepala Sekolah Kolese St Joseph Pastor Ambrose Pinto sebagaimana dikutip ucanews.com.

Para Uskup
Mgr Paul Stagg Coakley, 55 tahun, Uskup Salina Kansas, AS, ditunjuk sebagai Uskup Agung Oklahoma City, AS, bersamaan dengan pensiunnya Uskup Agung Oklahoma City, Mgr Eusebius Joseph Beltran (76), 16 Desember 2010. Takhta Keuskupan Salina hingga sekarang lowong.


(KESAKSIAN)
Semakin Pasrah, Semakin Kuat
Regina Dusut mengalami cobaan yang membuatnya semakin pasrah kepada Tuhan. Dia belajar, semakin pasrah, dia semakin kuat. Malam itu, Regina Dusut masih berada di Flores. Ia mendengar kabar, suaminya Frans Malley dilarikan ke rumah sakit lantaran penyakit yang tiba-tiba menimpanya. Semalaman Regina mondar-mandir mencari telepon di rumah-rumah tetangga untuk menanyakan kabar tentang suaminya. Tak ada jawaban pasti tentang penyakit tersebut, yang diketahuinya suaminya jatuh pingsan ketika sedang menonton berita di televisi.

(MIMBAR)
Imlek dan Multikulturalisme (Oleh: Tom Saptaatmaja)
Selama ini ada persepsi yang sudah salah kaprah, seolah Imlek hanya dimonopoli penganut Khonghucu dan berlatar belakang budaya Tiongkok. Padahal, Imlek juga dirayakan oleh masyarakat di Asia Timur seperti Korea dan Jepang atau negara-negara Asean lain seperti Vietnam.


(KONTAK-KONTAK)
Daftar Keinginan
Anggota Kontak-Kontak yang budiman, kita semua tentu pernah memperhatikan daftar menu makanan di restoran-restoran. Berderet-deret jenis makanan disajikan, bahkan tak jarang disertakan dengan foto-foto yang menarik agar para pengunjung restoran tergiur untuk mencobanya.


(APA DAN SIAPA)
Maria Liza Ratih Maharani SPM :Sekolah Colourfull
Nicholas Strawn SVD: Reuni di Kampung
Benedict Andrew: Penyanyi Termuda
Benny Gatot Setiono: Menghapuskan Diskriminasi


(JENDELA)
Seminari Menengah Santo Don Bosco Keuskupan Agung Samarinda: Menyemai Benih Panggilan di Kaltim
Seminari Menengah Santo Don Bosco (SM SDB) Keuskupan Agung Samarinda boleh bangga. Setelah menunggu 60 tahun, kini para seminaris memiliki tempat doa yang cukup kondusif bagi perkembangan rohani mereka. Peristiwa membahagiakan ini terjadi saat kunjungan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli, ke Keuskupan Agung Samarinda, 18-21 Oktober tahun lalu. Dubes Vatikan memberkati Kapel SM SDB yang terletak di bilangan Jalan Pasundan.


(EKSPONEN)
Sr Maria Delia SSpS: Pelayan Imigran Afrika
Ia memilih tiga negara sebagai tujuan berkarya, yakni Bolivia, Indonesia, dan Portugal. Ternyata, ia diterima di Portugal. Menjadi biarawati bagi Sr Maria Delia SSpS, adalah profesi yang ia impikan sejak masih remaja. Niat ini muncul pada tahun 1990 saat ia duduk di bangku kelas 2 SMAK St Ignasius Loyola, Labuan Bajo, Keuskupan Ruteng, Manggarai Barat.


(RENUNGAN HARIAN)
Memohon atau Mencobai? (Oleh: Johanes Jarot Hadianto)
Langit tampak gelap. Awan hitam yang menggantung di atas sana memaksa saya berjalan cepat-cepat. Gawat, tempat yang saya tuju masih agak jauh. Dengan cemas, saya berdoa, “Kalau Engkau Mahakuasa, ya Tuhan, tundalah turunnya hujan barang sepuluh menit.” Tapi, rintik hujan malah mulai turun. Kembali saya memanjatkan permohonan, siapa tahu doa yang tadi belum didengar, “Tunjukkan kuasa-Mu, Tuhan, turunkan hujan sepuluh menit lagi. Jangan sekarang!”


(MIMBAR)
Berkhotbah Melalui Tulisan (Oleh: Kristianto)
Semasa hidupnya, Bung Karno (Presiden pertama Republik Indonesia) dikenal pandai sekali berpidato. Kalimat-kalimatnya membuai pendengarnya sehingga mereka rela mendengarkan suara Bung Karno sampai berjam-jam. Bahkan, mereka rela menghentikan pekerjaan yang sedang mereka lakukan untuk mendengarkan pidato Bung Karno, baik secara langsung maupun melalui pesawat radio.
(SANTO & SANTA)
Beato Grzegorz Boleslaw Frackowiak ((1911-1943): Melawan Kekejaman Nazi
“Saya menulis kepada kalian untuk terakhir kalinya di dunia ini. Ketika kalian menerima surat ini, saya tidak lagi berada di antara orang-orang yang hidup. Hari ini, Rabu (5-5-1943) pukul 18.15 petang, saya akan dieksekusi.” Begitulah bunyi surat terakhir yang ditulis Grzegorz Boleslaw Frackowiak menjelang kematiannya pada masa kekejaman Nazi.


(MIMBAR)
Pembaruan Liturgi dan Musik Gereja (Oleh: Ambrosius Andi K.)
Mengawali pemahaman pembaruan liturgi termasuk musik Gereja Katolik, mari kita renungkan apa yang dilakukan Tuhan Yesus Kristus tentang: Persekutuan orang-orang yang tekun mempraktikkan ritus-ritus yang bermakna, bersifat khas kristiani, merefleksikan peristiwa-peristiwa yang diajarkan dan dibuat para Rasul di awal berdirinya Gereja, yang dalam perkembangannya dirumuskan secara padat dan akan terus berjalan sesuai dengan rencana Bapa, dari generasi ke generasi sampai akhir zaman.


(KONSULTASI IMAN)
Membohongi Tuhan (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Beberapa bulan yang lalu, saya mengikuti Misa di gereja Batam. Khotbahnya mengenai kerajinan untuk berdoa. Yang membuat saya tergelitik adalah salah satu pernyataan bahwa orang mati masih saja membohongi Tuhan. Penjelasannya, ketika hidup, dia jarang atau tidak pernah berdoa rosario, tapi kok di peti matinya memegang rosario. Benarkah orang itu menipu Tuhan? Apakah dengan demikian, umat yang jarang/tidak pernah berdoa rosario, jika meninggal tidak boleh membawa rosario? Mohon penjelasan Romo.

Fanny Francisca (f_francisca@yahoo.com)


(CERPEN)
Mangkatnya Orang yang Mereka Sayang (Oleh: Marianus Mada)
Pemakaman sore itu menjadi hal yang luar biasa bagiku. Bunga-bunga jatuh dari langit di atas kepala kami, di antara badan kami, dan di atas kotak persegi panjang itu. Kami hanya bisa memandang dan merasakan. Suara tangisan berhenti. Orang-orang mulai menyeka airmata mereka satu per satu dan menebak-nebak apa arti peristiwa itu.


(LEMBAGA RELIGIUS)
Kongregasi Bruder Pengajar Kristiani (BPK): Bruder La Mennais
Misi Indonesia adalah misi terakhir yang dibuka Kongregasi Bruder Pengajar Kristiani (BPK) atau Les Frères de L’instruction Chrétienne de Ploërmel (FICP). Sebuah lahan misi baru, tapi sekaligus yang terakhir. Sejak 26 November 2010 hingga 20 Juni 2011, Bruder BPK di 24 negara merayakan Tahun La Mennais. Perayaan ini untuk memperingati 150 tahun wafatnya Yohanes Maria de La Mennais, pendiri kongregasi, dan membarui semangat misioner anggota keluarga La Mennais, baik awam maupun para bruder.


(KONSULTASI KELUARGA)
Kekerasan terhadap Lansia (Oleh: H.M.E. Widiyatmadi)
Beberapa waktu lalu, saya live in di sebuah panti werdha. Seorang penghuni panti itu, nenek berusia 76 tahun, menceritakan latar belakang keputusannya tinggal di panti sejak sepuluh tahun lalu. ”Aku tak tahan hidup dengan anakku. Aku diperlakukan semena-mena. Nyanyi tidak boleh, menanam bunga dilarang, jalan-jalan sebentar sudah dicari. Aku masak dia tak sudi makan… wah pokoknya sudah …seperti hidup dengan musuh. Kalau lagi marah… kata-kata tak pantas langsung disemprotkan. Terus itu... istrinya, ya menantuku itu…juga malah ikut-ikutan begitu. Ya sudah, aku pergi saja. Di sini aku bisa hidup tenang. Aku juga tak minta-minta ke siapa-siapa. Uang pensiunanku cukup, malah aku bisa nabung…”


(TEROPONG)
Membangun Budaya Keluarga dan Budaya Sekolah (Oleh: Fidelis Waruwu)
Proses terjadinya sikap (attitude) seseorang dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil. Misalnya, pola bicara. Bila seorang anak biasa mendengar bagaimana anggota keluarganya menjawab telpon dengan nada yang halus dan juga ketika saling menyapa anggota keluarga, maka kebiasaan ini akan direkam anak menjadi kebiasaan di dalam caranya berbicara, dan digunakan setiap saat dalam berbagai kondisi sehingga kebiasaan itu menjadi sifat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: