Edisi 11 : Gereja "Go Green"

Sajian Utama:
Wacana dan gerakan ”Go Green” bukanlah sesuatu yang baru. Namun, wacana dan gerakan ini masih harus terus digalakkan. Gereja pun terlibat dalam gerakan ini. Penerbit dan Percetakan Kanisius Yogyakarta tak hanya mendorong gerakan ini lewat buku. Mereka mempraktekkan denganmembuat ruang terbuka hijau. Beberapa komplek lembaga Gereja pun bagai ”oasis” bagi Kota Yogyakarta. Di Keuskupan Agung Jakarta, Pastor Dr. Andang L. Binawan SJ membuat gerakan peduli sampah. ”Taruh Sampah, Jadikan Berkah!” demikian slogan gerakan ini. Sementara, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) melalui Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) juga terus mengkampanyekan dan mewartakan kepedulian lingkungan ke keuskupan-keuskupan seantero Indonesia. Apapun gerakannya, kepedulian terhadap lingkungan hidup adalah bagian dari iman Katolik.



KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Sebuah Oasis di Gurun Yogya
Kompleks Penerbit dan Percetakan Kanisius di Yogyakarta serasa sebuah oasis di tengah kegersangan “gurun” Kota Yogyakarta. Masuk dari Jalan Gejayan ke Jalan Cempaka No 3, Deresan, awalnya hanya ada tembok tinggi yang masif dengan gerbang yang selalu dijaga satpam. Akan tetapi, begitu kita masuk ke dalamnya, suasana adem segera terasa. Kompleks ini menghadap ke arah utara.

KWI Mewartakan Peduli Lingkungan
Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Konferensi Waligereja Indonesia (PSE-KWI) memiliki beberapa program untuk mewartakan gerakan lingkungan hidup. Sekretaris Eksekutif PSE KWI Pastor Stephanus Bijanta CM menjelaskan hal itu di kantor Sekretariat Hari Pangan se-Dunia (HPS) Srigunting, Semarang, Jumat, 25/2.

Go Green, Bagian dari Iman
Gerakan “Go Green” di Indonesia, khususnya di Keuskupan Agung Jakarta tercetus sejak Sidang Agung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) 2005. Pastor Andang menjadi ujung tombak gerakan lingkungan hidup, yang berfokus pada gerakan peduli sampah. Untuk mendalami dan menindaklanjuti langkah tersebut, Benny Sabdo dari Majalah HIDUP menemui Pastor Andang di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Jakarta, Sabtu, 26/2.

Buku dan Persoalan Lingkungan
Penerbit Kanisius Yogyakarta termasuk penerbit yang memiliki komitmen untuk mewartakan persoalan kehancuran lingkungan, menjelaskannya, dan memperlihatkan segala bentuk klaim yang bisa menyesatkan dan menyampaikan solusinya. Beberapa di antaranya adalah Our Choice. Rencana untuk Memecahkan Krisis Iklim (2010) oleh Al Gore, Menyapa Bumi Menyembah Hyang Ilahi.



BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Ekologi
Ekologi berasal dari kata Yunani logos (pengetahuan, wacana) dan oikos (rumah tangga). ‘Ekologi’ menunjuk pada ilmu pengetahuan mengenai tumbuhan, binatang, atau manusia dalam hubungannya dengan lingkungan yang menyelimuti mereka. Kata ‘ekologi’ diperkenalkan oleh Ernest Häckel dalam ilmu biologi pada 1869. Baik ekologi maupun ilmu lingkungan menunjuk pada interaksi antara makhluk hidup, manusia dan habitatnya.



(KABAR JAKARTA)
Sambut Paskah Paroki Arnoldus
Mengawali pekan persiapan Paskah dan menyambut Paskah 2011, Paroki Santo Arnoldus Janssen, Bekasi, Jawa Barat mengadakan berbagai macam perlombaan dan kegiatan sosial di Lapangan Yayasan Pendidikan Santa Lusia, Bekasi, Jawa Barat. Rangkaian acara ini dimulai Sabtu, 5/3 – Minggu, 10/4. Kegiatan mengawali Paskah 2011 ini diadakan Wilayah Selatan di Paroki St Arnoldus Janssen, Bekasi.

Seminar Dies Natalis STF
Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara mengadakan Seminar Dies Natalis ke-42 dengan mengangkat tema ”Agama dan Demokrasi Kasus Indonesia” di Auditorium STF Driyarkara, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu, 26/2. Seminar yang diikuti mahasiswa dan dosen STF Driyarkara, para pastor, dan OMK Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) ini menghadirkan lima pembicara dari lima agama yang ada di Indonesia,...

Pemutaran Film ”Laura”
Paroki Santo Lukas Sunter Agung, Jakarta Utara, mengadakan pemutaran film berjudul ”Laura” di Paroki Santo Lukas, Sabtu, 26/2. Film ini merupakan produksi Don Bosco Production, Komisi Komunikasi Sosial Salesian Don Bosco (SDB) Indonesia. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata kehidupan Beata Laura Vicuna dari buku For Love of My Mother, karya M. Domenica Grassiano yang diterjemahkan Pastor Petrus Tukan SDB. Pastor Petrus Tukan juga bertindak sebagai Produser “Laura”.

Atma Jaya Award
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika Atma Jaya kembali menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian ”Atma Jaya Award” tahun 2011. Seminar diadakan di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat, 25/2. Seminar Hasil Penelitian ini menampilkan 16 makalah hasil penelitian yang dibagi ke dalam dua kategori, yaitu sembilan makalah kategori sosial dan tujuh makalah kategori eksakta.

Dialog Xaverian
Komunitas Skolastikat Xaverian mengadakan dialog dengan Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid. Dialog diadakan di Wisma Xaverian, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat, 4/2. Aktivis Wahid Institute Frater Yudi Priyanto SX menjadi moderator dalam acara ini. Dialog tidak hanya diikuti para frater filosofan Serikat Xaverian tetapi juga dihadiri oleh pra-novis dan novis Serikat Xaverian dari Bintaro, Tangerang, Banten.

Seminar Fotografi
Matahati Photography Club Paroki Santo Andreas mengadakan seminar fotografi di Paroki Santo Andreas Kedoya, Jakarta Barat, Minggu, 27/2. Seminar ini diadakan menanggapi tren kamera saku digital yang saat ini kian menjamur. Acara bertema ”Tips dan Trik Memaksimalkan Kamera Saku” ini menghadirkan pembicara Divisi Marketing Datascript (Canon) Angelie Ivonne dan Ketua Matahati Ferdy Tanumihardjo.

KPP Curug
Sebanyak 25 pasangan yang merencanakan menikah di tahun 2011, mengikuti Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) yang diadakan oleh Seksi Kerasulan Keluarga (SKK) Paroki Santa Helena Curug, Tangerang, Banten, di Gedung Sekolah Kirana Kasih, Tangerang, Banten, Sabtu, 19/2 - Minggu, 20/2.

Pelantikan Misdinar St Clara
Paroki Santa Clara mengadakan Misa syukur Pelantikan Misdinar 2011 dan Pengurus Misdinar periode 2011-2013 di Paroki Santa Clara, Bekasi Utara, Jawa Barat, Sabtu, 19/2. Misa dipimpin Pastor Rekan Paroki Santa Clara Alexander Silaen OFMCap. Sebanyak 82 putra-putri altar Paroki Santa Clara dari Kapel Asri dan Seroja telah menyatakan diri siap dan berani menjawab panggilan Tuhan serta ingin menjadi pelayan altar Tuhan.



(NUSANTARA)
Perusakan TK Santa Maria
TK Katolik Santa Maria Blitar, Jawa Timur dirusak oleh massa tak dikenal, Minggu, 27/2. Patung Bunda Maria yang sudah berusia puluhan tahun hilang. Menurut Kepala Sekolah TK Santa Maria Suster Fidelia SSpS, kejadian ini bukan yang pertama. Kejadian serupa di alami sekitar satu bulan sebelumnya. Namun, ketika itu pihak sekolah tidak menaruh kecurigaan, karena tidak banyak kerusakan terjadi. Peristiwa ini hanya dianggap sebagai ulah iseng pihak yang tidak bertanggung jawab, sekolah tidak menanggapi serius.

Temu Pramuka YPL
Sebanyak 93 pembina Pramuka Yayasan Pangudi Luhur (YPL) mengadakan Pelatihan dan Temu Pembina Pramuka YPL se-Indonesia di Aula SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 5/2 – Minggu, 6/2. Pelatihan bertema ”YPL se-Indonesia Mendidik dan Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pramuka” ini dibuka Pimpinan Kantor YPL Pusat Bruder Theo Riyanto FIC. Kegiatan ini melibatkan pembina Pramuka dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK YPL.

Gerakan Hijau
Dalam rangka Tahun Pemuda se-Dunia 2011, Keuskupan Ruteng melaksanakan gerakan penghijauan di setiap wilayah kevikepan. Kegiatan ini diadakan di seluruh paroki di tiga wilayah kevikepan, yakni Kevikepan Borong, Kevikepan Ruteng, dan Kevikepan Labuan Bajo. Uskup Ruteng Mgr Hubertus Leteng menanam pohon di Paroki Santo Arnoldus Yoseph Waelengga, Manggarai Timur, NTT, bersama Orang Muda Katolik (OMK) paroki ini, Sabtu, 19/2.

Diskusi UAJY
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar diskusi bertema Humanitas: Relevansi di Dunia Pendidikan dan Kemasyarakatan” di Kampus UAJY, Babarsari, DI Yogyakarta, Sabtu, 26/2. Diskusi yang menghadirkan Dosen FISIP UAJY Pastor Bertolomeus Bolong OCD ini diikuti peserta dari kalangan akademisi dan aktivis pendidikan.

IMLEK JEMBER
Misa konselebrasi menyambut Tahun Baru Imlek di Gereja Paroki Santo Yusup Jember, Jawa Timur, berlangsung meriah dan khidmat, Kamis, 3/2. Misa dipimpin Sekretaris Provinsial Ordo Karmel Indonesia Pastor F.X. Hariawan Aji OCarm didampingi Kepala Paroki Santo Yusup Jember Pastor Andreas Yudhi Wiyadi OCarm, Pastor Andreas Novem OCarm, Pastor Agustinus Irtikandik Darmawanto OCarm, dan Pastor Ignatius Abadi OCarm.

RETRET STKIP
Para mahasiswa semester akhir Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Widya Yuwana Madiun, Jawa Timur mengikuti retret di Rumah Retret Domus Mariae Sarangan, Magetan, Jawa Timur, Rabu, 9/2 – Sabtu, 12/2. Retret bertema “I Will the Best“ ini dipandu Pilifus Haryadi.

RETRET SEMINARI
Para siswa Kelas Poesis dan Rhetorika Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematangsiantar, Sumatra Utara mengikuti retret di Pusat Pembinaan Umat (PPU) Pematangsiantar, Kamis, 10/2 – Minggu, 13/2. Peserta retret yang diadakan Seminari Christus Sacerdos ini berjumlah 31 orang yang terdiri dari 20 orang Kelas Poesis dan 11 orang Kelas Rhetorika.

BARONGSAI DI SUMBAWA
Gereja Katolik Sang Penebus Sumbawa Besar, NTB kental dengan nuansa merah, Sabtu, 5/2. Hal ini terlihat mulai dari stola dan kasula yang dikenakan imam, pakaian misdinar, baju yang dikenakan sebagian besar umat, dan hiasan dalam gereja yang semuanya berwarna merah.

REKOLEKSI LITURGI BINTARAN
Tim Liturgi Paroki Santo Yusup Bintaran, DI Yogyakarta mengadakan rekoleksi di Paroki Bintaran, Minggu, 16/1. Rekoleksi ini menghadirkan Ketua Komisi Liturgi Wilayah DI Yogyakarta Pastor A.R. Yudono Suwondo Pr. Dalam rekoleksi ini, Pastor Yudono mengatakan, ada tiga cara untuk membuat liturgi menjadi menarik, indah, agung, dan sederhana.

SEMINAR BIOETIKA
Paguyuban Devosi Kerahiman Ilahi (PDKI) Keuskupan Agung Pontianak menyelenggarakan Seminar Bioetika di Restoran Gajah Mada Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, 15/2. Seminar yang menghadirkan...

RETRET GURU BELLARMINUS
Guru dan karyawan TK – SD – SMP – SMA dan Kantor Yayasan Perguruan St Bellarminus, Bekasi, Jawa Barat, mengadakan retret di Wisma Soverdi Cisarua Bogor, Jawa Barat, Kamis, 27/1 – Sabtu, 29/1. Retret bertema “The Spirit of the School Project: Bertolaklah ke Tempat yang Dalam” ini dibimbing Pastor Vincentius Darmin Mbula OFM.

JALAN SANTAI
SMPK Sanjaya Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengadakan jalan santai bertema “Membangun Karakter Anak Bangsa”, Selasa, 16/2. Hal ini dilangsungkan dalam rangka perayaan hari jadi ke-17 SMPK Sanjaya Banjarbaru. Kegiatan jalan santai yang menempuh jarak sekitar lima kilometer ini dihadiri...

REKOLEKSI SISWA RK
Siswa-siswi kelas enam SD Roma Katolik (RK) Tiga dan SD RK Empat Sibolga, Sumatra Utara mengadakan rekoleksi di Pantai Binasi, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Selasa, 15/2. Rekoleksi bertema ”Melangkah Pasti, Meraih Masa Depan” ini diikuti sekitar 78 siswa SD RK Tiga dan Empat. Kepala SD RK Tiga Suster Clarita Karere SCMM dan Kepala SD RK Empat Suster Elisyeba Karokaro SCMM turut hadir dalam kegiatan ini.

RETRET MURID PIUS
Dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional, siswa-siswi kelas enam Sekolah Dasar Pius Purbalingga, Jawa Tengah mengadakan retret di Rumah Retret Syalom, Bandungan, Ambarawa, Jumat, 4/2 – Minggu, 6/2. Retret dibimbing Pastor Agustinus Handoko H.S. MSC. Tujuan utama kegiatan ini adalah peneguhan dan persiapan diri dalam menghadapi Ujian Nasioanal.

TAHBISAN DIAKON SURABAYA
Bertepatan dengan Pesta Yesus dipersembahkan di Kenisah, lima frater Diosesan Keuskupan Surabaya ditahbiskan menjadi Diakon di Seminari Menengah Santo Vincentius a Paulo Garum, Blitar, Jawa Timur, Rabu, 2/2. Mereka adalah Frater Gregorius Dhani Driantoro, Fater Yohanes Setiawan, Frater Edward Paulus Suryandoko, Frater Yohanes Endro Wibowo, dan Frater Daniel Setiawan.

RETRET PANTI SEMEDI
Rumah Retret Panti Semedi Klaten, DI Yogyakarta mengadakan rekoleksi setengah hari, Minggu, 23/1. Acara ini mengambil tema “ Kuwaspadai Sakit Hati, Biar tidak Beratlah Hidupku di Tahun ini” . Rekoleksi dimulai pukul 09.00 WIB dan diakhiri dengan Misa pada pukul 14.00 WIB. Pendamping retret adalah Direktur Rumah Retret Panti Semedi Klaten Pastor J. Abdipranata SJ.

PELANTIKAN MISDINAR DEPOK
Sebanyak 16 Putra-Putri Altar dilantik dalam Perayaan Ekaristi di Gereja Santo Markus Depok, Jawa Barat, Minggu, 6/2. Sebelumnya, mereka mengikuti pelajaran dan Pelatihan untuk menjadi pelayan altar selama sekitar enam bulan sejak pertengahan 2010 lalu. Dua belas putri dan empat putra ini sebagian besar merupakan siswa Sekolah Dasar. Misa dipersembahkan Pastor Antonius Dwi Haryanto Pr.

PELATIHAN KESEKRETARIATAN
Enam rohaniwan, biarawan, dan biarawati dari berbagai kongregasi dan yayasan di Indonesia, yakni Pastor Ramoncito Padilla SDB dari Kongregasi Salesian Don Bosco Jakarta, Pastor Widiatmoko CP dari Keuskupan Ketapang, Pastor Agustinus Heru CM dari Keuskupan Surabaya, Suster Yosina Maria NC dari Madiun, Jawa Timur, dan dua awam dari Keuskupan Surabaya mengikuti Pelatihan Kesekretariatan di ASMI Santa Maria DI Yogyakarta, Senin, 7/2 – Sabtu, 12/2.

PASTOR SEBASTIANUS WAFAT
Pastor Rekan Paroki Santo Yusuf Gedangan Semarang, Jawa Tengah Sebastianus Ismu Haryanto Pr meninggal, Kamis, 3/3. Jenazahnya disemayamkan di Gereja Santo Yusuf, Gedangan. Pukul 17.00 WIB, diadakan Misa Tuguran di Gereja Gedangan. Pukul 20.00, jenazah diberangkatkan umat Paroki Gedangan ke Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan, DI Yogyakarta.

MISA HOSD
Untuk Memperingati Hari Orang Sakit se-Dunia (HOSD), Paroki Santa Maria Diangkat Ke Surga Siberut, Mentawai, Sumatra Barat mengadakan Misa bagi orang sakit dan lansia, serta pengobatan murah bagi warga yang tinggal di Wilayah Pusat Paroki. Misa diadakan di Paroki Santa Maria Diangkat Ke Surga Siberut pada Jumat, 11/2, dihadiri sekitar 50 umat.

PELATIHAN FILM CARITAS
Caritas Keuskupan Maumere mengadakan pelatihan pembuatan film dokumenter dengan peserta kaum muda dan mahasiswa STFK Ledalero. Pelatihan berlangsung di Aula Pusat Pastoral Keuskupan Maumere, NTT, selasa, ½-Sabtu, 5/2. Pelatihan terselenggara atas kerjasama Caritas Keuskupan Maumere dan Caritas Jerman yang berkantor pusat di Yogyakarta.


(MANCANEGARA)
Kunjungan Presiden Lebanon
Paus Benediktus XVI menerima Presiden Lebanon Michel Suleiman dalam audiensi, Kamis, 24/2. Sebagaimana dilansir Zenit.org, setelah pertemuan dengan Paus, Presiden Suleiman juga bertemu dengan Sekretaris Negara Kardinal Tarcisio Bertone dan Sekretaris Hubungan Internasional Mgr Dominique Memberti.

Manca Sekilas
VATIKAN – Paus Benidiktus XVI tidak akan mempercepat proses kanonisasi Beata Teresa dari Kalkuta. Sebagaimana dikatakan Suster Nirmala, mukjizat merupakan persyaratan yang dipenuhi. Ibu Teresa (1905-1997), pendiri Misionaris Cinta Kasih (MC), dibeatifikasi Paus Yohanes Paulus II pada 2003. Suster Nirmala (77) adalah pengganti Ibu Teresa sebagai Superior Jenderal MC (1997-2009).

Sekolah dan Gereja Masih Ditutup
Uskup Chistchurch Mgr Barry Jones mengumumkan sekolah dan gereja paroki yang terguncang gempa masih ditutup hingga dinyatakan aman oleh petugas. Gempa bumi 6,3 skala richter yang mengguncang pulau bagian selatan Selandia Baru, Selasa, 22/2, ini menewaskan 113 orang, sementara lebih dari 200 orang belum ditemukan.

Para Uskup
Mgr Adrianus Herman van Luyn SDB, 75 tahun, Uskup Rotterdam, Belanda, pensiun pada 14 Januari 2011. Hingga 21 Februari 2011, takhta Keuskupan Rotterdam masih lowong.



(KESAKSIAN)
Diikat Cinta pada Sang Bunda
Keduanya bersikukuh menerabas pagar adat yang menghalangi cinta mereka. Mereka yakin, cinta mereka pada Sang Bunda merupakan kuncinya. Waktu Andreas da Silva (56) masih kecil, sarana transportasi di Maumere Flores, tanah kelahirannya, masih sulit. Ia harus berjalan kaki ke sekolah hingga 2-3 kilometer. Ia sering sakit-sakitan. Karena itu, Andreas mempunyai angan-angan kelak pasangan hidupnya harus seorang paramedis.



(MIMBAR)
Merapi dan Rindu Rumah Sendiri (Oleh: Y. Gunawan Pr)
”Mengapa aku ingin pulang? Di rumah, sapiku menanti. Mereka sedih tak berteman. Jalan-jalan yang penuh pohon, pecah beling menanti, mereka sedih sembunyi di balik abu basah Merapi.…Kami tetap ingin kembali. Meski kami di pengungsian diam dan nasi datang sendiri. Itu bukan kami. Kami terbiasa seperti ini: tangan kami bergerak, parang kami menabraki rumput pinggiran desa, pasir di jurang sana tidak kami biarkan menyendiri….” (J. Kristanto S. Pr, dkk (Eds), Dahsyatnya Merapi Tak Sedahsyat Cinta-Mu, Seminari Tinggi St Paulus, Yogyakarta, 2011).



(KONTAK-KONTAK)
Mari Tertawa!
PARA rahib Zen biasa melakukan ’meditasi tertawa’. Mereka semua berkumpul dalam lingkaran, lalu bersiap-siap untuk tertawa. Pada jam tertentu, sang guru memukul gong, dan seluruh rahib mulai tertawa. Suka atau tidak suka, mereka harus tertawa. Setelah beberapa saat, tawa itu menyebar dan menular. Dalam waktu singkat, seluruh rahib itu tertawa tergelak-gelak dengan sungguh-sungguh.



(APA DAN SIAPA)
Seto Mulyadi: Menjadi ‘Orang Gila’
Josepin Lia Limiarti: Mau Jadi Dosen
Anton Marsudiharjo FIC: 40 Tahun Membiara



(JENDELA)
“Passion Play” Desa Oberammergau, Jerman: Nazar Penduduk Oberammergau
Gara-gara terhindar dari wabah pes yang melanda desanya, penduduk Oberammergau bernazar: ingin menjadi pelakon kisah sengsara Yesus Kristus. Desa Oberammergau berada 90 km sebelah selatan Kota Munchen, terletak di Distrik Garmisch-Partenkirchen di Bavaria, Jerman. Untuk sampai ke sana, bisa naik bus dengan jarak tempuh dari Munchen sekitar satu jam 45 menit, menyusuri pedesaan yang indah. Di kejauhan terbentang Pegunungan Alpen, sambung-menyambung melintas batas Negara Jerman.



(EKSPONEN)
Agustinus Handi Setyanto Pr: Mewartakan Sabda Lewat Mendalang
Gamelan mulai dibunyikan dan sinden mulai bernyanyi. Saatnya pertunjukan wayang kulit dimulai. Narator memberi pengantar cerita. Dengan duduk bersila, sang dalang mulai memainkan wayangnya. Dalang menunjukkan gunungan (pahatan lukisan berbentuk gunung untuk mengawali, membatasi antarbabak, dan mengakhiri cerita) wayang untuk memberi setting tempat. Lalu, ia pun memainkan wayang-wayangnya. Sekilas sama seperti pertunjukan wayang pada umumnya. Namun, sang dalang satu ini memang berbeda. Dialah Pastor Agustinus Handi Setyanto Pr (30).



(RENUNGAN HARIAN)
Antara Domba dan Kambing (Oleh: Johanes Jarot Hadianto)
Injil hari ini menyajikan gambaran apokaliptis tentang akhir zaman. Inilah puncak sejarah umat manusia yang ditandai oleh kedatangan Anak Manusia dalam kemuliaan. Sebagai Raja dan Hakim yang penuh kuasa, Anak Manusia pada saat itu akan menggelar penghakiman terakhir bagi semua bangsa. Dialah yang akan menentukan nasib kita semua, apakah akan hidup dalam kebahagiaan kekal atau sebaliknya, menerima hukuman kekal.



(BUKU-VCD-KASET)
Membangun Budaya Tandingan
Setiap tindakan manusia pasti ada motivasinya. Misalnya, di balik tindakan membaca, terdapat macam-macam motivasi. Mungkin ingin mendapatkan hiburan atau pengetahuan, atau sekadar mengisi waktu kosong. Maka, bisa dikatakan, motivasi adalah hal yang penting dalam hidup. Orang membutuhkan motivasi yang kuat untuk mencapai sukses dalam hidup.



(SANTO & SANTA)
Beato Yohanes dari Rieti (1350): Mengantar Umat dengan Keramahan
Sosok yang taat pada Tuhan, tekun dalam doa, dan melakukan pekerjaan sederhana, yakni menunggu umat yang hadir dalam Perayaan Ekaristi dengan selalu tersenyum. Kita boleh yakin bahwa hidup yang benar-benar nyata adalah hidup saat ini, bukan nanti atau tadi. Maka, kesucian adalah hasil dari kesetiaan orang saat ini dalam mengikuti Tuhan. Kesetiaan harian yang sederhana akan membawa orang sampai kepada Tuhan. Semua tidak tergantung pada seberapa besar karya yang dibuat, tetapi tergantung pada apakah pekerjaan itu dilakukan demi cinta pada Tuhan dan sesama atau tidak.



(SURAT GEMBALA)
Mari Berbagi Menuju Perwujudan Diri Sejati
Pada Minggu Biasa IX Tahun A/I, Sabtu, 5/3 dan Minggu, 6/3, di seluruh paroki di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), dibacakan Surat Gembala Pra-Paskah 2011 KAJ yang bertema “Mari Berbagi-Menuju Perwujudan Diri Sejati”. Surat Gembala ini ditandatangani oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo. Berikut isi lengkap urat Gembala tersebut:..



(KONSULTASI IMAN)
Pengakuan Dosa di Sekolah (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Mengingat dalam Masa Pra-Paskah ini banyak sekolah Katolik akan memberikan kesempatan kepada para muridnya untuk mengaku dosa, saya mohon Romo memberikan jawaban atas surat pembaca ”Pengakuan Dosa di Sekolah” yang dimuat di HIDUP, No 07, 13 Februari 2011. Mohon bimbingan.

Lindawani Gemilang, 081554250xxx



(CERPEN)
Empat Patung Malaikat (Oleh: Budi Sardjono)
Saya baru saja akan membakar tumpukan daun ketika di tangga beton ada seorang bapak turun dan kerepotan membawa barang. Niat itu kuurungkan. Lalu bergegas menyongsong bapak tersebut. Inilah tugasku sehari-hari setelah pensiun: menjadi tukang kebun di tempat peziarahan di kaki Bukit Menoreh, perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.




(KONSULTASI KELUARGA)
Pacaran dengan Duda (Oleh: H.M.E. Widiyatmadi)
Sekitar tiga bulan ini saya menjalin hubungan serius dengan seorang pria seiman (namanya G). Selisih usia kami 15 tahun (saya 33 tahun, dia 48 tahun). Saya sudah bekerja dan hidup mandiri. Demikian juga G, yang bekerja sebagai dosen. Menurut saya, G adalah pria yang sabar, rendah hati, penuh pengertian, dan juga rupawan. Sejak saya dekat dengan dia, ada banyak pengaruh positif bagi diri saya.



(TEROPONG)
Hambatan Beragama dan Tanggung Jawab Negara (Oleh: Stanley Adi Prasetyo)
Penyerangan terhadap warga Jemaah Ahmadiyah Indonesia di Desa Umbulan, Kecamatan Cikeusik, Banten pada 6 Februari 2011 yang memakan korban tiga jiwa menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi rakyat Indonesia. Kasus ini belum selesai sudah disusul dengan penyerangan, pengrusakan, dan pembakaran tempat ibadah di Temanggung. Kemudian, disusul lagi dengan penyerangan massa terhadap Pesantren Syiah di Bangil, Pasuruan. Banyak orang bertanya-tanya, ada apa gerangan dengan negeri kita ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: