Edisi 12/2011 : Berteologi di Tebuireng

Sajian Utama:
Jumat pagi, 28 Januari 2011, ketika matahari belum memancarkan sinar sepenuhnya, rombongan pastor dan calon pastor beriringan menuju masjid di tengah-tengah pondok. Semua mengenakan sarung. Mereka ditempatkan di tengah-tengah ratusan santri yang menyaksikan penutupan program live-in dan nyantri mereka. Pagi itu para calon pastor dan pastor dilepas sebagaimana layaknya para santri sungguhan yang baru saja menyelesaikan masa pendidikan dan formasinya di Pondok Pesantren tersebut.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Calon Pastor Lulus Nyantri
Pukul 11 siang, di bawah terik sinar matahari, Minggu, 23 Januari 2011 di Stasiun Kereta Api Jombang, Jawa Timur. Tiga belas orang, semuanya pria, keluar dari Kereta Api Sancaka Yogya-Surabaya. Satu orang di antaranya berwajah bule. Selebihnya memiliki wajah yang tidak berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya. Yang langsung terasa berbeda adalah ketika komunikasi berlangsung. Komunikasi dalam bahasa Inggris segera memenuhi stasiun kecil ini.


“Katekese” ala Gus Solah
Komunikatif dan sederhana. Itulah kesan spontan yang muncul ketika mendengarkan Tausiah dari KH Salahuddin Wahid. Tausiah adalah semacam pelajaran umum tentang nilai-nilai keislaman untuk para santri. Diberikan setiap dua minggu sekali pada hari Selasa. Kebetulan, kami yang datang berkunjung ke sana ikut menyaksikan dan mengikuti dari dekat apa yang dibicarakan adik kandung Gus Dur tersebut.


Pengalaman Indah Bersama Para Santri
Malam bergerimis tak mengurungkan niat rombongan untuk berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Masruriyyah. Jarak Ponpes khusus putri ini tak jauh dari Ponpes Tebuireng, hanya butuh lima menit jalan kaki. HILYA Diniyya Hadiati (14) dan beberapa temannya, tak mengira sama sekali bahwa malam itu (24/1) akan ada kunjungan rombongan lelaki Katolik ke pondok pesantrennya. Apalagi, para lelaki itu adalah pastor dan calon pastor. Ini adalah pertama kali dalam sejarah Ponpes Al-Masruriyyah!


Membangun Teologi Kontekstual
Asia Pasific Theological Encounter Program (APTEP) direncanakan menjadi program tahunan, dan juga tetap melibatkan peserta serta pendamping dari luar negeri. Demikian disampaikan Penanggung Jawab APTEP Pastor Yoannes Berchmans Heru Prakosa SJ. Romo Heru, sehari-hari menjadi dosen di Fakultas Theologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Wali Kesepuluh
Walisongo, harafiahnya berarti ‘sembilan orang yang mencintai dan dicintai Allah’. Mereka adalah Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Dradjad, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, serta Sunan Gunung Jati.



(KABAR JAKARTA)
Relikwi Don Bosco Melawat Indonesia
Kendaraan yang membawa Urna (peti kaca) relikwi Don Bosco memasuki halaman Gereja Santo Yohanes Bosco Sunter Jaya, Jakarta Utara, Selasa, 8/3. Petasan air mancur yang diletakkan di beberapa sudut gereja pun dinyalakan. Suara lonceng gereja dan genderang yang ditabuh Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Yohanes Bosco terdengar bersahut-sahutan.

Jalan Salib Hidup
Menyambut Masa Pra-Paskah 2011, umat Paroki Ratu Rosari Jagakarsa, Jakarta Selatan mengadakan jalan salib hidup di enam gereja dan kapel wilayah Dekanat Jakarta Selatan, Sabtu, 5/3. Jalam salib bertema “Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Demi Kesatuan, Kedamaian, dan Kesejahteraan Bangsa” ini diikuti sekitar 80 umat dari berbagai paroki Dekanat Jakarta Selatan dan di luar wilayah dekanat. Mereka antara lain berasal dari Paroki Santo Rasul Barnabas Pamulang Tangerang Banten, Paroki Santo Stefanus Cilandak Jakarta Selatan, dan Paroki Santo Bartolomeus Taman Galaxy Bekasi Jawa Barat.

Retret UN Tunas Gading
Yayasan Tunas Gading mengadakan retret bersama atau pembinaan mental bagi para peserta Ujian Nasional se-Yayasan Tunas Gading di Wisma Samadi Klender, Jakarta Timur. Kegiatan ini diikuti semua siswa kelas VI, kelas IX, dan kelas XII dari unit SD, SMP, dan SMA dengan jumlah peserta 65 orang, berlangsung pada Kamis-Jumat, 3-4/3. Kegiatan tersebut melibatkan semua siswa dari berbagai agama yang didampingi tujuh guru.

Air Bersih untuk Sekolah
Keterbatasan dalam mengakses air bersih tidak hanya dirasakan oleh rumah tangga saja, tapi dialami juga oleh sebagian sekolah. Dengan mudah kita menjumpai Sekolah Dasar yang belum bisa menikmati air bersih, belum punya tempat cuci tangan, bahkan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) yang tidak memadai.

Rekoleksi Sahabat Padre Pio
Komunitas Sahabat Padre Pio mengadakan rekoleksi persiapan masa puasa dan pantang di Paroki Santo Fransiskus Asisi Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 9/3. Padre Pio dari Pietrelcina, Italia Selatan mengalami penderitaan stigmata selama 50 tahun. Hal ini telah menjadi inspirasi bagi Komunitas Sahabat Padre Pio di Indonesia yang sekarang berjumlah sekitar 300 orang.



(NUSANTARA)
Uskup Resmikan ”Eco Campus”
Uskup Agung Merauke Mgr Nicolaus Adi Seputra MSC dan Pastor Paroki Salib Suci Purwakarta Yustinus Hilman Pujiatmoko Pr memberkati OBI Eco Campus di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu, 2/3. Pemberkatan bangunan aula, kantor, tree house, dan tower diikuti oleh umat dari Jakarta dan umat Purwakarta. Outward Bound Indonesia (OBI) berdiri sejak 1990 dan menjadi perintis pelatihan pengembangan sumber daya manusia dengan metode Experiential Learning bermedia alam terbuka di Indonesia.

Orientasi Kevikepan Sulbar
Kevikepan Sulawesi Barat bekerjasama dengan Bimas Katolik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat mengadakan Orientasi Seksi Sosial se-Kevikepan Sulawesi Barat di Gereja Santa Maria Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis-Sabtu, 3-5/3. Vikaris Episkopalis (Vikep) Sulawesi Barat Pastor Martinus Pasomba Pr hadir dalam acara yang menghadirkan Ketua Komisi Pemberdayaan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Makassar (KAMS) Pastor Fredi Rantetaruk Pr sebagai pembicara.

Doa Bersama Umat Surabaya
Rentetan peristiwa kekerasan telah terjadi di Indonesia, seperti kekerasan terhadap jamaah Ahmadiyah di Banten serta pembakaran dan perusakan gereja di Temanggung, Jateng. Hal ini menggugah reaksi berbagai pihak. Seperti dilakukan umat Katolik Paroki Santo Vincentius A Paulo, Surabaya, Jawa Timur. Mereka menggelar doa bersama untuk bangsa di Gereja Santo Vincentius A Paulo, Kamis malam, 10/2.

HUT Paroki Clemens
Paroki Santo Clemens Kendari, Sulawesi Tenggara merayakan hari jadi ke-11. Misa diadakan Paroki Santo Clemens, Selasa, 22/2, sebagai ujud syukur atas ber- tambahnya usia. Misa dipimpin Pastor Paroki Santo Clemens Samson Bureny Pr. Misa dibuka dengan lagu ”Santo Clemens Pelindung”.

PSB MERTOYUDAN
Seminari Menengah Santo Petrus Canisius Mertoyudan, Jawa Tengah telah melaksanakan Penerimaan Seminaris Baru (PSB) gelombang pertama, Sabtu, 12/2 –Selasa, 15/2. Pelaksanaan yang dikenal dengan istilah kandidatan ini setiap tahunnya dilaksanakan sebanyak dua kali gelombang pendaftaran.

SOSIALISASI SEKOLAH INKLUSI
Sekolah Katolik Krida Dharma Blora, Jawa Tengah mengadakan Sosialisasi Sekolah Inklusi, Sabtu, 5/2. Ini merupakan salah satu tindak lanjut pendidikan inklusi dan usaha melibatkan masyarakat dalam pendidikan, membuka wawasan, dan menyamakan persepsi tentang sekolah inklusi di SD Katolik Krida Dharma.

MISA HUT IMAMAT
Uskup Larantuka Mgr Frans Kopong Kung bersama Pastor Christophorus Lamen Sani Pr, Pastor Julius SVD, dan Pastor Andreas Bramantyo Pr mempersembahkan Misa HUT Imamat Pastor Paroki Santo Thomas Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat Christophorus Lamen Sani Pr di Paroki Santo Thomas Kelapa Dua, Sabtu, 5/2. Misa dihadiri umat Paroki Kelapa Dua.

PELATIHAN JURNALISTIK MAUMERE
Sebanyak 150 siswa SLTP dan SLTA se-Kota Maumere dan sekitarnya mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar di Aula St Teresa Avila SMAK Bakhtyarsa Maumere, Flores, NTT, Sabtu, 12/2. Kegiatan ini bertajuk “Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, Menulis Itu Mencerdaskan Generasi Penerus Bangsa”.

HARI STUDI KARMELITANA
Sekitar 200 anggota Keluarga Karmel (Familia Carmelitana Indonesia) mengikuti Hari Studi Karmelitana yang diadakan di Wisma H.Carm Karangwidoro, Malang, Jawa Timur, Rabu, 9/2 – Kamis, 10/20. Pembicara dalam hari studi bertema “Di Sumber Karmel” ini adalah Suter Merry Teresa HCarm dan Pastor Piet Go Twan An OCarm.

PELATIHAN KAUM MUDA
Character Building Training (CBT) diadakan di Pondok Susanto, Gadog, Ciawi, Jawa Barat, Sabtu, 22/1 – Kamis, 27/1. Acara ini dihadiri 47 peserta dari berbagai kampus di Jakarta, Depok, dan DI Yogyakarta. CBT menghadirkan pembicara Pastor Prof Dr Franz Magnis-Suseno SJ dan Ahmad Tohari.

PESTA PERAK KETUA KDKI
Ketua Komunitas Devosi Kerahiman Ilahi (KDKI) Batam Maria Fransiska Alan Jakob merayakan pesta perak perkawinan di Bible Centre Bukit Indah Sukajadi, Batam, Kepulauan Riau, Rabu, 26/1. Peringatan hari jadi yang diawali Misa syukur ini dihadiri kurang lebih 700 orang, terdiri dari anggota komunitas KDKI, kerabat, kenalan, dan rekan bisnis.

PEKAN STUDI DIOSES ATAMBUA
Keuskupan Atambua mengadakan pekan studi bagi para imam Diosesan Keuskupan Atambua di Pusat Pastoral Emaus, Atambua, NTT. Pekan studi ini menghadirkan pembicara Pastor Theodorus Asa Siri Pr. Acara ini diikuti para imam Diosesan yang usia imamatnya 11 hingga 20 tahun.

HUT SD MARSUDIRINI
Dalam rangka menyambut hari jadi ke-90, SD Marsudirini Yogyakarta mengadakan berbagai macam kegiatan. Selaras dengan tema yang diusung, yaitu “Bumi, I Love You”, Sabtu, 12/2, diadakan Gerakan Penanaman Pohon untuk penghijauan kembali lereng Merapi di Dusun Tlukan Petung, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman.

PENGHIJAUAN FBB
Forum Biarawan-Biarawati (FBB) Yogyakarta mengadakan penghijauan di sekitar daerah Letusan Merapi, Selasa, 15/2. Penghijauan ini dilaksanakan di lingkungan Desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta dan diikuti oleh sekitar 125 biarawan-biarawati se-Yogyakarta. Sekitar 1.000 pohon mahoni ditanam dalam penghijauan tersebut. Ketua FBB Suster Bibiana CB turut hadir.

HUT WARTA PAROKI KLEPU
Dalam rangka ulang tahun Warta Paroki Santo Petrus dan Paulus Klepu, warta paroki menyelenggarakan weekend bagi pengelola warta paroki di Wisma Padepokan Santi Dharma Godean Yogyakarta, Sabtu, 22/1-Minggu, 23/1. Kegiatan ini diikuti sepuluh orang pengelola Warta Paroki Klepu.

MISA IMLEK
Umat Katolik Kota Cirebon, Jawa Barat dan sekitarnya menyelenggarakan Misa Tahun Baru Imlek di Gereja Bunda Maria Cirebon, Sabtu, 5/2. Misa dipimpin Pastor Paroki Bunda Maria Cirebon Paskalis Franky Pitoy Pr dan Pastor Stanislaus Ferry Sutrisna Pr dari Bandung.

MISA IMLEK DEKANAT TENGAH
Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2562, Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Purwokerto, Jawa Tengah mengadakan Misa Imlek bagi paroki-paroki se-Dekanat Tengah di Gereja Katedral Purwokerto, Selasa, 8/2. Misa dirayakan secara konselebrasi dan dipimpin para imam paroki-paroki Dekanat Tengah.

BANTUAN VALENTINE
Menyambut perayaan Hari Kasih Sayang, sekitar 76 pelajar, pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Orang Muda Katolik Paroki Santo Petrus Tukuneno dan para pelajar SMP dan SMA yang tergabung dalam kelompok Persehatian Pelajar Katolik Paroki Santo Petrus Tukuneno (PIJAR) mengadakan kunjungan, pemberian bingkisan, dan bantuan kepada para anak cacat di Panti Rehabilitasi Hidup Baru (PRHB) Umanen, Atambua, NTT.

PENGOBATAN GRATIS
Dalam rangka memperingati Hari Orang Sakit se-Dunia, Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Mardi Lestari Wirosari, Purwodadi, Jawa Tengah yang dikelola Yayasan Mardi Lestari Sragen, Jawa Tengah mengadakan kegiatan pengobatan bagi para warga sekitar dan beberapa umat dari Paroki Hati Kudus Yesus yang Mahakudus Purwodadi, Jumat, 11/2.

SEMINAR INKULTURASI
Seminar sehari bertema “Inkulturasi dalam Ibadah” dengan sub tema “Suatu Pendekatan Sosio Kultur, Pastoral, dan Liturgis” diadakan di Sekolah Tinggi Katolik (STK) Santo Yakobus Merauke, Papua, Senin, 14/2. Seminar dihadiri Rektor Seminari Menengah Pastor Bonus Merauke Lukas Sugeng Pr dan Direktur Karya Kerasulan Indonesia Keuskupan Agung Merauke (KKI-KAME) Suster Rosina Anggwarmase PBHK.

STUDI WISATA TK
TK Katolik Santo Yusuf Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur menggelar studi wisata ke UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Jatim, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu, 26/2. Kepala TK Katolik Santo Yusuf M.F. Sunarsih mengatakan, acara ini bertujuan mengenalkan siswa pada lingkungan hidup.



(MANCANEGARA)
Doa untuk ”Martir” Pakistan
Paus Benediktus XVI secara khusus mengenang dalam doa-doanya, kematian Menteri Urusan Warga Minoritas Pakistan, Shahbaz Bhatti (42). Shahbaz tewas ditembak sekitar pukul 11.00 waktu Pakistan pada Rabu, 2/3. Dalam perjalanan meninggalkan rumahnya, seorang penembak tak dikenal membombardir mobilnya dengan peluru. Shahbaz Bhatti meninggal dunia ketika tiba di Rumah Sakit Shifa di Islamabad.

Manca Sekilas
INGGRIS – Ratusan umat Anglikan di Inggris kembali ke pangkuan Gereja Katolik pada Rabu, 9/3. Majalah The Tablet menyebutkan secara rinci bahwa 20 imam dan 600 awam dari Gereja Anglikan pindah ke Gereja Katolik pada hari itu. Mary Huntington, Humas Keuskupan Brentwood di London, mengatakan bahwa sebanyak 241 orang dewasa dan anak-anak, termasuk tujuh imam Anglikan di wilayah keuskupannya akan bergabung dengan Gereja Katolik.

Launching Portal pada Paskah
Ketua Dewan Kepausan untuk Komunikasi Sosial Mgr Claudio Maria Celli mengumumkan rencana terkini tentang situs berita dalam pertemuan tahunan dewan, awal Maret. Portal multimedia, demikian Mgr Claudio, akan memuat berita-berita dari surat kabar Vatikan, Radio Vatikan, dan kantor berita Fides.

Para Uskup
Mgr Jean Pierre XVIII Kasparian ICPB, Patriarkh Emeritus Cicilia (Armenian), Lebanon, wafat pada usia 84 tahun, 16 Januari 2011.



(KESAKSIAN)
Lidwina Rita Hapsari: Suka Duka Bersama Anak Tuna Ganda
Semula ia tidak tertarik pada pekerjaan ini. Tapi, rasa belas kasihnya mengalir keluar saat melihat anak-anak berkebutuhan khusus. Dian Purwitasari sedang bermain puzzle bersama teman-temannya. Setelah puzzle itu dibongkar, mereka tampak kesulitan menyusun kembali puzzle itu. Lalu, mereka bertanya, “Ini tempatnya di mana, Dian?”



(EKSPONEN)
Dr Maria Tekla Kurniati SND : Berkah Ketaatan
Beberapa hari menjelang sidang disertasinya, berita buruk menghampiri Sr Maria Tekla Kurniati SND: sang ibu berpulang. Seketika konsentrasinya terbelah. Serta-merta ia meminta kepada dosen pembimbingnya di St Thomas University Manila, Filipina agar sidang diundur. Tanpa mengulur waktu, ia pulang ke Indonesia. Ia mengantar jenazah wanita yang dikasihinya itu hingga ke liang lahat di pemakaman keluarganya di Pemalang, Jawa Tengah.



(APA DAN SIAPA)
M. Budi Sardjono : Meditasi Rembulan
Dr Johanes Robini Marianto OP : Gelar dari Sultan
Yustinus Agus Supangkat : Mengabdi pada Hewan
Detti Kesuma : Teringat Libya



(OBITUARI)
Redemptus Murtrisunu Wisnumurti SJ (1953-2011)
Maut yang datang bagaikan pencuri di malam hari. Pastor Redemptus Murtrisunu Wisnumurti SJ meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan lalu lintas (19/2). Informasi meninggalnya Romo Wisnu diterima Romo Hardaputranta SJ, pastor rekan Paroki Gereja Santo Antonius Kota Baru, sekitar pukul 11.00 WIB. Dari Muntilan, jenazahnya segera dibawa ke RS Panti Rapih untuk dimandikan.


(SANTO & SANTA)
St Nikolaus dari Tolentino (1245 -1305) : Menggenapi Panggilan Tuhan
Nikolaus adalah anak kesayangan ayah dan ibunya. Kelahirannya sangat dinantikan, setelah cukup lama mereka mendambakan keturunan. Demi mendapatkan anak, mereka harus tekun berdoa dan berziarah. Kedua orangtua Nikolaus yang berasal dari Ancona, Italia itu berziarah ke Kapel St Nikolaus dari Bari. Permohonan mereka terkabul, dan lahirlah anak yang kemudian diberi nama Nikolaus pada 1245.



(RENUNGAN HARIAN)
Takaran Allah (Oleh : Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: ”TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya” (Kel 34:6). TUHAN, Allah Israel, memang dikenal sebagai Allah yang murah hati.



(BUKU-VCD-KASET)
Mempraktikkan Kesadaran Penuh
Dunia sekarang penuh dengan kesibukan, keramaian, dan hiruk pikuk perkembangan teknologi yang menyita banyak waktu hingga kita kehabisan waktu untuk hening. Ada banyak persoalan dan pekerjaan yang harus segera kita selesaikan. Manusia pun menjadi semakin egois. Jiwa kita akhirnya menjadi lelah, capai, dan “haus” akan ketenangan dan keheningan. Padahal, dengan keheningan kita bisa merasakan kedamaian yang menimbulkan sukacita. Keheningan dapat kita latih. Salah satunya dengan meditasi.

Saat Kita Bingung
Sering kita merasakan kebingungan, bila mendapat pertanyaan-pertanyaan tentang iman dan kebiasaan Katolik. Ingin bertanya kepada orang lain, namun kita cenderung malu atau malas dan kurang percaya diri. Jadilah kita tidak bisa menerangkan hal-hal yang esensial dalam “seluk beluk” iman dan kebiasaan Katolik.


(MIMBAR)
Berbagi: Belajar dari St Fransiskus Asisi (Oleh: Ryan Dagur)
”Mari Berbagi – Menuju Perwujudan Diri Sejati”, demikian tema Surat Gembala Pra-Paskah 2011 dari Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo. Sejauh saya pahami, ada dua alasan di balik perumusan tema tersebut.



(KONSULTASI IMAN)
Mengaku Dosa lewat Teknologi Informatika (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Membaca Romo Koko pada HIDUP No 10, 6 Maret 2011, saya bertanya apakah memang Gereja sudah mengizinkan pengakuan dosa melalui internet, email atau bahkan melalui telpon? Bukankah adanya kamera memungkinkan komunikasi yang lebih riil untuk pengakuan dosa? Mengapa akhir-akhir ini banyak dibicarakan pengakuan dosa melalui internet? Mohon penjelasan.

Verawati Girsang, 0818375xxx



(CERPEN)
”Bermain” Pastor (Oleh: Alex Japalatu)
Kekeringan sering lebih panjang dari musim hujan di pulau karang tua, Wolip. Kalau musim kering datang, tumbuhan dan hewan peliharaan kami hidup meranggas kekurangan air dan rumput hijau. Maka, segera tampak di padang-padang penggembalaan, puluhan kerbau dan sapi yang tulang-tulangnya menyembul keluar seperti bambu yang dibuat rakit.



(JENDELA)
Anak Jalanan Kinshasa dan Karya SVD
Negara Kongo (République Démocratique du Congo) sebagai negara termiskin di dunia (menurut data Bank Dunia akhir tahun 2010), memiliki banyak anak jalanan. Jumlahnya ribuan dan tersebar di mana-mana, terutama di Kinshasa, ibu kota Republik Kongo. Ada hal yang unik dengan anak-anak jalanan di sana, terutama alasan mengapa mereka menjadi anak jalanan.



(KONSULTASI KELUARGA)
Berpulangnya Orang Dekat (Oleh: H.M.E. Widiyatmadi)
Jumat senja, 14/01/11, saat saya sedang browsing tentang apa dan bagaimana yang terjadi pada pasien koma, tiba-tiba dering HP berbunyi. Tombol hijau saya tekan: ”Mas Tanto berangkat…,” demikian adik bungsu berkabar singkat. HP masih menyala, menempel di telinga. Terdengar riuh ledakan tangisan banyak orang di sana. Saya terdiam, dada seperti terhantam palu.



(TEROPONG)
Membiayai Pengembangan Manusia (Oleh : Ignatius Haryanto)
Mungkin ini sudah jadi cerita yang sering kita dengar: seorang siswa pintar berbakat tak sanggup melanjutkan pendidikan ke jenjang lanjut karena kekurangan biaya. Ilustrasi yang sangat jelas adalah film “Laskar Pelangi” yang menggambarkan anak yang paling pandai di kelas, justru tertinggal untuk lanjut sekolah. Sangat ironis. Sangat menyedihkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: