Edisi 15: Pedoman Pastoral Keluarga

Sajian Utama:
Buku Pedoman Pastoral Keluarga yang diterbitkan oleh Majelis Agung Waligereja Indonesia (MAWI) pada 1975, sudah tidak lagi menjawab beberapa persoalan hidup perkawinan dan berkeluarga zaman ini. Sidang Tahunan Konferensi Waligereja Indonesia 2008 yang mendesak diterbitkannya Pedoman Pastoral Keluarga yang baru, serasa angin segar bagi geliat pastoral keluarga di Indonesia. Setelah 35 tahun lebih, Gereja baru tersadar akan rapuh dan keringnya buku pedoman yang lama. Ketua Komisi Keluarga Mgr Michael C. Angkur OFM mengatakan, ”Penanggung jawab dan pelaksana pastoral keluarga dapat memanfaatkan buku pedoman yang baru bagi pelaksanaan pastoralnya. Masalah-masalah yang belum termuat dan masih perlu dikembangkan dalam buku pedoman tersebut, rencananya akan diterbitkan dalam buku serial tersendiri.”


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Setelah 35 Tahun: Meremajakan Pastoral Keluarga
“Harta yang paling berharga adalah keluarga. Istana yang paling indah adalah keluarga. Puisi yang paling bermakna adalah keluarga. Mutiara yang tiada tara adalah keluarga.” Syair lagu dari film “Keluarga Cemara” ini mengumandang syahdu pada acara bincang-bincang situasi pastoral keluarga di Jakarta dengan tema “Panggilan dan Perutusan Keluarga Katolik” di Aula Penerbit OBOR Jakarta, Minggu, 13/3.


Kasus Kawin Campur Meningkat
Kasus perkawinan beda agama maupun beda Gereja di Keuskupan Agung Jakarta dewasa ini meningkat drastis (data resmi KAJ). Ini menjadi tantangan Gereja yang cukup serius. Gereja, seperti ditegaskan Pastor Ignatius Tari MSF, pada dasarnya kurang mendukung perkawinan campur, sebab akan menimbulkan kesulitan-kesulitan khusus, terlebih terkait tiga hal, yakni penghayatan iman Katolik, penghayatan perkawinan, dan pendidikan iman bagi anak-anak yang lahir dari perkawinan.


Menjawab Tantangan Pastoral Keluarga: Misa Ulang Tahun Perkawinan
Empat belas pasutri dengan bunga di dada berjalan dengan anggun menuju altar. Seketika itu juga pandangan umat yang hadir terpusat pada keempat belas pasutri tersebut. Rona wajah para pasutri memancarkan kebahagiaan. Senyum kebahagiaan mereka merekah. Tangan para pasutri erat bergandengan saat melangkah menuju ke depan altar, Gereja Santo Aloysius Gonzaga (Algon)Surabaya, Minggu, 27/2.


Problematika Dasar Pastoral Keluarga
Kata kunci problematika dasar dari pelaksanaan pastoral keluarga Gereja Katolik di Indonesia saat ini adalah belum adanya koordinasi dan sinergi. Demikian ditegaskan oleh Ketua Komisi Keluarga KWI Mgr Michael Cosmas Angkur OFM, saat ditemui A. Nendro Saputro dari HIDUP di ruang kerja Keuskupan Bogor, Senin 21/2. Berikut petikannya:


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Pastoral Keluarga
Sebagaimana benda ’terbakar’ adalah bukti bahwa api menunjukkan fungsinya, demikian pula ’kebahagiaan’ adalah realitas ketika manusia menunjukkan wujud kehidupannya. Ketika manusia tidak bahagia, ia sebenarnya mengalami penyimpangan. Kebahagiaan tampil dalam beberapa wajah. Orang yang berbahagia adalah orang yang punya kepercayaan diri; bukan kepercayaan diri yang egois, melainkan kepercayaan diri yang disertai dengan kepekaan dan mudah tergerak pada penderitaan orang lain.



(KABAR JAKARTA)
Gerakan Seribu Kasih
Pastor Prof Dr B.S. Mardiatmadja SJ memimpin Perayaan Ekaristi Peresmian Gerakan Seribu Kasih di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Minggu, 27/3. MISA dirayakan secara konselebrasi bersama Pastor Alfrits Manus MSC, Pastor Budi Santoso MSC, Pastor Joni Astanto MSC, Pastor Jefri Bogia MSC, Pastor Anselmus Amo MSC, Pastor Martin van Ooy SCJ, Pastor Hadrianus Wardjito SCJ, dan Pastor Gusti Bagus Kusumawanta Pr.

Seminar ”The Catholic Way”
Dewan Paroki Santo Lukas menyelenggarakan seminar “The Catholic Way: Kekatolikan dan Keindonesiaan Kita “ di Aula Santo Hendrikus Sekolah Santo Lukas, Minggu, 27/3. Nara sumber adalah Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, dengan moderator Pastor Titus Khian OFMConv.

Pengurus Baru FMKI
Forum Masyarakat Katolik Indonesia Keuskupan Agung Jakarta (FMKI-KAJ) mengadakan seminar dalam rangka peneguhan pengurus FMKI KAJ periode 2011-
2014. Seminar yang bertema “Merajut Kebhinnekaan Indonesia sebagai bangsa yang beragama dan beriman” ini diadakan di Gereja Santa Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 26/3.

Temu Piko-Pikar
Sekitar 120 pemimpin komunitas (piko) dan pemimpin karya (pikar) kongregasi biarawan dan biarawati di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengadakan pertemuan di Wisma Samadi Klender, Jakarta Timur, Sabtu-Minggu, 19-20/3. Pertemuan yang diprakarsai para provinsial aneka kongregasi yang berkarya di KAJ ini mengemban visi dan misi yang sama, yakni kesatuan gerak dalam layanan kerasulan yang searah dengan Arah Dasar (Ardas) KAJ.

Jalan Salib Pax Patriae
Siswa-siswi SMP Pax Ecclesia dan SMA Pax Patriae bersama-sama berdoa Jalan Salib di Gereja Santo Bartolomeus, Taman Galaxy, Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 18/3. Siang itu, setelah mengikuti pelajaran di sekolah, siswa-siswi SMP Pax Ecclesia dan SMA Pax Patriae tidak langsung pulang ke rumah. Didampingi guru, mereka berbondong-bondong berjalan menuju Gereja Santo Bartolomeus yang letaknya sekitar 100 meter dari gedung sekolah mereka untuk berdoa Jalan Salib.

Resital Orgel Pipa
Suara orgel buatan Perusahaan Verschueren, Belgia, yang terdiri dari sekitar 700-an pipa suling di ruangan sayap kanan gereja, ini membahana memenuhi ruangan, merobek keheningan. Orgel dimainkan dalam acara Resital Orgel Pipa Gereja Katolik di Gereja Katedral Jakarta, Senin, 21/3. Konser pada malam hari ini diselenggarakan oleh Yayasan Musik Gereja (Yamuger) yang didirikan sejak 1967 dengan koordinator acara malam itu Dra Widia Pekerti MPd.

Pelantikan DP St Clara
Setelah tertunda selama enam bulan sejak bulan September 2010, acara Pelantikan Dewan Paroki Harian Santa Clara, Bekasi, Jawa Barat, dapat terlaksana, Minggu, 27/3. Pelantikan Dewan Paroki dilaksanakan dalam Misa Minggu. Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta (Vikjen KAJ) Pastor Yohanes Subagyo Pr memimpin pelantikan ini.

Baksos Stasi Albertus
Dalam rangka Aksi Puasa Pembangunan (APP) tahun 2011, Seksi Sosial dan Seksi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAK) Stasi Santo Albertus, Panitia Paskah, Rumah Sakit Elisabeth Bekasi, dan Apotik Jaya Harapan Indah mengadakan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Desa Pahlawan Setia, Bekasi Utara, Sabtu, 26/3.

Aktivis Gereja Wafat
SUNTER - Godeliva Moerniati Murtiwijono (65), aktivis Gereja Paroki Santo Lukas Sunter, Jakarta Utara, wafat pada Jumat, 4/2. Misa Requiem yang berlangsung pada Jumat, 4/2, dipimpin oleh Pastor Paskalis Surbakti, OFMConv. Misa pelepasan jenazah berlangsung pada Minggu, 6/2, pukul 13.00 WIB di Gereja Santo Lukas dipimpin oleh Pastor Titus Khian OFMConv. Jenazah dimakamkan di Pemakaman Pondok Rangon Cibubur.

Rangkap Jabatan
JATIBENING - Per Minggu, 13/2, untuk sementara Pastor Desius Kaki CSsR menjabat sebagai pastor kepala merangkap ketua dewan paroki dan pengurus gereja dan dana papa di Gereja St Leo Agung, Jatibening, Jakarta Timur. Sebelumnya, Pastor Desius Kaki CSsR bertugas sebagai pastor rekan di Gereja St Leo Agung Bekasi.

Pastor Pindah Tugas
JATIBENING - Pastor Bartolomeus Otu Kelen CSsR yang selama ini bertugas sebagai pastor kepala merangkap ketua dewan paroki dan pengurus gereja dan dana papa Gereja St Leo Agung, Jatiwaringin, Jakarta Timur, bertugas sebagai pastor kepala di Paroki Maria Bintang Laut, Lamahora, Keuskupan Larantuka per Sabtu, 12/2.

Hari Orang Sakit se-Dunia
KEDOYA - Paroki Santo Andreas Kedoya, Jakarta Barat memperingati Hari Orang Sakit se-Dunia pada Minggu, 13/2, pukul 10.30 – 12.00 WIB dengan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Thomas Aquinas Murdjanto Rochadi Widagdo Pr. Perayaan berlangsung khidmat.

Pindah Tugas
CILANDAK - Pastor St Endrokaryanto SCJ, Kepala Paroki Santo Stefanus Cilandak, Jakarta Selatan, pindah tugas per 15/2. Ia ditarik kembali ke Keuskupan Agung Palembang (KAPAL) dan bertugas di Gereja Katolik Santa Maria, Gumawang BK 10, Belitang OKU, Sumatra Selatan.

Tugas Baru
JATIBENING - Pastor Raymundus Segu CSsR mendapat tugas baru sebagai pastor rekan Paroki St Leo Agung, Jatibening, Jakarta Timur per Sabtu, 12/2. Sebelumnya, Pastor Raymundus Segu CSsR menjabat pastor rekan di Paroki Kristus Raja Waimangura, Keuskupan Weetabula.

Tugas Baru
KARAWACI - Raphael Priyo Handiyanto OSC, Pastor Rekan Paroki Santo Agustinus Karawaci, Tangerang, Banten mendapat tugas baru di Biara OSC, Jl Sultan Agung Bandung per Minggu, 6/2. Tugasnya sebagai pastor rekan digantikan Pastor Rafael Maria Haryo Adipramono OSC.

Doa dan Pujian
BULUNGAN - Alexander Paulus (Bram) Wongkar memimpin doa dan pujian bagi umat Paroki Santo Stefanus Cilandak, Rabu, 9/2. Doa dan pujian yang diselenggarakan oleh Perduki Chapter Selatan 2 ini berlangsung di Gedung Grand Central, lantai 2, seberang GOR Bulungan, Jl Bulungan Raya 22, Jakarta Selatan.

Pindah Tugas
CILILITAN - Pastor Mikael Irwan Susiananta SJ mendapatkan tugas baru sebagai Pastor Kepala Paroki Santo Yohanes Penginjil Blok B Jakarta Selatan per Selasa, 1/3. Tugas pelayanannya di Paroki Santo Robertus Bellarminus Cililitan digantikan oleh Pastor Tarcisius Puspodianto SJ.



(NUSANTARA)
Rekoleksi TOBIT
Seminari Menengah Santo Petrus Canisius Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu, 26-27/3, mengadakan rekoleksi bertempat di Seminari Menengah Mertoyudan.Seminari Menengah Santo Petrus Canisius Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu, 26-27/3, mengadakan rekoleksi bertempat di Seminari Menengah Mertoyudan.

Delegasi Lebanon ke Malang
Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana menerima kunjungan dari delegasi Lebanon untuk Indonesia dalam rangkaian “Indonesia-Lebanon Interfaith Dialogue II” di STFT Widya Sasana Malang, Jawa Timur, Kamis, 3/3. Kunjungan ini istimewa, karena bertepatan dengan kegiatan Dies Natalis ke-40 STFT Widya Sasana.

Sertifikasi Guru Katolik Jateng
Raut bahagia tampak di wajah para guru agama Katolik dan pengawas pendidikan Katolik se-Jawa Tengah. Mereka mendapatkan Sertifikat Pendidik di kampus Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPKat) St Fransiskus Asisi Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 24/3. Sertifikat Pendidik adalah satu hal yang didambakan oleh guru, karena profesionalisme mereka semakin mendapat peneguhan.

Pertemuan Uskup Gerejawi Ende
Pertemuan tahunan para uskup Provinsi Gerejawi Ende yang terdiri dari Keuskupan Agung Ende, Maumere, Larantuka, Ruteng, dan Denpasar berlangsung di Seminari Tinggi St Petrus Ritapiret, Maumere, Flores, NTT, Selasa-Kamis, 15-17/3. Pertemuan yang berlangsung selama tiga hari tersebut juga dihadiri provinsial Tarekat Societas Verbi Divini (SVD) Ruteng, Ende, dan Timor, serta pemimpin seminari-seminari dan biara-biara yang berdomisili di Maumere dan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT.

Operasi Katarak Boro
Sejak pagi, ratusan penderita penyakit mata membanjiri Rumah Sakit Santo Yusuf Boro Kulonprogo, DI Yogyakarta, untuk memeriksakan mata. Hari itu, Minggu, 20/3, diadakan operasi katarak, tanpa dipungut biaya. “Saya datang ke sini, karena kalau membaca SMS sudah kabur. Mungkin mata saya sudah kena katarak,” ucap salah seorang ibu setengah baya yang duduk berjejer dengan penderita sakit mata lainnya di halaman rumah sakit itu.

Tahbisan Kapusin
Sukacita dan syukur yang tak terhingga tampak pada wajah umat Paroki St Petrus dan Paulus Batu V Pematangsiantar atas tahbisan sembilan imam Kapusin Provinsi Medan. Tahbisan dipimpin Uskup Agung Medan Mgr Dr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap, didampingi Provinsial Kapusin Medan Pastor Emmanuel Sembiring OFM Cap dan Diakon Jonathan Petrus Samosir OFMCap.

LKTI UKSW
“Generasi muda sekarang harus mulai pandai menulis, kritis, dan mengerti hukum, untuk itulah salah satu tujuan diadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), sebagai upaya bentuk pengenalan demokrasi dan hukum sejak dini,” ungkap Haryanto SH, MHum, Dekan Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, saat membuka final LKTI di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah, Senin, 14/3.

Retret SMA St Thomas
Siswa SMA St Thomas I Medan mengadakan retret di Rumah Retret Susteran Claris, Sikeben, Bandar Baru, Sumatera utara. Sekitar 13 siswa mengikuti kegiatan yang dibimbing Pastor Agustinus Yu OFMCap ini. Selama retret, siswa dibekali materi yang berhubungan dengan relasi mereka terhadap Tuhan dan sesama. Usai retret, mereka berkunjung ke Panti Asuhan Bethlehem yang berjarak sekitar tiga kilometer dari rumah retret.

Rekoleksi SMAK Yos Sudarso
Siswa-siswi kelas X dan kelas XI SMAK Yos Sudarso Batu yang berjumlah 74 orang mengikuti rekoleksi di Rumah Retret Susteran CP Sigura-gura Malang, Jawa Timur, Sabtu, 26/3. Rekoleksi ini merupakan program tahunan sekolah. Rekoleksi dibimbing Frater Alfons Kolo dan Frater Henry Sumapode dari Seminari Tinggi Praja Interdiosesan Beato Giovanni XXIII Malang.

Tahbisan Imam
Uskup Sibolga Mgr Dr Ludovicus Simanullang OFMCap memimpin Misa penahbisan sepuluh imam baru di Gereja Stasi Kristus Raja Semesta Alam Sarudik, Tapanuli Tengah, Jumat, 28/1. Monsinyur Ludovicus didampingi Provinsial Kapusin Pastor Bonifasius Simanullang OFMCap, Vikaris Jenderal Keuskupan Sibolga Pastor Doni Ola Pr, pastor Paroki Katedral Santa Theresia Lisieux Sibolga Alfonsus Ampu Pr, Dekanus Pastor Servasius Sihotang OFMCap, dan puluhan imam se-Keuskupan Sibolga.

Lokakarya Yayasan JMJ
TANA TORAJA - Yayasan Yoseph YeemYe Perwakilan Toraja mengadakan lokakarya dengan tema ”Penanaman Nilai Spiritualitas YMY dalam Karya Pendidikan Yayasan Yoseph YeemYe” di SMP Katolik Pelita Bangsa, Makale Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat, 11/3. Lokakarya diikuti sebanyak 65 guru dan pegawai dari Unit TK Angela, SD Renha Rosari, SMP Renha Rosari Lilikira, dan SMP Pelita Bangsa yang bernaung di bawah Yayasan Perwakilan Toraja.

Kemah Rohani OMK
ABEPURA - Orang Muda Katolik St Fransiskus APO Jayapura dan Orang Muda Katolik St Petrus Abepantai mengadakan Kemah Rohani Orang Muda Katolik di Kapela Santo Petrus Abepentai Paroki Gembala Baik Abepura, Papua, Sabtu-Minggu, 19-20/3. Kegiatan bertema ”Dengan semangat muda dan rasa persaudaraan, Orang Muda Katolik membentuk jatidiri dalam Kristus” ini dibimbing Pastor Jhon Bunay Pr, Frater Yakob Dambe Pr, dan Frater Marsel Laga OFM. Acara ini dihadiri 45 OMK.

Rapat Kerja
BANDUNG - Komisi Kerasulan Awam (Kerawam) Keuskupan Bandung bekerjasama dengan Pembimas Katolik Departemen Agama Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Kerja Komisi Kerawam dengan Seksi Kerawam Paroki se-Keuskupan Bandung dan ormas Katolik di Isola Heritage Hotel, Bandung, Jawa Barat, Jumat-Minggu, 25-27/3.

Aksi Donor Darah
MALANG - Seminari Tinggi SVD ”Surya Wacana” Malang mengadakan aksi donor darah di Aula SVD, Malang, Jawa Timur, Kamis, 24/3. Kegiatan ini merupakan program khusus aksi Pra-Paskah yang dicanangkan para frater Societas Verbi Divini.



(MANCANEGARA)
Gereja Filipina Pro Kehidupan
Ratusan ribu umat Katolik Filipina memadati Taman Luneta Manila pada Jumat, 25/3. Mereka menentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan Reproduksi yang digodok dewan legislatif. Beberapa jam sebelum aksi protes berlangsung, sebagaimana diberitakan www.ucanews.com para anggota dewan legislatif yang mendukung RUU itu membatalkan sejumlah persyaratan yang termuat dalam RUU tersebut, antara lain pasal-pasal yang mendukung pembatasan anggota keluarga dengan dua anak.

Manca Sekilas
ARGENTINA - Mgr Jose Maria Arancedo, Uskup Agung Santa Fe de la Vera Cruz, menegaskan bahwa mentalitas dan gaya hidup anti kehidupan seperti pada pelegalan praktik aborsi adalah suatu bentuk pereduksian moral. Pesan itu disampaikannya melalui siaran radio dalam renungan menyambut peringatan Hari Janin yang jatuh pada Jumat, 25/3, di Buenos Aires, Argentina.

Peduli Nasib Para Nelayan
Mgr Michael Goro Matsuura menegaskan, para uskup dan kerasulan laut Jepang akan memfokuskan bantuan dan pelayanan bagi para nelayan dan semua orang yang karena beragam alasan tidak memenuhi syarat menerima bantuan pemerintah.

Para Uskup
Pastor Linus Lee Seong-hyo, 53 tahun, imam Keuskupan Suwon Korea Selatan, ditunjuk menjadi Uskup Auksilier Suwon dan Uskup Tituler Turris Tamalleni, 7 Februari 2011. Ia ditahbiskan pada 25 Maret 2011.



(KESAKSIAN)
Paulina Maria Tri Widyaningrum: ”Kesembuhanku adalah Mukjizat...”
Pukul tiga dini hari, ayam berkokok di pelataran Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran. Biasanya ini pertanda ada peziarah yang disembuhkan Tuhan. Dada Paulina bergemuruh kencang, lalu ia berteriak, ”Aku yang disembuhkan Tuhan.” Tahun 1998, Paulina Maria Tri Widyaningrum (50) merasakan sakit kepala yang tidak kunjung sembuh. Setelah di CT scan ternyata di dekat otak sebelah kiri ada tumor dan harus dilakukan operasi. Tapi setelah operasi, Paulina justru sering mengalami perdarahan di hidung dan mulut, serta kehilangan pendengaran telinga sebelah kiri. Selama enam bulan karyawati di sebuah perusahaan farmasi ini bertahan dengan obat-obatan.



(KONTAK-KONTA)
Merencanakan Keuangan
Di zaman yang serba mahal ini, manusia cenderung terkondisi membutuhkan uang dalam jumlah relatif lebih banyak. Alhasil, banyak orang bekerja lebih keras dan lebih giat guna memperoleh banyak uang, terutama untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menyiapkan masa depan.


(MIMBAR)
Homili Bukan Talk Show (Oleh: Jacobus Tarigan Pr)
Dalam liturgi Katolik, khususnya dalam Perayaan Ekaristi, ada bagian homili setelah bacaan Injil. Dalam dokumen-dokumen resmi Gereja, dipakai kata homili dan bukan khotbah. Homili diambil dari bahasa Yunani, homilia, yang berarti percakapan atau homileo, yang berarti bercakap-cakap. Tujuannya adalah menanggapi bacaan liturgi, khususnya bacaan Injil, sebagai pengantar pada perayaan.


(APA DAN SIAPA)
Mgr Antonio Guido Filipazzi: Nuntius Termuda untuk Indonesia
F.X. Dwinugraha Sulistyo MSF: Toleransi Akar Rumput Kondusif
Ernest Mariyanto: Mengagumi St Faustina


(JENDELA)
CRID Kalimantan Barat: Gerakan Menegakkan Kedamaian
Sejarah gelap, konflik berdarah antaretnis yang kerap terjadi di Kalimantan Barat menjadi alasan mendasar berdirinya Centre for Research and Inter-religious Dialogue (CRID). Sebelumnya, konfik sering terjadi anta ra etnis Dayak dengan Madura. Belakangan, antara etnis Madura dan Melayu. Konflik itu selalu bermula dari ma salah kriminal.


(EKSPONEN)
Marianawati Purnomo: Mengusung Metode Matematika ala Jepang
Kesukaannya pada matematika mengantarnya menjadi guru les. “Awalnya, saya menolong anak teman yang terancam tidak bisa ikut ujian akhir di sekolahnya,” kenang Direktur Pusat Matematika Sakamoto, Marianawati Purnomo. Setiap hari anak itu datang ke rumahnya di Perumahan Taman Alfa Indah, Jakarta Barat. Mariana pun membimbingnya untuk semua mata pelajaran. Targetnya, anak itu bisa mengikuti ujian akhir, tahun 1992. “Syukurlah, kemudian tidak ada angka merah lagi di rapornya hingga ia boleh mengikuti ujian,” ungkap Mariana.



(RENUNGAN HARIAN)
Misteri Tulisan Yesus (Oleh: Johanes Jarot Hadianto)
Seorang perempuan yang kedapatan berzinah dibawa kepada Yesus. Ahli Taurat dan orang Farisi penuh semangat melakukan itu bukan demi tegaknya keadilan, melainkan untuk mencelakakan orang. Selain si perempuan, yang mau mereka celakakan adalah Yesus. Sebuah perangkap dipasang bagi-Nya: menolak hukuman rajam bagi si pezinah berarti melanggar Taurat (Im 20:10), sementara menyetujuinya berarti melawan hukum Romawi yang melarang orang Yahudi menjalankan hukuman mati.


(SANTO & SANTA)
St Serafim dari Sarov (1759-1833) : Pertapa Eremit dari Rusia
Serafim dari Sarov menyadarkan kita bahwa doa sungguh penting dalam memaknai hidup. Manusia tidak dapat hidup tanpa relasi dengan Sang Pencipta dan sesamanya. Serafim dari Sarov lahir di Rusia pada 1759. Ketika berumur 19 tahun, ia menjadi rahib (pertapa) di sebuah biara di Sarov. Berkat ketekunan dalam doa, keutamaan yang menonjol dalam moral dan cinta kasih, ia merindukan suatu semangat dan cara hidup eremit (rahib yang bertapa sendirian di sebuah hutan atau gunung).


(MIMBAR)
“Mari Berbagi” untuk Indonesia (Oleh: Steph Tupeng Witin)
Sejak Rabu, 9/3, umat Katolik memasuki masa Prapaskah. Inti dari Prapaska adalah tobat: merajut kembali relasi dengan Tuhan dan terlibat dalam pelayaan kasih kepada sesama. Selama 40 hari, umat Katolik meningkatkan kehidupan rohani melalui doa, ibadah, pertemuan lingkungan dan memberi sedekah kepada sesama yang miskin sebagai tanda solidaritas dengan mereka. Hal ini memang banyak kali telah dilaksanakan dalam hidup harian.


(KONSULTASI IMAN)
Dua Penyamun Mencela Yesus (Oleh: Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)
Romo, saya membaca kisah Yesus disalibkan (Mat 27:32-44). Saya terkejut karena ada perubahan besar. Pada waktu saya kecil, diceriterakan bahwa salah satu penyamun yang disalibkan bersama Yesus, menghujat Yesus, sedangkan yang lain membela Yesus. Mengapa dalam Kitab Suci yang sekarang dikatakan bahwa kedua penyamun itu mencela Yesus? Apakah ada perubahan terjemahan? Bolehkah sembarang orang menerjemahkan? Mana yang harus dipercayai? Mohon pencerahan.

Shirley Lucy, Surabaya


(CERPEN)
Kado (Oleh: Angga Windianto)
“Cepat keluar, mesinnya terbakar!” “Pecahkan kacanya...! pecahkan kacanya!” Para penumpang yang terjebak di dalam bus semakin kalut ketika melihat api sudah mulai membakar mesin serta bagian depan bus. Mereka berusaha memecahkan kaca di bagian belakang sebagai jalan keluar, sebab posisi bus terguling ke kiri yang menyebabkan jendela sisi kiri menempel di permukaan tanah, dan tidak mungkin dijadikan jalan keluar.



(KONSULTASI KELUARGA)
Suami Pecandu Narkoba (Oleh: George Hardjanta)
Pengasuh yang terkasih, suami saya seorang pecandu narkoba. Dia pengangguran. Saya yang selama ini bekerja banting tulang untuk memenuhi kebutuhan keluarga tidak berkutik di hadapannya. Setiapkali saya mencoba menasihati, dia selalu mengungkit-ungkit hal yang sama di masa lalu bahwa pernikahan itu bukan kemauan dia. Jujur, saya pernah diperkosa. Saya hamil. Musyawarah dusun digelar. Dari beberapa pelaku yang telah ditangkap, akhirnya saya memutuskan memilih suami yang sekarang ini. Dalam perjalanan waktu, saya mengalami keguguran. Suami saya merasa bebas dan bersikap semaunya. Pengasuh yang baik hati, saya hanya ingin agar suami saya mau masuk panti rehabilitasi narkoba. Bagaimana cara yang tepat untuk membujuk dia agar mau masuk panti rehabilitasi dan dia tidak tersinggung?

Maria, Yogya



(TEROPONG)
Pendampingan Elite (Oleh: Adrianus Meliala)
Pada hakikatnya, kehidupan iman seorang Katolik dibina atau didampingi Gereja seiring perkembangan dirinya. Dengan semakin spesifik­nya profesi, minat, kecenderungan perilaku, dan sebagainya, diperkirakan pihak-pihak yang harus didampingi imannya bakal terus bertambah. Bisa dimengerti, kadang-kadang orang memang bisa lupa atau kesulitan menemukan dan mengembangkan dimensi iman dalam konteks profesi, peran, dan tugasnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: