Edisi 16 : Paroki-paroki di Tanah Angkatan

Sajian Utama:

Paroki-paroki di ”tanah angkatan” baik yang di komplek TNI maupun Polri, tentu dari segi keamanan memperoleh kenyamanan tersendiri dibandingkan paroki-paroki pada umumnya. Kelompok yang ingin mengganggu, pasti akan berpikir dua kali untuk melakukannya. Tentang ”kenyamanan” tersebut diakui oleh Romo Christophorus Lumen Sani Pr (53), pastor Paroki St Thomas Kelapa Dua. Paroki ”perbatasan” Jakarta dan Jawa Barat ini berdiri tegar di areal kompleks Brimob Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Namun, bukan berarti paroki di ”tanah angkatan” tidak memiliki permasalahan, termasuk permasalahan keberadaannya di ”tanah angkatan” itu sendiri.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Melihat Gereja di “Tanah Angkatan”

TNI-Polri, dulu ABRI, sering dijuluki sebagai “angkatan”. Di “tanah angkatan” cukup banyak berdiri gereja Katolik. Ternyata, perlu penggembalaan khusus untuk paroki-paroki yang berada di tanah militer dan polisi. Berbahagialah umat yang pusat paroki mereka berada di atas tanah Kompleks Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) – sekarang menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).

Kenyamanan Paroki di Tanah Angkatan

Paroki-paroki di “tanah angkatan” baik yang di Kompleks TNI maupun Polri, dari segi keamanan tentu memperoleh kenyamanan tersendiri dibandingkan paroki-paroki pada umumnya. Tentang “kenyamanan” tersebut diakui oleh Romo Christophorus Lumen Sani Pr (53), pastor Paroki St Thomas Kelapa Dua. Paroki “perbatasan” Jakarta dan Jawa Barat ini berdiri tegar di areal Kompleks Brimob Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Pendampingan Mental Rohani

Umat Katolik yang bertugas di lingkup TNI-Polri tidak dilayani secara khusus oleh pastor-pastor militer, tetapi mereka dilayani lewat paroki. “Jadi seperti umat pada umumnya,” ungkap Uskup Militer Indonesia Mgr Ignatius Suharyo. Ketika itu, tahun 1949, Menteri Pertahanan Sri Sultan Hamengku Buwono IX membentuk Unit Pelayanan Mental Rohani.

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Gedung Gereja

Di beberapa tempat di Indonesia, membangun gedung gereja, konon adalah proyek yang berbelit-belit dan, bukannya mustahil, juga pekerjaan berbahaya. Banyak kisah sudah berlangsung yang menegaskan warna-warni fenomena tersebut. Pada saat ini yang hendak ditonjolkan justru sebaliknya: gedung gereja di tengah-tengah kompleks militer. Pembangunan gedung gereja yang terakhir ini tidak banyak menimbulkan persoalan..

(KABAR JAKARTA)

Temu Kangen Alumni Mertoyudan

Alumni Seminari Menengah Santo Petrus Canisius Mertoyudan Magelang, angkatan 1981-1985, bertemu dalam acara Temu Kangen Alumnus Seminari, di Sekolah Kanisius Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 9/4. Acara yang sekaligus digunakan untuk menyosialisasikan Peringatan 100 tahun Seminari Menengah Santo Petrus Canisius Mertoyudan ini diawali dengan Misa konselebrasi.

TeMod GaRang

Sekitar 23 mahasiswa Katolik dari berbagai daerah di Nusantara meng- ikuti Temu Moderatores (TeMod) Mahasiswa Katolik di Gua Maria Guadalupe, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat, 25/3 – Minggu, 27/3. Mereka berasal dari Lampung, Surabaya, DI Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Manokwari, Makassar, Maumere, Bandung, Manado, Jayapura, Malang, dan Pontianak.

Solusi Atasi Liturgi Kering

Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK) Paroki Salib Suci Cilincing, Jakarta Utara, bekerjasama dengan Seksi Liturgi Gereja Salib Suci menggelar Seminar Ekaristi di Paroki Cilincing, Jakarta Utara, Minggu, 10/4. Hadir sebagai pembicara, Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Agung Jakarta (Komlit KAJ) Pastor Aloysius Susilo Wijoyo Pr.

Pelatihan Jurnalistik Kranji

“Seorang wartawan adalah seniman sekaligus intelektual, seorang pekerja keras dengan gaji kecil.” Demikian Budi Santosa Johanes dalam Pelatihan Jurnalistik bertema “Media Massa dan Pers Katolik” di Paroki St Mikael, Kranji, Bekasi, Minggu, 3/4.

Wawandialog Liturgi Yakobus

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-25 Gereja Katolik St Yakobus Kelapa Gading, Jakarta Utara, Seksi Liturgi bersama Panitia HUT mengadakan Wawandialog Liturgi dengan Pastor Paroki Antonius Gunardi MSF. Wawandialog diadakan di Paroki St Yakobus, Minggu, 3/4. Pastor Gunardi menjadi pembicara didampingi Ketua Seksi Liturgi Werner Goana.

Pelantikan WKRI Paroki Ignatius

“Banyaknya wajah muda dan segar menjadi tanda yang baik bagi pelayanan nyata kaum wanita dalam Gereja.” Demikian Endang Soetardjo, Ketua Presidium Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jakarta saat pelantikan pengurus baru Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Paroki Santo Ignatius Loyola, Jalan Malang, Jakarta Pusat, Minggu, 13/3.

Jimpitan Beras Santo Lukas

Paroki Santo Lukas Sunter Agung Jakarta Utara mengadakan Jimpitan Beras di depan gereja selama Masa Pra-Paskah 2011. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kerjasama antara Seksi Aksi Puasa Pembangunan (APP) dan Seksi Pelayanan Sosial Ekonomi (SPSE) Paroki Santo Lukas di bawah koordinasi Bidang Pelayanan Paroki Santo Lukas.

Wakil Ketua DP Ciledug Meninggal

CILEDUG - Aloysius Wahyu Purnama, Wakil Ketua PGDP/Dewan Paroki Santa Bernadet Ciledug, Tangerang, Banten, meninggal dunia dalam usia 44 tahun di RS Omni Serpong pada Rabu, 23/3, pukul 21.30 WIB. Jenazah dimakamkan di Yogyakarta, Jumat, 25/3, pukul 12.00 WIB.

Pertemuan Lektor Cilangkap

CILANGKAP – Sebanyak 20 orang mengikuti pertemuan lektor di Paroki Maria Vianney Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu, 20/2. Agenda pertemuan membahas sikap dan makna liturgi Ekaristi.

Komunitas Kelompok Doa

KEDOYA – Ibadat malam dengan nyanyian Taize diadakan di Gereja Santo Andreas Kedoya, Jakarta Utara, Rabu, 6/4. Ibadat malam dengan tema “Sebab Aku datang dari Dia” ini diselenggarakan oleh Komunitas Kelompok Doa Meditatif Taize Paroki Kedoya.

Lomba HUT Paroki

KELAPA GADING – Dalam rangka ulang tahun ke-25 Paroki SantoYakobus Kelapa Gading, Jakarta Utara, panitia sub bidang dokumentasi dan publikasi menyelenggarakan lomba cerpen, fotografi, short film, dan karikatur.

Rekoleksi Lingkungan

TOMANG – Sebanyak 40 warga Lingkungan Yoseph 2, Paroki Maria Bunda Karmel Tomang, Jakarta Barat mengikuti rekoleksi bersama di Gunung Karmel Lembang, Jawa Barat, Sabtu-Minggu, 12/3-13/3.

Seminar HIV-AIDS

KEDOYA – Sebanyak 168 orang terdiri dari guru, anak muda, dan orangtua mengikuti seminar tentang HIV-AIDS bertajuk “Ketika Sahabatku Terkena AIDS” di aula Gereja Santo Andreas Kedoya, Jakarta Utara, Minggu, 3/4.

(NUSANTARA)

Kunjungan Pastoral Mgr Suharyo

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo mengadakan kunjungan pastoral ke Paroki Maria Menerima Kabar Gembira Bomoman di pedalaman Papua, Minggu, 13/3 – Sabtu, 26/3. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas dengan para imam Diosesan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yang bertugas di pedalaman Papua.

Bengkel Pelatihan Honda

Tahun 2011, Balai Latihan Kerja (BLK) Don Bosco Budi Daya Sumba Barat Daya telah menginjak usia yang kesembilan. BLK ini dikelola para imam dan biarawan Salesian Don Bosco (SDB) Indonesia. Tempat pelatihan yang melayani pendidikan kaum muda, terutama mereka yang putus sekolah tingkat SD, SMP, SMA, dan sederajat, ini terus mengembangkan sayap guna meningkatkan sumber daya manusia, terutama kaum muda.

Rakernis Bimas Banten

Sekitar 30 orang mengikuti Rapat Kerja Teknis Bimbingan Masyarakat (Rakernis Bimas) Katolik Kantor Kementerian Agama Provinsi Banten, di Hotel Wisata Baru, Jumat, 11/3 – Sabtu, 12/3. Para peserta terdiri dari utusan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Tingkat Kota dan Tingkat Kabupaten, dan Ketua serta Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran Agama (MGMP) Katolik.

Dialog Pastoral Atambua

Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku melakukan dialog pastoral bersama para camat, kepala desa, aparat TNI, dan Polri, di Paroki Stella Maris Atapupu, Atambua, NTT, Senin, 4/4. Dialog pastoral ini didahului dengan renungan yang dibawakan Mgr Dr Dominikus Saku. Setelah renungan, dilanjutkan dengan pembacaan hasil Evaluasi dan Perencanaan (Evaperca) Keuskupan Atambua, kemudian dialog pastoral bersama para pejabat pemerintah.

Bakti Diri KSM

Serikat Maria Montfortan (SMM) merayakan Hari Raya Kabar Sukacita dan upacara pembaktian diri para calon Kerabat Santo Montfort (KSM) regio Jawa Timur-Malang, di Seminari Tinggi Montfort “Pondok Kebijaksanaan” Malang, Jawa Timur, Jumat, 25/3. Upacara ini dilakukan setelah para anggota KSM mempersiapkan diri secara intensif selama hampir satu tahun dengan menjalani ziarah batin Totus Tuus (Segalanya Milik-Mu) di bawah bimbingan para imam SMM.

Tahbisan Diakon OFM

Sabtu, 19/2, di kapel Biara St Clara Pacet, Cipanas, Jawa Barat, Uskup Keuskupan Bogor Mgr Michael Cosmas Angkur OFM menahbiskan empat frater OFM menjadi diakon. Para frater yang menerima tahbisan diakon tersebut adalah Agustinus Anton Widarto OFM, Alwianus Daput OFM, Antonius Duma OFM, dan Martinus Wilibrodus Kowe OFM.

Misa Cheng Beng

Bagi masyarakat Tionghoa, tradisi Cheng Beng mempunyai makna penting. Pada hari itu, mereka memperingati arwah leluhur dan arwah orang-orang yang mereka cintai. Sebenarnya, ihwal memperingati dan mendoakan arwah ini juga ada di Gereja Katolik sejak dulu, sehingga jika kemudian dilakukan proses inkulturasi budaya Cheng Beng ke dalam upacara Gereja, bukan dianggap halangan.

Rekoleksi Keluarga

Komisi Kerasulan Keluarga Keuskupan Purwokerto mengadakan rekoleksi bertema ”Membangun Kesetiaan dalam Rumah Tangga” di Paroki Santo Mikael Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Minggu, 3/4. Rekoleksi dipimpin Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Purwokerto Pastor Yohanes Joko Purwanto Pr.

HUT ke-29 STSP Pematangsiantar

PEMATANGSIANTAR – Puncak pesta ulang tahun ke-29 Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus (STSP) Pematangsiantar, Sumatra Utara, berlangsung Rabu, 23/2. Perayaan diawali dengan Ekaristi yang dipimpin oleh Uskup Pangkalpinang Mgr Hilarius Nurak SVD. Pada perayaan ini 20 frater dilantik menjadi lektor dan akolit.

Keprihatinan Guru Agama

BLORA – Sebanyak 28 guru agama Katolik dari Rembang, Blora, dan Cepu saling berbagi pengalaman terkait pelayanan mereka sebagai pendidik, di Wisma Rehabilitasi Sosial Katolik (Wireskat) Blora, Senin, 7/2. Acara ini diprakarsai Bimas Katolik Kabupaten Rembang Agustinus Dwi Wahyudi SPd.

Pembaruan Janji Para Legioner

LUBUK BAJA – Pastor Yakobus Benediktus Ratuwalu SVD dan Pastor Baltasar SSCC memimpin Ekaristi untuk para anggota Legio Maria di Gereja St Petrus Lubuk Baja, Batam, Minggu, 20/3.

Rekoleksi Legio Maria

JEMBER – Suster M. Margaretha SPM memimpin rekoleksi untuk 54 anggota Legio Maria dari lima presidium yang tergabung dalam Kuria Jember di aula Paroki Santo Yusup Jember, Jawa Timur, Minggu, 13/3.

Rapat Koordinasi Gerakan CU Kal-Bar

PONTIANAK – Rapat Koordinasi Gerakan Credit Union Kalimantan Barat berlangsung di Wisma Nusantara Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat, 4/3. Utusan dari 20 CU primer dan dua Puskopdit mengikuti rapat ini.

Mengembangkan Kehidupan Doa

KUPANG – Pertemuan 21 imam projo ”balita” (bawah lima tahun tahbisan) dengan Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, berlangsung di rumah retret susteran SSpS Belo, Selasa, 22/3.

Tahbisan Diakon

CIPANAS – Uskup Bogor Mgr Michael Cosmas Angkur OFM menahbiskan empat frater menjadi diakon di Kapel Biara St Clara Pacet, Cipanas, Jawa Barat, Sabtu, 19/2.

(MANCANEGARA)

Mengkritisi Buku Suster Elizabeth Johnson

Para uskup Amerika Serikat mengeluarkan peryataan resmi terkait peredaran buku karya Suster Elizabeth A. Johnson CSJ yang berjudul ”Quest for the Living God: Mapping Frontiers in the Theology of God” di berbagai universitas di Amerika. Buku setebal 256 halaman ini terbit untuk pertama kali pada 14 Oktober 2007.

Manca Sekilas

VATIKAN – Vikaris Jenderal Kepausan Kardinal Agostino Vallini, didampingi Direktur Kantor Pers Vatikan Pastor Federico Lombardi SJ, menegaskan bahwa segala sesuatu terkait perayaan beatifikasi Paus Yohanes Paulus II pada Minggu, 1/5, sudah siap.

Krisis Politik, Gereja Peduli Korban

Krisis politik berkepanjangan di Pantai Gading sejak 2010 menggugah Gereja Katolik untuk berpihak pada warga sipil yang menjadi korban. Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo menolak mundur dari jabatannya pasca pemilu yang dimenangkan Alassane Ouattara, November 2010.

Para Uskup

Mgr Ernesto Vecchi, Uskup Auksilier Bologna Italia, pensiun pada usia 75 tahun, 8 Februari 2011.

(KESAKSIAN)

Frida Luruk : Mengasah Harapan Melalui Doa

Suatu malam, 14 Maret 1994, tatkala sedang belajar untuk mengikuti ujian akhir SD, tiba-tiba badan Frida Luruk memanas. Kepalanya panas, lalu kaki dan tidak lama kemudian seluruh tubuhnya. Frida kecil tidak peduli. Ia justru terus belajar. Namun, keadannya semakin panas. Ia memanggil ayahnya, Yohanes Seran, agar mengompres kepalanya. Badannya terasa semakin panas dan diselingi kejang. Yohanes pun embawa Frida ke RS Marianum di Besikama, Belu, Nusa Tenggara Timur.

(LITURGI KITA)

Tanda Salib dengan Air Suci (Oleh: C.Harimanto Suryanugraha OSC)

Ketika hendak memasuki gereja, seorang ibu mencelupkan jarinya ke dalam tempat air suci yang tersedia di depan pintu gereja. Sebelum membuat tanda salib pada dirinya sendiri, ia menyodorkan jarinya yang basah itu ke anaknya. Anaknya menyambut dengan jarinya yang kemudian ketularan basah. Lalu, ia menyodorkan jarinya yang basah itu kepada ayahnya.

(MIMBAR)

Evangeliarium (Oleh: Jacobus Tarigan Pr)

Santo Hieronimus (347-420), seorang rahib dan pujangga Gereja menegaskan, “Tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Kristus.” Penegasan ini dikutip lagi oleh Konsili Vatikan II, dalam Konstitusi Dei Verbum No 25. Selanjutnya, Hieronimus mengingatkan bahwa tempat yang paling tepat untuk membaca dan mendengarkan Sabda Allah adalah liturgi.

(APA DAN SIAPA)

Lisa A. Riyanto : Mengajari Anak Berpantang

Maria Agnes Liko Wathun RVM : Perak Membiara

Djoko Kusumowidagdo MBA : Kepedulian Telah Mati

Irwan Hidayat : Berbagi di Merapi

OBITUARI: Pastor Bruno Orru SX

(OBITUARI)

Yulita Sioe Hadinata (1943-2011) : Kasih Setia Hingga Akhir

Ketika para penghuni Asrama Cedes Semarang masih berderet mengantre untuk mandi pagi, Yulita Sioe Hadinata sudah membaca Kitab Suci di kapel. Saat itu, ia duduk di bangku SMA Loyola Putri. Minatnya yang besar pada Kitab Suci (KS) memang sudah muncul sejak usianya teramat belia. “Sejak kelas 3 SD, ia sudah religius,” ungkap Indrastini Sutanto, adik Sioe.

(SANTO & SANTA)

St Nimatullah Youssef Kassab Al-Hardini (1808-1858) : Penyembuh dari Kfifan

Nimatullah Youssef Kassab Al-Hardini tetap tenang, ketika putra altar yang biasa melayani Misa harian tidak datang karena demam. Ia segera mendatangi anak yang terbaring lemas di atas tempat tidurnya karena demam tinggi itu. Youssef Kassab segera mengusir demam anak itu dengan doa dan memintanya bangun. Ajaib, anak itu seketika sembuh dan pergi melayani Misa.

(EKSPONEN)

Dr Liona Nanang Supriatna SH, MH : Kampus, Rumah Idamannya

Keberhasilannya dalam studi datang dari sudut pandang yang penuh optimisme terhadap segala hal tentang kehidupan. ”Ordnung ist das halbe leben,” demikian doktor hukum dengan predikat cum laude dari Justus-Liebig University Giessen Jerman ini. Makna dari ungkapan tersebut, peraturan adalah sebagian dari hidup. Hukum harus menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan bernegara. Undang-Undang Dasar RI 1945, sesuai Pasal 1 Ayat 3, negara Indonesia adalah negara hukum.

(RENUNGAN HARIAN)

Makna Sengsara, Wafat, dan Kebangkitan Kristus (Oleh: Surip Stanislaus OFMCap)

Realita: Biasanya ada firasat tertentu saat saudara atau kawan terdekat kita akan meninggal. Entah itu tingkah laku janggal kawan itu atau hal buruk yang menimpa kita. Firasat itu baru kita sadari, lalu kita kenang saat kawan kita itu telah meninggal.

(BUKU – VCD – KASET)

Mencapai Hidup Maksimal

Memiliki visi jauh ke depan untuk menjadi nomor satu, tidak salah. Ingin memiliki kehidupan yang bahagia, maksimal, sejahtera secara finansial, memang sangat wajar. Tapi, ada satu hal yang perlu dipahami dengan baik, yaitu persiapan menuju ke sana. Tanpa persiapan yang baik, segala sesuatu akan sia-sia, tujuan tidak akan dicapai. Kita jangan berharap akan sampai pada lantai lima, jika kita tidak pernah mempersiapkan diri untuk menaiki anak tangga pertama sampai keempat.

(PASTORALIA)

Misa Krisma (Oleh : St. Ferry Sutrisna Wijaya Pr)

Seorang umat membaca tulisan saya di Rubrik Pastoralia, HIDUP No 14, 3 April 2011, dan langsung mengritik, “Romo melupakan satu hal yang sangat penting untuk persatuan para imam, yaitu Misa Krisma!” Ia berasal dari kota kecil, sehingga belum pernah melihat Misa Krisma. Ketika kuliah di kota, di mana terdapat Gereja Katedral, ia berkesempatan mengikuti Misa Krisma. Ia sangat terkesan, karena begitu banyak imam hadir. Wow, mereka mengulangi janji imamat mereka.

(KONSULTASI IMAN)

Membayar Dosa (Oleh : Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM)

Ketika memperingati wafat Tuhan di salib, sebenarnya sudah sejak lama saya selalu mempertanyakan, mengapa Yesus itu harus membayar dosa kita dengan mati di salib? Mengapa kematian, bukan cara penebusan lainnya? Apakah kematian itu ada hubungannya dengan dosa Adam? Bukankah kematian itu tanda kekalahan? Mohon pencerahan.

Amanda Ariantini, Malang

(CERITA PENDEK)

Sukeisi (Oleh: Fadjar Tri Prasetyo)

Gadis itu menunduk dalam-dalam. Telapak tangannya terkatup. Badannya tegak dalam duduknya yang bersimpuh. Hening di antara kami. Hanya kami berdua. Sikapnya sekarang ini adalah sikap doa. Sikap yang selalu kuajarkan kepadanya sejak dia mulai bisa bicara. Sikap yang terus dilakukannya sampai saat ini, di usianya yang menuju 19 tahun.

(JENDELA)

Komunitas Jomblo Katolik Yogyakarta : Jomblo Katolik dan Pernikahan

”Ayo, nggak usah malu-malu! Kita sedang mempromosikan diri kita sendiri lho!” teriak salah seorang cewek yang tampil penuh percaya diri sambil membawa mikrofon untuk menyemangati teman-temannya dalam sebuah permainan. Mendengar teriakan seperti itu, suasana di aula Gereja Santo Paulus Pringgolayan, Kotagede, Yogya karta semakin meriah. Permainan itu merupakan sarana yang dilakukan oleh Komunitas Jomblo Katolik (KJK) Yogyakarta untuk bisa mem buka hati satu sama lain.

(KONSULTASI KELUARGA)

Suami Selingkuh (Oleh: Ignasius Tari MSF)

Romo/Bapak/Ibu pengasuh Konsultasi Keluarga yang terhormat, tolong saya. Saya sudah pusing dengan suami saya. Saya sudah tidak kuat dengan hubungan ini, karena suami saya suka memukul dan minum minuman keras. Kami menikah secara Katolik 11 tahun yang lalu. Waktu itu, umur saya 27 tahun dan suami saya empat tahun lebih muda dari saya. Yang lebih parah lagi, dia selingkuh sejak dua tahun yang lalu. Berkali-kali saya memergoki dia kencan dengan seorang janda yang itu-itu saja. Sudah berkali-kali saya mengingatkan janda tersebut agar tidak mengganggu suami saya, tapi tetap tidak ada perubahan. Suami saya tiba-tiba memberitahu kalau dia akan menikahi janda tersebut. Dia ingin cerai dari saya dan karena saya sudah tidak kuat lagi dengan hubungan ini, saya menyanggupinya. Batas kesabaran saya sudah habis.

Vince, Jakarta

(TEROPONG)

Ukuran (Oleh: Puspitasari)

Periode akhir Maret 2011 diwarnai dengan keriuhan dalam media massa. Berita tentang penggelapan dana nasabah mengejutkan kita, karena melibatkan jumlah dana ratusan miliar, sekaligus melibatkan bank-bank nasional serta asing. Keriuhan belum mau berakhir sampai pada mingguini, karena sensasi baru lahir: salah satu pelaku penggelapan dana adalah seorang perempuan cantik.

SUPLEMEN – JEJAK

Beriman, Mendalam dan Misioner

Pengantar

Paroki St Thomas Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat merupakan sebuah “paroki pinggiran” (perbatasan Jakarta dan Jawa Barat) dari Keuskupan Bogor. Sebagai “paroki pinggiran”, Paroki Kelapa Dua mendapatkan tumpahan umat dari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dan kebanyakan di antara mereka bekerja di Jakarta.

20 Tahun Paroki “Brimob” Kelapa Dua: Andalkan Senjata, Intelektualitas, dan Real Estate

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memiliki kesatuan khusus, yakni Brigade Mobil atau populer disingkat Brimob. Di “kandang macan” ini, Paroki St Thomas Kelapa Dua berdiri, tumbuh, dan berkembang. Ketika dirintis, barangkali tidak banyak orang yang mengira bahwa paroki ini akan menjadi besar. Namun, setelah 20 tahun berdiri, menurut buku paroki yang didirikan sejak 23 Maret 1991, Paroki Kelapa Dua atau Paroki Santo Thomas atau “Paroki Brimob” – demikian sebutannya – menjadi sebuah paroki di Keuskupan Bogor yang cukup besar wilayahnya dan juga terkenal di Indonesia karena keberadaannya di Kompleks Ksatrian Amji Atak Korps Brimob Polri, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Yang Muda yang Berinisiatif

Berdasarkan sensus di 12 wilayah Paroki St Thomas Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, ada sekitar 1.200 jiwa orang muda. Dalam urusan kreativitas, mereka tidak pernah kehabisan ide. Muda-Mudi Katolik (Mudika) Paroki St Thomas Kelapa Dua berdiri bersamaan dengan ditingkatkannya status Stasi St Thomas bagian dari Paroki Keluarga Kudus Cibinong menjadi paroki tersendiri pada 23 Maret 1991. Sejak berdiri, Mudika – istilah sekarang Orang Muda Katolik (OMK) – sudah ikut berperan mengembangkan paroki.

Dari RIKA ke WK

Sejak muncul ide membangun rumah ibadah di wilayah Brimob, para istri polisi membentuk Rukun Ibu Katolik (RIKA). Tujuan utama pembentukannya untuk memenuhi persyaratan peminjaman dana dari Credit Union (CU). Cukup aneh memang, biasanya organisasi ibu-ibu dibangun karena ingin berkumpul untuk arisan atau belanja bersama atau sejenisnya. RIKA memang lain. Organisasi ibu-ibu Katolik di Paroki St Thomas Kelapa Dua ini didirikan agar dapat menjadi anggota CU Abiyasa, Keuskupan Bogor. Dengan demikian, mereka mendapat kucuran dana hutangan. Kemudian, dana tersebut digunakan untuk membangun gedung gereja.

Stasi Bunda Maria Ratu Sukatani : Kerinduan Umat di “Tanah Perjanjian”

Ketika Stasi Bunda Maria Ratu (BMR) Sukatani didirikan pada tahun 2006, jumlah umatnya 1.600 orang. Sekarang, tahun 2011, umat bertambah menjadi 2.500 orang. Namun, mimpi umat tetap sama: memiliki rumah ibadah sendiri! Minggu, 30 Juli 2006. Hari ini merupakan tonggak sejarah baru Stasi BMR Sukatani. Hari itu, berlangsung Rapat Pleno Pengurus Stasi BMR Sukatani pertama yang dihadiri Ketua Dewan Paroki St Thomas Kelapa Dua Romo J. Hardjono Pr. Ketua Stasi Y. Waluyo. Waktu itu, mereka menjelaskan, umat di Stasi BMR terus berkembang. Stasi mempunyai tiga wilayah dengan 13 lingkungan. Jumlah umat 1.600 orang.

Gereja Muda di Tengah Kaum Muda

Salah satu istilah yang amat populer dari Konsili Vatikan (KV) II adalah “aggiornamento” (keterbukaan). Jika sebelum KV II, Gereja nyaris “tertutup” terhadap dunia luar, setelah KV II Gereja sudah “terbuka”. Keterbukaan merupakan suatu bentuk pembaruan dalam tubuh Gereja. Sebagai umat Allah, Gereja mesti terbuka bagi dunia, bagi umat, siapapun mereka, apa pun profesi mereka, dan di manapun mereka berada. Termasuk, tentu saja, kaum muda dan kelompok-kelompok kategorial lain. Semangat KV II inilah yang kini sedang dilakoni (kembali) oleh Paroki St Thomas Kelapa Dua yang Rabu, 23/3 lalu, baru berusia dua dasawarsa.

Utamakan Kepentingan Sesama

Mulanya, Paroki St Thomas Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat hanyalah sebuah “paroki kecil”. Namun, dalam waktu relatif singkat, “Paroki Brimob” ini mengalami pertumbuhan umat sangat cepat. Paling tidak, begitulah penuturan Fransiskus Xaverius Bambang Ismawan (73), tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia dan pendiri Yayasan Bina Swadaya mengenai parokinya. Bambang yang tinggal di Kampung Tipar, Mekarsari, Cimanggis itu menuturkan, sejak Paroki Kelapa Dua berdiri, tahun 1991, dia dan keluarganya selalu mengikuti Misa hari Minggu di paroki yang berada di kompleks Ksatrian Amji Atak Korps Brimob POLRI itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: