Edisi 18 : Beatifikasi Paus Yohanes Paulus II

Sajian Utama:
Pada 14 Januari 2011, Kongregasi Vatikan untuk Penggelaran Kudus mengumumkan bahwa proses beatifi kasi Yohanes Paulus II (YP II) dinyatakan selesai. Umat pun mengarahkan perhatiannya ke tanggal 1 Mei 2011, di Piazza San Pietro, Roma, Italia. Salah satu syarat seseorang menjadi beato, adalah sebuah mukjizat yang terjadi karena menyebut namanya. Untuk YP II, mukjizat itu terjadi pada seorang biarawati, Sr Marie Simon-Pierre dari Kongregasi Little Sisters of Catholic Motherhood dari Perancis.



KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Roma, Saksi Abadi “Santo Subito”
Pada 14 Januari 2011, Kongregasi Vatikan untuk Penggelaran Kudus mengumumkan bahwa proses beatifikasi Yohanes Paulus II dinyatakan selesai. Bersamaan dengan itu, ditentukan juga tanggal dan tempat beatifikasinya.Orang pun makin mengarahkan perhatiannya ke tanggal 1 Mei 2011, di Piazza San Pietro, Roma, Italia, tempat pengumuman itu akan dibacakan.

Mukjizat Yohanes Paulus II
Salah satu syarat seseorang menjadi beato, adalah sebuah mukjizat yang terjadi karena menyebut namanya. Untuk Yohanes Paulus II (YP II), mukjizat itu terjadi pada seorang biarawati, Sr Marie Simon-Pierre dari Kongregasi Little Sisters of Catholic Motherhood dari Perancis.

Dr Matheus Purwatma Pr: Awam pun Bisa Dibeatifikasi
Untuk memahami lebih lanjut mengenai makna beatifikasi bagi umat Katolik, HIDUP menghubungi Pastor Dr Matheus Purwatma Pr. Imam yang ditahbiskan pada 25 Januari 1984 ini adalah pemegang gelar Doktor di bidang Teologi Dogmatik dari Universitas Urbaniana, Roma, 1990.

Mengenang Kunjungan Yohanes Paulus II
Saat berkunjung ke Indonesia, Yohanes Paulus II selalu mendekatkan diri pada umat. Selain mencium tanah, ia pun memperlihatkan emosinya kepada umat yang mendekatinya. Selain Jakarta, Yohanes Paulus II juga mengunjungi Yogyakarta, Maumere, Dili (waktu itu masih bagian dari RI), dan Medan, saat kunjungannya 9-14 Oktober 1989.

Himne untuk Beatifikasi
Untuk memperingati beatifikasi YP II, Direktur Liturgi Keuskupan Roma Mgr Marco Frisina menulis sebuah himne. Mgr Frisina adalah seorang komposer dan Direktur Koor Keuskupan Roma. Judul himne itu, ”Aprite le Porte a Cristo” (Bukalah Pintu bagi Kristus).



BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Orang Suci
Mengapa Paus Yohanes Paulus II sangat menarik? Mengapa ia memiliki daya magnet, tidak saja untuk para pengikut Katolik Roma, tetapi juga untuk banyak orang yang tinggal di atas planet bumi pada umumnya?



(MIMBAR)
Kaum Muda Protagonis Perubahan
In Memoriam Paus Yohanes Paulus II (Oleh: Elias Sumardi Dabur)
“Terima kasih... terima kasih... kalian sudah datang. Aku telah mencari kalian. Terima kasih.” Demikian kata-kata terakhir Paus Yohanes Paulus II sebelum menghembuskan napasnya yang terakhir. Kata-kata ini, dalam tafsiran mereka yang mendengar, ditujukan kepada kaum muda yang datang berkumpul di Lapangan Santo Petrus, saat Paus mengalami sakratul maut.



(LITURGI KITA)
Berkumpul dan Bersatu (Oleh: Christophorus H. Suryanugraha OSC)
Seseorang memasuki gereja. Ia mengambil air suci, mencari tempat duduk, berlutut, berdoa, lalu duduk di sebelah seorang lain. Dia melihat jam tangan. ”Masih lama,” pikirnya. Dia mengambil telpon selularnya. Mulailah dia menyapa ”santa” Nokia dan tenggelam dalam dunia maya.



(KABAR JAKARTA)
Tablo Toleransi
Seorang guru Agama Islam, didapuk menjadi pemeran imam Kayafas dalam Tablo Penyaliban Tuhan Yesus, di Paroki Santo Leo Agung Jatibening, Dekanat Bekasi, Keuskupan Agung Jakarta, Jumat, 22/4.

Malam Budaya STF
Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Rawasari, Jakarta Pusat, merayakan Dies Natalis ke-42. Tema “Rukun Negeriku, Damai Hatiku” diangkat menjadi slogan peringatan hari jadi sekolah tinggi ini. Berbagai acara diadakan untuk memperingatinya. Salah satunya adalah Malam Budaya di Auditorium STF Driyarkara, Sabtu, 9/4.

Misa Paskah Anak
Merayakan Paskah, Gereja Salib Suci Cilincing, Jakarta Utara menggelar Misa Paskah Anak-Anak, Minggu, 24/4. Perayaan Ekaristi dipimpin Pastor Kepala Paroki Salib Suci Wahyuliana CM, Pastor Bani Suatmadji CM, dan Pastor Jost Kokoh Pr.

Riuhnya Misa Anak Cilangkap
Aula Paroki Santo Yohanes Maria Vianney, Cilangkap, Jakarta Timur, saat perayaan Paskah pagi, Minggu, 24/4, riuh dengan suara anak-anak. Mereka benar-benar menjadi pemilik gereja pada hari itu.

Misa di Gedung Baru
Warga Stasi Santo Albertus Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat merasakan suasana Tri Hari Suci yang berbeda. Hal ini terjadi karena mereka merayakannya di gedung Gereja Santo Albertus yang baru. Gedung ini direncanakan akan diberkati Mgr I. Suharyo pada 26 Juni 2011.

Tablo Strada
Siswa-siswi kelas empat dan lima, tujuh dan delapan SD/SMP Strada Bhakti Utama Pesanggrahan, Jakarta Selatan, memainkan peran kisah sengsara Yesus dalam sebuah tablo, Sabtu, 16/4, di lapangan sekolah tersebut.

Promulgasi Ardas KAJ
Mulai hari ini berlaku Arah Dasar Pastoral Keuskupan Agung Jakarta,” demikian Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, saat Misa Pontifikal Paskah di Katedral Jakarta, Minggu, 24/4.

Seminar Keluarga
Seksi Kerasulan Keluarga (SKK) Paroki Regina Caeli, Pantai Indah Kapuk, dan SKK Paroki Stella Maris, Pluit, Jakarta Utara menggelar seminar keluarga “Perkawinan Katolik vs Perkawinan Dunia”, Sabtu, 9/4.

Team Building Training
CIBUBUR – Siswa-siswi SMA Bunda Hati Kudus (BHK) Grogol mengikuti Team Building Training di Kompleks Taman Edukasi Chevalier, Kompleks Sekolah BHK Kota Wisata, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu, 19/3.

Doa Jalan Salib
MERUYA – Lebih dari 60 anak Sekolah Bina Iman (SBI) Paroki Maria Kusuma Karmel Meruya, Jakarta Barat mengikuti doa jalan salib, Minggu, 3/4. Doa jalan salib berlangsung di halaman gereja pada pukul 14.30 - 16.00 WIB.

Sarasehan Keluarga
CIKARANG – Sarasehan bertema “Keluarga adalah Gereja yang sesungguhnya” berlangsung di Sekolah Don Bosco III Taman Sentosa Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 12/3.



(NUSANTARA)
Jalan Salib Hidup Ruteng
Sekitar seribu warga Gereja Katedral Santa Maria Assumpta Ruteng, Flores, NTT larut dalam duka, Jumat, 8/4. Beberapa orang terisak. Mereka tak beranjak dari pembatas berupa pagar besi dan tali temali.

Rekoleksi SMA Katolik
TAPANULI – 82 siswa SMA Katolik dari Sibolga mengikuti rekoleksi, di Pusat Bina Iman (PBI) St Antonius Mela Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumut, Jumat-Sabtu, 18-19/3.

Lomba Masa Pra-Paskah
TIMIKA – KKMK dan OMK Paroki Katedral Tiga Raja Timika, Papua mengisi Masa Pra-Paskah dengan kegiatan lomba olahraga bola voli, bola gawang mini, dan dance rohani.

Mengembangkan Potensi
MAKASSAR – 63 peserta dari kelompok kategorial, pengurus dewan paroki, dan pengurus dewan stasi mengikuti workshop “Personality Plus”, di Aula Pusat Pastoral Saluampak, Makassar, Sulsel, Jumat-Minggu, 21-23/1.

Donor Darah
CIREBON – 47 warga Paroki Bunda Maria Cirebon, Jawa Barat, mendonorkan darahnya melalui PMI Cabang Kota Cirebon, Minggu, 10/4. “Gereja terus mendorong umat untuk terlibat langsung dalam masyarakat,” tegas Paskalis Pranky Pitoy Pr, pastor Paroki Bunda Maria Cirebon.

Mgr Puja Naik Kuda
Minggu Palma, 17/4, Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta naik kuda dengan jubah kebesaran seorang uskup. Dengan naik kuda, Mgr Puja memimpin arak-arakan Minggu Palma keluar gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Semarang, Jawa Tengah.

Kemah Lintas Iman
Pelajar kelas X dan XI dari 23 SMA di DI Yogyakarta mengadakan kemah persaudaraan pelajar lintas iman bertema di Bumi Perkemahan Wonogondang, Sleman, DI Yogyakarta.

Gelar Bedah Buku
YOGYAKARTA – Persekutuan Doa Karismatik Katolik Sacra Familia Paroki Keluarga Kudus Banteng, DI Yogyakarta menggelar bedah buku “Menuju Keluarga Bahagia” di Paroki Banteng, Yogyakarta, Minggu, 10/4.

Misa Konselebrasi Pelajar Katolik
SEMARANG - Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta memimpin Misa Konselebrasi Pelajar Katolik di Gereja Katedral Semarang, Selasa, 5/4. Mgr Puja didampingi Koordinator Forum Kontak Pelajar Katolik Pastor Yohanes Triwidianto Pr dan Pastor Rekan Gereja Katedral F.X. Sugiyana Pr.

RAT Kelima
DEPOK – Koperasi Simpan Pinjam CU Dian Padua, Paroki St Thomas, Kelapa Dua, Depok Jawa Barat mengadakan RAT kelima, Minggu, 27/3. Pengurus dan Dewan Pengawas menyampaikan kinerja dan laporan pengawasan.



(PASTORALIA)
Inspirasi dari “Mina Ayu” (Oleh: St. Ferry Sutrisna Wijaya Pr)
Di Indramayu, ada restoran makanan laut di pinggir laut, namanya Mina Ayu. Dulu hanya ada tiga saung, sekarang semakin banyak dan lengkap. Katanya banyak saingannya, namun orang tetap datang ke Mina Ayu, karena makanannya tetap enak dan segar. Harganya pun tidak mahal. Maka, semakin banyak orang berkunjung untuk makan.


(MANCANEGARA)
Tradisi Penyaliban
Larangan otoritas Gereja Katolik Filipina terkait tradisi penyaliban massal pada Jumat Agung tidak diindahkan umat Katolik setempat. Sebanyak 24 orang merelakan dirinya dipaku di kayu salib pada Jumat, 22/4. ”Kami tumbuh dengan tradisi ini dan tidak ada yang bisa menghentikan kami,” tegas Ruben Enaje (50) kepada Associated Press.

Manca Sekilas
VATIKAN – Dalam pesan Paskahnya, Paus Benediktus XVI mendesak semua pihak menciptakan perdamaian di Timur Tengah dan Afrika Utara. Bapa Suci, sebagaimana dilansir EWTN News, Minggu, 24/4, menyerukan agar negara-negara Eropa menyambut baik para imigran dari Afrika Utara.

Kebersamaan di Tanah Misi
Para misionaris tidak dapat berjalan sendiri. Ia harus selalu berada dan bersama dengan yang lain dalam menjalankan karya misi. Demikian intisari pertemuan para misionaris Serikat Sabda Allah (SVD) asal benua Asia yang bekerja di Provinsi SVD Brasil Central, di Paroki Nossa Senhora das Neves Iguape, Brasil, Senin-Selasa, 4-5/4.

Perayaan Minggu Palma
Pada Perayaan Minggu Palma, 17/4, Paus Benediktus XVI berpesan agar umat Katolik tidak melihat segala hal yang terkait perayaan Minggu Palma hanya sebagai ritual semata. Hal tersebut akan dimengerti jika segala apa yang telah dilakukan Yesus dipahami secara benar.

Uskup Baru
Sejak 1 April hingga 15 April 2011, Takhta Suci menunjuk delapan uskup baru. Dua diantaranya, Uskup Auksilier. Pastor Peter Holiday (59), imam Johannesburg Afrika Selatan, ditunjuk menjadi Uskup Kroonstad Afrika Selatan, 1 April 2011.



(SANTO-SANTA)
Santo Kristoforus († 251): Pemikul Kanak-Kanak Yesus dari Lycia
Sebuah patung hitam legam yang terkesan suram berdiri kokoh di halaman gereja. Warna hitam kelamnya yang berpadu dengan sorot mata yang sayu menandakan sebuah tragedi. Patung berusia puluhan tahun itu terkesan terabaikan. Beberapa bagian dari patung berbahan dasar semen itu mulai terkelupas termakan usia, terik matahari, dan hujan.

Putra Raja Kafir
Kristoforus dikenal luas di kalangan umat sebagai penginjil dan martir. Kristoforus, artinya pembawa Kristus, wafat sebagai martir di Lycia, Asia Kecil pada masa pemerintahan Kaisar Decius (249-251). Hal ini juga dipertegas oleh Martirologi Romawi yang menyatakan bahwa ia menerima mahkota kemartiran karena mewartakan Injil pada masa itu.



(LEMBAGA RELIGIUS)
Ordo Cisterciensis Strictioris Observansi (OCSO): Rahib Rawaseneng
Cara hidup mereka mengikuti teladan St Benediktus. Mereka meninggalkan keluarga, warisan, dan dunianya demi hidup dalam doa. Sebagai bangsawan, Benediktus muda dikirim ayahnya melanjutkan pendidikan di Roma. Tapi, lingkungan di Roma tak mendukung hidup rohaninya. Ia pun meninggalkan studi yang baru dimulai.


(RENUNGAN HARIAN)
Dilahirkan dari Air dan Roh (Oleh: V. Indra Sanjaya Pr)
Dilahirkan Kembali Kis 4:23-31; Mzm 2:1-3,4-6,7-9; Yoh 3:1-8
Salah satu kegemaran penulis Injil Yohanes adalah menggunakan kata-kata yang maknanya mendua. Akibatnya, kesalahmengertian seringkali terjadi. Ketika Yesus mengatakan bahwa seseorang mesti ’dilahirkan kembali’ untuk dapat melihat Kerajaan Allah (ay 3), Nikodemus spontan memberikan komentar, ”Bagaimana mungkin seseorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?” (ay 4).



(KONSULTASI KELUARGA)
Membahagiakan Istri (Oleh: Ignatius Tari MSF)
Romo/Bapak/Ibu Pengasuh yang baik hati. Saya seorang suami yang terkena stroke sejak tiga tahun yang lalu. Praktis saya tidak bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan sekolah dua anak saya. Saya tahu, istri saya yang sabar dan lemah lembut itu bekerja banting tulang untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Saya sangat mencintai istri saya. Saya ingin membahagiakan dia. Apa yang harus saya lakukan dengan keadaan saya yang seperti ini?

Yusuf, Jakarta



(KONSULTASI IMAN)
Kebangkitan Yesus (Oleh : Dr Petrus Maria Handoko CM)
Seorang teman Kristen mengatakan, Yesus sebenarnya tidak bangkit secara fisik. Kebangkitan Yesus adalah kepercayaan yang dikhotbahkan. Kalau kita percaya, maka Yesus itu bangkit dalam diri kita. Saya bingung. Apakah saya salah kalau selama ini mempercayai Yesus itu sungguh mengalami kebangkitan secara fisik?

Desi Vaniwilona, 081546507xxx



(EKSPONEN)
Teddy Rachmat dan Etika Bisnis
“Mengapa Indonesia tidak pernah bisa seperti Singapura? Sebab, bisnis di sini tidak beretika,” ungkap Teddy Rachmat, Anggota Dewan Ekonomi Nasional semasa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Ia melanjutkan, semua harus transparan. Kalau tidak transparan, berarti ada yang disembunyikan.


(APA DAN SIAPA)
Agustinus Gusti Nugroho: Paskah,Kebahagiaan Bertambah
Mgr Sunarka: Sapi untuk Pendidikan
Veronica Wiwiek Sulistyo: Rumah Bersama
Surjono Rahardjo: Anugerah Prana



(CERPEN)
Maria Kaju (Oleh : Emilianus Yakob Sese Tolo)
Angin sepoi-sepoi perlahan mendayu menyapu tubuhku. Bak patung yang terpaku, aku tak beringsut sedikit pun. Sebab, energi perhatianku hanya tertuju pada nama itu. Itulah nama yang sudah, sedang, dan akan terus ada di dalam dadaku. Dialah biduanitaku. Selama jantungku masih berdetak dan bumi masih berputar pada porosnya, cintaku padanya tak akan pernah sirna.



(TEROPONG)
Etos Kerja Katolik (Oleh: A.M. Lilik Agung)
Salah satu hasil pemikiran brilian dari orang pandai bernama Samuel P. Huntington adalah pengantarnya dalam buku bertajuk Culture Matters. Huntington menuturkan sebuah kisah yang menarik untuk dijadikan bahan refleksi. Pada permulaan tahun 1960-an, data ekonomi antara Korea Selatan dan Ghana nyaris sama. GNP per kapita antarkedua negara relatif tidak jauh berbeda dan industri yang bertumbuh di kedua negara juga nyaris sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: