Edisi 19: Antara Liturgi dan Pengantin

Sajian Utama:
Pada 14 Januari 2011, Kongregasi Vatikan untuk Penggelaran Kudus mengumumkan bahwa proses beatifi kasi Yohanes Paulus II (YP II) dinyatakan selesai. Umat pun mengarahkan perhatiannya ke tanggal 1 Mei 2011, di Piazza San Pietro, Roma, Italia. Salah satu syarat seseorang menjadi beato, adalah sebuah mukjizat yang terjadi karena menyebut namanya. Untuk YP II, mukjizat itu terjadi pada seorang biarawati, Sr Marie Simon-Pierre dari Kongregasi Little Sisters of Catholic Motherhood dari Perancis.



KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Keinginan Pengantin versus Aturan Liturgi
Daniel Simeon Darius Sinathrya dan Agnes Maria Donna Agnesia saling menerimakan Sakramen Perkawinan di Gereja Santa Katarina Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Wartawan tidak diperkenankan masuk. Tak kurang akal, mereka pun mencoba berbagai macam cara untuk merekam jalannya upacara.

Kurangnya Perhatian dari Pengantin
Keprihatinan seputar tata liturgi perkawinan telah lama dirasakan, yaitu kurangnya sosialisasi kepada calon pengantin dan perhatian dari calon pengantin terhadap liturgi perkawinan. Berbagai usaha dilakukan. Keuskupan Agung Semarang, misalnya, menyiapkan buku kumpulan lagu-lagu Misa Perkawinan yang dijamin pasti liturgis.

Bosco da Cunha OCarm: Buku TPP Baru
KWI akan mengeluarkan buku ”Tata Perayaan Perkawinan” dalam waktu dekat. Buku ini melengkapi buku berjudul sama yang terbit sejak tahun 1969. Mempersiapkan upacara perkawinan memang harus ribet, karena ini adalah pesta cinta kasih.


BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Liturgi Perkawinan
Bermula dari kebingungan yang dialami oleh banyak orang dalam praktik liturgi perkawinan atau tata perayaan perkawinan. Dijamin banyak orang Katolik tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:...



(BUKU-VCD-KASET)
Potret Seorang Beato
Yohanes Paulus II diangkat menjadi beato pada 1 Mei 2011. Banyak warisan yang diberikannya kepada dunia sehingga dunia bisa belajar dari perbuatan, kata-kata, dan tindakan sang Paus.

Hore … Paskah Telah Tiba
Pada Hari Paskah, Sisi Kelinci berjalan melalui padang rumput dan hutan. Tiba-tiba ia melihat sebuah keranjang yang bagus sekali. Milik siapa ya? Sisi pergi ke rumah temannya, Lily Domba. “Aku akan membantumu mencari tahu!”


(KONSULTASI KELUARGA)
Putri Kami Sulit Dibangunkan (Oleh: Drs George Hardjanta MSi)
Pengasuh yang terkasih, kami cukup direpotkan dengan putri kami yang berumur 6 tahun. Setiap pagi putri kami ini sulit dibangunkan, padahal dia harus pergi ke sekolah. Dia selalu menangis tiap kali dibangunkan. Supaya tidak menangis setiap dibangunkan pada pagi hari, apa yang harus kami lakukan.

Gatot dan Devi, Depok



(SANTO & SANTA)
Santo Robertus Bellarminus (1542-1621): Mengedepankan Iman dan Budi
Ada yang menggelitik mata, tatkala menatap bangunan Gereja Paroki Santo Robertus Bellarminus Cililitan, Jakarta Timur. Rangkaian logam membentuk sosok tua bertongkat panjang menghiasi sisi luar dinding bangunan. Sosok tua berjenggot dan berjubah itu adalah gambaran Santo Robertus Bellarminus, pelindung paroki.

Menangani Kasus Galileo
Robertus Bellarminus lahir di Montepulciano, Siena, Italia, 4 Oktober 1542. Ia wafat pada 17 September 1621 di Novisiat Santo Andreas di Roma. Ia dinyatakan sebagai Beato oleh Paus Pius XI (1922-1939), 13 Mei 1923.



(KONSULTASI IMAN)
Yudas Iskariot (Oleh: Dr Petrus Maria Handoko CM)
Romo, sejak kecil saya mendengar bahwa Yudas Iskariot mati bunuh diri karena menyesal bahwa dia telah mengkhianati Yesus. Tetapi baru-baru ini saya membaca Kis 1:15-20 yang mengatakan bahwa Yudas mati karena “jatuh tertelungkup dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.” Manakah yang benar, Yudas bunuh diri atau kecelakaan? Mohon penjelasan.

Andreas Sudargo, Jakarta



(KABAR JAKARTA)
Mgr Haryo Memimpin Misa di LP
Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ditawari pekerjaan mengantar paket ke negara lain. Karena upahnya menggiurkan, ia mengiyakan tawaran itu. TKI ini sama sekali tidak tahu apa isi paket ini. Tiba-tiba, ia ditangkap karena barang yang ia antarkan ternyata narkoba. Ia dijerat hukuman yang cukup berat.

Taize di GKI
Komunitas Taize Indonesia mengadakan Doa Taize di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kedoya, Jakarta Barat, Rabu, 27/4. Hadir dalam acara ini, sekitar 200 warga GKI Kedoya, GKI Pondok Indah, dan warga Paroki Santo Andreas Kedoya.

Jalan Salib Kemakmuran
Jumat, 22/4, Paroki Bunda Hati kudus Kemakmuran, mengadakan visualisasi Kisah Sengsara Yesus. “Jangan pernah takut untuk berbuat kebaikan dan berbagi kepada orang lain,” demikian pesan Pastor Rekan Paroki Paroki Bunda Hati Kudus (BHK) Kemakmuran, Jakarta Pusat, Ignatius Soesilasoewarna MSC.

Misa Paskah Lansia
Pastor Paroki Santo Lukas Andreas Elpian Gurusinga OFMConv dalam khotbahnya pada Misa Paskah Lansia di Paroki Santo Lukas Sunter Agung, Jakarta, Minggu, 24/4, mengatakan, “Walaupun usia sudah lanjut, kita tetap harus bersemangat. Bahkan, dalam usia yang sudah lanjut, kita harus mampu menyemangati orang lain.”

Tablo Darah Penebus
Dari mulut Fransiska Ika Widyaastuti, pemeran Bunda Maria pada Tablo Darah Penebus, terucap, “Mana ada seorang ibu yang rela anaknya disiksa. Dada saya sesak dan perih.”

Seminar Ardas KAJ
CEMPAKA PUTIH – Seminar bertajuk “Arah dasar Pastoral KAJ 2011-2015” di aula Paroki Santo Paskalis Cempaka Putih, Jakarta Pusat berlangsung pada Jumat, 15/4. Hadir sebaga I pembicara yaitu, Vikjen KAJ Pastor Dr Yohanes Subagyo Pr, dengan moderator Pastor Ferry Suharto Pr.

Kegiatan PD OMK
KELAPA GADING –Persekutuan Doa OMK Santo Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara, mengadakan acara “Easter Praise and Worship” di Ruang Klara, Lantai 3 Gedung Pastoral Gereja, Senin, 25/4.

Misa Kudus PDKK
DUREN SAWIT - PDKK Paroki Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, bersukacita dalam Misa kudus bertajuk “Misa Syukur Hari Ulang Tahun Pastor A. Djitapandrija SJ”, Rabu, 27/4.

Pembaruan Janji Setia
CEMPAKA PUTIH – Keluarga besar Fransiskan-Fransiskanes se-Jakarta (Kanesta) membaharui janji setia ketaatan mereka pada Gereja di Paroki Santo Paskalis Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat, 15/4.

Gathering Charity SAV Puskat
Studio Audio Visual (SAV) Puskat mengadakan Gathering Charity di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Selatan, 26/4. Acara ini diadakan untuk menggalang dana pembuatan film tentang Mgr Albertus Soegijapranata.

KPP se-Dekanat Bekasi
Seksi Kerasulan Keluarga (SKK) Paroki Santo Arnoldus Jannsen Bekasi, Jawa Barat menyelenggarakan Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) se-Dekanat Bekasi di Sekolah Strada Bekasi, Sabtu 12/3 dan Minggu 13/3.

LDK SMA Ricci
GLODOK – Sebanyak 20 siswa kelas sepuluh dan sebelas SMA Katolik Ricci Glodok, Tamansari, Jakarta Barat mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Gadog, Ciawi, Rabu-Jumat, 6-8/4.

Persiapan Rakernas AYUB
KUNINGAN – Pengurus dan panitia Rapat Kerja Nasional Asosiasi Yayasan untuk Bangsa (AYUB) berkumpul di kantor Dewan Pengurus Pusat Jl Prof Dr Satrio Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 29/4.

Napak Tilas Yesus
KATEDRAL – Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta Selatan (PMKAJS) mengadakan napak tilas dari Wisma Sahabat Yesus Depok sampai Katedral Jakarta pada hari Kamis-Jumat, 21-22/4.



(NUSANTARA)
Misa Janji Imamat
Setelah mengikutiRekoleksi Para Imam Keuskupan Agung Semarang di Sangkalputung, Klaten dan Wisma Syalom, Bandungan, Jawa Tengah, sekitar 252 imam se-Keuskupan Agung Semarang (KAS) mengikuti Perayaan Ekaristi Konselebrasi Pembaruan Janji Imamat dan pemberkatan minyak suci di Gereja Katedral Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 20/4.

Pelatihan Asrama
SANGGAU – Sebanyak 43 pembina asrama dari Putussibau, Ketapang, Sintang, Sanggau Kapuas, Sambas, Bengkayang, dan Pontianak mengikuti pelatihan pengelolaan dan penanganan asrama yang ideal di Wisma Tabor Paroki Pusat Damai, Keuskupan Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis-Minggu, 24-27/2.

HUT ke-50 Suster SCMM
GUNUNGSITOLI – Puncak Perayaan 50 Tahun Komunitas Suster SCMM St Yosef berkarya di Gunungsitoli, Nias, berlangsung di Gereja Con-Katedral St Maria Bunda Para Bangsa, Sabtu, 19/3.

Pengobatan Gratis
PURWOKERTO – Panitia Paskah Paroki Santo Yosep Purwokerto Timur mengadakan pengobatan gratis bagi 256 warga di Dusun Watujaran, Sikapat, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Minggu, 27/3. Dusun ini terletak sekitar 20 km dari Kota Purwokerto.

Yesus Memanggul Garu
Upacara Jumat Agung, 22/4, di Gereja Santo Petrus Lor Senowo yang terletak di lereng Gunung Merapi bagian barat, Jawa Tengah, dimulai dengan ibadat agung pukul 09.30 WIB, dengan menampilkan teatrikal jalan salib.

HUT RS Panti Bhaktiningsih
Sebagai puncak peringatan HUT ke-40, RS Panti Bhaktiningsih Klepu, Sleman, DI Yogyakarta, mengadakan kenduri yang dihadiri 200 orang, Senin, 25/4. Kenduri ini sebagai rasa hormat terhadap masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan, mempererat persaudaraan, sekaligus ungkapan permohonan doa restu untuk perjalanan dan keselamatan karya rumah sakit ini.

HUT RS Dian Harapan
Rumah Sakit Dian Harapan (RSDH) Waena, Papua, merupakan salah satu Rumah Sakit Katolik di Papua. Memperingati ulang tahun ke-16 rumah sakit ini, para pengurus dan karyawan-karyawati merayakan Misa syukur di Aula RSDH, Rabu, 27/4.

Seminar Tujuh Sabda Yesus
Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK) Ratu Rosario Suci Katedral Semarang, Jawa Tengah, bersama Bidang Paguyuban dan Bidang Pewartaan Gereja Katedral Semarang, mengadakan Seminar “Tujuh Sabda Peneguhan” di Katedral Semarang, Senin, 4/4-Rabu, 6/4, di Katedral Semarang.

Tabur Bunga Jumat Agung
Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Bantul, DI Yogyakarta, mengadakan Ibadat Jumat Agung, 22/4, dalam nuansa Jawa. Kehadiran Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus di Ganjuran sangat lekat dengan tradisi Jawa.

Gong dan Pergelaran Seni Budaya
BANTUL – Peserta KKN Tematik Kewirausahaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar acara gong dan pergelaran seni budaya di Lapangan Desa Kebonagung, Imogiri, Bantul, DIY, Minggu, 10/4. Acara dimeriahkan dengan senam massal, launching buku dan website Desa Kebonagung.

Pembentukan Pengurus Alumni PKN
LANDAK – Sebanyak 98 utusan dari perwakilan kabupaten dan kota di Kalimantan Barat membahas dan membentuk pengurus inti Ikatan Alumni Persekolahan Katolik Nyarumkop (PKN) di Pendopo Bupati Landak, Kalimantan Barat, Jumat-Sabtu, 15-16/4.

Jalan Salib Mudika
BANDUNG – Jalan salib Mudika St Carolus Boromeus Bandung, Jawa Barat berlangsung di Kapel Hati Kudus Yesus milik Suster-Suster Cinta Kasih Carolus Boromeus, Jumat, 22/4. Kaum muda yang hadir kebanyakan para mahasiswa dari berbagai kampus di Bandung.



(MANCANEGARA)
Beatifikasi Paus Yohanes Paulus II
Di hadapan umat yang memadati lapangan Santo Petrus, Minggu, 1/5, Paus Benediktus XVI mengatakan, "Yohanes Paulus II dibeatifikasi karena imannya, iman yang kuat, murah hati dan apostolik."

Para Uskup
Selama 16 hingga 25 April, Takhta Suci menunjuk empat Uskup Auksilier menjadi Uskup, dua imam menjadi Uskup Auksilier, dan dua uskup menjadi uskup di keuskupan lain. Mereka antara lain:...

Merayakan Paskah dalam Ketakutan
Sekelompok kecil umat Katolik di Kota Gojra, Pakistan merayakan Paskah dalam bayang-bayang ketakutan adanya serangan dari kelompok fundamentalis.

Bom Paskah di Baghdad
Minggu Paskah, 24/4, sebuah bom meledak tidak jauh dari pintu masuk Gereja Hati Kudus Distrik Karrada di Baghdad. Serangan bom melukai dua polisi dan dua warga sipil. Ledakan yang terjadi setelah umat meninggalkan gereja itu memecahkan kaca jendela Gereja Hati Kudus Karrada dan meluluhlantakkan sebuah mobil bak terbuka milik polisi yang diparkir di depan pintu gerbang gereja.

Manca Sekilas
CHINA – Mgr Peter Li Hongye, Uskup “Bawah Tanah” Keuskupan Luoyang Provinsi Henan, meninggal setelah memimpin Misa Malam Paskah, Sab­tu, 23/4. Ia pernah ditangkap karena iman dan aktivitasnya di kamp-kamp kerja paksa pada 1955.



(MIMBAR)
Jurist Katolik (Oleh:Nikolas Simanjuntak)
Jurist Katolik, lebih tepat dibaca ”Yuris beriman Katolik”, di mana Anda, ketika hukum terkini menjadi amburadul dan semakin hari jadi sasaran amarah amuk massa. Adakah kini unsur pembeda signifikan antara yuris yang beriman atau tidak? Hampir semua pejabat dan aktor hukum tampak hilang akal menjelang putus asa dalam kebuntuan penggunaan dan penegakan hukum, tanpa solusi ad infinitum, tak pernah tuntas, bahkan pun untuk dibahas.



(KONTAK-KONTAK)
Sahabat
Anggota Kontak-Kontak yang terkasih, bisa jadi kita semua memiliki sahabat. Bahkan, ada yang punya banyak sahabat. Berapapun jumlahnya, sahabat merupakan sosok yang dibutuhkan untuk mewarnai hidup kita. Kehadiran mereka memberikan warna tersendiri dalam keseharian kita.



(EKSPONEN)
F.X. Gerilyono Isbagyo: Mengedepankan Kualitas
Dengan perasaan berkebit, F.X. Gerilyono Isbagyo menjawab serentetan pertanyaan Pemimpin Harian Kompas P.K Ojong (Alm) yang bertandang ke Toko Buku Gramedia di Jl Gajah Mada, Jakarta Barat. Dalam sepekan, bisa dua-tiga kali P.K. Ojong datang ke tempat Isbagyo bekerja. Alhasil, kecanggungannya menghadapi bos pun sirna.



(TEROPONG)
Bom Serpong (Oleh : Adrianus Meliala)
Bagaimana rasanya berdoa selama Tri Hari Suci, dikelilingi banyak aparat berseragam coklat dan hijau? Ada yang bilang merasa seram, ada pula yang merasakan sebaliknya. Berdoa di bawah pengawalan tentu saja aman. Tapi, aman dari ancaman apa?



(KESAKSIAN)
Maria Magdalena Rubinem: Pertobatan di Usia Senja
Maria Magdalena Rubinem, warga Paroki Santo Aloysius Gonzaga Mlati, Sleman, Yogyakarta, tidak ragu menyebut diri Katolik, meski ia menyadari perjalanan hidupnya diliputi kelemahan. Rubinem, asli Yogya, lahir pada tahun 1927. Dulu, ia berprofesi sebagai sinden. Ia belajar nyinden dari para seniman di Kraton Yogyakarta, selama tiga bulan. Setelah itu, ia terjun langsung manggung sejak 1942.



(APA DAN SIAPA)
Mgr Aloysius Sudarso SCJ: Sekolah adalah Komunitas
Sr Yosina Maria Miryati: Baju Keren
Fransiskus Mali: Buku Kehidupan
Br Frans Sugi FIC: Bruder Dalang
Nikita Dompas: Menemukan Passion




(RENUNGAN HARIAN)
Diutus untuk Mewartakan Injil (Oleh: Johanes Jarot Hadianto)
Stefanus menghadapi masalah serius. Ia diseret ke pengadilan dengan tuduhan melecehkan simbol-simbol utama agama Yahudi, yakni Bait Allah, Musa, Taurat, dan Allah sendiri. Para lawan tak segan berdusta demi mengincar nyawa Stefanus.



(JENDELA)
Asrama Mahasiswa Sepakat Pontianak: Mengkader Kaum Muda Pedalaman
Malam pekat. Terdengar sayup gelak tawa riang sekelompok anak muda yang berjalan beriringan di gang kecil. Langkah kaki mereka menuju pondok terbuka, tidak jauh dari bangunan-bangunan berdinding semen di sekitarnya. Temaram lampu pondok terbuka itu menerangi wajah mereka, para penghuni Asrama Mahasiswa Sepakat.



(CERPEN)
Tukang Becak (Oleh : Widi Antoro)
Sungguh menyebalkan! Beginilah risiko turun di Stasiun Tawang dengan hujan yang amat deras. Bukan disambut dengan suasana yang segar untuk menghabiskan masa liburan pulang ke rumah, tapi justru dihadang kekalutan kota tua, yang tiba-tiba menjadi seperti kolam kubangan raksasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: