Edisi 20 : Jejak-jejak Religius Sioe

Sajian Utama:
Hingga penghujung hidupnya, Sioe tiada henti melibatkan diri dalam karya pewartaan. Pada 19 Maret 2011, ia masih menyelenggarakan pertemuan senakel Gerakan Imam Maria se-KAJ, Bogor, dan Bandung di Marian Centre Indonesia. Kini, semua tentang Sioe Hadinata tergurat sebagai kenangan. Ibu tiga putra ini berpulang pada Senin, 28 Maret 2011. Bila menilik sumbangsihnya bagi Gereja Katolik Indonesia, tak berlebihan bila seorang sahabatnya, Ivonne Karmaji, menyebutnya sebagai Injil yang hidup. ”Ia selalu rindu membawa orang-orang untuk mengenal Yesus secara lebih dekat, teristimewa melalui Bunda Maria.”



KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Yulita Sioe Hadinata (1943-2011): Dari Bible Study ke Gerakan Imam Maria
Di Restoran Sedap Malam di Batu Ceper, Jakarta Pusat, Yulita Sioe Hadinata bersama 20-an kawannya merajut keakraban sembari menyantap hidangan. Tawa dan canda mereka memulasi suasana. Sioe dan rekan-rekannya itu berhimpun dalam Kelompok Bible Study Bunda Penolong Abadi.

Gerakan Imam Maria : Gerakan Doa Bagi Para Imam
Sejak tiga tahun lalu, rumah pengusaha Theodore Permadi Rachmat di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan rutin menjadi tempat berhimpun sekitar 25 pendoa. Mereka berasal dari berbagai tempat di Jakarta, tergabung dalam kelompok doa senakel Gerakan Imam Maria (GIM).

Kelompok Bible Study Bunda Penolong Abadi : Be God Center
Saat pertama kali ikut Bible Study di rumah Sioe Hadinata, Corry Mangunprawira Patra merasa sangat tersentuh. “Waktu itu, saya masih Katolik KTP,” ungkapnya. Be God Center adalah motto Sioe Hadinata yang kerap diungkapkannya kepada setiap anggota Kelompok Bible Study Bunda Penolong Abadi.

Kerabat Kerja Ibu Teresa : Melayani yang Termiskin
Datang melayani sesama yang termiskin di antara yang miskin. Demikian semangat yang diusung oleh para anggota Kerabat Kerja Ibu Teresa (KKIT). Dewasa ini, tangan-tangan Ibu Teresa telah menjamah dunia, termasuk Indonesia. Relasi yang dijalin oleh Sioe Hadinata dengan Ibu Teresa akhirnya mewujudkan ide untuk membentuk KKIT di Jakarta pada 7 Oktober 1985.

Marian Centre Indonesia : Kiblat Para Devosan Maria
Sebagian kelompok devosan Maria berkiblat ke Marian Centre Indonesia (MCI). Lembaga kerasulan ini juga menerbitkan majalah “Ave Maria” dan buku-buku rohani. Awalnya, tahun 1996, Sioe Hadinata menggagas terbitnya majalah “Ave Maria”.



BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Pencipta
Beberapa orang memiliki kapasitas untuk menciptakan. Orang ini meng-ada-kan dari sesuatu yang tidak ada atau belum ada. Dimaksud di sini, bukanlah mitologi dewa dewi yang konon menciptakan danau ini-itu, gunung atau candi, cukup hanya dengan mengangkat tongkat ajaibnya yang bersinar dan menyerukan ”alakadabra”.



(SANTO-SANTA)
Santo Yakobus Tua : Martir Pertama dari Kalangan Rasul
Patung pria perkasa berkasut dan berjubah tebal berdiri kokoh di halaman Gereja Santo Yakobus Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tangan kanannya memegang sebuah buku tebal dan tangan kirinya memegang sebuah tongkat panjang. Perawakannya tinggi, besar, dan perkasa.

Anak-anak Halilintar
Yakobus adalah kakak dari Rasul Yohanes, anak Zebedeus dan Salome. Ia disebut Yakobus Tua sekadar untuk membedakan dari murid Yesus lainnya, yakni Yakobus Muda anak Alfeus. Ketika Yakobus dan Yohanes sedang memperbaiki pukat ayahnya di tepi pantai Genezareth, Yesus memanggil mereka dan mereka mengikuti-Nya.



(KONSULTASI IMAN)
Bunda Maria dan Yohanes (Oleh: Dr Petrus Maria Handoko CM)
Pada saat di salib, Yesus menitipkan Ibu-Nya kepada Yohanes. Mengapa peristiwa itu tidak ada dalam Injil Sinoptik?

Pasti Putranto Paloh, 08123307xxx



(KABAR JAKARTA)
Paskah Pasiska
Lagu “Hai Bangkit bagi Yesus” terdengar syahdu dalam Perayaan Ekaristi Paskah Siswa-Siswi se-Jakarta Utara di Universitas Bunda Mulia, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 7/5.

Dirjen Bimas Katolik Baru
Menteri Agama (Menag) H. Suryadharma Ali melantik Semara Duran Antonius menjadi Dirjen Bimas Katolik di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 5/5.

Paskah IKKSU Jabodetabek
Ikatan Keluarga Katolik Sumatra Utara (IKKSU) Jabodetabek merayakan Paskah di Gedung Raja, Kebon Nanas, Jakarta Timur, Minggu, 1/5. Kegiatan ini dihadiri sekitar 2.000 anggota IKKSU. Acara didahului dengan Misa Inkulturasi Batak dan Nias.

Jalan Salib di Paroki Kranji
Untuk lebih menghayati penderitaan Yesus, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki St Mikael, Kranji, Bekasi mengadakan Visualisasi dan Ibadat Jalan Salib, Jumat, 22/4.

Kemping Rohani
Sebanyak 85 siswa kelas V SD Asisi Bilingual Tebet mengikuti kemping rohani di Pondok Remaja PGI, Cipayung, Jakarta Selatan, Kamis-Minggu, 14-17/4. Kegiatan bertajuk “Kau Berharga di Mataku”, ini merupakan perpaduan antara kemping dan retret.

Misa Persiapan Ujian Nasional
Pada hari terakhir kegiatan belajar, siswa kelas XII SMA Fons Vitae I Matraman mengikuti Misa persiapan Ujian Nasional di Aula Marsudirini Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 14/4. Misa dipimpin Pastor Dedie Kurniadi OFM.

Tugas Baru
Pastor Yoseph Andi Wibowo SDB mendapat tugas baru menjadi Pastor Rekan di Paroki Santo Mikael, Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya, Pastor Andi Wibowo menjabat sebagai Wakil Rektor Wisma Salesian Don Bosco, Sunter, Jakarta Utara.

FTV Komsos KAJ
Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Jakarta (Komsos KAJ) berniat membuat Film Televisi (FTV) Keluarga “Home Sweet Home”. Seleksi pemain dilakukan di Ruang Komsos KAJ Gedung Karya Pastoral, Katedral, Jakarta Pusat, Selasa (19/4), Senin (25/4), dan Sabtu (30/4).

Kursus Pastoral Keluarga
Komis Kerasulan Keluarga Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menyelenggarakan Kursus Pastoral Keluarga di Wisma Berthier, Komunitas Imam MSF, Sunter, Jakarta Utara, selama seminggu, 26/3-30/4.

Novena Maria Bunda Penolong Abadi
Komunitas Legio Maria, Warakawuri, Persekutuan Doa Karismatik Katolik, Pasukris, Golongan Lanjut Umur, dan WKRI St Nikodemus mengadakan novena “Maria, Bunda Penolong Abadi” di Gereja St Nikodemus, Ciputat, Tangerang, Banten, Senin-Selasa, 2- 10/5.

Penulisan HAM
Forum omisi Keadilan dan Perdamaian Papua-Kalimantan bekerjasama dengan Komisi Keadilan, Perdamaian, dan Pastoral Migran Perantau KWI, serta JPIC MSC Indonesia menggelar pelatihan meliput dan menulis pelanggaran HAM bagi 13 peserta dari Kalimantan dan Papua.

Safari Rosario
Safari Rosario Paroki Santo Yakobus Kelapa Gading, Jakarta Utara dibuka dengan Misa yang dipimpin oleh Pastor Antonius Suyadi Pr, Minggu, 1/5. Ekaristi diawali prosesi patung Bunda Maria yang diletakkan di atas tandu.


(NUSANTARA)
Pemberkatan Katedral
Gereja Santa Theresia Katedral Padang diberkati dan diresmikan untuk digunakan lagi, setelah mengalami kerusakan parah akibat gempa 7,9 SR, 30 September 2009. Upacara pemberkatan diawali dengan doa Rosario di luar gereja, sekaligus menandai pembukaan Bulan Maria, Senin, 2/5.

AKSI JPIC-CMF
Sebanyak 35 orang yang tergabung dalam Justice Peace and Integration of Creation- Cordies Mariae Filius (JPIC-CMF) menanam 500 pohon mahoni di Kinahrejo, Cangkringan, Umbulharjo, Sleman, DIY, Sabtu, 19/3.

SPIRITUALITAS TUBUH
Sebanyak 95 mahasiswa dan mahasiswi dari Asrama Mahasiswa St Bonaventura Sepakat II, Asrama Mahasiswi St Petrina, dan St Theresia Akper-Akbid Dharma Insan Pontianak mengikuti rekoleksi tentang spiritualitas tubuh di aula Asrama St Bonaventura Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu-Minggu, 16-17/4.

RETRET UMAT ACEH
Lebih dari 100 warga Paroki Hati Kudus Banda Aceh mengadakan retret menyambut Paskah pada Jumat-Sabtu, 15-16/4. Dua utusan dari Komisi Liturgi Keuskupan Agung Medan, Pastor Elio Sihombing OFMCap dan Suster Alfonsine Sianturi KSFL, membimbing mereka.

Malam Paskah Nuansa Jawa
Perayaan Malam Paskah dalam nuansa Jawa berlangsung di Stasi Maria Assumpta Cawas, Paroki Santa Theresia Jombor, Klaten, Jawa Tengah.

Menteri PDT Kunjungi Keuskupan
Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Ir Helmy Faizal Zaini berkunjung ke Keuskupan Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 11/4. Kedatangannya disambut Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku.

Peresmian Biara SCMM
Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H. Rusdy Resnawan meresmikan Biara Puri Batin Santa Angela dan Aula Susteran Suster-Suster Cinta Kasih dari Maria Bunda Berbelaskasih (SCMM), Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin, 2/5.

Jalan Salib Banyumasan
Tablo Jalan Salib bernuansa Banyumasan berlangsung di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat Agung, 22/4. Para pelaku lain mengenakan pakaian Jawa khas Banyumas dengan dominasi warna merah.

Lokakarya Puspita
Para biarawan dan biarawati dari berbagai tarekat mengikuti Lokakarya selama dua setengah bulan (18/2-28/4), di Pusat Spiritualitas (Puspita) Girisonta, Ungaran, Jawa Tengah.

KAUL KEKAL
Sr Veronika Sumur CP, Sr M Lesliana Netu CP, Sr Yohana Bahut CP, dan Sr M. Imakulata K. Namang CP mengikrarkan kaul kekal di Kapela Susteran CP Bendungan Sigura-gura Barat Malang, Jatim, Minggu,1/5.

SUSTER PASIONIS
Peringatan wafat Pendiri Kongregasi Suster Pasionis Maria Magdalena Frescobaldi Capponi, dan pesta St Yosef pelindung Kongregasi berlangsung di Rumah Retret Semadi Getsemani Malang, Jatim, Minggu, 10/4.

SEMINARI ST PAULUS
Para seminaris mengadakan drama “Salib Jalan Keselamatan” di kapel Seminari Menengah Santo Paulus Palembang, Sumsel, Jumat, 22/4.



(MANCANEGARA)
Beatifikasi Paus Yohanes Paulus II : Sang Beato Menuju Kanonisasi
“Mulai saat ini Hamba Allah Paus Yohanes Paulus II menjadi beato. Pestanya kiranya dirayakan setiap 22 Oktober dalam tahun di berbagai tempat seturut aturan yang ditetapkan hukum. Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.” Tepat pukul 10.37 waktu Roma, 1 Mei 2011, dengan kata-kata yang diucapkan Benediktus XVI ini, mendiang Paus Yohanes Paulus II dinyatakan resmi menjadi beato.

Relikwi Darah
Relikwi darah Yohanes Paulus II diambil pada 2005. Menurut siaran pers Takhta Suci Vatikan tertanggal 26 April 2011, pada hari-hari terakhir hidupnya, tim medis telah mengambil sampel darahnya untuk kepentingan transfusi.

Pengampunan Jiwa Osama bin Laden
Uskup Agung Islamabad Mgr Anthony Rufin, seperti dikutip EWTN News, Senin, 2/5, menegaskan, “Hati seorang Kristen tidak pernah bersukacita atas kematian manusia, bahkan jika ia adalah musuh.”

Mgr Veglio: Lindungi Hak Migran
Dalam kunjungannya ke Australia, Presiden Dewan Kepausan untuk Karya Pastoral Migran dan Perantau Mgr Antonio Maria Veglio mengharapkan, penerimaan Gereja untuk para migran tidak boleh hanya karena ikut-ikutan lembaga pemerintah dan berbagai institusi.

Dua Belas Uskup Wafat
Uskup Agung Emeritus Spanyol Kardinal Agustin Garcia-Gasco y Vicente (80), wafat pada 1 Mei 2011. Tiga hari kemudian, 4 Mei, Uskup Agung Emeritus Hassaké-Nisibi Siria, Mgr Jacques Georges Habib Hafouri (94) juga wafat.



(KONSULTASI KELUARGA)
Ingin Menikah Lagi (Oleh : Ignatius Tari MSF)
Pengasuh rubrik Konsultasi Keluarga yang terkasih, tiga tahun yang lalu saya ditinggal oleh istri saya yang beragama Islam. Kami menikah lima tahun yang lalu secara Katolik. Umur saya saat ini 30 tahun. Ia membawa lari anak kami satu-satunya. Berbagai upaya telah saya lakukan untuk menyadarkan istri saya agar kembali, tetapi semua usaha sia-sia. Karena kesepian, dua tahun terakhir ini saya berpacaran dengan seorang pemudi Katolik. Hubungan kami sangat dekat. Saya menyadari, hubungan kami ini tidak baik dan menimbulkan sandungan dalam masyarakat. Kami sepakat untuk menikah. Mohon saran dan pertimbangan.

Paulus, Lampung



(BUKU-VCD-KASET)
Membuat Hidup Makin Ekaristis
Ekaristi adalah salah satu karunia indah nan unik dalam kehidupan iman kita. Hanya Gereja Katolik-lah yang memiliki, menghidupi, dan mengembangkan Ekaristi dalam hidup berimannya.

Panduan untuk Pro-diakon
Sejak 1986, jumlah umat Katolik semakin banyak. Penambahan jumlah umat ini tidak sebanding dengan penambahan gembala (pastor). Melihat kenyataan tersebut, Uskup Agung Semarang Justinus Kardinal Darmojoewono mengajukan ke Propaganda Fide (Kongregasi untuk Penyebaran Iman) di Roma agar diperkenankan...



(EKSPONEN)
Prof Dr F.G. Winarno : Ahli Pangan Nomor Satu
Setiap memandang foto di sudut ruang kerjanya, wajah Prof Dr Florentinus Gregorius Winarno selalu berbinar. Angannya melayang, saat ia menjadi mahasiswa di Universitas Massachusset, Amerika Serikat, 1966. Prof Win, demikian pria kelahiran Klaten 15 Februari 1938, itu biasa disapa, mengungkapkan bahwa sosok pada foto itu adalah Prof C.R. Stumbu, ahli pengalengan makanan (termobakteriologi), yang telah membentuk dirinya menjadi ahli pangan kelas dunia.



(LITURGI KITA)
Berarak Masuk (Oleh: Christophorus H. Suryanugraha OSC)
Rombongan putra altar sudah siap di depan pintu luar sakristi. Ketika seorang putra altar akan memasukkan dupa ke dalam pedupaan yang dipegang kawannya, putra altar lain yang lebih senior menegur: ”Hei, jangan dulu! Yang mengisi itu nanti pastor!” Dijawab: ”Ah, untuk ngisi begini aja kenapa harus pastor sih?”



(KESAKSIAN)
Inge Irawati : Peziarahan Seorang Perawat
Inge Irawati tiba di Asrama Keperawatan St Borromeus, Bandung. Ia bergegas, karena harus segera dinas di ruang operasi subuh itu. Tatkala ia melompati tapak landasan menuju lantai berikutnya, ia terpeleset, dan jatuh. Ia masih ingat betul, hari naas itu adalah 10 Oktober 1977. Selama tujuh minggu ia bergelut dengan rasa sakit, karena fraktur impressi pada tulang torakal dan lumbal, serta servikal dari tulang lehernya.


(APA DAN SIAPA)
Kris Biantoro : Pendekar Ginjal Soak
Fransiska Ika Widyaastuti : Menjadi Maria
Yohanes Radik Suryawan OCarm : Gembala Muda



(PASTORALIA)
Keagungan Gereja (Oleh : St. Ferry Sutrisna Wijaya Pr)
Daya menyempatkan diri menonton upacara perkawinan Pangeran William dan Kate Middleton bersama dua miliar orang di seluruh dunia lewat televisi. Banyak orang terkenal datang, antara lain David Beckham dan istrinya Victoria. Ada juga Sir Elton John dan Rowan Atkinson atau Mr Bean.



(RENUNGAN HARIAN)
Yesus adalah Gembala yang Baik (Oleh : Surip Stanislaus OFMCap)
Realita: Gembala di padang gurun bertugas membawa kawanan dombanya ke padang rumput dan oase (sumber air). Pada umumnya oase hanya bertahan beberapa bulan, sehingga gembala setiapkali harus menggiring domba-dombanya ke oase yang lain.



(JENDELA)
Komunitas Film Penyebar Keanekaragaman Budaya : Mgr Soegija dalam Layar Lebar
Karya besar bermula dari mimpi. Ketika mimpi satu orang bertemu dengan mimpi orang lain, lahirlah gagasan. Maka, mimpi menjadi bahan bakar yang memompa gagasan menjadi kenyataan. Demikian yang terjadi ketika muncul ide untuk mem filmkan seorang sosok nasionalis Katolik Mgr A. Soegijapranata SJ.



(CERPEN)
Tujuh Belas (Oleh: Eugenia Phromwidi)
Malam itu, setelah lelah membantu bundanya menyiapkan segala sesuatu untuk esok hari, Anti membaringkan tubuhnya di tempat tidur pendek di kamarnya. Sebenarnya ia ingin bertahan untuk tidak memejamkan matanya hingga jam membentuk sudut nol derajat.


(TEROPONG)
Guru (Oleh : Ignatius Haryanto)
Bulan Mei biasanya banyak orang teringat Hari Pendidikan Nasional. Orang ingat Ki Hajar Dewantara dan Taman Siswa. Pada hari seperti ini biasanya bendera merah putih dibiarkan berkibar satu hari. Tetapi, pernahkah kita berterima kasih secara khusus kepada guru kita masing-masing?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: