Edisi 21 : 'Ngalap Berkah' Bunda Maria

Sajian Utama:
Minggu pagi, 8/5, mentari bersinar cerah di Gua Maria Kerep Ambarawa, Jawa Tengah. Berduyun-duyun, para peziarah datang ngalap berkah (mencari berkat). Di pintu gerbang, mereka menulis doa di secarik kertas, lalu memasukkan ke kotak yang telah disediakan untuk ujub Misa. Hari Minggu ini bertepatan dengan Misa Penutupan Novena yang dimulai sejak Minggu kedua, September 2010. “Kita beriman secara manusiawi. Maka, kita bersentuhan dengan benda-benda rohani seperti gambar, patung, dan sejenisnya. Benda-benda suci yang disediakan untuk mengungkapkan iman itu kita terima saja sebagai cara-cara yang manusiawi,” demikian Mgr J.M.T. Pujasumarta.


KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Gairah Umat Berziarah Maria
Bulan Mei dan Oktober dipercaya sebagai waktu yang tepat untuk berdevosi kepada Maria. Banyak doa permohonan dilambungkan para peziarah melalui Ibu Tuhan. Minggu pagi, 8/5, mentari bersinar cukup cerah di Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA), Jawa Tengah (Jateng). Berduyun-duyun, pada para peziarah datang dari berbagai tempat, sejak pagi.

Berdoa Bersama Bunda Gereja
Setiap malam, kecuali Sabtu dan Minggu, Lingkungan Gregorius 3, Paroki St Mikael Kranji, Bekasi Barat menyelenggarakan doa rosario bersama selama bulan Mei. Doa berlangsung dari rumah ke rumah. Lingkungan-lingkungan di Paroki St Arnoldus Jl Juanda, Bekasi pun secara bergilir menyelenggarakan doa rosario bersama setiap malam di depan Gua Maria Fatima yang berada di kompleks paroki tersebut.

Mgr J.M.T. Pujasumarta: Ziarah Rohani Jauh Lebih Baik
Ziarah ke gua Maria, terutama pada Mei dan Oktober, sangat menggairahkan bagi umat Katolik. Mereka melakukannya secara berkelompok maupun pribadi. Menurut Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Maria Trilaksyanto Pujasumarta (61), kebiasaan umat Katolik berziarah itu baik untuk mengungkapkan iman mereka.



BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Novena
Dalam Gereja Katolik, novena adalah doa dan devosi sembilan kali atau sembilan hari berturut-turut. Di dalamnya, orang menyampaikan permohonan untuk rahmat khusus yang diminta.


(MIMBAR)
Bunda Penyembuh di Tanjung Selamat (Oleh: Dismas Tulolo SJ)
Graha Maria Annai Velangkanni Tanjung Selamat, Medan, Sumatra Utara (Sumut) dibangun dengan tujuan memperkenalkan devosi Maria kepada orang-orang Katolik di Keuskupan Agung Medan (KAM).


(SANTO-SANTA)
St Theresia dari Kanak-Kanak Yesus (1873-1897) : Memaknai Kesederhanaan Hidup
Kesederhanaan dan keindahan hidup Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus jelas terlihat pada fisik bangunan dan pelayanan Paroki Santa Theresia, Menteng, Jakarta Pusat. Gereja ini mengaplikasikan teknologi pada zamannya berupa bangunan gereja tanpa tiang-tiang di dalamnya. Walaupun dibangun secara sederhana, namun tiga roseta, lukisan patri seperti mawar yang terdapat pada sisi gereja memunculkan keindahan tersendiri.


Perawan dan Pelindung Karya Misi
Di Lisieux, Perancis pada 30 September 1897, seorang suster Karmelit berusia 24 tahun terbaring dalam kondisi amat lemah. Akhirnya, ia wafat karena serangan TBC. Nama lengkapnya adalah Marie-Françoise-Thérèse Martin. Banyak orang mengenalnya sebagai Theresia. Ia mengerjakan sangat sedikit hal dalam hidupnya. Bahkan, salah seorang suster mengatakan, “Apa yang akan ibu superior tulis tentang dirinya saat kematiannya dalam laporan yang akan ia buat kepada komunitas?”


(KONSULTASI IMAN)
Putri Sion (Oleh : Dr Petrus Maria Handoko CM)
Siapakah yang dimaksud dengan “puteri Sion”? Mengapa Konsili Vatikan II menyebut Maria sebagai Puteri Sion? Apa dasarnya? Mengapa gelar itu diterapkan pada Maria?

Bertrandus Rubi, 081803877xxx


(KABAR JAKARTA)
Konser Musik Gereja
Capella Victoria Jakarta, kelompok paduan suara yang berafiliasi di Paroki Santa Theresia, menggelar Konser Musik Gereja Nyanyian Polifoni Suci di Paroki Santa Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 7/5.

‘Canisius Day’ Kolese Kanisius
Kolese Kanisius Menteng, Jakarta Pusat menyelenggarakan Perayaan Ekaristi di Sport Hall SMP Kolese Kanisius Menteng, Senin, 2/5. Acara ini diadakan dalam rangka Canisius Day. Hari Santo Petrus Kanisius pelindung sekolah ini, diperingati setiap tahun.

Paskah Yayasan Bhakti Luhur
Yayasan Bhakti Luhur mengadakan Misa Paskah bertema “Mari Berbagi Kasih”. Misa yang berlangsung di Yayasan Bhakti Luhur, Ciputat, Tangerang Selatan Banten, Sabtu, 30/4, ini dipimpin Direktur Rumah Retret Civita Ciputat Pastor A. Herry Wijayanto SJ.

Dialog Kebudayaan Kampung Sawah
Dialog kebudayaan bertajuk “Menyapa Bangsa dengan Hati”, berlangsung di Gedung Olahraga Yasfi, Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat, 8/5.

SISWA MELAUT
Siswa-siswi Kelas XI SMA Marie Joseph Kelapa Gading, Jakarta Utara mengikuti program live in di Kampung Nelayan Desa Dagan, Indramayu, Jawa Barat, Selasa-Kamis, 26/4-28/4. Para siswa mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh keluarga-keluarga di mana mereka tinggal.

PINDAH TUGAS
Per 1 Mei 2011, Pastor Antonius Didit Supartono Pr mendapat tugas baru sebagai pastor rekan di Paroki Santo Ignatius Loyola Menteng, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Pastor Didit menjabat pastor rekan di Paroki Santo Matias Rasul Kosambi, Jakarta Barat.

PELATIHAN DIRIGEN
Paroki Kristus Salvator Petamburan, Jakarta Barat mengadakan pertemuan dan pelatihan untuk dirigen dan pemerhati paduan suara, Minggu, 8/5. Sebanyak sepuluh peserta dari beberapa lingkungan dan wilayah ikut dalam pelatihan.

HUT Paroki Jagakarsa
Warga Paroki Ratu Rosari Jagakarsa mengungkapkan rasa syukur atas hari jadi ke-17 paroki dengan Perayaan Ekaristi dan pesta rakyat, Minggu, 8/5. Ekaristi dipimpin Pastor Paroki Agus Riyanto MSF, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Peluncuran Program IKHTUS
Yayasan Penyelenggara Ilahi Indonesia (YPII) mengadakan peluncuran program IKHTUS di Taman Kanak-Kanak Santo Yoseph, Dwi Warna, Jakarta Pusat, Sabtu, 7/5. Peluncuran program IKHTUS ini diawali Misa syukur yang dipimpin Pastor I. Ismartono SJ.

PASKAH BINA IMAN
Misa Paskah Bina Iman Paroki St Kristoforus Grogol, Jakarta Barat diadakan pada Minggu, 24/4. Misa dipimpin Pastor Joseph Ohoiledwarin MSC. Petugas tata laksana dalam Misa adalah Bina Iman Remaja dan Bina Iman Anak.

AYO SEKOLAH
Sie Pemberdayaan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki Santo Ignatius Loyola Menteng, Jakarta Pusat, mengadakan peluncuran program “Ayo Sekolah”. Ekaristi dipimpin Pastor Kepala Paroki Santo Ignatius Loyola Fransiskus Pranataseputra Pr, Minggu, 8/5.

PDKK MBK
Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK) Paroki Maria Bunda Karmel Tomang, Jakarta Barat, menyelenggarakan Kebangunan Rohani Katolik (KRK) Paskah bersama Tim Pujian “Heart of Worship” dari Cilandak. Acara berlangsung di Auditorium MBK, Rabu, 27/4.

Rekoleksi SD non-Katolik
Banyak anak Katolik di Jakarta yang menempuh pendidikan di sekolah negeri atau swasta non-Katolik. Persoalan mulai muncul ketika mereka membutuhkan nilai pendidikan agama di rapor.

Launching “INI SANUR POSTA”
Alumni Sekolah Santa Ursula Jalan Pos Jakarta pada 19 Mei 2010 telah membentuk Ikatan Alumni Santa Ursula Jalan Pos Jakarta (INI SANUR POSTA). Untuk memasyarakatkan keberadaan wadah ini, pengurus melakukan launching di SMP Santa Ursula, Jalan Pos, Jakarta Pusat, Sabtu, 7/5.

Perayaan 174 Tahun CB
Sekitar 75 biarawati Suster-Suster Cinta Kasih St Carolus Borromeus (CB) Rayon DKI-Banten merayakan 174 tahun berdirinya kongregasi di kapel Sint Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat, 29/4. Perayaan syukur diisi diawali dengan konferensi pendalaman mistik dan profetik Elisabeth Gruyters, dan berpuncak pada perayaan Ekaristi yang dipimpin Pastor J. Sudarminta SJ.


(NUSANTARA)
PIA Akbar Hari Van Lith
Anak-anak anggota Pendampingan Iman Anak (PIA) wilayah Muntilan berkumpul di SMA Van Lith Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, untuk mengikuti PIA Akbar, Minggu, 8/5.

Peresmian Fakultas Kedokteran UKWMS
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mendirikan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran. Kepastian pendirian program studi ini didapat setelah dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Nasional Nomor 49/E/O/2011 tertanggal 23 Maret 2011.

Temu Anak se-KAS
Sekitar 1.856 anak dari 58 paroki di wilayah Keuskupan Agung Semarang (KAS) turut ambil bagian dalam Temu Anak, yang berlangsung di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, Yogyakarta, Minggu, 10/4.

Misa ”Panggilan” di Katedral
Minggu Paskah kedua, sekaligus Minggu Panggilan dan Minggu Kerahiman Ilahi, 1/5, sepuluh imam memimpin Misa Konselebrasi di Gereja Katedral Semarang, Jawa Tengah.

CLASER COMMUNITY
Peresmian Claser Community Pontianak (CCP) di Danau Sentarum, Pontianak, Kalimantan Barat berlangsung Kamis, 28/4. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Barat,...

CU BANGUN SEJAHTERA
Koperasi Credit Union (CU) Bangun Sejahtera Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memeriahkan suasana Paskah dengan berbagi telur Paskah kepada anggotanya, Minggu, 24/4. Umumnya, telur Paskah identik menggunakan telur ayam.

Lustrum II Episkopat
Saat berkhotbah dalam Perayaan Ekaristi memperingati Lustrum II Tahbisan Episkopat di Katedral Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat, 6/5, Uskup Palangkaraya Mgr Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka MSF mengatakan, “Kalau para pastor bermain jelek, akan saya jual.”

SAI Seminari Mertoyudan
Seminari Menengah Santo Petrus Kanisius Mertoyudan mengadakan Sidang Akademi Istimewa (SAI) di Seminari Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 7/5. Acara ini melibatkan sekolah lain yang ada di daerah Semarang, Magelang, dan DI Yogyakarta.

Tablo di Hutan Karet
Sekitar 100 warga Katolik Paroki Ave Maria Tanjung, Kalimantan Selatan, mengenang sengsara Yesus, di Gereja Stasi St Yoseph Surian, Jumat siang, 22/4. Mereka berasal dari beberapa stasi, di antaranya Stasi Santo Isiodorus Nawin, Stasi Santo Paulus Upau, Stasi Santo Anna Warukin, Stasi Kembang Kuning, dan Stasi Halong.

CSC di Yogya
Mahasiswa Katolik Yogyakarta (Margasiswa) menggelar Catholic Student Camp di Bumi Perkemahan Sinolewah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu-Minggu, 30/4-1/5.

HUT Keuskupan Timika
Keuskupan Timika merayakan hari jadi yang ketujuh, Senin, 18/4. Para frater Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru Jayapura, Papua mengadakan berbagai perlombaan, antara lain futsal, lektor, karaoke, dan karya ilmiah.

GEJOK LESUNG
Misa pembukaan Bulan Maria di Gua Maria Ratu Perdamaian Sendang Jatingsih, Klepu, Yogyakarta berlangsung Sabtu, 30/4. Misa dipimpin oleh Pastor Andreas Suhono Nitiprawiro CSsR dari Wisma Sang Penebus Nandan Yogyakarta.

HARDIKNAS PANDU
Paroki Santa Perawan Maria Sapta Kedukaan (Pandu) Bandung menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2011 dengan mengumpulkan anak-anak Pra dan TK, di aula paroki. Perayaan ini dibuka dengan doa o leh masing-masing pembina secara Islam dan Katolik.

NOVENA SETAHUN
Umat Stasi Kristus Radja Lewotanaole Paroki Santo Yohanes Pembaptis Ritaebang di Pulau Solor Keuskupan Larantuka, melakukan doa novena sepanjang tahun, dimulai September 2010 hingga September 2011.


(MANCANEGARA)
Sumpah Setia 34 Garda Swiss
Sebanyak 34 Garda Swiss yang baru direkrut Vatikan diambil sumpahnya di pelataran Istana San Damaso, Jumat, 6/5. Garda Swiss menyelenggarakan upacara pengambilan sumpah di bawah “ancaman” hujan pada pukul 17.00 waktu Roma.

Manca Sekilas
ITALIA – Seorang penganut ateis ternama asal Spanyol Dr Jose Manuel Lopez, menyatakan akan menyumbangkan pajak penghasilannya kepada Gereja Katolik. Ia menegaskan, bantuan dan kerjasama bagi orang miskin, tidak hanya di negara-negara terbelakang, perlu dipromosikan.

”Misi Canonica” Berger Dicabut
Uskup Agung Koeln di Jerman, Kardinal Joachim Meisner, mencabut lisensi Dr David Berger (43) untuk mengajar teologi Katolik. Kardinal terpaksa mencabut ”misi canonica” Berger, karena melalui publikasi dan pernyataan kepada media, telah menyatakan tidak setuju dengan ajaran dan norma-norma moral dan yuridis Gereja.

Menggulirkan Pedoman Pastoral Baru
Website resmi Konferensi Wali Gereja Vietnam memposting sebuah surat pedoman pastoral berjudul “Bersama-sama Memperkuat Peradaban Cinta dan Budaya Hidup”, Kamis, 5/5.

Para Uskup
2 Mei 2011: Uskup Auksilier Brisbane Australia, Mgr Brian Vincent Finnigan (72), ditunjuk menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Toowoomba, Australia, 2 Mei 2011. Penunjukan ini bersamaan dengan pemberhentian Mgr William Martin Morris (67) sebagai Uskup Toowomba.


(KONSULTASI KELUARGA)
'Petting' Masa Pacaran,Berdosa? (Oleh: Ignatius Tari MSF)
Pengasuh yang terkasih. Berdosakah bila sepasang muda-mudi pada masa pacaran melakukan “petting”?

Sari, Jakarta

(BUKU-VCD-KASET)
Menumbuhkan Dialog Agama
Sampai kini, kekerasan berkaitan dengan agama masih terjadi di Indonesia. Konflik muncul, sikap toleran memudar. Agama membuat orang jadi fanatik. Kecenderungan legalistik menguat. Semangat dialog memudar. Ruang keterbukaan mengerut dan kesabaran luruh.

Formator Seminari
Setiap manusia diciptakan Sang Pencipta di dunia ini dengan misi dan visi yang berbeda-beda, namun khas. Termasuk kaum muda yang mencita-citakan hidupnya menjadi imam Tuhan yang militan. Merekalah yang sering kita sebut seminaris.


(EKSPONEN)
dr Karolin Margret Natasa : Srikandi Politik dari Mempawah
Dokter Karolin Margret Natasa menyabet suara ketiga terbanyak nasional pada Pemilu Legislatif 2009 lalu. Ia meraup sebanyak 202.021 suara dari bilangan pembagi pemilih (BPP) 146.273. Perolehan suara Karolin Margret Natasa, akrab disapa Karol, di bawah putri mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dan putra Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.


(APA DAN SIAPA)
Pastor Mayor (Sus) Yos Bintoro Pr : Bukan Gagah-gagahan
Rene Ferdinand da Costa : Tablo adalah Ibadah
Grzegorz Galaska : Memotret YP II
Nathania Karina Tan : Mencintai Musik
Didiek SSS : Meniupkan Ave Maria


(KESAKSIAN)
Yan Wakris : Pengabdian Jenderal Le Cocq
”Saya ini tentara, boleh dibilang penjahat karena menikam lambung Yesus. Tapi, tentara juga yang pertama kali menyaksikan Yesus wafat dan mengatakan: sungguh, orang ini adalah orang benar.” Yan Wakris, tentara berpangkat sersan mayor (Serma), bertugas di Koramil I Kokonao-Mimika, sering disapa ”Jenderal Le Cocq” oleh pastor parokinya, Paulus Dodot Kusworo SCJ dan Paulus Guntoro SCJ.


(MIMBAR)
Saat untuk Menabur (Oleh: Fidelis Regi Waton SVD)
Atas inisiatif aktivis hak asasi manusia, Ariane Sherine dari Inggris dan didukung oleh “misionaris Ateisme kontemporer”, Richard Dawkins, digencarkan “Atheist Bus Campaign” sejak Oktober 2008. Banyak armada bus melintasi metropolitan di Eropa (London, Madrid, Roma) dengan pesan tunggal “tidak ada Tuhan”.


(KONTAK-KONTAK)
Memaafkan
Sahabat Kontak-Kontak yang budiman, tentu kita pernah merasa tidak suka atau bahkan membenci seseorang. Bahkan, mungkin ada di antara kita yang sampai memendam luka batin akibat perlakuan seseorang yang menorehkan jejak luka di hati kita.


(RENUNGAN HARIAN)
Berita Itu Tak Terbendung Lagi (Oleh: Deshi Ramadhani SJ)
Ada cerita lucu. Sekelompok orang meminta anggaran besar untuk pergi ke negeri seberang. Di sana mereka akan menimba ilmu. Usut punya usut, di negeri seberang itu para tuan dan nyonya rumah sedang tidak ada di tempat. Lalu, dari manakah para pengunjung itu ingin menimba ilmu?


(JENDELA)
Panti Lansia Santa Anna Teluk Gong : Pondok Cinta Manula
Opa Sui Tien (74) tampak mesra bersama Oma Man Thijin(69). Saat Oma Man hendak mencuci tangan di wastafel, Opa Sui menemani dan menuntunnya. Opa selalu membantu Oma yang sudah tidak bisa melihat lagi. Sui Tien dan Man Thijin tinggal di Panti Lansia St Anna Teluk Gong, Jakarta Barat. Di tempat ini, penghuni dituntut untuk man diri.


(CERPEN)
Pak Zakhe (Oleh : Y. Prayogo)
Namaku, Zakheus. Lengkapnya, Zakheus Suharto. Nama Zakheus, pemberian ayahku. Ia tidak tahu siapa Zakheus. Ayahku hanya tahu, nama Zakheus ada dalam Kitab Suci. Sedang Suharto adalah nama pemberian ibuku. Mungkin kedua orang­tuaku berharap, kelak aku akan menjadi orang kaya. Maklum, kedua orang­tuaku hidup melarat di desa.


(TEROPONG)
Buruh Migran (Oleh : Stanley Adi Prasetyo)
Setiap tahun jumlah buruh migran terus meningkat. Sebagian dari mereka adalah umat Katolik di kawasan Indonesia Timur, khususnya Nusa Tenggara Timur. Banyak di antara mereka yang melakukan bedol desa dengan menjual harta benda, termasuk rumah dan tanah agar bisa berangkat menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: