Edisi No 17: Kebangkitan Umat Lodalem

Sajian Utama:
Seorang perempuan menyegat Romo Pahala, mengulurkan tas plastik. ”Pirang kilo, iki (Berapa kilogram, ini)?” tanya Romo Pahala dengan logat Jawa. Plastik itu berisi beras, kurang lebih tiga kilogram. Jika umat jujur, beras itu dikumpulkan dari setiap keluarga, satu sendok sehari.



KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):
Paroki Maria Annunciata Lodalem: Paskah Tahun ke-40
Paskah 19 April 1965, delapan siswa SD Katolik Arjosari dibaptis. Tahun 1968, wilayah Desa Arjosari menjadi Stasi St Yohanes Arjosari. Akhir 1970, gereja stasi berdiri di Dusun Lodalem, Desa Arjowilangun.

Gerakan Berbagi Umat Lodalem
Markus Musito bingung. Sapinya lemas terkapar di kandang, tidak mau makan dan minum. Hutang untuk membeli sapi itu belum lunas. Musito menghubungi Budi, tetangga yang tahu tentang seluk beluk kesehatan sapi.

Imam dan Saudara
Seorang perempuan menyegat Romo Pahala, mengulurkan tas plastik. “Pirang kilo, iki (Berapa kilogram, ini)?” tanya Romo Pahala. Perempuan itu tersenyum, lantas menjawab, ”Boten ditimbang, Romo (Tidak ditimbang, Romo)”. Plastik itu berisi beras, kurang lebih tiga kilogram.



BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:
(TAJUK)
Paskah
Kita merayakan Paskah. Inilah puncak pewartaan dan karya Kristus untuk menebus umat manusia. Misteri Paskah meliputi sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus.



(KABAR JAKARTA)
Si Pitung di Kampus
Panti Asuhan Pondok Damai, Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat disambangi beberapa orang yang berpakaian ala si Pitung, pendekar legendaris Betawi, Minggu, 17/4.

Rekoleksi Sehari
TOMANG – Enam ratus umat Paroki Maria Bunda Karmel (MBK) Tomang, Jakarta Barat mengikuti rekoleksi selama sehari di Auditorium MBK, Sabtu, 2/4. Rekoleksi diawali dengan ibadat pagi bersama.

Rekoleksi Masa Pra-Paskah
CILANDAK- Sebanyak 35 Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Stefanus Cilandak, Jakarta Selatan mengikuti rekoleksi Masa Pra-Paskah dengan tema “Mari Berbagi” di Wisma DNC Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Jumat-Minggu, 8-10/4.

"Temu Hati"
PASAR MINGGU – Tiga pemudi dari Paroki Santo Stefanus dan 16 suster dari Ordo Praedicatorum (OP) mengikuti acara “Temu Hati” di Biara St Dominikus, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Minggu, 27/3.

Seminar Akhir Zaman
“Akhir zaman adalah masa yang kita nantikan, kita tunggu! Aneh, ketika akhir zaman itu sudah dekat, kita malah takut. Ada apa dengan iman kita?” Demikian dilontarkan Pastor Deshi Ramadhani SJ dalam Seminar “Akhir Zaman” di SMA 68 Salemba, Jakarta Pusat, Minggu, 10/4.

Pelantikan Prodiakon
PIK - Kepala Paroki Regina Caeli Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Pastor Bonie Payong SSCC melantik 46 prodiakon untuk masa jabatan 2011-2013 pada Minggu, 3/4.

Serah Terima Jabatan
JATIBENING – Pastor Damianus Lolo CSsR menerima jabatan Kepala Paroki St Leo Agung Jatibening, Jakarta Timur dari pejabat sementara Pastor Desius Kaki CSsR pada Minggu, 27/3. Serah terima dilaksanakan pada Misa kedua.

Donor Darah
CENGKARENG – Lima puluh sembilan umat Stasi Vincentius Pallotti Dadap, Paroki Trinitas Cengkareng menyumbangkan darah sebagai wujud konkret menanggapi tema APP 2011 “Mari Berbagi”. Aksi donor darah berlangsung pada Minggu, 3/4.

Pekan Olahraga PMKAJ
Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta (PMKAJ) mengadakan Pekan Olahraga Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta (POP) di Wisma Salesian Don Bosco, Sunter, Jakarta Utara. Acara ini berlangsung selama tiga hari Minggu berturut-turut, yakni Minggu, 27/3, Minggu, 3/4, dan Minggu, 10/4.

Baksos Lions Club
LIONS Club Jakarta (LCJ) Jaya Sunter Agung melakukan bakti sosial (baksos) di Yayasan Atma Brata Kampung Sawah, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa, 12/4. Bakti sosial ini diadakan dalam rangka HUT ke-23 Lions Club.



(NUSANTARA)
Minggu Palma di Merapi
Arak-arakan itu diawali dengan dua anak yang mengenakan pakaian kuda lumping. Kuda lumping menjadi simbol keledai yang dinaiki Yesus ketika memasuki Yerusalem.

Live-in Remaja Putra
BLITAR – Sebanyak 35 remaja putra dari Paroki Kristus Raja Surabaya mengikuti live-in di Seminari Menengah St Vincentius A Paolo Garum, Blitar, Jawa Timur, Jumat-Minggu, 4-6/3. Selama di seminari, mereka melihat dan mengalami kehidupan sebagai seminaris.

Forum Diskusi
MEDAN – JPIC Kapusin Medan mengadakan forum diskusi dengan tema “Menghayati Saudari Air” di Biara Kapusin Emmaus Medan, Sumatra Utara, Minggu, 20/3. Diskusi ini menghadirkan narasumber Pastor Kristinus C. Mahulae OFMCap, Pastor Guido Situmorang OFMCap, dan Diakon Hilarius Kemit OFMCap.

Misa Acies Tahunan Legio Maria
LAMPUNG – Misa Acies Tahunan Legio Maria untuk 250 anggota legio dari Paroki Bandarjaya, Tanjungkarang, Kedaton, Kotabumi, Gisting, dan Pringsewu berlangsung di Paroki Bandarjaya, Lampung, Minggu, 3/4.

Retret UNIO KASRI
Dua belas imam praja Keuskupan Agung Samarinda (KASRI) meninggalkan rutinitas harian mereka selama satu minggu, Senin-Senin, 14-21/3. Mereka mengikuti retret tahunan UNIO di tepi Sungai Payang, Paroki St Petrus Ujoh Bilang, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Misa Novena Jatiningsih
Novena ke-IV Sendang Jatiningsih, Moyudan, DI Yogyakarta dilaksanakan Minggu, 3/4. Misa Novena dipimpin Pastor Y. Winaryanto Pr sebagai konselebran utama didampingi Pastor Paroki St Petrus dan Paulus Klepu E.M. Supranowo Pr dan Pastor Paroki St Alfonsus Ligouri Nandan, Yogyakarta Andreas Suhono Nitiprawiro CSsR.

Taska KAS
SEMARANG – TaskaKAS atau Tabungan Sosial Berjangka Keuskupan Agung Semarang tahap kedua dibuka secara resmi dalam Perayaan Ekaristi di Krakatau Grand Ballroom Hotel Horison Semarang, Rabu, 16/2.

Perayaan Pesta Pelindung
TARAKAN – Puncak perayaan pesta pelindung sekolah- sekolah di bawah Yayasan Don Bosco berlangsung di halaman SMA Frater Don Bosco Tarakan, Kalimantan Timur, Senin, 31/1.

Perayaan Panca Windu
MANGGARAI – Puncak Perayaan Panca Windu Keluarga Besar SMP Kemasyarakatan Ndoso, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) berlangsung Sabtu, 15/1. Lembaga pendidikan yang dikelola para Fransiskan (OFM) ini telah menjadi bagian penting dalam perkembangan pendidikan anakanak sekitar.



(MANCANEGARA)
Tragedi Maut di Sekolah Tasso da Silveira
Mgr Orani João Tempesta, Uskup Agung Rio de Janeiro mengungkapkan duka mendalam atas tragedi penembakan brutal di wilayah keuskupannya. Penembakan itu mengakibatkan 12 siswa meninggal dan 11 siswa terluka parah.

Sebelas Uskup Wafat
Sebelas uskup wafat, selama 5 Maret hingga 12 April 2011. Mereka adalah:...

Relikwi Don Bosco Tiba di Taiwan
Ratusan umat Katolik dan pekerja dari Filipina di Taiwan berbondong-bondong menyambut kedatangan relikwi Santo Don Bosco dengan kemeriahan petasan di Gereja Santo John Bosco Taiwan, Kamis, 7/4.

Manca Sekilas
VATIKAN – Kebangkitan Lazarus menunjukkan kemenangan Kristus atas kematian fisik, tetapi penyaliban Yesus mengalahkan “kematian rohani” dari dosa.

NIGERIA - Pemilu di Nigeria telah dua kali ditunda. Seperti dikutip Agenzia Fides, Sabtu, 9/4 Uskup Agung Kaigama Mgr Ignatius Ayau Kaigama Jos menyatakan, Seperti dikutip Agenzia Fides, Sabtu, 9/4,...



(JENDELA)
Panti Asuhan St Maria Boro: Kasih Dua Puluh Empat Jam
Panti Asuhan St Maria Boro merupakan salah satu karya sosial para bruder FIC. Semula, panti asuhan ini dikelola oleh seorang guru bernama Martodiharjo. Medio 1936, Pastor J.B. Prenthaler SJ mengajukan permohonan kepada Pemimpin Umum Kongregasi Santa Perawan Maria yang Terkandung Tak Bernoda (FIC) di Belanda.



(KESAKSIAN)
Delvina Owa: Mengikuti Yesus di Griya Karmel
Delvina Owa bersama suaminya, Albertus Sugiyantoro, asyik mendaraskan “Salam Maria” sambil memilin bulir-bulir rosario. Seorang tamu datang, mengetuk pintu kamarnya, “Assalamualaikum.”Delvina asli Nangaroro, Bajawa, Nagekeo, Flores.



(BINTANG)
Gisela Calista Amadea Krisna: Berani Bermazmur
Sahabat Bintang! Yuk, kita berkenalan dengan Calista. Gadis kecil ini sempat mengundang decak kagum umat Paroki St Stefanus Cilandak, Jakarta Selatan pada Minggu, 20 Maret 2011. Meski masih duduk di bangku TK B, ia berani tampil di mimbar depan altar gereja membawakan mazmur. Ia ditunjuk menjadi solis saat sekolahnya mendapat tugas koor di gereja ini.

Lilin Paskah
Hore… Bin berteriak. Ia girang, akhirnya ia berada di deretan paling depan, persis di depan pintu utama gereja. “Ma, kita berdiri di sini ya,” rengek Bin. Bin dan umat lain yang menyesaki halaman gereja masih menunggu, karena Upacara Cahaya masih setengah jam lagi.



(EKSPONEN)
F.X. Boedi Krisnawan Suhargo : Mengubah Mindset Petani
”Generasi muda tidak mau menjadi petani. Petani dianggap sebagai pekerjaan rendah dan dikonotasikan dengan kemiskinan.” Memprihatinkan, usia para petani yang ada, rata-rata di atas 55 tahun. Demikian, F.X. Boedi Krisnawan Suhargo sering mengucap.



(APA DAN SIAPA)
Drs Raden Sinesius Subalidinata: Pakar Jawa
Yosep Adi Prasetyo: Negara Gagal
Gracia Indri: Selalu Bawa Rosario



(KONSULTASI KELUARGA)
Mertua Perempuan Banyak Menuntut (Oleh: Ignatius Tari MSF)
Pengasuh yang terkasih, dulu sebelum menikah hubungan saya dengan ibu mertua baik-baik saja. Baru tiga bulan menikah hubungan kami sudah semrawut. Saya bersama suami tinggal satu rumah dengan orangtua suami. Saya ingin tanya, apakah benar bahwa hubungan mertua perempuan dan menantu perempuan itu ditakdirkan tidak rukun atau harmonis. Kenapa juga mertua perempuan saya itu banyak menuntut dan mengatur saya, sementara mertua laki-laki saya tidak banyak menuntut dan mengatur?

Dina, Semarang



(KONSULTASI IMAN)
Solidaritas Kristus (Oleh: Dr Petrus Maria Handoko CM)
Pater, bagaimana harus dimengerti kata-kata St Petrus: “Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh”? (1 Ptr 2:24). Mengapa Yesus bisa mewakili semua umat manusia?

Libertus Muda Perianda, Surabaya



(SANTO-SANTA)
Santo Antonius dari Padua (1195-1231): Pengkhotbah Ulung dari Lisabon
Pastor Paroki Bidaracina Paulus Sarmono SCJ, baru-baru ini menemukan sebuah relikwi Santo Antonius dari Padua secara tidak sengaja. Ketika sedang membongkar-bongkar sebuah lemari di sakristi, ia menemukan sebuah bungkusan putih yang berisi batu altar bertuliskan relikwi dalam bahasa Belanda.

Barang Hilang
Antonius dari Padua diberi gelar Santo oleh Paus Gregorius IX pada 1232. Pestanya dirayakan setiap 13 Juni. Tahun 1946, Paus Pius XII memberi gelar “Pujangga Gereja”. Paus Pius XII menegaskan bahwa ajaran-ajaran yang disampaikan Santo Antonius berjiwakan Injil suci.



(RENUNGAN HARIAN)
Wartakanlah! Yesus Sungguh Telah Bangkit (Oleh: Deshi Ramadhani SJ)
Berlari Cepat Kis 2:14, 22-32; Mzm 16:1-2a,5, 7-8,9-10,11; Mat 28:8-15
Ada pepatah dalam bahasa Inggris: ”No news is good news.” Jika seseorang tidak berkirim kabar, biasanya orang itu baik-baik saja. Kenyataannya, hal ini tidak selalu benar. Jika sesuatu yang buruk terjadi, kadang kita terdorong untuk merahasiakannya. Sebaliknya, ketika satu hal yang istimewa terjadi, kita kadang tidak mampu menahannya.



(CERPEN)
Tabib Istimewa (Oleh: Rentz D.)
Aku sendiri tidak mengingatnya lagi, sejak umur berapa mulai mangkal di situ. Aku memang tidak bisa mengetahui segalanya dengan pasti. Wajah ibuku saja belum pernah aku lihat. Aku cuma bisa mengandalkan indera pendengaranku untuk memastikan segala sesuatu.



(ADVETORIAL)
PAGUYUBAN GEMBALA UTAMA
Forum Cikini : PGU Mau Lebih Menghayati Ekaristi
Pastor Bosco da Cunha OCarm mengupas dokumen Gereja tentang Ekaristi, di hadapan para aktivis Paguyuban Gembala Utama, di Wisma KWI, Jakarta Pusat, Jumat, 25/3. Dalam pertemuan yang berlangsung hingga larut malam ini, hadir lebih dari 55 orang.

Stephanus Endrokaryanto SCJ: Mensyukuri Pemberian Umat
Kebiasaannya untuk selalu makan di pastoran tidak berubah. Dengan lembut, Romo Endro Karyanto selalu menolak ajakan umat untuk makan di restoran, pun di rumah keluarga.SAAT ini, Romo Endro bertugas di Paroki St Stephanus Cilandak, Jakarta Selatan.



(TEROPONG)
Berbagi (Oleh: Stanley Adi Prasetyo)
Ketika kecil dulu, saya memperingati Paskah dengan keriuh-rendahan mencari telur hias yang sengaja disembunyikan di balik semak-semak. Di belahan dunia yang lain, anak-anak memperingati Paskah dengan berebut menangkap kelinci Paskah. Kebiasaan ini masih berlangsung setiap tahun. Sebagai sebuah ritual, perayaan tentu saja tak ada salahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

eXTReMe Tracker

Popular Posts

Majalah HIDUP Terbaru

"Belarasa Gereja bagi Petani"
EDISI 25, Minggu 20 Juni 2010
Lihat daftar isi
EDISI MINGGU SEBELUMNYA
"Pendidikan Vokasi"
EDISI 24, Minggu 13 Juni 2010
"50 Tahun Atma Jaya Jakarta"
EDISI 23, Minggu 06 Juni 2010
"Panggilan Imam di Flores"
EDISI 22, Minggu 30 Mei 2010
"UU Penodaan Agama"
EDISI 21, Minggu 23 Mei 2010
"Buku vs Dunia Maya"
EDISI 20, Minggu 16 Mei 2010
• Alamat Redaksi Jl. Kebon Jeruk Raya No. 85, Batusari Jakarta 11530 (Kotak Pos 2197 Jakarta 10021), Telp. (021) 5491537, 5308471, 5490546, Fax. (021) 5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Alamat Tata Usaha/Sirkulasi/Iklan Jl. Katedral No.5 Jakarta Pusat 10710, Telp. (021) 2314403/3520214/3454159/3857859 (Iklan), Fax. (021) 3451381, e-mail: hidup@centrin.net.id • Informasi Liputan Kirim ke Fax: 021-5485737, e-mail: hidup@indo.net.id • Bank BRI Cabang Jakarta Veteran, No. Rek. 0329-01-000616-30-8 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • Bank Mandiri Cabang Gambir, No. Rek.119-0080000050 atas nama Majalah Mingguan HIDUP • BCA Cabang Pintu Air, No. Rek. 106-300046-2, atas nama Yayasan HIDUP Katolik • Rekening Dinas Giro dan Cek Pos No. A128.18

Majalah HIDUP Tersedia di Toko-toko berikut ini: